• 10 Tanaman Lidah Mertua Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Tanaman Lidah Mertua Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Tanaman Lidah Mertua Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Tanaman Lidah Mertua Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Tanaman Lidah Mertua Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Tanaman Lidah Mertua Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)

Tanaman lidah mertua bisa menjadi pilihan tepat untuk mempercantik halaman atau sudut ruangan. Tanaman asli Afrika ini memiliki bentuk daun yang unik. Selain itu, tanaman bernama lain sansivera atau Sansevieria dan snake plant ini memiliki warna serta motif yang indah.


Berbagai jenis tanaman lidah mertua dijual secara online, seperti Sansevieria trifasciata 'Laurentii'Sansevieria kirkii 'Coppertone', dan Sansevieria rorida. Untuk membantu Anda menemukan tanaman lidah mertua yang bagus, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman lidah mertua terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek lanskap kami, Setia Permana. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Setia Permana
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Arsitek lanskap, Setia Permana

Profil pakar: Arsitek lanskap, Setia Permana
Setia Permana
Landscape architect
Setia Permana

Setia adalah lulusan Arsitektur Lanskap, Institut Pertanian Bogor. Ia sudah menjadi seorang praktisi lanskap selama tiga tahun khususnya di bidang desain dan maintenance lanskap. Sebelum wisuda, Setia sudah mulai bekerja sebagai pedestrian way designer di suatu perusahaan swasta di Jakarta. Perusahaan tersebut bekerja sama dengan Dinas Bina Marga.


Setia melanjutkan kariernya membuat perancangan/redesain taman-taman yang ada di Sudirman Central Business District (SCBD) sebagai arsitek lanskap. Ia membuat rencana perawatan hingga mengevaluasi hasil perawatannya sebagai bentuk perawatan keberlanjutan.

Apa manfaat tanaman lidah mertua?

Apa manfaat tanaman lidah mertua?

Tanaman lidah mertua tidak hanya membuat rumah jadi lebih asri, tetapi juga mampu menyerap polusi dan memasok udara bersih. Hal ini berkat bahan aktif pregnan glikosida yang berfungsi mereduksi polutan menjadi asam organik, gula, dan asam amino. Dengan demikian, unsur polutan tersebut jadi tidak berbahaya lagi bagi manusia.


Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Wolfereton Environmental Service (1999), setiap helai daun Sansevieria bisa menyerap formaldehida sebanyak 0.938 ȝg per jam. Riset lainnya juga menyimpulkan hasil untuk penempatan tanaman ini di ruangan seluas 100 m³. Cukup dengan menempatkan S. trifasciata Laurentii dewasa sebanyak 5 helai, ruangan tersebut akan bebas polutan.


Selain itu, tanaman lidah mertua memiliki aroma yang khas sehingga sering dimanfaatkan untuk mengurangi bau tak sedap. Jika udara di kamar mandi dan dapur terasa kurang sedap, Anda dapat meletakkan tanaman ini di sudut ruangan.


Di pihak lain, Anda bisa memanfaatkan lidah mertua untuk merangsang pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda ambil saja gelnya dan oleskan ke rambut (seperti Anda mengoleskan lidah buaya). Tambahan lagi, cara menanam lidah mertua juga tak terlalu merepotkan karena tanaman ini tidak harus disiram setiap hari.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tanaman lidah mertua

Ada berbagai jenis tanaman lidah mertua yang dijual di situs e-commerce. Supaya Anda tidak salah memilih, kami telah menyiapkan poin-poin yang sebaiknya diperhatikan saat memilih tanaman lidah mertua. Silakan Anda simak setiap poinnya dengan saksama, ya!

Pilih berdasarkan bentuk daunnya

Jenis-jenis lidah mertua sangat beragam dan tiap jenisnya memiliki ciri khas masing-masing. Namun, Anda bisa mengklasifikasikan tanaman lidah mertua berdasarkan jenis daunnya. Ada yang berdaun pipih dan berdaun silindris. 

Pipih, ragamnya termasuk banyak

Pipih, ragamnya termasuk banyak

Tanaman lidah mertua berdaun pipih terlihat seperti pedang. Ukurannya pun bervariasi mulai dari beberapa sentimeter hingga 2 meter. Jenis lidah mertua pipih adalah yang paling banyak ditemui di Indonesia. Jenis ini bahkan sudah menjadi tanaman pekarangan. 


Karena bentuknya yang menyerupai pedang, secara psikologis akan membuat yang melihatnya merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, jenis ini sering dijadikan tanaman pembatas pagar. Namun, jika ditanam secara masal akan, jenis ini memberikan kesan yang menarik. Terutama untuk yang memiliki aksen warna kuning pada daunnya.


Selain itu, ragam tanaman lidah mertua jenis ini juga termasuk banyak, lho! Sansevieria trifasciata 'Laurentii' serta Sansevieria trifasciata 'Bantel's Sensation' adalah beberapa contohnya.


Kedua tanaman tersebut memiliki keunikan yang berbeda. Sansevieria trifasciata 'Laurentii' berwarna hijau gelap dengan motif horizontal warna hijau keabuan dan sisinya berwarna kuning. Sementara itu, Sansevieria trifasciata 'Bantel's Sensation' memiliki warna putih yang unik di bagian daunnya. Hal tersebut membuat tanaman ini sering disebut sansevieria putih.

Silindris, bentuknya unik mirip tombak

Silindris, bentuknya unik mirip tombak

Beberapa tanaman lidah mertua hidup di daerah yang lebih kering sehingga daunnya berbentuk silindris dan lebih keras. Daun yang tebal tersebut akan membantu menyimpan air lebih banyak dan menjaga daun supaya tetap lembap. Ciri khas lain dari tanaman lidah mertua berdaun silindris adalah bagian yang sudah tua cenderung memiliki kerutan.


Bentuknya yang unik menyerupai kaktus menjadi incaran bagi beberapa orang. Dibandingkan jenis pipih, jenis silindris ini lebih kokoh karena daunya terisi penuh oleh serat tanaman.


Pertumbuhannya yang lebih kokoh akan menjadi tumpang tindih dengan daun yang sudah tua. Pemotongan daun yang sudah tua diperlukan agar tanaman tetap terlihat rapi. Selain itu, daun tua yang mengkerut akan mengurangi keindahan jenis tanaman ini.


Ada banyak tanaman lidah mertua yang memiliki bentuk silindris, salah satunya adalah Sansevieria stuckyi. Tanaman yang dikenal dengan nama lain elephant tusks plant ini bisa tumbuh hingga 2 meter. Selain itu, ada Sansevieria cylindrica 'Boncel' yang memiliki ukuran hanya beberapa sentimeter saja.

Sesuaikan ukurannya dengan area penempatannya

Anda pasti akan menemukan tanaman lidah mertua yang berukuran besar dan mini. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menentukan area yang akan dihiasi dengan tanaman lidah mertua. Setelah menentukan area yang tepat, Anda bisa memilih lidah mertua berukuran besar atau mini.

Besar, membuat halaman atau ruangan lebih estetis

Besar, membuat halaman atau ruangan lebih estetis

Tanaman lidah mertua tidak memiliki batang sehingga tidak membuat ruangan jadi sempit. Walaupun demikian, tanaman yang berukuran besar sebaiknya diletakkan di ruangan yang lebih luas supaya terlihat seimbang.


Sansevieria yang besar dapat ditanam secara masif dengan area tanam yang memanjang. Sansevieria yang besar juga bisa ditanam hanya dalam satu rumpun pot untuk menjadi suatu focal point.


Jika ditanam di dalam ruangan, tanaman ini harus diperhatikan pemeliharaannya secara berkala. Pemeliharaan tersebut adalah penyiraman dan cakupan cahaya mataharinya. Ukuran yang besar tentu dapat menyimpan air yang lebih banyak. Namun, jika kekurangan cahaya matahari, Sansevieria juga akan lebih cepat membusuk.


Selain itu, pastikan Anda memperhatikan warnanya. Tanaman lidah mertua yang berwarna kontras membuat ruangan terlihat lebih cerah. Namun, Anda harus memastikan warnanya menyatu dengan skema warna ruangan. Supaya aura tanaman lebih keluar, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman dengan beragam warna dan ukuran di satu spot.


Tanaman berukuran besar juga bisa memperindah halaman. Namun, Anda harus memperhatikan pertumbuhannya karena tanaman ini bisa menjadi invasif (tidak terkontrol). Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus memangkasnya secara rutin.

Mini, cocok dijadikan hiasan untuk mempercantik meja

Mini, cocok dijadikan hiasan untuk mempercantik meja

Beberapa jenis tanaman lidah mertua memiliki ukuran yang kecil, contohnya Sansevieria trifasciata 'Hahnii'. Tanaman ini hanya memiliki panjang 6 inci sehingga cocok untuk menghiasi meja kerja atau meja ruang tamu. Keberadaan tanaman tidak hanya membuat meja terlihat lebih indah, tetapi dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi


Sansevieria mini, atau biasa disebut succulent, biasa digunakan untuk hiasan meja karena tidak memerlukan space yang besar. Selain itu, jenis ini sering ditanam secara vertikal (vertical garden) secara masif. Jenis ini juga bisa dijadikan sebagai wall decoration yang ditanam pada media tanam miring (geotextile). Anda dapat mengombinasikannya dengan jenis lain yang berukuran kecil.


Di pihak lain, tanaman tersebut akan menyediakan oksigen lebih banyak dan membuat suasana jadi lebih tenang. Anda pun bisa bekerja atau belajar dengan lebih produktif. Anda tidak perlu khawatir meja akan terasa sempit karena tanaman lidah mertua tidak memerlukan pot yang besar. Dengan demikian, space meja kerja Anda tetap luas. 

Perhatikan pertumbuhan bentuk daunnya

Perhatikan pertumbuhan bentuk daunnya

Saat Anda memilih lidah mertua, Anda akan menemukan tanaman yang daunnya melingkar (roset) dan menyamping (meristem). Kedua jenis tanaman tersebut sama-sama indah dan memiliki kelebihan. 


Pada jenis yang tergolong pertumbuhan roset akan sulit menemukan tunas baru. Oleh karena itu, Anda harus rutin melakukan pemotongan pada daun-daun yang sudah tua. Sementara itu, jenis meristem akan lebih mudah menemukan tunas baru.


Tanaman yang tergolong meristem tumbuh dengan cara melakukan pembelahan dan dapat diperbanyak dengan cara kultur jaringan. Sementara itu, tanaman yang masuk ke dalam golongan roset terlihat lebih rimbun dan daunnya saling bersilangan.


Anda dapat melakukan pembibitan pada kedua jenis tersebut melalui kultur jaringan. Caranya yaitu dengan memotong daun menjadi bagian kecil. Kemudian, letakkan dalam wadah berair (jangan sampai terendam sepenuhnya) sampai mengeluarkan akar. Setelah keluar akar, pindahkan ke media tanam tanah subur dan akan tumbuh tunas baru.

Ketahui cara perawatannya sebelum membeli

Ketahui cara perawatannya sebelum membeli

Salah satu kelebihan tanaman lidah mertua adalah bisa beradaptasi pada berbagai kondisi. Meskipun begitu, Anda tetap harus memberikan perawatan yang benar. Supaya Anda bisa merawat lidah mertua dengan baik, poin-poin berikut ini bisa dijadikan acuan.


  • Cahaya: Tanaman lidah mertua bisa bertahan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung atau tempat teduh. Namun, tanaman yang disimpan di tempat teduh cenderung tumbuh lebih lambat.

  • Air: Lidah mertua tidak boleh terlalu sering disiram karena bisa membuat akarnya membusuk. Untuk mencegah hal tersebut, Anda sebaiknya menyiram lidah mertua saat tanahnya kering.

  • Debu: Debu bisa menempel dan membuat tanaman lidah mertua terlihat kotor. Jadi, Anda harus menyekanya menggunakan kain basah.

  • Hama: Kutu putih dan tungau laba-laba merupakan dua jenis hama yang sering mengganggu tanaman lidah mertua. Untuk membasmi kedua hama tersebut, Anda bisa membasminya dengan menyemprotkan alkohol bilas dalam jumlah kecil.

  • Pemangkasan: Ujung daun lidah mertua bisa berubah menjadi cokelat. Jika demikian, Anda sebaiknya memotong satu daun utuh. Jika Anda memotong sebagian daun, tanaman akan terlihat kurang estetik karena daun yang sudah dipotong tidak akan tumbuh kembali.

Cakupan sinar matahari untuk tanaman lidah mertua harus cukup. Jika ditanam pada area indoor, tanaman Sansevieria harus dikeluarkan dan dijemur minimal satu minggu sekali. Sinar matahari yang cukup diperlukan untuk merangsang proses pembentukan makanan (fotosintesis). Sinar matahari juga bereaksi dengan klorofil untuk memberikan warna hijau daun yang baik agar tidak pucat.


Daun Sansevieria pada umumnya memiliki lapisan lilin antiair (kutikula) sehingga terlihat mengilap. Hal tersebut dapat membuat debu terperangkap pada permukaan daun Sansevieria. Oleh karena itu, diperlukan pembersihan secara rutin pada permukaan daun. Dengan demikian, pertumbuhannya tidak terhambat.

10 Rekomendasi tanaman lidah mertua terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman lidah mertua terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Setia Permana.

10
Bentuk daunSilindris
UkuranMini
Pertumbuhan daunMeristem (menyamping)
PerawatanLetakkan di tempat yang hangat serta tidak terkena cahaya matahari langsung dan siram saat tanahnya kering saja
9
Bentuk daunSilindris
UkuranBesar
Pertumbuhan daunTidak disebutkan
PerawatanBisa menerima cahaya langsung atau tidak langsung dan lakukan penyiraman 2 minggu sekali
8

Sansevieria trifasciata 'Gray Lady'

Mulai dari Rp 30.000,00

Bentuk daunPipih
UkuranBesar
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)
PerawatanDapat diletakkan di tempat terang atau teduh, tetapi pastikan tidak menyimpan tanaman ini di tempat basah
7
Bentuk daunPipih
UkuranBesar
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)
PerawatanDapat disimpan di tempat bercahaya rendah hingga terang, tetapi pastikan tak ada air yang mengenai bagian tengah tanaman saat menyiramnya
6

Sansevieria trifasciata 'Night Owl'

Mulai dari Rp 20.000,00

Bentuk daunPipih
UkuranMini
Pertumbuhan daunRoset (memutar)
PerawatanLetakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan sirami saat tanahnya kering saja
5
Bentuk daunSilindris
UkuranBesar
Pertumbuhan daunMeristem (menyamping)
PerawatanBisa diletakkan di tempat yang terkena matahari langsung dan tidak perlu terlalu sering disiram
4

Sansevieria trifasciata ‘Twisted Sister’

Mulai dari Rp 12.500,00

Bentuk daunPipih
UkuranMini
Pertumbuhan daunRoset (memutar)
PerawatanHindari menyimpan tanaman di tempat yang dingin atau terlalu panas dan jaga supaya tanah tidak basah
3
Bentuk daunPipih
UkuranMini
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)
PerawatanAkan lebih bagus jika diletakkan di tempat bercahaya sedang–terang, siram saat tanahnya kering, dan jauhkan dari tempat lembap
2
Bentuk daunPipih
UkuranBesar
Pertumbuhan daunRoset (melingkat)
PerawatanBisa diletakkan di tempat dengan berbagai kondisi cahaya dan penyiraman dua minggu sekali sudah cukup.
1
Bentuk daunPipih
UkuranBesar
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)
PerawatanSimpan di tempat terang atau teduh parsial dan siram ketika tanahnya mengering

Tabel perbandingan produk tanaman lidah mertua terbaik

Gambar produk
1
Sansevieria trifasciata 'Laurentii' 1

2
Sansevieria trifasciata 'Moonshine' 1

3
Sansevieria trifasciata 'Hahnii' 1

4
Sansevieria trifasciata ‘Twisted Sister’ 1

5
Sansevieria rorida 1

6
Sansevieria trifasciata 'Night Owl' 1

7
Sansevieria kirkii 'Coppertone' 1

8
Sansevieria trifasciata 'Gray Lady' 1

9
Sansevieria stuckyi 1

10
Sansevieria cylindrica 'Boncel' 1

Nama produk

Sansevieria trifasciata 'Laurentii'

Sansevieria trifasciata 'Moonshine'

Sansevieria trifasciata 'Hahnii'

Sansevieria trifasciata ‘Twisted Sister’

Sansevieria rorida

Sansevieria trifasciata 'Night Owl'

Sansevieria kirkii 'Coppertone'

Sansevieria trifasciata 'Gray Lady'

Sansevieria stuckyi

Sansevieria cylindrica 'Boncel'

Keunggulan

Keindahan coraknya makin tegas dengan sisian kuning

Daunnya yang pucat membuatnya terlihat lebih indah

Jendela kamar terlihat lebih estetik dengan tanaman ini

Unik! Daunnya tumbuh curly seperti spiral

Lidah mertua ini bisa bertahan di tempat panas dan dingin

Jenis Hibrida! Warnanya bisa berubah jadi lebih intens

Daunnya yang berwarna cokelat terlihat eksotis

Pertumbuhannya dapat diatur dengan mudah!

Tumbuh lurus, cocok untuk memperindah sudut ruangan

Makin banyak nutrisi yang diterima, daunnya terlihat makin gemuk

Harga mulai dariRp 2.500,00Rp 4.900,00Rp 8.000,00Rp 12.500,00Rp 20.000,00Rp 20.000,00Rp 45.000,00Rp 30.000,00Rp 10.000,00Rp 20.000,00
Bentuk daunPipihPipihPipihPipihSilindrisPipihPipihPipihSilindrisSilindris
UkuranBesarBesarMiniMiniBesarMiniBesarBesarBesarMini
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)Roset (melingkat)Roset (melingkar)Roset (memutar)Meristem (menyamping)Roset (memutar)Roset (melingkar)Roset (melingkar)Tidak disebutkanMeristem (menyamping)
PerawatanSimpan di tempat terang atau teduh parsial dan siram ketika tanahnya mengeringBisa diletakkan di tempat dengan berbagai kondisi cahaya dan penyiraman dua minggu sekali sudah cukup.Akan lebih bagus jika diletakkan di tempat bercahaya sedang–terang, siram saat tanahnya kering, dan jauhkan dari tempat lembapHindari menyimpan tanaman di tempat yang dingin atau terlalu panas dan jaga supaya tanah tidak basahBisa diletakkan di tempat yang terkena matahari langsung dan tidak perlu terlalu sering disiramLetakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan sirami saat tanahnya kering sajaDapat disimpan di tempat bercahaya rendah hingga terang, tetapi pastikan tak ada air yang mengenai bagian tengah tanaman saat menyiramnya Dapat diletakkan di tempat terang atau teduh, tetapi pastikan tidak menyimpan tanaman ini di tempat basahBisa menerima cahaya langsung atau tidak langsung dan lakukan penyiraman 2 minggu sekaliLetakkan di tempat yang hangat serta tidak terkena cahaya matahari langsung dan siram saat tanahnya kering saja
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar tanaman lidah mertua

Pertanyaan umum seputar tanaman lidah mertua

Beberapa pertanyaan seputar tanaman lidah mertua masih sering muncul ketika kami membuat artikel ini. Oleh karena itu, kami memilih tiga pertanyaan yang paling banyak ditanyakan dan akan menjawabnya di sini. 

Apakah tanaman lidah mertua berbunga?

Iya! Tanaman lidah mertua dapat mengeluarkan bunga, tetapi biasanya tidak lebih dari sekali dalam setahun. Kemungkinan tanaman untuk berbunga lebih besar terjadi pada tanaman lidah mertua yang hidup di luar ruangan sepanjang tahun.


Bunga Sansevieria terdapat dalam malai yang tumbuh tegak dari pangkal batang. Bunga Sansevieria termasuk bunga berumah dua. Hal tersebut disebabkan oleh putik dan serbuk sari yang tidak berada dalam satu kuntum bunga. Bunga yang memiliki putik disebut bunga betina sedangkan yang memiliki serbuk sari disebut bunga jantan. Bunga ini mengeluarkan aroma wangi, terutama pada malam hari.

Apakah tanaman lidah mertua beracun?

Tanaman lidah mertua mengandung saponin (zat kimia yang berfungsi sebagai pelindung tanaman). Zat tersebut ternyata beracun bagi hewan peliharaan, seperti kucing serta anjing karena bisa menyebabkan masalah pencernaan. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA).


Lidah mertua mengandung saponin sebagai insektisida dan fungisida alami. Saponin bersifat racun bagi makhluk hidup dan menyebabkan reaksi gastric jika tertelan. Reaksi tersebut di antaranya muntah atau diare pada manusia dan hewan. Selain itu, kandungan dalam tanaman hias ini bisa menyebabkan dermatitis berupa ruam atau iritasi kulit. Perlu diingat bahwa racun saponin terdapat di seluruh bagian tanaman.

Bolehkah menyimpan tanaman lidah mertua di kamar?

Anda bisa menyimpan tanaman lidah mertua di dalam kamar karena tanaman ini bisa memproduksi udara pada malam hari. Namun, pastikan Anda merawatnya dengan baik, seperti menjaga tanahnya supaya tidak terlalu lembap. Anda juga harus segera membuang daun yang menguning supaya tak membusuk di dalam kamar.


Daun lidah mertua memiliki aktivitas antibakteri, yakni dapat menyerap polutan berbahaya yang terdapat di udara. Hal ini berkat bahan aktif pregnan glikosida yang terkandung pada daun lidah mertua. Bahan aktif tersebut berfungsi untuk mereduksi polutan menjadi asam organik, gula, dan asam amino. Dengan demikian unsur polutan tersebut jadi tidak berbahaya lagi bagi manusia.

Baca juga rekomendasi tanaman hias lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi tanaman lidah mertua yang kami berikan? Semoga bisa membantu Anda menemukan tanaman yang tepat. Selain itu, kami juga memiliki artikel lain yang membahas tentang tanaman. Jika Anda tertarik untuk membacanya, silakan buka tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Tanaman lidah mertua ternyata beragam, ya! Ada yang berdaun pipih dan bisa tumbuh hingga 2 meter. Selain itu, ada pula jenis yang berukuran kerdil dan memiliki daun berbentuk silindris. Cara perawatannya pun tidak terlalu merepotkan karena tidak perlu disiram setiap hari.


Selesai sudah pembahasan mengenai tanaman lidah mertua. Semoga pembahasan dan rekomendasi produknya bisa membantu Anda menemukan tanaman lidah mertua yang tepat. Sekarang giliran Anda menentukan pilihan. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan. Umumnya jepitan baju terbuat dari plastik. Namun, ada juga beberapa produk yang terbuat dari logam dan kayu.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik yang mudah didapatkan secara online. Beberapa di antaranya adalah jepitan jemuran merek Lion Star dan Maspion. Perhatikan keunggulannya masing-masing dan temukan jepitan jemuran yang bagus dan cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Kursi Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kursi Gantung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tingginya aktivitas sehari-hari tentu bisa dengan mudah membuat Anda stres. Dengan berayun santai menggunakan kursi gantung atau hammock chair, pikiran Anda pun dapat disegarkan kembali. Saat ini tersedia berbagai jenis kursi hammock untuk indoor ataupun outdoor yang dapat dinikmati bersama keluarga.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih sekaligus memberikan rekomendasi hammock chair yang bagus. Ada beragam merek kursi gantung santai yang bisa ditemukan di pasaran, misalnya Ace Hardware. Ada juga yang terbuat dari besi atau rotan sintetis dengan harga bervariasi. Yuk, disimak!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Tak sedikit orang yang ragu menanam tanaman hias karena perawatannya. Padahal, tanaman hias tak selalu susah untuk dirawat, lho. Jika Anda tertarik menanam tanaman hias, tetapi bingung memilih tanaman yang mudah dirawat, inilah artikel untuk Anda.  Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips memilih tanaman hias yang mudah untuk dirawat bahkan oleh pemula sekalipun. Kami juga akan memberikan rekomendasi berbagai jenis tanaman hias yang bagus dan mudah dirawat seperti sirih gading, peace lily, juga Calathea lutea. Baca artikelnya sampai habis, ya.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebelum halaman belakang bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin dengan mesin mini 4 tak dan 2 tak. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merek Krisbow, BOSCH, Tasco, dan Black Decker yang terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai bujet. Simak artikelnya sampai tuntas dan dapatkan mesin potong rumput terbaik versi Anda!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tanaman Aquascape Terbaik - Ditinjau oleh Aquascaper (Terbaru Tahun 2022)
    Tampilan akuarium yang sama dari tahun ke tahun pasti membuat Anda bosan. Jika demikian, kami sarankan Anda untuk mendekorasi ulang akuarium menggunakan tanaman aquascape. Tanaman ini pasti akan memberikan suasana baru bagi akuarium di rumah Anda.Anubias barteri dan Hemianthus callitrichoides merupakan beberapa jenis tanaman aquascape yang bagus untuk dipilih. Tak ketinggalan, ada tanaman merah aquascape yaitu Ludwigia sp. 'Super Red'. Selain itu, kami juga merekomendasikan beberapa tanaman aquascape lainnya untuk mempercantik akuarium Anda. Pembahasan di artikel ini telah ditinjau oleh aquascaper kami, Alfitrah Hanif Saragih. Mari simak informasi selengkapnya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lampu Sorot Taman Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek Lanskap (Terbaru Tahun 2022)
    Selain memberikan penerangan, lampu sorot outdoor juga dapat memperindah visual taman saat malam hari. Anda bisa menyesuaikan tingkat penerangan dengan besarnya daya, seperti 5 watt, 20 watt, atau 50 watt. Pilih juga warna lampu sorot taman yang diinginkan, seperti warna kuning, putih, atau warna-warni. Kami menyarankan untuk memilih lampu LED yang antiair atau waterproof.Selain tips memilih, kami juga akan berikan rekomendasi produk dari merek yang bagus, seperti Philips, Hannochs, dan Luxmenn. Simak juga komentar dari arsitek lanskap kami, Nickyta Eleonora, untuk menambah wawasan Anda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Tanaman Hias Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara memperindah rumah adalah menghiasinya dengan tanaman. Anda bisa memulai dengan merawat tanaman hias gantung, tanaman hias daun, keladi, atau bunga. Merawat tanaman tidak hanya membuat rumah asri, tetapi juga bisa sebagai pelepas stres.Kami akan mengulas bibit tanaman hias yang bagus untuk ditanam di rumah, baik untuk indoor maupun outdoor. Tanaman tersebut di antaranya adalah monstera, janda bolong, atau sirih gading. Sebelum membaca lebih lanjut, bacalah dahulu tips memilih merek tanaman hias yang cocok ditanam di rumah Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Pupuk KCL Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pupuk kalium klorida atau pupuk KCl adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan kaliumnya. Terdapat beberapa jenis pupuk KCl di pasaran dalam bentuk serbuk kristal atau cair. Fungsi pupuk KCl di antaranya adalah untuk meningkatkan kualitas hasil panen tanaman kacang panjang, jahe, padi, jagung, cabai, dan lain-lain.Jika Anda sedang mencari pupuk yang tepat untuk pertanian, baca artikel ini sampai tuntas. Kami akan mengulas rekomendasi pupuk KCl yang bagus, seperti dari merek Mahkota, Pak Tani, serta Pupuk Kujang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Simak artikelnya sampai tuntas, ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Kangkung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Kangkung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Kangkung adalah sayuran berwarna hijau yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan C, zat besi, hingga fosfor. Kini, Anda bisa membudidayakan kangkung dengan membeli benihnya di toko online. Anda bisa menanam sayuran hijau ini di darat, air, ataupun menggunakan metode hidroponik.Agar hasil panen melimpah dan berkualitas unggul, telitilah saat memilih benih kangkung. Simak cara memilih dan menanam benih kangkung berikut ini! Tersedia juga rekomendasi merek benih kangkung yang bagus, seperti Cap Panah Merah, Infarm, dan Cap Kapal Terbang. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • Artikel populer

  • 10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Jagung Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang banyak ditemui di Indonesia. Pemanfaatannya di industri peternakan juga menjadikan tanaman ini primadona di kalangan petani. Apabila Anda ingin menanam jagung, entah secara profesional ataupun hobi, Anda harus tahu cara memilih benih jagung yang bagus.Kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan benih jagung terbaik. Akan Anda temukan jagung manis, jagung ketan, hingga jagung mutiara dari merek Cap Panah Merah, Benih Pertiwi, serta merek lainnya. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pompa Kolam Ikan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memelihara ikan di kolam idealnya harus memikirkan tentang pompa kolam yang baik dan tepat. Memberikan arus dan mengalirkan air ke filter adalah sejumlah tugas utama pompa kolam. Dengan begitu, kolam ikan Anda tetap jernih dan ikan tidak cepat mati. Terlebih apabila Anda memelihara ikan hias, seperti ikan koi atau ikan mas koki.Di artikel ini, kami akan memberikan rekomendasi merek pompa kolam ikan terbaik, seperti Sunsun, Resun, dan Wasser. Pastikan Anda juga membaca cara memilihnya agar dapat menemukan pompa kolam ikan yang bagus dan tepat. Simak ulasannya sampai selesai ya!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benih Padi Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Padi masih menjadi makanan pokok bagi mayoritas rakyat Indonesia. Tak heran jika penelitian untuk mengembangkan varietas padi unggulan terus berlangsung. Dengan lahirnya varietas benih padi baru, diharapkan hasil panen padi meningkat secara signifikan.  Banyaknya varietas padi mungkin membuat Anda bingung saat memilihnya. Dalam artikel kali ini, kami akan membagikan tips memilih benih padi terbaik. Kami juga akan merekomendasikan benih padi yang bagus dari varietas unggul seperti INPARA, INPARI, dan lainnya. Dalam menuliskan artikel ini, kami bekerja sama dengan penyuluh pertanian, Evrina Budiastuti, SP. 
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bibit Strawberry Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Harga bibit strawberry beserta jenis strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Tandon Air yang Bagus (Terbaru Tahun 2022)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar mulai dari 500 liter, 1000 liter, hingga 5000 liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air yang bagus. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merek ternama, seperti MPOIN, PENNYU, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan tangki air yang sesuai untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
  • 10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Selang Air Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Selang air menjadi salah satu benda yang wajib ada di rumah Anda. Perannya cukup penting untuk membersihkan halaman rumah dari debu atau menyiram tanaman untuk berkebun. Jenis selang air bermacam-macam. Selain selang taman, ada juga selang untuk mengalirkan air panas. Fitur selang pun beragam, misalnya selang antitekuk, selang dengan penggulung otomatis, hingga selang yang dilengkapi fitur semprotan. Kali ini, kami akan membantu Anda memilih selang air di artikel ini. Beberapa merek yang bagus dan terkenal, seperti Krisbow, Kenmaster, dan Westpex juga ada dalam daftar rekomendasi kami. Simak artikelnya sampai selesai!
    Kebun & luar ruangan
  • 8 Pupuk Urea Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    8 Pupuk Urea Terbaik - Ditinjau oleh Penyuluh Pertanian (Terbaru Tahun 2022)
    Tanaman tidak hanya membutuhkan sinar matahari dan air yang cukup. Salah satu unsur tambahan yang biasa digunakan pada tanaman hias, padi, atau jagung adalah urea. Urea merupakan senyawa organik yang tersusun dari berbagai unsur, seperti karbon, hidrogen, oksigen, hingga nitrogen. Unsur nitrogen di dalam pupuk urea inilah yang dapat memberikan vitalitas tambahan bagi tanaman.Kami akan mengulas cara memilih pupuk urea serta merekomendasikan produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti Nitrea, Urecote, dan lainnya akan kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh penyuluh pertanian kami, Evrina Budiastuti, SP.
    Kebun & luar ruangan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori