• 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaan atau penghasilan. Orang-orang menjadi makin sadar akan perencanaan keuangan, salah satunya investasi. Berkembangnya fintech memungkinkan Anda berinvestasi di rumah melalui smartphone. Namun, banyaknya pilihan aplikasi investasi yang bagus tentu membuat Anda bingung memilih.

Kami telah merangkum aplikasi investasi terbaik yang aman untuk Anda dari berbagai instrumen, seperti emas, saham, dan reksa dana. Tentunya, aplikasi investasi online yang kami rekomendasikan, seperti Pegadaian Digital atau Bibit telah terdaftar di OJK. Tak hanya itu, investasi syariah juga kami hadirkan sebagai pilihan.

  • Pembaharuan terakhir: 21 September 2021
  • 386 Views
Daftar isi

Cara memilih aplikasi investasi

Sebelum terjun ke dunia investasi, Anda harus mengenal apa saja instrumen investasi dan bagaimana profil risiko Anda. Kami akan memandu Anda memilih aplikasi yang aman dan terbaik.

Pilih berdasarkan jenis instrumen investasi

Ada beberapa instrumen investasi yang bisa Anda pertimbangkan. Instrumen investasi tersebut, di antaranya adalah deposito bank, emas digital, surat berharga negara (SBN), reksa dana, saham, dan lainnya.

Deposito bank, tabungan berjangka paling aman

Deposito bank, tabungan berjangka paling aman

Deposito bank disebut juga tabungan berjangka. Artinya, uang di rekening tidak bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu, biasanya 1, 3, 6 sampai 12 bulan. Anda akan dikenakan denda atau penalti jika mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. 


Deposito memiliki bunga yang lebih besar dari tabungan biasa. Saat ini bunga maksimal deposito menurut peraturan Bank Indonesia adalah 4,5%. Investasi pada instrumen deposito bank dinilai paling aman karena uang akan terus tumbuh


Risiko dari investasi ini hanya jika bank bangkrut. Namun, tenang saja jika Anda menempatkan deposito di bank yang sudah terdaftar Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hal ini karena dana akan diganti maksimal 2 miliar. Meskipun dinilai aman karena uang tidak mungkin berkurang, Anda tetap wajib membayar pajak sebesar 20% dari bunga deposito Anda.

Emas digital, aset pelindung nilai

Emas digital, aset pelindung nilai

Sejak zaman dahulu, emas dinilai sebagai aset investasi yang aman karena nilai lindungnya dan tak tergerus oleh inflasi. Harga emas dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan sehingga emas cocok diinvestasikan dalam jangka panjang. Dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, emas paling mudah dan cepat dicairkan. Tak hanya itu, investasi emas juga bebas pajak.


Sekarang investasi emas bisa dilakukan online sehingga Anda tak perlu ke toko emas dan menyimpan emas fisik di rumah. Penjual emas seperti Pegadaian dan Butik Emas LM Antam sudah merambah ke dunia digital. Risiko kehilangannya kecil karena emas yang Anda beli secara online akan disimpan fisiknya di penjual emas.

Surat Berharga Negara (SBN), investasi aman langsung ke pemerintah

Surat Berharga Negara (SBN), investasi aman langsung ke pemerintah

Anda dapat berinvestasi ke pemerintah dengan membeli Surat Berharga Negara (SBN). Instrumen investasi ini dinilai aman karena SBN diterbitkan oleh Pemerintah RI. Instrumen investasi ini tergolong laris karena bunga yang dibanderol mencapai lebih dari 6% per tahun. SBN sangat menggiurkan karena bunganya tidak akan berubah sampai jangka waktu yang telah ditetapkan.


Ada dua jenis SBN yang diluncurkan Pemerintah RI:

  • Surat Utang Negara (SUN) yang dikelola secara konvensional, terdiri dari Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Saving Bond Ritel (SBR).
  • Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang menggunakan prinsip syariah, terdiri dari Sukuk Ritel (SR) dan Sukuk Tabungan (ST).


Minimum pembeliannya relatif terjangkau, yaitu Rp1.000.000,00. Sama dengan deposito bank, investor SBN tetap wajib membayar pajak. Namun, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 91 Tahun 2021, pajak yang dikenakan hanya 10% dari bunga yang didapat.

Reksa dana, investasi mudah yang dikelola manajer investasi

Reksa dana, investasi mudah yang dikelola manajer investasi

Reksa dana adalah instrumen investasi yang lumayan populer akhir-akhir ini. Instrumen investasi ini dinilai paling mudah karena dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh manajer investasi (MI). Instrumen investasi ini juga tergolong terjangkau karena hanya dengan Rp10.000,00 saja Anda bisa investasi reksa dana.


Ada beberapa jenis reksa dana, seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap/obligasi, reksa dana saham, dan reksa dana campuran. Reksa dana dapat dibeli di agen penjual reksa dana (APERD). Beberapa APERD yang ada di Indonesia adalah Bibit, Bareksa, IPOT, dan bank-bank konvensional.

Saham, investasi dengan return paling tinggi

Saham, investasi dengan return paling tinggi

Saham adalah instrumen investasi yang diterbitkan oleh perusahaan yang ingin mendapatkan modal dari masyarakat. Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia, hidup dari investasi saham. Hal itu karena instrumen saham dinilai memiliki tingkat return paling tinggi. Pergerakan harga saham di Indonesia diukur oleh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). 


Anda dapat membeli saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) di broker-broker saham. Investasi saham dapat mendorong perusahaan tumbuh dan berkembang karena modal dari Anda. Namun, Anda juga harus jeli memilih saham mana yang hendak Anda beli karena naik-turunnya saham bisa terjadi kapan saja. 


Untuk mengurangi risiko, Anda dapat berinvestasi di saham-saham yang tergolong blue chip. Pilih saham dari perusahaan yang mapan dan sehat secara finansial, seperti Bank BCA (BBCA), Bank BRI (BBRI), dan Telkom Indonesia (TLKM).

Aset kripto, investasi mata uang masa depan

Aset kripto, investasi mata uang masa depan

Aset kripto merupakan instrumen investasi yang sedang naik daun. Bagaimana tidak, dalam waktu relatif singkat, Anda dapat mendapatkan keuntungan hingga 80%. Bahkan, return dari kripto bisa berkali-kali lipat jika investasi Anda dimulai sejak bertahun-tahun yang lalu. 


Kripto yang disebut sebagai aset investasi masa depan merupakan mata uang digital terdesentralisasi. Artinya, ia tidak membutuhkan bank sentral seperti dolar atau rupiah. Pergerakan harga aset kripto dapat dipantau real time selama 7 hari 24 jam


Sebagai instrumen investasi yang sangat menggiurkan, kripto juga mempunyai risiko yang sangat tinggi. Karena itu, Anda wajib melakukan diversifikasi ke instrumen investasi lainnya. Harga kripto dapat dengan cepat naik dan dapat dengan cepat pula turunnya. Beberapa aset kripto yang populer adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), US Dollar Token (USDT), Binance Coin (BNB).

Valuta asing, manfaatkan nilai tukar tinggi

Valuta asing, manfaatkan nilai tukar tinggi

Valuta asing atau valas adalah investasi yang memanfaatkan naik-turunnya harga mata uang asing terhadap mata uang lainnya. Dengan kata lain, Anda bisa membeli valas pada harga rendah untuk kemudian Anda jual kembali saat harga tinggi. Keuntungan yang didapat adalah dari selisih harga tersebut.


Aplikasi mobile banking bank-bank di Indonesia sudah menyediakan mata uang asing yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi valas secara online. Beberapa mata uang yang populer antara lain adalah: 


  • Dolar Amerika Serikat (USD)
  • Dolar Singapura (SGD)
  • Dolar Australia (AUD)
  • Euro (EUR)
  • Poundsterling (GBP)
  • Yen (JPY)

Kenali profil risiko Anda

Ada beberapa jenis profil risiko berdasarkan toleransi Anda terhadap risiko investasi atau seberapa Anda menoleransi kerugian terhadap investasi. Pembahasan ini akan dibagi menjadi tiga, yaitu rendah, menengah, dan tinggi.

Risiko rendah, bagi Anda yang konservatif

Risiko rendah, bagi Anda yang konservatif

Jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang relatif pendek, yakni kurang dari setahun, Anda memiliki profil risiko rendah. Profil risiko ini juga cocok bagi yang memiliki ketergantungan pada investasi ini. 


Pemilik profil risiko rendah biasanya memiliki harapan mendapatkan keuntungan berapa pun. Asalkan, dana investasinya tetap aman dan terhindar dari kerugian lebih dari 10%. Jika begitu, Anda cocok berinvestasi di instrumen deposito bank, reksa dana pasar uang, SBN, dan emas digital.

Risiko menengah, bagi Anda yang moderat

Risiko menengah, bagi Anda yang moderat

Jika Anda punya rencana investasi dalam kurun waktu 1 sampai 5 tahun, Anda mempunyai profil risiko menengah atau moderat. Selain memiliki ketergantungan pada keuntungan investasi ini, Anda juga mempunyai penghasilan lain. 


Anda menginginkan keuntungan yang tinggi, tetapi Anda tidak dapat menoleransi kerugian di atas 20%. Instrumen investasi yang cocok untuk Anda adalah emas digital, reksa dana pendapatan tetap/obligasi, SBN, dan saham blue chip.

Risiko tinggi, bagi Anda yang agresif

Risiko tinggi, bagi Anda yang agresif

Profil risiko ini cocok bagi Anda ingin berinvestasi jangka panjang atau lebih dari 5 tahun. Instrumen investasi profil risiko ini mempunyai tingkat risiko yang tinggi. Anda sebaiknya melakukan diversifikasi ke berbagai instrumen investasi untuk menghindari kerugian yang tidak diinginkan. 


Anda harus dapat menoleransi kerugian lebih dari 30%, bahkan Anda berisiko kehilangan semua dana yang Anda investasikan. Beberapa instrumen yang cocok untuk Anda adalah valuta asing, reksa dana saham, saham, dan aset kripto.

Pastikan pilihan investasi Anda aman

Setelah Anda mengetahui jenis instrumen investasi dan profil risiko, pastikan Anda berinvestasi di aplikasi yang aman dan tepercaya. Ada beberapa cara untuk memastikan aplikasi investasi aman. Anda bisa membaca detailnya di bawah ini.

Ulasan aplikasi dapat mencegah hal bersifat teknis

Ulasan aplikasi dapat mencegah hal bersifat teknis

Membaca ulasan tentang aplikasi investasi dapat mencegah Anda mengalami hal-hal yang bersifat teknis. Di Google Play Store dan App Store, Anda dapat membaca komentar pengguna seputar pendaftaran, verifikasi identitas, serta UI/UX


Selain itu, Anda bisa membaca kemudahan atau kesulitan top up, kelancaran pencairan dana, dan sebagainya. Sebaiknya, baca dulu ulasan kritis agar Anda tidak kecewa nantinya. Ulasan sempurna juga dapat membantu Anda mengetahui keunggulan aplikasi dibandingkan dengan yang lainnya.

Kepastian perusahaan membantu Anda mengecek keamanan aplikasi

Kepastian perusahaan membantu Anda mengecek keamanan aplikasi

Sebagian nama perusahaan aplikasi mempunyai nama yang berbeda dengan nama aplikasi. Misalnya, aplikasi Pluang memiliki nama perusahaan PG Berjangka dan aplikasi IPOT memiliki nama broker/perusahaan Indo Premier Sekuritas. 


Biasanya, nama perusahaannya tercantum di detail informasi aplikasi. Setelah itu, Anda dapat memastikan bahwa perusahaan itu benar-benar ada dengan cara searching di Google atau mesin pencarian lainnya.

Aplikasi yang aman telah berizin regulator resmi

Aplikasi yang aman telah berizin regulator resmi

Selanjutnya, Anda dapat mengecek apakah perusahaan tersebut telah mengantongi izin dari regulator resmi di Indonesia. 


  • Untuk perusahaan perbankan yang menyediakan instrumen deposito bank dan valuta asing: Pastikan bank tersebut diawasi oleh OJK dan telah menjadi peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  • Untuk mitra penjual SBN: Anda bisa melihatnya di website resmi pemerintah selaku penerbit SBN. 
  • Untuk perusahaan perdagangan saham dan reksa dana: Pastikan telah memiliki izin dari OJK. 
  • Untuk perusahaan perdagangan aset digital seperti emas dan kripto: Pastikan perusahaan sudah memiliki izin dari OJK atau BAPPEBTI. 
  • Khusus untuk investor saham dan reksa dana: Anda dapat memastikan seluruh kepemilikan investasi Anda melalui website resmi Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Pertimbangkan pilihan investasi syariah

Pertimbangkan pilihan investasi syariah

Untuk kaum Muslim, Anda bisa mempertimbangkan juga investasi syariah. Sebenarnya, investasi syariah sama seperti investasi konvensional, hanya saja instrumen investasi akan disesuaikan dengan syariat Islam. Dana investasi tidak akan ditempatkan di perusahaan perbankan konvensional atau tidak ditempatkan di perusahaan yang memproduksi makanan nonhalal.


Saat ini, beberapa aplikasi sudah mendukung preferensi syariah yang membatasi Anda untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan tersebut. Misalnya, di Bibit, ketika Anda memilih preferensi syariah, pilihan reksa dana konvensional tidak akan muncul. Lain lagi di IPOT Syariah, Anda akan diperingatkan jika perusahaan yang akan Anda beli dinilai tidak sesuai syariat Islam.

10 Rekomendasi aplikasi investasi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi investasi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.

10
Rating di Google Play3,7 dari 5
Rating di App Store2,5 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiEmas
Minimal investasiRp50.000
IzinOJK
Preferensi syariahTidak (terdapat aplikasi tersendiri: Pegadaian Syariah Digital)
9

Indo Premier SekuritasIPOT - Investing, News, Education, Financial Plan

Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store3,2 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiSaham, reksa dana
Minimal investasi1 lot
IzinOJK
Preferensi syariahYa
8

Ajaib TechnologiesAjaib - Smart Investing in Stocks and Mutual Funds

Rating di Google Play4,1 dari 5
Rating di App Store3,8 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiSaham, reksa dana
Minimal investasi1 lot
IzinOJK, IDX, Kominfo, AKSes KSEI
Preferensi syariahTidak
7
Rating di Google Play4,3 dari 5
Rating di App Store3,6 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiDeposito bank, valuta asing, SBN, obligasi, reksa dana
Minimal investasiRp1
IzinOJK, LPS, Kominfo
Preferensi syariahTidak
6

PG BerjangkaPluang -Investasi Emas, Reksa Dana, Saham, Bitcoin

Rating di Google Play4,2 dari 5
Rating di App Store4,0 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiEmas, reksa dana, indeks saham global, aset kripto
Minimal investasiRp10.000
IzinOJK, BAPPEBTI, Kominfo
Preferensi syariahTidak
5

StockbitStockbit - Investasi Saham Indonesia Online

Rating di Google Play4,3 dari 5
Rating di App Store4,2 dari 5
BerbayarX (berbayar untuk akses kelas profesional saja)
Jenis investasiSaham
Minimal investasi1 lot
Otoritas/PengawasOJK, IDX
Preferensi syariahTidak
4

Mercato Digital AsiaTanamduit – Investasi & Asuransi

Rating di Google Play4,0 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiEmas, reksa dana, SBN
Minimal investasiRp10.000
IzinOJK, Kominfo, Kementerian Keuangan
Preferensi syariahTidak disebutkan
3

Bareksa Portal InvestasiBareksa - Investasi Reksadana & SBN Online

Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,7 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiReksa dana, SBN
Minimal investasiRp10.000
IzinOJK
Preferensi syariahYa
2

Bibit Tumbuh BersamaBibit - Investasi Reksadana Otomatis

Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiReksa dana
Minimal invetasiRp10.000
IzinOJK
Preferensi syariahYa
1
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiReksa dana
Minimal investasiRp10.000
IzinOJK
Preferensi syariahTidak disebutkan

Tabel perbandingan aplikasi investasi terbaik

Gambar produk
1
Inovasi Finansial Teknologi Makmur 1

Inovasi Finansial Teknologi

2
Bibit Tumbuh Bersama Bibit - Investasi Reksadana Otomatis 1

Bibit Tumbuh Bersama

3
Bareksa Portal Investasi Bareksa - Investasi Reksadana & SBN Online 1

Bareksa Portal Investasi

4
Mercato Digital Asia Tanamduit – Investasi & Asuransi 1

Mercato Digital Asia

5
Stockbit Stockbit - Investasi Saham Indonesia Online 1

Stockbit

6
PG Berjangka Pluang -Investasi Emas, Reksa Dana, Saham, Bitcoin 1

PG Berjangka

7
Bank DBS Indonesia Digibank by DBS 1

Bank DBS Indonesia

8
Ajaib Technologies Ajaib - Smart Investing in Stocks and Mutual Funds 1

Ajaib Technologies

9
Indo Premier Sekuritas IPOT - Investing, News, Education, Financial Plan 1

Indo Premier Sekuritas

10
Pegadaian Pegadaian Digital 1

Pegadaian

Nama produk

Makmur

Bibit - Investasi Reksadana Otomatis

Bareksa - Investasi Reksadana & SBN Online

Tanamduit – Investasi & Asuransi

Stockbit - Investasi Saham Indonesia Online

Pluang -Investasi Emas, Reksa Dana, Saham, Bitcoin

Digibank by DBS

Ajaib - Smart Investing in Stocks and Mutual Funds

IPOT - Investing, News, Education, Financial Plan

Pegadaian Digital

Keunggulan

Investasi mudah dengan resep dari investor profesional

Diversifikasi reksa dana otomatis dengan fitur robo advisor

Investasi reksa dana, SBN, dan umrah semudah belanja online

Investasi dan asuransi dalam satu aplikasi

Investasi saham sambil belajar? Bisa!

Satu aplikasi beragam investasi

Beragam investasi di aplikasi bank teraman di Asia

Cara cerdas investasi saham dan reksa dana

Investasi saham dan reksa dana dengan fitur lengkap dan canggih

Investasi aman, masa depan nyaman di aplikasi BUMN

Rating di Google Play4,6 dari 54,6 dari 54,6 dari 54,0 dari 54,3 dari 54,2 dari 54,3 dari 54,1 dari 54,6 dari 53,7 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 54,8 dari 54,7 dari 54,6 dari 54,2 dari 54,0 dari 53,6 dari 53,8 dari 53,2 dari 52,5 dari 5
BerbayarXXXXX (berbayar untuk akses kelas profesional saja)XXXXX
Jenis investasiReksa danaReksa danaReksa dana, SBNEmas, reksa dana, SBNSahamEmas, reksa dana, indeks saham global, aset kriptoDeposito bank, valuta asing, SBN, obligasi, reksa danaSaham, reksa danaSaham, reksa danaEmas
Minimal invetasiRp10.000Rp10.000Rp10.000Rp10.0001 lotRp10.000Rp11 lot1 lotRp50.000
IzinOJKOJKOJKOJK, Kominfo, Kementerian KeuanganOJK, IDXOJK, BAPPEBTI, KominfoOJK, LPS, KominfoOJK, IDX, Kominfo, AKSes KSEIOJKOJK
Preferensi syariahTidak disebutkanYaYaTidak disebutkanTidakTidakTidakTidakYaTidak (terdapat aplikasi tersendiri: Pegadaian Syariah Digital)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi buku untuk belajar investasi lainnya di sini

Selain aplikasi investasi, kami juga memiliki artikel rekomendasi lainnya tentang investasi. Silakan baca artikel-artikel berikut untuk memperkaya wawasan Anda tentang investasi.

Kesimpulan

Di atas sudah dipaparkan instrumen investasi, profil risiko, dan cara memilih aplikasi untuk memudahkan Anda memilih instrumen investasi. Selain harus memakai uang dingin yang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, Anda juga mesti bijak mempertimbangkan risiko dari investasi.


Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda. Lalu, pilihlah aplikasi yang sudah terdaftar oleh regulator resmi. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu keuntungan dari investasi Anda. Semoga berhasil!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ada banyak cara untuk belajar bahasa Korea. Jika Anda menginginkan metode belajar yang praktis, mudah, dan gratis, aplikasi belajar bahasa Korea adalah solusinya. Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel Android dan iOS. Beberapa aplikasi bahkan memungkinkan Anda untuk mengaksesnya secara offline atau tanpa koneksi internet.Pada kesempatan ini, kami akan menyajikan tips memilih aplikasi belajar bahasa Korea terbaik untuk Anda. Rekomendasi aplikasi belajar bahasa Korea yang bagus, seperti Eggbun, Drops, LingoDeer, dan Duolingo juga telah kami siapkan. Bagi Anda yang membutuhkan, jangan sampai melewatkan ulasan lengkapnya, ya!
    Aplikasi
    717 Views
  • 10 Rekomendasi Game Memasak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Memasak Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Game memasak menjadi salah satu genre permainan di handphone yang memiliki banyak peminat. Tidak hanya mengasyikkan, game memasak terbaik akan melatih kepekaan, kecepatan, sekaligus rasa sabar ketika dimainkan. Menariknya, Anda bisa memainkan game memasak secara online ataupun offline. Terdapat banyak jenis game memasak yang bagus dan cukup populer seperti Diner DASH atau Cooking Fever. Meski demikian, tiap-tiap aplikasi menawarkan keunikannya masing-masing. Namun, sebelum mulai memainkan game memasak yang seru dan terbaru, pastikan bahwa smartphone Anda mendukung, ya!
    Aplikasi
    270 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Instagram adalah media sosial yang sedang digandrungi saat ini. Penggunanya berlomba-lomba menampilkan foto-foto terbaik, khususnya para content creator dan selebgram. Perlu Anda sadari, tidak semua foto adalah hasil foto apa adanya. Rata-rata foto tersebut tampak lebih instagrammable karena diedit dengan aplikasi foto editor.Untuk itu, kami akan membahas aplikasi edit foto di Android dan iOS untuk Anda. Ada aplikasi yang sudah cukup dikenal, seperti VSCO, Snapspeed, dan Adobe Lightroom. Namun, di luar ketiga aplikasi tersebut masih ada aplikasi foto editor lainnya yang bagus. Jika Anda penasaran, silakan simak artikel ini. 
    Aplikasi
    317 Views
  • 10 Rekomendasi Game Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu game yang memberikan kepuasan tersendiri adalah game desain rumah. Detail grafisnya pun menarik untuk dinikmati. Anda bisa menemukan banyak game desain rumah yang bagus dan bisa Anda download di Android ataupun iOS. Sebut saja game House Flipper, My Home, dan Kawaii Home Design.Sebelumnya, ketahuilah beberapa tips memilih aplikasi game desain rumah terbaik yang bisa Anda mainkan. Anda bisa memilih game desain rumah offline ataupun online, serta yang gratis tanpa koin. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis untuk menemukan game desain rumah terbaik versi Anda!
    Aplikasi
    246 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Ibu Hamil (Terbaru Tahun 2021)
    Kemajuan teknologi memudahkan para ibu hamil untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan. Bahkan, sekarang ini banyak tersedia aplikasi untuk ibu hamil yang bagus, seperti Pregnancy+, Ovia Pregnancy Tracker, dan Hallobumil. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa Anda download melalui Google Play dan App Store. Namun, dari banyaknya pilihan aplikasi, aplikasi mana yang tepat untuk Anda? Pada artikel kali ini, kami akan membahas seputar aplikasi untuk ibu hamil. Berbagai tips memilih aplikasi hingga review rekomendasi aplikasi untuk ibu hamil akan kami sajikan untuk Anda. Jadi, silakan Anda baca artikel ini sampai habis. 
    Aplikasi
    467 Views
  • 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2021)
    Role-playing game atau RPG adalah game di mana Anda berperan menjadi karakter di dalamnya. Cerita yang ditawarkan di dalam game RPG membuat permainan menjadi lebih seru. Ada banyak game RPG bagus, baik gratis maupun berbayar, yang bisa Anda download di Android.Kali ini kami akan berbagi informasi tips memilih game RPG terbaik di Android. Anda juga bisa menemukan game RPG terbaik yang bisa dimainkan secara online dan offline. Stardew Valley, Citampi Stories, Pokemon Masters EX, dan Eternium ada dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, langsung saja simak artikelnya!
    Aplikasi
    1.406 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2021)
    Komik berasal dari kata comic dalam bahasa Inggris yang berarti sesuatu yang menghibur. Ada juga yang menyatakan bahwa komik berasal dari bahasa Yunani kuno, yakni komos yang berarti bercanda. Namun, sekarang komik lebih dikenal sebagai media mengekspresikan ide dalam gambar yang dikombinasikan dengan tulisan.Di zaman yang serba digital ini, komik hadir dalam bentuk komik online yang bisa Anda baca lewat aplikasi. Webtoon, Kakaopage, dan Mangatoon adalah beberapa contoh aplikasi baca komik terbaik. Jika Anda ingin tahu lebih jauh soal aplikasi baca komik yang bagus, silakan baca artikel ini sampai habis. 
    Aplikasi
    954 Views
  • 10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Mengasah Otak (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Terbaik untuk Mengasah Otak (Terbaru Tahun 2021)
    Banyak orang mengisi waktu senggangnya dengan bermain game di smartphone. Namun, selain mengisi waktu, ternyata beberapa game juga mampu mengasah kemampuan otak Anda. Peak, 2048, dan Brain Dots adalah beberapa contoh game asah otak yang bagus. Selain ketiga game tersebut, Anda ratusan game asah otak lainnya yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Agar Anda tidak kebingungan menentukan game asah otak yang recommended untuk diunduh, simaklah artikel ini. Kami akan memberikan tips memilih game yang bagus beserta rekomendasi game seru untuk mengasah otak. Selamat membaca!
    Aplikasi
    111 Views
  • 10 Rekomendasi Game Strategi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Strategi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menyusun strategi untuk memenangkan permainan menjadi hal yang seru bagi sebagian orang. Jika Anda adalah salah satunya, Anda sedang membaca artikel yang tepat. Kali ini kami akan membahas game strategi yang bisa Anda mainkan secara online ataupun offline di Android dan iOS. Plants vs. Zombies, Mobile Legends, dan Clash of Clans adalah beberapa game strategi yang seru dan bagus. Game strategi perang mungkin menjadi jenis game yang banyak dimainkan. Namun, masih banyak game strategi lainnya yang tak kalah seru. Yuk, langsung saja simak artikelnya sampai habis!
    Aplikasi
    115 Views
  • 10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Podcast Indonesia Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Dahulu, orang-orang lebih suka mendengarkan siaran radio untuk menemani macet di jalan. Sekarang, trennya bergeser sedikit ke podcast. Salah satu keunikan podcast adalah siapa saja bisa menjadi penyiar atau podcaster, mulai dari orang biasa hingga profesional. Imbasnya, konten podcast jadi sangat bervariasi, misalnya seputar obrolan ringan, cinta, kesehatan mental, bisnis, hingga kisah horor.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih podcast Indonesia dengan konten yang bagus. Kami juga akan memilihkan sepuluh rekomendasi podcast Indonesia terbaik, seperti Makna Talks, Rapot, atau Podkesmas. Sedang mencari podcast untuk didengarkan di Spotify? Simak artikelnya!
    Aplikasi
    71 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2021)
    Role-playing game atau RPG adalah game di mana Anda berperan menjadi karakter di dalamnya. Cerita yang ditawarkan di dalam game RPG membuat permainan menjadi lebih seru. Ada banyak game RPG bagus, baik gratis maupun berbayar, yang bisa Anda download di Android.Kali ini kami akan berbagi informasi tips memilih game RPG terbaik di Android. Anda juga bisa menemukan game RPG terbaik yang bisa dimainkan secara online dan offline. Stardew Valley, Citampi Stories, Pokemon Masters EX, dan Eternium ada dalam daftar rekomendasi kami. Yuk, langsung saja simak artikelnya!
    Aplikasi
    1.406 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Baca Komik (Terbaru Tahun 2021)
    Komik berasal dari kata comic dalam bahasa Inggris yang berarti sesuatu yang menghibur. Ada juga yang menyatakan bahwa komik berasal dari bahasa Yunani kuno, yakni komos yang berarti bercanda. Namun, sekarang komik lebih dikenal sebagai media mengekspresikan ide dalam gambar yang dikombinasikan dengan tulisan.Di zaman yang serba digital ini, komik hadir dalam bentuk komik online yang bisa Anda baca lewat aplikasi. Webtoon, Kakaopage, dan Mangatoon adalah beberapa contoh aplikasi baca komik terbaik. Jika Anda ingin tahu lebih jauh soal aplikasi baca komik yang bagus, silakan baca artikel ini sampai habis. 
    Aplikasi
    954 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2021)
    Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
    443 Views
  • 10 Rekomendasi Game Dress Up Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Dress Up Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika dahulu ada paper doll ataupun Barbie girl yang bisa Anda gonta-ganti bajunya, kini ada dress up games yang lebih praktis di smartphone. Secara keseluruhan, game dress up bisa Anda download secara free di Google Play ataupun App Store. Dalam game ini Anda bisa melakukan styling pakaian lengkap dan membuat karakter.Anda bisa menemukan beberapa game dress up yang bagus, seperti Love Nikki, Covet Fashion, bahkan game dress up hijab. Game sederhana ini cocok dimainkan oleh anak-anak sampai orang dewasa untuk mengisi waktu luang. Langsung saja simak artikel ini, ya.
    Aplikasi
    607 Views
  • 10 Rekomendasi Game Puzzle Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Puzzle Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bermain game di smartphone sejenak akan membuat Anda merasa lebih rileks. Salah satu kategori game yang mudah dimainkan oleh segala usia adalah puzzle atau teka-teki. Ada banyak game puzzle terbaik, seperti tetris, jigsaw puzzle, dan block puzzle. Kali ini kami membahas game puzzle yang bagus untuk Anda download di Android ataupun iOS.Kami akan merekomendasikan beberapa game puzzle online dari berbagai developer, seperti Ustwo Games dengan Monument Valley, Infinity Games, dan Draw Me a Pixel. Simak dahulu tips dari kami untuk menemukan aplikasi game puzzle menarik di Android. Selamat membaca!
    Aplikasi
    1.379 Views
  • 10 Rekomendasi Game Farming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Game Farming Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lelah dengan hidup perkotaan dan ingin mencoba bertani? Tak perlu repot-repot karena Anda bisa mendapatkannya di dalam game farming. Aplikasi game farming di smartphone dapat membantu Anda merasa lebih rileks setelah penat bekerja. Anda pun bisa memilih online game ataupun offline game.Anda bisa memainkan berbagai game farming yang bagus dan terbaik, seperti FarmVille dan Stardew Valley. Namun, ketahui dahulu keunikan tiap-tiap aplikasi game farming yang ada sebelum Anda download di Android ataupun iOS. Beberapa aplikasi pun bisa Anda mainkan di PC. Yuk, langsung saja simak artikel ini sampai habis!
    Aplikasi
    462 Views
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Aplikasi Desain Rumah Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Jika dahulu mendesain rumah hanya bisa dilakukan di PC ataupun laptop, kini Anda bisa melakukannya melalui smartphone. Anda bisa menemukan banyak aplikasi desain rumah yang bagus, yakni Houzz, Magicplan, Homestyler, dan Planner 5D dengan tampilan 3D. Semuanya bisa Anda download untuk Android ataupun iOS, bahkan bisa terkoneksi dengan PC.Beragam fitur menarik ditawarkan dalam sebuah aplikasi desain rumah, seperti floor plan dan interior design, bisa didapatkan gratis. Sebelum memilih, ada poin-poin yang perlu Anda pertimbangkan terlebih dahulu. Yuk, langsung simak artikel ini agar Anda bisa menemukan aplikasi yang bagus!
    Aplikasi
    212 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori