• 10 Kunyit Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kunyit Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kunyit Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kunyit Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kunyit Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kunyit Bubuk Terbaik - Ditinjau oleh Praktisi Herbal (Terbaru Tahun 2022)

Kunyit bubuk atau kunir bubuk dapat menjadi alternatif bila Anda tak ingin repot mengolah kunyit segar. Seperti kunyit segar, kunyit bubuk bisa digunakan untuk memasak maupun diolah sebagai jamu. Ada pula produk kunyit bubuk khusus untuk masker wajah.


Terdapat berbagai merek kunyit bubuk di pasaran, mulai dari Desaku, Koepoe-Koepoe, hingga Adabi. Banyaknya merek ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih kunyit bubuk terbaik. Pada artikel ini, kami akan memaparkan cara memilih kunyit bubuk serta rekomendasi produk yang bagus. Artikel ini sudah ditinjau oleh praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Nurrahma Asri S.
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati

Profil pakar: Praktisi herbal, Nurrahma Asri Saraswati
Nurrahma Asri S.
Praktisi herbal dan wirausaha
Nurrahma Asri S.

Asri adalah wirausaha dan juga praktisi herbal selama hampir 8 tahun. Melalui Agradaya dan warung Murakabi Minggir, Asri mengolah pangan lokal dan rempah-rempah khas Indonesia sehingga nilainya lebih tinggi. Asri juga melakukan edukasi tentang penggunaan tanaman rempah untuk keluarga serta kelompok tani.


Award yang pernah diraihnya antara lain adalah Perempuan Penjaga Bumi versi majalah Tempo 2018, CNN Indonesia Hero, dan Local Hero versi DSC X. Saat ini Asri sedang mengikuti kursus pendek mengenai Woman in Business sebagai salah satu Australian Award awardee.  

Manfaat kunyit bubuk

Manfaat kunyit bubuk

Kunyit merupakan rempah sekaligus tanaman obat yang manfaatnya sudah melanglang buana ke seluruh dunia. Agar bisa digunakan dengan praktis, kunyit segar pun banyak diolah sedemikian rupa sehingga menjadi bubuk. Bubuk kunyit ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk memasak ataupun pengobatan.


Bubuk kunyit menawarkan gizi yang baik bagi tubuh, mulai dari mineral mangan, zat besi, bahkan vitamin C. Kunyit bubuk juga mengandung senyawa spesial yang disebut kurkumin. Kurkumin inilah nutrisi yang membuat kunyit banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Pasalnya, kurkumin dilaporkan memiliki sifat antiperadangan dan antioksidan yang sangat kuat.


Ada sejumlah potensi manfaat yang ditawarkan kunyit dan kunyit bubuk. Manfaat tersebut antara lain adalah membantu meredakan nyeri, menjaga kesehatan hati, serta memelihara kesehatan sistem pencernaan. Menurut tulisan di Cancer Research UK, kunyit juga berpotensi untuk membantu menurunkan risiko kanker


Tak hanya itu, kunyit bubuk turut dapat diolah menjadi masker wajah. Masker wajah dari kunyit dapat membantu mengatasi jerawat, memulihkan luka, dan beberapa masalah kulit lainnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kunyit bubuk

Kunyit bubuk sangat mudah ditemui di toko daring, baik produk dari perusahaan besar maupun dari industri rumahan. Untuk membantu Anda memilih kunyit bubuk yang bagus, tips memilihnya di bawah ini patut untuk diperhatikan.

Pilih kunyit bubuk berdasarkan kegunaannya

Kunyit bubuk merupakan produk yang multiguna. Anda bisa memanfaatkannya sebagai bumbu masakan, jamu, bahkan masker wajah. Pilihlah kunyit bubuk berdasarkan kegunaan yang ditawarkan.

Untuk dikonsumsi, dapat diminum dan menyedapkan masakan

Untuk dikonsumsi, dapat diminum dan menyedapkan masakan

Bukan rahasia lagi bahwa kunyit bubuk dapat menambah cita rasa makanan. Rempah ini juga menjadi bahan wajib untuk berbagai resep seperti nasi kuning. Selain untuk makanan, kunyit bubuk juga dapat diolah menjadi jamu. Kandungan kurkumin-nya memberikan khasiat yang luar biasa bagi tubuh. 


Sebagian besar kunyit bubuk di pasaran dikhususkan untuk kebutuhan konsumsi. Anda bisa memilih kunyit bubuk murni yang bisa dicampur ke makanan dan minuman. Bila ingin praktis, Anda juga bisa mencari kunyit bubuk racikan yang sudah dicampur dengan bahan lain.

Untuk perawatan diri, banyak manfaatnya untuk kulit

Untuk perawatan diri, banyak manfaatnya untuk kulit

Selain untuk dikonsumsi, kunyit bubuk juga dapat diolah menjadi produk perawatan kulit. Misalnya, banyak orang memanfaatkan kunyit bubuk untuk dijadikan masker wajah. Dilansir dari Healthline yang ditinjau Debra Sullivan, Ph.D., MSN, R.N., CNE, COI, kunyit memiliki manfaat untuk kulit.


Salah satu potensi khasiat kunyit bubuk yaitu memudarkan bekas jerawat. Manfaat ini disumbangkan oleh kandungan kunyit yang bersifat antiradang. Bubuk kunyit juga membantu mencerahkan wajah, memulihkan luka, serta mengatasi pigmentasi kantong mata.


Cukup mudah menemukan produk masker wajah yang berbahan kunyit bubuk. Biasanya, kunyit bubuk untuk penggunaan ini sudah dicampur dengan bahan lain seperti oat dan kopi.

Beli kunyit bubuk berdasarkan komposisinya

Berdasarkan komposisinya, kunyit bubuk yang ada di pasaran dapat dibagi menjadi dua. Anda bisa menemukan kunyit bubuk murni dan ada pula kunyit bubuk racikan. Mari simak pembahasan selengkapnya.

Kunyit bubuk murni, bisa diolah untuk banyak keperluan

Kunyit bubuk murni, bisa diolah untuk banyak keperluan

Kebanyakan produk kunyit bubuk memiliki komposisi berupa bubuk kunyit murni. Artinya, tidak ada bahan lain yang dicampurkan dalam produk tersebut. Kunyit bubuk murni bisa Anda olah lagi di rumah untuk banyak keperluan. Anda bisa mencampurnya sebagai bumbu masakan, diolah menjadi jamu, atau untuk perawatan kulit


Ada beberapa rekomendasi kunyit bubuk murni yang bisa Anda pertimbangkan. Produk dari Desaku dan Koepoe-Koepoe sudah terjamin kualitasnya dan dipakai oleh banyak orang. Kunyit bubuk murni dari Herbilogy juga menarik untuk dicoba.

Kunyit bubuk racikan, praktis tinggal pakai saja

Kunyit bubuk racikan, praktis tinggal pakai saja

Selain kunyit bubuk murni, Anda juga bisa mempertimbangkan membeli kunyit bubuk racikan. Kunyit bubuk racikan sudah dicampurkan dengan bahan tertentu sesuai kebutuhan pembeli. Misalnya, Anda mungkin akan menemukan jamu kunyit bubuk yang sudah dicampur dengan gula pasir dan herbal lain. Ada pula kunyit bubuk yang dicampur dengan rempah lain untuk kebutuhan bumbu makanan. 


Salah satu jamu kunyit bubuk yang menggoda untuk dicoba yaitu Kunyit Asam Sido Muncul. Jamu sachet ini menawarkan kebaikan kunyit dengan asam jawa. Untuk membuatnya lebih nikmat, Sido Muncul menambahkan gula dan asam sitrat dalam produk ini.

Pertimbangkan kunyit bubuk organik

Pertimbangkan kunyit bubuk organik

Kunyit organik adalah kunyit yang proses budi dayanya tidak melibatkan pupuk kimia dan pestisida. Karena tidak terpapar bahan-bahan kimia, pupuk organik berpotensi lebih aman bagi tubuh. Anda bisa mempertimbangkan produk kunyit bubuk yang menggunakan kunyit organik. Membeli kunyit bubuk organik tentu menambah rasa aman Anda saat menggunakannya di rumah.

Prioritaskan produk yang memiliki sertifikasi

Produk bahan makanan yang memiliki sertifikasi dapat menambah rasa aman saat menggunakannya. Pada umumnya, sertifikasi produk kunyit bubuk di pasaran dapat dibagi menjadi sertifikasi BPOM serta sertifikasi P-IRT.

Sertifikasi BPOM, izin edar untuk olahan pabrik

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menjalankan tugas penting terkait peredaran obat dan makanan di Indonesia. Izin edar BPOM diperlukan untuk produk yang dihasilkan oleh produsen skala besar. Prioritaskan untuk membeli produk yang memiliki izin edar dari BPOM.


Di sisi lain, izin edar BPOM juga dapat digunakan untuk produk selain makanan, misalnya obat dan kosmetik. Kebanyakan rempah asli Indonesia, termasuk kunyit, juga bersifat farmasi atau bisa dimanfaatkan sebagai obat.

Sertifikasi P-IRT untuk industri rumahan

Sebagian produk kunyit bubuk yang beredar juga diproduksi dari industri skala kecil. Untuk meyakinkan pembeli, banyak produsen kemudian mengurus sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT). Izin ini diberikan oleh Bupati/Walikota melalui Dinas Kesehatan. 


Anda bisa mempertimbangkan produk kunyit bubuk yang memiliki sertifikasi ini. Walau dihasilkan oleh industri rumahan, sertifikasi P-IRT menandakan kelayakan produk yang Anda hendaki.

10 Rekomendasi kunyit bubuk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kunyit bubuk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee dan Tokopedia.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Nurrahma Asri Saraswati.

10

East Java & CoOrganic Ground Turmeric

Mulai dari Rp 39.400,00

Isi45 g
SertifikasiUSDA, EU, dan JAS
KomposisiKunyit organik
KegunaanMasakan
9

JinawiMongolian Powder Anti-Dark Spot Turmeric Mask

Mulai dari Rp 38.000,00

Isi30 g
Sertifikasi-
KomposisiColloidal oat, susu, kunyit, clay, minyak biji wortel, geranium
KegunaanMasker wajah
8
Isi325 g
SertifikasiHalal MUI dan P-IRT
KomposisiKunyit, gula pasir, dan rempah-rempah
KegunaanMinuman/jamu
7

LemoniloRempah Bubuk Kunyit (Ground Turmeric)

Mulai dari Rp 13.200,00

Isi40 g
SertifikasiHalal MUI
KomposisiKunyit
KegunaanMasakan, pengobatan
6
Isi30 g
SertifikasiBPOM dan Halal MUI
KomposisiKunyit dan tepung beras
KegunaanMasakan
5

Motasa IndonesiaDesaku Kunyit Bubuk

Mulai dari Rp 1.000,00

Isi7,5 g dan 10 g
SertifikasiBPOM dan Halal MUI
KomposisiKunyit
KegunaanMasakan/makanan
4
Isi100 g
SertifikasiBPOM, Halal MUI, dan GMP/CPOTB
KomposisiEkstrak kunyit bubuk
KegunaanMasakan dan minuman
3
Isi15 g
Sertifikasi-
KomposisiKunyit organik, Australian oat organik, dan black rice
KegunaanMasker wajah
2
Isi25 g per sachet
SertifikasiBPOM, KAN, dan ISO 17025
KomposisiKunyit, asam jawa, sukrosa, asam sitrat, dan garam
KegunaanMinuman
1
Isi25 g dan 1 kg
SertifikasiBPOM dan GMP
KomposisiKunyit
KegunaanSegala macam keperluan

Tabel perbandingan produk kunyit bubuk terbaik

Gambar produk
1
Koepoe-Koepoe Kunyit Bubuk 1

Koepoe-Koepoe

2
Sido Muncul Kunyit Asam 1

Sido Muncul

3
Bouticals Masker Wajah Turmeric 1

Bouticals

4
Herbilogy Turmeric Powder 1

Herbilogy

5
Motasa Indonesia Desaku Kunyit Bubuk 1

Motasa Indonesia

6
Adabi Kunyit Bubuk Campuran 1

Adabi

7
Lemonilo Rempah Bubuk Kunyit (Ground Turmeric) 1

Lemonilo

8
Ibu Sidi Sari Kunyit Instant 1

Ibu Sidi

9
Jinawi Mongolian Powder Anti-Dark Spot Turmeric Mask 1

Jinawi

10
East Java & Co Organic Ground Turmeric 1

East Java & Co

Nama produk

Kunyit Bubuk

Kunyit Asam

Masker Wajah Turmeric

Turmeric Powder

Desaku Kunyit Bubuk

Kunyit Bubuk Campuran

Rempah Bubuk Kunyit (Ground Turmeric)

Sari Kunyit Instant

Mongolian Powder Anti-Dark Spot Turmeric Mask

Organic Ground Turmeric

Keunggulan

Kunyit bubuk dari merek legendaris

Jamu kunyit siap minum dari perusahaan terkemuka

Rawat wajah dengan masker kunyit organik

Kunyit bubuk premium tanpa ampas

100% kunyit murni dalam kemasan sachet kecil yang praktis untuk sekali pakai!

Diracik dengan tepung beras untuk sedapkan beragam sajian

Berikan aroma khas untuk masakan di rumah

Dibuat dari kunyit pilihan dan bebas pengawet

Kebaikan kunyit dan bahan lain untuk wajah bersinar

Kunyit bubuk organik bersertifikasi kualitas impor!

Harga mulai dariRp 3.500,00Rp 8.400,00Rp 4.000,00Rp 93.500,00Rp 1.000,00Rp 2.500,00Rp 13.200,00Rp 36.000,00Rp 38.000,00Rp 39.400,00
Isi25 g dan 1 kg25 g per sachet15 g100 g7,5 g dan 10 g30 g40 g325 g30 g45 g
SertifikasiBPOM dan GMPBPOM, KAN, dan ISO 17025-BPOM, Halal MUI, dan GMP/CPOTBBPOM dan Halal MUIBPOM dan Halal MUIHalal MUIHalal MUI dan P-IRT-USDA, EU, dan JAS
KomposisiKunyitKunyit, asam jawa, sukrosa, asam sitrat, dan garamKunyit organik, Australian oat organik, dan black riceEkstrak kunyit bubukKunyitKunyit dan tepung berasKunyitKunyit, gula pasir, dan rempah-rempahColloidal oat, susu, kunyit, clay, minyak biji wortel, geraniumKunyit organik
KegunaanSegala macam keperluanMinumanMasker wajahMasakan dan minumanMasakan/makananMasakanMasakan, pengobatanMinuman/jamuMasker wajahMasakan
Tautan produk

Cara menyimpan kunyit bubuk agar awet

Cara menyimpan kunyit bubuk agar awet

Kunyit bubuk memang lebih praktis dan tahan lama dibanding kunyit biasa. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan cara penyimpanannya. Menyimpannya sembarangan berisiko memancing pertumbuhan jamur. Produk juga bisa menjadi tak layak pakai jika basah terkena air. 


Bila Anda membeli produk dalam kemasan plastik, pindahkanlah bubuknya ke wadah tertutup dan kedap udara. Kemudian, Anda bisa menaruh wadah ini di tempat yang kering dan jauh dari minyak. Perhatikan pula sendok yang Anda gunakan. Pastikan sendok yang dipakai benar-benar bersih tiap kali mengambil kunyit bubuk.

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Tips dari praktisi herbal kami, Nurrahma Asri Saraswati

Kunyit bubuk dapat dimanfaatkan ke dalam berbagai makanan dan minuman. Anda bisa menyeduh kunyit bubuk dengan air panas, kemudian dicampur madu atau rempah lain. Anda juga dapat memasaknya sehingga bahan aktifnya lebih keluar. 


Selain menjadi campuran bahan masakan, kunyit bubuk juga dapat digunakan untuk aneka personal care. Cobalah untuk mencampurkan kunyit bubuk ke dalam masker atau bahan baku sabun. 

Baca juga rekomendasi produk bumbu dapur bubuk lainnya di sini

Kunyit bubuk merupakan sekian dari beragam bumbu yang tersedia dalam bentuk bubuk. Kami juga sudah membahas beragam bumbu dapur bubuk lain yang bisa Anda simak dengan saksama. Simak artikel yang menarik bagi Anda melalui tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Kunyit bubuk dapat menjadi pilihan praktis untuk memenuhi beragam kebutuhan. Anda bisa memanfaatnya untuk penyedap makanan, minuman sehat, bahkan masker wajah. Namun memang, membeli produk kunyit bubuk tak bisa sembarangan. 


Tips memilih di atas bisa Anda jadikan panduan untuk mendapatkan produk kunyit bubuk yang bagus. Cek pula kandungan komposisinya dengan jeli agar Anda tak salah beli. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Sedang yang Bagus - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang hobi memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan tepung terigu. Tepungini banyak digunakan untuk membuat kue, gorengan, pasta, dan makanan ringan lain. Tepung terigu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu tepung dengan protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah.Apabila Anda membutuhkan tepung yang serbaguna, gunakan tepung terigu protein sedang. Di sini kami akan merekomendasikan beberapa merek tepung terigu protein sedang yang bagus dengan harga ekonomis. Contohnya, Segitiga Biru, Kompas, dan Bola Salju. Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Jadi, simak sampai habis, ya!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    10 Tepung Terigu Protein Rendah Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2022)
    Tepung terigu protein rendah menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan. Hal ini tidak terlepas dari manfaatnya yang dapat digunakan untuk membuat berbagai macam penganan. Misalnya saja, Anda bisa menggunakannya sebagai bahan untuk membuat kue kering hingga gorengan.Di pasaran Anda dapat menemukan berbagai merek tepung terigu protein rendah, yakni merek Lencana Merah, Kunci Biru, dan banyak lagi. Agar Anda tidak bingung memilih, kami akan memberikan tips memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan produk yang bagus. Simak ulasannya berikut, yuk! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata.
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minyak Goreng Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2022)
    Makanan yang digoreng memiliki hasil akhir yang renyah dan gurih. Rasanya pun jauh lebih nikmat dibanding dengan makanan yang direbus atau dikukus. Supaya menghasilkan gorengan yang lezat, diperlukan minyak goreng dengan kualitas yang bagus. Saat ini, ada banyak sekali merek minyak goreng yang bagus, seperti Bimoli, SunCo, Fortune, hingga Barco. Setiap produk memiliki keunggulan masing-masing.Guna mendapatkan produk yang bagus, kami akan memberikan info mengenai cara memilih minyak goreng sekaligus merekomendasikan produk untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Selamat membaca!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Extra Virgin Olive Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Extra virgin olive oil atau sering disingkat EVOO merupakan minyak zaitun murni dengan kualitas tertinggi. Tidak heran jika manfaat extra virgin olive oil lebih banyak dibandingkan minyak zaitun biasa. Anda dapat menggunakan EVOO untuk berbagai macam jenis masakan. Dikonsumsi secara langsung juga bisa. Bahkan, ada produk yang aman untuk diminum ibu hamil.Agar Anda tidak bingung, kali ini kami akan membahas tentang cara memilih extra virgin olive oil yang bagus. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Bertolli, Borges, hingga Filippo Berio. Jadi, mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Butter Terbaik - Ditinjau oleh Cooking Influencer (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda gemar membuat cake, Anda pasti sudah tidak asing dengan butter. Selain untuk bahan dasar bolu dan nastar, butter juga biasa digunakan untuk olesan roti. Butter mudah ditemui di pasaran dan terbagi menjadi dua jenis, yakni salted butter dan unsalted butter.Kami akan membahas cara memilih butter yang disertai informasi tambahan dari cooking influencer, Inov Pelawi. Beberapa merek butter yang bagus, seperti Anchor, Wijsman, Orchid, dan Golden Churn, ada dalam rekomendasi kami. Ingin tahu perbedaannya? Temukan butter terbaik yang murah, enak, dan pastinya halal untuk masakan Anda di sini!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    10 Kaldu Non MSG Terbaik - Ditinjau oleh Chef (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu bumbu pelengkap untuk membuat masakan menjadi lebih sedap ialah kaldu. Saat ini, terdapat kaldu non MSG yang tentunya lebih menyehatkan. Sudahkah Anda mengetahui merk kaldu non MSG yang enak dan bagus untuk dikonsumsi harian? Artikel yang sudah ditinjau oleh chef kami, Laire Siwi Mentari, ini akan membahas mengenai cara memilih kaldu non MSG terbaik. Kami juga akan mengulas keunggulan kaldu non MSG dari berbagai rasa, seperti ayam, sapi, dan lainnya. Merek kaldu non MSG, seperti Totole, Alsultan, hingga AlaNia juga masuk dalam daftar rekomendasi kami. Mari disimak!
    Bumbu & bahan masakan
  • 10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Saus Tomat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Saus tomat merupakan salah satu bumbu penting dalam memasak. Kandungan lycopene di dalamnya pun disebut-sebut berkhasiat bagi kecantikan dan kesehatan. Anda pasti tidak asing lagi dengan produsen saus tomat terkenal di pasaran, seperti Del Monte, ABC, hingga Heinz yang memiliki rasa khas dan keunggulan masing-masing.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih saus tomat secara umum. Kemudian, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari berbagai merek dengan membahas keunggulannya masing-masing. Mari maksimalkan penggunaan saus tomat di dapur dan meja makan Anda!
    Bumbu & bahan masakan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori