1. TOP
  2. >
  3. Komputer & laptop
  4. >
  5. Laptop
  6. >
  7. 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Laptop Terbaik untuk Mahasiswa - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

Laptop merupakan salah satu perlengkapan elektronik yang fungsinya sangat penting untuk menunjang aktivitas belajar, khususnya bagi mahasiswa. Selain untuk menyusun laporan, laptop juga digunakan untuk mengolah data, presentasi, hingga membuat karya seni. Harga laptop untuk mahasiswa cukup beragam, mulai dari 4 juta hingga di atas 10 juta rupiah.

 
Kali ini, kami akan mengulas cara memilih beserta rekomendasi laptop yang bagus untuk mahasiswa. Deretan merek laptop yang cocok untuk kuliah, seperti ASUS, Apple, Lenovo, dan HP akan kami ulas secara detail. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Deddy Huang.

Diperbaharui 01-31-2023
Pakar
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Deddy Huang adalah seorang spesialis digital marketing yang berpengalaman menangani content marketing lebih dari 10 tahun. Selain itu, ia juga seorang commercial food photographer untuk kebutuhan foto menu dan produk serta seorang travel blogger. Deddy juga menyukai hal-hal yang berkaitan dengan gadget sehingga membuatnya menjadi seorang tech enthusiast. Sebagai tech enthusiast, ia berbagi ulasan seputar gadget melalui blog dan Instagram-nya.

Profil Deddy Huang
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih laptop untuk mahasiswa

Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, keberadaan laptop menjadi hal penting. Memiliki laptop akan memudahkan Anda dalam mengerjakan tugas di mana pun dan kapan pun. Ketahui spesifikasi laptop yang tepat untuk anak kuliahan dengan membaca poin cara memilih ini sampai tuntas.

① Sesuaikan prosesor dengan kebutuhan penggunaan

Prosesor menjadi salah satu komponen yang memengaruhi performa laptop. Prosesor berperan sebagai otak dari laptop untuk melakukan seluruh perintah yang Anda inginkan. Makin tinggi prosesornya, makin mahal juga harganya. Untuk itu, simak baik-baik penjelasan berikut ini, ya!

Desain dan multimedia, minimal Intel Core i7 atau AMD Ryzen

Desain dan multimedia, minimal Intel Core i7 atau AMD Ryzen

Tiap prosesor memiliki tingkatan tertentu, misalnya Intel Core i3, Core i5, Core i7. Sementara itu, prosesor AMD memiliki tingkatan di antaranya Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7, dan Ryzen 9. Makin tinggi angkanya, makin tinggi pula performanya.


Jika Anda mengambil jurusan multimedia, desain grafis, atau perfilman, mau tak mau laptop akan terinstal beragam aplikasi yang berat. Sebagai contoh, aplikasi Lumion untuk jurusan teknik arsitek, AutoCAD untuk jurusan teknik sipil, dan sebagainya.


Selain menghabiskan banyak ruang penyimpanan, proses render gambar biasanya akan membuat prosesor bekerja lebih berat. Nah, untuk dapat menjalankan aplikasi tersebut tanpa lag, pilihlah laptop dengan prosesor Intel Core i7 atau minimal AMD Ryzen.

Statistik dan bahasa pemrograman, minimal Intel Core i5

Statistik dan bahasa pemrograman, minimal Intel Core i5

Jika Anda mahasiswa jurusan teknik informatika, pastikan untuk memilih laptop dengan spesifikasi prosesor minimal Intel Core i5. Hal ini karena Anda akan banyak menggunakan aplikasi bahasa pemrograman, seperti Visual Code Studio, Adobe Dreamweaver, dan lain-lain.


Prosesor yang tinggi akan membantu pengguna lebih luwes dalam bekerja. Ada banyak aplikasi pemrograman yang memang membutuhkan kinerja lebih tinggi. Untuk saat ini, prosesor minimal Intel Core i5 bisa menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut dengan lancar.


Belum lagi jika Anda mengambil konsentrasi di bidang user interface (UI), aplikasi berbasis desain grafis tentunya wajib terinstal. Tak hanya cocok untuk mahasiswa teknik informatika, laptop ini juga dapat digunakan untuk mengolah data dalam ilmu statistik dan matematika.

Penggunaan ringan, Intel Core i3 atau Intel Celeron

Penggunaan ringan, Intel Core i3 atau Intel Celeron

Beberapa aplikasi standar laptop yang paling sering digunakan oleh mahasiswa untuk mengerjakan tugas perkuliahan adalah Microsoft Office. Untuk menjalankan Microsoft Office, prosesor Intel Celeron sudah mencukupi.


Selain mengerjakan tugas perkuliahan, Intel Celeron dapat diandalkan untuk penggunaan ringan, seperti browsing di internet dan menonton film. Namun, jika Anda ingin menginstal aplikasi lain untuk menunjang hobi, sebaiknya pilihlah laptop dengan prosesor Intel Core i3. Anda juga bisa menggunakan untuk membuka aplikasi kerja berbasis online, seperti Google Docs.


Lalu, apakah laptop dengan harga 2 jutaan cocok untuk mahasiswa? Jawabannya tentu tergantung pada tingkat kebutuhannya. Perlu diingat, harga laptop terbaru saat ini dijual mulai 4 jutaan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan dana tambahan untuk membeli laptop incaran.

② Ketahui ukuran layarnya

Ketahui ukuran layarnya

Jika mobilitas Anda sebagai mahasiswa sangat padat, laptop berukuran 11 hingga 13 inch dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa menyimpannya ke dalam backpack, tas selempang, atau membawanya langsung tanpa kerepotan. Sayangnya, ukuran tersebut kurang nyaman untuk mendukung aktivitas multimedia.


Apabila Anda membutuhkan laptop yang cocok untuk aktivitas multimedia, pilihlah laptop dengan ukuran minimal 15 inch. Selain memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan, lelah pada mata akibat melihat layar terlalu lama juga dapat diminimalkan.


Saat ini, produsen laptop mulai berfokus pada laptop layar besar mulai dari 15 inch untuk menjawab permintaan pasar. Bekerja di layar besar akan memudahkan dalam membaca data. Sayangnya, laptop layar besar memiliki bobot yang berat sehingga merepotkan untuk dibawa bepergian. Jika Anda menginginkan fungsi dan kemudahan dalam membawa, pertimbangkan laptop dengan layar 14 inch.

③ Cek spesifikasi yang ditawarkan

Setelah memeriksa tipe prosesor dan ukuran layarnya, kini saatnya Anda mengecek spesifikasi yang ditawarkan. Berikut adalah fitur-fitur yang harus Anda pertimbangkan saat ingin membeli laptop untuk kegiatan perkuliahan.

Ruang penyimpanan SSD, agar transfer data makin optimal

Ruang penyimpanan SSD, agar transfer data makin optimal

Umumnya, terdapat dua jenis media penyimpanan pada laptop, yaitu HDD (hard disk drive) dan SSD (solid state drive). Masing-masing jenis penyimpanan tersebut memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Berikut adalah perbandingan dari keduanya.


Karakteristik HDD:

  • Harganya lebih terjangkau.
  • Ruangan penyimpanan HDD jauh lebih besar dibanding SSD.
  • Rentan terhadap suhu panas, goncangan, dan getaran.

Karakteristik SSD:

  • Memiliki performa dan daya tahan yang baik.
  • Aman dibawa bepergian karena strukturnya lebih tahan terhadap guncangan.
  • Proses loading aplikasi, transfer data, dan booting sistem lebih cepat dibanding HDD.
  • Kapasitasnya terbatas dan harganya lebih pricey.

RAM minimal 8 GB, untuk membuka banyak aplikasi

RAM minimal 8 GB, untuk membuka banyak aplikasi

RAM atau random access memory merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat laptop membuka aplikasi. Untuk menjalankan sistem operasi dan aplikasi, biasanya laptop memiliki batas minimum dalam penggunaan RAM. Oleh karena itu, laptop dengan RAM yang besar memungkinkan Anda membuka banyak aplikasi secara bersamaan.


Beragam aktivitas, seperti membuka program Microsoft Office dan browsing di internet, tentu akan sering dilakukan saat Anda mengikuti perkuliahan. Di sisi lain, Anda tentu menginginkan loading data yang cepat. Untuk itu, pilihlah laptop dengan ukuran RAM minimal 8 GB agar beban kerja laptop makin ringan. Ukuran RAM tersebut sangat penting terutama jika Anda sering menggunakan aplikasi pengolah grafis.

Resolusi FHD, untuk gambar yang lebih tajam

Resolusi FHD, untuk gambar yang lebih tajam

Kebanyakan produsen laptop jarang memerhatikan kualitas layar. Umumnya, produsen lebih berfokus pada sisi hardware. Padahal, resolusi layar termasuk bagian penting yang berpengaruh pada tingkat kenyamanan mata pengguna. Jika Anda ingin mendapatkan laptop dengan tampilan warna lebih tajam, carilah laptop resolusi FHD atau OLED.


Selain digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan, laptop juga sering digunakan untuk kegiatan hiburan. Sebagai contoh, menonton film atau bermain games saat Anda memiliki waktu luang. Supaya kualitas gambar terlihat memuaskan, pertimbangkanlah untuk memilih laptop dengan resolusi layar FHD atau 1920 x 1080 piksel.


Dengan spesifikasi tersebut, membuka aplikasi olah grafis, seperti Photoshop dan Autodesk 3ds Max, pun menjadi lebih nyaman. Tingkat kecerahan warna yang baik akan membuat Anda dapat belajar dan bekerja secara maksimal, bukan?

10 Rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk laptop terbaik untuk mahasiswa yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Deddy Huang.
PR
PR
AcerSwift 3 OLED

Mulai dari Rp15.499.000,00

Si Tipis dengan Performa Canggih!
Mahasiswa tentunya memerlukan laptop awet yang nyaman untuk dipakai setiap hari dalam waktu panjang. Untuk itu, Anda bisa memilih Acer Swift 3 OLED yang memiliki kapasitas baterai yang tahan lama. Berkatnya, Anda tidak perlu khawatir laptop tiba-tiba kehabisan baterai saat mengerjakan tugas penting.

Laptop ini juga dibekali dengan refresh rate berukuran 90Hz dengan durasi response time di angka 1 ms. Selain bobotnya yang ringan, laptop dengan ukuran 14 inci ini memiliki desain minimalis yang terlihat modern dan modis. Produk ini merupakan perpaduan sempurna antara teknologi yang canggih dan desain menarik yang dapat menemani keseharian Anda sebagai mahasiswa.
Awet dan tahan lama, pas untuk digunakan sehari-hari
Swift 3 OLED
Laptop dengan ukuran 14 inci ini memiliki desain minimalis, tetapi tetap terlihat modern dan modis. Laptop ini merupakan perpaduan sempurna antara kekuatan teknologi yang canggih, desain menarik, serta dapat memenuhi kebutuhan penggunaan laptop harian.

Tak sampai di situ, laptop ini dibekali dengan refresh rate berukuran 90Hz dengan durasi response time di angka 1 ms. Baterainya juga awet, sehingga akan mudah untuk membawanya ke mana pun setiap hari.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Lenovo

Ideapad Slim 1

Lenovo Ideapad Slim 1 1枚目

Budget laptop dengan fitur sekelas flagship

2

Acer

Nitro 5

Acer Nitro 5 1枚目

Laptop gaming dengan tampilan yang stylish

3

Huawei

MateBook D 15

Huawei MateBook D 15 1枚目

Menggunakan penguncian sidik jari sehingga lebih aman dan praktis

4

Axioo

MyBook 11G

Axioo MyBook 11G 1枚目

Ringkas dan ringan, tidak merepotkan saat dibawa bepergian

5

Acer

Aspire 3 Slim Essential Laptop

Acer Aspire 3 Slim Essential Laptop 1枚目

Mata bebas lelah dengan layar yang dibekali fitur ComfyView

6

ASUS

Vivobook Go 14 Flip

ASUS Vivobook Go 14 Flip  1枚目

Hybrid, bisa dijadikan sebagai laptop dan tablet

7

Xiaomi

RedmiBook 15

Xiaomi RedmiBook 15 1枚目

Optimal untuk penggunaan harian, desainnya pun premium

8

Apple

MacBook Air (M2)

Apple MacBook Air (M2) 1枚目

Prosesor andal untuk performa yang gesit

9

HP

ENVY Laptop 13-ba1033TX

HP ENVY Laptop 13-ba1033TX 1枚目

Menggunakan NVIDIA GeForce MX450 sehingga bagus dipakai untuk gaming

10

ASUS

Zenbook 14X OLED

ASUS Zenbook 14X OLED 1枚目

Laptop 14 inch pertama dengan layar OLED 2.8K

Perincian produk
Close
No.1

LenovoIdeapad Slim 114AMN7

Mulai dari Rp7.199.000,00

Budget laptop dengan fitur sekelas flagship

Kelebihan:

  • Dilengkapi penutup kamera atau privacy shutter agar tidak mudah diintip atau di-hack
  • Memiliki dua mic di sisi kanan dan kiri, serta software Dolby Access untuk mengubah profil suara
  • Sudah termasuk bundling Office Home and Student 2021 gratis

Kekurangan:

  • RAM onboard (tidak dapat di-upgrade)

Lenovo Ideapad Slim 1 14AMN7 memiliki harga yang masih ramah untuk anak kuliahan. Dengan harga 7 jutaan, Anda bisa mendapatkan laptop dengan prosesor AMD Ryzen 3 dan layar full HD. Apabila Anda mencari laptop untuk arsitek dengan harga di bawah 10 juta, produk ini layak dipertimbangkan.


Perangkat ini memiliki tampilan yang sangat elegan, layaknya laptop flagship yang dijual dengan harga tinggi. Laptop mahasiswa ini juga dibekali layar doff sehingga tampilan layarnya sulit terlihat dari arah samping. Privacy Anda saat mengerjakan tugas pun jadi lebih terjaga.

No.2

AcerNitro 5AN515-57

Mulai dari Rp13.199.000,00

Laptop gaming dengan tampilan yang stylish

Kelebihan:

  • Laptop gaming dengan prosesor dan graphics card yang mumpuni
  • Dibekali exhaust fan yang baik, yakni Acer CoolBoost agar laptop tidak mudah panas
  • Desain keyboard 4 zone dengan lampu backlit yang stylish

Kekurangan:

  • Berat dan bulky, kurang nyaman dibawa bepergian

Untuk menghilangkan stres di sela-sela tumpukan tugas kuliah, banyak mahasiswa menghabiskan waktu bermain game online. Jika Anda senang bermain game, laptop dengan tampilan stylish ini bisa menjadi solusinya. Acer Nitro 5 dibekali prosesor Intel® Core™ i5-11400H dan NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 yang membuat gaming terasa lancar.


Ditambah lagi, produk ini juga memiliki air flow yang baik berkat Acer CoolBoost yang disematkan di dalamnya. Anda tak perlu khawatir laptop menjadi overheating akibat terlalu lama dipakai mengerjakan tugas atau bermain game.

No.3

HuaweiMateBook D 15

Mulai dari Rp11.499.000,00

Menggunakan penguncian sidik jari sehingga lebih aman dan praktis

Kelebihan:

  • Memiliki penguncian sidik jari
  • Dilengkapi fitur HUAWEI Share untuk menghubungkan laptop dan smartphone tanpa koneksi internet
  • Mendukung fast charging dengan daya 65 watt

Kekurangan:

  • Tidak memilki card reader dan port LAN
  • Letak kamera di antara keyboard menampilkan angle gambar yang kurang ideal

Tombol power Huawei MateBook D 15 terletak di ujung kanan dan terpisah dari keyboard sehingga tidak mudah tersentuh. Tombol tersebut juga terintegrasi dengan pembaca sidik jari yang praktis dan aman. Anda yang sering menyimpan data-data penting bisa bernapas lega karena laptop tak mudah dibobol.


Di samping itu, charger untuk laptop ini juga sangat ringkas. Anda bahkan bisa membawa dan menyimpannya di dalam saku celana. Produk ini juga mendukung pengisian cepat yang membuat baterainya dapat terisi hingga 53 persen dalam 30 menit.

No.4

Ringkas dan ringan, tidak merepotkan saat dibawa bepergian

Kelebihan:

  • Bodinya ringkas dan ringan sehingga tidak membebani Anda
  • Harganya terjangkau untuk Anda yang memiliki dana pas-pasan

Kekurangan:

  • Mengalami penurunan kecepatan saat dipakai multitasking
  • Ukuran dan jarak keyboard-nya terlalu padat

Sebagai laptop kelas entry level, produk Axioo ini sudah cukup untuk penggunaan ringan sehari-hari. Anda bisa menggunakannya untuk mengikuti kelas online, presentasi, serta mengerjakan tugas makalah. Produk ini memiliki bodi yang ringkas dengan bobot 1,15 kilogram saja. Laptop 11 inch ini ideal untuk mahasiswa yang harus selalu membawa laptop kala kuliah atau bepergian.

No.5

AcerAspire 3 Slim Essential LaptopA314-22

Mulai dari Rp5.799.000,00

Mata bebas lelah dengan layar yang dibekali fitur ComfyView

Kelebihan:

  • Dibekali layar IPS full HD dengan fitur ComfyView
  • RAM dan storage-nya dapat di-upgrade
  • Bodi laptop tidak mudah kotor dan meninggalkan noda sidik jari

Kekurangan:

  • Resolusi web camera-nya rendah dan gambarnya pecah

Untuk para mahasiswa yang sering berlama-lama di depan laptop, kami merekomendasikan produk Acer yang satu ini. Serupa dengan produk Acer lainnya, Aspire 3 Slim mengusung layar yang dilengkapi fitur ComfyView. Fitur ini akan menyaring sinar biru agar mata tidak mudah lelah.


Baiknya lagi, layar laptop ini juga menggunakan panel IPS dengan resolusi full HD. Anda pun akan memperoleh tampilan yang jelas, tajam, dan nyaman dilihat.

No.6

ASUSVivobook Go 14 Flip TP1400

Mulai dari Rp6.599.000,00

Hybrid, bisa dijadikan sebagai laptop dan tablet

Kelebihan:

  • Layar sentuh yang bisa diputar 360 derajat sebagai laptop atau tablet
  • Memiliki performa GPU yang bagus
  • Dilengkapi stylus pen

Kekurangan:

  • RAM onboard yang tidak bisa di-upgrade
  • Stylus holder-nya kurang kuat sehingga stylus pen rawan jatuh dan hilang

Salah satu keistimewaan laptop ini adalah bodinya yang hybrid dan bisa dioperasikan dengan empat mode. Anda bisa memakainya baik sebagai notebook maupun tablet. Dengan desain layar sentuh, Anda akan makin mudah saat mengoperasikannya.


Produk ini juga sudah dilengkapi stylus pen yang membuat proses menggambar jadi lebih praktis dan efisien. Untuk mahasiswa yang kuliah di jurusan seni atau desain, produk ini layak untuk dimiliki.

No.7

Optimal untuk penggunaan harian, desainnya pun premium

Kelebihan:

  • Layarnya besar dengan resolusi full HD
  • Desain premium minimalis, mirip laptop high-end
  • Baterainya cukup awet hingga 9 jam

Kekurangan:

  • RAM single channel dan nonupgradeable yang rawan freezing

Tipis, minimalis, plus finishing yang matte membuat Xiaomi RedmiBook 15 terlihat layaknya laptop high-end dengan harga tinggi. Terlebih lagi, produk ini memiliki layar yang lebar, pas untuk para mahasiswa yang senang menonton.


Soal performa, laptop ini sudah menggunakan prosesor Intel® Core™ i3 generasi ke-11. Dilengkapi webcam dengan resolusi 720p, laptop ini makin fungsional untuk mengikuti meeting dan perkuliahan online. Segala keunggulan tersebut membuat produk ini ideal untuk penggunaan sehari-hari.

No.8

AppleMacBook Air (M2)

Mulai dari Rp20.999.000,00

Prosesor andal untuk performa yang gesit

Kelebihan:

  • Performa supercepat dengan prosesor yang andal
  • Baterai tahan lama hingga 18 jam
  • Hasilkan suara surround dengan empat buah speaker


Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi kipas pendingin sehingga mesin rawan panas

Ingin tampil hi-tech dan terlihat sebagai mahasiswa aktif dengan segudang kegiatan? Ini dia salah satu laptop kelas atas yang layak Anda pilih. MacBook Air M2 menggunakan prosesor chipset M2 dengan CPU 8-core dan GPU 10-core.


Spesifikasi tersebut membuat laptop ini memiliki kinerja yang cepat, bahkan saat membuka aplikasi yang membebani graphics card. Anda pun bisa bekerja dan switch ke tugas lainnya secara cepat. Produk ini cocok dipilih oleh mahasiswa yang mengambil jurusan arsitek, teknik sipil, informatika, hingga perfilman.

No.9

HPENVY Laptop 13-ba1033TX

Mulai dari Rp18.999.000,00

Menggunakan NVIDIA GeForce MX450 sehingga bagus dipakai untuk gaming

Kelebihan:

  • Memiliki layar sentuh dengan viewing angle yang luas
  • Menggunakan prosesor Intel® Core™ i7 yang tangguh dan bisa dipakai multitasking
  • Dilengkapi graphics card NVIDIA GeForce MX450 sehingga bisa menginstal game berat

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi antiglare sehingga ada pantulan cahaya dari layarnya


Laptop untuk mahasiswa ini dibekali prosesor Intel® Core™ i7 sehingga bebas lag saat dipakai membuka banyak aplikasi bersamaan. Kinerjanya juga cepat, bahkan Anda bisa melakukan rendering gambar dari Photoshop dalam waktu sekitar 1,3 detik saja.


Dengan graphics card NVIDIA GeForce MX450, laptop ini juga mumpuni dipakai bermain game. Performanya yang bagus membuat laptop ini cocok dipakai untuk kerja dan kuliah.

No.10

ASUSZenbook 14X OLEDUM5401

Mulai dari Rp16.999.000,00

Laptop 14 inch pertama dengan layar OLED 2.8K

Kelebihan:

  • Tampilan layar OLED dengan resolusi 2.8K
  • Memori SSD yang besar hingga 1 TB
  • Lebih tahan benturan dengan standar militer MIL-STD 810H


Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi IR camera untuk face recognition seperti seri Zenbook sebelumnya

Sempurna adalah kata yang tepat untuk menggambarkan ASUS Zenbook 14X OLED ini. Selain prosesor dan graphics card-nya yang unggul, produk ini juga dilengkapi penyimpanan besar berkapasitas 1 TB. Anda bisa memakainya untuk mengedit video serta menyimpan banyak data.


Perangkat ini bahkan disebut-sebut sebagai laptop layar 14 inch pertama di dunia yang memiliki resolusi mencapai 2.8K. Bagian touchpad-nya pun dilengkapi fitur NumberPad 2.0 yang praktis untuk kebutuhan statistik dan akuntansi. Anda juga akan terkagum-kagum dengan beragam fitur lain yang dimiliki laptop ini. Jadi, jangan ragu untuk memilihnya!

Baca juga rekomendasi laptop lainnya di sini

Selain laptop untuk mahasiswa, kami telah mengulas cukup banyak artikel mengenai laptop yang mendukung untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Jika Anda tertarik untuk mengetahui produk laptop terbaik rekomendasi kami, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Harga laptop untuk mahasiswa sangatlah beragam tergantung spesifikasi produknya, mulai dari yang low budget hingga yang mahal. Sebelum membeli laptop, pastikan mengetahui kebutuhan Anda lebih dulu. Setelah itu, pilih laptop yang spesifikasinya mendukung keperluan Anda.


Selain untuk mengerjakan tugas kuliah, laptop juga bisa digunakan sebagai sarana hiburan, mulai dari nonton film, mendengarkan musik, hingga gaming. Sebisa mungkin pilihlah laptop yang bisa menjalankan semua program tersebut dengan baik. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer