mybest
Henna

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan rambut
  4. 10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Di Indonesia, henna juga dikenal sebagai pacar, yaitu bahan pewarna alami dari daun tanaman pacar. Dalam beberapa tradisi budaya daerah di Indonesia, pemakaian henna adalah bagian dari ritual sebelum prosesi pernikahan. Tidak hanya itu, henna pun digunakan sebagai pewarna rambut, kuku, hingga riasan alis. 


Ada begitu banyak pilihan henna. Untuk itu, kami akan membagikan tips untuk mendapatkan henna yang tepat bagi Anda. Kami juga akan merekomendasikan beberapa merek henna terbaik yang bagus, seperti Rani Kone, Eagle's, dan LavBrow. Simak pembahasannya sampai habis, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Ketahui apa itu henna sebelum menggunakan

Ketahui apa itu henna sebelum menggunakan

Kata 'henna' merupakan bahasa latin untuk tanaman Lawsonia inermis yang di Indonesia dikenal dengan sebutan pacar. Tumbuhan ini merupakan tanaman tertua yang dipakai sebagai bahan kosmetik. Karena sifatnya natural, hena menjadi kosmetik yang aman untuk digunakan dan jarang menimbulkan reaksi di kulit


Hena banyak digunakan untuk berbagai seni pewarnaan. Mulai dari rambut, kulit, hingga kuku bisa diwarnai menggunakan hena. Di India, hena digunakan sebagai makeup atau perhiasan untuk acara penting, seperti pernikahan. Seni ini dapat disebut sebagai seni yang sangat tua karena telah berusia hampir 5.000 tahun. 


Karena berasal dari tumbuhan, pasta dan bubuk hena memiliki warna asli hijau, hijau tua, cokelat, atau hijau kecokelatan. Setelah mengelupas, hena akan meninggalkan warna cokelat kemerahan atau cokelat tua.

Cara memilih henna

Untuk mendapatkan hena yang tepat, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Di bawah ini kami telah merangkum penjelasan lebih detailnya untuk Anda. Simak terus selengkapnya, ya.

1

Pilih henna sesuai jenisnya

Hena digunakan untuk beberapa jenis riasan yang berbeda. Untuk mendapatkan produk yang tepat, perhatikan dahulu jenis hena sebelum membeli. 

Henna rambut: Memberikan warna yang natural

Henna rambut: Memberikan warna yang natural
Sumber: eagleshenna.com

Hena rambut merupakan salah satu jenis pewarna rambut yang tergolong aman untuk kulit sensitif. Selain itu, pewarna rambut dengan bahan hena tidak meresap, melainkan hanya melapisi batang rambut. Dengan begitu, rambut Anda tidak akan mudah kering dan rusak, serta warnanya akan bertahan lama.


Sayangnya, pewarna rambut dengan bahan hena termasuk merepotkan karena umumnya berbentuk bubuk. Anda perlu meraciknya terlebih dahulu sebelum memakainya. Pilihan warnanya pun biasanya sangat terbatas, hanya hitam dan cokelat. Akan tetapi, selain aman untuk rambut, hasilnya natural sekali, lho!

Henna tangan dan kuku: Menjadi riasan pesta yang cantik

Henna tangan dan kuku: Menjadi riasan pesta yang cantik

Beberapa daerah di Indonesia masih menggunakan hena untuk merias tangan dan kuku, khususnya untuk acara pernikahan. Penggunaan hena ini pada awalnya merupakan budaya India yang disebut sebagai mehndi. Selain untuk pernikahan, ada juga yang menggunakan mehndi sebelum melahirkan karena seni ini dipercaya membawa nasib baik. 


Selain hiasan tangan, wanita juga menggemari kuteks. Sayangnya, dalam agama Islam kuteks dianggap menghalangi air wudu memasuki kuku. Oleh karena itu, hena kuku lebih banyak dijadikan pilihan daripada penggunaan kuteks. Pasalnya, hena tidak memberi lapisan yang menutupi kuku dan juga merupakan bahan alami yang halal. 

Henna alis: Semipermanen, tidak perlu repot retouch berulang kali

Henna alis: Semipermanen, tidak perlu repot retouch berulang kali

Saat ini, alis merupakan salah satu bagian wajah yang sangat penting saat berdandan. Oleh karena itu, pensil alis menjadi perlengkapan wajib setiap wanita. Namun, menggunakan pensil alis terkadang merepotkan karena mudah terhapus. Anda pun harus menggunakannya setiap hari dan bahkan melakukan retouch berulang kali, terutama jika terkena air. 


Untuk permasalahan tersebut, hena alis menjadi salah satu solusi yang tepat. Pasalnya, hena alis rata-rata dapat bertahan 3-5 hari tergantung jenis kulitnya. Hena alis juga tidak mudah terhapus air sehingga aman terkena keringat ataupun saat mencuci muka.

2

Pertimbangkan bentuk henna yang lebih disukai

Anda dapat menemukan produk hena dalam dua pilihan bentuk. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda jadikan pertimbangan saat memilih.

Henna bubuk, bisa disimpan dalam waktu lama

Henna bubuk, bisa disimpan dalam waktu lama


Kalau Anda rutin memakai hena, Anda pasti memerlukan stok yang cukup banyak untuk disimpan dalam waktu lama. Oleh karena itu, hena bubuk adalah pilihan paling pas untuk Anda. Tipenya yang kering membuat jenis ini lebih awet disimpan. Selain itu, kebanyakan hena bubuk juga memiliki bahan yang lebih alami dan aman dipakai. 


Sayangnya, hena bubuk tidak bisa dipakai secara instan sehingga tergolong kurang praktis. Hal ini dikarenakan Anda harus meraciknya terlebih dahulu sampai teksturnya pas untuk dipakai. Tentunya, Anda pun memerlukan lebih banyak peralatan. Bagi Anda yang sering bepergian, hal ini pasti cukup mengganggu. 

Henna pasta, pemakaian lebih praktis dan mudah dibawa-bawa

Henna pasta, pemakaian lebih praktis dan mudah dibawa-bawa

Dalam hal kepraktisan, hena pasta adalah pilihan tepat. Pasalnya, hena pasta biasanya memiliki kemasan yang kecil sehingga mudah dibawa-bawa dan mudah disimpan. Pemakaiannya pun mudah karena hena pasta sudah siap pakai. 


Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati dalam memilih hena pasta. Salah satu hal penting yang wajib dipahami adalah memperhatikan komposisinya. Pasalnya, hena pasta siap pakai terkadang memiliki campuran bahan tidak alami, misalnya parfum atau pewarna tambahan. Jika kulit Anda sensitif, mungkin kulit Anda akan bereaksi akibat zat aditif tersebut.

3

Sesuaikan pilihan warna dengan kebutuhan

Sesuaikan pilihan warna dengan kebutuhan

Produk hena memiliki banyak pilihan warna. Namun, perlu diingat bahwa warna alami hena adalah cokelat kemerahan atau cokelat tua. Di luar warna itu, kemungkinan ada campuran pada komposisi hena, salah satunya paraphenylenediamine (PPD) yang menghasilkan warna hitam. 


Sebagai pewarna rambut, warna cokelat yang dihasilkan hena akan terlihat sangat alami. Risiko rambut rusak pun lebih kecil. Kalau Anda ingin memperkuat warna hitam rambut, Anda juga bisa menggunakan pewarna rambut hena warna hitam. Namun, pastikan bahwa hena rambut Anda memiliki komposisi atau campuran bahan yang alami, ya!


Untuk dekorasi tangan, biasanya digunakan hena yang lebih alami seperti cokelat tua atau cokelat kemerahan. Namun, untuk kecantikan, saat ada banyak pilihan warna yang tersedia, seperti putih, hijau, pink, dan ungu. Hena dengan warna-warna ini bisa dipakai untuk acara pernikahan atau menghadiri acara spesial lainnya. 

4

Kalau berkulit sensitif, pastikan henna berbahan alami

Kalau berkulit sensitif, pastikan henna berbahan alami


Meski berbahan alami, Anda perlu memastikan kulit Anda tidak akan bereaksi alergi saat memakai hena. Cara pertama, perhatikan komposisi hena. Sebaiknya pilih hena yang tidak memiliki zat aditif kimia seperti pewarna atau parfum. Hal ini juga penting dilakukan terutama jika Anda memiliki tipe kulit yang sensitif. 


Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah melakukan uji tempel atau patch test. Uji ini biasanya wajib dilakukan saat pertama menggunakan produk pewarna yang menempel di kulit. Tujuannya adalah untuk mengetahui terlebih dahulu jika Anda memiliki alergi terhadap kandungan produk. Jika tidak ada reaksi apapun, Anda pasti lebih tenang memakainya, bukan? 

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi henna terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk henna terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

brow.tint

Henna Alis

brow.tint Henna Alis 1

Rp32.000

Agak Mahal

Hasilnya rapi seperti sulam alis

2

Neha

Henna Paste

Neha Henna Paste 1

Rp2.600

Lebih Murah

Untuk tangan bisa, untuk kuku juga bisa

3

Rani Kone

Henna Nail Decoration Paste

Rani Kone Henna Nail Decoration Paste 1

Rp6.500

Agak Murah

Mau pakai cat kuku yang halal setiap hari? Bisa!

4

Lavbrow

Henna Alis

Lavbrow Henna Alis 1

Rp20.000

Menengah

Menggambar alis kini jadi jauh lebih mudah

5

Rani Kone

Henna Palm Decoration Paste

Rani Kone Henna Palm Decoration Paste 1

Rp7.200

Agak Murah

Pemakaiannya gampang, aman, dan tahan lama

6

Ram Gopal & Sons

Eagle's Henna Hair Dye

Ram Gopal & Sons Eagle's Henna Hair Dye 1

Rp5.000

Agak Murah

Produk jadul berkualitas jempolan yang patut dicoba

7

Herbul

Henna Hair Colour

Herbul Henna Hair Colour 1

Rp30.000

Agak Mahal

Pewarna rambut klasik dengan pilihan warna yang kekinian

8

Glam Brow

Brow Polish

Glam Brow Brow Polish 1

Rp35.000

Agak Mahal

Malas gambar alis setiap hari? Pakai ini saja!

9

Godrej Indonesia

NYU Henna Shampoo Hair Colour

Godrej Indonesia NYU Henna Shampoo Hair Colour 1

Rp37.200

Agak Mahal

Tinggal keramas saja, warna rambut langsung berubah

10

Dabur

Vatika Henna Hair Colour

Dabur  Vatika Henna Hair Colour 1

Rp49.500

Agak Mahal

Tampil lebih glamor dengan rambut berkilau sehat

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

brow.tintHenna Alis

Henna Alis 1
Sumber: shopee.co.id
Henna Alis 2
Sumber: shopee.co.id
Henna Alis 3
Sumber: shopee.co.id
Henna Alis 4
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp32.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp32.000
Agak Mahal

Hasilnya rapi seperti sulam alis

Sulam alis menjadi salah satu solusi populer bagi para wanita yang malas menggambar alis. Akan tetapi, selain harganya mahal, sulam alis terkadang menakutkan karena diproses menggunakan jarum. Sulam alis juga masih dipertanyakan kehalalannya dalam hukum Islam. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba produk ini sebagai alternatif pengganti.


Hena alis ini adalah riasan temporer yang halal dan dapat bertahan 5-7 hari. Cara pakainya pun gampang dan tidak mudah terhapus meski terkena air. Terlebih lagi, hasilnya rapi dan natural, terutama jika warnanya dikombinasikan. Jika tertarik, segera masukkan ke keranjang belanja, Anda, ya!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

NehaHenna Paste

Harga referensi
Rp2.600
Lebih Murah

Untuk tangan bisa, untuk kuku juga bisa

tanpe perlu merogoh isi dompet terlalu dalam, Anda sudah bisa mendapatkan produk multifungsi ini. Anda bisa menggunakannya sebagai pewarna kuku ataupun dekorasi kulit. Pilihan warnanya pun cantik-cantik dan kemasannya unik, yaitu menyerupai piping bag


Kalau Anda ragu satu kemasan akan kurang untuk mendekorasi tubuh, Anda juga bisa membeli kemasan box, kok! Selain dapat banyak, harganya tetap ekonomis.

No.3

Rani KoneHenna Nail Decoration Paste

Harga referensi
Rp6.500
Agak Murah

Mau pakai cat kuku yang halal setiap hari? Bisa!

Wanita muslim terkadang hanya memiliki kesempatan tampil dengan cat kuku saat sedang menstruasi saja. Untuk itu, produk ini hadir sebagai alternatif jika Anda mengharapkan cat kuku yang halal. Selain itu, cat kuku pun tidak akan mengganggu rutinitas ibadah salat Anda. 


Hena kuku dengan bentuk pasta kental ini memiliki ragam pilihan warna yang bisa Anda pilih sesuai keinginan. Saat dipakai, hena ini pun akan meninggalkan warna yang sangat pigmented dan tahan lama. Cantik!

No.4

LavbrowHenna Alis

Harga referensi
Rp20.000
Menengah

Menggambar alis kini jadi jauh lebih mudah

Menggambar alis memang tidak mudah. Belum lagi kalau Anda harus melakukannya setiap hari. Kalau Anda mengalami kesulitan tersebut, pilihlah produk ini. Cara pemakaiannya pun sangat mudah. Pasalnya, Anda bisa memakai cetakan alis yang akan Anda dapatkan saat membeli paket produk ini. Dijamin, alis Anda pasti akan terlihat rapi, seimbang, dan juga tahan lama. 

No.5

Rani KoneHenna Palm Decoration Paste

Harga referensi
Rp7.200
Agak Murah

Pemakaiannya gampang, aman, dan tahan lama

Bagi penyuka seni dekorasi tubuh atau mehndi, produk ini kami rekomendasikan untuk Anda. Dengan kemasan berbentuk tube, Anda pasti akan lebih mudah menggambar pola titik dan garis pada kulit. Tidak hanya itu, bahannya yang alami membuat hena ini minim risiko alergi. Anda yang beragama muslim pun bisa lebih nyaman memakainya karena produk ini aman dipakai untuk salat. 

No.6

Ram Gopal & SonsEagle's Henna Hair Dye

Harga referensi
Rp5.000
Agak Murah

Produk jadul berkualitas jempolan yang patut dicoba

Kalau Anda tanya salah satu pewarna rambut favorit para orang tua, produk ini pasti jadi jawabannya. Alasannya, pewarna rambut ini kualitasnya tidak main-main sehingga dipercaya sejak 50 tahun lalu. Selain itu, produk ini juga turut menjaga rambut agar tetap sehat dan kuat serta tidak menyebabkan kerontokan. 


Terlebih lagi, Eagle's Henna Hair Dye ini pilihan warnanya sangat natural dan terbuat dari bahan alami. Jadi, apabila Anda mencari produk pewarna rambut yang tergolong aman dipakai, produk ini pasti jadi pilihan pas. 

No.7

HerbulHenna Hair Colour

Harga referensi
Rp30.000
Agak Mahal

Pewarna rambut klasik dengan pilihan warna yang kekinian

Pewarna rambut satu ini memang terbilang cukup lawas, tetapi jangan dipandang sebelah mata, ya! Pasalnya, produk dari India ini justru terbuat dari bahan yang alami sehingga aman dipakai. Tidak hanya itu, pilihan warnanya pun modern sehingga pas untuk penyuka warna rambut yang playful dan kekinian. Coba sendiri dan tentukan warna favorit Anda.

No.8

Glam BrowBrow Polish

Harga referensi
Rp35.000
Agak Mahal

Malas gambar alis setiap hari? Pakai ini saja!

Produk ini adalah solusi sempurna untuk Anda yang malas menggambar alis setiap hari. Anda hanya perlu satu kali menggambar pola menggunakan pensil, lalu ditimpa dengan hena alis ini. Hasilnya, Anda akan mendapatkan gambar alis yang rapi sekaligus tahan 3-5 hari meski terkena air. Terlebih lagi, produk ini alami dan halal, lho! 

No.9

Godrej IndonesiaNYU Henna Shampoo Hair Colour

Harga referensi
Rp37.200
Agak Mahal

Tinggal keramas saja, warna rambut langsung berubah

Mewarnai rambut dengan praktis dan mudah pasti menjadi dambaan setiap orang. Kalau Anda salah satunya, pakailah produk berbentuk sampo keluaran NYU dari Godrej ini. Anda sudah akan mendapatkan warna rambut berbeda hanya dengan keramas saja. Sangat mudah!


Namun, untuk mendapatkan warna yang tahan lama, Anda harus melakukan pewarnaan rutin. Warna yang dihasilkan produk hanya akan bertahan selama empat minggu. Meski begitu, jangan khawatir rambut menjadi rusak. Formulanya yang bebas amonia dan bahan kimia keras membuatnya cocok untuk pemakaian rutin tanpa merusak struktur rambut. Produk ini juga memberikan perawatan yang membuat rambut terasa lembut dan berkilau.

No.10

Dabur Vatika Henna Hair Colour

Harga referensi
Rp49.500
Agak Mahal

Tampil lebih glamor dengan rambut berkilau sehat

Siapa bilang mewarnai rambut pakai hena hasilnya tidak memuaskan? Berarti Anda harus coba dahulu produk satu ini. Meski terbuat dari bahan alami, rambut Anda akan terlihat seperti memakai cat rambut yang umum di pasaran. Pasalnya, pewarna ini memiliki campuran minyak almond sebagai kondisioner alami yang membuat rambut tetap sehat dan berkilau.

Kesimpulan

Hena adalah salah satu pilihan pewarna yang tergolong aman untuk kulit. Pastinya, Anda harus memilih hena yang bahannya alami agar lebih aman dipakai. Pastikan juga pilihan warnanya sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. 


Kami harap artikel kali ini dapat membantu Anda menemukan hena yang tepat. Jangan lupa selalu periksa komposisi produk dan lakukan uji tempel terlebih dahulu, ya. Ayo, tampil cantik dengan hena yang tepat!

5 Rekomendasi Henna Terbaik terbaik

No. 1: brow.tintHenna Alis

No. 2: NehaHenna Paste

No. 3: Rani KoneHenna Nail Decoration Paste

No. 4: LavbrowHenna Alis

No. 5: Rani KoneHenna Palm Decoration Paste

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan rambut
  4. 10 Rekomendasi Henna Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.