• 10 Merk Chili Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Merk Chili Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Merk Chili Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Merk Chili Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Merk Chili Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Merk Chili Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Chili oil atau minyak cabai biasanya dicampurkan dengan masakan ala Cina dan Jepang, terutama dimsum. Chili oil memberikan sensasi pedas yang berbeda dalam sebuah hidangan dibandingkan sambal Nusantara. Meski sudah banyak resep chili oil, lebih praktis jika Anda langsung membelinya, bukan?


S&B dan Lao Gan Ma adalah merek chili oil ternama yang enak. Selain itu, ada juga merek lokal, seperti Sambal Sassi, Milli Mala, dan Chili Me Softly. Harga minyak cabai cukup beragam mulai dari belasan ribu rupiah. Yuk, langsung simak artikel ini untuk menemukan chili oil yang sedap!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Sekilas tentang chili oil dan kegunaannya

Sekilas tentang chili oil dan kegunaannya

Makanan tanpa sambal rasanya kurang lengkap bagi orang Indonesia. Begitu pula untuk masakan Jepang, Cina, dan beberapa negara di Asia Tenggara. Chili oil atau minyak cabai adalah kondimen untuk makanan. Di Indonesia Anda bisa menemukan chili oil tersaji untuk cocolan dimsum ataupun saat Anda menyantap ramen ala Jepang.


Selain digunakan sebagai cocolan, minyak cabai juga bisa dipakai sebagai bumbu masakan. Anda bisa menggunakannya untuk menumis sayur agar rasanya makin sedap. Selain itu, Anda bisa menggunakan chili oil sebagai tambahan bumbu untuk marinasi.


Bisa dikatakan bahwa chili oil adalah infusi cabai dan rempah-rempah ke dalam minyak. Anda terlebih dahulu harus memanaskan minyak sampai mencapai suhu sekitar 100 °C. Berikutnya, masukkan rempah-rempah ke dalam minyak agar aroma dan rasanya bisa terekstraksi dengan sempurna. Tuangkan minyak panas yang sudah disaring ke atas bubuk cabai dan Anda akan mendapatkan chili oil.

Cara memilih chili oil

Apakah Anda masih merasa bingung memilih chili oil yang sedap sesuai selera? Untuk itu, kami sudah merangkum tipsnya dalam poin-poin berikut ini. Yuk, langsung saja disimak!

Kenali berbagai minyak yang dipakai untuk pembuatan chili oil

Kenali berbagai minyak yang dipakai untuk pembuatan chili oil

Selain cabai yang berkualitas, pemilihan minyak juga akan memengaruhi rasa chili oil. Minyak terbaik untuk membuat chili oil harus memiliki rasa yang netral. Setidaknya ada tiga jenis minyak yang sering dipakai dalam pembuatan chili oil. Kami akan menjelaskannya dalam poin berikut ini.


  • Minyak kelapa sawit atau minyak sayur adalah minyak yang umum dipakai. Minyak kelapa sawit merupakan minyak yang paling banyak ditemui. Minyak ini juga memiliki rasa yang netral sehingga banyak digunakan dalam pembuatan chili oil.


  • Minyak kedelai atau soybean oil memiliki karakteristik seperti minyak kelapa sawit. Rasanya netral dan titik didihnya cukup tinggi. Anda bisa memilih chili oil dengan soybean oil sebagai bahan untuk memasak.

  • Minyak wijen untuk menambah cita rasa serta aroma. Minyak wijen memiliki aroma yang khas dan rasa kacang serta sedikit rasa manis. Penggunaan minyak wijen dalam chili oil membuat aromanya lebih harum dan rasanya lebih nutty.

Perhatikan komposisi lainnya untuk rasa yang lebih sedap

Perhatikan komposisi lainnya untuk rasa yang lebih sedap

Jika Anda pikir chili oil hanyalah perpaduan cabai dan minyak saja, tentu saja Anda salah. Chili oil juga harus mengandung rempah-rempah agar rasanya lebih kaya.


Rempah-rempah yang biasanya dicampurkan ke dalam chili oil adalah adas, kayu manis, Sichuan peppercorns, dan daun salam. Cengkih, kapulaga, jahe, bawang putih, dan bawang merah juga sering ditambahkan di dalam pembuatan chili oil.


Perpaduan rempah-rempah tersebut membuat sebotol chili oil sangat kaya rasa. Selain itu, chili oil juga lebih harum ketika digunakan untuk memasak berkat aroma rempah-rempah.


Selain rempah-rempah, garam menjadi bahan yang penting di dalam chili oil. Tambahan garam akan memperkuat rasa dari cabai dan rempah-rempah di dalam chili oil.

Pilih level kepedasan chili oil

Pilih level kepedasan chili oil

Meski chili oil memiliki rasa yang pedas, beberapa produk menawarkan berbagai level kepedasan. Ada yang menawarkan chili oil yang tidak terlalu pedas sampai sangat pedas. Anda bisa memilih yang sesuai dengan selera pedas Anda. Untuk mengetahui rasa pedasnya, bacalah ulasan pelanggan terlebih dahulu. Dengan demikian, Anda bisa memilih chili oil yang sesuai dengan selera.

10 Rekomendasi chili oil terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk chili oil terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
Isi175 ml
Level pedas-
KomposisiCabai kering, bawang putih, bawang merah, ebi, garam, gula, rempah, jahe, daun bawang
9

Milli MalaCrisp Chili Oil

Mulai dari Rp 50.000,00

Isi250 gram
Level pedas-
KomposisiTidak disebutkan
8

Chilli Me Softly Sichuan Chilli Oil

Mulai dari Rp 35.000,00

Isi85 gram, 180 gram, 330 gram
Level pedasOriginal, Extra Spicy
KomposisiMinyak, sichuan peppercorns, cabai, rempah-rempah, garam
7
Isi85 gram, 205 gram
Level pedas-
KomposisiMinyak kedelai, air, bawang putih kering, cabai kering, cabai asin, kecap (air, garam, kedelai, tepung terigu), garam, minyak wijen, gula putih, penguat rasa
6
Isi280 gram
Level pedas-
KomposisiMinyak kedelai, fermentasi kedelai, cabai, gula, penyedap rasa
5
Isi33 ml
Level pedas-
KomposisiMinyak wijen, minyak jagung, ekstrak cabai
4
Isi200 gram
Level pedas-
KomposisiMinyak sayur, bawang merah, bawang putih, cabai, gula, garam, penyedap rasa
3
Isi135 ml
Level pedasLevel Santuy, Level Mantul, Level Gila
KomposisiMinyak kelapa sawit, cabai bubuk, daun bawang kering, bawang putih, bawang merah, Capcisium oleoresi
2

Sambal SassiPremium Chilli Oil

Mulai dari Rp 70.500,00

Isi250 gram
Level pedasMild, Spicy
KomposisiTidak disebutkan
1

EasternAuthentic Cantonese Chili Oil Hot

Mulai dari Rp 48.500,00

Isi200 gram
Level pedas-
KomposisiCabai, bawang putih, gula, garam, minyak nabati, natrium benzoate

Tabel perbandingan produk chili oil terbaik

Gambar produk
1
Eastern Authentic Cantonese Chili Oil Hot 1

Eastern

2
Sambal Sassi Premium Chilli Oil 1

Sambal Sassi

3
Java Super Food Kondimen Minyak Cabai 1

Java Super Food

4
Imperial Kitchen & Dimsum Chilli Oil 1

Imperial Kitchen & Dimsum

5
S&B Foods La-Yu 1

S&B Foods

6
Lao Gan Ma Chili Oil with Black Beans 1

Lao Gan Ma

7
Lee Kum Kee Minyak Cabai Chiu Chow 1

Lee Kum Kee

8
Chilli Me Softly  Sichuan Chilli Oil 1

Chilli Me Softly

9
Milli Mala Crisp Chili Oil 1

Milli Mala

10
Uncle Han's Ginger Infused Chili Oil 1

Uncle Han's

Nama produk

Authentic Cantonese Chili Oil Hot

Premium Chilli Oil

Kondimen Minyak Cabai

Chilli Oil

La-Yu

Chili Oil with Black Beans

Minyak Cabai Chiu Chow

Sichuan Chilli Oil

Crisp Chili Oil

Ginger Infused Chili Oil

Keunggulan

Rasa pedas dan gurihnya lebih mantap!

Minyak cabai berkualitas premium dengan canola oil

Produk lokal yang harganya lebih terjangkau

Sensasi makan di rumah seperti makan di restoran

Aromanya lebih harum berkat minyak wijennya

Tambahan fermentasi kacang hitam membuat rasanya lebih umami

Menjadikan tiap hidangan chinese food lebih autentik

Spesial untuk rasa makanan khas Sichuan

Pedasnya pas, renyahnya maksimal!

Aroma jahenya hangat, ebinya sangat gurih

Harga mulai dariRp 48.500,00Rp 70.500,00Rp 15.900,00Rp 34.900,00Rp 39.500,00Rp 69.000,00Rp 38.000,00Rp 35.000,00Rp 50.000,00Rp 60.000,00
Isi200 gram250 gram135 ml200 gram33 ml280 gram85 gram, 205 gram85 gram, 180 gram, 330 gram250 gram175 ml
Level pedas-Mild, SpicyLevel Santuy, Level Mantul, Level Gila----Original, Extra Spicy--
KomposisiCabai, bawang putih, gula, garam, minyak nabati, natrium benzoateTidak disebutkanMinyak kelapa sawit, cabai bubuk, daun bawang kering, bawang putih, bawang merah, Capcisium oleoresiMinyak sayur, bawang merah, bawang putih, cabai, gula, garam, penyedap rasaMinyak wijen, minyak jagung, ekstrak cabaiMinyak kedelai, fermentasi kedelai, cabai, gula, penyedap rasaMinyak kedelai, air, bawang putih kering, cabai kering, cabai asin, kecap (air, garam, kedelai, tepung terigu), garam, minyak wijen, gula putih, penguat rasa Minyak, sichuan peppercorns, cabai, rempah-rempah, garamTidak disebutkanCabai kering, bawang putih, bawang merah, ebi, garam, gula, rempah, jahe, daun bawang
Tautan produk

Baca juga rekomendasi sambal khas Indonesia di sini

Chili oil memang cocok untuk makanan ala Cina dan Jepang. Nah, Indonesia juga memiliki berbagai sambal Nusantara yang tak kalah sedap. Sambal terasi, sambal matah, sampai sambal bawang menjadi pelengkap sajian Nusantara. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui rekomendasi sambal khas Indonesia yang lezat!

Kesimpulan

Chili oil adalah pilihan terbaik sebagai cocolan untuk dimsum. Di samping itu, rasanya juga bisa membuat semangkuk ramen menjadi lebih lezat. Jika digunakan dalam masakan, masakan pun terasa lebih sedap dan aromanya lebih menggugah selera makan.


Apakah Anda sudah menemukan chili oil yang sedap dalam rekomendasi kami? Jangan lupa memperhatikan komposisi, jenis minyak yang dipakai, jumlah isi, serta harganya, ya. Lengkapilah hidangan Anda di rumah dengan chili oil yang enak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Tepung Terigu Terbaik untuk Membuat Roti (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda gemar membuat roti? Tepung terigu yang digunakan akan memengaruhi rasa dan tekstur roti yang dibuat. Untuk membuat roti biasa, Anda membutuhkan jenis tepung terigu yang berbeda dengan yang digunakan untuk roti keras. Namun, sebagian orang mungkin masih bingung memilih tepung terigu yang sesuai dengan kebutuhan.Untuk itu, kami akan mengulas berbagai poin penting mengenai tepung terigu. Kami juga akan memberikan rekomendasi tepung terigu yang bagus untuk dijadikan referensi. Anda dapat memilih di antara beberapa merek, seperti Cakra Kembar Emas, Komachi, Kabuki, Golden Eagle, dan lain-lain. 
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Beras Organik Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kesehatan datang dari apa yang kita konsumsi sehari-hari. Beras tentu masuk ke dalam daftar teratas karena merupakan makanan pokok bagi kita yang hidup di Indonesia. Karena tren kesehatan, kehadiran beras organik yang kaya manfaat dan bebas pestisida kini menjadi primadona di masyarakat.Sekarang kami akan menjelaskan mengenai beras organik dan perbedaannya dengan beras biasa. Kami juga akan menerangkan cara memilihnya agar sesuai kebutuhan. Setelahnya, terdapat rekomendasi beras organik dari merek-merek yang bagus seperti Lingkar Organik dan Nusa. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastusi, SP. Yuk, disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori