1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Vitamin & suplemen
  6. >
  7. 10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Suplemen Zinc Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Seng atau zinc adalah salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh. Suplemen zinc banyak digunakan untuk meringankan gejala flu, mengurangi radang jerawat, bahkan pengobatan COVID-19. Ada pula penelitian yang menghubungkan suplementasi zinc dengan tingkat keparahan pasien COVID-19 beserta terapinya. Akibatnya, suplemen zinc banyak dicari pada masa pandemi.


Redoxon, Natures Plus, dan Fitkom adalah beberapa merek suplemen zinc yang bagus. Sebelum Anda membeli, bacalah dahulu artikel ini agar tak bingung memilih suplemen zinc untuk anak-anak sampai orang dewasa. Rekomendasi produk terbaiknya pun tersedia. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.

Diperbaharui 01-11-2023
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Manfaat zinc untuk kesehatan

Manfaat zinc untuk kesehatan

Zinc tergolong dalam mikronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang dewasa membutuhkan sekitar 10–13 mg zinc saja per harinya. Namun, kebutuhan ini tentu saja bergantung pada jenis kelamin, aktivitas, dan kondisi fisik Anda. Jika Anda sedang dalam masa penyembuhan, Anda tentu membutuhkan lebih banyak zinc. 


Meski hanya dibutuhkan sedikit saja, zinc ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaat zinc, yaitu:


  • Zinc berperan untuk mengaktifkan sel-sel darah putih sehingga meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi zinc dalam jumlah yang tepat akan membantu tubuh Anda tetap fit. 

  • Zinc berperan dalam regenerasi sel serta mengobati peradangan seperti jerawat. Zinc memang bermanfaat untuk kesehatan kulit, kuku, dan rambut. Tak heran jika dokter kulit sering memberikan suplemen zinc

Anda bisa mendapatkan zinc dari berbagai makanan, seperti seafood, daging, unggas, sayuran, jamur, dan telur. Meskipun begitu, Anda tetap membutuhkan suplemen saat kondisi tubuh kurang sehat.


Namun, perlu diingat bahwa konsumsi suplemen zinc yang berlebihan dapat menyebabkan mual, diare, sampai kerusakan ginjal. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen zinc

Setelah mengetahui manfaat dari zinc, kami akan memberikan tips memilih suplemen zinc. Poin-poin di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda saat memilih produk suplemen zinc yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

① Perhatikan bentuk zinc yang digunakan

Perhatikan bentuk zinc yang digunakan

Tahukah Anda bahwa zinc memiliki berbagai bentuk secara kimia? Bentuk zinc cukup beragam dan memiliki manfaat masing-masing. Kami akan menjelaskan beberapa bentuk zinc yang paling umum Anda temui di dalam suplemen.


  • Zinc picolinate adalah bentuk zinc yang paling cepat diserap tubuh. Zinc ini biasanya digunakan untuk mengatasi jerawat. Harga suplemen dengan zinc picolinate tergolong lebih mahal dibandingkan bentuk lainnya. Kini sudah banyak suplemen zinc yang menggunakan zinc picolinate.

  • Zinc gluconate cukup umum dipakai dalam suplemen. Zinc gluconate biasanya digunakan dalam produk lozenges dan suplemen untuk flu. 

  • Zinc citrate tidak menyebabkan iritasi pada lambung. Zinc citrate sering dijadikan alternatif dari zinc sulfate.

② Pertimbangkan suplemen zinc dengan tambahan vitamin lainnya

Pertimbangkan suplemen zinc dengan tambahan vitamin lainnya

Kebanyakan suplemen zinc dijual sebagai suplemen yang dicampurkan dengan vitamin dan mineral lainnya. Dengan memilih suplemen zinc seperti ini, Anda akan mendapatkan manfaat yang lebih untuk tubuh.


Anda pun bisa memilih tambahan vitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Contohnya adalah sebagai berikut:


  • Suplemen zinc yang diformulasikan dengan vitamin C dan vitamin D dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh.

  • Suplemen zinc dan kalsium bagus untuk menjaga kesehatan tulang.

Di sisi lain, ada juga suplemen yang murni hanya mengandung zinc. Suplemen ini biasanya diresepkan untuk Anda yang sedang mengalami masalah kulit dan rambut.

③ Pilih suplemen zinc yang khusus diformulasikan untuk anak

Pilih suplemen zinc yang khusus diformulasikan untuk anak

Tidak hanya untuk orang dewasa, suplemen zinc juga bisa dikonsumsi oleh anak-anak. Suplemen zinc untuk anak-anak biasanya diberikan saat anak mengalami diare untuk membantu mengembalikan kesehatan pencernaan anak. Zinc juga sangat penting untuk tumbuh kembang anak. 


Namun, Anda perlu memilih suplemen zinc yang secara khusus diformulasikan untuk anak-anak. Kandungan zinc-nya pasti sudah diatur untuk kebutuhan anak-anak.


Suplemen zinc untuk anak biasanya dibuat dalam bentuk sirop ataupun gummies. Rasanya pun manis dengan rasa buah-buahan yang disukai anak-anak. Meski begitu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak sebelum Anda memberikan suplemen zinc, ya.

10 Rekomendasi suplemen zinc terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen zinc terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Bayer

Redoxon Triple Action

Bayer Redoxon Triple Action 1枚目

Suplemen zinc untuk orang dewasa yang rasanya menyegarkan

2

Sampharindo Perdana

Bionicom Zinc

Sampharindo Perdana Bionicom Zinc 1枚目

Vitaminnya komplet untuk mempercepat proses penyembuhan

3

Bernofarm

Vitalong C Zinc

Bernofarm Vitalong C Zinc 1枚目

Bantu meredakan gejala flu serta aman untuk lambung

4

Natural Organics

NaturesPlus Zinc Di-Picolinate Complex Tablets

Natural Organics NaturesPlus Zinc Di-Picolinate Complex Tablets 1枚目

Bisa untuk bumil, suplemen zinc yang bebas alergen

5

Nature's Bounty

Calcium Magnesium Zinc

Nature's Bounty Calcium Magnesium Zinc 1枚目

Menyehatkan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis

6

Pharmacore Nutraceutical

Zinc Picolinate & Gluconate

Pharmacore Nutraceutical Zinc Picolinate & Gluconate 1枚目

Bermanfaat untuk kulit, kuku, rambut, dan kesuburan pria

7

Dexa

Seloxy AA

Dexa  Seloxy AA 1枚目

Kandungan antioksidannya sanggup merawat sel-sel tubuh

8

Puritan's Pride

Zinc for Acne

Puritan's Pride Zinc for Acne 1枚目

Suplemen zinc untuk kulit wajah lebih mulus dan bebas jerawat

9

SOHO

Fitkom Gummy Vit C and Zinc

SOHO Fitkom Gummy Vit C and Zinc 1枚目

Tablet kunyah rasa buah yang jadi favorit anak-anak

10

ChildLife

Liquid Zinc Plus

ChildLife Liquid Zinc Plus 1枚目

Aman untuk bayi dan bermanfaat untuk mengurangi diare

Perincian produk
Close
No.1

BayerRedoxon Triple Action

Mulai dari Rp10.400,00

Suplemen zinc untuk orang dewasa yang rasanya menyegarkan

Redoxon adalah tablet effervescent dengan vitamin C yang sudah banyak dikonsumsi di Indonesia. Vitamin zinc untuk dewasa ini hadir dengan fromula Triple Action yang mengandung vitamin C, vitamin D, dan zinc. Formulanya membantu menjaga daya tahan tubuh Anda agar selalu fit meski kondisi cuaca tak menentu. 


Jika biasanya Redoxon hadir dengan tablet effervescent rasa jeruk, sekarang Redoxon menyajikan rasa blackcurrant. Apabila Anda kurang menyukai suplemen harian yang pahit atau memiliki kesulitan menelan obat, Redoxon adalah solusinya. Rasanya enak sekaligus memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

No.2

Sampharindo PerdanaBionicom Zinc

Mulai dari Rp16.500,00

Vitaminnya komplet untuk mempercepat proses penyembuhan

Khusus untuk Anda yang baru sembuh sakit, kami merekomendasikan suplemen Bionicom Zinc. Pasalnya, Bionicom Zinc kandungannya lengkap, yakni vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E. 


Dengan kandungan vitamin yang dimilikinya, produk ini akan membantu mempercepat proses pemulihan tubuh Anda. Cukup konsumsi satu tablet saja per hari untuk tubuh yang lebih sehat. Harga satu setripnya juga tergolong ramah di kantong.

No.3

BernofarmVitalong C Zinc

Mulai dari Rp53.000,00

Bantu meredakan gejala flu serta aman untuk lambung

Kami merekomendasikan produk ini jika Anda membutuhkan suplemen untuk membantu meredakan gejala flu atau pilek. Kombinasi vitamin C dan zinc-nya akan meningkatkan antibodi tubuh sehingga kuman penyebab flu bisa segera diatasi.


Bukan hanya membantu meredakan pilek, suplemen ini juga bisa membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Dengan klaim aman di lambung, Anda bisa tenang mengonsumsinya meski memiliki riwayat mag. 

No.4

Natural OrganicsNaturesPlus Zinc Di-Picolinate Complex Tablets

Mulai dari Rp296.400,00

Bisa untuk bumil, suplemen zinc yang bebas alergen

Jika Anda memiliki alergi gluten, suplemen ini pas sekali untuk Anda konsumsi. Formulanya bebas gluten serta alergen lainnya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan reaksi alergi yang mungkin timbul saat mengonsumsi produk ini.


Tak ketinggalan, suplemen ini membantu meningkatkan imunitas dan membantu proses metabolisme dalam tubuh. Terlebih, zinc penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin sehingga bumil perlu mempertimbangkan untuk mengonsumsinya. Namun, tetap konsultasikan kepada dokter kandungan Anda terlebih dahulu, ya.

No.5

Nature's BountyCalcium Magnesium Zinc

Mulai dari Rp114.900,00

Menyehatkan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis

Suplemen dari Nature's Bounty ini cocok sekali untuk Anda yang mengutamakan kesehatan tulang. Kandungan kalsiumnya dapat mencegah dan mengurangi risiko pengeroposan tulang.


Tambahan vitamin D di dalamnya juga bersinergi dalam membantu mempercepat penyerapan kalsium. Diperkaya dengan kandungan magnesium, suplemen ini bisa membuat mood Anda menjadi lebih baik. Tak hanya fisik yang sehat, jiwa pun jadi lebih tenang!

No.6

Pharmacore NutraceuticalZinc Picolinate & Gluconate

Mulai dari Rp155.680,00

Bermanfaat untuk kulit, kuku, rambut, dan kesuburan pria

Jika Anda mencari suplemen yang hanya berisi zinc, kami merekomendasikan suplemen zinc untuk pria dari Pharmacore. Di dalamnya terkandung zinc picolinate dan zinc gluconate. Bahan tersebut efektif meningkatkan imunitas, menjaga sel-sel tubuh, serta meningkatkan energi. Suplemen ini cocok sekali untuk Anda yang mengutamakan kesehatan kuku, kulit, dan rambut.


Bukan hanya itu, para pria juga bisa mengonsumsi produk ini untuk meningkatkan kualitas sperma atau mengatasi masalah infertilitas. Pasalnya, zinc terbukti secara ilmiah meningkatkan jumlah sperma dan melindunginya dari radikal bebas. Alhasil, peluang terjadinya pembuahan akan makin besar.

No.7

Kandungan antioksidannya sanggup merawat sel-sel tubuh

Seloxy AA merupakan suplemen zinc yang kaya akan antioksidan. Di dalamnya terkandung alpha-lipoic acid yang merupakan antioksidan kuat untuk mencegah kerusakan sel. Alpha-lipoic acid ini digunakan untuk memperbaiki sel saraf pada penderita diabetes.


Selain itu, beta-carotene di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehatan sel-sel tubuh. Kami merekomendasikan Seloxy AA untuk Anda yang ingin menjaga kesehatan tubuh setiap hari. Namun, jika Anda sedang dalam masa hamil atau menyusui, konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen ini.

No.8

Puritan's PrideZinc for Acne

Mulai dari Rp175.000,00

Suplemen zinc untuk kulit wajah lebih mulus dan bebas jerawat

Apakah Anda memiliki masalah kulit berjerawat? Anda bisa mencoba salah satu merek suplemen zinc untuk jerawat, yakni Puritan's Pride. Perpaduan zinc dengan vitamin C, vitamin A, dan vitamin E di dalam produk ini diklaim dapat mencegah sekaligus meredakan jerawat Anda.


Tak hanya zinc dan multivitamin, suplemen ini juga mengandung rosehip. Bahan tersebut akan membantu menjaga kesehatan kulit Anda secara menyeluruh. Di luar manfaatnya, suplemen ini memiliki ukuran tablet yang kecil sehingga mudah ditelan.

No.9

SOHOFitkom Gummy Vit C and Zinc

Mulai dari Rp13.500,00

Tablet kunyah rasa buah yang jadi favorit anak-anak

Satu lagi merek suplemen zinc untuk anak yang kami rekomendasikan adalah Fitkom. Fitkom tablet kunyah rasa buah sudah pasti menjadi favorit anak-anak karena rasanya seperti permen tanpa adanya aroma obat. 


Kami merekomendasikan suplemen zinc dan vitamin C untuk anak Anda yang aktif. Kandungan zinc di dalamnya dapat menunjang pertumbuhan anak. Sementara itu, vitamin C berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh anak. Formulanya tentu dapat mendukung si kecil agar tetap aktif.

No.10

ChildLifeLiquid Zinc Plus

Mulai dari Rp275.000,00

Aman untuk bayi dan bermanfaat untuk mengurangi diare

Suplemen dari ChildLife ini bisa diberikan sejak bayi berusia 6 bulan. Zinc Plus mengandung tambahan copper yang membantu mempercepat penyerapan zinc gluconate. Anda bisa memberikannya saat anak diare.


Perpaduan rasa mangga dan stroberi membuat suplemen ini disukai anak-anak. Pemanis dan perisanya terbuat dari bahan alami sehingga Anda tak perlu ragu memberikannya untuk si kecil. Namun, tetap konsultasikan dahulu dengan dokter anak, ya. Selain itu, perhatikan juga anjuran dosisnya karena berbeda untuk setiap usia.

Pertanyaan umum seputar suplemen zinc

Pertanyaan umum seputar suplemen zinc

Selain mengulas cara memilih dan merekomendasikan produknya, kami sudah mengumpulkan berbagai pertanyaan populer seputar suplemen zinc. Jika Anda masih penasaran tentang suplemen zinc, simak jawabannya di bawah ini!

Apakah suplemen zinc boleh diminum setiap hari?

Konsumsi zinc secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping berupa gangguan pencernaan. Akibatnya, Anda bisa mengalami sakit perut atau iritasi usus. Karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai penggunaan suplemen zinc. Suplemen zinc boleh dikonsumsi setiap hari jika Anda mengalami defisiensi zinc.

Mengapa suplemen zinc harus dikonsumsi selama 10 hari?

Suplemen zinc biasanya diresepkan untuk pasien diare. Obat tersebut diresepkan untuk dikonsumsi selama 10 hari. Meski diare sudah selesai, Anda tetap harus mengonsumsinya untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta menjaga metabolisme tubuh.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Vitamin dan mineral berperan sangat penting untuk kesehatan. Suplemen multivitamin dan mineral pun banyak dicari selama masa pandemi ini. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai suplemen vitamin dan mineral lainnya yang bagus untuk kesehatan.

Kesimpulan

Jika kondisi tubuh fit, Anda sebetulnya tidak terlalu membutuhkan suplemen zinc. Anda bisa mendapatkan asupan zinc dari berbagai makanan yang sehat. Sebaliknya, Anda membutuhkan zinc saat kondisi tubuh sedang tidak baik.


Banyak suplemen zinc yang beredar di pasaran. Namun, kami sarankan Anda tetap berhati-hati membeli suplemen zinc agar tidak mendapatkan barang palsu. Pastikan labelnya benar dan sesuai dengan situs resmi produsennya, ya. Selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer