• 10 Rekomendasi Hotel Staycation Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Hotel Staycation Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Hotel Staycation Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Hotel Staycation Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Hotel Staycation Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Hotel Staycation Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2022)

Mulai bosan harus tinggal di rumah saja dan tidak bisa liburan ke mana-mana? Bagaimana jika Anda mencoba staycation di hotel dekat rumah? Bila  berdomisili di Jakarta, Anda bisa mencari hotel untuk staycation di Jakarta. Ada banyak hotel yang bagus dan bisa dipilih, seperti Shangri-La, Swissotel PIK Avenue, atau Pullman Jakarta Central Park


Anda juga bisa memilih hotel staycation murah di Jakarta atau hotel yang instagramable. Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda mencari hotel terbaik untuk staycation. Namun, sebelumnya cek dahulu tips memilih hotel dari kami sebelum memesannya. 

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 24 Agustus 2022
Daftar isi

Apa itu staycation?

Apa itu staycation?

Belakangan ini, Anda pasti makin sering mendengar kata staycation. Beberapa dari Anda mungkin masih ada yang belum mengetahui makna staycation sebenarnya. Staycation artinya menginap di suatu tempat yang dekat dengan tempat tinggal Anda. Secara garis besar, Anda menginap hanya untuk mendapatkan suasana berbeda dari rumah sendiri


Staycation marak dibicarakan semenjak adanya pandemi COVID-19. Maka dari itu, hotel-hotel berlomba-lomba menarik pengunjung dengan menggunakan istilah staycation. Jadi, mereka menawarkan suasana yang berbeda agar pengunjung tetap merasa seperti berlibur meski hanya menginap di hotel.

Cara memilih hotel staycation di Jakarta

Jika Anda adalah penduduk asli Jakarta, tak perlu khawatir karena ada banyak hotel yang bisa dijadikan tempat staycation. Namun, bagaimana cara memilih hotel yang bagus untuk staycation di Jakarta? Mari simak tips dari kami berikut ini. 

Pilih hotel dekat area tempat tinggal dan cari lokasi yang strategis

Sesuai namanya, staycation adalah berlibur di hotel dekat tempat tinggal Anda. Maka dari itu, carilah hotel yang berada di area Anda. Selain itu, cari juga hotel dengan lokasi strategis sesuai kebutuhan masing-masing. Apakah Anda ingin hotel dekat mal, tempat makan, atau mudah dijangkau transportasi umum?

Jakarta Pusat, pusat kesenian dan sejarah

Jakarta Pusat, pusat kesenian dan sejarah

Area Jakarta Pusat terbagi menjadi sepuluh kecamatan, mulai dari Cempaka Putih, Gambir, Kemayoran, Menteng, hingga Tanah Abang. Area pusat ini dikenal sebagai area elite dan bisnis yang juga menjadi pusat kesenian dan kebudayaan Jakarta.


Menginap di area ini akan memudahkan Anda untuk berkunjung ke Museum Gedung Joang atau ke Taman Ismail Marzuki. Untuk hiburan, Anda bisa mengunjungi Jakarta Planetarium sebagai tempat rekreasi dan edukasi yang cocok untuk anak.

Jakarta Utara, surganya kuliner dan tempat wisata keluarga

Jakarta Utara, surganya kuliner dan tempat wisata keluarga

Jakarta Utara terbagi menjadi enam kecamatan, mulai dari Cilincing, Kelapa Gading, Pademangan, hingga Tanjung Priok. Area ini sangat identik dengan pantainya, yaitu Taman Impian Jaya Ancol. Di dalamnya juga terdapat banyak tempat wisata lain, seperti Seaworld, Dunia Fantasi, dan lain sebagainya. 


Di samping tempat wisatanya yang beragam, Jakarta Utara juga dikenal dengan surganya kuliner. Anda bisa menemukan banyak sekali makanan yang enak, baik street food maupun restoran. Anda bisa mulai berwisata kuliner dari daerah Kelapa Gading, Sunter, Mangga Besar, hingga Pantai Indah Kapuk. 

Jakarta Selatan, pusat hiburan malam

Jakarta Selatan, pusat hiburan malam

Jakarta Selatan terdiri dari sepuluh kecamatan, mulai dari Cilandak, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pasar Minggu, hingga Tebet. Wilayah Jakarta Selatan sangat populer sebagai pusat hiburan malam di Jakarta. Selain itu, Anda juga bisa mencoba kuliner di daerah Blok M, Senayan, dan Senopati.


Dibanding empat wilayah lainnya, Jakarta Selatan juga dikenal sebagai daerah yang masih terkesan hijau. Di sepanjang jalan, Anda akan merasakan feel yang berbeda karena banyaknya pepohonan rimbun. Begitu juga dengan hotel-hotelnya. Anda bisa mencari hotel yang masih asri dengan banyaknya taman dan pepohonan untuk relaksasi atau tempat Anda bekerja. 

Jakarta Barat, punya daerah pecinan yang legendaris

Jakarta Barat, punya daerah pecinan yang legendaris

Jakarta Barat memiliki delapan kecamatan, mulai dari Cengkareng, Grogol Petamburan, Kebon Jeruk, Palmerah, hingga Kembangan. Selain Jakarta Pusat, wilayah ini juga identik dengan kebudayaan dan sejarah Indonesia. Tempat bersejarah yang dapat Anda kunjungi adalah Kota Tua, Museum Bank Indonesia, Museum Fatahillah, hingga museum Bank Mandiri. 


Namun, ada satu tempat paling legendaris yang wajib Anda kunjungi, yaitu daerah pecinan, Petak Sembilan. Di sana Anda bisa menelusuri pasar yang khas dengan budaya Tionghoa. Anda juga bisa berwisata kuliner mencoba jajanan-jajanan zaman dahulu atau belajar sejarah tentang tempat tersebut.    

Jakarta Timur, pusat perbelanjaan grosir yang murah

Jakarta Timur, pusat perbelanjaan grosir yang murah

Jakarta Timur memiliki sepuluh kecamatan, mulai dari Cakung, Ciracas, Jatinegara, Kramat Jati, Matraman, Pasar Rebo, hingga Pulo Gadung. Wilayah Jakarta Timur banyak memiliki pusat perbelanjaan atau mal yang menjual barang dalam jumlah grosiran.


Anda bisa menginap di hotel terdekat untuk berbelanja dalam jumlah banyak tanpa takut kelelahan. Beberapa di antaranya adalah Pusat Grosir Cililitan, Mal Cijantung, dan Pusat Grosir Jatinegara. Jakarta Timur juga memiliki tempat wisata yang menarik, yakni Taman Mini Indonesia Indah dan Bumi Perkemahan Cibubur.

Cek fasilitas hotel yang ditawarkan

Inti dari staycation adalah menikmati fasilitas hotel yang tidak bisa Anda dapatkan di rumah. Maka dari itu, cek fasilitas hotel yang ditawarkan dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda beserta keluarga. 

Playground atau kolam anak, buat anak-anak jadi makin betah menginap

Jika Anda hendak staycation bersama anak, pastikan ada fasilitas yang membuat anak-anak betah tinggal di dalamnya. Fasilitas yang wajib ada tentu saja kolam renang. Namun, akan lebih baik lagi jika hotel tersebut memiliki kids area, seperti kolam khusus anak atau playground. Dengan adanya fasilitas ini, anak pun akan merasa seperti liburan sesungguhnya. 


Di luar dari fasilitas, Anda juga bisa mempertimbangkan hotel dengan aktivitas khusus anak-anak. Beberapa hotel biasanya memiliki aktivitas, seperti memasak bersama chef, menggambar, mewarnai, atau aktivitas lainnya. Dengan begitu, kegiatan anak di hotel makin beragam dan tidak membosankan. 

Kolam renang, spa, dan gym, membuat Anda lebih fit dan relaks

Kolam renang, spa, dan gym, membuat Anda lebih fit dan relaks

Fasilitas kolam renang, spa, atau gym umumnya sudah tersedia di hotel. Anda bisa memaksimalkan semua fasilitas hotel ini saat sedang staycation. Ketiga fasilitas ini tentu akan membuat Anda menjadi lebih relaks dan fit. Dua hal yang perlu ada untuk melawan penyakit COVID-19.


Fasilitas ini pun bisa mengisi waktu Anda saat staycation. Di samping itu, masih ada fasilitas lain yang bisa Anda dapatkan tergantung dari hotelnya. Ada hotel yang memiliki onsen, taman, rooftop, akses ke mal, dan masih banyak lagi. 

Ingin harga lebih murah? Pilih tanggal di weekdays!

Ingin harga lebih murah? Pilih tanggal di weekdays!

Staycation di hotel bisa dapat harga murah? Tentu saja! Anda bisa mendapat harga lebih murah dengan memilih waktu menginap saat weekdays. Umumnya, hotel memberikan rate kamar lebih murah saat weekdays ketimbang saat weekend. Namun, hal ini tidak berlaku jika terdapat tanggal merah yang jatuh pada weekdays


Bila Anda masih bekerja dari rumah (WFH), Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini. Anda bisa sambil bekerja dari hotel dan menikmati fasilitas hotel selepas bekerja. Selain murah, hotel juga relatif lebih sepi pengunjung di hari biasa. 

Pastikan hotel yang Anda kunjungi memiliki sertifikat CHSE

Pastikan hotel yang Anda kunjungi memiliki sertifikat CHSE

Semenjak Presiden Jokowi menetapkan Indonesia sudah memasuki endemi, seluruh tempat wisata, restoran, serta hotel mulai beraktivitas secara normal. Namun, di masa endemi bukan berarti COVID-19 telah menghilang seluruhnya. Jadi, tetap ada protokol kesehatan yang perlu diperhatikan bagi seluruh tamu yang menginap. 


Selain itu, hotel juga diimbau untuk menerapkan protokol Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental sustainability (CHSE). Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bahkan membuat sertifikat CHSE bagi hotel yang sudah menerapkan protokol ini. Jadi, jika Anda concern terhadap kesehatan dan keamanan pada masa endemi, pastikan hotel yang Anda kunjungi memiliki sertifikat ini. 

Buat staycation lebih seru dengan memilih hotel yang instagramable

Kini banyak orang lebih tertarik datang ke tempat yang memiliki bangunan atau spot foto yang bagus. Saat memilih hotel untuk staycation, Anda juga bisa mempertimbangkan hotel yang instagramable untuk menginap. Namun, harap diingat bahwa hotel instagramable biasanya tidak memiliki fasilitas lengkap.


Meski begitu, setidaknya Anda bisa menikmati karya seni dan menjadikan tiap sudut sebagai background foto Anda. Hotel instagramable juga tetap punya standardisasi hotel yang tetap membuat pengunjungnya nyaman tinggal di situ. Di samping itu, hotel instagramable juga umumnya minim bujet. Jadi, cocok untuk anak kuliahan atau para new workers yang penat bekerja di rumah saja. 

10 Rekomendasi hotel staycation terbaik di Jakarta

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh hotel staycation terbaik di Jakarta yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di situs Booking.com.

Update 29 Juni 2022:

Setelah melakukan riset ulang di situs Booking.com, kami mendapati bahwa Shangri-La Jakarta masih menempati peringkat tertinggi. Sementara itu, Hotel Indonesia Kempinski Jakarta muncul sebagai hotel dengan peringkat tertinggi kedua.

10
LokasiJakarta Timur
FasilitasKolam renang, spa, restoran
Sertifikat CHSE
Rating di Booking.com7,9 dari 10
9
LokasiJakarta Selatan
FasilitasOnsen (pemandian air panas), gym, laundry gratis, comic corner, restoran & bar
Sertifikat CHSE
Rating di Booking.com7,9 dari 10
8
LokasiJakarta Selatan
FasilitasRooftop, resto & cafe, hanging garden, free mineral water with dispenser in every room
Sertifikat CHSETidak diketahui
Rating di Booking.com7,9 dari 10
7

Accor GroupPullman Jakarta Central Park

Mulai dari Rp 1.664.113,00

LokasiJakarta Barat
FasilitasKolam renang, gym, spa, antar jemput bandara, area bermain anak-anak, bar & lounge, laundry
Sertifikat CHSE
Rating di Booking.com8,0 dari 10
6

Accor GroupSwissôtel Jakarta PIK Avenue

Mulai dari Rp 1.530.000,00

LokasiJakarta Utara
FasilitasKolam renang, taman, spa, restoran & bar, gym, ruang yoga, penyewaan sepeda, laundry, antar jemput bandara
Sertifikat CHSE
Rating di Booking.com8,6 dari 10
5

The Ascott Limited Yello Hotel Harmoni

Mulai dari Rp 399.270,00

LokasiJakarta Pusat
FasilitasGym, gaming station, laundry, antar jemput bandara
Sertifikat CHSE
Rating di Booking.com8,6 dari 10
4
LokasiJakarta Selatan
FasilitasKolam renang outdoor & indoor, spa, gym, restoran, bar & lounge, antar jemput bandara
Sertifikat CHSE
Rating di Booking.com8,7 dari 10
3
LokasiJakarta Barat
FasilitasKolam renang, gym, sauna, sewa sepeda, 1 restoran & 2 bar
Sertifikat CHSE
Rating di Booking.com8,7 dari 10
2

KempinskiHotel Indonesia Kempinski Jakarta

Mulai dari Rp 2.480.500,00

LokasiJakarta Pusat
FasilitasKolam renang, spa, gym, restoran & bar, club lounge, playground
Sertifikat CHSE
Rating di Booking.com8,9 dari 10
1
LokasiJakarta Pusat
FasilitasKolam renang dengan mini water park, hot whirlpool bath, gym, spa, sauna, laundry, 4 restoran & 1 bar, antar jemput bandara
Sertifikat CHSE
Rating di Booking.com8,9 dari 10

Tabel perbandingan hotel staycation terbaik di Jakarta

Gambar produk
1
Shangri-La Group Shangri-La Jakarta 1

Shangri-La Group

2
Kempinski Hotel Indonesia Kempinski Jakarta 1

Kempinski

3
Accor Group Mercure Jakarta Batavia  1

Accor Group

4
The Dharmawangsa Jakarta 1

5
The Ascott Limited  Yello Hotel Harmoni 1

The Ascott Limited

6
Accor Group Swissôtel Jakarta PIK Avenue  1

Accor Group

7
Accor Group Pullman Jakarta Central Park 1

Accor Group

8
Rumanami Residence 1

9
Hotel Kuretakeso Kemang 1

10
Sentral Cawang Hotel 1

Nama produk

Shangri-La Jakarta

Hotel Indonesia Kempinski Jakarta

Mercure Jakarta Batavia

The Dharmawangsa Jakarta

Yello Hotel Harmoni

Swissôtel Jakarta PIK Avenue

Pullman Jakarta Central Park

Rumanami Residence

Hotel Kuretakeso Kemang

Sentral Cawang Hotel

Keunggulan

Lingkungannya ramah anak dan memiliki water park di dalamnya

Hotel pertama di Indonesia dengan standar internasional

Dekat dengan berbagai tempat wisata bersejarah di Jakarta

Memiliki private pool dengan suasana yang asri dan sejuk

Tiap sudut hotel punya sisi artistik yang sangat instagramable

Akses ke mal mudah, ke tempat wisata juga dekat

Punya akses langsung untuk masuk ke mal Central Park

Desain dan interiornya aesthetic, cocok dijadikan konten!

Hotel dengan nuansa Jepang yang viral di TikTok

Harganya murah, tetapi fasilitasnya dijamin nggak murahan!

Harga mulai dariRp 2.240.164,00Rp 2.480.500,00Rp 685.866,00Rp 2.901.100,00Rp 399.270,00Rp 1.530.000,00Rp 1.664.113,00Rp 495.000,00Rp 732.000,00Rp 425.500,00
LokasiJakarta PusatJakarta PusatJakarta BaratJakarta SelatanJakarta PusatJakarta UtaraJakarta BaratJakarta SelatanJakarta SelatanJakarta Timur
FasilitasKolam renang dengan mini water park, hot whirlpool bath, gym, spa, sauna, laundry, 4 restoran & 1 bar, antar jemput bandara Kolam renang, spa, gym, restoran & bar, club lounge, playgroundKolam renang, gym, sauna, sewa sepeda, 1 restoran & 2 barKolam renang outdoor & indoor, spa, gym, restoran, bar & lounge, antar jemput bandaraGym, gaming station, laundry, antar jemput bandaraKolam renang, taman, spa, restoran & bar, gym, ruang yoga, penyewaan sepeda, laundry, antar jemput bandaraKolam renang, gym, spa, antar jemput bandara, area bermain anak-anak, bar & lounge, laundry Rooftop, resto & cafe, hanging garden, free mineral water with dispenser in every roomOnsen (pemandian air panas), gym, laundry gratis, comic corner, restoran & barKolam renang, spa, restoran
Sertifikat CHSETidak diketahui
Rating di Booking.com8,9 dari 108,9 dari 108,7 dari 108,7 dari 108,6 dari 108,6 dari 108,0 dari 107,9 dari 107,9 dari 107,9 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi hotel lainnya di sini

Selain Jakarta, kami juga punya rekomendasi hotel lain yang bisa Anda lihat. Anda bisa mengeklik tautan di bawah ini atau kunjungi website kami di my-best.id. Semoga rekomendasi kami dapat membantu Anda dalam memilih hotel terbaik! 

Kesimpulan

Meski masih dalam masa pandemi COVID-19, tak ada salahnya rehat sebentar dari rutinitas sehari-hari dan melakukan staycation di hotel. Tentunya, hotel yang Anda pilih harus terjamin aman dan bersih, serta mengikuti protokol kesehatan.


Pastikan juga lokasi hotel strategis, dekat mal, tempat makan, atau tempat wisata. Jadi, Anda bisa sekaligus eksplorasi tempat sekitar jika bosan berada di hotel. Kira-kira hotel mana yang sudah menjadi incaran Anda?

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Villa Terbaik di Puncak (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Villa Terbaik di Puncak (Terbaru Tahun 2022)
    Punya rencana untuk berlibur di daerah Puncak? Bagaimana jika Anda mencoba menginap di vila? Selain lebih private, vila juga punya fasilitas yang bagus dan tak kalah dengan hotel. Pada artikel ini kami akan memberikan rekomendasi vila yang bagus di Puncak. Ada vila yang dilengkapi kolam renang atau punya view bagus. Salah satu vila yang kami rekomendasikan adalah Villa Rosenheim, Villa Puncak by Plataran, atau BaBa Villa. Anda juga bisa memilih vila di Puncak untuk rombongan atau untuk dua orang. Pastikan Anda memilih vila yang tepat agar liburan jadi makin mengesankan!
    Hotel & penginapan
  • 10 Rekomendasi Hotel Terbaik di Semarang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hotel Terbaik di Semarang (Terbaru Tahun 2022)
    Wisata dan makanan khas Semarang cukup sering menjadi incaran banyak orang, terutama wisatawan luar kota. Apakah Anda termasuk yang senang berkunjung ke kota Semarang? Jika demikian, simaklah artikel ini sebab kami akan merekomendasikan hotel di Semarang yang menarik untuk Anda singgahi.Hotel di Semarang kota ataupun area kota lama Semarang dapat menjadi pilihan. Anda mungkin tertarik dengan Wimarion Hotel, Artotel Gajahmada Semarang, dan Hotel Chanti. Supaya Anda lebih mudah menemukan hotel yang bagus, intip tips memilih yang sudah kami siapkan berikut ini.
    Hotel & penginapan
  • 10 Rekomendasi Hotel Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hotel Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal dengan slogan "istimewa", Jogja alias Yogyakarta memang menghadirkan banyak keistimewaan untuk dieksplorasi. Mulai dari tempat wisata hingga kulinernya, Yogyakarta selalu mendapat tempat baik di hati wisatawan domestik maupun turis asing. Ada banyak hotel yang bagus di Yogyakarta, mulai dari hotel murah sampai hotel bintang 5.Untuk membantu Anda menemukan hotel yang tepat, kami telah merangkum tips memilih dan rekomendasi hotel terbaik di Jogja. Beberapa hotel terkenal yang bagus, seperti Greenhost, Hyatt Regency, dan Pulang ke Uttara, ada di rekomendasi, lho! Mari disimak sebelum Anda berlibur ke Yogyakarta!
    Hotel & penginapan
  • 10 Rekomendasi Hotel Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hotel Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2022)
    Bali adalah salah satu destinasi wisata favorit para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Pesona alam dan keindahan pantainya membuat wisatawan jatuh cinta dan ingin selalu kembali ke Pulau Dewata. Saat merencanakan liburan ke Bali, Anda tentu mencari hotel terbaik untuk ditempati. Anda bisa memilih hotel berdasarkan area terpopuler, seperti Uluwatu, Seminyak, atau Ubud. Padma Resort Ubud, The Apurva Kempinski, atau Alila adalah beberapa rekomendasi hotel yang bagus pilihan kami. Di samping itu, masih ada banyak hotel lain yang bisa dijadikan pertimbangan. Jadi, langsung cek saja, yuk!
    Hotel & penginapan
  • 10 Rekomendasi Villa Terbaik di Lembang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Villa Terbaik di Lembang (Terbaru Tahun 2022)
    Lembang adalah bagian dari Kabupaten Bandung Barat yang berupa dataran tinggi. Suhu udara yang sejuk serta alam yang masih terawat membuat Lembang menjadi destinasi wisata favorit bagian banyak orang. Selain tempat wisata, ada berbagai villa yang bagus dan instagrammable untuk disinggahi di Lembang.Harga sewa villa di Lembang pun tergolong beragam karena Anda dapat menemukan villa yang cukup murah. Kali ini kami akan merekomendasikan villa terbaik di Lembang, seperti D'Green Villa, Boscha Villas, Backyard Villa, dan Villa Air Natural Resort. Yuk, simak artikel ini sebelum Anda pergi berlibur!
    Hotel & penginapan
  • 8 Hotel Kapsul Terbaik di Semarang (Terbaru Tahun 2022)
    8 Hotel Kapsul Terbaik di Semarang (Terbaru Tahun 2022)
    Semarang memiliki julukan sebagai Venice van Java. Alasannya karena banyak sungai di tengah kota layaknya kontur Kota Venesia di Italia. Tempat wisatanya pun cukup banyak, misalnya Lawang Sewu dan Klenteng Sam Po Kong. Berbagai daya tarik yang dimiliki membuat banyak wisatawan berkunjung ke Semarang. Salah satu tempat menginap populer dan low budget yang dapat dipilih adalah hotel kapsul. Di sini, kami akan membagikan tips memilih hotel kapsul di Semarang yang bagus. Kami juga akan mengulas hotel kapsul terbaiknya, seperti Bobobox Kota Lama, Palm Capsule, dan Sleep & Sleep Semarang.
    Hotel & penginapan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori