• 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Kaum milenial pasti sudah tak asing lagi dengan vape atau rokok elektronik. Untuk vaping, tentunya Anda memerlukan liquid vape atau vape juice. Liquid adalah cairan vape yang hadir dalam berbagai pilihan level nikotin, rasa, serta aroma yang berbeda-beda.


Kali ini kami akan berbagi tips memilih liquid vape yang enak. Berbagai merek liquid vape yang bagus, seperti Juice Nation, Indonesia Juice Cartel, dan Movi, ada dalam rekomendasi kami. Anda bisa menemukan liquid murah dengan harga puluhan ribu sampai yang lebih mahal seharga ratusan ribu rupiah. Langsung saja simak artikelnya, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 27 September 2021
  • 1.671 Views
Daftar isi

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan liquid vape

Anda mungkin pernah mendengar bahwa liquid vape lebih aman daripada rokok. Sebetulnya, hal tersebut tidak bisa dikatakan 100% benar. Vape atau rokok elektrik memiliki cara kerja memanaskan liquid sampai menjadi uap yang menyerupai nebulizer. Hal ini yang membuat liquid vape berbahaya. Pasalnya, uap dari vapor membuat zat di dalam liquid lebih cepat menyerap ke dalam paru-paru Anda


Memang secara umum liquid vape berisi nikotin, gliserol, dan flavour. Namun, Anda tidak tahu zat kimia apa saja yang terdapat di dalam flavour tersebut. Berdasarkan informasi dari John Hopkins Medicine, bahan-bahan kimia tersebut cukup berbahaya untuk paru-paru.


Beberapa orang mengklaim bahwa liquid vape cocok untuk diet rendah kalori. Meski memang tidak memiliki kalori, beberapa liquid vape mengandung gula atau pemanis buatan yang membuat rasanya manis. Sukralosa adalah pemanis yang sering dipakai untuk liquid vape karena lebih stabil saat dipanaskan. Walaupun dikenal aman untuk diabetes, sukralosa tak boleh dikonsumsi melebihi batas yang ditetapkan.


Jadi, kami tetap mengingatkan Anda bahwa liquid vape tidak sepenuhnya aman. Jika Anda sudah mengetahui risikonya, gunakanlah liquid vape dengan penuh tanggung jawab. Beberapa dokter juga menyarankan agar liquid vape tidak digunakan saat satu ruangan dengan ibu hamil dan menyusui.

Cara memilih liquid vape

Penggunaan liquid vape sudah marak di kalangan kaum milenial sebagai pengganti rokok. Aroma dan rasa yang enak juga menjadi daya tarik tersendiri. Setelah Anda mengetahui hal penting mengenai penggunaan liquid vape, kami akan memberikan tips memilih liquid vape yang enak. Selain kadar nikotin serta base rasanya, perhatikan juga poin penting lainnya, ya.

Sesuaikan tipe liquid dengan alat vape yang Anda gunakan

Sesuaikan tipe liquid dengan alat vape yang Anda gunakan

Komponen utama sebuah liquid vape adalah gliserol. Ada dua jenis gliserol yang digunakan, yaitu polypropylene glycol (PG) dan vegetable glycerin (VG). Liquid vape dengan PG yang tinggi akan menghasilkan rasa yang lebih "nendang", tetapi uapnya lebih sedikit. Sebaliknya, liquid vape dengan rasio VG yang lebih tinggi akan lebih ngebul, tetapi rasanya tidak terlalu pekat.


Viskositas PG lebih rendah dibandingkan VG. Jadi, liquid vape dengan rasio PG lebih tinggi akan lebih cair. Oleh karena itu, sesuaikanlah rasio PG dan VG dari liquid vape dengan alat vape Anda.


  • Rasio PG sebesar 70% lebih cocok untuk jenis atomizer vape. Anda akan mendapatkan rasa liquid yang lebih mantap dengan rasio ini, tetapi uapnya lebih sedikit. Liquid vape ini sangat cocok digunakan di tempat umum karena tidak terlalu mengganggu.


  • Rasio 50 : 50 pas untuk berbagai alat vape, seperti rebuildable driping atomizer dan pods. Rasio PG dan VG ini juga cocok untuk Anda yang baru mencoba vape. Uap dan rasa yang dihasilkan lebih pas.

  • Rasio VG yang lebih besar lebih cocok untuk pods, AIOatau alat vape yang high voltage. Alat vape yang high voltage memang bertujuan untuk menghasilkan lebih banyak uap. Kami sarankan Anda menghindari liquid vape dengan VG terlalu tinggi saat berada di tempat umum. Uapnya yang ngebul dapat mengganggu orang lain.

Perhatikan kandungan nikotin di dalamnya

Nikotin tergolong dalam zat aditif dan menjadi bahan penting dalam sebotol liquid. Anda bisa memilih liquid dengan kandungan nikotin 3 mg, 6 mg, dan 9 mg atau yang disebut sebagai free base.


  • Kandungan nikotin 3 mg cocok untuk Anda biasanya mengisap satu sampai dua batang rokok per hari. Rasa liquid vape-nya masih cukup terasa dan tidak terlalu gatal di tenggorokan.

  • Untuk perokok yang merokok kurang dari sepuluh batang per hari, pilihlah kandungan nikotin 6 mg. Kandungan nikotin 6 mg cukup memberikan kick di tenggorokan Anda.

  • Kandungan nikotin 9 mg pas digunakan oleh Anda yang merokok lebih dari sepuluh batang per hari. Liquid vape yang memiliki kandungan nikotin lebih tinggi akan terasa lebih getir. Rasa dan aroma khas liquid vape-nya juga makin tipis.

  • Salt nicotine adalah liquid vape dengan kadar nikotin lebih dari 12 mg dan uapnya lebih sedikit. Nikotinnya pun lebih cepat diserap tubuh. Jika Anda baru beralih dari rokok ke vape, cobalah jenis salt nicotine.


  • Liquid tanpa nikotin cocok untuk Anda yang hanya ingin menikmati rasa. Anda juga bisa menemukan liquid vape tanpa nikotin. Tentu saja Anda tidak akan mendapatkan efek nikotinnya.

Namun, tidak semua liquid vape mencantumkan kandungan nikotin di dalamnya. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu dengan menonton review dari para vaper, ya.

Lebih aman memilih liquid vape dengan pita cukai

Lebih aman memilih liquid vape dengan pita cukai

Salah satu hal penting dalam memilih liquid adalah untuk memilih liquid yang sudah memiliki pita cukai. Liquid yang sudah memiliki pita cukai berarti telah disahkan oleh negara. Anda juga akan merasa lebih aman memilih liquid tersebut karena sudah disahkan oleh produsennya.


Apakah Anda sudah pernah mendengar bahwa ada liquid vape yang dicampurkan dengan narkoba? Oleh karena itu, pilihlah liquid yang sudah berpita cukai karena sudah pasti asli dan bebas dari narkoba.

Lihat ulasan konsumen untuk mengetahui rasa dan aromanya

Lihat ulasan konsumen untuk mengetahui rasa dan aromanya

Anda bisa langsung mencoba liquid vape saat membeli di toko offline. Dengan demikian, Anda bisa langsung menentukan liquid vape yang sesuai dengan selera. Jangan lupa juga untuk berani mencoba rasa-rasa baru, ya.


Namun, membeli liquid vape secara online mungkin terasa lebih sulit karena Anda tidak bisa mencoba rasanya. Maka dari itu, kami sarankan Anda melihat review liquid vape dari para vapers


Tiap orang pasti merasakan sensasi yang berbeda-beda dari sebotol liquid vape tergantung pada device-nya. Bacalah atau tontonlah beberapa review agar Anda bisa mendapatkan gambaran tentang rasa dan aromanya.


Solusi lainnya adalah mencoba liquid vape dari teman Anda. Jika teman Anda memiliki liquid vape incaran Anda, cobalah sedikit untuk mengetahui rasa serta aromanya. Tentunya Anda harus menggunakan pod atau mod sendiri, ya. Hindari menggunakan vapor orang lain agar lebih higienis.

10 Rekomendasi liquid vape terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk liquid vape terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
Isi30 ml
FlavourTobacco
Kandungan nikotin12 mg
PG/VGTidak disebutkan
9
Isi30 ml
FlavourTobacco vanilla
Kandungan nikotin30 mg, 50 mg
PG/VG50/50
8
Isi30 ml
FlavourStrawberry lemonade
Kandungan nikotin6 mg, 12 mg, 24 mg, 40 mg
PG/VG50/50
7
Isi60 ml
FlavourRed apple
Kandungan nikotin3 mg, 30 mg
PG/VG50/50
6
Isi100 ml
FlavourBanana strawberry milk smoothies
Kandungan nikotin3 mg, 6 mg
PG/VG30/70
5
Isi60 ml
FlavourKacang cokelat keju
Kandungan nikotin3 mg, 6 mg, 9 mg
PG/VG40/60
4

ELFLakley KPOP Paddle Pop Ice Cream by Rizky Ritonga

Mulai dari Rp 150.000,00

Isi60 ml
FlavourIce cream
Kandungan nikotin3 mg, 6 mg
PG/VG70/30
3
IsiFree base: 100 ml・Salt nicotine: 30 ml
FlavourBanana oat cereal
Kandungan nikotin3 mg, 6 mg, 15 mg
PG/VGFree base: 30/70・Salt nicotine: 50/50
2
Isi30 ml, 60 ml
FlavourButter coffee
Kandungan nikotin0 mg
PG/VG30/70, 50/50
1
Isi3 mg & 6 mg: 100 ml・9 mg: 60 ml
FlavourPound cake & sweet strawberry
Kandungan nikotin3 mg, 6 mg, 9 mg
PG/VG3 mg & 6 mg: 30/70・9 mg: 40/60

Tabel perbandingan produk liquid vape terbaik

Gambar produk
1
Juice Nation A La Carte Cream Pound Cake 1

Juice Nation

2
Noska Juice Butter Coffee  1

Noska Juice

3
Steam Queen Juice Oat Drips Banana 1

Steam Queen Juice

4
ELF Lakley KPOP Paddle Pop Ice Cream by Rizky Ritonga 1

ELF

5
JusRakjat Terang Boelan 1

JusRakjat

6
Indonesia Juice Cartel BAnanarilla 1

Indonesia Juice Cartel

7
Rcraft Liquid Paradewa Apple Zeus 1

Rcraft

8
Movi Komodo Breakfast Pink Beach 1

Movi

9
Hex Juice Dose Bacconilla 1

Hex Juice

10
Upods Indonesian Tobacco Kretek 1

Upods

Nama produk

A La Carte Cream Pound Cake

Butter Coffee

Oat Drips Banana

Lakley KPOP Paddle Pop Ice Cream by Rizky Ritonga

Terang Boelan

BAnanarilla

Liquid Paradewa Apple Zeus

Komodo Breakfast Pink Beach

Dose Bacconilla

Indonesian Tobacco Kretek

Keunggulan

Sensasi makan kue lezat dengan sebotol liquid vape

Liquid enak murah dan tidak mengandung nikotin

Taste pisangnya cukup mantap dengan perpaduan sereal

Membawa nostalgia masa kecil dengan manisnya rasa es krim

"Lezatnya" martabak manis bisa dinikmati meski sedang diet

Rasa banana strawberry smoothies-nya tidak terlalu manis

Liquid vape dengan cooling sensation menyegarkan

Varian salt nicotine-nya tidak bikin leher gatal

Aroma tembakau yang lebih friendly dengan campuran vanila

Nge-pods dengan sensasi tembakau real

Harga mulai dariRp 190.000,00Rp 20.000,00Rp 167.000,00Rp 150.000,00Rp 80.000,00Rp 144.000,00Rp 100.000,00Rp 90.000,00Rp 150.000,00Rp 80.000,00
Isi3 mg & 6 mg: 100 ml・9 mg: 60 ml30 ml, 60 mlFree base: 100 ml・Salt nicotine: 30 ml60 ml60 ml100 ml60 ml30 ml30 ml30 ml
FlavourPound cake & sweet strawberryButter coffeeBanana oat cerealIce creamKacang cokelat kejuBanana strawberry milk smoothiesRed appleStrawberry lemonadeTobacco vanillaTobacco
Kandungan nikotin3 mg, 6 mg, 9 mg0 mg3 mg, 6 mg, 15 mg3 mg, 6 mg3 mg, 6 mg, 9 mg3 mg, 6 mg3 mg, 30 mg6 mg, 12 mg, 24 mg, 40 mg30 mg, 50 mg12 mg
PG/VG3 mg & 6 mg: 30/70・9 mg: 40/6030/70, 50/50Free base: 30/70・Salt nicotine: 50/5070/3040/6030/7050/5050/5050/50Tidak disebutkan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar liquid vape

Pertanyaan umum seputar liquid vape

Selain mengulas cara memilih dan merekomendasikan produknya, kami sudah mengumpulkan berbagai pertanyaan populer seputar liquid vape. Jika Anda masih penasaran tentang liquid vape, simak jawabannya di bawah ini!

Berapa harga liquid vape?

Harga liquid vape cukup beragam bergantung pada brewer-nya. Anda bisa menemukan liquid vape 30 ml dengan harga belasan ribu sampai puluhan ribu rupiah saja. Untuk liquid vape premium, harganya bisa mencapai lebih dari seratus ribu rupiah.

Apakah pod harus pakai salt nicotine?

Anda sebaiknya menggunakan liquid vape salt nicotine untuk pod. Dibutuhkan energi yang kecil untuk menguapkan liquid salt nicotine. Bisa dikatakan bahwa pod dan salt nicotine adalah pasangan yang cocok.

Apa beda liquid creamy dan fruity?

Liquid dengan rasa creamy cenderung lebih manis. Rasa creamy meliputi rasa kue, cereal, dan cokelat. Berbeda lagi dengan liquid fruity yang memberikan sensasi segar dari rasa buah-buahan. Apel, stroberi, mangga, dan anggur sering digunakan sebagai perasa untuk liquid fruity. Beberapa liquid fruity bahkan menambahkan cooling sensation.

Tips menyimpan liquid yang benar

Tips menyimpan liquid yang benar

Liquid terbuat dari perisa yang larut di dalam gliserol. Udara yang masuk saat Anda membuka botol liquid akan membuat rasa dan aromanya berkurang. Apa saja yang harus Anda perhatikan agar rasa liquid vape Anda tetap terjaga?


  • Selalu tutup botol liquid vape sampai rapat. Hal ini untuk mencegah masuknya udara yang bisa mengurangi aroma dan rasanya.

  • Simpan liquid vape di tempat yang sejuk dan terhindar dari cahaya matahari langsung. Cahaya dan suhu bisa memengaruhi zat kimia di dalam liquid. Anda sebaiknya menyimpan liquid di dalam lemari. Hindari meletakkan liquid di dalam mobil dan motor, ya.

  • Berhati-hatilah saat dripping liquid ke coil. Coil yang panas akan membuat ujung botol plastik dari liquid terbakar. Residu pada coil juga bisa mengontaminasi liquid Anda sehingga aroma dan rasanya bercampur.

  • Selalu mengocok liquid vape terlebih dahulu sebelum digunakan. Liquid vape yang lama tidak digunakan akan memiliki endapan-endapan. Mengocok botol liquid terlebih dahulu membuat isinya lebih homogen.

Baca juga rekomendasi vapor di sini

Vaping tak akan lengkap tanpa alat yang sesuai. Coba intip artikel kami lainnya untuk mengetahui alat vape atau rokok elektrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Langsung saja klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Sensasi aroma dan rasa yang diberikan liquid vape membuat banyak orang beralih dari rokok. Meski begitu, liquid vape tidak sepenuhnya aman untuk kesehatan Anda. Selalu hormati orang di sekitar Anda saat sedang vaping, ya.


Apakah Anda sudah menemukan liquid vape yang aroma, rasa, serta kandungan nikotinnya sesuai dengan selera Anda? Semoga Anda terbantu dengan informasi yang kami berikan. Selamat memilih liquid vape favorit Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Vapor Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Vapor atau rokok elektronik, merupakan sebuah benda yang belakangan populer jadi barang substitusi rokok. Sebagian masyarakat bahkan menganggapnya sebagai solusi untuk orang yang ingin berhenti merokok. Jenis vapor yang terkenal di pasaran adalah VAPE dan IQOS. Banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih vapor, seperti rasa, ukuran, kandungan nikotin, dan sebagainya. Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan merekomendasikan jenis vapor yang sebaiknya Anda beli sekaligus cara memilihnya. Selamat membaca!
    Hand tools
    342.587 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Las Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mesin las merupakan alat yang dipakai untuk menyatukan logam besi hingga menjadi bentuk yang diinginkan. Ada beberapa jenis mesin las, yakni las listrik, las karbit, dan las laser. Untuk las listrik, Anda masih memiliki beberapa jenis pilihan lagi, seperti las MMA, las TIG, atau las MIG.Di artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan masing-masing dan memberikan beberapa tips cara memilihnya. Selain itu, ada juga rekomendasi produk mesin las terbaik yang barangkali membantu Anda menemukan produk yang cocok. Semuanya adalah merk mesin las yang bagus, seperti Lakoni, Daiden, dan Multipro.
    Hand tools
    7.606 Views
  • 10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tool Kit Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Perkakas, seperti obeng, tang, sampai palu, sangat lekat dengan kegiatan pertukangan. Namun sebenarnya, alat-alat tersebut juga bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Anda tak perlu repot-repot membeli peralatan tersebut secara satuan karena ada tool kit. Tool kit adalah set perkakas yang dikemas dalam boks.Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan informasi tentang cara memilih tool kit. Kami juga akan memberikan rekomendasi produk tool kit terbaik untuk kebutuhan Anda. Berbagai brand tool kit terbaik, seperti Krisbow, Kenmaster, Bosch, sampai Tokiro ada dalam rekomendasi kami. Baca terus artikel ini, ya!
    Hand tools
    10.928 Views
  • 10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gas Torch Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gas torch adalah sejenis alat pemantik api yang biasa digunakan saat berkemah, memasak, dan mengelas besi. Dalam situasi outdoor, alat ini sangat berguna ketika Anda memerlukan api. Banyak sekali berbagai merek dan tipe gas torch di pasaran. Hal ini mungkin membuat Anda bingung memilih gas torch yang paling sesuai untuk keperluan Anda. Karena itu, kali ini kami akan membahas mengenai cara memilih gas torch yang paling pas dengan kebutuhan Anda. Lalu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk gas torch terbaik. Mari simak artikel berikut!
    Hand tools
    23.954 Views
  • 10 Rekomendasi Glue Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Glue Gun Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Glue gun atau lem tembak sering digunakan, baik dalam kegiatan pertukangan maupun kerajinan tangan. Lem pistol ini dapat melelehkan resin sehingga sering dimanfaatkan untuk merekatkan aksesori atau menempelkan sesuatu. Saat ini ada beragam merek glue gun, seperti Bosch, Krisbow, dan Joyko. Kebutuhan daya tiap-tiap produk pun berbeda, mulai dari 20 W, 60 W, hingga di atas 100 W.Namun, manakah yang sebaiknya dipilih? Untuk menghindari kebingungan, sekarang kami akan membahas tentang cara memilih glue gun. Kami juga telah menyediakan sepuluh produk glue gun terbaik yang dapat dijadikan referensi. Selamat membaca!
    Hand tools
    19.620 Views
  • 10 Rekomendasi Gunting Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gunting Kain Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gunting kain adalah peralatan penting yang diperlukan untuk menjahit atau membuat pakaian. Sesuai dengan namanya, gunting kain hanya boleh digunakan untuk menggunting kain agar ketajamannya bertahan lama. Ada berbagai merk gunting yang beredar di pasaran, seperti gunting kain Butterfly dan gunting kain Singer. Kira-kira manakah yang tepat untuk dipilih? Kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda agar mendapatkan merk gunting kain yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kami juga telah menyiapkan sepuluh merk gunting kain terbaik yang bisa Anda jadikan referensi. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!
    Hand tools
    1.266 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori