mybest
Pompa ASI

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan menyusui
  4. 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi]
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 1
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 2
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 3
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 4
  • 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi] 5

10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi]

Selain bentuknya yang praktis, pompa ASI manual juga tidak membutuhkan sumber daya listrik atau mesin lainnya. Dengan begitu, para ibu bisa langsung memompa ASI di mana saja dan kapan saja. Berbagai macam merek pompa ASI manual tersedia di pasaran, seperti Real Bubee, Mutter, dan Dodo. Namun, banyaknya merek mungkin membuat Anda bingung dalam memilihnya. 


Untuk membantu Anda, kami telah menyusun cara memilih pompa ASI manual yang bagus bersama dokter konsultan laktasi, dr. Ayudya Soemawinata. Kami juga telah menyediakan rekomendasi produk yang bisa Anda dimak pada artikel berikut. Selamat membaca!

Diperbaharui 06/03/2024
dr. Ayudya Soemawinata
Pakar
Dokter Konsultan Laktasi
dr. Ayudya Soemawinata

dr. Ayudya Soemawinata, BMedSc (Hons), IBCLC, biasa disapa dengan nama dr. Yudy. Beliau menyelesaikan pendidikan dokter umum dengan gelar double degree dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan honors program dari Monash University Australia. Setelah itu, dr. Yudy melanjutkan studi di bidang laktasi melalui Australasian Lactation Courses. Beliau juga meraih gelar International Board Certified Lactation Consultant dari IBCLE. Saat ini, beliau aktif berpraktek di RSIA Dhia sebagai konsultan laktasi dan juga bekerja sebagai expert di platform digital Tentang Anak. Beliau juga aktif mengedukasi masyarakat terutama para orang tua di bidang laktasi dan parenting melalui seminar edukasi dan media sosial.

Profil dr. Ayudya Soemawinata
Lanjut membaca
Sonya Kovaleswani
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Sonya Kovaleswani

Sonya Kovaleswani merupakan writer mybest yang sudah menulis konten dari berbagai bidang, seperti beauty & skincare, elektronik dapur, hingga peralatan kebersihan. Selama menulis di mybest, Sonya juga sudah banyak berdiskusi dengan pakar-pakar di bidangnya tentang bagaimana memilih produk yang bagus. Semasa kuliah, ia menuangkan kecintaannya pada dunia tulis-menulis dengan mengelola blog pribadi ber-niche fashion dan beauty & skincare. Selama menulis blog-nya, Sonya telah mendapatkan kesempatan bekerja sama dengan brand-brand kecantikan terkemuka, baik lokal maupun internasional.

Profil Sonya Kovaleswani
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apa saja keunggulannya pompa ASI manual?

Pakar
Pakar

Keunggulan yang ditawarkan adalah bisa disesuaikan kecepatan dan daya hisapnya dengan tangan ibu sendiri. Secara umum pompa ini tidak sakit saat dipakai dan aman digunakan. 

Apa saja keunggulannya pompa ASI manual?

Di samping keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya, pompa ASI manual juga memiliki keunggulan lain, antara lain:

  • Ukurannya relatif lebih kecil sehingga praktis untuk dibawa-bawa
  • Harganya cenderung lebih terjangkau

Namun, pompa ASI manual mungkin kurang cocok bila Anda memiliki mobilitas tinggi sehingga perlu memompa cepat dan banyak. Pompa ASI manual juga kurang cocok jika Anda perlu melakukan pemompaan secara teratur setiap hari. Dalam situasi seperti itu, pompa ASI elektrik mungkin lebih cocok. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut dan rekomendasi mengenai pompa ASI elektrik, silakan kunjungi artikel di bawah ini.

Kapan waktu terbaik untuk memompa ASI dengan pompa ASI manual?

Pakar
Pakar

Mengikuti sinyal lapar bayi, yakni setiap 2-3 jam sekali karena secara teori lambung bayi baru akan kosong pada range waktu tersebut.

Kapan waktu terbaik untuk memompa ASI dengan pompa ASI manual?
Sebaiknya Anda memiliki jadwal rutin yang konsisten dalam melakukan pemompaan ASI, yaitu sekitar setiap 2-3 jam. Secara teori, rentang waktu tersebut sesuai dengan waktu pengosongan lambung bayi. Artinya, bayi akan merasa lapar sekitar 2-3 jam setelah disusui terakhir kali. 

Dengan menjaga jadwal pemompaan yang rutin, tubuh akan mengerti bahwa sinyal lapar bayi terjadi setiap 2-3 jam. Manfaatnya, produksi ASI pada jam-jam tersebut akan lebih meningkat. Durasi pemompaan dapat bervariasi dan tidak ada patokan yang pasti. Hal ini tergantung pada tujuan dan kondisi ibu menyusui sendiri.


Meskipun tidak merasa sakit, itu tidak berarti Anda boleh memompa ASI secara berlebihan. Melakukan pemompaan di luar jam menyusui juga tidak disarankan karena dapat menyebabkan kondisi berikut:


  • Payudara menjadi nyeri
Memompa ASI terus-menerus dengan kecepatan dan intensitas hisapan yang tinggi dapat menyebabkan rasa nyeri pada payudara

  • Hiperlaktasi (Produksi ASI lebih banyak dari kebutuhan bayi)
Tubuh dapat mengira bahwa produksi ASI masih belum mencukupi kebutuhan bayi sehingga terus memproduksi ASI secara berlebihan

Cara memilih pompa ASI manual

Memilih pompa ASI, termasuk pompa ASI tipe manual, harus benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai ibu menyusui. Berikut ini kami bagikan cara memilih pompa ASI manual yang cermat dan tepat.

1

Pilih pompa ASI dengan model bertuas jika Anda pemula atau merasa kurang yakin dengan kekuatan tangan Anda

Pakar
Pakar

Keberadaan tuas bisa membuat gerakan pompa lebih efisien tanpa ibu perlu mengeluarkan banyak tenaga sehingga lebih mudah digunakan. 

Pilih pompa ASI dengan model bertuas jika Anda pemula atau merasa kurang yakin dengan kekuatan tangan Anda
Pompa ASI manual bekerja dengan menggunakan tenaga ibu untuk menggerakkan corong sehingga dapat mengisap atau memompa ASI dari payudara. Oleh karena itu, kecepatan dan kekuatan isap dari pompa ASI manual sangat bergantung pada kekuatan tangan ibu. Bila tangan ibu kuat, daya isap pompa juga dapat menjadi makin kuat, begitu pula sebaliknya.

Bila belum pernah mencoba pompa manual, mungkin sulit mengetahui seberapa kuat tangan Anda dalam memompa ASI dari payudara. Terutama bagi pemula, memilih pompa ASI manual dengan model bertuas bisa menjadi pilihan yang tepat dalam situasi seperti ini.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan pompa ASI manual dengan model bertuas, yaitu:
  • Menyediakan bantuan mekanis sehingga ibu tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga. Dengan demikian, bahkan ibu bertenaga kecil tetap bisa mendapatkan daya isap yang cukup kuat dengan mudah
  • Membantu ibu dalam mengontrol daya isap dan ritme dengan lebih efektif

Pompa ASI manual dengan model bertuas mudah dikenali dari bentuknya yang biasanya terpampang pada kemasan. Tuas pada pompa manual umumnya berada dekat dengan corong pompa.
2

Anda sering melakukan kegiatan di luar rumah? Pilih pompa ASI manual dengan model tanpa tuas supaya lebih mudah dibawa

Pakar
Pakar

Pompa ASI manual tanpa tuas memiliki bentuk yang lebih kecil serta part yang lebih sederhana. Oleh karena itu, pompa ASI manual lebih praktis saat dimasukkan ke dalam tas.

Anda sering melakukan kegiatan di luar rumah? Pilih pompa ASI manual dengan model tanpa tuas supaya lebih mudah dibawa

Pompa ASI manual tanpa tuas biasanya terdiri dari corong dan botol pompa yang menempel menjadi satu bagian. Karena itu, pompa ASI manual tanpa tuas terlihat lebih ringkas saat dibawa bepergian, bahkan dalam tas berukuran kecil. 


Selain itu, pompa ASI manual tanpa tuas umumnya menggunakan bahan silikon yang membuatnya lebih ringan. Silikonnya pun tahan terhadap benturan sehingga tidak mudah rusak jika tertindih atau terjatuh secara tidak sengaja.

3

Prioritaskan produk berlabel food grade yang teruji aman untuk bayi

Pakar
Pakar

Label "food grade" menunjukkan bahwa bahan yang digunakan dalam pompa ASI aman serta tidak mengandung zat-zat berbahaya yang dapat berpindah ke dalam ASI.

Prioritaskan produk berlabel food grade yang teruji aman untuk bayi

Botol pompa ASI umumnya tidak sering dipakai untuk menyimpan air susu ibu perah (ASIP) dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, botol tersebut hanya digunakan untuk menampung ASI selama proses pemompaan, kemudian ASI akan segera dipindahkan ke kantong ASI.


Meskipun hanya digunakan sementara untuk menyimpan ASIP, sebaiknya pilihlah pompa ASI manual yang menggunakan bahan dengan label food grade. Terlebih bila Anda memilih pompa ASI manual tanpa tuas yang menggunakan bahan silikon


Hal ini bertujuan untuk mencegah kontaminasi ASIP dengan zat berbahaya yang mungkin terkandung pada botol pompa atau corong pompa. Artinya, pompa ASI manual berbahan food grade akan lebih aman untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Produk berlabel food grade umumnya juga lebih tahan lama dan memiliki kualitas yang lebih baik untuk penggunaan jangka panjang..


Pompa ASI yang menggunakan bahan food grade memiliki beberapa karakteristik, yaitu:

  • Dirancang khusus untuk kontak dengan makanan dan minuman, termasuk ASI
  • Tidak meninggalkan rasa atau aroma pada ASI sehingga rasa dan aroma ASI tetap seperti aslinya
  • Tidak mengandung senyawa kimia berbahaya bagi kesehatan, seperti bisphenol-A (BPA)

Anda dapat menemukan informasi mengenai bahan yang digunakan pada pompa ASI manual pada deskripsi produk. Pastikan juga untuk memilih produk yang mencantumkan label "food grade".

4

Pastikan ukuran corong sesuai dengan payudara Anda; Ukuran corong 22 mm untuk puting yang relatif kecil, ukuran 24 mm untuk puting yang lebih besar

Pakar
Pakar

Ukuran corong yang pas bisa mengurangi gesekan dan tekanan berlebih sehingga risiko luka pada payudara berkurang. Puting ibu pun tidak akan merasa sakit selama proses memompa.

Pastikan ukuran corong sesuai dengan payudara Anda; Ukuran corong 22 mm untuk puting yang relatif kecil, ukuran 24 mm untuk puting yang lebih besar

Selain mempengaruhi kenyamanan ibu menyusui, ukuran corong yang sesuai dengan puting memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan stimulasi sehingga bisa merangsang produksi ASI yang lebih baik
  • Meningkatkan efisiensi proses pemompaan karena mencegah kebocoran udara atau ASI


Ukuran corong pada pompa ASI manual biasanya tersedia dalam ukuran 22 mm dan 24 mm. Untuk menentukan ukuran yang tepat untuk puting Anda, Anda perlu mengukur ukuran puting Anda. Berikut ini adalah cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengukurnya: 


Sebagai contoh:

Nyonya A memiliki diameter puting 20 mm. Dengan menggunakan metode pengukuran di atas, hasilnya adalah:

  1. 20 mm + 2 mm = 22 mm

Oleh karena itu, Nyonya A dapat mencari pompa ASI manual dengan corong berukuran 22 mm. Informasi mengenai ukuran corong biasanya tertera jelas di kemasan atau deskripsi produk.

Jika ukuran corong tidak sesuai untuk payudara Anda, belilah insert tambahan (flange insert)

Pakar
Pakar

Adanya insert tambahan juga membuat Anda tak perlu khawatir bila ingin membeli pompa ASI yang disuka, tetapi ukuran corongnya tidak sesuai.

Jika ukuran corong tidak sesuai untuk payudara Anda, belilah insert tambahan (flange insert)

Ukuran standar corong pompa ASI manual adalah 22 mm dan 24 mm. Meskipun demikian, ada kalanya ukuran tersebut tidak cocok dengan ukuran puting ibu menyusui. Jika hal tersebut terjadi pada Anda, tidak perlu khawatir. Anda bisa menambahkan insert tambahan atau flange insert yang banyak dijual di pasaran. Fungsinya adalah untuk menyesuaikan ukuran corong pompa ASI manual dengan ukuran puting Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Pompa ASI Manual Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Pompa ASI Manual terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 27 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis pompa ASI
Model pompa
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampung
Material
Ukuran corong pompa
Fitur handsfree
BPA Free
Food grade
Fitur anti-noise
1

Real Bubee

Manual Breast Pump

Real Bubee Manual Breast Pump  1

Rp45.000

Agak Murah

Fitur cukup komplet dengan harga relatif terjangkau

Manual

Bertuas

150 ml

Silikon, PP

80 mm

2

MOOIMOM

Silicone Breast PumpA7002

MOOIMOM Silicone Breast Pump 1

Rp149.000

Menengah

Antirepot dengan pompa ASI manual yang lembut, ringan, dan mudah dibersihkan

Manual

Tidak bertuas

120 ml

Silikon

85 mm

3

Mama's Choice

Manual Breast Pump

Mama's Choice Manual Breast Pump 1

Rp199.000

Agak Mahal

Nyaman memompa dengan satu tangan berkat pompa ASI manual berwarna gemas

Manual

Bertuas

150 ml

Silikon

Tidak diketahui

4

Indo Abadi Sari Makmur

Mami Breast Pump

Indo Abadi Sari Makmur  Mami Breast Pump 1

Rp15.000

Lebih Murah

Mudah digunakan, bebas was-was berkat bahan yang tak mudah pecah

Manual

Tidak bertuas

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

5

Mutter

Silicone Breast Pump

Mutter Silicone Breast Pump 1

Rp195.360

Agak Mahal

Penutupnya antitumpah plus dilengkapi stopper

Manual

Tidak bertuas

110 ml

Silikon

Tidak diketahui

6

Baby Safe

Breast Pump Manual

Baby Safe  Breast Pump Manual 1

Rp182.000

Agak Mahal

Tuasnya ringan ditekan, tangan jadi tak mudah lelah

Manual

Bertuas

150 ml

Tidak diketahui

Tidak diketahui

7

Pigeon

Breast Pump Manual26488

Pigeon Breast Pump Manual 1

Rp425.000

Lebih Mahal

Dengan dua mode, membuat ibu lebih nyaman

Manual

Bertuas

Tidak diketahui

PP

Tidak diketahui

Tidak diketahui

8

Crown Babycare

easyEXPRESS Manual BreastpumpCR-3338

Crown Babycare easyEXPRESS Manual Breastpump 1

Rp115.000

Menengah

Memerah ASI tanpa rasa sakit berkat membran pada corongnya

Manual

Bertuas

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

9

Dodo

Breast Pump with Bottle

Dodo Breast Pump with Bottle 1

Rp127.500

Menengah

Dirancang senyaman mungkin untuk atasi kelebihan ASI

Manual

Tidak bertuas

Tidak diketahui

Tidak diketahui

24 mm

Tidak diketahui

Tidak diketahui

10

Reliable Baby

Breast Pump Manual Trompet

Reliable Baby Breast Pump Manual Trompet 1

Rp19.000

Agak Murah

Memompa ASI sambil bepergian jadi makin mudah berkat produk yang praktis ini

Manual

Tidak bertuas

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Real BubeeManual Breast Pump

Manual Breast Pump  1
Sumber: shopee.co.id
Manual Breast Pump  2
Sumber: shopee.co.id
Manual Breast Pump  3
Sumber: shopee.co.id
Manual Breast Pump  4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp45.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp45.000
Agak Murah

Fitur cukup komplet dengan harga relatif terjangkau

Jika Anda menginginkan pompa ASI berkualitas dengan bujet tidak mencapai ratusan ribu ataupun jutaan, pilihlah produk ini. Dengan harga yang bersahabat, pompa ASI manual ini sudah memiliki berbagai keunggulan dan fitur.


Materialnya sudah menggunakan plastik PP dengan BPA free. Selain itu, Real Bubee menggunakan material silikon food grade untuk komponen dotnya. Terdapat teknologi prevent revers flow pada pompanya untuk mencegah ASI mudah mengalir kembali ke atas.

Jenis pompa ASIManual
Model pompaBertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampung150 ml
MaterialSilikon, PP
Ukuran corong pompa80 mm
Fitur handsfree
BPA Free
Food grade
Fitur anti-noise
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

MOOIMOMSilicone Breast PumpA7002

Harga referensi
Rp149.000
Menengah

Antirepot dengan pompa ASI manual yang lembut, ringan, dan mudah dibersihkan

Salah satu merek terbesar di Indonesia dalam dunia ibu dan bayi, Mooimom, kembali menghadirkan alat yang sangat mumpuni. Produk andalan mereka kali ini adalah pompa ASI manual silikon yang sangat ringan dan mudah dibersihkan.


Material silikonnya sangat lembut hingga terasa nyaman di payudara. Selain itu, daya isapnya tak main-main meski cara pemakaiannya sangat mudah. Terdapat suction pada bagian bawahnya sehingga dapat menempel erat pada meja. Produk ini sangat cocok bagi ibu dengan ASI yang melimpah agar tangannya tak mudah lelah.

Jenis pompa ASIManual
Model pompaTidak bertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampung120 ml
MaterialSilikon
Ukuran corong pompa85 mm
Fitur handsfree
BPA Free
Food grade
Fitur anti-noise
View all
No.3

Mama's ChoiceManual Breast Pump

Harga referensi
Rp199.000
Agak Mahal

Nyaman memompa dengan satu tangan berkat pompa ASI manual berwarna gemas

Anda yang sibuk sehingga terkadang hanya bisa memompa ASI dengan satu tangan perlu mempertimbangkan produk ini. Produk berwarna lilac dan putih yang menggemaskan ini diklaim mudah digunakan dengan satu tangan. Anda pun bisa tetap produktif sambil memompa ASI. Produk ini juga didesain meniru hisapan lembut mulut bayi sehingga ibu makin nyaman menggunakannya.

Jenis pompa ASIManual
Model pompaBertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampung150 ml
MaterialSilikon
Ukuran corong pompaTidak diketahui
Fitur handsfree
BPA Free
Food grade
Fitur anti-noise
View all
No.4

Indo Abadi Sari Makmur Mami Breast Pump

Harga referensi
Rp15.000
Lebih Murah

Mudah digunakan, bebas was-was berkat bahan yang tak mudah pecah

Pompa ASI manual Mami ini diklaim mampu menstimulasi kelancaran ASI setelah bersalin. Produk ini juga cocok untuk menampung kelebihan ASI. Penggunaannya mudah dengan ukuran dan desain yang compact. Oleh karena itu, produk ini pas untuk Anda yang membutuhkan pompa ASI manual berdesain ringkas. Bahannya pun diklaim tak mudah pecah, tahan panas, juga aman untuk kulit yang sensitif. 
Jenis pompa ASIManual
Model pompaTidak bertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampungTidak diketahui
MaterialTidak diketahui
Ukuran corong pompaTidak diketahui
Fitur handsfree
BPA FreeTidak diketahui
Food gradeTidak diketahui
Fitur anti-noise
View all
No.5

MutterSilicone Breast Pump

Harga referensi
Rp195.360
Agak Mahal

Penutupnya antitumpah plus dilengkapi stopper

ASI yang keluar saat dipompa sangat berharga sehingga Anda tentu tidak ingin ASI tersebut tumpah, bukan? Untuk Anda yang khawatir ASI tumpah ketika memerah susu, produk ini jangan sampai terlewatkan. Bagian penutup produk ini dibuat dari bahan silikon antitumpah.


Tidak hanya itu, ASI yang tertampung dalam botol juga makin aman berkat adanya stopper di bagian tengah. Cara penggunaan pompa ASI ini pun mudah. Anda cukup melipat terbalik bagian corongnya, lalu tempelkan ke puting payudara Anda. Setelah itu, lipat corong kembali ke posisi semula dan kekedapannya akan membuat isapan.

Jenis pompa ASIManual
Model pompaTidak bertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampung110 ml
MaterialSilikon
Ukuran corong pompaTidak diketahui
Fitur handsfree
BPA Free
Food grade
Fitur anti-noise
View all
No.6

Baby Safe Breast Pump Manual

Harga referensi
Rp182.000
Agak Mahal

Tuasnya ringan ditekan, tangan jadi tak mudah lelah

Salah satu kendala saat menggunakan pompa ASI manual adalah tangan bisa jadi cepat lelah. Namun, dengan pompa ASI manual dari Baby Safe ini, Anda tak perlu khawatir tangan cepat lelah atau menjadi pegal. Ini karena tuasnya didesain ergonomis dan ringan ditekan.

 

Tak cuma itu, pada bagian corong, terdapat pula bantalan pijat silikon yang membantu memberikan pijatan lembut. Ini dapat merangsang laktasi sehingga ASI mengalir lebih lancar. ASI dapat mengalir deras tanpa membuat tangan menjadi lelah. 
Jenis pompa ASIManual
Model pompaBertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampung150 ml
MaterialTidak diketahui
Ukuran corong pompaTidak diketahui
Fitur handsfree
BPA Free
Food grade
Fitur anti-noise
View all
No.7

PigeonBreast Pump Manual26488

Harga referensi
Rp425.000
Lebih Mahal

Dengan dua mode, membuat ibu lebih nyaman

Merek Pigeon sudah eksis sejak lama di Indonesia. Produk pompa ASI manualnya pun hingga kini masih banyak diminati. Kami merekomendasikan produk ini untuk para ibu yang mengutamakan kenyamanan dalam proses memompa ASI.


Pompa ASI manual dari Pigeon ini sudah dilengkapi dengan silikon, valve cadangan, dan breastpad. Kelengkapan komponen ini tentu membuat ibu menyusui merasa aman dan nyaman. Selain itu, terdapat mode stimulasi (pijat) serta mode perah yang dapat Anda kontrol dengan leluasa.

Jenis pompa ASIManual
Model pompaBertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampungTidak diketahui
MaterialPP
Ukuran corong pompaTidak diketahui
Fitur handsfree
BPA Free
Food gradeTidak diketahui
Fitur anti-noise
View all
No.8

Crown BabycareeasyEXPRESS Manual BreastpumpCR-3338

Harga referensi
Rp115.000
Menengah

Memerah ASI tanpa rasa sakit berkat membran pada corongnya

Memerah ASI bisa terasa menyakitkan, terlebih pada puting payudara yang sensitif. Namun, pompa ASI manual Crown ini tidak akan membuat Anda merasakan sakit lagi saat memerah ASI. Hal tersebut berkat membran di bagian corongnya yang berfungsi untuk meredam rasa sakit. Inilah pilihan bunda agar momen memerah ASI jadi makin menyenangkan dan stress free.
Jenis pompa ASIManual
Model pompaBertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampungTidak diketahui
MaterialTidak diketahui
Ukuran corong pompaTidak diketahui
Fitur handsfree
BPA Free
Food gradeTidak diketahui
Fitur anti-noise
View all
No.9

DodoBreast Pump with Bottle

Harga referensi
Rp127.500
Menengah

Dirancang senyaman mungkin untuk atasi kelebihan ASI

Jika Anda ingin mengatasi dan mencegah masalah kelebihan ASI, Anda bisa memakai pompa ASI ini. Pompa dilengkapi dengan selang untuk menjaga intensitas aliran udara saat memompa supaya ASI yang keluar tidak berlebihan. 


Pompa ASI manual Dodo dilengkapi botol penampung ASI dan penutup yang dilapisi alat kedap udara. Tuas pompa ASI ini terhubung ke corong melalui selang. Corongnya sendiri sudah dilengkapi silikon sehingga Anda tidak akan kesakitan saat pumping berlangsung.

Jenis pompa ASIManual
Model pompaTidak bertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampungTidak diketahui
MaterialTidak diketahui
Ukuran corong pompa24 mm
Fitur handsfree
BPA FreeTidak diketahui
Food gradeTidak diketahui
Fitur anti-noise
View all
No.10

Reliable BabyBreast Pump Manual Trompet

Harga referensi
Rp19.000
Agak Murah

Memompa ASI sambil bepergian jadi makin mudah berkat produk yang praktis ini

Sederhana sekaligus praktis, pompa ASI manual bentuk trompet ini dapat menjadi andalan bagi Anda yang bermobilitas tinggi. Bentuknya yang ringkas membuat produk ini cukup masuk kantong sehingga mudah dibawa bepergian.


Selain itu, dengan cara penggunaan yang cukup mudah, harga dari pompa ASI manual ini ramah di kantong, lho. Sayangnya, mungkin Anda akan memerlukan botol tambahan bila ASIP berlimpah. Hal tersebut bisa terjadi karena produk ini tidak dijual sepaket dengan botol untuk penampung ASI.

Jenis pompa ASIManual
Model pompaTidak bertuas
Fitur double pump
Mode pijatan
Level kekuatan pompa
Daya tampungTidak diketahui
MaterialTidak diketahui
Ukuran corong pompaTidak diketahui
Fitur handsfree
BPA Free
Food grade
Fitur anti-noise
View all

5 Rekomendasi Pompa ASI Manual terbaik

No. 1: Real BubeeManual Breast Pump

No. 2: MOOIMOMSilicone Breast PumpA7002

No. 3: Mama's ChoiceManual Breast Pump

No. 4: Indo Abadi Sari Makmur Mami Breast Pump

No. 5: MutterSilicone Breast Pump

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Perlengkapan menyusui
  4. 10 Rekomendasi Pompa ASI Manual Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dokter Konsultan Laktasi]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.