• 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)

Jakarta merupakan salah satu kota tersibuk karena menjadi pusat perekonomian sekaligus pusat pemerintahan Indonesia. Di balik hectic-nya Jakarta terdapat beberapa museum tersembunyi yang bagus dan layak dikunjungi. Misalnya, ada Museum Sejarah Jakarta yang memiliki bangunan bergaya arsitektur Belanda. Ada pula Museum Bank Indonesia, Museum Nasional, dan Museum Wayang.


Tiap-tiap museum di Jakarta memiliki ciri khas yang berbeda. Untuk membantu Anda menentukan museum yang sebaiknya dikunjungi pertama kali, kami menyiapkan artikel ini. Silakan Anda baca sampai tuntas dan lihatlah rekomendasi museum terbaik di Jakarta dari kami.

  • Pembaharuan terakhir: 26 Oktober 2021
  • 158 Views
Daftar isi

Cara memilih museum di Jakarta

Museum yang ada di Jakarta sangat beragam. Museum seni, museum sejarah, museum senjata, hingga museum kekinian yang keren dan estetik pun ada. Supaya Anda tak merasa kebingungan saat memilih museum untuk dikunjungi, poin-poin di bawah ini dapat dipertimbangkan.

Ketahui lokasinya terlebih dahulu

Museum di DKI Jakarta tersebar di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu. Kalau Anda ingin mengunjungi beberapa museum sekaligus, kami menyarankan Anda untuk menjelajahi museum di satu wilayah. Dengan begitu, Anda tak akan menghabiskan banyak waktu di perjalanan.

Jakarta Pusat, didominasi museum sejarah

Ada banyak museum yang terletak di Jakarta Pusat, salah satunya adalah Museum Nasional. Museum yang dikenal dengan nama Museum Gajah ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Cikal bakal Museum Nasional masih berkaitan dengan sebuah lembaga bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG).


Di seberang Museum Nasional terdapat area luas yang menjadi tempat berdirinya Monumen Nasional (Monas). Monumen setinggi 132 meter ini memiliki area dasar (3 meter di bawah tanah) bernama Museum Sejarah Nasional. Di dalamnya terdapat 51 diorama yang menggambarkan sejarah Indonesia dari masa prasejarah hingga masa Orde Baru.


Apabila Anda berjalan ke Jalan Majapahit dan berbelok ke Jalan Tanah Abang I, Anda akan melewati Museum Taman Prasasti. Museum terbuka yang memiliki luas sekitar 1,2 ha ini masih berhubungan dengan sejarah Republik Indonesia. Selain itu, ada Museum Graha Bakti ANTARA, Museum Katedral, dan Museum Kebangkitan Nasional yang masih terletak di Jakarta Pusat.

Jakarta Selatan, tempatnya museum unik

Jakarta Selatan, tempatnya museum unik

Jakarta Selatan terkenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki banyak tempat hits. Di samping itu, Jakarta Selatan juga menjadi tempat bagi beberapa museum unik. Ada Museum Layang-Layang yang menjadi tempat bagi ratusan layang-layang dari Nusantara hingga mancanegara. Selain itu, ada Museum Polri yang tidak dipungut biaya masuk alias gratis.


Museum lainnya yang ada di Jakarta Selatan adalah Museum Basoeki Abdullah. Museum ini berisi lukisan dan benda seni milik Basoeki Abdullah. Sekitar 1,2 km dari Museum Basoeki Abdullah terdapat Museum Harry Darsono yang merupakan museum adibusana. Di dalam museum ini Anda bisa melihat busana haute couture karya Harry Darsono.

Jakarta Timur, cocok dijadikan wisata rekreasi anak-anak

Jakarta Timur, cocok dijadikan wisata rekreasi anak-anak

Museum bagus selanjutnya tersebar di wilayah Jakarta Timur. Mayoritas museum di wilayah ini berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Museum Pemadam Kebakaran, Museum Prangko, dan Museum Transportasi merupakan beberapa contoh museum yang terletak di TMII. 


Masih banyak museum yang terletak di kawasan TMII, seperti Museum Fauna Indonesia "Komodo" dan Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu. Museum-museum di TMII cocok dijadikan tempat wisata anak karena banyak mengusung tema pendidikan.

Jakarta Utara, mayoritas berhubungan dengan kemaritiman

Jakarta Utara, mayoritas berhubungan dengan kemaritiman

Jumlah museum di wilayah Jakarta Utara memang tidak begitu banyak, tetapi museum di wilayah ini layak untuk dikunjungi. Museum Maritim Indonesia merupakan salah satu museum yang berada di wilayah Jakarta Utara. Museum Maritim Indonesia banyak menampilkan informasi tentang pelabuhan di beberapa wilayah Indonesia dan juga memamerkan benda bersejarah.


Di samping itu, ada Museum Bahari yang terletak beberapa belas kilometer dari Museum Maritim Indonesia. Bangunan Museum Bahari sudah ada sejak masa VOC. Pada saat itu bangunan ini difungsikan sebagai gudang untuk menyimpan, memilih, dan mengepak hasil bumi, contohnya rempah-rempah.


Museum Bahari memiliki koleksi perahu tradisional, miniatur kapal modern, dan peralatan yang digunakan untuk menunjang kegiatan pelayaran. Di pihak lain, data-data mengenai jenis ikan dan persebarannya di lautan Indonesia juga ada di Museum Bahari. Cerita dan lagu tradisional nelayan Nusantara pun ada di museum ini.

Jakarta Barat, museum sejarah hingga modern ada di sini

Jakarta Barat, museum sejarah hingga modern ada di sini

Wilayah Jakarta Barat juga memiliki museum yang cukup beragam, lho! Ada Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, hingga Museum Sejarah Jakarta yang dikenal dengan Museum Fatahillah. Ketiga museum tersebut berada di kawasan Kota Tua. Jadi, Anda bisa mengunjungi beberapa museum sekaligus jika pergi ke kawasan Kota Tua.


Museum terkenal lain yang ada di wilayah Jakarta Barat adalah Museum MACAN. Museum yang baru didirikan pada tahun 2017 ini memamerkan karya seni bertema modern dan kontemporer. Di dalam Museum MACAN juga terdapat banyak lokasi foto yang aesthetic dan Instagramable. Karena itu, museum ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi anak muda di Jakarta.

Kepulauan Seribu, bisa dijadikan selingan saat staycation di pulau

Kepulauan Seribu, bisa dijadikan selingan saat staycation di pulau

Anda bisa mencoba staycation di Kepulauan Seribu. Ada banyak penginapan dengan konsep menarik di wilayah tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mencoba mengunjungi Pulau Onrust pada sela-sela jadwal staycation.


Di Pulau Onrust terdapat bangunan bersejarah peninggalan Belanda, contohnya sebuah rumah yang dijadikan Museum Taman Arkeologi Onrust. Di dalam museum ini terdapat miniatur dan informasi tentang sejarah Pulau Onrust.

Sesuaikan dengan minat pribadi

Sesuaikan dengan minat pribadi

Museum di Jakarta dapat dikelompokkan menjadi beberapa jenis, seperti museum modern, museum sejarah, hingga museum seni. Tiap-tiap museum tersebut memiliki keunggulannya masing-masing.


  • Museum modern: Museum jenis ini biasanya menampilkan karya seni yang berasal dari abad 19, 20, dan 21. Di samping itu, museum modern biasanya mengadakan kegiatan tertentu agar pengunjung bisa mendapatkan informasi yang lebih mendalam. Beberapa museum modern bahkan menampilkan dan menyediakan sesuatu yang disukai masyarakat, contohnya spot foto yang Instagramable.

  • Museum sejarah: Museum sejarah bisa menjadi tempat yang layak dikunjungi jika Anda ingin jalan-jalan ke masa lalu. Museum sejarah menyimpan berbagai benda yang menjadi saksi bisu sebuah kejadian. Benda tersebut biasanya dikumpulkan serta ditata di satu tempat agar Anda bisa mengetahui kejadian pada masa itu.

  • Museum seni: Berbagai jenis karya seni, seperti foto, lukisan, hingga patung ada di museum seni. Anda yang sedang membutuhkan inspirasi atau ingin me-refresh otak dari penatnya pekerjaan dapat mengunjungi museum seni. Art museum berbeda dengan galeri seni karena koleksinya permanen. Sementara itu, galeri seni hanya menampilkan karya seni dalam jangka waktu tertentu.

Cari informasi mengenai acara khusus di sebuah museum

Cari informasi mengenai acara khusus di sebuah museum

Beberapa museum biasanya memiliki acara khusus yang diadakan secara rutin atau musiman. Misalnya, Museum Layang-Layang sering mengadakan acara pembuatan layang-layang dan MOJA Museum selalu mengadakan MoPAINT (acara melukis). Anda bisa mencari tahu informasi tersebut melalui website resmi atau sosial media milik museum yang ingin dikunjungi.

Pertimbangkan moda transportasi untuk menjangkaunya

Pertimbangkan moda transportasi untuk menjangkaunya

Moda transportasi merupakan hal lain yang tak boleh dilupakan jika ingin mengunjungi museum di Jakarta. Ada beberapa moda transportasi umum yang bisa dimanfaatkan untuk menjangkau museum di Jakarta, seperti TransJakarta, MRT, dan KRL.


Beberapa museum yang ada di kawasan Kota Tua, contohnya Museum Wayang, bisa dijangkau menggunakan KRL. Sementara itu, museum yang berada di kawasan Jakarta Pusat, khususnya di Jalan Medan Merdeka, bisa dijangkau dengan TransJakarta. Bagaimana dengan MRT? Anda bisa memanfaatkannya untuk menjangkau museum yang ada di Jakarta Selatan, khususnya daerah sekitar Fatmawati.


Apabila Anda ragu menggunakan transportasi umum karena belum mengetahui rutenya, Anda dapat mengikuti tur. Pihak penyedia tur biasanya telah menyiapkan transportasi, tiket, dan pemandu. Beberapa paket tur juga sudah menyiapkan acara khusus berupa kunjungan ke beberapa tempat lain. Jadi, Anda tinggal duduk manis dan menikmati wisata museum di Jakarta sampai selesai.

10 Rekomendasi museum terbaik di Jakarta

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh museum terbaik di Jakarta yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di situs Klook.

10

Museum Moja

Mulai dari Rp 655.184,00

Jenis museumModern
WilayahJakarta Pusat
TurX
TransportasiSudah termasuk
Acara khususMoPAINT, RoJA by MoJA
Rating di KlookX
9

Tur Kota

Mulai dari Rp 911.143,00

Jenis museumMuseum etnologi dan antropologi
WilayahJakarta Pusat–Jakarta Timur
Tur✔︎
TransportasiSudah termasuk
Acara khususMengunjungi pameran batik
Rating di KlookX
8

Cycling Tour of Taman Mini Indonesia Indah

Mulai dari Rp 712.156,00

Jenis museumMuseum etnologi dan antropologi
WilayahJakarta Timur
Tur✔︎
TransportasiTidak termasuk
Acara khususMempelajari dan menyaksikan acara di setiap anjungan yang dikunjungi (acara dari penyedia tur)
Rating di KlookX
7

Tur Privat Kota Jakarta

Mulai dari Rp 1.095.222,00

Jenis museumMuseum sejarah
WilayahJakarta Barat–Jakarta Utara–Jakarta Pusat
Tur✔︎
TransportasiSudah termasuk
Acara khususMengunjungi kawasan perbelanjaan Mangga Dua
Rating di KlookX
6

Private Full-day Tour

Mulai dari Rp 597.937,00

Jenis museumMuseum sejarah
WilayahJakarta Pusat–Jakarta Barat–Jakarta Utara
Tur✔︎
TransportasiSudah termasuk
Acara khususBelajar tentang wayang
Rating di KlookX
5

Tur Jalan Kaki (Walking Tour) Museum

Mulai dari Rp 1.110.964,00

Jenis museumMuseum sejarah dan seni
WilayahJakarta Barat
Tur✔︎
TransportasiSudah termasuk
Acara khususBersepeda di kawasan Kota Tua (acara dari penyedia tur)
Rating di KlookX
4

Tur Museum Nasional dan Pelabuhan Tua

Mulai dari Rp 1.039.748,00

Jenis museumMuseum sejarah
WilayahJakarta Pusat–Jakarta Barat
Tur✔︎
TransportasiSudah termasuk
Acara khususMakan malam
Rating di KlookX
3

Jakarta National Museum Visit

Mulai dari Rp 427.294,00

Jenis museumMuseum sejarah
WilayahJakarta Pusat
TurX
TransportasiSudah tersedia
Acara khususPameran
Rating di KlookX
2

Museum Wayang

Mulai dari Rp 441.537,00

Jenis museumMuseum seni
WilayahJakarta Barat
TurX
TransportasiSudah tersedia
Acara khususPagelaran wayang, atraksi pembuatan wayang, dan pameran.
Rating di KlookX
1

Tur Privat Kota Jakarta

Mulai dari Rp 1.318.736,00

Jenis museumMuseum sejarah
WilayahJakarta Pusat dan Jakarta Utara
Tur✔︎
TransportasiSudah termasuk
Acara khususBersepeda (acara dari penyedia tur)
Rating di KlookX

Tabel perbandingan museum terbaik di Jakarta

Gambar produk
1
Tur Privat Kota Jakarta 1

2
Museum Wayang 1

3
Jakarta National Museum Visit 1

4
Tur Museum Nasional dan Pelabuhan Tua 1

5
Tur Jalan Kaki (Walking Tour) Museum 1

6
Private Full-day Tour 1

7
Tur Privat Kota Jakarta 1

8
Cycling Tour of Taman Mini Indonesia Indah 1

9
Tur Kota 1

10
Museum Moja 1

Nama produk

Tur Privat Kota Jakarta

Museum Wayang

Jakarta National Museum Visit

Tur Museum Nasional dan Pelabuhan Tua

Tur Jalan Kaki (Walking Tour) Museum

Private Full-day Tour

Tur Privat Kota Jakarta

Cycling Tour of Taman Mini Indonesia Indah

Tur Kota

Museum Moja

Keunggulan

Tak hanya museum, Anda akan diajak menengok icon Jakarta lainnya

Banyak wayang dan boneka, anak-anak pasti suka!

Mengenal Nusantara lewat 140.000 lebih artefak

Nikmati hidangan lezat setelah seharian berwisata

Mengunjungi tiga museum dalam satu hari? Bisa!

Berkeliling merasakan keberagaman di Jakarta

Asyik! Ada waktu untuk berbelanja setelah berwisata

Seru! Anda bisa gowes sambil belajar tentang Indonesia

Akhiri perjalanan Anda dengan melihat keindahan batik

Rasakan sensasi bermain roller skating di museum

Harga mulai dariRp 1.318.736,00Rp 441.537,00Rp 427.294,00Rp 1.039.748,00Rp 1.110.964,00Rp 597.937,00Rp 1.095.222,00Rp 712.156,00Rp 911.143,00Rp 655.184,00
Jenis museumMuseum sejarahMuseum seniMuseum sejarahMuseum sejarahMuseum sejarah dan seniMuseum sejarahMuseum sejarahMuseum etnologi dan antropologiMuseum etnologi dan antropologiModern
WilayahJakarta Pusat dan Jakarta UtaraJakarta BaratJakarta PusatJakarta Pusat–Jakarta BaratJakarta BaratJakarta Pusat–Jakarta Barat–Jakarta UtaraJakarta Barat–Jakarta Utara–Jakarta PusatJakarta TimurJakarta Pusat–Jakarta TimurJakarta Pusat
Tur✔︎XX✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎X
TransportasiSudah termasukSudah tersediaSudah tersediaSudah termasukSudah termasukSudah termasukSudah termasukTidak termasukSudah termasukSudah termasuk
Acara khususBersepeda (acara dari penyedia tur)Pagelaran wayang, atraksi pembuatan wayang, dan pameran.PameranMakan malamBersepeda di kawasan Kota Tua (acara dari penyedia tur)Belajar tentang wayangMengunjungi kawasan perbelanjaan Mangga DuaMempelajari dan menyaksikan acara di setiap anjungan yang dikunjungi (acara dari penyedia tur)Mengunjungi pameran batikMoPAINT, RoJA by MoJA
Rating di KlookXXXXXXXXXX
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar museum di Jakarta

Pertanyaan umum seputar museum di Jakarta

Ada cukup banyak pertanyaan seputar museum di Jakarta yang muncul di internet. Oleh sebab itu, kami mengambil tiga pertanyaan yang sering ditanyakan. Daftar pertanyaan beserta jawabannya kami lampirkan di bawah ini.

Apa yang dimaksud dengan museum?

Museum adalah tempat yang dibuat untuk menyimpan, merawat, dan melestarikan warisan budaya. Karena itu, benda-benda peninggalan bersejarah harus disimpan di dalam museum. Di pihak lain, museum juga bisa dijadikan tempat studi, penelitian, hingga hiburan untuk masyarakat umum. 

Berapa jumlah museum di Jakarta?

Menurut data dari Badan Pusat Statistik Provinsi DKI Jakarta, ada sekitar 72 museum di Jakarta pada tahun 2018. Museum-museum tersebut tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta yang memiliki luas daratan total sekitar 662 km persegi.

Berapa banyak museum yang ada di Indonesia?

Menurut data dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020, Indonesia memiliki 439 museum. Semua museum tersebut terletak di berbagai provinsi. Namun, provinsi yang memiliki banyak museum adalah DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. 

Baca juga rekomendasi tempat wisata lainnya di sini

Berwisata ke museum memang menyenangkan sekaligus bisa menambah pengetahuan. Setelah Anda mengunjungi museum-museum di Jakarta, tidak ada salahnya Anda berwisata ke tempat lain. Apabila Anda membutuhkan referensi tempat wisata lainnya, silakan buka tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Museum di Jakarta ternyata beragam, ya! Ada Museum Nasional yang menyimpan ratusan ribu artefak. Selain itu, ada pula museum kekinian dengan konsep retro di bilangan Gelora Bung Karno. 


Jangan lupa memperhatikan letak dan transportasi yang bisa digunakan untuk menjangkaunya. Acara khusus yang biasa diadakan oleh museum juga layak menjadi perhatian. Saat berkunjung ke museum, jangan lupa juga untuk mematuhi selalu protokol kesehatan, ya. Selamat berjalan-jalan!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Passport Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Passport Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Passport case merupakan item praktis yang membantu Anda menyimpan paspor dengan aman. Berbagai jenis produk bisa ditemui di pasaran, misalnya passport case yang dilengkapi tali untuk digantungkan di leher. Ada pula passport case yang dilengkapi fitur antiskimming yang melindungi data pribadi Anda. Banyaknya pilihan yang tersedia membuat Anda bingung, bukan?Kali ini, kami akan membagikan berbagai tips yang wajib diketahui sebelum memilih passport case. Kami juga akan membagikan sepuluh produk dari berbagai merek, seperti Naturhike dan Eiger. Simak artikel ini baik-baik dan temukan passport case terbaik untuk Anda.
    Perlengkapan travelling
    2.062 Views
  • 10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tas jinjing saja tidak mungkin bisa menampung semua oleh-oleh yang Anda beli dari luar kota. Travel bag atau carry-on bag adalah solusinya. Travel bag berfungsi sebagai tas cadangan untuk di dalam ataupun di luar koper. Anda dapat membawa barang tambahan secara lebih efisien saat traveling.Merek MINISO, Matador, Onepolar, dan Eiger memiliki produk travel bag yang bagus dan nyaman dibawa bepergian. Meski berkapasitas besar, tas traveling ini ringan dan bisa masuk kabin pesawat. Beberapa tas bahkan bisa dilipat kecil. Mari persiapkan travel bag Anda untuk perjalanan berikutnya!
    Perlengkapan travelling
    5.967 Views
  • 10 Rekomendasi Catokan Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Catokan Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hair iron portabel merupakan alat styling rambut yang mudah dibawa bepergian dan digunakan dalam berbagai situasi. Di pasaran, Anda dapat menjumpai berbagai produk dengan keunggulannya masing-masing, seperti Marceiu, Quince, Elona, dan Pritech. Hal ini mungkin membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang paling cocok.Untuk itu, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih hair iron portabel dan memperkenalkan beberapa produk pilihan sebagai bahan referensi. Jadi, Anda siap untuk menata rambut kapan pun dan di mana pun. Selamat membaca!
    Perlengkapan travelling
    6.332 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata. Meski sudah berkali-kali mengunjungi Kota Bandung, pasti Kota Kembang ini selalu membuat Anda kangen. Anda bisa menjelajahi alam di wilayah Bandung Timur, Bandung Selatan, ataupun Bandung Barat. Di sisi lain, Bandung terkenal dengan wisata kuliner yang tak kalah menariknya. Kali ini kami akan merekomendasikan paket wisata yang bagus di Bandung. Temukan berbagai objek wisata yang instagrammable sekaligus aman dikunjungi saat pandemi COVID-19. Selain Ciwidey, Cikole, Dago, dan Lembang, masih banyak tempat wisata baru lainnya. Yuk, langsung simak artikel ini sampai habis!
    Rekreasi
    458 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021)
    Berbicara tentang tempat wisata di Indonesia, Pulau Bali tentu tak boleh Anda lewatkan. Kaya akan keindahan alam dan budaya, Bali menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi, entah hari biasa maupun musim liburan. Baik wisatawan domestik maupun internasional banyak menjadikan Bali sebagai must visit place mereka.Untuk Anda yang sedang merencanakan liburan ke Bali, kami memiliki tips memilih dan rekomendasi tempat wisata yang bagus. Tur ke Nusa Penida, melihat Tari Kecak, hingga mengunjungi Monkey Forest bisa Anda lakukan saat berlibur ke Bali. Penasaran? Jangan lewatkan ulasannya berikut ini, ya!
    Rekreasi
    331 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    Jakarta adalah ibukota negara yang punya banyak sekali tempat menarik untuk dijadikan objek wisata. Anda bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Barat, Utara, Selatan, ataupun Kepulauan Seribu. Ancol dan TMII adalah salah satu objek wisata yang wajib masuk ke dalam list Anda.Beberapa tempat yang akan kami rekomendasikan juga tampak instagramable sehingga cocok untuk di-posting di sosmed Anda. Namun, sehubungan dengan adanya COVID-19, Anda wajib mengecek tempat wisata di Jakarta yang buka saat ini. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan cara mengeceknya. Stay tune!
    Rekreasi
    698 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    Jogja merupakan salah satu destinasi favorit banyak wisatawan. Kota gudeg ini kaya akan budaya, sejarah, dan bentang alam yang memesona. Setiap tahun, selalu ada tempat wisata terbaru di Jogja. Makin banyaknya destinasi wisata membuat Anda harus jeli memilih. Karena itu, kami memberikan tips memilih tempat wisata terbaik di Jogja.Kami akan merekomendasikan berbagai tempat wisata yang bagus di Jogja. Misalnya, Lava Tour Merapi, gondola di Pantai Timang, dan Kalibiru. Tempat wisata di Jogja untuk keluarga juga kami rekomendasikan, seperti Sindu Kusuma Edupark dan Taman Pelangi. Selamat membaca dan merencanakan liburan!
    Rekreasi
    265 Views
  • 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    Tidak lengkap rasanya pergi ke Yogyakarta tanpa berkunjung ke museum. Yogyakarta dikenal sebagai kota wisata, seni, dan budaya. Bahkan, Yogyakarta juga menyimpan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Karena itu, di Yogyakarta banyak museum yang bisa dikunjungi, mulai dari museum seni, sejarah, hingga militer.Bagi penggemar foto-foto, jangan lewatkan juga museum yang instagramable. Jadi, kunjungan ke museum di Yogyakarta pun akan lebih berkesan. Kali ini, kami akan mengulas museum terbaik di Yogyakarta, seperti Ullen Sentalu, Chocolate Monggo Museum, dan Museum Sonobudoyo. Yuk, mulai perjalanan Anda ke Yogyakarta bersama kami. 
    Tiket & voucer
    186 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2021)
    Sudah penat work from home (WFH) selama pandemi? Daripada pusing, mari siap-siap liburan ke tempat-tempat menarik di Indonesia, salah satunya kota Malang. Suasana kota Malang yang sejuk dan asri membuatnya cocok jadi pilihan destinasi wisata favorit. Tak hanya orang-orang di sekitar Jawa Timur, warga Jakarta, Bandung, Bali, dan luar kota lainnya juga suka ke Malang. Tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi di Malang? Pada artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi tempat wisata di Malang yang bagus. Wisata ke Bromo, Jatim Park, sampai itinerary bulan madu di Malang juga ada! 
    Rekreasi
    231 Views
  • 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    Kota yang dijuluki Kota Kembang ini memang memiliki beragam pesona wisata, salah satunya adalah wisata alamnya. Tebing Keraton, Ranca Upas, dan Kawah Putih adalah tempat wisata alam di Bandung yang sedang hits. Tempat-tempat tersebut menyajikan pemandangan alam menakjubkan yang menyegarkan hati dan pikiran. Jika Anda sedang mencari informasi wisata alam yang bagus di Bandung, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan mengupas banyak hal tentang wisata alam di Bandung. Mulai dari wisata alam Bandung untuk anak sampai wisata alam Bandung terbaru bisa Anda temukan di sini. 
    Rekreasi
    193 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    Jakarta adalah ibukota negara yang punya banyak sekali tempat menarik untuk dijadikan objek wisata. Anda bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Barat, Utara, Selatan, ataupun Kepulauan Seribu. Ancol dan TMII adalah salah satu objek wisata yang wajib masuk ke dalam list Anda.Beberapa tempat yang akan kami rekomendasikan juga tampak instagramable sehingga cocok untuk di-posting di sosmed Anda. Namun, sehubungan dengan adanya COVID-19, Anda wajib mengecek tempat wisata di Jakarta yang buka saat ini. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan cara mengeceknya. Stay tune!
    Rekreasi
    696 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021)
    Berbicara tentang tempat wisata di Indonesia, Pulau Bali tentu tak boleh Anda lewatkan. Kaya akan keindahan alam dan budaya, Bali menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi, entah hari biasa maupun musim liburan. Baik wisatawan domestik maupun internasional banyak menjadikan Bali sebagai must visit place mereka.Untuk Anda yang sedang merencanakan liburan ke Bali, kami memiliki tips memilih dan rekomendasi tempat wisata yang bagus. Tur ke Nusa Penida, melihat Tari Kecak, hingga mengunjungi Monkey Forest bisa Anda lakukan saat berlibur ke Bali. Penasaran? Jangan lewatkan ulasannya berikut ini, ya!
    Rekreasi
    331 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata. Meski sudah berkali-kali mengunjungi Kota Bandung, pasti Kota Kembang ini selalu membuat Anda kangen. Anda bisa menjelajahi alam di wilayah Bandung Timur, Bandung Selatan, ataupun Bandung Barat. Di sisi lain, Bandung terkenal dengan wisata kuliner yang tak kalah menariknya. Kali ini kami akan merekomendasikan paket wisata yang bagus di Bandung. Temukan berbagai objek wisata yang instagrammable sekaligus aman dikunjungi saat pandemi COVID-19. Selain Ciwidey, Cikole, Dago, dan Lembang, masih banyak tempat wisata baru lainnya. Yuk, langsung simak artikel ini sampai habis!
    Rekreasi
    457 Views
  • 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    Kota yang dijuluki Kota Kembang ini memang memiliki beragam pesona wisata, salah satunya adalah wisata alamnya. Tebing Keraton, Ranca Upas, dan Kawah Putih adalah tempat wisata alam di Bandung yang sedang hits. Tempat-tempat tersebut menyajikan pemandangan alam menakjubkan yang menyegarkan hati dan pikiran. Jika Anda sedang mencari informasi wisata alam yang bagus di Bandung, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan mengupas banyak hal tentang wisata alam di Bandung. Mulai dari wisata alam Bandung untuk anak sampai wisata alam Bandung terbaru bisa Anda temukan di sini. 
    Rekreasi
    193 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2021)
    Sudah penat work from home (WFH) selama pandemi? Daripada pusing, mari siap-siap liburan ke tempat-tempat menarik di Indonesia, salah satunya kota Malang. Suasana kota Malang yang sejuk dan asri membuatnya cocok jadi pilihan destinasi wisata favorit. Tak hanya orang-orang di sekitar Jawa Timur, warga Jakarta, Bandung, Bali, dan luar kota lainnya juga suka ke Malang. Tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi di Malang? Pada artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi tempat wisata di Malang yang bagus. Wisata ke Bromo, Jatim Park, sampai itinerary bulan madu di Malang juga ada! 
    Rekreasi
    231 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    Jogja merupakan salah satu destinasi favorit banyak wisatawan. Kota gudeg ini kaya akan budaya, sejarah, dan bentang alam yang memesona. Setiap tahun, selalu ada tempat wisata terbaru di Jogja. Makin banyaknya destinasi wisata membuat Anda harus jeli memilih. Karena itu, kami memberikan tips memilih tempat wisata terbaik di Jogja.Kami akan merekomendasikan berbagai tempat wisata yang bagus di Jogja. Misalnya, Lava Tour Merapi, gondola di Pantai Timang, dan Kalibiru. Tempat wisata di Jogja untuk keluarga juga kami rekomendasikan, seperti Sindu Kusuma Edupark dan Taman Pelangi. Selamat membaca dan merencanakan liburan!
    Rekreasi
    265 Views
  • 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    Tidak lengkap rasanya pergi ke Yogyakarta tanpa berkunjung ke museum. Yogyakarta dikenal sebagai kota wisata, seni, dan budaya. Bahkan, Yogyakarta juga menyimpan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Karena itu, di Yogyakarta banyak museum yang bisa dikunjungi, mulai dari museum seni, sejarah, hingga militer.Bagi penggemar foto-foto, jangan lewatkan juga museum yang instagramable. Jadi, kunjungan ke museum di Yogyakarta pun akan lebih berkesan. Kali ini, kami akan mengulas museum terbaik di Yogyakarta, seperti Ullen Sentalu, Chocolate Monggo Museum, dan Museum Sonobudoyo. Yuk, mulai perjalanan Anda ke Yogyakarta bersama kami. 
    Tiket & voucer
    186 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori