1. TOP
  2. >
  3. Ibu & anak
  4. >
  5. Perlengkapan & perawatan bayi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Hipseat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Gendongan hipseat atau hipseat baby carrier kini menjadi pilihan banyak orang tua, terutama orang tua baru. Tak cuma stylish, gendongan ini juga praktis dan nyaman, baik bagi bayi maupun penggendongnya. Selain itu, masih banyak kelebihan gendongan hipseat dibandingkan gendongan kain biasa. Apakah Anda tertarik memilikinya?


Ada banyak produk hipseat di pasaran. Agar tak bingung memilihnya, kami akan memberikan tips cara memilih gendongan hipseat terbaik di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan produk dari beberapa merek yang bagus seperti Dialogue Baby, Mooimom, dan Baby Safe. Baca artikelnya sampai selesai, ya.

Diperbaharui 01-12-2023
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Kelebihan gendongan bayi hipseat

Kelebihan gendongan bayi hipseat

Gendongan hipseat adalah jenis baby carrier dengan dudukan yang dipasang pada pinggang penggendong. Dengan gendongan hipseat, anak dapat berada dalam gendongan dengan nyaman. Selain itu, desainnya juga memungkinkan tangan Anda lebih bebas sehingga dapat mengerjakan hal lainnya. Berikut ini beberapa kelebihan hipseat lainnya. 


  • Mudah digunakan bahkan oleh orang tua baru sekalipun. Meski terlihat besar, penggunaan hipseat lebih mudah dibandingkan jenis gendongan lain. Anda tinggal menyandangnya seperti ransel. Mudah, bukan?

  • Nyaman untuk penggendong. Saat menggendong dengan hipseat, postur tubuh Anda akan tetap tegak. Beban bobot anak juga akan tersebar dan tidak menekan tulang belakang dan otot punggung. Anda pun lebih nyaman menggendongnya bahkan untuk waktu yang lama. 

  • Dapat digunakan untuk menggendong dalam berbagai posisi. Hipseat menawarkan berbagai posisi menggendong yang dapat disesuaikan situasi dan usia bayi. Bahkan, sebagian produk dapat digunakan untuk menggendong sampai enam jenis posisi

  • Tak hanya untuk bayi. Tak seperti sling atau wrap, Anda dapat menggunakan hipseat untuk menggendong bayi sampai usia balita. Jadi, Anda tak perlu membeli beberapa jenis gendongan berbeda untuk anak

  • Lebih hemat tempat penyimpanan. Hipseat tidak memakan banyak tempat seperti stroller. Selain itu, bagian dudukannya juga dapat dilepas pasang. Ini tentu memudahkan Anda saat menyimpannya.  

Cara memilih hipseat

Memilih hipseat terbaik tidaklah sulit. Kami akan memberikan tips mengenai apa saja yang perlu Anda perhatikan saat memilih hipseat. Tak cuma bahan, tetapi juga fitur dan desainnya. Berikut ini tips dari kami untuk memilih hipseat terbaik. 

① Pilih bahan yang nyaman

Pilih bahan yang nyaman

Bahan hipseat sangat memengaruhi kenyamanan penggunaannya. Umumnya, hipseat terbuat dari kain poliester atau katun. Poliester adalah jenis bahan yang awet dan cepat kering. Jadi, bahan ini bisa dibilang cukup praktis perawatannya.

 
Bahan lain yang sering digunakan untuk membuat hipseat adalah kain katun jenis twill. Kain jenis ini kuat dan tak mudah robek. Selain itu, seperti jenis katun lain, bahan twill adem sehingga makin nyaman dipakai. Bahan baby canvas juga kerap menjadi pilihan karena tebal dan bertekstur khas.

② Periksa target pengguna

Saat memilih hipseat, Anda juga perlu mempertimbangkan usia dan bobot bayi. Kedua hal ini penting untuk memastikan kenyamanan sekaligus keamanan bayi saat menggunakan hipseat

Lebih nyaman dengan hipseat sesuai usia bayi

Lebih nyaman dengan hipseat sesuai usia bayi

Hipseat dapat digunakan untuk menggendong bayi mulai usia tiga bulan ke atas. Pada usia ini, biasanya bayi sudah dapat mengangkat kepala dan memiliki kontrol leher yang lebih baik. Atas alasan ini pula, hipseat tidak disarakan untuk bayi yang baru lahir. Menggendong bayi yang belum dapat mengangkat leher dengan baik menggunakan hipseat bisa jadi berakibat fatal.

Sebagian produk hipseat mungkin diklaim dapat digunakan oleh bayi usia 0 bulan. Namun, jangan langsung membelinya. Pahami terlebih dahulu cara penggunaan dan spesifikasi produknya. Bayi yang baru lahir hanya bisa digendong dalam posisi rebah dengan pad tanpa carrier bahu.

Hipseat umumnya dapat digunakan oleh bayi berbagai usia. Batas maksimal usianya sendiri beragam tergantung produknya. Ada produk yang dapat digunakan sampai bayi berusia 24 bulan atau 2 tahun, bahkan sampai 36 bulan atau 3 tahun. Anda perlu memastikan dengan mencermati deskripsi produknya. 

Kapasitas berat yang sesuai menjadikannya makin aman

Kapasitas berat yang sesuai menjadikannya makin aman

Berat bayi juga perlu menjadi bahan pertimbangan saat memilih hipseat. Umumnya, hipseat dapat digunakan untuk menggendong bayi dengan bobot 3 kg ke atas. Sebagian produk memiliki batas berat maksimal 15 kg. Namun, ada pula yang diklaim mampu menahan berat balita sampai 20 kg. Anda tinggal menyesuaikan pilihan dengan kebutuhan. 

③ Cari yang desainnya ergonomis

Hipseat akan menahan tubuh bayi Anda bisa jadi seharian. Oleh karena itu, memilih desain yang ergonomis penting agar bayi tetap nyaman. Desain produk yang baik juga dapat membuat Anda lebih nyaman saat menggendong. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatian terkait dengan desain hipseat.

Produk dengan lapisan mesh, memiliki sirkulasi udara yang baik

Produk dengan lapisan mesh, memiliki sirkulasi udara yang baik

Hipseat bisa jadi akan Anda gunakan selama seharian. Oleh karena itu, Anda tidak hanya membutuhkan produk berbahan yang adem, tetapi juga memiliki sirkulasi udara yang baik. Terlebih Indonesia memiliki iklim tropis yang terkadang membuat bayi mudah gerah.

 
Saat memilih hipseat, pastikan produk incaran Anda memiliki sisi yang memungkinkan aliran udara masuk ke sisi dalam. Produk seperti ini umumnya terbuat dari bahan mesh yang breathable. Sebagian produk lain bahkan memiliki sisi yang dapat digulung agar bayi bebas gerah. 

Busa stirofoam atau EPP foam, jenis bantalan yang nyaman untuk bayi

Busa stirofoam atau EPP foam, jenis bantalan yang nyaman untuk bayi

Bantalan hipseat menjadi bagian penting gendongan jenis ini. Ada dua jenis bahan yang sering digunakan sebagai pengisi cushion gendongan hipseat. Keduanya adalah busa stirofoam dan EPP foam atau expanded polypropylene.

 
Busa stirofoam memiliki harga yang lebih terjangkau. Bahannya cukup keras dan kokoh. Namun, busa jenis ini mudah rusak. Butiran busa stirofoam mudah rontok ketika bergesekan dengan benda keras lain.

Lain lagi dengan EPP foam yang tahan air sehingga lebih awet. Busa jenis ini juga memiliki daya rebound yang tinggi. Posisi bayi jadi makin nyaman dan tak mudah berubah. Namun, EPP foam umumnya lebih mahal daripada stirofoam. 

Posisi menggendong, beragam cara menggendong sesuai situasi

Posisi menggendong, beragam cara menggendong sesuai situasi

Salah satu alasan hipseat dilirik banyak orang tua adalah posisi menggendongnya yang beragam. Anda dapat menggendong dengan posisi front facing in, front facing out, hip carry, dll. Bagian hipseat-nya yang dapat dilepas juga memungkinkan Anda menggendong dengan lebih leluasa.

 
Kebanyakan produk dapat digunakan untuk menggendong dengan enam pilihan posisi. Bahkan ada pula produk yang diklaim dapat digunakan dengan sembilan variasi posisi menggendong. Cari tahu lebih lanjut mengenai berbagai variasi posisi ini dan pilih sesuai kebutuhan Anda. 

Tambahan kantong, tak perlu repot membawa tas lagi

Tambahan kantong, tak perlu repot membawa tas lagi

Saat bepergian dengan bayi, Anda pasti perlu membawa berbagai hal seperti botol susu, sampai diapers. Untuk itu, kantong penyimpanan tambahan pada gendongan hipseat juga penting. Dengan kantong seperti ini, Anda dapat membawa berbagai barang tanpa repot membawa tas tambahan. Makin praktis, kan.

 
Kebanyakan produk gendongan hipseat memiliki saku pada bagian pinggang. Hal ini agar Anda lebih mudah mengakses barang yang tersimpan di dalamnya. Ada pula yang dilengkapi kantong di sisi depan. Bahkan bagian kantong bantalan hipseat juga dapat digunakan sebagai penyimpanan tambahan.

④ Periksa ukuran waist yang pas untuk penggendong

Periksa ukuran waist yang pas untuk penggendong

Ukuran waist hipseat yang pas tidak hanya lebih nyaman bagi penggendong, tetapi juga lebih aman. Di pasaran, panjang waist hipseat umumnya sekitar 110-120 cm. Saat digunakan, bagian waist ini masih dapat disesuaikan dengan lingkar pinggang Anda. Untuk mengencangkannya, hipseat biasanya dilengkapi velcro atau safety buckle.

10 Rekomendasi hipseat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk hipseat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

MOOIMOM

Casual Hipseat Carrier - Gendongan Bayi

MOOIMOM Casual Hipseat Carrier - Gendongan Bayi 1枚目

Dudukannya ergonomis dengan bobot yang ringan

2

Snobby

Gendongan Hipseat 6 Posisi + Saku Sirkulasi Flechi

Snobby Gendongan Hipseat 6 Posisi + Saku Sirkulasi Flechi 1枚目

Makin nyaman bagi penggendong dengan sabuk berlapis busa

3

Dialogue Baby

Hipseat Carrier 9 in 1 Splendid Series

Dialogue Baby Hipseat Carrier 9 in 1 Splendid Series 1枚目

Dilengkapi airflow agar bayi bebas dari gerah

4

Baby Leon

5 in 1 Way Gendongan Hipseat Bayi Arrow Series

Baby Leon 5 in 1 Way Gendongan Hipseat Bayi Arrow Series 1枚目

Motif dan warnanya keren, desain pengamannya kuat

5

Mom's Baby

Gendongan Hipseat Mildy Series

Mom's Baby Gendongan Hipseat Mildy Series 1枚目

Motif minimalis dengan tujuh variasi posisi menggendong

6

Baby Joy

Gendongan Hipseat Kokoa Series

Baby Joy Gendongan Hipseat Kokoa Series 1枚目

Tampil makin menggemaskan dengan hiasan desain binatang

7

Momaz

Hip Seat Perfect Bonding

Momaz Hip Seat Perfect Bonding 1枚目

Pilihan warna beragam dengan desain yang classy

8

COCONI

2 in 1 Breathable Hipseat Carrier

COCONI 2 in 1 Breathable Hipseat Carrier 1枚目

Mengutamakan kenyamanan bayi dan terbuat dari bahan pilihan

9

Baby Safe

Baby Hip Seat

Baby Safe Baby Hip Seat 1枚目

Aman untuk si kecil dan penggendongnya

10

i-Angel

Magic7 Folding Hipseat Carrier

i-Angel Magic7 Folding Hipseat Carrier 1枚目

Dapat dilipat dan bebas encok untuk penggendongnya

Perincian produk
Close
No.1

MOOIMOMCasual Hipseat Carrier - Gendongan Bayi

Mulai dari Rp399.000,00

Dudukannya ergonomis dengan bobot yang ringan

Kelebihan:

  • Berat saat dilipat hanya 500 gram, cocok untuk dibawa saat traveling
  • Tali bahu empuk dan lebar sehingga bahu tak mudah lelah saat menggendong

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi hoodie untuk menutupi kepala anak

Jika Anda memiliki lingkar pinggang yang besar, Anda perlu mempertimbangkan produk hipseat dari MOOIMOM ini. Produk ini tersedia dalam ukuran waistband plus yang dapat digunakan pemilik pinggang berukuran 110-135 cm. Sedangkan ukuran normalnya dapat digunakan untuk lingkar pinggang 60-120 cm. 


Tak cuma nyaman untuk orang tua, produk ini juga mempertimbangkan kenyamanan anak. Bagian punggungnya terbuat dari bahan mesh sehingga lebih adem. Cushion-nya pun ergonomis dari bahan EPP foam yang dikenal lebih awet daripada stirofoam. 

No.2

SnobbyGendongan Hipseat 6 Posisi + Saku Sirkulasi FlechiTPG 2149

Mulai dari Rp470.000,00

Makin nyaman bagi penggendong dengan sabuk berlapis busa

Kelebihan:

  • Dilengkapi hoodie untuk melindungi kepala anak dari panas

Kekurangan:

  • Hanya memiliki satu kantong penyimpanan di bagian sabuk

Twill adalah salah satu jenis katun yang kuat dan bertekstur khas, tetapi lembut dan lentur. Produk ini memadukan katun twill dengan bahan kaos PE 30 sehingga strukturnya kuat, tetapi tetap lembut. Cocok jika Anda mencari hipseat yang berstruktur kokoh. Sisi dalam produk ini juga dilapisi polyfoam dengan beragam ketebalan. Inilah yang membuat pinggang moms dan dads tidak akan sakit saat menggendong.

No.3

Dialogue BabyHipseat Carrier 9 in 1 Splendid SeriesDGG1026

Mulai dari Rp616.000,00

Dilengkapi airflow agar bayi bebas dari gerah

Kelebihan:

  • Dilengkapi hoodie untuk melindungi kepala bayi
  • Dilengkapi saku dengan ritsleting yang lebih aman di bagian waistband

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam tiga warna 

Saat merasa gerah, bayi akan mudah rewel. Jika Anda mengalami masalah serupa, Anda dapat memilih produk hipseat dengan sirkulasi udara yang baik untuk mengatasinya. Salah satunya produk dari Dialogue Baby ini. Bagian saku depan produk ini dapat digulung untuk memberikan jalan masuk bagi udara. Punggung bayi pun tak akan terasa gerah dan kepanasan. Anda pun dapat tenang karena bayi tak akan rewel lagi. 

No.4

Baby Leon5 in 1 Way Gendongan Hipseat Bayi Arrow SeriesBY 6080

Mulai dari Rp200.000,00

Motif dan warnanya keren, desain pengamannya kuat

Kelebihan:

  • Harga lebih ekonomis
  • Ada kantong penyimpanan di bagian samping dan depan

Kekurangan:

  • Sirkulasi udara kurang optimal meski desainnya cukup terbuka

Noda dan kotoran dapat terlihat jelas pada perlengkapan bayi yang berwarna cerah. Jika Anda ingin menghindari hal ini, mengapa tidak memilih perlengkapan bayi berwarna gelap? Misalnya saja produk hipseat Baby Leon ini. Namun, meski warnanya gelap, produk ini memiliki bagian bermotif yang keren. Penampilan Anda pun akan terlihat stylish dan kece.

No.5

Mom's BabyGendongan Hipseat Mildy SeriesMBG2019

Mulai dari Rp653.700,00

Motif minimalis dengan tujuh variasi posisi menggendong

Kelebihan:

  • Sudah dilengkapi hoodie dan saku pada bagian depan

Kekurangan:

  • Kapasitas berat maksimal hanya 15 kg

Anda lebih menyukai perlengkapan bayi berdesain simpel? Coba saja hipseat dari Mom's Baby ini. Hipseat dari bahan twill ini memiliki pilihan warna pastel yang lembut. Agar makin menarik, bagian depannya memiliki motif segitiga yang minimalis. Tampilannya tetap cute sekaligus modern dan simpel. Tak cuma itu, hipseat ini juga sudah dilengkapi hoodie dan saku penyimpanan. 

No.6

Baby JoyGendongan Hipseat Kokoa SeriesBJG3029

Mulai dari Rp459.700,00

Tampil makin menggemaskan dengan hiasan desain binatang

Kelebihan:

  • Dilengkapi saku dan hoodie yang dapat dilepas-pasang

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam dua pilihan warna

Bayi identik dengan perlengkapan yang menggemaskan. Agar penampilan bayi makin imut, pilih hipseat dari Baby Joy yang memiliki aplikasi bergambar koala di bagian punggungnya ini. Cocok jika Anda menyukai perlengkapan bayi berdesain cute. Produk yang dapat digunakan oleh bayi usia 4 bulan ke atas ini juga dilengkapi hoodie yang dapat dilepas pasang.

No.7

MomazHip Seat Perfect Bonding

Mulai dari Rp269.000,00

Pilihan warna beragam dengan desain yang classy

Kelebihan:

  • Produk ringan, hanya 400 gram

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi hoodie untuk menutupi kepala bayi

Para ayah yang ingin tampil cool saat menggendong bayi perlu mempertimbangkan hipseat dari Momaz ini. Produk ini memiliki desain yang sederhana, tetapi classy. Menariknya, hipseat ini memiliki sampai delapan pilihan warna. Lebih banyak daripada produk lain sejenis. Dengan membeli produk ini, Anda juga akan mendapatkan garansi tukar, uang kembali, bahkan perbaikan gratis seumur hidup.

No.8

COCONI2 in 1 Breathable Hipseat Carrier

Mulai dari Rp359.000,00

Mengutamakan kenyamanan bayi dan terbuat dari bahan pilihan

Kelebihan:

  • Dari bahan pilihan yang BPA free dan FDA approved
  • Hipseat dapat dibuka dan diisi perlengkapan bayi

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi hoodie untuk menutupi kepala bayi

Bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan bayi, produk ini layak Anda pertimbangkan. Produk ini dilengkapi bantalan kepala yang dapat dilipat sehingga lebih aman dan stabil bagi bayi. Dengan bahan yang breathable, bayi tak akan kepanasan meski digendong seharian. Agar makin aman, produk ini juga dilengkapi fitur double safety, velcro, dan safety buckle.

No.9

Baby SafeBaby Hip SeatBC06

Mulai dari Rp403.500,00

Aman untuk si kecil dan penggendongnya

Kelebihan:

  • Dapat digunakan oleh bayi newborn (posisi menggendong sling) sampai 36 bulan
  • Bagian kantong dapat digulung untuk sirkulasi udara

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi hoodie untuk melindungi kepala bayi

Hipseat Baby Safe ini merupakan produk yang direkomendasikan oleh para spesialis tulang belakang. Jadi, produk ini aman bagi ayah dan bunda saat menggendong dalam waktu lama. Selain itu, produk ini juga telah memenuhi standar keamanan internasional untuk kategori gendongan bayi. Tak perlu lagi was-was soal keamanan hipseat. Jika Anda masih ragu memakai hipseat karena keamanannya, pilih saja produk ini.

No.10

i-AngelMagic7 Folding Hipseat Carrier

Mulai dari Rp1.740.000,00

Dapat dilipat dan bebas encok untuk penggendongnya

Kelebihan:

  • Ringan dan dapat dilipat dengan tujuh langkah mudah
  • Dilengkapi teething pad yang dapat dilepas pasang untuk bayi yang suka menggigit

Kekurangan:

  • Kapasitas beratnya hanya sekitar 15 kg

Produk ini didesain untuk mendukung posisi M dan C yang penting untuk pertumbuhan bayi. Desainnya bahkan telah tersertifikasi sebagai produk pencegahan dislokasi sendi pinggang oleh International Hip Dysplasia Institute (IHDI). Jadi, Anda tak perlu khawatir bayi mengalami dislokasi tulang panggul. Jika Anda mencari hipseat dengan jaminan keamanan posisi bayi, inilah pilihan produknya.

Pertanyaan umum seputar hipseat

Pertanyaan umum seputar hipseat

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi produknya, kami juga sudah mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang populer seputar gendongan hipseat. Jika Anda masih penasaran dengan gendongan hipseat, simak jawabannya di bawah ini.

Kapan bayi bisa digendong menggunakan hipseat?

Bayi sudah dapat digendong dengan hipseat setelah bisa mengangkat kepala dengan sempurna. Umumnya, tahapan pertumbuhan ini dialami oleh anak usia 4-6 bulan. Agar makin aman, Anda perlu memastikan hal-hal ini sebelum menggendong bayi dengan hipseat


  • Pastikan bayi sudah dapat mengangkat leher dan kepala dengan baik. Kepala bayi yang belum dapat mengontrol gerakannya bisa "terjatuh" saat ibu berjalan. 

  • Pastikan bayi sudah cukup tinggi dan ukuran hipseat tidak terlalu tinggi untuk bayi. Ukuran hipseat yang terlalu besar atau terlalu tinggi dapat menutupi pernapasan bayi. 

  • Gendong bayi menghadap ke depan paling lama 30 menit. Menggendong menghadap ke depan terlalu lama dapat membuat bayi mengalami overstimulasi. Bayi bisa mudah sakit karenanya. 

Baca juga rekomendasi produk perlengkapan bayi lainnya di sini

Selain gendongan hipseat, Anda juga membutuhkan berbagai perlengkapan bayi lainnya seperti kain bedong dan waslap. Kami sudah menyiapkan beberapa artikel mengenai berbagai perlengkapan bayi. Klik tautan di bawah ini untuk membaca artikel lengkapnya.

Kesimpulan

Gendongan hipseat memang memiliki beragam kelebihan dibandingkan gendongan jenis lainnya. Saat memilih, Anda harus memprioritaskan kenyamanan dan keamanan anak. Pilih produk dengan bahan yang nyaman dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Desain yang ergonomis juga perlu Anda pertimbangkan.

 
Sebelum memilih menggunakan hipseat, Anda mungkin juga perlu mencari tahu lebih lanjut mengenai hipseat. Pastikan hanya menggunakan hipseat untuk anak yang sudah dapat mengangkat leher dengan baik. Selamat memilih. 

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer