• 10 Rekomendasi Antena TV Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Antena TV Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Antena TV Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Antena TV Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Antena TV Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Antena TV Indoor Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Sekarang ini, televisi menjadi perlengkapan elektronik yang wajib tersedia di dalam rumah. Untuk menikmati program televisi, Anda dapat memasang layanan TV kabel, parabola, atau menggunakan antena TV. Di pasaran sendiri, terdapat banyak sekali produk antena TV yang bagus, baik antena TV indoor maupun outdoor


Kali ini, kami akan membahas tips memilih antena TV indoor terbaik untuk Anda. Produk dari merek terkenal, seperti antena TV digital indoor PX, Aoki, dan Krisbow akan Anda temukan dalam artikel ini. Yuk, baca artikel ini sampai tuntas!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Keunggulan antena TV indoor

Keunggulan antena TV indoor

Berdasarkan penempatannya, antena TV terbagi menjadi dua jenis, yaitu antena TV indoor dan outdoor. Saat ini, banyak orang yang memilih antena TV indoor karena dinilai lebih praktis. Cara memasang antena TV indoor pun sangat mudah. Anda dapat menggantungnya di tembok atau meletakkannya di meja TV


Selain pemasangan yang mudah, adapun beberapa keunggulan antena TV indoor adalah sebagai berikut.


  • Dari sisi ukuran, antena TV indoor memiliki bentuk yang ringkas. 

  • Saat terjadi cuaca ekstrem, seperti angin kencang dan hujan deras, korsleting dapat terhindari.

  • Jika kondisi gambar kurang jernih akibat sinyal melemah, Anda dapat membetulkan posisi antena dengan mudah. 

  • Proses perbaikan saat terjadi kerusakan lebih mudah, begitu juga saat ingin membersihkannya.

Tabel perbandingan produk antena TV indoor terbaik

Gambar produk
1
Aoki Antenna TV Digital  1

Aoki

2
taffware Antena TV Digital  1

taffware

3
PX Digital TV Indoor Antenna 1

PX

4
Oase Antena TV Digital Indoor  1

Oase

5
PX Digital TV In/Outdoor Antenna   1

PX

6
PX Antena TV Digital Indoor / Outdoor  1

PX

7
Arashi Digital Antenna  1

Arashi

8
Krisbow Antena TV Indoor  1

Krisbow

9
Toyosaki  Indoor TV Antenna 1

Toyosaki

10
PX Digital TV Indoor Antenna 1

PX

Nama produk

Antenna TV Digital

Antena TV Digital

Digital TV Indoor Antenna

Antena TV Digital Indoor

Digital TV In/Outdoor Antenna

Antena TV Digital Indoor / Outdoor

Digital Antenna

Antena TV Indoor

Indoor TV Antenna

Digital TV Indoor Antenna

Keunggulan

Desainnya futuristik, penempatannya suka-suka

Harga ekonomis, kualitas mumpuni

Mau hemat penggunaan listrik? Bisa!

Gratis 33 program TV berkualitas HD

Jangkauan sinyal lebih kuat, gambar makin jernih

Selamat tinggal tampilan bersemut!

Sinyal lebih stabil berkat built-in amplifier

Desain elegan untuk mempercantik home theater

Ada lampu indikator dan dapat diputar 90 derajat

Bisa atur kekuatan sinyal dengan tuner booster

Harga mulai dariRp 210.000,00Rp 17.450,00Rp 89.000,00Rp 160.000,00Rp 329.000,00Rp 179.000,00Rp 263.000,00Rp 263.900,00Rp 117.500,00Rp 165.000,00
Rentang frekuensiUHF: 470–810 MHzVHF: 172–240 MHz・UHF: 470–860 MHzVHF: 47–230 MHz・UHV: 470–870 MHzVHF: 174–240 MHz・UHF: 470–862 MHzVHF: 47–230 MHz・UHF: 470–870 MHzVHF: 47–230 MHz・UHF: 470–870 MHzVHF: 174–230 MHz・ UHF: 470–860 MHzVHF dan UHF40–862 MHzVHF: 47–230 MHz・UHF: 470–790 MHZ
KabelJenis: 75 Ω signal cable・Panjang: 10 meter Jenis: Tidak disebutkan・Panjang: 3 mJenis: RF cable 1.5 C-2 V / IEC Male・Panjang: 175 cmJenis: kabel impedansi 75 Ω・Panjang: 3 mJenis: coaxial・Panjang: 12 mJenis: kabel coaxial・Panjang: 12 mJenis: Coaxial 2,5 C-2 V・Panjang: 10 meterTidak disebutkanTidak disebutkanJenis: coaxial 3C-2V IEC (male)・Panjang: Tidak disebutkan
BoosterAdaTidak adaTidakTidak adaAdaAdaAda (amplifier)Tidak disebutkanAdaAda
Gain30 dBi25 dB<3 dB20 dBi20 +/-3 dB20 +/-3 dB28 dBiTidak disebutkanVHF: 20 +/-3 dB・UHF 36 +/-3 dBInsertion loss VHF: <3 dB・UHF: <3d B
Tautan produk

Cara memilih antena TV indoor

Setelah Anda memahami keunggulan antena TV indoor, kini saatnya kami menjelaskan tips memilih antena TV indoor terbaik. Supaya Anda tidak salah dalam memilih antena TV indoor, jangan lewatkan penjelasan kami berikut ini, ya!

Sesuaikan dengan jenis TV yang digunakan

Sesuaikan dengan jenis TV yang digunakan

Jenis TV yang saat ini Anda miliki akan menentukan ukuran antena TV indoor yang akan digunakan. Jika Anda menggunakan TV tabung, memasang antena TV indoor berukuran kecil tidak akan menjadi masalah. Hal ini karena komponen TV tabung cenderung dapat menangkap sinyal lebih baik. Namun, jika Anda menggunakan TV LED atau LCD, pilihlah antena TV indoor yang berukuran lebih besar.


Jika dilihat dari ukurannya, antena TV indoor yang saat ini beredar di pasaran dapat dikatakan memiliki bentuk yang cukup minimalis. Sebagai contoh, antena TV digital indoor merek Oase yang memiliki dimensi 21 cm x 12 cm. Namun, bukan berarti makin besar ukurannya, makin jernih gambar yang dihasilkan. Kualitas antena TV indoor tentunya juga dipengaruhi oleh komponen dan fitur yang ditawarkan.

Perhatikan jenis dan rentang frekuensinya

Perhatikan jenis dan rentang frekuensinya

Saat Anda membeli antena TV, Anda mungkin akan menemukan kode VHF dan UHF pada kemasannya. VHF (very high frequency) dan UHF (ultra high frequency) merupakan pita frekuensi yang digunakan sebagai transmisi sinyal televisi. 


Perbedaan antara VHF dan UHF terletak pada ukurannya. Hal inilah yang menentukan jumlah saluran televisi yang Anda dapatkan. Untuk memudahkan Anda membedakan keduanya, simak penjelasan berikut ini. 


  • VHF : 30–300 MHz, mendapatkan 2 hingga 13 saluran TV

  • UHF : 300–3.000 MHz, mendapatkan lebih 14 saluran TV

Perhatikan desainnya

Perhatikan desainnya

Pada dasarnya, fungsi utama dari antena TV indoor adalah untuk menyiarkan program televisi. Namun, sebagian orang menganggap bahwa desain antena TV cukup penting untuk diperhatikan. Terlebih lagi jika rumah Anda mengusung konsep dengan gaya tertentu. 


Di toko online, Anda akan menemukan antena TV indoor dengan bentuk yang beragam, misalnya persegi, oval, dan lainnya. Untuk pemasangannya pun ada yang bisa diletakkan secara vertikal atau horisontal. 


Jika Anda ingin meletakkan secara vertikal, pastikan antena TV indoor yang Anda pilih memiliki dudukan atau penyangga. Sementara itu, jika Anda ingin ruangan terlihat rapi hindari antena TV indoor telescopic.

Pertimbangkan produk dengan kabel coaxial 75 Ω

Pertimbangkan produk dengan kabel coaxial 75 Ω

Pernahkah TV Anda mengalami masalah gambar bersemut? Selain disebabkan cuaca buruk, masalah tersebut muncul karena daya tangkap sinyal dan saluran listrik tidak berjalan dengan baik. Untuk mengatasinya, pertimbangkanlah untuk memilih antena TV indoor yang menggunakan kabel coaxial


Kabel coaxial atau sepaksi merupakan jenis kabel yang sering diaplikasikan untuk membuat antena TV. Keunggulan kabel ini adalah mampu menyalurkan sinyal listrik yang lebih besar dibanding kabel dengan kawat biasa. Untuk itu, sebelum membeli antena TV indoor, sebaiknya Anda mengecek spesifikasi kabelnya.


Salah satu jenis kabel yang bagus untuk antena TV indoor adalah kabel coaxial dengan nilai 75 Ω (Ohm). Adapun jenis kabel yang memiliki nilai impedansi listrik 75 Ω, yaitu RG 6, RG 7, dan RG 11. Secara teknis, jenis kabel ini memang didesain untuk transmisi sinyal video sehingga tangkapan sinyalnya lebih baik dibanding lainnya. 

Cek nilai gain atau kemampuan antena TV dalam menangkap sinyal

Cek nilai gain atau kemampuan antena TV dalam menangkap sinyal

Kemampuan antena TV dalam menangkap sinyal disebut dengan gain. Adapun satuan gain pada antena ditandai dengan kode dBi atau desibel. Jika angkanya makin besar, antena TV tersebut makin baik memfokuskan energi ke suatu arah. Untuk itu, cek dengan seksama nilai gain pada kemasan produk antena TV yang akan Anda gunakan. Sebagai contoh, antena TV dengan nilai gain 20 dBi tentu lebih bagus dibanding produk dengan nilai gain 10 dBi.

Untuk lokasi yang sulit sinyal, pilih produk yang disertai booster

Kekuatan sinyal pada antena TV sangat dipengaruhi oleh teknologi antena dan kondisi geografis Anda. Hal inilah yang menyebabkan adanya perbedaan kualitas gambar pada tayangan televisi di permukiman pesisir, pegunungan, dan perkotaan. Lantas, adakah alat penguat sinyal antena TV indoor dan bagaimana cara membuat kualitas gambar menjadi lebih jernih? 


Untuk meningkatkan jangkauan dan tangkapan sinyal, beberapa merek antena TV indoor sudah dilengkapi amplifier dan slot koneksi untuk booster. Dengan bantuan alat booster, tangkapan sinyal akan lebih stabil sehingga kualitas gambar yang dihasilkan menjadi lebih jernih


Selain itu, booster bukan hanya cocok untuk daerah yang sulit sinyal. Booster juga dapat menjadi solusi untuk Anda yang menggunakan dua televisi, tetapi hanya mengandalkan satu antena TV indoor.

10 Rekomendasi antena TV indoor terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk antena TV indoor terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
Rentang frekuensiVHF: 47–230 MHz・UHF: 470–790 MHZ
KabelJenis: coaxial 3C-2V IEC (male)・Panjang: Tidak disebutkan
BoosterAda
GainInsertion loss VHF: <3 dB・UHF: <3d B
9

Toyosaki Indoor TV Antenna

TYS-468SC

Mulai dari Rp 117.500,00

Rentang frekuensi40–862 MHz
KabelTidak disebutkan
BoosterAda
GainVHF: 20 +/-3 dB・UHF 36 +/-3 dB
8
Rentang frekuensiVHF dan UHF
KabelTidak disebutkan
BoosterTidak disebutkan
GainTidak disebutkan
7
Rentang frekuensiVHF: 174–230 MHz・ UHF: 470–860 MHz
KabelJenis: Coaxial 2,5 C-2 V・Panjang: 10 meter
BoosterAda (amplifier)
Gain28 dBi
6

PXAntena TV Digital Indoor / Outdoor

DA-5700

Mulai dari Rp 179.000,00

Rentang frekuensiVHF: 47–230 MHz・UHF: 470–870 MHz
KabelJenis: kabel coaxial・Panjang: 12 m
BoosterAda
Gain20 +/-3 dB
5
Rentang frekuensiVHF: 47–230 MHz・UHF: 470–870 MHz
KabelJenis: coaxial・Panjang: 12 m
BoosterAda
Gain20 +/-3 dB
4

OaseAntena TV Digital Indoor

IT-A1

Mulai dari Rp 160.000,00

Rentang frekuensiVHF: 174–240 MHz・UHF: 470–862 MHz
KabelJenis: kabel impedansi 75 Ω・Panjang: 3 m
BoosterTidak ada
Gain20 dBi
3
Rentang frekuensiVHF: 47–230 MHz・UHV: 470–870 MHz
KabelJenis: RF cable 1.5 C-2 V / IEC Male・Panjang: 175 cm
BoosterTidak
Gain<3 dB
2

taffwareAntena TV Digital

DVB-T2 TFL-D139

Mulai dari Rp 17.450,00

Rentang frekuensiVHF: 172–240 MHz・UHF: 470–860 MHz
KabelJenis: Tidak disebutkan・Panjang: 3 m
BoosterTidak ada
Gain25 dB
1
Rentang frekuensiUHF: 470–810 MHz
KabelJenis: 75 Ω signal cable・Panjang: 10 meter
BoosterAda
Gain30 dBi

Baca juga perlengkapan dan aksesori TV lainnya di sini

Selain antena TV indoor, kami juga telah menyiapkan produk perlengkapan dan aksesori TV lainnya untuk Anda. Jika Anda tertarik untuk mengetahuinya, silakan klik tautan di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Dengan banyaknya keunggulan yang ditawarkan antena TV indoor, tak heran jika lebih banyak orang yang memilihnya. Nah, kami telah mengulas produk antena TV indoor dari beragam merek. Kami juga sudah merekomendasikan produk antena TV indoor yang cocok untuk daerah susah sinyal. 


Memilih antena TV indoor tidaklah terlalu sulit. Dengan menggunakan panduan di atas, kami berharap Anda tidak lagi kesulitan untuk mencari antena TV indoor terbaik. 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siaran TV analog yang sudah mengudara di Indonesia selama ini akan diganti siaran TV digital. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program ini ditargetkan rampung pada November 2022. Anda yang masih memiliki TV analog sebaiknya segera membeli set-top box untuk tetap bisa menonton televisi.Set-top box kini sudah dijual di toko offline dan online. Kami akan menunjukkan cara memilih set-top box yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan berbagai merek set-top box terbaik, seperti Matrix, Polytron, dan Tanaka.
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belum lama ini Indonesia merilis kebijakan tentang migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari antena TV digital. Namun, masyarakat acap kali bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merek Toyosaki, SANEX, PX, OASE, atau lainnya?Artikel kali ini membahas tips memilih antena TV digital, baik untuk indoor maupun outdoor. Kami juga memberikan rekomendasi antena digital yang bagus untuk TV tabung, LED, dan LCD. Dengan begitu, tayangan televisi akan lebih jelas dan jernih. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak penjelasannya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak dari Anda yang menggunakan antena parabola untuk menangkap sinyal TV atau menonton acara dari channel luar negeri. Supaya berfungsi, parabola membutuhkan alat untuk mengirimkan sinyal dari dish ke televisi atau yang disebut receiver parabola. Agar bisa menonton acara favorit, Anda membutuhkan receiver yang sesuai dengan antena parabola yang dimiliki.Supaya tak salah pilih, kami akan memandu Anda memilih receiver parabola serta menjelaskan fungsi dan cara kerjanya. Kami juga menyiapkan rekomendasi merek receiver parabola yang bagus, seperti Nex Parabola, Matrix, K-Vision, Venus, dan Tanaka. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Smart TV akan memperkaya konten yang bisa Anda nikmati di rumah bersama keluarga. Selain menawarkan ragam tayangan hiburan, produknya memiliki teknologi yang canggih. Anda bisa menikmati konten dari YouTube dan Netflix, maupun layanan lain, seperti browser dan game.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi smart TV terbaik dari berbagai merek, seperti Samsung, Xiaomi, LG, dan lainnya. Ukurannya pun beragam, mulai dari smart TV 32 inch sampai yang 50 inch. Namun, sebelumnya akan kami jelaskan cara memilih smart TV yang bagus untuk Anda. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik? Atau, Anda sedang mencari smart TV dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merk smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV juga bervariasi, mulai 32 inch dan 43 inch.Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini sudah banyak dijual Smart TV 4K dengan harga yang bervariasi serta memiliki performa tinggi. Bahkan, beberapa Smart TV memiliki fitur-fitur tambahan yang belum pernah ada sebelumnya, lho! Tak heran apabila Anda cukup kesulitan produk seperti apa yang cocok dengan kebutuhan Anda.Kami akan merekomendasikan berbagai merek yang bagus seperti Sony, Samsung, LG, dan sebagainya untuk Anda. Sebelumnya kami juga akan memberikan penjelasan cara memilihnya terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui lebih jelas TV 4K yang Anda butuh. Mari simak terus sampai habis!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kamera Video Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera video berguna untuk merekam berbagai momen berharga. Selain itu, produknya dapat dimanfaatkan untuk shooting karya dokumenter atau film. Sony dan Panasonic adalah beberapa merek yang memproduksi kamera video terbaik. Namun, model, spesifikasi, hingga fiturnya berbeda-beda. Hal ini mungkin membuat Anda bingung saat memilih kamera video.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera video terbaik. Kami juga akan mengulas sepuluh rekomendasi produknya untuk Anda. Tidak hanya camcorder, compact digital camera juga ada. Yuk, temukan kamera video yang bagus untuk Anda di artikel ini!
    TV & perangkat video
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori