• 10 Keramik Kamar Mandi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Keramik Kamar Mandi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Keramik Kamar Mandi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Keramik Kamar Mandi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Keramik Kamar Mandi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Keramik Kamar Mandi Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)

Kamar mandi yang estetik mampu menghadirkan rasa nyaman tersendiri bagi pemakainya. Memilih keramik dengan ukuran, warna, serta motif yang pas, dapat menonjolkan kesan elegan, minimalis, dan sebagainya di dalam kamar mandi. Bila Anda sedang mencari inspirasi keramik dinding atau lantai kamar mandi, Anda di artikel yang tepat.


Kami akan membahas detail cara memilih keramik kamar mandi yang bagus. Kemudian, kami akan memberikan rekomendasi keramik kamar mandi merek Asia Tile, Milan Ceramics Tile, KIA, dan lain-lain. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian. Jadi, simak dengan cermat, ya.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Rio Maximilian
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 20 Desember 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek, Rio Maximilian

Profil pakar: Arsitek, Rio Maximilian
Rio Maximilian
Arsitek
Rio Maximilian

Bersertifikasi Madya dari Ikatan Arsitek Indonesia, arsitek profesional ini sudah bekerja selama 17 tahun di Indonesia. Pendiri konsultan arsitektur Djalmo Manungso ini pernah menjadi principal architect dan partner di PT. Vindate selama 10 tahun.


Rio juga pernah meraih juara pertama desain gedung DIKTI Senayan dan juara harapan desain Museum Nasional. Rio memiliki pengalaman mendesain beragam fungsi bangunan dari rumah tinggal, hotel, gedung kantor di atas 20 lantai, serta bandara.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih keramik kamar mandi

Begitu banyaknya desain dan ukuran mungkin membuat beberapa di antara Anda bingung memilih keramik kamar mandi. Tenang saja, simak tips dari kami di bawah ini dan jadikan sebagai panduan ketika Anda akan membeli keramik kamar mandi. 

Pilih berdasarkan tempat pemasangan

Keramik lantai dan keramik dinding diciptakan untuk tujuan yang berbeda. Keramik untuk lantai dibuat lebih tebal agar optimal menahan beban berat. Sementara itu, keramik dinding umumnya digunakan untuk menghias kamar mandi sehingga motifnya lebih beraneka ragam


Varian dan motif keramik untuk dinding juga biasanya dibedakan dengan keramik untuk lantai. Untuk menemukan keramik yang Anda butuhkan pun kini juga tidak sulit. Beberapa vendor ternama biasanya sudah membuatkan koleksi dan panduan khusus yang serasi antara keramik dinding dan lantainya.

Apabila Anda salah memasang keramik dinding untuk keramik lantai, porselen tersebut akan rentan pecah. Sebaliknya, keramik lantai yang dipasangkan ke dinding susunannya dapat menjadi tidak rapi. Oleh sebab itu, pertama-tama tentukan dahulu area kamar mandi bagian yang ingin Anda pasangkan keramik.


Bila ingin memasang keramik lantai, jangan lupa untuk memastikan waterproofing telah teraplikasi dengan baik. Hal ini sangat penting untuk menghindari risiko bongkar lantai akibat bocor.

Perhatikan teksturnya demi kenyamanan berpijak

Keramik kamar mandi diproduksi dengan dua tekstur, yaitu halus dan kasar. Manakah produk yang tepat Anda pilih?

Kasar: Lebih ajek saat diinjak

Karena kamar mandi adalah tempat yang basah dan lembap, keramik kamar mandi banyak dibuat dengan tekstur kasar. Hal tersebut bertujuan agar pemakai kamar mandi tidak mudah terjatuh.


Keramik dengan motif kasar cocok sekali untuk area shower. Akan tetapi, pemilihan tekstur kasar pada lantai sangat krusial dari segi perawatannya. Jika Anda memilih keramik yang terlalu kasar, kotoran lebih mudah mengendap sehingga terlihat kusam dan kotor.


Perlu diperhatikan, bila Anda menggunakan keramik kasar untuk dipasang di dinding, pastikan tidak ada rak yang akan digantung. Permukaan yang tidak datar akan membuat rak tersebut menjadi tidak seimbang dan berbahaya bila terjatuh.

Halus: Untuk area kering

Pada kamar mandi hotel luxury, biasanya kamar mandi terbagi menjadi dua bagian, yaitu area shower dan closet. Konsep ini sekarang banyak diterapkan pula pada rumah tinggal.


Nah, selain untuk dinding, keramik kamar mandi dengan tekstur halus biasanya digunakan pada area kering. Untuk mengadaptasi konsep hotel berbintang, pasanglah keramik kamar mandi ini di bagian yang tidak terkena air.


Perlu Anda ingat, saat ingin menerapkan konsep kamar mandi kering, perhatikan pula kebiasaan keluarga. Apakah lantai cenderung basah hingga ke area kering? Jika iya, Anda masih perlu menambahkan keset untuk mengantisipasi lantai licin saat basah.

Cek ukurannya agar sesuai dengan konsep kamar mandi

Cek ukurannya agar sesuai dengan konsep kamar mandi

Lalu, keramik ukuran berapa yang cocok untuk diletakkan di lantai kamar mandi? Ukuran keramik kamar mandi sangat bervariasi. Makin besar ukurannya, maka kamar mandi Anda akan tampak kian mewah.


Keramik kamar mandi yang kecil biasanya berukuran sekitar 20 cm x 20 cm. Lalu, untuk keramik medium ukurannya kurang lebih 25 cm x 25 cm. Sementara itu, Anda dapat menemukan keramik kamar mandi besar dengan size ±30 cm x 60 cm. Keramik ukuran mana pun yang Anda pilih, semuanya siap mempercantik kamar mandi Anda!


Saat menentukan ukuran, jangan lupa untuk menyesuaikan konsep dan ukuran ruangnya. Carilah ukuran yang paling sedikit buangan/sisa saat terpasang kemudian pertimbangkan posisi sanitary dan dinding. Selain itu, modul ukuran lantai sebaiknya sama dengan dinding agar natnya saling bertemu.

Sesuaikan desain dengan nuansa yang ingin ditonjolkan

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, desain keramik kamar mandi sangat menentukan ambience yang ingin dihadirkan. Simak pembahasan kami di bawah ini. 

Bermotif: Mempercantik kamar mandi dengan beragam desain

Dengan memilih keramik kamar mandi bercorak, Anda dapat menentukan beragam atmosfer yang ingin Anda hadirkan. Sebagai contoh, jika Anda ingin menghadirkan kesan cute, pilihlah keramik kamar mandi bercorak ramai dan warna colorful. Kemudian, untuk Anda yang ingin membuat interior kamar mandi terlihat elegan, pilihlah keramik dengan corak yang lebih simpel. 


Pemilihan motif keramik ini juga tak lepas dari tema ruang lainnya, seperti dapur, ruang keluarga dan kamar tidur. Dengan motif yang sesuai tema, rumah Anda akan tampak makin selaras.

Polos: Tonjolkan kesan modern minimalis

Polos: Tonjolkan kesan modern minimalis

Jika keramik bermotif mampu membuat kamar mandi Anda tampak megah, lain halnya dengan keramik polos. Karena tidak memiliki corak apa pun, keramik kamar mandi seperti ini tampak netral sehingga mudah untuk dikombinasikan dengan aneka macam desain. Bila Anda menyukai desain kamar mandi yang simpel, pilihlah keramik tipe ini.


Dengan makin banyaknya desain saat ini, Anda punya banyak pilihan untuk membuat kamar mandi yang modern. Anda bisa dengan leluasa memilih warna dan desain yang nyaman dan sesuai dengan selera pribadi Anda.

10 Rekomendasi keramik kamar mandi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk keramik kamar mandi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Update 15 November 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, UNO Interlaken menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Asia Tile ALPHA memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Rio Maximilian.

Gambar produk
1
Asia Tile ALPHA 1

Asia Tile

2
KIA Paragas Grey 1

KIA

3
UNO Narita 1

UNO

4
Roman dTUBE 1

Roman

5
Campana Zephira Series 1

Campana

6
IKAD Minimalist Limoges Series 1

IKAD

7
Milan Ceramics Tile Habitat Claire 1

Milan Ceramics Tile

8
Platinum Ceramics HAYDEN 1

Platinum Ceramics

9
Mulia Ceramics Signature Fantasia Ocean 1

Mulia Ceramics

10
Venus Tiles Mosaico Icy 1

Venus Tiles

Nama produk

ALPHA

Paragas Grey

Narita

dTUBE

Zephira Series

Minimalist Limoges Series

Habitat Claire

HAYDEN

Signature Fantasia Ocean

Mosaico Icy

Keunggulan

Permukaan bertekstur, warna beragam, harganya pun terjangkau!

Bermotif batu dan kasar, lebih aman karena antiselip

Meramaikan interior kamar mandi dengan motif berbingkai hexagonal

Keramik bata polos untuk kesan minimalis kontemporer

Hadirkan nuansa alam nan estetik di dalam kamar mandi Anda

Kombinasi dua warna dalam desain grid yang klasik

Pilihan warna monokrom untuk menampilkan kesan minimalis dan modern

Warna-warna pastel yang cerah agar kamar mandi tampak ceria

Melengkapi nuansa vintage di rumah Anda

Keramik berkilau untuk kesan kamar mandi mewah

Harga mulai dariRp 52.000,00Rp 70.000,00Rp 59.500,00Rp 130.000,00Rp 63.900,00Rp 64.820,00Rp 113.000,00Rp 55.000,00Rp 58.000,00Rp 1.188.900,00
Rekomendasi pemasanganLantaiLantaiLantai dan dindingDindingLantaiLantaiDindingDindingLantaiDinding
TeksturKasarKasar KasarHalusKasarKasarHalusHalusKasarHalus
Ukuran20 cm x 20 cm40 cm x 40 cm25 cm x 25 cm30 cm x 60 cm30 cm x 30 cm40 cm x 40 cm25 cm x 50 cm25 cm x 40 cm25 cm x 25 cm30 cm x 30 cm
Varian6 warna1 warna2 warna4 warna2 warna4 warna2 warna4 warna, 2 motif1 warna11 warna
Isi set25 pcs6 pcs16 pcs5 pcs11 pcs6 pcs8 pcs10 pcs16 pcs8 pcs
Tautan produk
10
Rekomendasi pemasanganDinding
TeksturHalus
Ukuran30 cm x 30 cm
Varian11 warna
Isi set8 pcs
9

Mulia CeramicsSignature Fantasia Ocean

SP-7G-FNTS63SG

Mulai dari Rp 58.000,00

Rekomendasi pemasanganLantai
TeksturKasar
Ukuran25 cm x 25 cm
Varian1 warna
Isi set16 pcs
8
Rekomendasi pemasanganDinding
TeksturHalus
Ukuran25 cm x 40 cm
Varian4 warna, 2 motif
Isi set10 pcs
7

Milan Ceramics TileHabitat Claire

Mulai dari Rp 113.000,00

Rekomendasi pemasanganDinding
TeksturHalus
Ukuran25 cm x 50 cm
Varian2 warna
Isi set8 pcs
6
Rekomendasi pemasanganLantai
TeksturKasar
Ukuran40 cm x 40 cm
Varian4 warna
Isi set6 pcs
5

CampanaZephira Series

Mulai dari Rp 63.900,00

Rekomendasi pemasanganLantai
TeksturKasar
Ukuran30 cm x 30 cm
Varian2 warna
Isi set11 pcs
4
Rekomendasi pemasanganDinding
TeksturHalus
Ukuran30 cm x 60 cm
Varian4 warna
Isi set5 pcs
3
Rekomendasi pemasanganLantai dan dinding
TeksturKasar
Ukuran25 cm x 25 cm
Varian2 warna
Isi set16 pcs
2
Rekomendasi pemasanganLantai
TeksturKasar
Ukuran40 cm x 40 cm
Varian1 warna
Isi set6 pcs
1
Rekomendasi pemasanganLantai
TeksturKasar
Ukuran20 cm x 20 cm
Varian6 warna
Isi set25 pcs

Tips membersihkan kerak kamar mandi

Tips membersihkan kerak kamar mandi

Selain menggunakan pembersih keramik, Anda juga dapat membersihkan kerak kamar mandi dengan bahan-bahan sederhana yang mudah dibeli di pasaran. 


A. Cuka

Tidak hanya digunakan untuk memasak, ternyata cuka juga ampuh untuk membersihkan kerak, lho. Selengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:


  • Tuang cuka ke dalam botol semprot agar memudahkan Anda membersihkan area kamar mandi. 
  • Semprot bagian keramik kamar mandi yang berkerak.
  • Diamkan selama sepuluh menit, lalu siram dengan air panas agar kerak yang menempel dapat hancur.
  • Setelah dua menit, ulangi proses penyiraman air panas untuk membilas kerak yang masih tersisa.
  • Gosok keramik kamar mandi dengan spons agar noda tersebut hilang seutuhnya.
  • Keringkan dengan handuk atau kain lap.

B. Kaporit

Selain itu, Anda juga dapat memakai kaporit untuk menumpas kerak membandel di kamar mandi Anda. Ini caranya:

  • Bilas lantai dan dinding keramik kamar mandi Anda pakai air panas. 
  • Tuang bubuk kaporit pada bagian yang kotor dan biarkan selama tiga puluh menit. 
  • Sikat bagian berkerak tersebut.
  • Siram keramik kamar mandi dengan air keran.

C. Asam sitrat

Jika Anda khawatir tangan Anda akan alergi terkena bahan kimia, sebaiknya pilihlah bahan ini untuk membersihkan keramik kamar mandi. Asam sitrat atau sitrun biasa digunakan membuat kue sehingga lebih alami. Ikuti petunjuk berikut ini:


  • Gosokkan batu apung pada keramik yang ternoda.
  • Cuci keramik dengan air sabun atau detergen.
  • Saat keramik masih basah, sebarkan asam sitrat dan tunggu selama satu jam.
  • Gunakan sikat untuk menggosok keramik kamar mandi dan siram dengan air.

Langkah terakhir setelah membersihkan kerak adalah poles keramik kamar mandi dengan car wax agar kembali berkilau seperti baru. Hindari sering menggunakan bahan pembersih yang keras karena bisa mengakibatkan nat dan lapisan waterproofing rusak. Hal ini berisiko air merembes ke lantai atau area bawah kamar mandi. Selain itu, pembersih yang keras juga berisiko merubah warna keramik.

Baca juga rekomendasi perlengkapan kamar mandi lainnya di sini

Setelah menemukan keramik kamar mandi favorit, kini saatnya mengisi kamar mandi Anda dengan beragam benda. Di bawah ini, kami telah menyiapkan artikel yang membahas tentang perlengkapan kamar mandi. Mulai dari shower, closet, hingga hiasan kamar mandi, semuanya ada. Yuk, diborong!

Kesimpulan

Setelah penat bekerja seharian, rasanya tentu nyaman mandi di tempat yang indah, bukan? Oleh sebab itu, pilihlah keramik kamar mandi favorit Anda agar sesi mandi terasa lebih menyenangkan. 


Agar tidak salah beli, perhatikan tempat pemasangan, ukuran, serta tekstur keramik kamar mandi, ya. Lalu, bersihkanlah keramik secara rutin agar terhindar dari kerak yang dapat memengaruhi estetika kamar mandi Anda. Saatnya mempercantik kamar mandi!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Closet Duduk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Closet Duduk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan, banyak orang lebih memilih closet duduk daripada closet jongkok untuk toiletnya. Hal itu karena closet duduk dirasa lebih nyaman dan tidak membuat kaki kesemutan saat buang air besar. Bahkan, Anda bisa menemukan closet duduk dengan beragam bentuk dan fitur penambah kenyamanan, seperti closet duduk dengan penyiraman otomatis. Bila Anda berencana untuk merenovasi toilet dalam waktu dekat, simak tips memilih closet duduk terbaik berikut ini. Volk, TOTO, dan American Standard adalah beberapa merek closet duduk yang bagus dan cukup populer. Jadi, pertimbangkan beberapa produk terbaik rekomendasi kami di bawah ini!
    Kamar mandi
  • 10 Pintu Terbaik untuk Kamar Mandi - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pintu Terbaik untuk Kamar Mandi - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2022)
    Pintu kamar mandi sering menjadi bagian yang terlupakan, padahal pintu ini berpengaruh terhadap interior rumah. Karena itu, memilih pintu kamar mandi sebaiknya jangan asal-asalan. Anda mungkin sering merasa kebingungan saat memilih pintu kamar mandi karena mayoritas pintu toilet terlihat sama saja.Untuk membantu Anda menemukan pintu kamar mandi yang bagus dan awet, kami akan memberi tips memilihnya di bawah ini. Kami juga akan mengulas pintu kamar mandi aluminium, kaca, dan fiber PVC dari merek Alphama, Crystal, dan sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Rio Maximilian.
    Kamar mandi
  • 10 Merk Shower Kamar Mandi yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Shower Kamar Mandi yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Mandi dengan shower tentu sangat segar, apalagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang panas. Tahukah Anda, penggunaan shower diklaim mampu membantu Anda menghemat air, lho. Shower juga merupakan pilihan tepat bagi kamar mandi berukuran kecil.  Banyaknya merek shower di pasaran mungkin membuat Anda bingung menentukan pilihan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips memilih merek shower kamar mandi yang bagus. Anda juga akan mendapatkan rekomendasi shower kamar mandi dari berbagai merek seperti Paloma dan American Standard. Baca dan temukan shower kamar mandi terbaik untuk Anda!
    Kamar mandi
  • 10 Rekomendasi Shower Dinding yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Shower Dinding yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Shower mandi adalah benda yang digunakan setiap hari. Selain digenggam, shower mandi juga bisa ditanam ke dinding atau biasa disebut wall shower. Shower jenis ini memiliki sejumlah keunggulan dan fitur canggih yang menambah kenyamanan Anda saat membersihkan tubuh.Ada banyak merek shower yang bagus, seperti Wasser, Onda, American Standard, dan Toto. Jika Anda bingung menentukan shower dinding yang tepat, di artikel ini kami memberikan sepuluh rekomendasi wall shower untuk dipilih. Beberapa tips memilih shower dinding juga kami bagikan untuk membantu Anda mendapatkan produk yang diidamkan. Selamat membaca!
    Kamar mandi
  • 10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bak Mandi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari banyaknya orang yang menggunakan shower di dalam kamar mandinya, bak mandi dengan gayung masih menjadi primadona. Kini, Anda tidak perlu repot membuat bak mandi sendiri, Anda bisa mudah membelinya dengan berbagai desain yang menarik. Mulai desain minimalis hingga yang aesthetic bisa Anda temukan.Jika Anda berencana membeli bak mandi, ikutilah tips-tips memilih dari kami dalam artikel ini. Rekomendasi bak mandi terbaik seperti merek Alco dan Walrus juga sudah kami siapkan. Bak mandi yang bagus dari bermacam bahan, seperti keramik, fiber, marmer, dan plastik akan kami ulas. Yuk, langsung disimak!
    Kamar mandi
  • 10 Rekomendasi Gantungan Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Gantungan Handuk Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Gantungan handuk atau towel hanger biasa ditempelkan di dinding kamar mandi. Terdapat berbagai tipe gantungan handuk berdasarkan ukuran, material, dan cara pemasangannya. Ada gantungan handuk kecil, handuk besar, bahkan gantungan handuk tembok dan tipe stand. Tiap-tiap produk juga memiliki keunggulan yang berbeda.Pada artikel ini, kami akan mengulas tips memilih gantungan handuk terbaik yang sesuai kebutuhan. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi aneka merek gantungan handuk yang bagus, seperti IKEA, TOTO, Nagoya, dan Tataruma. Pastikan Anda membaca ulasan lengkapnya sampai akhir, ya!
    Kamar mandi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori