1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2023)

Komik berasal dari kata comic dalam bahasa Inggris yang berarti sesuatu yang menghibur. Ada juga yang menyatakan bahwa komik berasal dari bahasa Yunani kuno, yakni komos yang berarti bercanda. Namun, sekarang komik lebih dikenal sebagai media mengekspresikan ide dalam gambar yang dikombinasikan dengan tulisan.


Di zaman yang serba digital ini, komik hadir dalam bentuk komik online yang bisa Anda baca lewat aplikasi. Webtoon, Kakaopage, dan Mangatoon adalah beberapa contoh aplikasi baca komik terbaik. Jika Anda ingin tahu lebih jauh soal aplikasi baca komik yang bagus, silakan baca artikel ini sampai habis. 

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih aplikasi untuk baca komik

Aplikasi baca komik yang tepat akan membuat Anda bisa membaca komik dengan mudah dan nyaman. Untuk itu, silakan perhatikan empat cara memilih berikut ini. 

① Pilihlah tipe komik yang ingin Anda baca

Berdasarkan style gambarnya, komik dibedakan menjadi beberapa tipe, yaitu manga, manhua, manhwa, dan lain sebagainya. Dari berbagai tipe gambar ini, komik mana yang ingin Anda baca di aplikasi baca komik? Mari ketahui terlebih dahulu perbedaan dari tiap-tiap komik di bawah ini.

Manga, jenis komik yang paling dikenal luas

Manga adalah salah satu jenis komik yang dikenal luas di masyarakat. Manga adalah bahasa Jepang yang merujuk pada komik dan kartun. Sementara, di luar Jepang, kata manga merujuk pada komik-komik yang aslinya diterbitkan di Jepang. 


Manga muncul pertama kali di Jepang sekitar tahun 1950-an dan menjadi produk utama dari industri penerbitan Jepang. Dalam perkembangannya, manga berhasil mendunia dan dikenal di negara-negara besar, seperti Amerika, Canada, Prancis, termasuk Indonesia. 


Di sisi lain, Anda mungkin juga pernah mendengar istilah shojo manga dan shonen manga. Shojo manga adalah genre manga yang ditujukan untuk pembaca perempuan dan wanita muda. Untuk itu, shojo manga banyak yang mengusung tema cinta sebagai tema utama. 


Sementara itu, shonen manga adalah genre komik Jepang yang ditujukan untuk pembaca laki-laki yang berusia di bawah 18 tahun. Untuk pembaca laki-laki berusia 18-30 tahun, istilahnya adalah manga seinen. Sementara, untuk pria dewasa ada manga seijin. Namun, manga seijin ini lebih mengarah ke komik pornografi. Jadi, pastikan Anda memang sudah cukup umur untuk membacanya. 

Manhua, biasanya mengangkat tema sejarah atau pertarungan

Istilah manhua mungkin masih asing di telinga Anda. Penerbitan manhua di Tiongkok benar-benar diawasi secara ketat sehingga membuat para manhujia (pembuat manhua) kesulitan menjangkau pasar yang lebih luas. Baru sekitar tahun 2000-an, para manhuajia mulai mempublikasikan karyanya lewat web dan media sosial. 


Dari segi cerita, manhua biasanya menampilkan tema sejarah, pertarungan, atau seni bela diri. Sementara dari segi gambar, kebanyakan manhua memiliki penggambaran yang detail dan tajam. 

Manhwa, gambarnya banyak terinspirasi dari para K-POP idol

Manhwa, gambarnya banyak terinspirasi dari para K-POP idol
Sumber: webtoons.com

Istilah manhwa yang berarti komik mulai digunakan di Korea pada tahun 1920-an. Sejak saat itu, perkembangan manhwa di Korea mengalami pasang surut karena dipengaruhi unsur politik dan kebijakan pemerintah. Barulah pada tahun 1950-an, popularitas manhwa mulai meningkat. 


Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya comic cafe (manhwabang) dan genre baru dalam manhwa, yakni sunjeong. Sunjeong adalah cerita romantis yang menyasar para wanita muda


Di sisi lain, gambar pada manhwa biasanya menggunakan penggambaran semirealis. Bahkan, ada beberapa manhwa yang penggambaran tokohnya terinspirasi dari para K-POP idol

Komik Amerika, memiliki garis gambar yang tajam dan tebal

Komik Amerika, memiliki garis gambar yang tajam dan tebal
Sumber: marvel.com

Komik Amerika memiliki ciri khas gaya gambar yang realistis dengan garis gambar yang tebal dan tajam. Sementara itu, dari segi cerita komik Amerika rata-rata tidak ada habisnya, khususnya komik-komik superhero. Hal ini karena tokoh yang sudah mati bisa hidup kembali di komik lainnya.


Di sisi lain, komik Amerika tidak hanya dibuat oleh seorang komikus. Komik Amerika biasanya dibuat oleh sebuah tim. Tim ini akan terdiri dari orang-orang yang mengerjakan tugas-tugas berbeda. Ada yang membuat background, ada yang menggambar karakter, ada yang menulis cerita dan ada yang melakukan pewarnaan. 

Komik Indonesia, komik buatan orang Indonesia

Komik Indonesia, komik buatan orang Indonesia
Sumber: webtoons.com

Komik di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak abad ke delapan belas. Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya naskah-naskah yang berbentuk komik. Namun, komik modern baru muncul pada tahun 1930-an dan banyak berupa komik setrip yang ditemukan di koran atau majalah. Komik dalam bentuk buku sendiri baru hadir di Indonesia pada tahun 1950-an. 


Dari segi penggambaran, tidak ada ciri khusus pada komik Indonesia. Beberapa komikus bahkan membuat komik dengan gaya yang mirip komik Amerika dan manga. Hal ini guna menjawab permintaan pasar yang banyak didominasi anak muda. Jadi, definisi komik Indonesia disepakati sebagai semua komik yang diproduksi dan disebarluaskan oleh komikus dan orang-orang Indonesia. 

② Periksalah pilihan bahasa yang tersedia

Periksalah pilihan bahasa yang tersedia

Aplikasi baca komik memungkinkan Anda untuk melakukan pengaturan bahasa. Anda bisa memilih bahasa yang ingin Anda gunakan untuk membaca suatu komik. 


Di sisi lain, ada beberapa aplikasi baca komik yang pengaturan bahasanya tidak sekadar mengganti bahasa yang ditampilkan. Namun, pengaturan bahasa tersebut juga mengganti list komik yang tersedia. 


Misalnya, seperti pengaturan bahasa dalam aplikasi Webtoon. Dalam pengaturan bahasa Indonesia tersedia komik berjudul A,B, dan C. Sementara dalam pengaturan bahasa Inggris, komik yang tersedia adalah komik A, D, E. 

③ Perhatikan fitur-fitur yang dimiliki aplikasi

Aplikasi untuk baca komik tidak hanya menyediakan beraneka ragam komik untuk Anda baca. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut juga menyediakan beberapa fitur yang dapat meningkatkan kenyamanan Anda dalam membaca komik. Nah, berikut ini adalah beberap fitur yang perlu Anda perhatikan. 

Warna tema, memberikan kenyamanan pada mata saat membaca komik

Warna tema, memberikan kenyamanan pada mata saat membaca komik

Warna tema menjadi populer beberapa tahun belakangan ini. Banyak aplikasi menghadirkan pilihan warna tema bagi para penggunanya, temasuk aplikasi baca komik. 


Sebagaimana Anda ketahui, ada dua macam warna tema yakni dark mode dan light mode. Light mode adalah tampilan layar biasa dengan background berwarna putih dan tulisan berwarna hitam. Sementara, dark mode memberikan tampilan background hitam dengan tulisan berwarna putih. 


Setiap tema memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, dark mode dikatakan lebih hemat baterai dan lebih nyaman di mata dibandingkan light mode. Namun, dark mode juga dinilai bisa mengakibatkan mata silinder bila digunakan saat pencahayaan di sekitar Anda sangat terang. Jadi, saat cahaya di sekitar Anda sangat terang, seperti pada siang hari, light mode lebih baik untuk mata. 

Connect to PC, memberikan tampilan gambar yang lebih besar

Connect to PC, memberikan tampilan gambar yang lebih besar

Fitur connect to PC juga cukup digemari para pengguna aplikasi baca komik. Fitur ini dapat membantu para pengguna melihat tampilan gambar komik dengan lebih besar. Tampilan gambar yang lebih besar bisa membuat Anda melihat detail gambar dengan lebih baik dan bisa mengurangi beban mata. 

Reading mode, biasanya disesuaikan dengan bentuk komik

Reading mode, biasanya disesuaikan dengan bentuk komik

Reading mode pada aplikasi baca komik ada dua macam, yakni scroll down dan swipe left. Tidak ada hal-hal khusus yang membuat salah satu reading mode lebih baik dari pada yang lainnya. Anda bisa memilih reading mode yang paling nyaman bagi Anda. Namun, perlu Anda ketahui, fitur ini biasanya bukan fitur yang dapat diatur oleh pengguna aplikasi. 


Dalam satu aplikasi, reading mode antar komik bisa berbeda tergantung pada bentuk komiknya sendiri, seperti pada aplikasi Webtoon. Komik dengan satu gambar satu panel biasanya menggunakan reading mode swipe left. Sementara, komik dengan satu gambar pada beberapa panel biasanya menggunakan reading mode scroll down. 

"Terakhir dibaca", memudahkan Anda saat akan melanjutkan membaca

"Terakhir dibaca", memudahkan Anda saat akan melanjutkan membaca

Biasanya, tidak ada waktu khusus dalam membaca komik melalui aplikasi. Para pengguna menggunakan aplikasi baca komik saat sedang menunggu, saat macet di perjalananan, atau saat sedang merasa bosan. Untuk itu, tak jarang Anda harus berhenti membaca saat di pertengahan komik. 


Melihat hal tersbut, banyak aplikasi baca komik yang menyajikan fitur "terakhir dibaca". Fitur ini akan memudahkan Anda menemukan halaman komik yang ingin Anda lanjutkan membacanya. Anda tidak perlu repot-repot scroll down atau swipe left dari awal komik. Halaman terakhir saat Anda berhenti membaca akan langsung muncul saat Anda membuka komik tersebut. 

④ Carilah aplikasi yang bisa digunakan secara offline

Carilah aplikasi yang bisa digunakan secara offline

Tidak semua aplikasi baca komik harus digunakan secara online, beberapa di antaranya juga bisa Anda baca secara offline. Namun, aplikasi baca komik offline memiliki dua macam pengertian. Pertama, aplikasi yang mengharuskan Anda mengunduh komik yang dinginkan terlebih dahulu untuk kemudian dibaca saat offline. Kedua, aplikasi yang memang bisa digunakan tanpa koneksi internet.


Aplikasi baca komik offline tentunya memiliki beberapa kelebihan. Beberapa kelebihannya adalah hemat kuota, bisa dibaca di mana saja, dan tidak perlu menunggu loading page karena sinyal jelek. 


Namun, perlu Anda perhatikan, aplikasi baca komik offline mungkin saja memiliki pilihan komik yang lebih terbatas. Tidak seperti aplikasi baca komik online yang selalu ada penambahan komik-komik baru secara berkala. 

10 Rekomendasi aplikasi terbaik untuk baca komik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi terbaik untuk baca komik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Bilibili Comics

Bilibili Comics

Bilibili Comics Bilibili Comics 1枚目

Aplikasi baca komik sekaligus aplikasi nonton anime

2

RIDI

Manta Comics

RIDI  Manta Comics 1枚目

Nikmati manhwa-manhwa menarik yang hanya ada di aplikasi ini

3

NHN Comico

Pocket Comics

NHN Comico  Pocket Comics 1枚目

Suplai komik tak ada habisnya dengan update setiap minggu

4

WEBTOON Entertainment

Webtoon

WEBTOON Entertainment Webtoon 1枚目

Banyak pilihan komik baru yang di-update secara berkala

5

MangaToon

MangaToon

MangaToon  MangaToon 1枚目

Tersedia genre tidak biasa dalam aplikasi ini

6

Marvel Comics

Marvel Unlimited

Marvel Comics Marvel Unlimited 1枚目

Dihadirkan khusus untuk para penggemar superhero Marvel

7

WebComics Holdings HK

WebComics

WebComics Holdings HK WebComics 1枚目

Ada pilihan bacaan lain selain komik

8

SHUEISHA

MANGA Plus by SHUEISHA

SHUEISHA MANGA Plus by SHUEISHA  1枚目

Baca manga-manga ternama dunia di sini

9

Neobazar

Kakaopage

Neobazar  Kakaopage 1枚目

Manhwa terkenal yang diangkat jadi drama Korea bisa dibaca di sini!

10

cYo Soft

ComicRack Free

cYo Soft ComicRack Free 1枚目

Bisa dibaca di smartphone ataupun PC dengan optimal

Perincian produk
Close
No.1

Aplikasi baca komik sekaligus aplikasi nonton anime

Hati-hati jangan tertukar dengan aplikasi belanja online Blibli, nama aplikasi ini adalah Bilibili Comics. Aplikasi ini merupakan aplikasi asal Tiongkok yang berfokus pada anime, comic, dan game (ACG). 


Aplikasi ini menyajikan manga, manhwa, dan manhua dengan berbagai genre. Bahkan, berbeda dari aplikasi baca komik lainnya, aplikasi ini juga memungkinkan Anda menonton anime. Sayangnya, pilihan bahasanya masih sangat terbatas, belum ada translate komik atau subtitle anime dalam bahasa Indonesia. 

No.2

Nikmati manhwa-manhwa menarik yang hanya ada di aplikasi ini

Manta Comics adalah aplikasi besutan RIDI Corporation, perusahaan terkemuka di Korea Selatan yang memiliki spesialisasi dalam web comic. Jadi, jangan heran jika Anda akan menemukan banyak sekali pilihan manhwa berkualitas di sini. 


Aplikasi ini menghadirkan manhwa eksklusif yang hanya bisa Anda temukan di sini. Finding Camellia, Justified Murder, dan A Cat's Tale adalah beberapa contoh judul manhwa eksklusif yang bisa Anda nikmati gratis.

No.3

Suplai komik tak ada habisnya dengan update setiap minggu

Pocket Comics hadir sebagai perpustakaan komik online di tangan Anda. Anda bisa mengakses banyak komik pilihan seperti Solo Leveling, Flower and the Beast, dan -50 kg Cinderella. 


Di sisi lain, Anda tidak perlu takut kehabisan pilihan komik. Aplikasi ini selalu menghadirkan komik-komik baru setiap minggu. Selain itu, episode baru selalu di-update setiap hari. Anda tidak perlu menunggu lama untuk membaca komik kesayangan Anda. 

No.4

Banyak pilihan komik baru yang di-update secara berkala

Webtoon adalah salah satu aplikasi baca komik yang paling populer di Indonesia. Banyak orang senang menggunakannya karena user interface yang mudah serta banyaknya pilihan komik yang tersedia. Genre komik yang tersedia juga komplet. Ada romance, action, horror, slice of life, dan masih banyak lagi. Bahkan, selalu ada komik-komik baru yang di-update secara berkala. 


Agar tidak bingung memilih komik mana yang sebaiknya dibaca, Webtoon menyediakan list judul komik berdasarkan hari. Di sisi lain, Webtoon juga hadir dalam beragam pilihan bahasa. Pilihan bahasa tersebut juga membuat perbedaan pada list komik yang dihadirkan. Untuk itu, pilihan komik yang dibaca bisa makin beragam. 

No.5

Tersedia genre tidak biasa dalam aplikasi ini

Aplikasi ini memiliki content rated 12+, jadi pastikan Anda tidak membiarkan anak di bawah usia dua belas tahun menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini juga menyajikan genre tidak biasa, seperti boys love dan girls love. Genre ini berisikan komik-komik dengan unsur percintaan sesama jenis. Jadi, kami harap Anda bisa membacanya dengan bijak. 


Terlepas dari beberapa konten komiknya yang perlu disikapi dengan bijak, MangaToon menghadirkan gambar komik berkualitas HD. Bahkan, komik-komiknya bisa Anda download dan Anda baca saat offline. Jadi, kapan pun dan di mana pun, Anda tetap bisa membaca komik kesayangan Anda. 

No.6

Dihadirkan khusus untuk para penggemar superhero Marvel

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh-tokoh superhero Marvel? Nama-nama besar Spider-Man, Iron Man, Captain America, Captain Marvel, dan The Avengers pasti sudah sering Anda dengar. Terlebih jika Anda adalah penggemar berat Marvel, mungkin lebih banyak hal lagi yang Anda ketahui tentangnya.


Namun, apakah Anda sudah mengetahui bahwa ada aplikasi Marvel Unlimited? Aplikasi ini adalah kabar baik untuk Anda para penggemar Marvel. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membaca lebih dari 28.000 komik Marvel. Keren sekali, bukan? 

No.7

Ada pilihan bacaan lain selain komik

WebComics menghadirkan pilihan komik-komik berkualitas dari berbagai genre. Gambar-gambar dalam komik dihadirkan dengan kualitas yang sangat baik dan full color. 


Selain komik, aplikasi ini juga menghadirkan bahan bacaan lain untuk Anda, yakni novel. Jadi, variasi bacaan Anda akan makin banyak dan beragam. Katakan selamat tinggal pada kata bosan, WebComics akan menemani Anda mengisi waktu luang. 

No.8

Baca manga-manga ternama dunia di sini

Manga adalah salah satu jenis komik paling populer dan banyak diminati. One Piece, Dragon Ball, Boruto, Hunter x Hunter adalah beberapa judul manga yang mendunia. Sekarang, manga-manga ternama tersebut bisa Anda baca di Manga Plus.


Pilihan bahasa yang disediakan juga ada banyak, meskipun mayoritas tersedia dalam bahasa Inggris. Jadi, bagi Anda pencinta manga, aplikasi baca komik yang legal ini patut Anda unduh.

No.9

Manhwa terkenal yang diangkat jadi drama Korea bisa dibaca di sini!

Tidak bisa dipungkiri, demam K-POP yang melanda Indonesia jug membuat para pencinta manhwa di Indonesia meningkat. Nah, jika Anda adalah salah satu pencinta manhwa, segera download aplikasi baca komik Kakaopage. 


Kakaopage adalah aplikasi baca komik yang legal, yang menyediakan banyak sekali manhwa berkualitas. Manhwa-manhwa terkenal yang diangkat menjadi drama Korea juga bisa Anda temukan di sini, lho. Sebut saja, Itaewon Class, Touch Your Heart, dan What's Wrong With Secretary Kim. 

No.10

cYo SoftComicRack Free

Bisa dibaca di smartphone ataupun PC dengan optimal

Jika Anda mencari aplikasi baca komik yang juga bisa dibuka di PC, ComicRack Free adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini bisa menyinkronkan data pada smartphone dan PC dengan sangat baik. Bahkan, fitur "terakhir dibaca"-nya pun bisa disinkronisasi.


Di sisi lain, Anda juga bisa mengunduh komik-komik yang Anda inginkan untuk dibaca secara offline. Namun, hasil unduhan aplikasi baca komik offline PC ini dalam format zip. Jadi, Anda harus mengekstrak file-nya terlebih dahulu sebelum membacanya.

Baca juga rekomendasi komik lainnya di sini

Kesimpulan

Adanya aplikasi untuk baca komik memudahkan para pembaca untuk membaca komik di mana pun dan kapan pun. Namun, agar Anda bisa membaca komik dengan nyaman, perhatikanlah empat cara memilih yang telah kami sampaikan. 


Jika Anda masih bingung, Anda bisa melihat sepuluh rekomendasi aplikasi baca komik dari kami sebagai bahan acuan. Akhir kata, selamat membaca komik kesayangan Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer