1. TOP
  2. >
  3. Travelling
  4. >
  5. Rekreasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2023)

Penat dengan kesibukan sehari-hari? Agar fresh kembali, mari berlibur ke tempat-tempat menarik yang ada di Kota Malang. Udaranya yang sejuk dan asri membuat kota ini cocok dijadikan pilihan destinasi wisata. Tak hanya orang-orang di sekitar Jawa Timur, warga Jakarta, Bandung, Bali, dan luar kota lainnya juga suka berlibur ke Malang. 


Tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi di Malang? Kami akan mengulasnya untuk Anda. Ada berbagai rekomendasi tempat wisata di Malang yang bagus dan menarik untuk dilihat. Wisata ke Bromo, Jatim Park, sampai itinerary bulan madu di Malang juga ada! 

Diperbaharui 12-15-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di situs Traveloka pada 13 Januari 2023.

Mengapa harus ke liburan ke Malang?

Mengapa harus ke liburan ke Malang?

Malang adalah salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Jawa Timur. Kota ini menawarkan berbagai destinasi wisata yang menarik dan lengkap. Wisata alam, kuliner, wisata budaya, hingga kegiatan ekstrem bisa Anda lakukan di Malang


Tak hanya memiliki tempat wisata lengkap, udaranya pun cukup sejuk serta dibarengi suasana tenang. Kota ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menjauh sejenak dari hiruk-pikuk perkotaan. Orang-orangnya juga ramah sehingga Anda tidak perlu ragu untuk solo travelling.


Di sini, Anda juga wajib mencicipi kuliner khas Malang. Kota Malang identik dengan baksonya yang enak. Dagingnya berasa, kuahnya pun mantap. Selain bakso Malang, beberapa makanan lain yang wajib Anda coba adalah cwimie, ketan, nasi mawut, dan rawon. Anda siap menjelajah tempat wisata populer di Malang?

Cara memilih tempat wisata di Malang

Sudah tahu mau pergi ke mana saat ke Malang? Jika belum ada rencana, pertimbangkan beberapa tips berikut ini.

① Pilih berdasarkan jenis kegiatannya

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Malang. Jika waktu liburan Anda cukup banyak, cobalah semuanya. 

Wisata alam: Cocok untuk menikmati indahnya Kota Malang dan sekitarnya

Wisata alam: Cocok untuk menikmati indahnya Kota Malang dan sekitarnya

Rasanya belum ke Malang jika Anda belum mengunjungi Gunung Bromo. Tak perlu khawatir harus berjalan jauh saat ke Gunung Bromo karena Anda bisa naik mobil ke sana. Anda mungkin hanya perlu berjalan 5–10 menit sebelum bisa menikmati sunrise dari Gunung Bromo. Lanskap yang indah dan udara yang sejuk sudah pasti Anda dapatkan.


Wisata alam Gunung Bromo juga jadi spot favorit untuk foto pre-wedding, lho. Jika Anda sedang mencari lokasi yang bagus untuk pre-wedding, datanglah ke Kota Malang. Selain Gunung Bromo, Malang juga punya beberapa air terjun yang cantik. Beberapa contohnya adalah Air Terjun Coban Rondo, Coban Jahe, dan Tumpak Sewu.

Wisata kota atau theme park: Media bermain sambil belajar yang menyenangkan

Wisata kota atau theme park: Media bermain sambil belajar yang menyenangkan

Kota Malang menawarkan banyak tempat nongkrong yang asyik. Jika ingin merasakan jadi muda-mudi Malang dan menikmati suasana kotanya, datanglah ke alun-alun Kota Malang pada malam hari. 


Beberapa tempat yang wajib Anda kunjungi di Malang adalah Jatim Park, Batu Night Spectacular, dan Museum Angkut. Di Jatim Park Anda bisa naik wahana hiburan atau mengenalkan dunia binatang pada anak-anak Anda. Tempatnya tak kalah dengan Dufan, Bali Safari & Marine Park, atau Trans Studio Bandung. 

Wisata budaya: Sarana belajar membatik di Kota Malang

Wisata budaya: Sarana belajar membatik di Kota Malang

Batik sangat terkenal di Jawa Tengah, khususnya Pekalongan, Solo, dan Yogyakarta. Namun, Anda juga bisa belajar membatik di Kota Malang, lho. Biasanya, paket wisata belajar membatik ini lebih disukai oleh wisatawan mancanegara yang mau belajar tentang budaya Indonesia

Wisata ekstrem: Kegiatan bersepeda atau trail ke hutan

Wisata ekstrem: Kegiatan bersepeda atau trail ke hutan

Bosan dengan kegiatan liburan yang itu-itu saja? Kalau begitu, saatnya Anda mencoba aktivitas yang lebih memacu adrenalin. Anda yang hobi bersepeda bisa booking trip bersepeda mengelilingi Kota Malang. Treknya jelas, aman, dan cukup menantang. Sementara itu, untuk Anda yang hobi motor trail, saatnya mencoba trail di Malang. Dijamin seru dan tak terlupakan!

② Pertimbangkan jarak dan waktu yang dibutuhkan ke tempat wisata

Pertimbangkan jarak dan waktu yang dibutuhkan ke tempat wisata

Saat menyusun jadwal liburan, perhatikan jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk ke tempat wisata yang Anda mau. Jika Anda memutuskan untuk ikut tour guide, pastikan jadwalnya tidak bertabrakan. Beberapa tempat wisata di Malang membutuhkan waktu 1–2 jam perjalanan.


Untuk Anda yang pergi sendiri tanpa tour guide, pertimbangkan alat transportasinya juga, ya. Lebih baik menyewa kendaraan bermotor agar waktunya lebih fleksibel. 

③ Cek ulasan dan update informasinya terlebih dahulu

Cek ulasan dan update informasinya terlebih dahulu

Sebelum pergi ke suatu tempat wisata, ada baiknya Anda mencari tahu ulasan dan informasinya terlebih dahulu. Anda bisa mencari informasi lewat majalah, blog, Instagram, atau sumber lainnya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda pastikan sebelum berangkat.


  • Jadwal buka
Dalam situasi pandemi seperti ini, belum tentu semua tempat wisata yang ingin Anda kunjungi buka. Jadi, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu sebelum memesan tiket keberangkatan dan akomodasi lainnya.

  • Perizinan
Beberapa tempat wisata sudah dibuka, tetapi mengharuskan pengunjung menaati protokol kesehatan yang ketat. Cari tahu apa saja yang perlu Anda bawa, misalnya kartu vaksin, surat negatif COVID-19, dan semacamnya.

  • Foto tempat
Pada zaman digital seperti sekarang, Anda harus lebih teliti melihat foto karena banyak yang diedit secara berlebihan. Usahakan melihat dari berbagai sumber agar tidak menyesal saat tiba di tempat wisata.

  • Biaya atau tiket masuk
Untuk menghindari pungutan liar atau tourist scam, sebaiknya Anda melihat perkiraan biaya tiket masuk tempat wisata. 

10 Rekomendasi tempat wisata terbaik di Malang

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh tempat wisata terbaik di Malang yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di situs Traveloka. 
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Taman Safari Prigen

 Taman Safari Prigen 1枚目

Ajak si kecil untuk berinteraksi dengan beragam satwa

2

Jatim Park 1

 Jatim Park 1 1枚目

Seru-seruan bersama teman di Jatim Park 1

3

Golden Sunrise Gunung Bromo

 Golden Sunrise Gunung Bromo 1枚目

Rasakan keseruan dan keindahan alam yang memanjakan mata!

4

Arung Jeram di Sungai Brantas Atas dengan Kaliwatu

 Arung Jeram di Sungai Brantas Atas dengan Kaliwatu 1枚目

Siapa berani taklukkan Sungai Brantas?

5

U.F.O Park - Outer Space Experience Theme Park

 U.F.O Park - Outer Space Experience Theme Park 1枚目

Solusi menyengangkan hati anak dengan bujet minimal

6

Kelas Membatik

 Kelas Membatik 1枚目

Belajar membuat batik dari nol!

7

Wisata Agro Wonosari

 Wisata Agro Wonosari 1枚目

Cari tahu tentang seluk-beluk pembuatan teh

8

Malang Beach Camping - Tur 2H1M

 Malang Beach Camping - Tur 2H1M 1枚目

Mari nikmati ketenangan di pinggir pantai sambil berkemah!

9

Adventure Trail Trip ke Kebun Teh Wonosari

 Adventure Trail Trip ke Kebun Teh Wonosari 1枚目

Trailing di Kebun Teh Wonosari, pasti seru!

10

Sweet Honeymoon Malang-Batu 2H1M

 Sweet Honeymoon Malang-Batu 2H1M 1枚目

Bulan madu di Malang dengan suasana kota yang romantis

Perincian produk
Close
No.1

Taman Safari Prigen

Mulai dari Rp135.000,00

Ajak si kecil untuk berinteraksi dengan beragam satwa

Kelebihan:

  • Tersedia shuttle bus dan camping ground
  • Bisa melihat bayi-bayi satwa yang menggemaskan
  • Memiliki amusement park yang cukup luas

Kekurangan:

  • Tiket non-refundable

Bosan dengan wisata yang itu-itu saja? Coba kunjungi Taman Safari Prigen! Di sini, Anda dapat melihat dan berinteraksi dengan banyak hewan yang dibiarkan bebas berkeliaran tanpa dibatasi kandang. Bahkan, Anda bisa menyaksikan berbagai animal show, mulai dari lumba-lumba, harimau, hingga atraksi burung. Si kecil pasti happy melihat tingkah lucu para satwa yang sedang beraksi.

No.2

Jatim Park 1

Mulai dari Rp100.000,00

Seru-seruan bersama teman di Jatim Park 1

Kelebihan:

  • Jumlah wahana lebih banyak dibandingkan area Jatim Park lainnya

Kekurangan:

  • Kurang cocok dikunjungi saat musim hujan karena sebagian besar wahana dan atraksi berlokasi di luar ruangan

Jatim Park adalah tempat wisata modern yang superluas, menyajikan atraksi menarik, dan edukasi yang berbobot. Dari sisi edukasi, Anda akan disuguhkan beragam budaya dan adat istiadat yang dimiliki oleh berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari pertunjukan tari sampan hingga pertunjukan wayang kulit, semua dapat Anda saksikan di sini.


Dari sisi atraksinya, Anda bisa mencoba berbagai wahana yang seru dan menegangkan di Zona Taman Bermain. Coba ajak teman Anda menaiki wahana Pendulum dan Halilintar. Jantung dijamin berdegup kencang, adrenalin pun meningkat pesat! 

No.3

Golden Sunrise Gunung Bromo

Mulai dari Rp375.000,00

Rasakan keseruan dan keindahan alam yang memanjakan mata!

Kelebihan:

  • Disediakan penjemputan gratis untuk area Malang
  • Sudah termasuk biaya tiket masuk Bromo

Kekurangan:

  • Penjemputan dilakukan tengah malam, sebaiknya tur tidak diikuti oleh anak-anak atau jika kondisi badan kurang fit

Perjalanan Anda akan dimulai dengan berburu sunrise di Gunung Bromo. Tenang saja, perjalanannya singkat dan tidak melelahkan, kok. Setelah itu, Anda akan diajak jalan-jalan menikmati Bukit Teletubbies, padang sabana, dan berbagai spot di area Gunung Bromo. 


Area Gunung Bromo sangat bagus untuk foto-foto, bahkan sering dijadikan tempat foto pre-wedding. Kegiatan ini sangat pas untuk para pemburu foto panorama indah.

No.4

Arung Jeram di Sungai Brantas Atas dengan Kaliwatu

Mulai dari Rp155.000,00

Siapa berani taklukkan Sungai Brantas?

Kelebihan:

  • Tersedia Wi-Fi, toilet, dan musala
  • Diberikan makan siang setelah kegiatan rafting

Kekurangan:

  • Sungainya tidak terlalu jernih

Kami merekomendasikan wisata ini untuk Anda yang menyukai tantangan dan berjiwa petualang. Menyusuri perairan yang menantang di Sungai Brantas Atas, adrenalin akan terpacu dan tingkat kewaspadaan Anda pun kian meningkat. Segala keseruan di sepanjang trek sungai akan membuat momen liburan Anda tak terlupakan! Apalagi, Anda bisa sekaligus menikmati keindahan pemandangan di sekitar sungai.

No.5

U.F.O Park - Outer Space Experience Theme Park

Mulai dari Rp20.000,00

Solusi menyengangkan hati anak dengan bujet minimal

Kelebihan:

  • Ada tiga UFO yang merupakan restoran dan tempat penginapan kapsul
  • Unik, bisa berfoto dengan replika alien

Kekurangan:

  • Area tidak terlalu luas dan cukup gersang, kurang cocok untuk Anda yang menyukai pemandangan bernuansa hijau

Anak mengajak jalan-jalan, tetapi Anda sedang mengirit pengeluaran? Anda bisa mengajaknya ke UFO Park di Malang karena tiket masuknya cukup terjangkau. Terlebih, jika anak Anda suka tentang hal-hal luar angkasa, tempat ini akan menjadi pilihan menarik. Anda bisa mengunjungi berbagai bangunan unik dan berfoto bersama patung alien. Di sana ada fasilitas Wi-Fi serta restoran juga, lho. 

No.6

Kelas Membatik

Mulai dari Rp380.000,00

Belajar membuat batik dari nol!

Kelebihan:

  • Transportasi pulang pergi dari Malang dan makan siang disediakan
  • Biaya sudah termasuk kain, bahan waxing, dan pewarna alami

Kekurangan:

  • Kegiatan ini tidak wheelchair-friendly dan stroller-friendly

Batik adalah salah satu kerajinan tangan dan budaya yang diakui oleh UNESCO. Karena itu, tidak heran apabila banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia datang untuk belajar dan membeli batik. 


Kegiatan membatik ini bisa mejadi kegiatan yang seru untuk belajar budaya sekaligus melepas stres. Namun, membuat batik perlu kesabaran dan ketelatenan agar hasilnya maksimal. Tenang saja, Anda akan mendapatkan 5,5 jam yang menyenangkan bersama dengan perajin batik profesional!

No.7

Wisata Agro Wonosari

Mulai dari Rp70.000,00

Cari tahu tentang seluk-beluk pembuatan teh

Kelebihan:

  • Tersedia fasilitas ATM, Wi-Fi, musala, dan toilet
  • Lokasi wisata bisa dicapai menggunakan bus dan kereta

Kekurangan:

  • Atraksi dan wahana cukup minim

Wisata Agro Wonosari sangat cocok untuk program study tour anak SD hingga SMA. Anda akan diajak untuk mengunjungi perkebunan teh dan pabrik teh. Di sana Anda akan mempelajari sejarah pabrik teh Wonosari, jenis-jenis teh dan teknik pengolahannya, hingga cara memetik teh yang benar. 


Menariknya, perkebunan teh Wonosari ini sudah berdiri sejak era kolonial, tepatnya tahun 1901. Itu sebabnya nuansa desain bangunan kolonial masih terasa di beberapa tempat di pabrik tersebut. 

No.8

Malang Beach Camping - Tur 2H1M

Mulai dari Rp400.000,00

Mari nikmati ketenangan di pinggir pantai sambil berkemah!

Kelebihan:

  • Biaya pembatalan gratis

Kekurangan:

  • Aktivitas yang ditawarkan tidak terlalu banyak

Tidak puas jika hanya berkunjung dan main air sebentar di pantai? Berkemah saja di Pantai Sendiki! Pilihan tempat wisata ini cocok untuk anak pantai atau Anda yang suka bertualang. Berkemah juga bisa jadi pilihan tepat untuk menepi sejenak dari padatnya suasana kota.


Tak hanya berdiam di Pantai Sendiki, Anda akan diajak untuk mengunjungi Pantai Batu Bengkung. Pantai ini sering dijuluki Raja Ampat dari Malang. Dalam paket tur ini, Anda juga akan diajak menikmati santai siang di pinggir Pantai Watu Lepek yang syahdu. Jangan lewatkan kesempatan berfoto di pantai-pantai ini, ya.

No.9

Adventure Trail Trip ke Kebun Teh Wonosari

Mulai dari Rp1.250.000,00

Trailing di Kebun Teh Wonosari, pasti seru!

Kelebihan:

  • Biaya yang dikeluarkan sudah termasuk snack, makan siang, dan minuman
  • Memiliki banyak spot foto yang Instagrammable
  • Akses menuju lokasi wisata cukup mudah

Kekurangan:

  • Hanya untuk orang yang bisa mengendarai motor

Anda ingin mencoba kegiatan yang seru saat liburan? Kalau begitu, bagaimana jika Anda melakukan trail ke Kebun Teh Wonosari? Siapkan ketahanan fisik Anda karena kegiatan ini memakan waktu sekitar 8 jam.


Kawasan yang masih asri dan menyegarkan mata menjadi santapan di sepanjang perjalanan. Keamanannya cukup baik karena Anda akan dibekali peralatan lengkap serta briefing sebelum berangkat. Namun, pastikan Anda bisa mengendarai motor trail, ya.

No.10

Sweet Honeymoon Malang-Batu 2H1M

Mulai dari Rp5.760.000,00

Bulan madu di Malang dengan suasana kota yang romantis

Kelebihan:

  • Tersedia penjemputan gratis untuk area Kota Malang
  • Pembatalan tidak dikenakan biaya tambahan

Kekurangan:

  • Hanya bisa digunakan maksimal 30 hari sejak tanggal pilihan

Suasana Kota Malang yang dingin, tenang, dan banyak tempat wisata membuatnya cocok dijadikan tempat berbulan madu. Bagi pasangan pengantin baru yang berencana honeymoon di Malang, ikutilah trip dari Traveloka berikut ini. Anda akan diajak menghabiskan waktu dengan fun di Kota Malang dan Batu. 


Tempat wisata terkenal, seperti Jatim Park dan Omah Kayu termasuk dalam itinerary-nya. Tak hanya sekadar jalan-jalan, suasana romantisnya juga pas sekali untuk pengantin baru! Anda akan diberikan layanan candle light dinner bersama pasangan. Jika dibandingkan kota tujuan bulan madu lain, seperti Bali, harga tur ini termasuk ekonomis, lho!

Pertanyaan seputar tempat wisata di Malang

Pertanyaan seputar tempat wisata di Malang

Ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan saat seseorang ingin berkunjung ke Kota Malang. Berikut ini kami akan coba menjelaskannya.

Apa saja makanan khas Malang?

Makanan Malang terkenal enak dan harganya ekonomis. Beberapa makanan yang wajib Anda coba adalah bakwan Malang, sate kelinci, rawon, ronde Titoni, ketan, dan orem-orem. Nah, orem-orem ini mirip soto, yakni makanan berkuah santan, tetapi bedanya dilengkapi dengan irisan tempe.

Apakah Batu masih termasuk Kota Malang?

Kota Batu sebenarnya sudah tidak termasuk Kota Malang. Batu adalah kawasan puncak, ibarat Kota Jakarta dengan kawasan Puncak, Bogor. Namun, belum lengkap rasanya pergi ke Kota Malang jika belum mengunjungi Batu. Dari Kota Malang ke Batu butuh waktu sekitar 1–2 jam dengan kendaraan bermotor. Udaranya cukup dingin, jadi jangan lupa memakai pakaian tebal, ya.

Mengapa Batu disebut sebagai kota wisata?

Batu disebut sebagai kota wisata karena di sana banyak tempat wisata model theme park. Contohnya adalah Jatim Park, Batu Night Spectacular, Selecta, Secret Zoo, dan macam-macam. Anda bisa mengajak keluarga untuk bermain sekaligus mendapatkan pengetahuan baru saat berkunjung ke Batu, Malang. Suasana yang sejuk juga menjadi alasan orang mengunjungi Batu untuk melepas penat.

Baca juga rekomendasi hotel lainnya di sini

Tak hanya Malang, Indonesia punya banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi. Selain itu, kami juga memberikan rekomendasi hotel untuk Anda menginap. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui informasinya.

Kesimpulan

Jadi, tanggal berapa Anda akan pergi ke Malang? Kota Malang, Batu, dan sekitarnya merupakan destinasi wisata yang wajib Anda datangi. Suasana yang homey, tempat wisata yang beragam, dan alokasi biaya yang terjangkau membuatnya sangat menarik. 


Belum lagi kulinernya yang pastinya membuat Anda betah selama liburan. Jangan lupa untuk menjaga protokol kesehatan selama beraktivitas, ya. Selamat merencanakan liburan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer