• 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bali (Terbaru Tahun 2021)

Berbicara tentang tempat wisata di Indonesia, Pulau Bali tentu tak boleh Anda lewatkan. Kaya akan keindahan alam dan budaya, Bali menjadi destinasi wisata yang tak pernah sepi, entah hari biasa maupun musim liburan. Baik wisatawan domestik maupun internasional banyak menjadikan Bali sebagai must visit place mereka.


Untuk Anda yang sedang merencanakan liburan ke Bali, kami memiliki tips memilih dan rekomendasi tempat wisata yang bagus. Tur ke Nusa Penida, melihat Tari Kecak, hingga mengunjungi Monkey Forest bisa Anda lakukan saat berlibur ke Bali. Penasaran? Jangan lewatkan ulasannya berikut ini, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 26 Oktober 2021
  • 331 Views
Daftar isi

Bali, destinasi wisata andalan Indonesia yang mendunia

Bali, destinasi wisata andalan Indonesia yang mendunia

Di antara lebih dari 17.000 pulau di Indonesia, Bali masih menjadi primadona dalam hal pariwisata. Berdasarkan survei Big 7 Travel, Bali menempati posisi pertama sebagai destinasi wisata yang ingin dikunjungi tahun 2019/2020. Pulau ini juga masuk nominasi 25 Pulau dan Destinasi Terbaik di Dunia 2021 versi Travel + Leisure dan TripAdvisor. Lalu, hal apa saja yang menjadikan Bali sangat populer?


Adat dan budaya yang masih dipegang teguh hingga saat ini merupakan salah satu pesona yang menakjubkan dari Bali. Di tengah budaya modern yang terus melesak, masyarakat Bali masih hidup dalam tradisi yang kental. Hal ini menjadikan Bali makin eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Desa adat, pura nan cantik, dan aneka pertunjukan budaya masih bisa Anda saksikan dengan mudah di pulau ini.


Pesona selanjutnya adalah bentang alamnya yang sangat cantik. Bali memiliki deretan pantai yang menawan dengan keindahan matahari terbit dan terbenamnya, maupun wisata baharinya. Belum lagi gunung-gunung tinggi, telaga berair tenang, sungai beriak, air terjun, hingga sawah yang menghijau, semua seolah memanggil untuk dijelajahi.


Beranjak dari sisi tradisional, Bali menawarkan Anda kehidupan modern melalui hiburan dunia malam. Ada banyak festival, show, hingga night club yang bisa Anda datangi untuk melepas stres. Ditambah fasilitas akomodasinya yang sangat memadai, tak ada alasan untuk tidak berkunjung ke pulau yang satu ini!

Cara memilih tempat wisata di Bali

Sudah siap untuk menghabiskan waktu liburan di Pulau Bali? Sebelum itu, mari simak tips memilih tempat wisata di Bali berikut ini!

Ketahui keunikan masing-masing wilayahnya

Untuk memudahkan Anda memilih tempat wisata, kami membagi wilayah Bali menjadi empat bagian, yakni utara, timur, selatan, dan barat. Masing-masing wilayah memiliki ciri khas tersendiri. Yuk, simak penjelasannya pada uraian di bawah!

Bali Utara: Memiliki banyak air terjun

Bali Utara: Memiliki banyak air terjun

Kawasan Bali Utara meliputi sebagian Kabupaten Buleleng. Secara umum, tempat pariwisata di wilayah utara belum semaju dan sepopuler wilayah Bali lainnya. Hal ini karena topografinya yang berupa dataran rendah sempit dan kurang landai jika dibandingkan Bali Selatan. Meski begitu, justru hal inilah yang menjadikan Bali Utara kaya dengan berbagai air terjun yang cantik.


Beberapa tempat populer di Bali Utara adalah Air Terjun Sekumpul, Gitgit, dan Lemukih. Anda juga bisa menemukan beberapa danau yang cantik seperti Danau Bunyan, Tamblingan, dan Beratan yang dikenal dengan keberadaan Pura Ulun Danu. Selain itu, Anda juga bisa datang ke Pantai Lovina untuk melihat lumba-lumba atau mandi di Air Panas Banjar.

Bali Timur: Sarat akan peninggalan sejarah Pulau Bali

Bali Timur: Sarat akan peninggalan sejarah Pulau Bali

Bali bagian timur kaya akan peninggalan bersejarah. Anda bisa mempelajari peninggalan kerajaan dengan mendatangi Taman Ujung, Istana Air Tirta Gangga, dan Kertha Gosa. Selanjutnya, Anda juga bisa menapaki sejarah penyebaran agama Hindu melalui Pura Besakih, Pura Goa Lawah, dan Lempuyang.


Alternatif lainnya, kunjungilah Desa Tenganan di mana warganya memegang teguh warisan budaya dari peradaban Bali kuno. Bali Timur juga memiliki pulau-pulau kecil, yaitu Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan.

Bali Selatan: Didominasi oleh pantai

Bali Selatan: Didominasi oleh pantai

Bali memang dikenal dengan pantainya yang indah. Jika Anda berencana liburan ke pantai, wilayah Bali Selatan adalah opsi terbaik. Kawasan ini dikenal memiliki banyak pantai, seperti Pantai Padang Padang, Dreamland, Pandawa, Blue Point, Legian, Sanur, dan Kuta.


Selain itu, Anda juga bisa menaiki unta di Nusa Dua dan melakukan olahraga air di Tanjung Benoa. Jika tak ingin beraktivitas berat, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Devdan Show, dan Safari Unta bisa dijadikan pilihan.

Bali Barat: Banyak pilihan wahana air yang disukai anak muda dan keluarga

Bali Barat: Banyak pilihan wahana air yang disukai anak muda dan keluarga

Kawasan Bali bagian barat meliputi empat kabupaten, yakni Kabupaten Buleleng, Jembrana, Tabanan, dan Badung. Bali Barat, khususnya Kabupaten Badung memiliki banyak tempat wisata yang hits di kalangan anak muda dan keluarga. Waterbom Bali, Splash Waterpark Bali, Circus Waterpark Kuta, dan Waterblow adalah contoh destinasi yang layak dikunjungi.


Para anak muda kekinian juga direkomendasikan berwisata ke Dream Museum Zone untuk memperoleh foto-foto yang lucu dan iconic. Coba pula pengalaman berselancar menaiki ombak besar yang ada di Pantai Medewi, Kabupaten Jembrana.

Pilih jenis wisata yang ingin Anda kunjungi

Ada banyak kegiatan atau aktivitas yang bisa Anda lakukan saat pergi wisata ke Bali. Supaya tidak bingung, simak pengelompokkan wisata berdasarkan jenisnya berikut ini!

Wisata bahari dan petualangan: Membuat Anda berdecak kagum dan memacu adrenalin

Wisata bahari dan petualangan: Membuat Anda berdecak kagum dan memacu adrenalin

Popularitas wisata bahari Pulau Dewata tentunya tak perlu dipertanyakan. Para peselancar dari setiap penjuru dunia banyak berkumpul di pulau ini untuk menaklukkan ombaknya. Bukan surfing saja, Bali juga menawarkan wisata bahari lain, seperti diving, snorkeling, seawalker, dan olahraga air. Pemandangan alam di pantai, permukaan, dan bawah laut Bali dijamin akan membuat Anda berdecak kagum.


Bagi Anda yang senang bertualang dan menyukai tantangan, cobalah kegiatan petualangan saat berlibur ke Bali. Di sini, Anda bisa menjajal berbagai aktivitas, mulai dari trekking, rafting, dan paralayang. Kegiatan-kegiatan tersebut akan melatih kelihaian Anda sekaligus memacu adrenalin yang akan membuat Anda ketagihan. Tak hanya sekali, Anda pasti tertarik untuk berkunjung ke Bali hingga beberapa kali lagi.

Wisata alam: Menenangkan mata dengan pemandangan serba hijau

Wisata alam: Menenangkan mata dengan pemandangan serba hijau

Untuk Anda yang sedang penat dengan hiruk pikuk di ibukota, memilih jenis wisata alam adalah keputusan yang tepat. Anda bisa mengistirahatkan mata dengan pemandangan serba hijau. Selain memanjakan mata, wisata alam juga akan membuat pikiran Anda lebih santai dan stres pun berkurang. Wisata alam yang dapat dilakukan di Bali adalah berkunjung ke hutan, persawahan, ataupun air terjun.

Wisata seni dan budaya: Mengenal sisi estetik Bali

Wisata seni dan budaya: Mengenal sisi estetik Bali

Selain keindahan alamnya, masyarakat Pulau Bali juga masih hidup selaras dengan alam, adat, budaya, dan tradisinya. Anda bisa mengenal sisi autentik sekaligus estetik Bali dengan mengunjungi kawasan Ubud atau Munduk. Untuk mengenal lebih jauh dengan budaya Bali kuno, Anda bisa mendatangi desa adat, misalnya Desa Penglipuran, Trunyan, atau Tenganan.


Di luar itu, Anda bisa menyaksikan penampilan seni tari Bali, seperti Tari Kecak, Tari Pendet, atau Tari Legong. Jika ingin melihat kehidupan spiritual masyarakat Bali, berkunjunglah ke ribuan pura yang tersebar di seluruh penjuru pulau. Pesona Bali tak akan pernah habis meski dikunjungi berkali-kali.

Wisata kota dan taman hiburan: Mudah diakses dan tersedia banyak pilihan

Wisata kota dan taman hiburan: Mudah diakses dan tersedia banyak pilihan

Memilih tempat yang mudah dijangkau akan membantu Anda menghemat biaya dan tenaga. Hal ini sangat direkomendasikan terutama jika Anda tidak menggunakan jasa tur atau pemandu wisata. Anda bisa berjalan-jalan santai sembari berbelanja oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di rumah. Anda juga bisa mencoba makanan khas Bali, misalnya nasi campur, sate lilit, ayam betutu, babi guling, dan lawar.


Untuk Anda yang berwisata bersama keluarga dan anak-anak, pilihlah taman hiburan yang edukatif dan menyenangkan. Taman hiburan yang cukup favorit antara lain Bali Safari & Marine Park, Bali Zoo, Bali Bird Park, dan Trans Studio Bali. Di taman hiburan, Anda akan dihadapkan pada berbagai pilihan aktivitas dan hiburan yang menyenangkan.

Pertimbangkan pilihan paket tur dan ketersediaan pemandu wisata

Pertimbangkan pilihan paket tur dan ketersediaan pemandu wisata

Jika tak ingin repot menyiapkan segala sesuatunya saat berlibur, Anda bisa memilih jalan praktis dengan mengikuti paket tur. Namun, perhatikanlah apa saja yang sudah ter-cover dalam paket tersebut supaya Anda tak kaget apabila ada biaya tambahan. 


Periksa juga ketersediaan pemandu wisata dan bahasa apa yang ia gunakan. Kebanyakan paket wisata Bali menggunakan pemandu wisata berbahasa Inggris. Jika Anda kurang fasih berbahasa Inggris, carilah paket tur yang menyediakan pilihan bahasa Indonesia.


Selanjutnya, paket tur biasanya tersedia dalam pilihan open trip dan private tour. Anda akan memperoleh pengalaman berbeda dari kedua pilihan tersebut. Kelebihan lain dari penggunaan jasa tur adalah Anda tak perlu bingung masalah transportasi. Sangat praktis, bukan?

Periksa kemudahan akses transportasinya

Periksa kemudahan akses transportasinya

Apabila Anda berencana liburan mandiri atau tanpa jasa agen wisata, pastikan untuk memeriksa kemudahan akses transportasi ke tempat yang dituju. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan kendaraan apa yang perlu digunakan untuk mencapai tempat tersebut. Angkutan umum yang bisa Anda pakai saat jalan-jalan di Bali adalah bus kura-kura, Trans Sarbagita, Komotra, dan taksi konvensional.


Sayangnya, beberapa tourist spot di Bali jaraknya cukup jauh dan tidak dapat dicapai menggunakan angkutan umum. Oleh karena itu, Anda bisa menyewa mobil atau motor. Untuk berpindah antarpulau, gunakanlah transportasi air, seperti kapal laut dan perahu cepat atau fast boat. 

10 Rekomendasi tempat wisata terbaik di Bali

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh tempat wisata terbaik di Bali yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Rekomendasi ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di situs Klook.

10

Sunset di Pura Uluwatu dan Kecak Fire Dance

Mulai dari Rp 398.610,00

WilayahBali Selatan
JenisWisata budaya
Paket tur✔︎ (open trip dan private tour)
PemanduBahasa Inggris
Transportasi mandiriAngkutan umum, taksi, transportasi online, dan kendaraan sewa
Rating di Klook4,3 dari 5
9

Tegalalang Rice Field dan Monkey Forest Full Day Tour

Mulai dari Rp 415.000,00

WilayahBali Timur
JenisWisata alam
Paket tur✔︎
PemanduBahasa Inggris
Transportasi mandiriKendaraan sewa, taksi, dan transportasi online
Rating di Klook4,5 dari 5
8

Sunrise Trekking ke Kaldera Gunung Batur

Mulai dari Rp 475.000,00

WilayahBali Timur
JenisWisata petualangan
Paket tur✔ (open trip dan private tour)
PemanduBahasa Indonesia dan Inggris
Transportasi mandiriKendaraan sewa
Rating di Klook4,6 dari 5
7

2D1N - 3 Nusa Islands Tour dari Bali

Mulai dari Rp 1.750.000,00

WilayahBali Timur
JenisWisata bahari dan petualangan
Paket tur✔︎
PemanduBahasa Inggris
Transportasi mandiriKapal Roro Nusa Jaya Abadi, fast boat, dan perahu tradisional
Rating di Klook4,6 dari 5
6

Snorkeling di Nusa Lembongan dan Manta Bay

Mulai dari Rp 700.000,00

WilayahBali Timur
JenisWisata bahari
Paket tur✔︎ (open trip)
PemanduBahasa Inggris
Transportasi mandiriPerahu dan kapal laut
Rating di Klook4,7 dari 5
5
WilayahBali Timur
JenisWisata kota dan taman
Paket turX
PemanduX
Transportasi mandiriTaksi dan kendaraan sewa
Rating di Klook4,7 dari 5
4

Ayung White Water Rafting

Mulai dari Rp 360.000,00

WilayahBali Timur
JenisWisata petualangan
Paket tur
PemanduBahasa Inggris dan Indonesia
Transportasi mandiriTaksi, transportasi online, dan kendaraan sewa
Rating di Klook4,7 dari 5
3
WilayahBali Selatan
JenisWisata kota dan taman
Paket turX
PemanduX
Transportasi mandiriBus, taksi, dan kendaraan sewa
Rating di Klook4,8 dari 5
2

Melihat Lumba-Lumba di Lovina

Mulai dari Rp 62.000,00

WilayahBali Utara
JenisWisata bahari
Paket tur✔︎
PemanduBahasa Inggris dan Indonesia
Transportasi mandiriAngkutan umum dan kendaraan sewa
Rating di Klook5 dari 5
1

Tanjung Benoa Water Activities

Mulai dari Rp 55.200,00

WilayahBali Barat
JenisWisata bahari
Paket turX
PemanduX
Transportasi mandiriTaksi dan kendaraan sewa
Rating di Klook5 dari 5

Tabel perbandingan produk tempat wisata terbaik di Bali

Gambar produk
1
Tanjung Benoa Water Activities 1

2
Melihat Lumba-Lumba di Lovina 1

3
Waterbom Bali 1

4
Ayung White Water Rafting 1

5
Bali Bird Park 1

6
Snorkeling di Nusa Lembongan dan Manta Bay 1

7
2D1N - 3 Nusa Islands Tour dari Bali 1

8
Sunrise Trekking ke Kaldera Gunung Batur 1

9
Tegalalang Rice Field dan Monkey Forest Full Day Tour 1

10
Sunset di Pura Uluwatu dan Kecak Fire Dance 1

Nama produk

Tanjung Benoa Water Activities

Melihat Lumba-Lumba di Lovina

Waterbom Bali

Ayung White Water Rafting

Bali Bird Park

Snorkeling di Nusa Lembongan dan Manta Bay

2D1N - 3 Nusa Islands Tour dari Bali

Sunrise Trekking ke Kaldera Gunung Batur

Tegalalang Rice Field dan Monkey Forest Full Day Tour

Sunset di Pura Uluwatu dan Kecak Fire Dance

Keunggulan

Menyediakan beragam olahraga air, mulai dari banana boat sampai scuba diving

Menyaksikan lumba-lumba muncul ke permukaan di Pantai Lovina

Nikmati liburan di wahana air terbesar pertama se-Asia!

Tempat rafting terbaik di Bali untuk menguji keberanian dan kekompakkan

Liburan sambil belajar tentang aneka burung

Rasakan pengalaman snorkeling dengan spesies ikan pari terbesar di dunia

Menjelajahi tiga pulau mungil dengan beragam kegiatan seru

Gunung berapi aktif yang populer sebagai spot trekking terbaik untuk pemula

Menjelajahi alam di daerah Ubud dan berinteraksi dengan monyet ekor panjang

Atraksi budaya yang wajib ditonton saat berkunjung ke Bali

Harga mulai dariRp 55.200,00Rp 62.000,00Rp 170.000,00Rp 360.000,00Rp 70.000,00Rp 700.000,00Rp 1.750.000,00Rp 475.000,00Rp 415.000,00Rp 398.610,00
WilayahBali BaratBali UtaraBali SelatanBali TimurBali TimurBali TimurBali TimurBali TimurBali TimurBali Selatan
JenisWisata bahariWisata bahariWisata kota dan tamanWisata petualanganWisata kota dan tamanWisata bahariWisata bahari dan petualanganWisata petualanganWisata alamWisata budaya
Paket turX✔︎XX✔︎ (open trip)✔︎✔ (open trip dan private tour)✔︎✔︎ (open trip dan private tour)
PemanduXBahasa Inggris dan IndonesiaXBahasa Inggris dan IndonesiaXBahasa InggrisBahasa InggrisBahasa Indonesia dan InggrisBahasa InggrisBahasa Inggris
Transportasi mandiriTaksi dan kendaraan sewaAngkutan umum dan kendaraan sewaBus, taksi, dan kendaraan sewaTaksi, transportasi online, dan kendaraan sewaTaksi dan kendaraan sewaPerahu dan kapal lautKapal Roro Nusa Jaya Abadi, fast boat, dan perahu tradisionalKendaraan sewaKendaraan sewa, taksi, dan transportasi onlineAngkutan umum, taksi, transportasi online, dan kendaraan sewa
Rating di Klook5 dari 55 dari 54,8 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,7 dari 54,6 dari 54,6 dari 54,5 dari 54,3 dari 5
Tautan produk

Baca juga rekomendasi perlengkapan traveling di masa pandemi di sini

Selanjutnya, kami juga menyiapkan rekomendasi perlengkapan yang wajib dibawa saat liburan di masa pandemi. Review tentang hand sanitizer, disinfektan, masker, hingga new normal kit bisa Anda temukan melalui tautan yang tersedia.

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan kami, Anda pasti makin tergoda untuk liburan ke Bali, bukan? Dari sepuluh rekomendasi tempat wisata yang kami berikan, manakah yang masuk ke dalam bucket list Anda?


Jika Anda berencana mengunjungi Bali dalam waktu dekat, pastikan untuk memilih tempat wisata yang menerapkan protokol kesehatan, ya! Jangan lupa juga untuk mengecek perlengkapan yang akan dibawa dari jauh-jauh hari supaya tak ada yang tertinggal. Selamat berlibur!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Passport Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Passport Case Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Passport case merupakan item praktis yang membantu Anda menyimpan paspor dengan aman. Berbagai jenis produk bisa ditemui di pasaran, misalnya passport case yang dilengkapi tali untuk digantungkan di leher. Ada pula passport case yang dilengkapi fitur antiskimming yang melindungi data pribadi Anda. Banyaknya pilihan yang tersedia membuat Anda bingung, bukan?Kali ini, kami akan membagikan berbagai tips yang wajib diketahui sebelum memilih passport case. Kami juga akan membagikan sepuluh produk dari berbagai merek, seperti Naturhike dan Eiger. Simak artikel ini baik-baik dan temukan passport case terbaik untuk Anda.
    Perlengkapan travelling
    2.062 Views
  • 10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Travel Bag Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tas jinjing saja tidak mungkin bisa menampung semua oleh-oleh yang Anda beli dari luar kota. Travel bag atau carry-on bag adalah solusinya. Travel bag berfungsi sebagai tas cadangan untuk di dalam ataupun di luar koper. Anda dapat membawa barang tambahan secara lebih efisien saat traveling.Merek MINISO, Matador, Onepolar, dan Eiger memiliki produk travel bag yang bagus dan nyaman dibawa bepergian. Meski berkapasitas besar, tas traveling ini ringan dan bisa masuk kabin pesawat. Beberapa tas bahkan bisa dilipat kecil. Mari persiapkan travel bag Anda untuk perjalanan berikutnya!
    Perlengkapan travelling
    5.967 Views
  • 10 Rekomendasi Catokan Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Catokan Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hair iron portabel merupakan alat styling rambut yang mudah dibawa bepergian dan digunakan dalam berbagai situasi. Di pasaran, Anda dapat menjumpai berbagai produk dengan keunggulannya masing-masing, seperti Marceiu, Quince, Elona, dan Pritech. Hal ini mungkin membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang paling cocok.Untuk itu, kali ini kami akan membahas bagaimana cara memilih hair iron portabel dan memperkenalkan beberapa produk pilihan sebagai bahan referensi. Jadi, Anda siap untuk menata rambut kapan pun dan di mana pun. Selamat membaca!
    Perlengkapan travelling
    6.333 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata. Meski sudah berkali-kali mengunjungi Kota Bandung, pasti Kota Kembang ini selalu membuat Anda kangen. Anda bisa menjelajahi alam di wilayah Bandung Timur, Bandung Selatan, ataupun Bandung Barat. Di sisi lain, Bandung terkenal dengan wisata kuliner yang tak kalah menariknya. Kali ini kami akan merekomendasikan paket wisata yang bagus di Bandung. Temukan berbagai objek wisata yang instagrammable sekaligus aman dikunjungi saat pandemi COVID-19. Selain Ciwidey, Cikole, Dago, dan Lembang, masih banyak tempat wisata baru lainnya. Yuk, langsung simak artikel ini sampai habis!
    Rekreasi
    458 Views
  • 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    Jakarta merupakan salah satu kota tersibuk karena menjadi pusat perekonomian sekaligus pusat pemerintahan Indonesia. Di balik hectic-nya Jakarta terdapat beberapa museum tersembunyi yang bagus dan layak dikunjungi. Misalnya, ada Museum Sejarah Jakarta yang memiliki bangunan bergaya arsitektur Belanda. Ada pula Museum Bank Indonesia, Museum Nasional, dan Museum Wayang.Tiap-tiap museum di Jakarta memiliki ciri khas yang berbeda. Untuk membantu Anda menentukan museum yang sebaiknya dikunjungi pertama kali, kami menyiapkan artikel ini. Silakan Anda baca sampai tuntas dan lihatlah rekomendasi museum terbaik di Jakarta dari kami.
    Rekreasi
    158 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    Jakarta adalah ibukota negara yang punya banyak sekali tempat menarik untuk dijadikan objek wisata. Anda bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Barat, Utara, Selatan, ataupun Kepulauan Seribu. Ancol dan TMII adalah salah satu objek wisata yang wajib masuk ke dalam list Anda.Beberapa tempat yang akan kami rekomendasikan juga tampak instagramable sehingga cocok untuk di-posting di sosmed Anda. Namun, sehubungan dengan adanya COVID-19, Anda wajib mengecek tempat wisata di Jakarta yang buka saat ini. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan cara mengeceknya. Stay tune!
    Rekreasi
    699 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    Jogja merupakan salah satu destinasi favorit banyak wisatawan. Kota gudeg ini kaya akan budaya, sejarah, dan bentang alam yang memesona. Setiap tahun, selalu ada tempat wisata terbaru di Jogja. Makin banyaknya destinasi wisata membuat Anda harus jeli memilih. Karena itu, kami memberikan tips memilih tempat wisata terbaik di Jogja.Kami akan merekomendasikan berbagai tempat wisata yang bagus di Jogja. Misalnya, Lava Tour Merapi, gondola di Pantai Timang, dan Kalibiru. Tempat wisata di Jogja untuk keluarga juga kami rekomendasikan, seperti Sindu Kusuma Edupark dan Taman Pelangi. Selamat membaca dan merencanakan liburan!
    Rekreasi
    265 Views
  • 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    Tidak lengkap rasanya pergi ke Yogyakarta tanpa berkunjung ke museum. Yogyakarta dikenal sebagai kota wisata, seni, dan budaya. Bahkan, Yogyakarta juga menyimpan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Karena itu, di Yogyakarta banyak museum yang bisa dikunjungi, mulai dari museum seni, sejarah, hingga militer.Bagi penggemar foto-foto, jangan lewatkan juga museum yang instagramable. Jadi, kunjungan ke museum di Yogyakarta pun akan lebih berkesan. Kali ini, kami akan mengulas museum terbaik di Yogyakarta, seperti Ullen Sentalu, Chocolate Monggo Museum, dan Museum Sonobudoyo. Yuk, mulai perjalanan Anda ke Yogyakarta bersama kami. 
    Tiket & voucer
    186 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2021)
    Sudah penat work from home (WFH) selama pandemi? Daripada pusing, mari siap-siap liburan ke tempat-tempat menarik di Indonesia, salah satunya kota Malang. Suasana kota Malang yang sejuk dan asri membuatnya cocok jadi pilihan destinasi wisata favorit. Tak hanya orang-orang di sekitar Jawa Timur, warga Jakarta, Bandung, Bali, dan luar kota lainnya juga suka ke Malang. Tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi di Malang? Pada artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi tempat wisata di Malang yang bagus. Wisata ke Bromo, Jatim Park, sampai itinerary bulan madu di Malang juga ada! 
    Rekreasi
    232 Views
  • 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    Kota yang dijuluki Kota Kembang ini memang memiliki beragam pesona wisata, salah satunya adalah wisata alamnya. Tebing Keraton, Ranca Upas, dan Kawah Putih adalah tempat wisata alam di Bandung yang sedang hits. Tempat-tempat tersebut menyajikan pemandangan alam menakjubkan yang menyegarkan hati dan pikiran. Jika Anda sedang mencari informasi wisata alam yang bagus di Bandung, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan mengupas banyak hal tentang wisata alam di Bandung. Mulai dari wisata alam Bandung untuk anak sampai wisata alam Bandung terbaru bisa Anda temukan di sini. 
    Rekreasi
    193 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    Jakarta adalah ibukota negara yang punya banyak sekali tempat menarik untuk dijadikan objek wisata. Anda bisa mencoba berkunjung ke tempat wisata yang berlokasi di Jakarta Barat, Utara, Selatan, ataupun Kepulauan Seribu. Ancol dan TMII adalah salah satu objek wisata yang wajib masuk ke dalam list Anda.Beberapa tempat yang akan kami rekomendasikan juga tampak instagramable sehingga cocok untuk di-posting di sosmed Anda. Namun, sehubungan dengan adanya COVID-19, Anda wajib mengecek tempat wisata di Jakarta yang buka saat ini. Agar tidak bingung, kami akan menjelaskan cara mengeceknya. Stay tune!
    Rekreasi
    699 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi destinasi wisata. Meski sudah berkali-kali mengunjungi Kota Bandung, pasti Kota Kembang ini selalu membuat Anda kangen. Anda bisa menjelajahi alam di wilayah Bandung Timur, Bandung Selatan, ataupun Bandung Barat. Di sisi lain, Bandung terkenal dengan wisata kuliner yang tak kalah menariknya. Kali ini kami akan merekomendasikan paket wisata yang bagus di Bandung. Temukan berbagai objek wisata yang instagrammable sekaligus aman dikunjungi saat pandemi COVID-19. Selain Ciwidey, Cikole, Dago, dan Lembang, masih banyak tempat wisata baru lainnya. Yuk, langsung simak artikel ini sampai habis!
    Rekreasi
    458 Views
  • 10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Museum Terbaik di Jakarta (Terbaru Tahun 2021)
    Jakarta merupakan salah satu kota tersibuk karena menjadi pusat perekonomian sekaligus pusat pemerintahan Indonesia. Di balik hectic-nya Jakarta terdapat beberapa museum tersembunyi yang bagus dan layak dikunjungi. Misalnya, ada Museum Sejarah Jakarta yang memiliki bangunan bergaya arsitektur Belanda. Ada pula Museum Bank Indonesia, Museum Nasional, dan Museum Wayang.Tiap-tiap museum di Jakarta memiliki ciri khas yang berbeda. Untuk membantu Anda menentukan museum yang sebaiknya dikunjungi pertama kali, kami menyiapkan artikel ini. Silakan Anda baca sampai tuntas dan lihatlah rekomendasi museum terbaik di Jakarta dari kami.
    Rekreasi
    158 Views
  • 10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wisata Alam Terbaik di Bandung (Terbaru Tahun 2021)
    Kota yang dijuluki Kota Kembang ini memang memiliki beragam pesona wisata, salah satunya adalah wisata alamnya. Tebing Keraton, Ranca Upas, dan Kawah Putih adalah tempat wisata alam di Bandung yang sedang hits. Tempat-tempat tersebut menyajikan pemandangan alam menakjubkan yang menyegarkan hati dan pikiran. Jika Anda sedang mencari informasi wisata alam yang bagus di Bandung, silakan baca artikel ini sampai habis. Kami akan mengupas banyak hal tentang wisata alam di Bandung. Mulai dari wisata alam Bandung untuk anak sampai wisata alam Bandung terbaru bisa Anda temukan di sini. 
    Rekreasi
    193 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Malang (Terbaru Tahun 2021)
    Sudah penat work from home (WFH) selama pandemi? Daripada pusing, mari siap-siap liburan ke tempat-tempat menarik di Indonesia, salah satunya kota Malang. Suasana kota Malang yang sejuk dan asri membuatnya cocok jadi pilihan destinasi wisata favorit. Tak hanya orang-orang di sekitar Jawa Timur, warga Jakarta, Bandung, Bali, dan luar kota lainnya juga suka ke Malang. Tempat wisata apa saja yang wajib dikunjungi di Malang? Pada artikel ini, kami akan mengulas rekomendasi tempat wisata di Malang yang bagus. Wisata ke Bromo, Jatim Park, sampai itinerary bulan madu di Malang juga ada! 
    Rekreasi
    232 Views
  • 10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Jogja (Terbaru Tahun 2021)
    Jogja merupakan salah satu destinasi favorit banyak wisatawan. Kota gudeg ini kaya akan budaya, sejarah, dan bentang alam yang memesona. Setiap tahun, selalu ada tempat wisata terbaru di Jogja. Makin banyaknya destinasi wisata membuat Anda harus jeli memilih. Karena itu, kami memberikan tips memilih tempat wisata terbaik di Jogja.Kami akan merekomendasikan berbagai tempat wisata yang bagus di Jogja. Misalnya, Lava Tour Merapi, gondola di Pantai Timang, dan Kalibiru. Tempat wisata di Jogja untuk keluarga juga kami rekomendasikan, seperti Sindu Kusuma Edupark dan Taman Pelangi. Selamat membaca dan merencanakan liburan!
    Rekreasi
    265 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori