• 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Salah satu privilese dalam menyusui atau mengASIhi adalah memberikannya secara langsung dari payudara ibu ke mulut bayi. Sayangnya, tak semua ibu memiliki privilese ini. Berbagai faktor dapat menyebabkan seorang ibu memerlukan bantuan pompa ASI untuk dapat mengASIhi secara optimal.


Pompa ASI dibagi menjadi dua jenis yaitu manual dan elektrik. Secara khusus, artikel ini akan membahas cara memilih pompa ASI manual yang bagus beserta sepuluh rekomendasi produknya. Selain merek Medela, Philips Avent, dan Crown, masih banyak merek lainnya dengan kualitas dan harga yang bersaing.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Ardiba R. Sefrienda
  • Pembaharuan terakhir: 28 September 2021
  • 72 Views
Daftar isi

Kenali kelebihan dan kekurangan pompa ASI manual

Di antara banyaknya pompa elektrik dengan segala kecanggihannya, mungkin Anda bertanya-tanya mengapa pompa ASI manual masih laris. Faktanya, proses memilih pompa ASI sama halnya seperti memilih jodoh alias tergantung dari kecocokan masing-masing Ibu. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan pompa ASI manual yang patut Anda ketahui.

Kelebihan pompa ASI manual

Kelebihan pompa ASI manual

Karena berbagai faktor, masih banyak ibu menyusui yang merasa lebih cocok menggunakan pompa ASI manual. Pompa ASI manual memang memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.


  1. Isapan/pompaan diatur oleh tangan pengguna sehingga kekuatan isapan lebih terkontrol. Hal ini tentu penting karena berkaitan dengan kenyamanan payudara si ibu.
  2. Kelengkapan perangkat pompa ASI manual biasanya hanya terdiri dari satu hingga empat komponen utama sehingga travel-friendly. 
  3. Memerah ASI dapat dilakukan saat mati listrik karena pompa ASI manual tidak memerlukan aliran listrik. Selain itu, memerah ASI di mana saja pun menjadi lebih leluasa.

Kekurangan pompa ASI manual

Kekurangan pompa ASI manual

Beberapa kelebihan tersebut tak lantas menjadikan pompa ASI manual sempurna untuk ibu menyusui. Beberapa kekurangan pompa ASI manual di bawah ini mungkin perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya.


  1. Pemompaan dilakukan dengan tangan sehingga lebih berisiko membuat Anda pegal. Terlebih jika ASI Anda belum terlalu lancar, Anda akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memerahnya.
  2. Bunyinya lebih nyaring daripada pompa ASI listrik sehingga kurang nyaman di telinga.

Cara memilih pompa ASI manual

Memilih pompa ASI, termasuk pompa ASI tipe manual, harus benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai ibu menyusui. Untuk menghindari salah pembelian, berikut ini kami bagikan cara memilih pompa ASI manual yang cermat dan tepat.

Pastikan materialnya aman untuk bayi

Pastikan materialnya aman untuk bayi

Pada umumnya, pompa ASI manual terbuat dari bahan plastik dan silikon. Tentu tidak jauh berbeda dari material produk-produk lain, ya. Namun, tahukah Anda bahwa banyak material plastik yang memiliki kandungan zat kimia berbahaya untuk bayi? Untuk itulah, para produsen pompa ASI berlomba-lomba untuk menghasilkan produk bersertifikat keamanan untuk dikonsumsi oleh bayi.


Kriteria wajib untuk material pompa ASI manual, antara lain BPA Free, Food Grade, dan kode PP. BPA atau bisphenol-A adalah zat tidak stabil dan beracun yang biasa terdapat pada plastik. Kemudian, food grade merupakan kriteria standar bahwa material tersebut aman digunakan untuk makanan dan minuman. Sementara itu, kode PP atau polypropylene merupakan pilihan bahan plastik terbaik untuk makanan dan minuman si kecil.

Sesuaikan model pompa ASI dengan kenyamanan Anda

Ragam pompa ASI tidak terbatas pada pilihan elektrik dan manual saja. Pada pompa ASI manual, ternyata terdapat variasi yang lebih spesifik. Secara garis besar, variasi tersebut dibedakan dari bentuk dan cara pemakaiannya. Pilihlah model yang kira-kira paling nyaman untuk Anda.

Pompa ASI manual bentuk trompet, sangat praktis untuk dibawa ke mana saja

Pompa ASI manual bentuk trompet, sangat praktis untuk dibawa ke mana saja

Dari bentuknya, pompa ASI manual ini terlihat sangat tradisional, ya? Hal itu mungkin ada benarnya. Namun, jangan salah, pompa ASI manual bentuk trompet ini sangat nyaman untuk dibawa bepergian. Kelengkapan perangkatnya persis seperti terlihat pada gambar alias hanya satu. Bahkan jika kantong baju Anda cukup dalam, mungkin pompa ASI satu ini akan muat.


Pompa ASI manual model ini berbentuk corong seperti trompet dengan pemompa karet di ujungnya. Cara memakainya cukup ditangkupkan pada payudara, lalu tekan bagian pompanya. ASI Anda akan keluar dan tertampung pada cekungan di tengah corong. 


Meskipun praktis untuk dibawa, Anda harus berkali-kali menuang hasil perahan ASI ke dalam botol atau kantong ASI. Hal ini karena daya tampung pada corongnya hanya sedikit. 

Pompa ASI manual silikon, sangat berguna untuk digunakan bersamaan saat menyusui

Pompa ASI manual silikon, sangat berguna untuk digunakan bersamaan saat menyusui

Selain pompa ASI manual bentuk trompet, pompa silikon ini juga menyenangkan untuk dibawa bepergian dan masuk kantong. Bedanya, pompa ASI manual model silikon biasanya memiliki tutup rapat yang berfungsi sebagai botol ASI sementara.


Cara memakainya sangatlah mudah. Cukup pencet bagian tabungnya, lalu tangkupkan pada payudara. Setelah itu, lepaskan pencetannya dan pompa ASI silikon ini pun akan merekat kuat pada payudara. Dengan begitu, ASI Anda pun akan otomatis terpancing keluar.


Sebagian besar ibu menyusui menjadikan pompa ASI silikon sebagai andalan untuk menampung ASI yang menetes ketika menyusui. Masalahnya, saat sedang menyusui, payudara di sisi yang lain sering kali ikut terangsang dan mengeluarkan air susu. Berkat bantuan pompa silikon, ASI Anda tak akan terbuang sia-sia karena satu tetesnya begitu berharga.

Pompa ASI manual dengan tuas, pastikan tarikannya tidak mudah membuat Anda pegal

Pompa ASI manual dengan tuas, pastikan tarikannya tidak mudah membuat Anda pegal

Inilah model pompa ASI manual yang memiliki komponen paling komplet. Meski begitu, pompa ASI manual dengan tuas ini tetap travel-friendly karena komponennya tidak akan memakan banyak tempat. Dari ketiga model, pompa ASI manual dengan tuas termasuk yang paling banyak dijual di pasaran.


Hal itu bukan tanpa alasan. Menggunakan pompa ASI manual ini memang sangat nyaman dan dinilai lebih cepat dalam proses perahnya. Setelah merakit pompa dengan seluruh perangkatnya, tempelkan corong pada payudara kemudian mulailah memompa dengan tuasnya.


Pada proses ini akan terasa pentingnya memilih produk yang ergonomis agar tangan Anda tidak mudah pegal. Awal memakainya mungkin akan terasa sakit, tetapi payudara Anda dapat menyesuaikan apabila sudah terbiasa dan produknya cocok.

Perhatikan kelengkapan produknya

Perhatikan kelengkapan produknya

Selain dari desain yang ergonomis, kelengkapan perangkat pada pompa ASI manual juga harus diperhatikan. Jika perangkatnya lengkap, Anda tentu akan lebih mudah dan nyaman dalam proses memerah ASI. Kelengkapan perangkat ini tentu akan berbeda pada setiap modelnya.


Pompa ASI manual dengan komponen perangkat paling lengkap adalah pompa ASI manual model tuas. Dalam satu paket, Anda akan mendapatkan botol ASI, tuas beserta corongnya, dan dot yang dilengkapi tutup. Pastikan komponen atau perangkat pokok ini ada dalam produknya, ya!

Pilih produk yang desainnya sederhana sehingga mudah dibersihkan

Pilih produk yang desainnya sederhana sehingga mudah dibersihkan

Menjaga bayi tak luput dari menjaga kebersihannya. Hal ini termasuk pada kebersihan pompa ASI yang bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman bayi. Untuk itulah, ada baiknya Anda memilih pompa ASI manual yang mudah dibersihkan. 


Salah satu aspek yang dapat dilihat adalah dari desainnya yang tidak rumit. Dengan begitu, cairan atau alat kebersihan yang Anda gunakan akan lebih mudah menjangkau seluruh bagiannya.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

10 Rekomendasi pompa ASI manual terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pompa ASI manual terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10

Young YoungBreast Pump Set 302

IL-302

Mulai dari Rp 106.950,00

ModelDengan tuas
MaterialSilikon BPA free
Jumlah komponen3
Daya tampung90 ml
Keunggulan lainKedap udara
9

Philips AventPompa ASI Manual dengan Botol

SCF330/20

Mulai dari Rp 686.070,00

ModelDengan tuas
MaterialTidak diketahui
Jumlah komponen3
Daya tampung125 ml
Keunggulan lainTerdapat bantalan pijat, botol nyaman digenggam
8

MutterSilicone Double Protection

Mulai dari Rp 128.000,00

ModelSilikon
MaterialMedical silicone
Jumlah komponen3
Daya tampung110 ml
Keunggulan lainRingan, perlindungan ganda
7

CrownEasy Express Manual Breast Pump

CR-3338

Mulai dari Rp 160.000,00

ModelDengan tuas
MaterialPlastik BPA free
Jumlah komponen3
Daya tampungTidak diketahui
Keunggulan lainMudah dirakit
6

Reliable BabyBreast Pump Manual Trompet

Mulai dari Rp 23.333,00

ModelTrompet
MaterialKaret, BPA free
Jumlah komponen1
Daya tampungTidak diketahui
Keunggulan lainTravel-friendly
5

MedelaHarmony Flex Manual Breast Pump

Mulai dari Rp 695.000,00

ModelDengan tuas
MaterialBPA free
Jumlah komponen4
Daya tampung150 ml
Keunggulan lainTeknologi PersonalFit Flex
4
ModelDengan tuas
MaterialPlastik PP, cushion silikon, BPA free
Jumlah komponen4
Daya tampungTidak diketahui
Keunggulan lain2 mode (stimulasi & perah), prevent reverse flow
3
ModelDengan tuas
MaterialBPA free
Jumlah komponen3
Daya tampung150 ml
Keunggulan lainTerdapat bantalan silikon, ergonomis
2

MooimomSilicone Breast Pump

A7002

Mulai dari Rp 149.000,00

ModelSilikon
MaterialPP, Silikon food grade, BPA, PVC, dan Phtalate free
Jumlah komponen2
Daya tampung120 ml
Keunggulan lainRingan
1

Real BubeeManual Breast Pump

B10008

Mulai dari Rp 55.000,00

ModelDengan tuas
MaterialPlastik PP, BPA free, silikon
Jumlah komponen3
Daya tampung150 ml
Keunggulan lainPrevent reverse flow

Tabel perbandingan produk pompa ASI manual terbaik

Gambar produk
1
Real Bubee Manual Breast Pump  1

Real Bubee

2
Mooimom Silicone Breast Pump 1

Mooimom

3
Mama's Choice Manual Breast Pump 1

Mama's Choice

4
Pigeon Manual Breast Pump 1

Pigeon

5
Medela Harmony Flex Manual Breast Pump 1

Medela

6
Reliable Baby Breast Pump Manual Trompet 1

Reliable Baby

7
Crown Easy Express Manual Breast Pump 1

Crown

8
Mutter Silicone Double Protection 1

Mutter

9
Philips Avent Pompa ASI Manual dengan Botol 1

Philips Avent

10
Young Young Breast Pump Set 302 1

Young Young

Nama produk

Manual Breast Pump

Silicone Breast Pump

Manual Breast Pump

Manual Breast Pump

Harmony Flex Manual Breast Pump

Breast Pump Manual Trompet

Easy Express Manual Breast Pump

Silicone Double Protection

Pompa ASI Manual dengan Botol

Breast Pump Set 302

Keunggulan

Fitur cukup komplet dengan harga relatif terjangkau

Antirepot dengan pompa ASI manual yang lembut, ringan, dan mudah dibersihkan

Nyaman memompa dengan satu tangan dengan pompa ASI manual berwarna gemas ini

Dengan dua mode, membuat ibu lebih nyaman

Memerah ASI makin efektif berkat teknologi Flex pada pompa ASI ini

Memompa ASI sambil bepergian jadi makin mudah berkat produk yang praktis ini

Pompa ASI manual dengan fungsi ganda dari tutup corongnya

Dilengkapi perlindungan ganda, ASI Anda tak akan tumpah dan bocor

Bantalan pijatnya sangat lembut seperti beludru!

Lancarkan aliran ASI dengan pompa manual kedap udara ini

Harga mulai dariRp 55.000,00Rp 149.000,00Rp 199.000,00Rp 365.000,00Rp 695.000,00Rp 23.333,00Rp 160.000,00Rp 128.000,00Rp 686.070,00Rp 106.950,00
ModelDengan tuasSilikonDengan tuasDengan tuasDengan tuasTrompetDengan tuasSilikonDengan tuasDengan tuas
MaterialPlastik PP, BPA free, silikonPP, Silikon food grade, BPA, PVC, dan Phtalate freeBPA freePlastik PP, cushion silikon, BPA freeBPA freeKaret, BPA freePlastik BPA freeMedical siliconeTidak diketahuiSilikon BPA free
Jumlah komponen3234413333
Daya tampung150 ml120 ml150 mlTidak diketahui150 mlTidak diketahuiTidak diketahui110 ml125 ml90 ml
Keunggulan lainPrevent reverse flowRinganTerdapat bantalan silikon, ergonomis2 mode (stimulasi & perah), prevent reverse flowTeknologi PersonalFit FlexTravel-friendlyMudah dirakitRingan, perlindungan gandaTerdapat bantalan pijat, botol nyaman digenggamKedap udara
Tautan produk

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan pompa ASI manual

Dalam penggunaan pompa ASI manual, Anda juga perlu memperhatikan ukuran diameter serta cara membersihkan pompa yang benar. Kabar baiknya, kami telah menyiapkan informasi tersebut untuk Anda. Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Sesuaikan ukuran corong dengan ukuran puting payudara

Sesuaikan ukuran corong dengan ukuran puting payudara

Inilah salah satu aspek penting yang sering lupa untuk diperhatikan. Pada dasarnya, setiap ibu menyusui memiliki ukuran payudara beserta puting yang berbeda-beda. Hal ini memang tidak berpengaruh pada banyaknya produksi ASI. Namun, bagi pengguna pompa ASI manual, ukuran corong pompa ASI merupakan faktor krusial yang perlu diperhatikan.


Bukan berlebihan, sudah banyak pengalaman ibu menyusui yang putingnya terluka akibat ukuran corong pompa yang kurang sesuai. Rata-rata, corong pompa ASI manual berdiameter 24 mm. Jika Anda merasa ukuran tersebut tidak sesuai, konsultasikan dengan penjual karena biasanya tersedia pilihan ukuran yang lain. 

Perawatan pompa ASI manual yang baik dan benar

Perawatan pompa ASI manual yang baik dan benar

Segala produk yang berkaitan dengan bayi memang perlu mendapat perhatian ekstra dari segi kebersihannya. Terutama jika produk tersebut merupakan media untuk memerah dan menyimpan ASI. Secara alami, ASI seharusnya langsung masuk ke mulut bayi melalui payudara ibu. Namun, jika harus menggunakan pompa ASI manual, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menjaganya tetap steril.


  1. Setelah memompa, segera tutup botol atau kantong ASI dan simpan di lemari es. ASI bisa bertahan sekitar empat hari di chiller, sedangkan ketahanannya mencapai tiga bulan bila ditaruh di freezer. Anda juga bisa mendiamkan ASI di suhu ruang selama maksimal empat jam, lalu segera diminumkan kepada bayi. 
  2. Pisahkan setiap bagian dari pompa ASI.
  3. Cuci seperangkat pompa ASI menggunakan air mengalir dan cairan pembersih berbahan alami.
  4. Sterilkan seperangkat pompa ASI dengan bantuan mesin sterilizer atau bisa juga dengan merebusnya. Perlu diingat, merebus peralatan pompa ASI cukup selama lima menit setelah air mendidih.
  5. Setelah steril, simpan pada rak atau wadah kedap udara yang antilembap.

Baca juga rekomendasi produk ibu dan bayi lainnya di sini

Selain pompa ASI manual, masih banyak perlengkapan menyusui serta perlengkapan ibu dan bayi yang diperlukan. Terutama bagi calon ibu baru, tentu pusing sekali, ya, membuat daftar belanjanya. Karena itu, silakan baca juga beberapa rekomendasi perlengkapan ibu dan bayi yang sudah kami siapkan berikut ini.

Kesimpulan

Perjalanan menyusui memang tak selalu mudah sehingga diperlukan kesabaran dan ketahanan dari ibu beserta orang-orang terdekatnya. Jika Anda merasa kesulitan, tak ada salahnya menggunakan alat penunjang yang memudahkan seperti pompa ASI manual.

 
Apakah artikel ini dapat membawa pencerahan bagi Anda yang bingung memilih pompa ASI manual? Semoga pompa ASI manual yang nantinya Anda pilih cocok dengan kebutuhan serta dapat memperlancar aktivitas Anda. Selamat mengASIhi!

Artikel terkait

  • 10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    10 Nursing Pillow (Bantal Menyusui) Terbaik - Ditinjau oleh Bidan (Terbaru Tahun 2021)
    Anda sedang mempersiapkan kelahiran sang buah hati? Anda mungkin sudah pernah mendengar mengenai nursing pillow atau bantal menyusui. Sebenarnya, bantal ini tidak hanya dipakai saat menyusui saja. Banyak merk, seperti Garyman, Clevamama, dan Ergobaby yang menawarkan bantal menyusui multifungsi. Bantal menyusui hadir dalam berbagai varian bahan, bentuk, dan jenis bantal.Berbagai pilihan ini terkadang membuat Anda makin bingung untuk membeli produk yang sesuai. Artikel ini akan membantu Anda untuk memilih bantal menyusui yang bagus dan sesuai keperluan Anda. Tidak ketinggalan, bidan Ony Christy juga akan memberikan informasi tambahan untuk Anda. 
    Perlengkapan menyusui
    14.368 Views
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat moms berada di tempat umum, ada kalanya bayi tiba-tiba ingin menyusu. Dengan kondisi nursery room di Indonesia yang belum mudah ditemukan pasti membuat moms enggan memberikan ASI. Kini, moms tidak perlu repot lagi karena sudah banyak dijual beragam apron menyusui atau nursing cover yang nyaman.Jika Anda masih bingung apron menyusui seperti apa yang terbaik untuk kebutuhan, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan membagikan tips memilih apron menyusui beserta produk-produk rekomendasi terbaik seperti dari merek Mooimom dan Baa Baa Sheepz. Yuk, disimak penjelasan lengkapnya!
    Perlengkapan menyusui
    11.922 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu, tetapi sudah tertidur atau saat harus terpisah dengan bayi karena sibuk bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang, kami akan memberikan tips-tips memilih agar Anda mudah menemukan pompa ASI yang bagus. Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dan pompa ASI manual terbaik juga akan kami berikan. Berbagai merk pompa ASI, seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips Avent masuk dalam rekomendasi kami. Yuk, disimak!
    Perlengkapan menyusui
    191.137 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    Busui atau ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI (air susu ibu) tetap memadai. Jadi, tidak mengherankan apabila ibu menyusui selalu disarankan untuk minum banyak air putih. Namun, meminum air putih melulu tentu terasa membosankan. Kali ini, kami akan merekomendasikan minuman untuk ibu menyusui yang berguna sebagai ASI booster dan merelaksasi tubuh.Sekarang ini, banyak variasi minuman lezat dan menyehatkan untuk ibu menyusui. Minuman seperti Mamanduy ASI booster, Sempio Barley Tea, Jukajo Mom, dan lainnya telah banyak beredar di pasaran. Manakah minuman yang paling cocok untuk Anda?
    Perlengkapan menyusui
    18.841 Views
  • 10 Rekomendasi Mobil Mainan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mobil Mainan Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2021)
    Mobil mainan merupakan salah satu mainan kegemaran anak-anak zaman sekarang. Anak Anda bisa asyik memainkannya sendiri atau bersama teman-temannya. Mobil mainan sendiri memiliki spesifikasi, fitur, desain, dan harga yang berbeda satu sama lain. Apakah hal itu jadi membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan?Kali ini, kami akan membantu Anda memilih mobil mainan yang tepat. Anda akan menemukan cara memilih dan rekomendasi mobil mainan terbaik untuk anak dalam artikel ini. Pilih saja yang paling cocok untuk anak Anda!
    Ibu & anak
    7.739 Views
  • 10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan orang pastinya sudah mengerti bahwa sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang. Bayi sangat rentan terhadap infeksi dan penyakit dibandingkan anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Karena itu, Anda perlu mensterilkan semua peralatan hingga bayi Anda berusia 12 bulan.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sterilizer botol bayi dari berbagai merk. Anda dapat menemukan sterilizer botol susu dari Baby Safe, Pigeon, hingga Philips Avent. Kami juga akan membahas tips memilih bottle sterilizer yang bagus untuk memudahkan Anda mensterilkan barang-barang milik si buah hati. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
    29.434 Views
  • 10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang memiliki bayi, salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah bottle warmer. Alat ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan susu dan makanan hangat untuk anak. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya dalam jangka waktu cukup panjang.Ada beberapa merk bottle warmer yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti Philips Avent, Baby Safe, dan Pigeon. Anda tidak perlu bingung memilih! Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan produk yang bagus dan tepat. Jadi, bacalah sampai selesai.
    Perlengkapan menyusui
    8.075 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak ibu baru mungkin menganggap baju menyusui tidak terlalu penting. Padahal, mengenakan baju menyusui yang tepat akan membantu Anda lebih mudah dalam memberikan ASI. Di berbagai marketplace seperti Shopee dan Lazada, Anda bisa menemukan dengan mudah baju menyusui yang keren dengan berbagai model.Dengan begitu banyaknya pilihan, kami akan membantu Anda menemukan baju menyusui terbaik dengan menjelaskan cara memilihnya. Berbagai brand seperti Mooimom dan Mamibelle akan Anda temukan di artikel ini. Tenang saja, baju menyusui untuk muslimah pun tersedia, kok. Simak terus artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
    1.019 Views
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan mengASIhi bisa menjadi momen berharga antara ibu dan bayinya. Namun, tidak semua ibu memiliki kesempatan untuk menyusui bayinya secara langsung. Terkadang, karena suatu hal, seorang ibu tidak bisa selalu bersama bayinya. Untuk menghindari pembengkakan payudara karena ASI yang menumpuk, diperlukan pompa ASI.Pompa ASI elektrik kini lebih diminati dibandingkan pompa ASI manual. Mengapa? Simaklah jawabannya di serba-serbi pompa ASI elektrik. Kami juga akan menjelaskan cara memilih dan cara menggunakan pompa ASI elektrik. Tak ketinggalan, tersedia juga ulasan beberapa produk yang bagus, seperti merek Medela, Philips, dan Spectra. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
    290 Views
  • 10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mobilitas yang tinggi tidak bisa menghalangi Anda untuk memberikan ASI kepada buah hati. Supaya si kecil selalu mendapatkan nutrisi terbaiknya, Anda bisa memompa ASI dan membawanya di dalam cooler bag atau tas ASI. Dengan demikian, ASI akan tahan lama dan bisa diminum oleh bayi saat Anda tidak berada di sampingnya.Di artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan cooler bag yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami akan mengulas tas ASI dari berbagai merek, seperti Gabag, Dialogue, dan Natural Moms. Beberapa tips menyiapkan ASI juga akan kami bahas. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
    470 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pompa ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pompa ASI merupakan perlengkapan wajib bagi ibu menyusui. Anda memerlukannya ketika tidak dapat memberikan ASI secara langsung. Misalnya, ketika si kecil belum sempat menyusu, tetapi sudah tertidur atau saat harus terpisah dengan bayi karena sibuk bekerja. Memompa ASI juga dapat mencegah munculnya mastitis di payudara.Sekarang, kami akan memberikan tips-tips memilih agar Anda mudah menemukan pompa ASI yang bagus. Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik dan pompa ASI manual terbaik juga akan kami berikan. Berbagai merk pompa ASI, seperti Spectra, Medela, Pigeon, dan Philips Avent masuk dalam rekomendasi kami. Yuk, disimak!
    Perlengkapan menyusui
    191.106 Views
  • 10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Sterilizer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kebanyakan orang pastinya sudah mengerti bahwa sistem kekebalan bayi belum sepenuhnya berkembang. Bayi sangat rentan terhadap infeksi dan penyakit dibandingkan anak yang lebih besar ataupun orang dewasa. Karena itu, Anda perlu mensterilkan semua peralatan hingga bayi Anda berusia 12 bulan.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi sterilizer botol bayi dari berbagai merk. Anda dapat menemukan sterilizer botol susu dari Baby Safe, Pigeon, hingga Philips Avent. Kami juga akan membahas tips memilih bottle sterilizer yang bagus untuk memudahkan Anda mensterilkan barang-barang milik si buah hati. Jadi, jangan lewatkan artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
    29.428 Views
  • 10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bottle Warmer Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang memiliki bayi, salah satu perlengkapan bayi yang tidak boleh dilewatkan adalah bottle warmer. Alat ini bisa membantu Anda dalam menyiapkan susu dan makanan hangat untuk anak. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkannya dalam jangka waktu cukup panjang.Ada beberapa merk bottle warmer yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti Philips Avent, Baby Safe, dan Pigeon. Anda tidak perlu bingung memilih! Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan produk yang bagus dan tepat. Jadi, bacalah sampai selesai.
    Perlengkapan menyusui
    8.072 Views
  • 10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Apron Menyusui (Nursing Cover) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Saat moms berada di tempat umum, ada kalanya bayi tiba-tiba ingin menyusu. Dengan kondisi nursery room di Indonesia yang belum mudah ditemukan pasti membuat moms enggan memberikan ASI. Kini, moms tidak perlu repot lagi karena sudah banyak dijual beragam apron menyusui atau nursing cover yang nyaman.Jika Anda masih bingung apron menyusui seperti apa yang terbaik untuk kebutuhan, jangan lewatkan artikel kami. Kami akan membagikan tips memilih apron menyusui beserta produk-produk rekomendasi terbaik seperti dari merek Mooimom dan Baa Baa Sheepz. Yuk, disimak penjelasan lengkapnya!
    Perlengkapan menyusui
    11.921 Views
  • 10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Cooler Bag ASI Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mobilitas yang tinggi tidak bisa menghalangi Anda untuk memberikan ASI kepada buah hati. Supaya si kecil selalu mendapatkan nutrisi terbaiknya, Anda bisa memompa ASI dan membawanya di dalam cooler bag atau tas ASI. Dengan demikian, ASI akan tahan lama dan bisa diminum oleh bayi saat Anda tidak berada di sampingnya.Di artikel ini, kami akan membantu Anda mendapatkan cooler bag yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami akan mengulas tas ASI dari berbagai merek, seperti Gabag, Dialogue, dan Natural Moms. Beberapa tips menyiapkan ASI juga akan kami bahas. Selamat membaca!
    Perlengkapan menyusui
    467 Views
  • 10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Minuman Terbaik untuk Ibu Menyusui (Terbaru Tahun 2021)
    Busui atau ibu menyusui membutuhkan cairan yang cukup agar persediaan ASI (air susu ibu) tetap memadai. Jadi, tidak mengherankan apabila ibu menyusui selalu disarankan untuk minum banyak air putih. Namun, meminum air putih melulu tentu terasa membosankan. Kali ini, kami akan merekomendasikan minuman untuk ibu menyusui yang berguna sebagai ASI booster dan merelaksasi tubuh.Sekarang ini, banyak variasi minuman lezat dan menyehatkan untuk ibu menyusui. Minuman seperti Mamanduy ASI booster, Sempio Barley Tea, Jukajo Mom, dan lainnya telah banyak beredar di pasaran. Manakah minuman yang paling cocok untuk Anda?
    Perlengkapan menyusui
    18.838 Views
  • 10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Baju Menyusui Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak ibu baru mungkin menganggap baju menyusui tidak terlalu penting. Padahal, mengenakan baju menyusui yang tepat akan membantu Anda lebih mudah dalam memberikan ASI. Di berbagai marketplace seperti Shopee dan Lazada, Anda bisa menemukan dengan mudah baju menyusui yang keren dengan berbagai model.Dengan begitu banyaknya pilihan, kami akan membantu Anda menemukan baju menyusui terbaik dengan menjelaskan cara memilihnya. Berbagai brand seperti Mooimom dan Mamibelle akan Anda temukan di artikel ini. Tenang saja, baju menyusui untuk muslimah pun tersedia, kok. Simak terus artikel ini, ya!
    Perlengkapan menyusui
    1.019 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori