1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Alat masak khusus
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Wajan Roti Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Wajan Roti Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Wajan Roti Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Wajan Roti Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Wajan Roti Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Wajan Roti Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Wajan Roti Bakar Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Wajan roti bakar merupakan wajan berbentuk datar yang serbaguna. Pasalnya, wajan ini dapat dipakai juga untuk membuat burger, roti maryam, dan sebagainya. Belakangan ini, bisnis waralaba seperti roti bakar Bandung, roti panggang, dan sebagainya makin banyak diminati. Oleh sebab itu, kebutuhkan wajan roti bakar pun semakin meningkat. 


Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih wajan roti bakar yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan produk wajan roti bakar dari merek terkenal contohnya ECOPAN. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih wajan roti bakar

Wajan roti bakar memiliki ketebalan dan ukuran yang berbeda. Berbeda tujuan penggunaan, berbeda pula wajan roti bakar yang tepat untuk Anda beli.

① Pilih berdasarkan ketebalannya

Pilih berdasarkan ketebalannya

Ketebalan wajan roti bakar merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Apabila Anda memilih ketebalan yang tidak sesuai, roti bakar dapat menjadi gosong ataupun terlalu lama matang. Oleh sebab itu, pilihlah wajan roti bakar yang ketebalannya sesuai kebutuhan Anda. 


Wajan roti bakar yang tebal biasanya berukuran 0,4 cm hingga 0,5 cm. Anda bisa menggunakan wajan tebal bila berencana memanggang roti dalam waktu lama misalnya hingga crispy total.


Anda juga dapat menemukan wajan roti bakar tipis dengan ukuran 0,2 sampai 0,3 cm. Wajan tipis cocok untuk membuat roti bakar dengan api besar, misalnya saat membuat roti bakar dalam jumlah banyak.

② Cek ukurannya

Wajan roti bakar memiliki ukuran yang bervariasi. Manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda? Berikut akan kami bahas kelebihan dari masing-masing ukuran. 

Jumbo: Bisa memanggang sekaligus banyak

Jumbo: Bisa memanggang sekaligus banyak

Bila Anda membutuhkan wajan roti bakar untuk berbinis, pilihlah yang berukuran setidaknya 40 cm x 60 cm. Dengan begitu, Anda dapat melayani banyak pesanan pelanggan sekaligus sehingga lebih efisien. Wajan roti bakar berukuran ini biasanya memerlukan dua tungku dalam mengoperasikannya.

Kecil: Tidak butuh waktu lama untuk memanaskan

Lain halnya jika Anda mencari wajan roti bakar untuk penggunaan sehari-hari. Gunakanlah produk berukuran kecil atau sekitar 28 cm x 28 cm untuk konsumsi pribadi. Karena ukurannya lebih kecil, wajan roti bakar ini lebih cepat panas sehingga lebih menghemat penggunaan elpiji.


Selain itu, wajan roti bakar ini juga tidak memerlukan banyak tempat penyimpanan. Bila Anda tidak memiliki banyak space di rumah, memilih wajan roti bakar ini adalah langkah yang tepat.

③ Kenali bahannya

Wajan roti bakar biasanya dibuat dari bahan baja, stainless steel, atau aluminium. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihlah sesuai dengan preferensi Anda. 

Baja: Tebal dan ekonomis

Baja: Tebal dan ekonomis

Baja merupakan bahan yang paling sering dipakai untuk membuat wajan roti bakar. Bahan baja ini memiliki karakteristik tebal dan kokoh. Keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan tanpa perlu keluar banyak dana.


Akan tetapi, bahan ini rentan berkarat sehingga Anda perlu membersihkannya dengan benar agar wajan ini dapat tahan lama. Anda juga harus menggantinya secara berkala apabila karat pada wajan sudah terlalu menumpuk

Stainless steel atau aluminium: Tak perlu khawatir akan karat

Stainless steel atau aluminium: Tak perlu khawatir akan karat

Bahan stainless steel dan aluminium memiliki daya tahan terhadap korosi yang tinggi. Sekilas dilihat, kedua bahan ini memiliki warna silver mengilap yang sama. Akan tetapi, sebenarnya stainless steel dan aluminium memiliki perbedaan.


Aluminium memiliki bobot yang lebih ringan daripada stainless steel. Selain itu, wajan roti bakar aluminium juga memiliki harga lebih murah dibandingkan stainless steel


Sementara itu, wajan roti bakar berbahan stainless steel lebih kuat daripada bahan aluminium. Kemudian, bahan ini tidak terlalu reaktif terhadap makanan. Jadi, warna dan rasa makanan yang dihasilkan akan lebih konsisten.

④ Pertimbangkan wajan yang ada antilengket agar lebih praktis

Pertimbangkan wajan yang ada antilengket agar lebih praktis

Beberapa wajan roti bakar dilapisi dengan bahan antilengket. Dengan adanya keunggulan ini, bumbu atau sisa makanan tidak mudah menempel pada permukaan wajan. Jadi, Anda akan lebih mudah membersihkan wajan tersebut.


Karena wajan roti bakar makin mudah dibersihkan, otomatis akan lebih menghemat waktu Anda. Bila Anda sering kesulitan membersihkan wajan roti bakar dari noda yang lengket, pilihlah wajan dengan kelebihan ini. 

10 Rekomendasi wajan roti bakar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wajan roti bakar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Square Grill Pan 20cm

 Square Grill Pan 20cm 1枚目

Portabel, mudah dibawa bepergian

2

Plat Wajan Bulat 30 cm

 Plat Wajan Bulat 30 cm 1枚目

Bisa untuk membuat martabak juga, lho!

3

Wajan Baja Persegi 40x40

 Wajan Baja Persegi 40x40 1枚目

Ukuran medium, mumpuni untuk bisnis franchise Anda

4

Loyang Panggangan 40x80

 Loyang Panggangan 40x80  1枚目

Demo memasak jadi lebih seru berkat wajan besar nan tebal

5

Wajan Roti Bakar Aneka Ukuran Tebal 0,4 cm

 Wajan Roti Bakar Aneka Ukuran Tebal 0,4 cm 1枚目

Ukurannya variatif, mudah disesuaikan dengan kebutuhan

6

Wajan Oval Datar 27 cm

 Wajan Oval Datar 27 cm 1枚目

Harga ekonomis, sempurna untuk UMKM

7

Wajan Roti Bakar 40x60

 Wajan Roti Bakar 40x60 1枚目

Dengan panjang 60 cm, bisa membuat banyak masakan

8

Wajan Roti Bakar Aluminium Antilengket

 Wajan Roti Bakar Aluminium Antilengket 1枚目

Wajan aluminium yang antilengket

9

ECOPAN

11” Square Griddle

ECOPAN 11” Square Griddle 1枚目

Ada lapisan hard anodized, panas jadi lebih merata

10

Wajan Roti Bakar Stainless Steel Size 30x40

 Wajan Roti Bakar Stainless Steel Size 30x40 1枚目

Wajan supertebal, andalan koki profesional

Perincian produk
Close
No.1

Portabel, mudah dibawa bepergian

Memiliki gagang yang dapat dilipat, produk ini makin mudah untuk dimasukkan dalam koper atau ransel Anda. Meskipun ukurannya kecil, wajan roti bakar teflon ini sudah dilengkapi dengan lapisan non-sticky. Produk ini kami rekomendasikan bila Anda membutuhkan wajan roti bakar untuk berkemah, hiking, atau melakukan kegiatan outdoor lainnya.

No.2

Bisa untuk membuat martabak juga, lho!

Jika Anda ingin membuat roti bakar serta martabak telur atau crepes, wajan roti bakar yang satu ini adalah pilihan terbaik. Pasalnya, wajan roti bakar ini berbentuk lingkaran sehingga memungkinkan untuk memasak adonan yang bentuknya bulat. Terdapat sebuah lubang pada bagian ujungnya, Anda jadi lebih mudah mengangkat wajan ini setelah selesai digunakan.

No.3

Wajan Baja Persegi 40x40

Mulai dari Rp115.000,00

Ukuran medium, mumpuni untuk bisnis franchise Anda

Karena ukurannya medium, produk ini bisa digunakan pada kompor portabel. Ketebalannya hanya 0,25 cm, roti bakar Anda akan lebih cepat matang. Compact dan antilengket, produk ini juga nyaman digunakan baik oleh Anda sendiri maupun orang yang Anda pekerjakan. Bila Anda tertarik untuk memulai bisnis makanan kekinian buatan sendiri, jatuhkan pilihan Anda pada produk ini.

No.4

Loyang Panggangan 40x80

Mulai dari Rp345.000,00

Demo memasak jadi lebih seru berkat wajan besar nan tebal

Melihat chef memasak secara live di restoran teppanyaki merupakan kegembiraan tersendiri bagi para pelanggan. Untuk itu, diperlukan wajan besar agar atraksi memasak tersebut terlihat keren. 


Nah, wajan roti bakar berukuran 40 cm x 80 cm dengan tebal 0,4 cm ini mumpuni untuk memasak banyak variasi makanan. Tidak hanya roti bakar, hidangan okonomiyaki, monjayaki, hingga yakisoba, semuanya bisa dilakukan hanya dengan satu produk ini. Bila Anda ingin terlihat profesional saat memasak, andalkan produk yang satu ini. 

No.5

Wajan Roti Bakar Aneka Ukuran Tebal 0,4 cm

Mulai dari Rp244.900,00

Ukurannya variatif, mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Anda kesulitan menemukan ukuran wajan roti bakar yang Anda butuhkan? Jika ya, produk ini bisa jadi solusinya. Diproduksi dengan aneka macam ukuran, Anda jadi lebih mudah memilih wajan sesuai kebutuhan.


Sebagai contoh, untuk membuat roti John panjang Anda dapat memilih wajan yang berukuran 70 cm x 70 cm. Lalu, apabila Anda membutuhkan wajan untuk membuat burger, pilihlah yang berukuran 35 cm x 60 cm, dan seterusnya. 

No.6

Wajan Oval Datar 27 cm

Mulai dari Rp71.000,00

Harga ekonomis, sempurna untuk UMKM

Salah satu kendala dalam bisnis UMKM yang bergerak di bidang makanan adalah tingginya biaya peralatan. Oleh sebab itu, wajan roti bakar dengan dua lubang di kedua sisinya ini hadir menjawab kebutuhan tersebut.


Hanya dengan dana di bawah seratus ribu rupiah, Anda dapat memiliki sebuah wajan roti bakar berdiameter 27 cm. Meskipun murah, kualitas produk ini tidaklah murahan. Jika Anda suka menjual aneka makanan bakar di event bazaar kuliner, produk ini sebaiknya tidak Anda lewatkan. 

No.7

Dengan panjang 60 cm, bisa membuat banyak masakan

Dsain gelombang pada permukaan membuat produk ini tampak menawan. Dengan panjang 60 cm, wajan roti bakar ini bisa memuat banyak makanan. Bisa jadi Anda sedang merencanakan untuk reuni bersama keluarga besar atau teman kuliah Anda. Andalkan produk yang satu ini untuk melengkapi keseruan acara Anda. Membakar roti bakar, sosis, bahkan nasi bakar pun bisa, lho!

No.8

Wajan Roti Bakar Aluminium Antilengket

Mulai dari Rp120.000,00

Wajan aluminium yang antilengket

Untuk Anda yang lebih suka memasak roti bakar sendiri ketimbang beli, jangan ragu membeli produk ini. Ukurannya telah disesuaikan dengan standar kompor rumah, Anda tak perlu ribet memodifikasi kompor. 


Hebatnya lagi, wajan roti bakar aluminium ini telah dilengkapi dengan lapisan antilengket. Bila Anda mendambakan wajan roti bakar aluminium yang mudah dibersihkan dan dipasang, tak perlu ragu membeli produk ini.

No.9

ECOPAN11” Square GriddleNECOSD11PCH

Mulai dari Rp672.000,00

Ada lapisan hard anodized, panas jadi lebih merata

Dengan finishing hard anodized pada permukaannya, produk ini jadi tidak mudah tergores dan mampu menghantarkan panas dengan cepat. Gagangnya terbuat dari stainless steel, wajan roti bakar ini tampak makin estetik. 


Hebatnya lagi, produk ini sudah kompatibel juga dengan kompor listrik, terbuat dari bahan alami, dan bebas racun pula. Jika Anda butuh wajan untuk membuat roti bakar yang tidak memerlukan banyak minyak, pilihlah produk ini.

No.10

Wajan Roti Bakar Stainless Steel Size 30x40

Mulai dari Rp450.000,00

Wajan supertebal, andalan koki profesional

Dibandingkan produk lainnya, wajan roti bakar datar ini terbilang sangat tebal, yaitu 0,5 cm. Hasilnya, wajan roti bakar ini tidak akan mudah melengkung ketika terkena suhu sangat panas sekalipun. Bagi Anda yang berprofesi sebagai koki di hotel berbintang, wajan roti bakar satu ini wajib Anda miliki. Memasak dengan berbagai macam teknik api besar dan kecil pun tidak masalah. 

Baca juga rekomendasi wajan dan alat masak lainnya di sini

Kesimpulan

Sebelum membeli wajan roti bakar, periksalah dahulu ukuran, ketebalan, dan juga bahannya. Lalu, wajan roti bakar ada yang bentuknya kotak, ada juga yang lingkaran. Pilihlah sesuai kebutuhan Anda.


Wajan roti bakar tidak hanya digunakan untuk membuat roti saja, melainkan bisa dimanfaatkan untuk memanggang sosis, ikan, bahkan membuat okonomiyaki. Oleh karena itu, Anda wajib memiliki setidaknya sebuah wajan roti bakar di rumah. Saatnya belanja wajan serbaguna agar memasak jadi makin mudah!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer