• 10 Kopi Tubruk Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Kopi Tubruk Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Kopi Tubruk Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Kopi Tubruk Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Kopi Tubruk Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Kopi Tubruk Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)

Sebagai pencinta kopi, Anda pasti sudah tidak asing dengan kopi tubruk, bukan? Kopi hitam yang biasa disajikan di warung-warung kopi ini sudah populer sejak dahulu. Kopi tubruk memang mudah ditemui di pasaran. Namun, apakah Anda sudah mahir memilih kopi tubruk yang enak?


Untuk memudahkan Anda memilih, beberapa tips di bawah ini dapat menjadi pertimbangan. Kopi tubruk yang bagus dari jenis kopi robusta dan arabika juga akan kami ulas. Baca juga rekomendasi kopi tubruk terbaik, seperti merek Gadjah dan Kapal Api. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
  • Pembaharuan terakhir: 19 November 2021
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Apa bedanya kopi tubruk dengan kopi biasa?

Apa bedanya kopi tubruk dengan kopi biasa?

Bagi Anda yang awam atau bukan pencinta kopi, mungkin bingung membedakan kopi tubruk dengan kopi instan biasa. Kopi tubruk adalah bubuk kopi yang ditaruh di gelas dan langsung dituangkan air panas. Karena diseduh tanpa penyaringan atau filter apa pun, kopi ini menghasilkan ampas.


Ukuran gilingan kopi tubruk yang biasa dipakai adalah fine grind yang butirannya sedikit lebih halus dari garam dapur. Namun, ukuran yang dipakai untuk kopi tubruk tidak terbatas oleh ukuran halus saja.


Saat ini, para penyeduh tubruk juga menggunakan ukuran gilingan kasar (coarse grind) dan gilingan sedang (medium grind). Tujuannya adalah untuk mendapatkan karakter rasa kopi yang sesuai dengan keinginan penyeduh dan peminum.


Kopi yang cara penyajiannya sangat mudah dan simpel ini disukai masyarakat Indonesia karena tidak memerlukan alat khusus. Anda hanya perlu menuangkan air panas langsung ke dalam cangkir yang sudah berisi bubuk kopi. 


Sementara itu, kopi instan biasa juga merupakan kopi bubuk yang dituang langsung bersama air panas. Bedanya, kopi instan biasa sudah dicampurkan dengan bahan pelengkap seperti gula atau susu serta tidak meninggalkan ampas.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi tubruk

Setiap produk kopi tubruk akan menawarkan detail rasa yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis kopi yang digunakan, bentuk kopi, bahan campuran, serta cara penyajian. Jadi, cermati poin-poin cara memilihnya berikut ini!

Pilih berdasarkan jenis kopinya

Kopi tubruk menggunakan dua jenis kopi, yaitu robusta dan arabika. Kedua jenis kopi ini memiliki cita rasa dan kadar kafein yang berbeda. Yuk, baca penjelasan berikut agar Anda menemukan kopi yang sesuai selera Anda.

Robusta: Rasa lebih pahit dengan kandungan kafein tinggi

Robusta: Rasa lebih pahit dengan kandungan kafein tinggi

Untuk Anda yang mementingkan kandungan kafein dalam kopi, kopi tubruk jenis robusta kami rekomendasikan. Ketimbang kopi jenis arabika, kopi robusta memiliki kandungan kafein dua kali lipat lebih tinggi sehingga rasanya menjadi lebih pahit.


Banyak orang tidak menyukai kopi ini karena rasa pahitnya yang kuat. Setelah diseduh, rasa robusta biasanya dijelaskan dengan pahit dark chocolate dan kasar seperti kayu terbakar atau karet terbakar.


Namun, harga kopi robusta di pasaran lebih ekonomis. Hal ini disebabkan oleh proses penanamannya lebih mudah dan tidak terganggu oleh hama. Karena kandungan kafeinnya yang tinggi, kopi ini dinilai bermanfaat bagi kesehatan. Namun, tentu saja dalam jumlah yang tidak berlebihan, ya.

Arabika: Wangi, cita rasa lembut, dan rendah kafein

Arabika: Wangi, cita rasa lembut, dan rendah kafein

Arabika menguasai sekitar 70–80% produksi kopi dunia. Kopi arabika menjadi favorit karena rasa lembut dan lebih kaya rasa dibanding dengan robusta. Arabika rata-rata memiliki karakter aromatic dan flavourful. Rasanya bisa dijelaskan seperti floral, fruity, citrus, nutty, dan manis.


Kopi arabika memiliki kadar gula yang lebih tinggi dari robusta dan memiliki kadar kafein yang lebih rendah. Ini yang menjadikan kopi arabika memiliki cita rasa yang manis dan lembut. Tidak heran jika kopi ini menjadi kopi favorit dan populer di seluruh dunia.


Sayangnya, proses penanaman yang cukup sulit membuat harga kopi arabika di pasaran tergolong cukup mahal. Kopi tubruk dari jenis arabika tentu memiliki kualitas yang lebih baik. Apabila Anda mencari kopi yang tidak terlalu pahit dengan cita rasa manis dan aroma nikmat, pilih kopi jenis ini.

Perhatikan bentuk kopinya

Umumnya kopi tubruk yang dijual di pasaran berbentuk bubuk dan biji kopi utuh. Dua bentuk kopi ini memiliki kelebihan masing-masing. Baca penjelasan di bawah ini untuk mengetahui kelebihannya.

Biji kopi, dapat digiling sendiri untuk rasa yang lebih fresh

Biji kopi, dapat digiling sendiri untuk rasa yang lebih fresh

Menyimpan kopi dalam bentuk biji akan memperlambat proses oksidasi dan menghindari kelembapan. Penggilingan kopi akan membuat permukaan kopi terpapar lebih besar dengan udara yang akan mempercepat penurunan kualitas rasa. Segeralah seduh biji kopi yang sudah digiling agar minyak dan aroma di kopi terekstraksi ke hasil seduhan.


Kopi yang digiling sesaat sebelum diseduh memiliki rasa yang lebih fresh. Oleh karena itu, banyak pencinta kopi yang lebih memilih membeli kopi dalam bentuk biji kopi atau whole beans. Sebelum membeli kopi ini, tentunya Anda harus memiliki alat penggiling kopi terlebih dahulu.


Meski merepotkan, bagi penikmat kopi rasanya lebih memuaskan karena mereka dapat menyesuaikan tingkat gilingan kopi dengan selera. Namun, untuk kopi tubruk sebaiknya jangan digiling terlalu halus. Jika terlalu halus, ekstraksi kopi menjadi cepat sehingga rasa yang dihasilkan akan sangat intens.


Kopi tubruk bisa dinikmati sesuai dengan keinginan peminum. Makin halus gilingan, makin intens rasanya. Rasa pahit muncul paling kuat ditentukan oleh jenis kopi dan karakter roasting kopi yang diseduh.

Bubuk halus, praktis dan siap seduh

Bubuk halus, praktis dan siap seduh

Sebelum memilih membeli kopi yang sudah di haluskan (pre-ground), tentukan dahulu karakter seduhan tubruk yang ingin dicapai. Ukuran gilingan memengaruhi intensitas rasa dari seduhan kopi. Makin halus gilingan, rasa seduhan kopi akan makin intens. Begitu pula sebaliknya. 


Bagi Anda yang tidak ingin repot serta tidak memiliki alat penggiling kopi, kami sarankan memilih bentuk bubuk. Kopi tubruk bubuk berasal dari biji kopi yang sudah dihaluskan. Anda hanya perlu menuang kopi bersama air panas ketika ingin meminumnya.


Anda bisa memilih kopi tubruk murni atau kopi yang sudah dicampur pelengkap seperti gula atau creamer. Sayangnya, kopi tubruk berbentuk bubuk lama-kelamaan rasa dan aromanya akan berubah. Jadi, kopi ini memang lebih pas untuk Anda yang sering mengonsumsi kopi.

Sesuaikan rasa dengan selera Anda

Setiap orang memiliki selera terhadap rasa kopi yang berbeda-beda. Ada yang suka kopi pahit, ada yang suka manis, dan ada yang suka kopi creamy. Seperti kopi instan, kopi tubruk juga ada yang dijual dengan campuran bahan pelengkap.

Kopi murni untuk Anda yang menyukai rasa asli kopi

Kopi murni untuk Anda yang menyukai rasa asli kopi

Jika Anda lebih menyukai rasa asli dari kopi, pilihlah kopi tubruk murni tanpa campuran apa pun. Kopi hitam murni yang dikonsumsi setiap hari dalam batasan cukup memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mengurangi risiko diabetes, menjaga kesehatan jantung, dan membantu membersihkan pencernaan adalah beberapa contohnya.


Selain itu, dengan membeli kopi murni Anda bisa menakar gula sesuai selera saat ingin meminum kopi manis. Pasalanya, produk kopi dengan campuran gula di pasaran dirasa terlalu manis bagi sebagian orang. Tentunya ini lebih menguntungkan bila Anda tidak menyukai kopi yang terlalu pahit.

Kopi yang di-mix dengan gula untuk kepraktisan lebih

Kopi yang di-mix dengan gula untuk kepraktisan lebih

Kopi tubruk dengan campuran gula cocok untuk Anda yang menyukai kopi dengan rasa manis. Kopi dengan campuran gula ini ditakar secara pas menyesuaikan selera masyarakat. Karena sudah dicampur gula, Anda pun lebih praktis karena tidak perlu menyiapkan gula terpisah


Namun, konsumsi kopi ini harus dibatasi untuk menghindari risiko diabetes. Jika memungkinkan, Anda bisa membeli kopi dalam kemasan sachet dengan gula terpisah di bagian luarnya. Dengan begitu, Anda bisa memasukkan gula sesuai kadar manis yang diinginkan.

Kopi dengan creamer untuk hasilkan kopi yang lebih creamy dan lembut

Kopi dengan creamer untuk hasilkan kopi yang lebih creamy dan lembut

Kopi tubruk dengan campuran creamer juga lebih cocok untuk Anda yang tidak menyukai kopi hitam pahit. Kopi tubruk dengan campuran creamer juga dijual di pasaran. Creamer ini berbentuk bubuk yang sudah bercampur dengan bubuk kopi.


Campuran creamer ini membuat rasa kopi lebih creamy dan lembut rasa pahitnya. Karena menggunakan kopi tubruk murni, aroma kopi yang nikmat masih dapat Anda rasakan. Kopi tubruk dengan campuran creamer juga lebih praktis. Sensasi lembutnya pas tanpa perlu repot menyiapkan creamer terpisah.

Kemasan sachet atau pouch? Pilih sesuai kebutuhan

Kemasan sachet atau pouch? Pilih sesuai kebutuhan

Kopi tubruk umumnya dijual dalam dua jenis kemasan, yakni kemasan sachet dan pouch. Kopi tubruk dalam kemasan sachet sangat praktis dan tinggal seduh. Anda tidak perlu menakar kopi karena satu sachet kopi sudah ditujukan untuk sekali minum. Anda bisa menyelipkan kopi sachet ini ke dalam tas saat bepergian atau sebagai persediaan untuk minum kopi di kantor.


Di sisi lain, kopi dalam kemasan pouch berisi lebih banyak dan lebih ekonomis dibanding kemasan sachet. Kopi tubruk dalam pouch lebih cocok untuk dikonsumsi di rumah bersama keluarga. Karena dijual dalam berbagai ukuran kemasan, Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan Anda.

10 Rekomendasi kopi tubruk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi tubruk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

10
Jenis kopiRobusta
BentukBubuk halus
PelengkapTidak ada (kopi murni)
KemasanPlastik
9
Jenis kopiArabika, robusta
BentukBubuk halus
PelengkapGula aren
KemasanSachet
8
Jenis kopiTidak ada keterangan
BentukBubuk halus
PelengkapCreamer, gula, caramel
KemasanSachet
7
Jenis kopiTidak ada keterangan
BentukBubuk halus
PelengkapGula
KemasanSachet
6

WingsTOP Coffee Murni Toraja 158gr

Mulai dari Rp 12.800,00

Jenis kopiRobusta, arabika
BentukBubuk halus
PelengkapTidak ada (kopi murni)
KemasanPouch
5

WoCAKopi Bali Robusta Lanang Peaberry 150 gram

Mulai dari Rp 36.000,00

Jenis kopiRobusta
BentukBubuk halus, bubuk sedang, bubuk kasar, biji kopi
PelengkapTidak ada (kopi murni)
KemasanPouch
4
Jenis kopiArabika
BentukBubuk halus/biji kopi
PelengkapTidak ada (kopi murni)
KemasanPouch
3

Kapal Api GrupExcelso Arabica Gold Biji 200g

Mulai dari Rp 51.000,00

Jenis kopiArabika
BentukBiji kopi
PelengkapTidak ada (kopi murni)
KemasanPouch
2
Jenis kopiArabika, robusta
BentukBiji kopi, bubuk halus, bubuk kasar, bubuk sedang
PelengkapSusu
KemasanPouch
1
Jenis kopiTidak ada keterangan
BentukBubuk halus
PelengkapTidak ada (kopi murni)
KemasanPouch

Tabel perbandingan produk kopi tubruk terbaik

Gambar produk
1
Kapal Api Grup Kapal Api Special Merah 1

Kapal Api Grup

2
ARUTALA COFFEE Kopi Susu Blend 1

ARUTALA COFFEE

3
Kapal Api Grup Excelso Arabica Gold Biji 200g 1

Kapal Api Grup

4
Sentra Kopi Kopi Arabika Aceh Gayo 1

Sentra Kopi

5
WoCA Kopi Bali Robusta Lanang Peaberry 150 gram 1

WoCA

6
Wings TOP Coffee Murni Toraja 158gr 1

Wings

7
GADJAH Kopi Tubruk Manis 1

GADJAH

8
JJ Royal Coffee Caramel Latte 1

JJ Royal Coffee

9
Kopi Prabu Kopi Aren 1

Kopi Prabu

10
Tjap Angkring Kopi Bubuk 1

Tjap Angkring

Nama produk

Kapal Api Special Merah

Kopi Susu Blend

Excelso Arabica Gold Biji 200g

Kopi Arabika Aceh Gayo

Kopi Bali Robusta Lanang Peaberry 150 gram

TOP Coffee Murni Toraja 158gr

Kopi Tubruk Manis

Caramel Latte

Kopi Aren

Kopi Bubuk

Keunggulan

Kualitas dan rasanya sudah terbukti favorit masyarakat Indonesia

Yuk, bikin kopi kekinian ala kafe di rumah!

Bercita rasa buah-buahan segar yang bikin bersemangat

Kopi dari dataran tinggi terkenal dengan tingkat keasaman rendah

Tingkatkan vitalitas dengan kopi lanang

Murni dan berkualitas premium tanpa perisa atau pemanis buatan

Dengan gula terpisah, tingkat kemanisan kopi bisa diatur sendiri

Rasakan sensasi caramel legit yang berpadu dengan rasa creamy

Nikmati manisnya kopi dengan pemanis alami gula aren

Tak perlu jauh-jauh ke Solo untuk menikmati kopi tubruknya

Harga mulai dariRp 14.700,00Rp 40.000,00Rp 51.000,00Rp 58.000,00Rp 36.000,00Rp 12.800,00Rp 8.500,00Rp 10.500,00Rp 8.400,00Rp 9.750,00
Jenis kopiTidak ada keteranganArabika, robustaArabikaArabikaRobustaRobusta, arabikaTidak ada keteranganTidak ada keteranganArabika, robustaRobusta
BentukBubuk halusBiji kopi, bubuk halus, bubuk kasar, bubuk sedangBiji kopiBubuk halus/biji kopiBubuk halus, bubuk sedang, bubuk kasar, biji kopiBubuk halusBubuk halusBubuk halusBubuk halusBubuk halus
PelengkapTidak ada (kopi murni)SusuTidak ada (kopi murni)Tidak ada (kopi murni)Tidak ada (kopi murni)Tidak ada (kopi murni)GulaCreamer, gula, caramelGula arenTidak ada (kopi murni)
KemasanPouchPouchPouchPouchPouchPouchSachetSachetSachetPlastik
Tautan produk

Bagaimana cara membuat kopi tubruk yang enak?

Bagaimana cara membuat kopi tubruk yang enak?

Walaupun terkesan mudah, membuat kopi tubruk yang enak dan bercita rasa tinggi ternyata ada triknya. Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan.


  • Pertama, Anda harus menyiapkan kopi yang segar. Tentunya kopi yang baru digiling lebih kami prioritaskan.

  • Selanjutnya, seduh kopi dengan air mendidih atau yang bersuhu 98°C secara perlahan ke dalam gelas kopi. Hindari menggunakan air dalam dispenser untuk menghindari perut kembung akibat suhu air yang tidak maksimal.

  • Setelah air dituang, jangan langsung mengaduk, tetapi tunggu sekitar 2–4 menit untuk memberikan waktu bagi kopi dan air beresktraksi.

  • Terakhir, pastikan rasio air dan kopi sudah tepat. Untuk menghasilkan aroma yang optimal dan rasa terbaik, gunakan cangkir berukuran 140 ml untuk satu sendok makan kopi.

Cara membuat kopi tubruk yang kami bagikan ini merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Namun, jika Anda memiliki alat khusus seperti penggiling kopi (grinder) serta alat pour over tentu rasa dan aroma kopi lebih berbeda.

Pertanyaan umum seputar kopi tubruk

Pertanyaan umum seputar kopi tubruk

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar kopi tubruk. Jika Anda masih penasaran dengan kopi tubruk, simak jawabannya di bawah ini!

Gilingan apa yang sesuai untuk kopi tubruk?

Ukuran gilingan akan menentukan karakter seduhan kopi tubruk yang dihasilkan. Gilingan kasar akan menghasilkan rasa seduhan kopi tubruk yang smooth dan clean. Ukuran giling kasar ini biasanya dipakai saat proses cupping kopi di coffee shop.


Gilingan sedang akan menghasilkan seduhan kopi tubruk yang seimbang dari segi rasa dan intensitas. Sementara itu, gilingan halus akan menghasilkan seduhan kopi tubruk yang intens.

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Alat pertama yang sebaiknya home brewer punya adalah grinder baik manual maupun elektrik. Grinder membuka kesempatan untuk Anda mencoba berbagai ukuran gilingan dan apa saja pengaruhnya terhadap hasil seduhan. Jangan takut mencoba, ya!

Baca juga rekomendasi produk kopi lainnya di sini

Selain kopi tubruk, kami juga memiliki rekomendasi kopi berdasarkan jenis maupun daerah penghasil kopi secara khusus. Ada kopi arabika, kopi robusta, kopi asal Gayo, Kintamani, Lampung dan lain-lain yang sudah kami ulas. Jika penasaran dengan informasi selengkapnya, baca tautan di bawah ini, yuk!

Kesimpulan

Menikmati kopi tubruk memberikan rasa nikmat tersendiri bagi para penikmat kopi. Jadi, sesudah membaca artikel kami, sudahkah Anda memutuskan produk kopi tubruk yang ingin dicoba?


Dalam memilih kopi, ketahui jenis kopi tubruk yang digunakan, kemudian pilih yang paling pas dengan selera Anda. Anda juga bisa membeli kopi dalam bentuk bubuk halus atau biji kopi sesuai keinginan.

Artikel terkait

  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merk teh celup di pasaran, seperti Sari Wangi, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Kali ini, kami telah menyiapkan beberapa tips untuk memilih teh celup yang bagus dan enak. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan baca tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Segera baca artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Produk Indocafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Produk Indocafe Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Indocafe adalah salah satu brand kopi instan yang sangat populer di Indonesia. Variasi rasa produknya sangat beragam sehingga sangat mudah disesuaikan dengan selera tiap orang. Anda bisa menemukan mulai dari kopi hitam sampai kopi rasa stroberi dan jahe. Bahkan, tidak hanya untuk diseduh panas, ada pula produk yang cocok disajikan dingin.Agar Anda tidak bingung dalam memilih, kami akan berikan beberapa tips memilihnya. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk terbaiknya, seperti Cappuccino, Fine Blend, dan Coffeemix 3 in 1. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Toraja adalah kopi terbaik dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Kopi tersebut kaya rasa, memiliki fruity aftertaste, dan tingkat keasaman yang memanjakan lidah. Biji kopi Toraja pun menjadi rebutan penikmat kopi dari berbagai negara.Meskipun membahas kenikmatan kopi Toraja tidak akan ada habisnya, kami akan mengulasnya untuk Anda. Sejarah kopi Toraja, ciri khas atau karakteristiknya, hingga beberapa jenis terbaik, seperti Toraja Sapan atau Kalosi, ada di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan kopi Toraja asli dari merk terkenal seperti Excelso, Top Coffee, dan Tanamera. 
    Teh & kopi
  • 10 Merk Kopi Liberika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Liberika Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Selain kopi arabika dan robusta, mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang kopi liberika. Perbedaan kopi robusta atau arabika dengan liberika terletak pada tempat penanamannya, bentuk biji, kandungan kafein, hingga karakteristik rasa dan aromanya. Budidaya kopi liberika hanya dilakukan di beberapa negara dan Indonesia termasuk salah satunya.Kekhasan kopi liberika yang membuatnya diburu banyak orang adalah aromanya yang seperti nangka. Beberapa jenis kopi liberika terkenal di Indonesia berasal dari daerah Tungkal Jambi, Banyuwangi, dan Meranti Riau. Penasaran ingin mencicipinya? Kami akan memberikan tips dan rekomendasi produknya untuk Anda di artikel ini.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Sidikalang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Sidikalang adalah salah satu kopi kebanggaan masyarakat Medan, Sumatera Utara. Karakter kopi Sidikalang yang cenderung asam dan tidak begitu pahit membuatnya bisa dinikmati berbagai kalangan. Sering kali, kopi Sidikalang menjadi solusi bagi penderita mag yang tetap ingin menikmati kopi. Popularitas kopi Sidikalang mungkin tidak setenar zaman dahulu, tetapi kopi ini tetap dicari-cari oleh penikmatnya, terutama varian arabika premiumnya.Di artikel ini kami akan memberikan tips memilih kopi Sidikalang paling enak dengan harga yang bersahabat. Merk terkenal seperti Cap King Kong Dunia, Tanpak Sidikalang, atau Tagetto akan kami rekomendasikan untuk Anda. 
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Hijau Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Hijau Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, popularitas kopi hijau makin meroket seiring dengan meningkatnya pola hidup sehat masyarakat. Kopi hijau diproses tanpa dipanggang. Minuman ini dipercaya baik untuk kesehatan, serta menyimpan banyak kandungan baik untuk tubuh. Di pasaran sudah dijual banyak kopi hijau yang menawarkan berbagai manfaat, misalnya sebagai minuman diet dan penurun berat badan.Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih kopi hijau yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga merekomendasikan sepuluh produk terbaik sebagai referensi, antara lain kopi hijau merk Umi, Nescafe, dan Exotico. Bersiaplah untuk menemukan kopi hijau terbaik!
    Teh & kopi
  • 10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Kintamani Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)
    Para penikmat kopi pastinya sudah tidak asing lagi dengan kopi Kintamani khas Bali. Kopi Kintamani adalah kopi yang terkenal memiliki cita rasa unik dengan sensasi citrus. Untuk Anda yang baru ingin mencoba kopi Kintamani Bali, Anda bisa membaca artikel ini terlebih dahulu.  Kami akan mengulas tentang rekomendasi produk kopi Kintamani beserta cara memilihnya. Anda akan menemukan beberapa merk kopi Kintamani arabica yang enak, seperti Otten Coffee, Tanamera Coffee, dan Sentra Kopi. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian. Buat Anda yang penasaran, langsung scroll ke bawah, yuk!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Merk Tong Tji Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Merk Tong Tji Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi pencinta teh, tentu sudah tak asing lagi dengan merk Tong Tji. Rasa tehnya yang nikmat membuat banyak orang menyimpan beberapa stok teh Tong Tji di rumah. Dengan begitu, teh tersebut pun bisa langsung dinikmati ketika me time atau saat kumpul dengan orang-orang tersayang.Karena cukup banyak macamnya, wajar apabila Anda bingung untuk memilihnya. Namun, jangan khawatir, karena kami akan membagikan tips memilih produk yang enak. Ada sepuluh rekomendasi produk terbaik yang akan kami ulas, seperti Teh Tong Tji dengan rasa melati, original, dan lemongrass. Untuk itu, simaklah sampai tuntas!
    Teh & kopi
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
  • 10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang senang meminum teh hitam dalam berbagai suasana, misalnya ketika ingin bersantai. Namun, saat membeli teh hitam Anda mungkin dibingungkan dengan banyaknya pilihan dan merek yang ada.Untuk itu, kami akan berbagi tips memilih teh hitam yang enak. Anda dapat membaca lebih detail mengenai jenis-jenis teh hitam beserta karakteristiknya. Merek teh hitam terbaik, mulai dari SariWangi, Dilmah, hingga Twinings juga akan kami ulas tuntas. Di artikel ini, kami juga telah bekerja sama dengan seorang konsultan dan spesialis teh bernama Muhammad Ashfiya. Mari simak terus artikel ini!
    Teh & kopi
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Kapal Api Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Kapal Api telah lama menemani masyarakat Indonesia dengan aroma dan rasanya yang memikat. Merk ini merupakan produk dari Santos Jaya Abadi. Komitmennya adalah untuk memberikan kopi spesial bagi para konsumen. Ada banyak varian dari Kapal Api, yaitu kopi hitam kopi bubuk, kopi premium, kopi instan, dan kopi siap minum.Agar Anda tidak bingung dalam memilih produk kopi Kapal Api, kami akan memberikan tipsnya untuk Anda. Setelahnya, ada juga rekomendasi produk terbaiknya. Kapal Api Special, Kapal Api Signature, dan Kapal Api Easy Drip ada dalam rekomendasi kami. Mari kita mulai!
    Teh & kopi
  • 10 Rekomendasi Teh Dilmah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Dilmah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dibandingkan kopi, teh memiliki kandungan kafein yang lebih rendah. Meski begitu, aromanya sangat harum, serta cukup beragam. Salah satu merek teh ternama di dunia adalah Dilmah. Berasal dari Sri Lanka, Dilmah dibuat dengan menggunakan teh khas negara tersebut yaitu Ceylon. Teh Ceylon memiliki kualitas yang sudah mendunia.Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan tips dalam memilih teh Dilmah yang sesuai selera Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi teh Dilmah terbaik, seperti Earl Grey, Green Tea with Jasmine, Brilliant Breakfast, dan lainnya. Segera simak pembahasan kami, ya!
    Teh & kopi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori