1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Lip color & lip care
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Lipstik Terbaik untuk Remaja (Terbaru Tahun 2023)

Usia remaja dapat menjadi awal seseorang untuk mencoba menggunakan kosmetik, termasuk lipstik. Jika produknya tepat, lipstik dapat membuat wajah remaja usia SMP dan SMA jadi tampak lebih segar. Pemilihan warna yang sesuai juga bisa membuat penampilan makin menawan. Namun, lipstik apa yang cocok untuk remaja?


Tidak perlu bingung memilih lipstik yang bagus untuk remaja karena kali ini kami akan memberikan tipsnya. Tak lupa, terdapat sepuluh rekomendasi produk lipstik terbaik untuk remaja dari sejumlah merek, seperti Emina, Wardah, dan Maybelline. Selamat membaca!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih lipstik untuk remaja

Agar kamu bisa menemukan lipstik yang tepat untuk remaja, mari ikuti tips dari kami. Terdapat beberapa poin penting yang sebaiknya diperhatikan. Yuk, kita mulai pembahasannya! 

① Kenali sejumlah tipe lipstik

Kenali sejumlah tipe lipstik

Kamu bisa menemukan beragam tipe lipstik di pasaran, termasuk lipstik untuk remaja. Namun, secara garis besar, terdapat tiga tipe lipstik yang banyak dijual, yakni tipe padat, krayon, dan cair. Berikut adalah penjelasan untuk tiap-tiap tipe lipstik.


  • Tipe padat: Lipstik berbentuk padat merupakan versi klasik yang mungkin sering kamu jumpai. Penggunaan lipstik padat cenderung mudah karena dapat langsung dipoleskan di bibir. Namun, usahakan agar tidak memutarnya terlalu tinggi karena cenderung rentan patah.

  • Tipe krayon: Seiring dengan inovasi produsen kosmetik, lipstik padat tidak hanya hadir dalam bentuk biasa. Kini ada juga lipstik dengan bentuk menyerupai krayon. Tipe ini memiliki ujung sedikit runcing untuk memudahkan pemakaian. Bahkan, ada produk yang dilengkapi peruncing agar lipstik senantiasa mudah menjangkau sudut bibir. 

  • Tipe cair: Lipstik cair dapat menjadi pilihan bila kamu sulit menjangkau sudut bibir dengan lipstik padat. Lipstik cair umumnya memiliki konsistensi seperti krim dengan aplikator bawaan. Berkat aplikatornya, area bibir yang sempit lebih mudah terjangkau sehingga hasilnya akan tampak presisi. 

② Sesuaikan dengan warna dan undertone kulit

Sesuaikan dengan warna dan undertone kulit

Poin lain yang juga penting dalam memilih lipstik adalah menyesuaikannya dengan kondisi kulit. Alih-alih terlihat fresh, salah memilih warna lipstik dapat membuat penampilan remaja tampak lebih tua. 


Karena itu, ada baiknya remaja menghindari lipstik berwarna burgundy, cokelat tua, blackberry, dan fuchsia. Kamu juga sebaiknya tidak memilih warna yang terlalu mencolok karena bisa membuat penampilan jadi lebih tua dari usia kamu.


Kamu bisa mencari warna lipstik yang pas berdasarkan skin tone dan undertone. Jika warna kulit kamu tergolong terang, cobalah lipstik dengan warna light pink, coral, nude, atau peach. Sementara itu, kulit yang lebih gelap akan cocok dengan warna lipstik yang cenderung deep seperti mauve atau oranye


Di samping itu, perhatikan juga undertone kulit kamu. Undertone kulit dapat diketahui dengan melihat warna nadi di pergelangan tangan. 

  • Nadi kehijauan menandakan warm undertone yang cocok dengan warna berunsur merah dan kuning. Pertimbangkan warna seperti oranye, peach, dan coral.
  • Nadi yang didominasi warna ungu atau biru tergolong cool undertone. Lipstik dengan unsur biru dan ungu, seperti pink, soft rose, serta mauve, akan menjadi opsi tepat.
  • Jika nadi kamu merupakan perpaduan dari ungu dan hijau, kamu memiliki neutral undertone. Semua warna lipstik cenderung cocok di kulitmu sehingga kamu lebih leluasa memilihnya. 

③ Pilih berdasarkan hasil akhirnya

Hasil akhir juga dapat menjadi pertimbangan dalam memilih lipstik untuk remaja. Cobalah untuk memilihnya berdasarkan kebutuhan dan acara yang akan didatangi.

Lipstik sheer dan glossy, membuat bibir terlihat sehat

Lipstik sheer dan glossy, membuat bibir terlihat sehat

Untuk aktivitas sehari-hari, lipstik sheer dan glossy dengan warna terang dapat menjadi pilihan. Bibirmu akan terlihat sehat. Riasan pun akan tampak natural. Selain itu, lipstik glossy dapat membuat bibir tampak lebih bervolume sehingga cocok bagi pemilik bibir tipis. 


Namun, lipstik glossy dapat dengan mudah menempel di peralatan makan sehingga kurang tahan lama. Jika kamu ingin menghadiri acara spesial, pertimbangkan lipstik glossy dengan warna yang lebih pigmented. Selain itu, cobalah lipstik glossy dengan kandungan glitter atau shimmer

Lipstik matte, tahan lama dan mampu menutupi bibir gelap

Lipstik matte, tahan lama dan mampu menutupi bibir gelap

Sementara itu, saat menjalani aktivitas yang padat sehingga kamu tidak sempat retouch, gunakan lipstik dengan hasil matte. Lipstik matte tidak mudah pudar meskipun digunakan saat makan dan minum. Lipstik ini juga biasanya memiliki coverage tinggi sehingga dapat menutupi warna asli bibir yang gelap. 


Namun, lipstik dengan hasil akhir matte dikhawatirkan cukup berat untuk remaja, bahkan mungkin bisa membuat penampilan jadi lebih tua. Selain itu, lipstik matte berisiko menampilkan kerutan di bibir, serta membuat bibir menjadi kering. Jika kamu ingin membeli lipstik matte, pilihlah yang bertekstur lembut dan kaya pelembap

Lipstik satin, lebih awet tanpa membuat bibir kering

Lipstik satin, lebih awet tanpa membuat bibir kering

Kamu menginginkan lipstik yang lebih tahan lama, tetapi tidak membuat bibir terasa kering? Pilihlah produk dengan hasil akhir satin. Lipstik satin cenderung lebih ringan dan memberikan kilau yang tidak seintens lipstik glossy


Di sisi lain, tingkat kelembapannya lebih tinggi dari lipstik matte sehingga nyaman dan cukup awet di bibir. Lipstik satin juga cocok untuk berbagai suasana. Kamu hanya perlu mencari warna yang sesuai.

④ Pastikan formulanya ringan dan melembapkan

Pastikan formulanya ringan dan melembapkan

Merawat bibir penting dilakukan sedini mungkin agar tidak menggelap dan makin berkerut saat usia bertambah. Karena itu, pertimbangkanlah lipstik remaja yang ringan dan kaya nutrisi. Usahakan kamu mengecek kandungannya, lalu pilihlah lipstik yang mengandung pelembap, serta memiliki perlindungan terhadap sinar UV.


Pertimbangkan juga untuk memilih lipstik berdasarkan kondisi bibir. Jika bibirmu cenderung kering cobalah lipstik dengan klaim ekstralembap. Kandungan pelembap yang sering digunakan pada lipstik antara lain shea butter, jojoba oil, dan vitamin E.

⑤ Pertimbangkan merek yang harganya terjangkau, tetapi aman

Remaja pada umumnya masih berstatus pelajar sehingga biasanya memiliki bujet terbatas untuk membeli kosmetik. Namun, hal tersebut bukanlah penghalang untuk tampil cantik menggunakan lipstik. Kini sudah banyak lipstik berkualitas tinggi yang dijual dengan harga terjangkau.


Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah mempertimbangkan kosmetik dari merek lokal. Perkembangan kosmetik lokal masa kini makin pesat sehingga tidak kalah berkualitas dari produk internasional. Meski demikian, jangan lupa untuk mengecek sertifikasi dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) supaya keamanan produk tetap terjaga. 

10 Rekomendasi lipstik terbaik untuk remaja

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lipstik untuk remaja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Maybelline

SuperStay Ink Crayon (Lead the Way)

Maybelline SuperStay Ink Crayon (Lead the Way) 1枚目

Dilengkapi rautan bawaan, mudah digunakan pemula sekalipun

2

Implora

Urban Lip Cream Matte (Pink Latte)

Implora Urban Lip Cream Matte (Pink Latte) 1枚目

Pas dijadikan base ombre lips ala Korea

3

Wardah

Colorfit Last All Day Lip Paint (Eternal Sunset)

Wardah Colorfit Last All Day Lip Paint (Eternal Sunset) 1枚目

Tahan hingga 12 jam, bebas retouch seharian

4

Pinkflash

#OhMyGloss (Love Talk)

Pinkflash #OhMyGloss (Love Talk) 1枚目

Harganya ramah di kantong pelajar!

5

BLP Beauty

Lip Bullet (Biscotti)

BLP Beauty Lip Bullet (Biscotti) 1枚目

Bantu samarkan bibir gelap dengan formula full coverage yang buildable

6

Rollover Reaction

SLICKED! Lip Glass (Nue)

Rollover Reaction SLICKED! Lip Glass (Nue) 1枚目

Formula seperti gel, dijadikan topper pun oke!

7

Luxcrime

Airy Lip Mousse in Delicate Cherry

Luxcrime Airy Lip Mousse in Delicate Cherry 1枚目

Nyaman dan ringan dengan aroma semanis dessert

8

Dear Me Beauty

3-In-1 Multistick Crayon - Dear Lily

Dear Me Beauty 3-In-1 Multistick Crayon - Dear Lily 1枚目

Cukup satu produk untuk mewarnai bibir, pipi, dan kelopak mata!

9

Emina

Squeeze Me Up Lip Glass (Surf n’ Slide)

Emina Squeeze Me Up Lip Glass (Surf n’ Slide) 1枚目

Efek kilaunya menyatu dengan bibir tanpa rasa berminyak

10

Moko Moko

My Precious Lip & Cheek (Cherry Pink)

Moko Moko  My Precious Lip & Cheek (Cherry Pink) 1枚目

Formula blendable dalam kemasan saset yang praktis

Perincian produk
Close
No.1

MaybellineSuperStay Ink Crayon (Lead the Way)

Mulai dari Rp105.000,00

Dilengkapi rautan bawaan, mudah digunakan pemula sekalipun

Pemula dalam ber-makeup sering merasa kesulitan mengaplikasikan lipstik padat secara rapi di bibir. Apakah kamu salah satunya? Produk dari Maybelline ini akan memudahkan kamu membingkai dan mengisi bibir secara lebih presisi. Jadi, SuperStay Ink Crayon bisa digunakan sebagai lip liner sekaligus lipstik. 


Selain itu, lipstik ini dilengkapi peruncing bawaan yang bisa digunakan saat ujungnya mulai terasa tumpul. Dengan formula smudge-proof dan transfer resistant, bibirmu akan tampak menawan hingga 8 jam. 

No.2

ImploraUrban Lip Cream Matte (Pink Latte)

Mulai dari Rp24.000,00

Pas dijadikan base ombre lips ala Korea

Implora merupakan merek lokal yang populer berkat produk kosmetik berharga terjangkau. Lipstik yang satu ini juga laris manis terjual, baik secara online maupun offline. Urban Lip Cream Matte memiliki formula creamy yang benar-benar menempel di bibir dan transferproof


Para penggemar riasan ala Korea mungkin sudah tidak asing lagi dengan tampilan bibir berwarna gradasi atau ombre lips. Warna peachy pink nude dari shade Pink Latte ini cocok dijadikan dasar ombre lips. Setelah mengering, cukup tambahkan lipstik dengan warna lebih gelap di bagian tengahnya, deh!

No.3

WardahColorfit Last All Day Lip Paint (Eternal Sunset)

Mulai dari Rp65.000,00

Tahan hingga 12 jam, bebas retouch seharian

Lipstik ini merupakan opsi tepat bagi remaja aktif yang tidak sempat mengaplikasikan ulang lipstik pudar. Berkat formula yang transferproof dan tahan lama, kamu tidak perlu retouch hingga 12 jam. 


Meskipun matte, lipstik ini memiliki tekstur creamy yang tidak menyebabkan crack di bibir. Warna oranye yang dihasilkan pun intens dalam sekali polesan. Selain itu, garis-garis bibir akan ter-cover sehingga memberikan efek bibir penuh secara natural. 

No.4

Pinkflash#OhMyGloss (Love Talk)GO3

Mulai dari Rp16.000,00

Harganya ramah di kantong pelajar!

Bagi pelajar dengan bujet terbatas, produk yang satu ini bisa menjadi pertimbangan. Meskipun harganya terjangkau, formula yang ditawarkan mampu melembapkan dan menutrisi bibir. Produk ini memiliki kilauan tinggi berkat kandungan minyak nabati yang melimpah. 


Bibir yang tipis pun akan jadi lebih plumpy. Kerutannya juga bakal tersamarkan. Ujung aplikatornya yang terbuat dari silikon tidak akan membuat warna lipstik lain menempel. 

No.5

BLP BeautyLip Bullet (Biscotti)

Mulai dari Rp129.000,00

Bantu samarkan bibir gelap dengan formula full coverage yang buildable

Lip Bullet dapat menjadi pilihan bagi pemilik bibir yang gelap. Dengan formula full coverage, lipstik ini mampu menutupi warna asli bibirmu. Shade Biscotti merupakan warna pigmented peach yang tidak terlalu cokelat ataupun pink. Warnanya cocok digunakan, baik daily maupun pada occasion tertentu.


Lipstik berbentuk konvensional ini memiliki tekstur lembut yang buildable dan ringan. Produk ini menghasilkan satin finish dengan soft-focus consistency yang melembapkan bibir. 

No.6

Rollover ReactionSLICKED! Lip Glass (Nue)

Mulai dari Rp129.000,00

Formula seperti gel, dijadikan topper pun oke!

Bosan dengan koleksi lipstik matte yang terasa kering? Tidak perlu cemas! Kamu dapat menggunakan produk ini langsung di bibir atau sebagai pelapis lipstik matte. Aplikatornya yang berbentuk petal-shaped doe-foot memudahkanmu memoleskan lipstik secara lebih presisi. 


Karena memiliki warna sheer coral nude, hasil akhirnya tidak akan mengubah warna lipstik kesayanganmu. Selain itu, SLICKED! Lip Glass akan membuat bibirmu lebih bervolume. Teksturnya yang menyerupai gel yang ringan sehingga cocok untuk penggunaan sehari-hari.

No.7

LuxcrimeAiry Lip Mousse in Delicate Cherry

Mulai dari Rp109.000,00

Nyaman dan ringan dengan aroma semanis dessert

Apabila kamu pencinta kosmetik beraroma manis, cobalah produk ini. Luxcrime menawarkan lipstik cair dengan aroma dan rasa yang menyerupai chocolate mousse. Airy Lip Mousse terasa tipis dan ringan di bibir, bahkan hingga lapisan kelima. 


Saat diaplikasikan, produk ini melembapkan dan tidak terasa patchy ataupun menggumpal di bibir. Meskipun Delicate Cherry memiliki warna soft nude pink yang terang, lipstik ini tetap daoat menutupi warna bibir asli.

No.8

Dear Me Beauty3-In-1 Multistick Crayon - Dear Lily

Mulai dari Rp89.000,00

Cukup satu produk untuk mewarnai bibir, pipi, dan kelopak mata!

Kamu senang berdandan dengan warna senada? Inilah produk yang cocok untukmu. Lipstik dari Dear Me Beauty ini hadir dalam bentuk menyerupai krayon yang mudah digunakan. Perpaduan warna oranye dan merah muda dari Dear Lily akan membuat riasan terlihat segar. 


Formulanya yang buttery dan pigmented mudah dibaurkan di bibir, pipi, dan kelopak mata. Kamu bisa membaurkannya dengan jari, sponge, atau beauty blender sesuai intensitas yang diinginkan. Karena teksturnya powdery setelah di-blend, hasilnya akan tampak natural. 

No.9

EminaSqueeze Me Up Lip Glass (Surf n’ Slide)

Mulai dari Rp53.500,00

Efek kilaunya menyatu dengan bibir tanpa rasa berminyak

Jika kamu mencari lipstik remaja dengan hasil akhir glossy dan pigmented, cobalah produk ini. Emina Squeeze Me Up Lip Glass menawarkan efek glassy finish tanpa glitter yang menyatu dengan bibir. Warna mauve berkilau dari shade Surf 'n Slide akan menampilkan kesan girly dan fresh.


Teksturnya pun creamy dan ringan sehingga mudah dibaurkan dalam sekali poles. Produk ini juga tidak menyisakan rasa berminyak atau lengket di bibir. Bibirmu akan tampak lembap dan sehat sepanjang hari!

No.10

Moko Moko My Precious Lip & Cheek (Cherry Pink)

Mulai dari Rp24.500,00

Formula blendable dalam kemasan saset yang praktis

Produk ini direkomendasikan bagi para remaja yang minimalis. Moko Moko menghadirkan kosmetik dalam kemasan saset yang unik dan praktis. Meskipun tampak ramping, di dalamnya sudah termasuk aplikator dan dapat digunakan hingga berminggu-minggu.


My Precious Lip & Cheek bisa diaplikasikan sebagai lipstik dan blush on. Formulanya blendable serta tidak lengket atau menggumpal saat dibaurkan. Dengan hasil akhir satin, produk ini diklaim tahan hingga 8 jam, serta mudah dibersihkan. 

Baca juga rekomendasi kosmetik dan skincare remaja lainnya di sini

Kesimpulan

Lipstik merupakan kosmetik yang dapat digunakan sejak usia remaja. Dengan lipstik, wajahmu akan terlihat lebih segar dan menawan. Selain itu, sudah banyak lipstik multifungsi yang juga bisa digunakan sebagai blush on dan eyeshadow


Namun, dalam memilih lipstik untuk remaja, pastikan kaum telah mengecek tone kulit, warna, hasil akhir, kandungan, serta harga lipstik. Silakan jadikan artikel ini sebagai panduan kamu dalam memilih lipstik terbaik untuk remaja. Selamat memilih!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer