• 10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Tanaman Lidah Mertua Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Anda sedang mencari tanaman hias untuk mempercantik halaman atau sudut ruangan? Tanaman lidah mertua bisa menjadi pilihan tepat. Tanaman asli Afrika ini memiliki bentuk daun yang unik. Selain itu, tanaman bernama lain sansivera atau Sansevieria dan snake plant ini memiliki warna serta motif yang indah.


Berbagai jenis tanaman lidah mertua dijual di e-commerce, seperti Sansevieria trifasciata 'Laurentii'Sansevieria kirkii 'Coppertone', dan Sansevieria rorida. Untuk membantu Anda menemukan tanaman lidah mertua yang bagus, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman lidah mertua terbaik. Namun, Anda sebaiknya menyimak terlebih dahulu pembahasan di bawah ini!

  • Pembaharuan terakhir: 19 September 2021
  • 178 Views
Daftar isi

Apa manfaat tanaman lidah mertua?

Apa manfaat tanaman lidah mertua?

Tanaman lidah mertua tidak hanya membuat rumah jadi lebih asri, tetapi juga mampu menyerap polusi dan memasok udara bersih. Selain itu, tanaman lidah mertua memiliki aroma yang khas sehingga sering dimanfaatkan untuk mengurangi bau tak sedap. Jika udara di kamar mandi dan dapur terasa kurang sedap, Anda dapat meletakkan tanaman ini di sudut ruangan.


Di pihak lain, Anda bisa memanfaatkan lidah mertua untuk merangsang pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda ambil saja gelnya dan oleskan ke rambut (seperti Anda mengoleskan lidah buaya). Tambahan lagi, cara menanam lidah mertua juga tak terlalu merepotkan karena tanaman ini tidak harus disiram setiap hari.

Cara memilih tanaman lidah mertua

Ada berbagai jenis tanaman lidah mertua yang dijual di situs e-commerce. Supaya Anda tidak salah memilih, kami telah menyiapkan poin-poin yang sebaiknya diperhatikan saat memilih tanaman lidah mertua. Silakan Anda simak setiap poinnya dengan saksama, ya!

Pilih berdasarkan bentuk daunnya

Jenis-jenis lidah mertua sangat beragam dan tiap jenisnya memiliki ciri khas masing-masing. Namun, Anda bisa mengklasifikasikan tanaman lidah mertua berdasarkan jenis daunnya. Ada yang berdaun pipih dan berdaun silindris. 

Pipih, ragamnya termasuk banyak

Pipih, ragamnya termasuk banyak

Tanaman lidah mertua berdaun pipih terlihat seperti pedang. Ukurannya pun bervariasi mulai dari beberapa sentimeter hingga 2 meter. Selain itu, ragam tanaman lidah mertua jenis ini juga termasuk banyak, lho! Sansevieria trifasciata 'Laurentii' serta Sansevieria trifasciata 'Bantel's Sensation' adalah beberapa contohnya.


Kedua tanaman tersebut memiliki keunikan yang berbeda. Sansevieria trifasciata 'Laurentii' berwarna hijau gelap dengan motif horizontal warna hijau keabuan dan sisinya berwarna kuning. Sementara itu, Sansevieria trifasciata 'Bantel's Sensation' memiliki warna putih yang unik di bagian daunnya. Hal tersebut membuat tanaman ini sering disebut sansevieria putih.

Silindris, bentuknya unik mirip tombak

Silindris, bentuknya unik mirip tombak

Beberapa tanaman lidah mertua hidup di daerah yang lebih kering sehingga daunnya berbentuk silindris dan lebih keras. Daun yang tebal tersebut akan membantu menyimpan air lebih banyak dan menjaga daun supaya tetap lembap. Ciri khas lain dari tanaman lidah mertua berdaun silindris adalah bagian yang sudah tua cenderung memiliki kerutan.


Ada banyak tanaman lidah mertua yang memiliki bentuk silindris, salah satunya adalah Sansevieria stuckyi. Tanaman yang dikenal dengan nama lain elephant tusks plant ini bisa tumbuh hingga 2 meter. Selain itu, ada Sansevieria cylindrica 'Boncel' yang memiliki ukuran hanya beberapa sentimeter saja.

Sesuaikan ukurannya dengan area penempatannya

Anda pasti akan menemukan tanaman lidah mertua yang berukuran besar dan mini. Dalam hal ini, Anda sebaiknya menentukan area yang akan dihiasi dengan tanaman lidah mertua. Setelah menentukan area yang tepat, Anda bisa memilih lidah mertua berukuran besar atau mini.

Besar, membuat halaman atau ruangan lebih estetis

Besar, membuat halaman atau ruangan lebih estetis

Tanaman lidah mertua tidak memiliki batang sehingga tidak membuat ruangan jadi sempit. Walaupun demikian, tanaman yang berukuran besar sebaiknya diletakkan di ruangan yang lebih luas supaya terlihat seimbang.


Jika Anda berencana menyimpan tanaman lidah mertua di ruangan, pastikan Anda memperhatikan warnanya. Tanaman lidah mertua yang berwarna kontras membuat ruangan terlihat lebih cerah. Namun, Anda harus memastikan warnanya menyatu dengan skema warna ruangan. Supaya aura tanaman lebih keluar, Anda bisa meletakkan beberapa tanaman dengan beragam warna dan ukuran di satu spot.


Tanaman berukuran besar juga bisa memperindah halaman. Namun, Anda harus memperhatikan pertumbuhannya karena tanaman ini bisa menjadi invasif (tidak terkontrol). Untuk mencegah hal tersebut, Anda harus memangkasnya secara rutin.

Mini, cocok dijadikan hiasan untuk mempercantik meja

Mini, cocok dijadikan hiasan untuk mempercantik meja

Beberapa jenis tanaman lidah mertua memiliki ukuran yang kecil, contohnya Sansevieria trifasciata 'Hahnii'. Tanaman ini hanya memiliki panjang 6 inci sehingga cocok untuk menghiasi meja kerja atau meja ruang tamu. Keberadaan tanaman tidak hanya membuat meja terlihat lebih indah, tetapi dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi


Di pihak lain, tanaman tersebut akan menyediakan oksigen lebih banyak dan membuat suasana jadi lebih tenang. Anda pun bisa bekerja atau belajar dengan lebih produktif. Anda tidak perlu khawatir meja akan terasa sempit karena tanaman lidah mertua tidak memerlukan pot yang besar. Dengan demikian, space meja kerja Anda tetap luas. 

Perhatikan pertumbuhan bentuk daunnya

Perhatikan pertumbuhan bentuk daunnya

Saat Anda memilih lidah mertua, Anda akan menemukan tanaman yang daunnya melingkar (roset) dan menyamping (meristem). Kedua jenis tanaman tersebut sama-sama indah dan memiliki kelebihan. 


Tanaman yang tergolong meristem tumbuh dengan cara melakukan pembelahan dan dapat diperbanyak dengan cara kultur jaringan. Sementara itu, tanaman yang masuk ke dalam golongan roset terlihat lebih rimbun dan daunnya saling bersilangan.

Ketahui cara perawatannya sebelum membeli

Ketahui cara perawatannya sebelum membeli

Salah satu kelebihan tanaman lidah mertua adalah bisa beradaptasi pada berbagai kondisi. Meskipun begitu, Anda tetap harus memberikan perawatan yang benar. Supaya Anda bisa merawat lidah mertua dengan baik, poin-poin berikut ini bisa dijadikan acuan.


  • Cahaya: Tanaman lidah mertua bisa bertahan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung atau tempat teduh. Namun, tanaman yang disimpan di tempat teduh cenderung tumbuh lebih lambat.

  • Air: Lidah mertua tidak boleh terlalu sering disiram karena bisa membuat akarnya membusuk. Untuk mencegah hal tersebut, Anda sebaiknya menyiram lidah mertua saat tanahnya kering.

  • Debu: Debu bisa menempel dan membuat tanaman lidah mertua terlihat kotor. Jadi, Anda harus menyekanya menggunakan kain basah.

  • Hama: Kutu putih dan tungau laba-laba merupakan dua jenis hama yang sering mengganggu tanaman lidah mertua. Untuk membasmi kedua hama tersebut, Anda bisa membasminya dengan menyemprotkan alkohol bilas dalam jumlah kecil.

  • Pemangkasan: Ujung daun lidah mertua bisa berubah menjadi cokelat. Jika demikian, Anda sebaiknya memotong satu daun utuh. Jika Anda memotong sebagian daun, tanaman akan terlihat kurang estetik karena daun yang sudah dipotong tidak akan tumbuh kembali.

10 Rekomendasi tanaman lidah mertua terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh tanaman lidah mertua terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.

10
Bentuk daunSilindris
UkuranMini
Pertumbuhan daunMeristem (menyamping)
PerawatanLetakkan di tempat yang hangat serta tidak terkena cahaya matahari langsung dan siram saat tanahnya kering saja
9
Bentuk daunSilindris
UkuranBesar
Pertumbuhan daunTidak disebutkan
PerawatanBisa menerima cahaya langsung atau tidak langsung dan lakukan penyiraman 2 minggu sekali
8

Sansevieria trifasciata 'Gray Lady'

Mulai dari Rp 30.000,00

Bentuk daunPipih
UkuranBesar
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)
PerawatanDapat diletakkan di tempat terang atau teduh, tetapi pastikan tidak menyimpan tanaman ini di tempat basah
7
Bentuk daunPipih
UkuranBesar
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)
PerawatanDapat disimpan di tempat bercahaya rendah hingga terang, tetapi pastikan tak ada air yang mengenai bagian tengah tanaman saat menyiramnya
6

Sansevieria trifasciata 'Night Owl'

Mulai dari Rp 20.000,00

Bentuk daunPipih
UkuranMini
Pertumbuhan daunRoset (memutar)
PerawatanLetakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan sirami saat tanahnya kering saja
5
Bentuk daunSilindris
UkuranBesar
Pertumbuhan daunMeristem (menyamping)
PerawatanBisa diletakkan di tempat yang terkena matahari langsung dan tidak perlu terlalu sering disiram
4

Sansevieria trifasciata ‘Twisted Sister’

Mulai dari Rp 12.500,00

Bentuk daunPipih
UkuranMini
Pertumbuhan daunRoset (memutar)
PerawatanHindari menyimpan tanaman di tempat yang dingin atau terlalu panas dan jaga supaya tanah tidak basah
3
Bentuk daunPipih
UkuranMini
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)
PerawatanAkan lebih bagus jika diletakkan di tempat bercahaya sedang–terang, siram saat tanahnya kering, dan jauhkan dari tempat lembap
2
Bentuk daunPipih
UkuranBesar
Pertumbuhan daunRoset (melingkat)
PerawatanBisa diletakkan di tempat dengan berbagai kondisi cahaya dan penyiraman dua minggu sekali sudah cukup.
1
Bentuk daunPipih
UkuranBesar
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)
PerawatanSimpan di tempat terang atau teduh parsial dan siram ketika tanahnya mengering

Tabel perbandingan produk tanaman lidah mertua terbaik

Gambar produk
1
Sansevieria trifasciata 'Laurentii' 1

2
Sansevieria trifasciata 'Moonshine' 1

3
Sansevieria trifasciata 'Hahnii' 1

4
Sansevieria trifasciata ‘Twisted Sister’ 1

5
Sansevieria rorida 1

6
Sansevieria trifasciata 'Night Owl' 1

7
Sansevieria kirkii 'Coppertone' 1

8
Sansevieria trifasciata 'Gray Lady' 1

9
Sansevieria stuckyi 1

10
Sansevieria cylindrica 'Boncel' 1

Nama produk

Sansevieria trifasciata 'Laurentii'

Sansevieria trifasciata 'Moonshine'

Sansevieria trifasciata 'Hahnii'

Sansevieria trifasciata ‘Twisted Sister’

Sansevieria rorida

Sansevieria trifasciata 'Night Owl'

Sansevieria kirkii 'Coppertone'

Sansevieria trifasciata 'Gray Lady'

Sansevieria stuckyi

Sansevieria cylindrica 'Boncel'

Keunggulan

Keindahan coraknya makin tegas dengan sisian kuning

Daunnya yang pucat membuatnya terlihat lebih indah

Jendela kamar terlihat lebih estetik dengan tanaman ini

Unik! Daunnya tumbuh curly seperti spiral

Lidah mertua ini bisa bertahan di tempat panas dan dingin

Jenis Hibrida! Warnanya bisa berubah jadi lebih intens

Daunnya yang berwarna cokelat terlihat eksotis

Pertumbuhannya dapat diatur dengan mudah!

Tumbuh lurus, cocok untuk memperindah sudut ruangan

Makin banyak nutrisi yang diterima, daunnya terlihat makin gemuk

Harga mulai dariRp 2.500,00Rp 4.900,00Rp 8.000,00Rp 12.500,00Rp 20.000,00Rp 20.000,00Rp 45.000,00Rp 30.000,00Rp 10.000,00Rp 20.000,00
Bentuk daunPipihPipihPipihPipihSilindrisPipihPipihPipihSilindrisSilindris
UkuranBesarBesarMiniMiniBesarMiniBesarBesarBesarMini
Pertumbuhan daunRoset (melingkar)Roset (melingkat)Roset (melingkar)Roset (memutar)Meristem (menyamping)Roset (memutar)Roset (melingkar)Roset (melingkar)Tidak disebutkanMeristem (menyamping)
PerawatanSimpan di tempat terang atau teduh parsial dan siram ketika tanahnya mengeringBisa diletakkan di tempat dengan berbagai kondisi cahaya dan penyiraman dua minggu sekali sudah cukup.Akan lebih bagus jika diletakkan di tempat bercahaya sedang–terang, siram saat tanahnya kering, dan jauhkan dari tempat lembapHindari menyimpan tanaman di tempat yang dingin atau terlalu panas dan jaga supaya tanah tidak basahBisa diletakkan di tempat yang terkena matahari langsung dan tidak perlu terlalu sering disiramLetakkan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan sirami saat tanahnya kering sajaDapat disimpan di tempat bercahaya rendah hingga terang, tetapi pastikan tak ada air yang mengenai bagian tengah tanaman saat menyiramnya Dapat diletakkan di tempat terang atau teduh, tetapi pastikan tidak menyimpan tanaman ini di tempat basahBisa menerima cahaya langsung atau tidak langsung dan lakukan penyiraman 2 minggu sekaliLetakkan di tempat yang hangat serta tidak terkena cahaya matahari langsung dan siram saat tanahnya kering saja
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar tanaman lidah mertua

Pertanyaan umum seputar tanaman lidah mertua

Beberapa pertanyaan seputar tanaman lidah mertua masih sering muncul ketika kami membuat artikel ini. Oleh karena itu, kami memilih tiga pertanyaan yang paling banyak ditanyakan dan akan menjawabnya di sini. 

Apakah tanaman lidah mertua berbunga?

Iya! Tanaman lidah mertua dapat mengeluarkan bunga, tetapi biasanya tidak lebih dari sekali dalam setahun. Kemungkinan tanaman untuk berbunga lebih besar terjadi pada tanaman lidah mertua yang hidup di luar ruangan sepanjang tahun.

Apakah tanaman lidah mertua beracun?

Tanaman lidah mertua mengandung saponin (zat kimia yang berfungsi sebagai pelindung tanaman). Zat tersebut ternyata beracun bagi hewan peliharaan, seperti kucing serta anjing karena bisa menyebabkan masalah pencernaan. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA).

Bolehkah menyimpan tanaman lidah mertua di kamar?

Anda bisa menyimpan tanaman lidah mertua di dalam kamar karena tanaman ini bisa memproduksi udara pada malam hari. Namun, pastikan Anda merawatnya dengan baik, seperti menjaga tanahnya supaya tidak terlalu lembap. Anda juga harus segera membuang daun yang menguning supaya tak membusuk di dalam kamar.

Baca juga rekomendasi tanaman hias lainnya di sini

Bagaimana rekomendasi tanaman lidah mertua yang kami berikan? Semoga bisa membantu Anda menemukan tanaman yang tepat. Selain itu, kami juga memiliki artikel lain yang membahas tentang tanaman. Jika Anda tertarik untuk membacanya, silakan buka tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Tanaman lidah mertua ternyata beragam, ya! Ada yang berdaun pipih dan bisa tumbuh hingga 2 meter. Selain itu, ada pula jenis yang berukuran kerdil dan memiliki daun berbentuk silindris. Cara perawatannya pun tidak terlalu merepotkan karena tidak perlu disiram setiap hari.


Selesai sudah pembahasan mengenai tanaman lidah mertua. Semoga pembahasan dan rekomendasi produknya bisa membantu Anda menemukan tanaman lidah mertua yang tepat. Sekarang giliran Anda menentukan pilihan. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Gantungan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Gantungan jemuran adalah benda yang pasti selalu tersedia di semua rumah. Gantungan ini digunakan untuk mengeringkan pakaian setelah dicuci. Meskipun produk ini sederhana, Anda bisa saja kebingungan saat memilih karena banyaknya jenis yang tersedia.Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih dan memberikan rekomendasi gantungan jemuran terbaik kepada Anda. Semua produk rekomendasi telah kami pilih dengan saksama berdasarkan fitur dan manfaatnya. Produk dari IKEA dan Smart Frog juga tak lupa kami ulas. Silakan simak artikel ini!
    Kebun & luar ruangan
    4.330 Views
  • 10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jemuran Baju Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jemuran baju merupakan barang yang mudah ditemukan di tiap rumah. Dengan menggunakan jemuran baju, Anda bisa mengeringkan beragam cucian tanpa memakan banyak tempat. Meski begitu, ada juga orang yang merasa tidak puas terhadap produk jemuran baju pilihannya karena berbagai faktor.Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih jemuran baju kepada Anda. Tak lupa, kami pun akan memberikan rekomendasi jemuran baju terbaik, seperti merek IKEA, LIVEO, dan Krisbrow. Dalam artikel ini, Anda akan menemukan berbagai jemuran baju dengan ukuran, harga, bentuk, dan spesifikasi berbeda. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    49.231 Views
  • 10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Jepitan Jemuran Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu benda yang sangat dibutuhkan saat Anda ingin mengeringkan pakaian adalah jepitan jemuran. Dengan menggunakan jepitan jemuran yang tepat, mengeringkan pakaian pun akan menjadi lebih praktis dan menyenangkan.Kali ini, kami akan membahas mengenai cara memilih jepitan jemuran serta merekomendasikan produk-produk terbaik. Di antaranya adalah keluaran Ikea, Lion Star, dan Maspion. Perhatikan masing-masing keunggulan produk, dan temukan jepitan jemuran yang cocok untuk Anda!
    Kebun & luar ruangan
    3.050 Views
  • 10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Hammock Chair (Kursi Gantung) Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Hidup di kota besar yang penuh hiruk pikuk tentu mudah membuat Anda stres. Dengan berayun santai menggunakan kursi buaian gantung atau hammock chair, pikiran Anda pun dapat disegarkan kembali. Saat ini, tersedia berbagai jenis kursi gantung untuk indoor maupun outdoor yang dapat Anda nikmati bersama keluarga.Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi hammock chair terbaik. Dengan begitu, Anda pun semakin mudah menemukan produk yang tepat. Anda akan menemukan beragam hammock chair berkualitas dalam artikel ini. Silakan disimak!
    Kebun & luar ruangan
    2.258 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Herbal Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda mengalami masalah kesehatan, seperti demam, batuk, atau pilek, jangan langsung mengonsumsi obat-obatan kimia. Cobalah untuk mengganti obat tersebut dengan ekstrak tanaman herbal yang lebih alami. Tanaman herbal adalah tanaman yang mengandung zat aktif yang berguna untuk pengobatan.Kali ini, kami akan memberitahu tips memilih tanaman herbal yang kaya manfaat untuk kesehatan Anda. Ulasan mengenai rekomendasi tanaman herbal terbaik, seperti jahe, jeruk nipis, dan lidah buaya juga akan kami bagikan. Jangan lewatkan artikel berikut, ya.
    Kebun & luar ruangan
    511 Views
  • 10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tanaman Aquascape Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tampilan akuarium yang sama dari tahun ke tahun pasti membuat Anda bosan. Jika demikian, kami sarankan Anda untuk mendekorasi ulang akuarium menggunakan tanaman aquascape. Tanaman ini pasti akan memberikan suasana baru bagi akuarium di dalam rumah Anda.Ludwigia sp., Anubias barteri, dan Hemianthus callitrichoides merupakan beberapa jenis tanaman aquascape yang bisa dibeli di toko online. Dari beberapa tanaman aquascape tersebut, manakah yang paling sesuai dengan akuarium di rumah Anda? Untuk mengetahui jawabannya, bacalah cara memilih tanaman aquascape terbaik dan melihat review-nya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
    982 Views
  • 10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Media Tanam Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Media tanam adalah campuran bahan organik dan anorganik yang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan sebuah tanaman. Selain menutrisi, media tanam juga membantu formasi akar serta menampung udara dan air di dalamnya. Anda bisa meraciknya sendiri ataupun membeli produk media tanam siap pakai.Pemilihan media tanam penting karena produk yang salah dapat membuat tanaman cepat busuk atau gagal berbuah. Kami akan memberi tips cara memilih media tanam yang bagus. Kami juga merekomendasikan produk dari merek terkenal, seperti Klasmann, Trubus, dan Hydrofarm. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    1.820 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    6.645 Views
  • 10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bonsai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Masa pandemi membuat banyak orang mencoba hobi baru, salah satunya adalah merawat bonsai. Meskipun namanya diambil dari bahasa Jepang, bonsai sebenarnya ditemukan pertama kali di Tiongkok. Teknik merawat pohon yang sebenarnya berukuran besar dibuat menjadi kerdil ini memiliki kerumitan tersendiri.Namun, di situlah seni merawat bonsai sehingga tak heran harganya bisa sangat mahal. Nah, di artikel ini kami akan membahas tips memilih dan merekomendasikan beberapa bonsai yang bagus. Beberapa jenis bonsai yang menarik seperti bonsai beringin, kemboja, atau serut ada di dalam rekomendasi kami. Simak selengkapnya!
    Kebun & luar ruangan
    933 Views
  • 10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pot Bunga Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Saat mendekor kebun, Anda perlu memikirkan bentuk dan ukuran pot yang Anda butuhkan. Pot bunga memiliki jenis yang bermacam-macam. Ada pot simpel dengan harga murah dan ada juga pot artistik dengan harga tinggi. Bahan pot juga beragam, mulai dari plastik, kayu, hingga keramik. Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memilih pot bunga yang menarik. Kami juga akan merekomendasikan produk-produk yang bagus, seperti merek pot dari IKEA dan Mendekor. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Simak selengkapnya di bawah ini!
    Kebun & luar ruangan
    328 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tandon Air Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Tandon air atau toren memiliki peranan penting dalam memenuhi kebutuhan air harian banyak orang. Ukuran tandon air yang biasa digunakan berkisar antara 500 liter, 1000 liter, 5000 liter, hingga puluhan ribu liter. Jenisnya pun beragam, tergantung pada kebutuhan pemakaiannya. Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih tandon air terbaik. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi tandon air dari berbagai merk ternama, seperti Profil Tank, Penyu, dan Penguin. Mari simak artikel ini hingga selesai dan temukan toren air yang tepat untuk kebutuhan Anda.
    Kebun & luar ruangan
    9.095 Views
  • 10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Pupuk Terbaik untuk Bunga (Terbaru Tahun 2021)
    Kegiatan berkebun seperti menanam bunga kini banyak digemari masyarakat. Agar bunga bisa tumbuh dengan indah, perlu disesuaikan antara pupuk dengan jenis bunga yang ditanam. Berbagai jenis pupuk dapat ditemui di pasaran, mulai dari berbentuk cair hingga padat. Anda mungkin bertanya-tanya, pupuk jenis apa yang harus dipilih?Untuk itu, sekarang kami akan menjelaskan cara memilih pupuk untuk bunga. Kami juga akan merekomendasikan pupuk terbaik yang bisa dibeli secara online. Merek-merek yang akan Anda temui adalah GDM, Green World, dan Hydrofarm. Pastikan bunga-bunga Anda tumbuh dan bermekaran dengan indah!
    Kebun & luar ruangan
    190.840 Views
  • 10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Bibit Strawberry Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pekarangan di rumah Anda masih terlihat kosong? Coba Anda pertimbangkan untuk menanam bibit strawberry (stroberi). Halaman pasti tampak asri dan Anda pun bisa mendapatkan buah manis segar untuk dikonsumsi. Jenis dan harga bibit strawberry yang dijual di pasaran tentunya sangat beragam.Untuk mendapatkan bibit buah strawberry yang bagus di marketplace, pastikan Anda membaca tips memilih dari kami. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi bibit strawberry california, strawberry jepang, strawberry korea, dan bibit strawberry jumbo untuk Anda pilih. Jangan lupa juga menyimak tips cara menanam bibit strawberry di akhir artikel, ya!
    Kebun & luar ruangan
    6.645 Views
  • 10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Sprayer Tanaman Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Apakah Anda memiliki houseplant atau sayuran indoor yang harus disiram secara rutin? Saat menyiram tanaman indoor, Anda dapat menggunakan sprayer agar tanaman tidak terlalu basah dan membusuk. Permasalahannya, saat ini banyak sekali sprayer tanaman yang dijual dengan pelbagai jenis dan fungsi. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan rekomendasi sprayer tanaman yang mudah digunakan dan memiliki desain yang ciamik! Anda bisa memilih sprayer tanaman dari merek Tasco, Xiaomi, Hudson, dan lainnya. Jika Anda dapat menemukan sprayer tanaman kesukaan, aktivitas berkebun pun makin menyenangkan!
    Kebun & luar ruangan
    38.999 Views
  • 10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Pupuk Organik Terbaik - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Selain cahaya dan air yang cukup, tanaman juga butuh pupuk untuk bisa tumbuh sehat. Pupuk organik bisa dibilang paling aman untuk tanaman dan lingkungan karena terbuat dari bahan-bahan alami. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih pupuk organik, misalnya tujuan, jenis, dan bentuknya. Kami akan mengulas pupuk organik mulai dari perbedaannya dengan pupuk kimia buatan, tips memilihnya, hingga rekomendasi produk yang bagus. Beberapa merek terkenal, seperti EM4, Nasa, Petroganik, dan Eco Farming, kami rekomendasikan untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh gardener kami, Yuiimii. Selamat membaca!
    Kebun & luar ruangan
    3.797 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Mesin Potong Rumput Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Sebelum halaman belakang Anda bermetamorfosis menjadi hutan belantara, Anda harus segera membeli mesin potong rumput! Anda dapat memilih mesin potong rumput tipe dorong ataupun gendong. Selain itu, ada mesin yang berbahan bakar listrik, baterai, hingga bensin 4 tak dan 2 tak. Mata pisaunya pun berbeda tergantung pada tujuan penggunaan. Kami akan berbagi tips membeli dan merekomendasikan mesin potong rumput yang bagus untuk Anda. Ada merk Krisbow, BOSCH, Tasco, hingga Black Decker yang sudah terbukti performanya. Kami juga mencantumkan harga supaya Anda bisa memilih sesuai budget. Jadi, simaklah artikelnya sampai tuntas!
    Kebun & luar ruangan
    24.120 Views
  • 10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tanaman Hias Terbaik yang Mudah Dirawat - Ditinjau oleh Gardener (Terbaru Tahun 2021)
    Tanaman hias yang mudah dirawat, seperti sikas dan Monstera, sering dipakai sebagai interior tambahan untuk memberikan sentuhan fresh di suatu ruangan. Karena banyak pilihannya, Anda tidak bisa sembarangan memilih tanaman hias. Jika salah pilih, ruangan akan terlihat lebih sempit dan sulit dibersihkan.Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Melalui artikel ini, kami memberikan panduan lengkap untuk memilih tanaman yang bagus dan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Di bawah ini, terdapat rekomendasi tanaman hias terbaik yang mudah dirawat dan banyak dijual di situs online. Apa saja pilihannya?
    Kebun & luar ruangan
    41.610 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori