1. TOP
  2. >
  3. DIY & tools
  4. >
  5. Hand tools
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Liquid Vape Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kaum milenial pasti sudah tak asing lagi dengan vape atau rokok elektronik. Untuk vaping, tentunya Anda memerlukan liquid vape atau vape juice. Liquid adalah cairan vape yang hadir dalam berbagai pilihan level nikotin, rasa, serta aroma yang berbeda-beda.


Kali ini kami akan berbagi tips memilih liquid vape yang enak. Berbagai merek liquid vape yang bagus, seperti Oat Drips, Juicenation, Indonesia Juice Cartel, dan Movi, ada dalam rekomendasi kami. Anda bisa menemukan liquid murah dengan harga belasan ribu sampai yang mahal seharga ratusan ribu rupiah. Langsung saja simak artikelnya!

Diperbaharui 12-27-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan liquid vape

Hal yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakan liquid vape

Anda mungkin pernah mendengar bahwa liquid vape lebih aman daripada rokok. Sebetulnya, hal tersebut tidak bisa dikatakan 100% benar. Vape atau rokok elektrik memiliki cara kerja memanaskan liquid sampai menjadi uap yang menyerupai nebulizer. Hal ini yang membuat liquid vape berbahaya. Pasalnya, uap dari vapor membuat zat di dalam liquid lebih cepat menyerap ke dalam paru-paru Anda


Memang secara umum liquid vape berisi nikotin, gliserol, dan flavour. Namun, Anda tidak tahu zat kimia apa saja yang terdapat di dalam flavour tersebut. Berdasarkan informasi dari John Hopkins Medicine, bahan-bahan kimia tersebut cukup berbahaya untuk paru-paru.


Beberapa orang mengeklaim bahwa liquid vape cocok untuk diet rendah kalori. Meski memang tidak memiliki kalori, beberapa liquid vape mengandung gula atau pemanis buatan yang membuat rasanya manis. Sukralosa adalah pemanis yang sering dipakai untuk liquid vape karena lebih stabil saat dipanaskan. Walaupun dikenal aman untuk diabetes, sukralosa tak boleh dikonsumsi melebihi batas yang ditetapkan.


Jadi, kami tetap mengingatkan Anda bahwa liquid vape tidak sepenuhnya aman. Jika Anda sudah mengetahui risikonya, gunakanlah liquid vape dengan penuh rasa tanggung jawab. Beberapa dokter juga menyarankan agar liquid vape tidak digunakan saat satu ruangan dengan ibu hamil dan menyusui.

Cara memilih liquid vape

Penggunaan liquid vape sudah marak di kalangan kaum milenial sebagai pengganti rokok. Aroma dan rasa yang enak juga menjadi daya tarik tersendiri. Setelah Anda mengetahui hal penting mengenai penggunaan liquid vape, kami akan memberikan tips memilih liquid vape yang enak. Selain kadar nikotin serta base rasanya, perhatikan juga poin penting lainnya, ya.

① Ketahui tipe liquid vape berdasarkan kadar nikotinnya

Ketahui tipe liquid vape berdasarkan kadar nikotinnya

Ada setidaknya tiga jenis liquid vape yang beredar di pasaran sebagai berikut:


  • Saltnic atau salt nicotine adalah liquid vape dengan kadar nikotin lebih dari 12 mg dan uapnya lebih sedikit. Nikotinnya pun lebih cepat diserap tubuh. Jika Anda pemula yang baru beralih dari rokok ke vape, cobalah jenis salt nicotine.

  • Freebase adalah liquid vape yang rendah nikotin (3–9 mg) atau tanpa nikotin (0 mg). Freebase rendah nikotin atau tanpa nikotin cocok untuk para pemula atau Anda yang hanya ingin menikmati rasa. Untuk freebase tanpa nikotin, tentu Anda tidak akan mendapatkan efek nikotinnya. 

  • Pods friendly adalah liquid yang menggabungkan jenis saltnic dan freebase. Pods friendly memiliki bahan dasar yang sama dengan freebase, tetapi memiliki kadar nikotin lebih tinggi. Jika dibandingkan saltnic, pods friendly memiliki throat hit yang lebih tinggi. Selain itu, karena kadar nikotin lebih sedikit dan lebih lambat diserap tubuh, pods friendly bisa dinikmati lebih sering.

② Sesuaikan liquid dengan alat vape yang Anda gunakan

Sesuaikan liquid dengan alat vape yang Anda gunakan

Komponen utama sebuah liquid vape adalah gliserol. Ada dua jenis gliserol yang digunakan, yaitu polypropylene glycol (PG) dan vegetable glycerin (VG). Liquid vape dengan PG yang tinggi akan menghasilkan rasa yang lebih "nendang", tetapi uapnya lebih sedikit. Sebaliknya, liquid vape dengan rasio VG yang lebih tinggi akan lebih ngebul, tetapi rasanya tidak terlalu pekat.


Viskositas PG lebih rendah dibandingkan VG. Jadi, liquid vape dengan rasio PG lebih tinggi akan lebih cair. Oleh karena itu, sesuaikanlah rasio PG dan VG dari liquid vape dengan alat vape Anda.


  • Rasio PG sebesar 70% lebih cocok untuk jenis atomizer vape. Anda akan mendapatkan rasa liquid yang lebih mantap dengan rasio ini, tetapi uapnya lebih sedikit. Liquid vape ini sangat cocok digunakan di tempat umum karena tidak terlalu mengganggu.


  • Rasio 50 : 50 pas untuk berbagai alat vape, seperti rebuildable driping atomizer dan pods. Rasio PG dan VG ini juga cocok untuk Anda yang baru mencoba vape. Uap dan rasa yang dihasilkan lebih pas.

  • Rasio VG yang lebih besar lebih cocok untuk pods, AIOatau alat vape yang high voltage. Alat vape yang high voltage memang bertujuan untuk menghasilkan lebih banyak uap. Kami sarankan Anda menghindari liquid vape dengan VG terlalu tinggi saat berada di tempat umum. Uapnya yang ngebul dapat mengganggu orang lain.

③ Perhatikan kandungan nikotin di dalamnya

Perhatikan kandungan nikotin di dalamnya

Nikotin tergolong dalam zat aditif dan menjadi bahan penting dalam sebotol liquid. Umumnya liquid vape dijual dengan kandungan nikotin 3 mg, 6 mg, dan 9 mg.


  • Kandungan nikotin 3 mg cocok untuk Anda biasanya mengisap satu sampai dua batang rokok per hari. Rasa liquid vape-nya masih cukup terasa dan tidak terlalu gatal di tenggorokan.

  • Kandungan nikotin 6 mg cocok untuk perokok yang merokok kurang dari sepuluh batang per hari. Kandungan nikotin 6 mg cukup memberikan kick di tenggorokan Anda.

  • Kandungan nikotin 9 mg ke atas pas digunakan oleh Anda yang merokok lebih dari sepuluh batang per hari. Liquid vape yang memiliki kandungan nikotin lebih tinggi akan terasa lebih getir. Rasa dan aroma khas liquid vape-nya juga makin tipis.

Namun, tidak semua liquid vape mencantumkan kandungan nikotin di dalamnya. Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu dengan menonton review dari para vaper, ya.

④ Lebih aman memilih liquid vape legal dengan pita cukai

Lebih aman memilih liquid vape legal dengan pita cukai

Salah satu hal penting dalam memilih liquid adalah untuk memilih liquid yang sudah memiliki pita cukai. Liquid yang sudah memiliki pita cukai berarti telah disahkan oleh negara. Anda juga akan merasa lebih aman memilih liquid tersebut karena sudah disahkan oleh produsennya.


Apakah Anda sudah pernah mendengar bahwa ada liquid vape yang dicampurkan dengan narkoba? Oleh karena itu, pilihlah liquid yang sudah berpita cukai karena sudah pasti asli dan bebas dari narkoba.


Namun, beberapa produk liquid vape tanpa kandungan nikotin memang tidak berpita cukai. Untuk memastikan kualitasnya, cek apakah liquid non-nicotine tersebut sudah mendapatkan izin edar dari Kementerian Bea dan Cukai serta sudah lulus uji BPOM.

⑤ Lihat ulasan konsumen untuk mengetahui rasa dan aromanya

Lihat ulasan konsumen untuk mengetahui rasa dan aromanya

Anda bisa langsung mencoba liquid vape saat membeli di toko offline. Dengan demikian, Anda bisa langsung menentukan liquid vape yang sesuai dengan selera. Jangan lupa juga untuk berani mencoba rasa-rasa baru, ya.


Namun, membeli liquid vape secara online mungkin terasa lebih sulit karena Anda tidak bisa mencoba rasanya. Maka dari itu, kami sarankan Anda melihat review liquid vape dari para vapers


Tiap orang pasti merasakan sensasi yang berbeda-beda dari sebotol liquid vape tergantung pada device-nya. Bacalah atau tontonlah beberapa review agar Anda bisa mendapatkan gambaran tentang rasa dan aromanya.


Solusi lainnya adalah mencoba liquid vape dari teman Anda. Jika teman Anda memiliki liquid vape incaran Anda, cobalah sedikit untuk mengetahui rasa serta aromanya. Tentunya Anda harus menggunakan pod atau mod sendiri, ya. Hindari menggunakan vapor orang lain agar lebih higienis.

10 Rekomendasi liquid vape terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk liquid vape terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Big Juice

Liquid Vape

Big Juice Liquid Vape 1枚目

Liquid untuk pemula, bebas pilih beragam varian rasa

2

Mox Juice

Premium Vapor Liquid

Mox Juice Premium Vapor Liquid 1枚目

Liquid enak dan murah tanpa kandungan nikotin!

3

ELF

Lakley KPOP Paddle Pop Ice Cream by Rizky Ritonga

ELF Lakley KPOP Paddle Pop Ice Cream by Rizky Ritonga 1枚目

Membawa nostalgia masa kecil dengan manisnya rasa es krim

4

Rcraft

Liquid Paradewa Apple Zeus

Rcraft Liquid Paradewa Apple Zeus 1枚目

Liquid vape freebase dengan cooling sensation menyegarkan

5

Movi

KUY Liquid Santuy Tropical Punch 60ml Nicsal99+

Movi KUY Liquid Santuy Tropical Punch 60ml Nicsal99+ 1枚目

Varian fruity liquid saltnic yang tidak gatal di tenggorokan

6

JusRakjat

Terang Boelan

JusRakjat Terang Boelan 1枚目

"Lezatnya" martabak manis bisa dinikmati meski sedang diet

7

Juicenation

Friendly Pack Saltnic Edition

Juicenation Friendly Pack Saltnic Edition 1枚目

Satu set varian best seller, vaping ramai-ramai lebih seru

8

Steam Queen Juice

Oat Drips V5 The Legacy

Steam Queen Juice Oat Drips V5 The Legacy 1枚目

Seri liquid Oat Drips terbaru, taste cokelat creamy dengan perpaduan sereal

9

Upods

Indonesian Tobacco Kretek

Upods Indonesian Tobacco Kretek 1枚目

Liquid vape rasa rokok, pemula bisa nge-pods dengan sensasi tembakau real

10

Indonesia Juice Cartel

BANANARILLA

Indonesia Juice Cartel BANANARILLA 1枚目

Rasa banana strawberry smoothies yang tidak terlalu manis

Perincian produk
Close
No.1

Big JuiceLiquid Vape

Mulai dari Rp38.000,00

Liquid untuk pemula, bebas pilih beragam varian rasa

Liquid vape dari Big Juice menjadi produk best seller di e-commerce. Rasanya enak, harganya terjangkau, dan kadar nikotinnya pas untuk pemula yang ingin mencoba. Ada belasan rasa, mulai dari rasa kekinian Coffee Beer hingga Sweetcorn Milkcream yang manis. Jika Anda ingin sensasi dingin, cobalah segarnya varian Strawberry Mint, Bubblegum Dingin, dan Anggur Dingin.

No.2

Mox JuicePremium Vapor Liquid

Mulai dari Rp14.000,00

Liquid enak dan murah tanpa kandungan nikotin!

Apakah Anda sedang mencari liquid vape paling murah? Produk liquid vape zero nicotine dari Mox Juice patut dicoba. Liquid vape ini dijual dengan harga 14 ribu rupiah saja! Karena tidak mengandung nikotin, Anda yang pemula dan baru ingin mencoba-coba liquid vape bisa memilih produk ini. 


Mox Juice memiliki banyak varian rasa dingin dan creamy. Untuk varian creamy, varian best seller-nya adalah Vanila Milky, Banana Cream, Tiramisu Cake, dan Chocolate Peanut Butter. Untuk varian dingin, Anda bisa mencoba Ice Mango dan Grape Juice yang segar.

No.3

ELFLakley KPOP Paddle Pop Ice Cream by Rizky Ritonga

Mulai dari Rp150.000,00

Membawa nostalgia masa kecil dengan manisnya rasa es krim

Waktu kecil Anda pasti sudah pernah mencoba es krim Paddle Pop rasa rainbow, bukan? Atau mungkin Anda masih suka sampai sekarang? Pastinya es krim tersebut punya tempat spesial di hati masyarakat Indonesia. Kini Anda bisa merasakannya dalam sebotol liquid vape dari ELF.


Liquid vape ini memiliki rasa manis karamel dengan sentuhan rasa berry. Rasa manisnya benar-benar seperti es krim, tetapi tidak giung. Jika Anda ingin bernostalgia dengan masa kecil, Anda bisa mencoba liquid dari ELF ini.

No.4

RcraftLiquid Paradewa Apple Zeus

Mulai dari Rp95.000,00

Liquid vape freebase dengan cooling sensation menyegarkan

Liquid Paradewa adalah kolaborasi Rcraft dan Youtuber Qorygore. Rasa Apple Zeus ini adalah liquid vape pertama dari Liquid Paradewa. Liquid vape freebase dengan nikotin 3 mg ini memiliki rasa nikotin yang sangat ringan. 


Uniknya, liquid ini memiliki sensasi dingin yang menyejukkan. Kami menyarankan liquid vape ini untuk dinikmati saat cuaca panas. Lalu, rasa apelnya juga benar-benar terasa. Anda bisa merasakan rasa manis serta sepat seperti buah apel sesungguhnya. Selain varian freebase, Liquid Paradewa juga memiliki varian saltnic 30 mg ukuran 30 ml untuk Anda pilih.

No.5

MoviKUY Liquid Santuy Tropical Punch 60ml Nicsal99+

Mulai dari Rp155.000,00

Varian fruity liquid saltnic yang tidak gatal di tenggorokan

Seri KUY dari Movi merupakan produk liquid salt nicotine berukuran 60 ml pertama di Indonesia, lho! KUY direkomendasikan untuk para vaper yang mencari liquid berukuran besar atau memiliki kebutuhan nikotin lebih besar.


Merek liquid vape yang pernah menjadi best seller pada tahun 2016 ini meracik nikotinnya dengan sangat pas. Alhasil, Anda bisa merasakan nikotin yang lebih tinggi tanpa membuat tenggorokan gatal ataupun batuk-batuk. Soal rasa, KUY Tropical Punch merupakan fruity liquid yang dingin dan manis bak minuman buah segar. Enaknya lumayan bikin ketagihan, lho!

No.6

JusRakjatTerang Boelan

Mulai dari Rp78.000,00

"Lezatnya" martabak manis bisa dinikmati meski sedang diet

JusRakjat menawarkan liquid vape dengan beberapa varian rasa makanan Nusantara. Salah satu yang best seller adalah rasa martabak manis spesial ini. Desain kemasannya sangat unik khas iklan jadul di Indonesia, ya! 


Ketika Anda membuka liquid-nya, aroma yang tercium adalah aroma cokelat manis yang meleleh. Berikutnya, Anda akan merasakan kacang yang kuat saat drip test. Saat dimasukkan ke dalam vapor, aromanya khas martabak manis spesial. Rasa dan aromanya bisa mengobati craving martabak manis untuk Anda yang sedang diet rendah kalori.

No.7

JuicenationFriendly Pack Saltnic Edition

Mulai dari Rp120.000,00

Satu set varian best seller, vaping ramai-ramai lebih seru

Apakah Anda ingin menghadiahkan liquid vape kepada teman vaper atau ingin menikmati vaping bersama rekan? Juicenation merilis paket untuk penggemar liquid vape saltnic. Di dalam paket ini tersedia empat varian liquid vape best seller dari Juicenation.


Salah satu produknya, Cream Pound Cake, banyak disukai karena memiliki rasa cake dengan campuran stroberi yang creamy. Sensasinya seperti memakan kue yang manis dengan krim stroberi. Nikmatilah dengan kopi atau teh untuk rasa yang lebih nikmat. 

No.8

Steam Queen JuiceOat Drips V5 The Legacy

Mulai dari Rp140.000,00

Seri liquid Oat Drips terbaru, taste cokelat creamy dengan perpaduan sereal

Liquid Oat Drips dari Steam Queen Juice x JVS menjadi salah satu produk dengan banyak penggemar di Indonesia. Beberapa varian populernya adalah Oat Drips V1 dengan rasa susu sereal, V2 dengan rasa kacang hijau, V3 dengan rasa pisang, dan V4 Gold Series dengan rasa lemon. Nah, kali ini kami merekomendasikan Oat Drips V5 yang terbaru. 


Oat Drips V5 memiliki rasa sereal oat cokelat yang cocok untuk penggemar rasa manis dan creamy. Saat inhale Anda akan merasakan rasa sereal yang kaya gandumRasa serealnya disebut menyerupai salah satu produk sereal di pasaran Indonesia. Setelah exhale, Anda bisa merasakan rasa cokelatnya.

No.9

UpodsIndonesian Tobacco Kretek

Mulai dari Rp59.900,00

Liquid vape rasa rokok, pemula bisa nge-pods dengan sensasi tembakau real

Upods adalah produsen pods ternama di Indonesia. Tak hanya pods saja, Upods ternyata juga memiliki liquid vape khusus pods. Indonesian Tobacco Kretek dari Upods adalah rasa yang cukup unik. 


Untuk para smokers atau pemula vape yang baru berpindah dari rokok, liquid rasa rokok ini jelas tidak akan mengecewakan Anda. Para vaper mengatakan bahwa rasanya benar-benar seperti tembakau saat Anda merokok.

No.10

Indonesia Juice CartelBANANARILLA

Mulai dari Rp85.000,00

Rasa banana strawberry smoothies yang tidak terlalu manis

BANANARILLA adalah salah satu liquid vape yang banyak dicari dari Indonesia Juice CartelLiquid vape ini memiliki rasa strawberry milk smoothies yang lebih kuat dibandingkan rasa pisangnya. Rasanya manis dan creamy, tetapi tidak terlalu menempel di tenggorokan. 


Selain varian freebase, sekarang IJC sudah menyediakan BANANARILLA dalam varian pods friendly. Rasanya masih konsisten sama dengan freebase-nya, tetapi dengan sensasi throat hit yang lebih "nonjok". Pas sekali, nih, dinikmati dengan pods saat bersantai sore karena rasanya bikin nyaman!

Pertanyaan umum seputar liquid vape

Pertanyaan umum seputar liquid vape

Selain mengulas cara memilih dan merekomendasikan produknya, kami sudah mengumpulkan berbagai pertanyaan populer seputar liquid vape. Jika Anda masih penasaran tentang liquid vape, simak jawabannya di bawah ini!

Berapa harga liquid vape?

Harga liquid vape cukup beragam bergantung pada brewer-nya. Anda bisa menemukan liquid vape 30 ml dengan harga belasan ribu sampai puluhan ribu rupiah saja. Untuk liquid vape premium, harganya bisa mencapai lebih dari seratus ribu rupiah.

Apakah pod harus pakai salt nicotine?

Anda sebaiknya menggunakan liquid vape salt nicotine untuk pod. Dibutuhkan energi yang kecil untuk menguapkan liquid salt nicotine. Bisa dikatakan bahwa pod dan salt nicotine adalah pasangan yang cocok.

Apa beda liquid creamy dan fruity?

Liquid dengan rasa creamy cenderung lebih manis. Rasa creamy meliputi rasa kue, cereal, dan cokelat. Berbeda lagi dengan liquid fruity yang memberikan sensasi segar dari rasa buah-buahan. Apel, stroberi, mangga, dan anggur sering digunakan sebagai perasa untuk liquid fruity. Beberapa liquid fruity bahkan menambahkan cooling sensation.

Tips menyimpan liquid yang benar

Tips menyimpan liquid yang benar

Liquid terbuat dari perisa yang larut di dalam gliserol. Udara yang masuk saat Anda membuka botol liquid akan membuat rasa dan aromanya berkurang. Apa saja yang harus Anda perhatikan agar rasa liquid vape Anda tetap terjaga?


  • Selalu tutup botol liquid vape sampai rapat. Hal ini untuk mencegah masuknya udara yang bisa mengurangi aroma dan rasanya.

  • Simpan liquid vape di tempat yang sejuk dan terhindar dari cahaya matahari langsung. Cahaya dan suhu bisa memengaruhi zat kimia di dalam liquid. Anda sebaiknya menyimpan liquid di dalam lemari. Hindari meletakkan liquid di dalam mobil dan motor, ya.

  • Berhati-hatilah saat dripping liquid ke coil. Coil yang panas akan membuat ujung botol plastik dari liquid terbakar. Residu pada coil juga bisa mengontaminasi liquid Anda sehingga aroma dan rasanya bercampur.

  • Selalu mengocok liquid vape terlebih dahulu sebelum digunakan. Liquid vape yang lama tidak digunakan akan memiliki endapan-endapan. Mengocok botol liquid terlebih dahulu membuat isinya lebih homogen.

Baca juga rekomendasi vapor dan peralatannya di sini

Vaping tak akan lengkap tanpa alat yang sesuai. Coba intip artikel kami lainnya untuk mengetahui alat vape atau rokok elektrik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Langsung saja klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Sensasi aroma dan rasa yang diberikan liquid vape membuat banyak orang beralih dari rokok. Meski begitu, liquid vape tidak sepenuhnya aman untuk kesehatan Anda. Selalu hormati orang di sekitar Anda saat sedang vaping, ya.


Apakah Anda sudah menemukan liquid vape yang aroma, rasa, serta kandungan nikotinnya sesuai dengan selera Anda? Semoga Anda terbantu dengan informasi yang kami berikan. Selamat memilih liquid vape favorit Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer