• 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Investasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia mengakibatkan banyak orang kehilangan pekerjaan atau penghasilan. Orang-orang menjadi makin sadar akan perencanaan keuangan, salah satunya investasi. Berkembangnya fintech memungkinkan Anda berinvestasi di rumah melalui smartphone. Namun, banyaknya pilihan aplikasi investasi yang bagus tentu membuat Anda bingung memilih.

Kami telah merangkum aplikasi investasi terbaik yang aman untuk Anda dari berbagai instrumen, seperti emas, saham, dan reksa dana. Tentunya, aplikasi investasi online yang kami rekomendasikan, seperti Pegadaian Digital atau Bibit telah terdaftar di OJK. Tak hanya itu, investasi syariah juga kami hadirkan sebagai pilihan.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih aplikasi investasi

Sebelum terjun ke dunia investasi, Anda harus mengenal apa saja instrumen investasi dan bagaimana profil risiko Anda. Kami akan memandu Anda memilih aplikasi yang aman dan terbaik.

Pilih berdasarkan jenis instrumen investasi

Ada beberapa instrumen investasi yang bisa Anda pertimbangkan. Instrumen investasi tersebut, di antaranya adalah deposito bank, emas digital, surat berharga negara (SBN), reksa dana, saham, dan lainnya.

Deposito bank, tabungan berjangka paling aman

Deposito bank, tabungan berjangka paling aman

Deposito bank disebut juga tabungan berjangka. Artinya, uang di rekening tidak bisa dicairkan dalam jangka waktu tertentu, biasanya 1, 3, 6 sampai 12 bulan. Anda akan dikenakan denda atau penalti jika mencairkan deposito sebelum jatuh tempo. 


Deposito memiliki bunga yang lebih besar dari tabungan biasa. Saat ini bunga maksimal deposito menurut peraturan Bank Indonesia adalah 4,5%. Investasi pada instrumen deposito bank dinilai paling aman karena uang akan terus tumbuh


Risiko dari investasi ini hanya jika bank bangkrut. Namun, tenang saja jika Anda menempatkan deposito di bank yang sudah terdaftar Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Hal ini karena dana akan diganti maksimal 2 miliar. Meskipun dinilai aman karena uang tidak mungkin berkurang, Anda tetap wajib membayar pajak sebesar 20% dari bunga deposito Anda.

Emas digital, aset pelindung nilai

Emas digital, aset pelindung nilai

Sejak zaman dahulu, emas dinilai sebagai aset investasi yang aman karena nilai lindungnya dan tak tergerus oleh inflasi. Harga emas dari tahun ke tahun juga mengalami peningkatan sehingga emas cocok diinvestasikan dalam jangka panjang. Dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, emas paling mudah dan cepat dicairkan. Tak hanya itu, investasi emas juga bebas pajak.


Sekarang investasi emas bisa dilakukan online sehingga Anda tak perlu ke toko emas dan menyimpan emas fisik di rumah. Penjual emas seperti Pegadaian dan Butik Emas LM Antam sudah merambah ke dunia digital. Risiko kehilangannya kecil karena emas yang Anda beli secara online akan disimpan fisiknya di penjual emas.

Surat Berharga Negara (SBN), investasi aman langsung ke pemerintah

Surat Berharga Negara (SBN), investasi aman langsung ke pemerintah

Anda dapat berinvestasi ke pemerintah dengan membeli Surat Berharga Negara (SBN). Instrumen investasi ini dinilai aman karena SBN diterbitkan oleh Pemerintah RI. Instrumen investasi ini tergolong laris karena bunga yang dibanderol mencapai lebih dari 6% per tahun. SBN sangat menggiurkan karena bunganya tidak akan berubah sampai jangka waktu yang telah ditetapkan.


Ada dua jenis SBN yang diluncurkan Pemerintah RI:

  • Surat Utang Negara (SUN) yang dikelola secara konvensional, terdiri dari Obligasi Negara Ritel (ORI) dan Saving Bond Ritel (SBR).
  • Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) yang menggunakan prinsip syariah, terdiri dari Sukuk Ritel (SR) dan Sukuk Tabungan (ST).


Minimum pembeliannya relatif terjangkau, yaitu Rp1.000.000,00. Sama dengan deposito bank, investor SBN tetap wajib membayar pajak. Namun, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 91 Tahun 2021, pajak yang dikenakan hanya 10% dari bunga yang didapat.

Reksa dana, investasi mudah yang dikelola manajer investasi

Reksa dana, investasi mudah yang dikelola manajer investasi

Reksa dana adalah instrumen investasi yang lumayan populer akhir-akhir ini. Instrumen investasi ini dinilai paling mudah karena dana yang Anda investasikan akan dikelola oleh manajer investasi (MI). Instrumen investasi ini juga tergolong terjangkau karena hanya dengan Rp10.000,00 saja Anda bisa investasi reksa dana.


Ada beberapa jenis reksa dana, seperti reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap/obligasi, reksa dana saham, dan reksa dana campuran. Reksa dana dapat dibeli di agen penjual reksa dana (APERD). Beberapa APERD yang ada di Indonesia adalah Bibit, Bareksa, IPOT, dan bank-bank konvensional.

Saham, investasi dengan return paling tinggi

Saham, investasi dengan return paling tinggi

Saham adalah instrumen investasi yang diterbitkan oleh perusahaan yang ingin mendapatkan modal dari masyarakat. Warren Buffet, salah satu orang terkaya di dunia, hidup dari investasi saham. Hal itu karena instrumen saham dinilai memiliki tingkat return paling tinggi. Pergerakan harga saham di Indonesia diukur oleh Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). 


Anda dapat membeli saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) di broker-broker saham. Investasi saham dapat mendorong perusahaan tumbuh dan berkembang karena modal dari Anda. Namun, Anda juga harus jeli memilih saham mana yang hendak Anda beli karena naik-turunnya saham bisa terjadi kapan saja. 


Untuk mengurangi risiko, Anda dapat berinvestasi di saham-saham yang tergolong blue chip. Pilih saham dari perusahaan yang mapan dan sehat secara finansial, seperti Bank BCA (BBCA), Bank BRI (BBRI), dan Telkom Indonesia (TLKM).

Aset kripto, investasi mata uang masa depan

Aset kripto, investasi mata uang masa depan

Aset kripto merupakan instrumen investasi yang sedang naik daun. Bagaimana tidak, dalam waktu relatif singkat, Anda dapat mendapatkan keuntungan hingga 80%. Bahkan, return dari kripto bisa berkali-kali lipat jika investasi Anda dimulai sejak bertahun-tahun yang lalu. 


Kripto yang disebut sebagai aset investasi masa depan merupakan mata uang digital terdesentralisasi. Artinya, ia tidak membutuhkan bank sentral seperti dolar atau rupiah. Pergerakan harga aset kripto dapat dipantau real time selama 7 hari 24 jam


Sebagai instrumen investasi yang sangat menggiurkan, kripto juga mempunyai risiko yang sangat tinggi. Karena itu, Anda wajib melakukan diversifikasi ke instrumen investasi lainnya. Harga kripto dapat dengan cepat naik dan dapat dengan cepat pula turunnya. Beberapa aset kripto yang populer adalah Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), US Dollar Token (USDT), Binance Coin (BNB).

Valuta asing, manfaatkan nilai tukar tinggi

Valuta asing, manfaatkan nilai tukar tinggi

Valuta asing atau valas adalah investasi yang memanfaatkan naik-turunnya harga mata uang asing terhadap mata uang lainnya. Dengan kata lain, Anda bisa membeli valas pada harga rendah untuk kemudian Anda jual kembali saat harga tinggi. Keuntungan yang didapat adalah dari selisih harga tersebut.


Aplikasi mobile banking bank-bank di Indonesia sudah menyediakan mata uang asing yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi valas secara online. Beberapa mata uang yang populer antara lain adalah: 


  • Dolar Amerika Serikat (USD)
  • Dolar Singapura (SGD)
  • Dolar Australia (AUD)
  • Euro (EUR)
  • Poundsterling (GBP)
  • Yen (JPY)

Kenali profil risiko Anda

Ada beberapa jenis profil risiko berdasarkan toleransi Anda terhadap risiko investasi atau seberapa Anda menoleransi kerugian terhadap investasi. Pembahasan ini akan dibagi menjadi tiga, yaitu rendah, menengah, dan tinggi.

Risiko rendah, bagi Anda yang konservatif

Risiko rendah, bagi Anda yang konservatif

Jika Anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu yang relatif pendek, yakni kurang dari setahun, Anda memiliki profil risiko rendah. Profil risiko ini juga cocok bagi yang memiliki ketergantungan pada investasi ini. 


Pemilik profil risiko rendah biasanya memiliki harapan mendapatkan keuntungan berapa pun. Asalkan, dana investasinya tetap aman dan terhindar dari kerugian lebih dari 10%. Jika begitu, Anda cocok berinvestasi di instrumen deposito bank, reksa dana pasar uang, SBN, dan emas digital.

Risiko menengah, bagi Anda yang moderat

Risiko menengah, bagi Anda yang moderat

Jika Anda punya rencana investasi dalam kurun waktu 1 sampai 5 tahun, Anda mempunyai profil risiko menengah atau moderat. Selain memiliki ketergantungan pada keuntungan investasi ini, Anda juga mempunyai penghasilan lain. 


Anda menginginkan keuntungan yang tinggi, tetapi Anda tidak dapat menoleransi kerugian di atas 20%. Instrumen investasi yang cocok untuk Anda adalah emas digital, reksa dana pendapatan tetap/obligasi, SBN, dan saham blue chip.

Risiko tinggi, bagi Anda yang agresif

Risiko tinggi, bagi Anda yang agresif

Profil risiko ini cocok bagi Anda ingin berinvestasi jangka panjang atau lebih dari 5 tahun. Instrumen investasi profil risiko ini mempunyai tingkat risiko yang tinggi. Anda sebaiknya melakukan diversifikasi ke berbagai instrumen investasi untuk menghindari kerugian yang tidak diinginkan. 


Anda harus dapat menoleransi kerugian lebih dari 30%, bahkan Anda berisiko kehilangan semua dana yang Anda investasikan. Beberapa instrumen yang cocok untuk Anda adalah valuta asing, reksa dana saham, saham, dan aset kripto.

Pastikan pilihan investasi Anda aman

Setelah Anda mengetahui jenis instrumen investasi dan profil risiko, pastikan Anda berinvestasi di aplikasi yang aman dan tepercaya. Ada beberapa cara untuk memastikan aplikasi investasi aman. Anda bisa membaca detailnya di bawah ini.

Ulasan aplikasi dapat mencegah hal bersifat teknis

Ulasan aplikasi dapat mencegah hal bersifat teknis

Membaca ulasan tentang aplikasi investasi dapat mencegah Anda mengalami hal-hal yang bersifat teknis. Di Google Play Store dan App Store, Anda dapat membaca komentar pengguna seputar pendaftaran, verifikasi identitas, serta UI/UX


Selain itu, Anda bisa membaca kemudahan atau kesulitan top up, kelancaran pencairan dana, dan sebagainya. Sebaiknya, baca dulu ulasan kritis agar Anda tidak kecewa nantinya. Ulasan sempurna juga dapat membantu Anda mengetahui keunggulan aplikasi dibandingkan dengan yang lainnya.

Kepastian perusahaan membantu Anda mengecek keamanan aplikasi

Kepastian perusahaan membantu Anda mengecek keamanan aplikasi

Sebagian nama perusahaan aplikasi mempunyai nama yang berbeda dengan nama aplikasi. Misalnya, aplikasi Pluang memiliki nama perusahaan PG Berjangka dan aplikasi IPOT memiliki nama broker/perusahaan Indo Premier Sekuritas. 


Biasanya, nama perusahaannya tercantum di detail informasi aplikasi. Setelah itu, Anda dapat memastikan bahwa perusahaan itu benar-benar ada dengan cara searching di Google atau mesin pencarian lainnya.

Aplikasi yang aman telah berizin regulator resmi

Aplikasi yang aman telah berizin regulator resmi

Selanjutnya, Anda dapat mengecek apakah perusahaan tersebut telah mengantongi izin dari regulator resmi di Indonesia. 


  • Untuk perusahaan perbankan yang menyediakan instrumen deposito bank dan valuta asing: Pastikan bank tersebut diawasi oleh OJK dan telah menjadi peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).
  • Untuk mitra penjual SBN: Anda bisa melihatnya di website resmi pemerintah selaku penerbit SBN. 
  • Untuk perusahaan perdagangan saham dan reksa dana: Pastikan telah memiliki izin dari OJK. 
  • Untuk perusahaan perdagangan aset digital seperti emas dan kripto: Pastikan perusahaan sudah memiliki izin dari OJK atau BAPPEBTI. 
  • Khusus untuk investor saham dan reksa dana: Anda dapat memastikan seluruh kepemilikan investasi Anda melalui website resmi Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Pertimbangkan pilihan investasi syariah

Pertimbangkan pilihan investasi syariah

Untuk kaum Muslim, Anda bisa mempertimbangkan juga investasi syariah. Sebenarnya, investasi syariah sama seperti investasi konvensional, hanya saja instrumen investasi akan disesuaikan dengan syariat Islam. Dana investasi tidak akan ditempatkan di perusahaan perbankan konvensional atau tidak ditempatkan di perusahaan yang memproduksi makanan nonhalal.


Saat ini, beberapa aplikasi sudah mendukung preferensi syariah yang membatasi Anda untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan tersebut. Misalnya, di Bibit, ketika Anda memilih preferensi syariah, pilihan reksa dana konvensional tidak akan muncul. Lain lagi di IPOT Syariah, Anda akan diperingatkan jika perusahaan yang akan Anda beli dinilai tidak sesuai syariat Islam.

10 Rekomendasi aplikasi investasi terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi investasi terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.

10
Rating di Google Play3,7 dari 5
Rating di App Store2,5 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiEmas
Minimal investasiRp50.000
IzinOJK
Preferensi syariahTidak (terdapat aplikasi tersendiri: Pegadaian Syariah Digital)
9

Indo Premier SekuritasIPOT - Investing, News, Education, Financial Plan

Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store3,2 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiSaham, reksa dana
Minimal investasi1 lot
IzinOJK
Preferensi syariahYa
8

Ajaib TechnologiesAjaib - Smart Investing in Stocks and Mutual Funds

Rating di Google Play4,1 dari 5
Rating di App Store3,8 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiSaham, reksa dana
Minimal investasi1 lot
IzinOJK, IDX, Kominfo, AKSes KSEI
Preferensi syariahTidak
7
Rating di Google Play4,3 dari 5
Rating di App Store3,6 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiDeposito bank, valuta asing, SBN, obligasi, reksa dana
Minimal investasiRp1
IzinOJK, LPS, Kominfo
Preferensi syariahTidak
6

PG BerjangkaPluang -Investasi Emas, Reksa Dana, Saham, Bitcoin

Rating di Google Play4,2 dari 5
Rating di App Store4,0 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiEmas, reksa dana, indeks saham global, aset kripto
Minimal investasiRp10.000
IzinOJK, BAPPEBTI, Kominfo
Preferensi syariahTidak
5

StockbitStockbit - Investasi Saham Indonesia Online

Rating di Google Play4,3 dari 5
Rating di App Store4,2 dari 5
BerbayarX (berbayar untuk akses kelas profesional saja)
Jenis investasiSaham
Minimal investasi1 lot
Otoritas/PengawasOJK, IDX
Preferensi syariahTidak
4

Mercato Digital AsiaTanamduit – Investasi & Asuransi

Rating di Google Play4,0 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiEmas, reksa dana, SBN
Minimal investasiRp10.000
IzinOJK, Kominfo, Kementerian Keuangan
Preferensi syariahTidak disebutkan
3

Bareksa Portal InvestasiBareksa - Investasi Reksadana & SBN Online

Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,7 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiReksa dana, SBN
Minimal investasiRp10.000
IzinOJK
Preferensi syariahYa
2

Bibit Tumbuh BersamaBibit - Investasi Reksadana Otomatis

Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiReksa dana
Minimal invetasiRp10.000
IzinOJK
Preferensi syariahYa
1
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5
BerbayarX
Jenis investasiReksa dana
Minimal investasiRp10.000
IzinOJK
Preferensi syariahTidak disebutkan

Tabel perbandingan aplikasi investasi terbaik

Gambar produk
1
Inovasi Finansial Teknologi Makmur 1

Inovasi Finansial Teknologi

2
Bibit Tumbuh Bersama Bibit - Investasi Reksadana Otomatis 1

Bibit Tumbuh Bersama

3
Bareksa Portal Investasi Bareksa - Investasi Reksadana & SBN Online 1

Bareksa Portal Investasi

4
Mercato Digital Asia Tanamduit – Investasi & Asuransi 1

Mercato Digital Asia

5
Stockbit Stockbit - Investasi Saham Indonesia Online 1

Stockbit

6
PG Berjangka Pluang -Investasi Emas, Reksa Dana, Saham, Bitcoin 1

PG Berjangka

7
Bank DBS Indonesia Digibank by DBS 1

Bank DBS Indonesia

8
Ajaib Technologies Ajaib - Smart Investing in Stocks and Mutual Funds 1

Ajaib Technologies

9
Indo Premier Sekuritas IPOT - Investing, News, Education, Financial Plan 1

Indo Premier Sekuritas

10
Pegadaian Pegadaian Digital 1

Pegadaian

Nama produk

Makmur

Bibit - Investasi Reksadana Otomatis

Bareksa - Investasi Reksadana & SBN Online

Tanamduit – Investasi & Asuransi

Stockbit - Investasi Saham Indonesia Online

Pluang -Investasi Emas, Reksa Dana, Saham, Bitcoin

Digibank by DBS

Ajaib - Smart Investing in Stocks and Mutual Funds

IPOT - Investing, News, Education, Financial Plan

Pegadaian Digital

Keunggulan

Investasi mudah dengan resep dari investor profesional

Diversifikasi reksa dana otomatis dengan fitur robo advisor

Investasi reksa dana, SBN, dan umrah semudah belanja online

Investasi dan asuransi dalam satu aplikasi

Investasi saham sambil belajar? Bisa!

Satu aplikasi beragam investasi

Beragam investasi di aplikasi bank teraman di Asia

Cara cerdas investasi saham dan reksa dana

Investasi saham dan reksa dana dengan fitur lengkap dan canggih

Investasi aman, masa depan nyaman di aplikasi BUMN

Rating di Google Play4,6 dari 54,6 dari 54,6 dari 54,0 dari 54,3 dari 54,2 dari 54,3 dari 54,1 dari 54,6 dari 53,7 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 54,8 dari 54,7 dari 54,6 dari 54,2 dari 54,0 dari 53,6 dari 53,8 dari 53,2 dari 52,5 dari 5
BerbayarXXXXX (berbayar untuk akses kelas profesional saja)XXXXX
Jenis investasiReksa danaReksa danaReksa dana, SBNEmas, reksa dana, SBNSahamEmas, reksa dana, indeks saham global, aset kriptoDeposito bank, valuta asing, SBN, obligasi, reksa danaSaham, reksa danaSaham, reksa danaEmas
Minimal invetasiRp10.000Rp10.000Rp10.000Rp10.0001 lotRp10.000Rp11 lot1 lotRp50.000
IzinOJKOJKOJKOJK, Kominfo, Kementerian KeuanganOJK, IDXOJK, BAPPEBTI, KominfoOJK, LPS, KominfoOJK, IDX, Kominfo, AKSes KSEIOJKOJK
Preferensi syariahTidak disebutkanYaYaTidak disebutkanTidakTidakTidakTidakYaTidak (terdapat aplikasi tersendiri: Pegadaian Syariah Digital)
Tautan produk

Baca juga rekomendasi buku untuk belajar investasi lainnya di sini

Selain aplikasi investasi, kami juga memiliki artikel rekomendasi lainnya tentang investasi. Silakan baca artikel-artikel berikut untuk memperkaya wawasan Anda tentang investasi.

Kesimpulan

Di atas sudah dipaparkan instrumen investasi, profil risiko, dan cara memilih aplikasi untuk memudahkan Anda memilih instrumen investasi. Selain harus memakai uang dingin yang tidak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, Anda juga mesti bijak mempertimbangkan risiko dari investasi.


Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan profil risiko Anda. Lalu, pilihlah aplikasi yang sudah terdaftar oleh regulator resmi. Selanjutnya, Anda tinggal menunggu keuntungan dari investasi Anda. Semoga berhasil!

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pencatatan pemasukan dan pengeluaran keuangan secara berkala merupakan sesuatu yang penting. Dengan cara ini Anda bisa lebih mudah dalam mengatur keuangan. Tenang! Anda tidak perlu pusing melakukan kegiatan tersebut secara manual karena sekarang sudah ada aplikasi pengatur keuangan.Tersedia banyak aplikasi pengatur keuangan dengan beragam tujuan mulai dari melacak pengeluaran hingga perencanaan pensiun. Nah, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan yang bagus, seperti Mint atau PocketGuard. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa tips dalam menentukan aplikasi pengatur keuangan terbaik. Pastikan jangan salah pilih, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Survival Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Survival Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game survival adalah game yang mengharuskan Anda untuk bertahan hidup dalam permainan. Game yang satu ini tergolong genre game action dan adventure (pertualangan). Genre game yang sangat memacu adrenalin ini dapat Anda download di PC, Android, ataupun iOS. Kali ini kami akan membahas game survival untuk smartphone.State of Survival, LifeAfter, dan Last Day on Earth adalah beberapa contoh game survival multiplayer terbaik. Game survival bertema zombie juga paling banyak disukai. Anda juga bisa menemukan game survival offline yang bagus. Yuk, langsung saja simak ulasan kami kali ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Olahraga Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Olahraga Lari Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Lari adalah olahraga yang sederhana karena Anda tak memerlukan banyak perlengkapan. Lari juga menyehatkan karena dapat meningkatkan stamina Anda. Namun, jangan asal melakukan olahraga lari, ya. Pastikan Anda selalu melakukan tracking kebiasaan lari Anda menggunakan aplikasi lari yang bagus dan gratis.Runkeeper, Strava, dan Relive adalah beberapa aplikasi olahraga lari terbaik yang bisa Anda download di Android dan iOS. Fitur-fitur dari aplikasi olahraga lari akan membantu Anda mengetahui kecepatan lari serta jarak lari Anda. Yuk, langsung saja simak artikel ini dan temukan aplikasi olahraga lari yang cocok untuk Anda!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Meeting Online (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Meeting Online (Terbaru Tahun 2022)
    Akibat pandemi COVID-19, Work From Home (WFH) kini menjadi aktivitas normal yang dijalani para pekerja. WFH bertujuan untuk mengurangi kerumunan dan interaksi langsung. Berbagai urusan pekerjaan dilakukan secara remote, termasuk rapat. Menjalani meeting online tentu membutuhkan aplikasi penunjang yang bagus dan sesuai. Aplikasi meeting online yang sering digunakan yaitu Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, GoToMeeting, dan lainnya. Aplikasi terbaik hadir secara gratis ataupun berbayar dengan fitur unggulan yang berbeda-beda. Melalui artikel ini, kami akan membantu menyajikan cara memilih serta rekomendasi aplikasi terbaik untuk meeting online untuk Anda. 
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Perkembangan teknologi makin mempermudah pekerjaan manusia. Anda mungkin pernah bolak-balik rental komputer atau warnet hanya untuk keperluan scan dokumen. Dengan menginstal aplikasi scan dokumen di ponsel, hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Anda bisa memindai dokumen Anda langsung melalui ponsel Anda.Di Google Play dan App Store banyak terdapat berbagai merek aplikasi scan dokumen. Hal tersebut mungkin membuat Anda bingung mencari aplikasi yang sesuai. Kami akan menunjukkan cara memilih aplikasi scan dokumen yang bagus. Aplikasi scan dokumen terbaik seperti Microsoft Lens, Adobe Scan, dan CamScanner ada dalam rekomendasi kami.
    Aplikasi
  • 10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik - Ditinjau oleh Dosen Bahasa Jepang (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara menambah skill adalah dengan menguasai bahasa asing, termasuk bahasa Jepang atau nihongo. Anda bisa belajar bahasa Jepang secara gratis, baik online maupun offline menggunakan aplikasi. Menariknya, ada banyak aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang bisa Anda unduh ke ponsel Android ataupun iOS.Pilihan levelnya tersedia untuk pemula dan lanjutan. Berbagai aplikasi untuk belajar bahasa jepang yang populer, seperti LingoDeer, JA Sensei, dan Busuu cukup menarik untuk dicoba. Artikel ini sudah ditinjau oleh dosen program studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang kami, Astera Khirana. Selamat membaca!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Software Recording Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Software Recording Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kini merekam audio merupakan aktivitas yang banyak dilakoni, terutama oleh para content creator. Untuk menunjang aktivitas tersebut, software recording menjadi peranti penting yang wajib ada. Berbagai software recording untuk PC ataupun laptop dapat Anda jumpai dan unduh dengan mudah. Namun, banyaknya software yang tersedia mungkin membuat Anda kebingungan untuk memilih yang terbaik.Untuk itulah kami akan memberikan tips memilih software recording yang bagus dan sesuai kebutuhan. Tak lupa, rekomendasi software recording terbaik juga akan kami bagikan. Mulai dari Fruity Loops, Audacity, hingga Nuendo akan kami ulas. Simak artikel selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bank Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makin maraknya pembayaran nontunai, makin marak pula perbankan yang menerapkan branchless banking. Hadirnya bank-bank digital membuat kantor cabang kurang dibutuhkan lagi. Anda tidak perlu repot-repot lagi mengatur jadwal atau antre lama di bank. Semua kegiatan perbankan bisa Anda lakukan secara online di HP Anda.Akan tetapi, banyaknya bank digital di Indonesia mungkin membuat Anda bingung memilih mana yang tepat. Kami akan membagikan cara memilih bank digital yang bagus. Bank digital terbaik seperti Jago dan Jenius ada dalam rekomendasi kami. Simak artikel ini sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi DJ Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda perlu memiliki DJ controller untuk menjadi DJ profesional. Tentu saja harga perlengkapannya tidak bisa dibilang murah. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kini tersedia aplikasi DJ yang bisa Anda download di HP Android ataupun iOS. Kali ini kami akan berbagi tips memilih aplikasi DJ yang bagus.Edjing Mix Cross DJ, DJ It!, dan djay adalah beberapa aplikasi DJ terbaik yang bisa Anda download secara gratis. Anda dapat menggunakannya untuk remix berbagai musik favorit. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja simak pembahasan kami dalam artikel kali ini, ya!
    Aplikasi
  • 10 Aplikasi Saham Terbaik - Bekerja Sama dengan Management Lecturer (Terbaru Tahun 2022)
    10 Aplikasi Saham Terbaik - Bekerja Sama dengan Management Lecturer (Terbaru Tahun 2022)
    Kini, investasi bukanlah sesuatu hal yang asing lagi bagi banyak orang. Investasi bertujuan untuk memberikan keuntungan secara finansial, mulai dari passive income hingga tercapainya financial freedom atau kebebasan finansial. Ada beragam instrumen investasi yang dapat dipilih, salah satunya adalah saham.Meskipun tergolong berisiko, investasi jenis saham sangat diminati karena tingkat keuntungan yang bisa didapatkan juga tinggi. Pada era digitalisasi sekarang, transaksi saham pun menjadi lebih mudah dengan tersedianya bermacam-macam aplikasi yang dapat dipilih. Pembuatan artikel ini bekerja sama dengan management lecturer, Olivia Barcelona Nasution.
    Aplikasi
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet, fasilitas, dan lokasi yang diinginkan. Aplikasi booking hotel juga menawarkan promo menarik berupa diskon atau potongan harga hotel yang paling murah.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami review untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Pegipegi, Traveloka, Agoda, RedDoorz, Tiket.com, dan Booking.com. Mari simak tips memilih dan rekomendasi aplikasi pemesanan hotel berikut ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Arab Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai salah satu bahasa dengan penutur terbanyak dan digunakan pada Al-Qur'an, bahasa Arab sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Namun, beberapa dari Anda mungkin kurang fasih berbahasa Arab atau bahkan tidak bisa sama sekali. Jika demikian, gunakanlah aplikasi penerjemah bahasa Arab yang bisa diunduh melalui smartphone.Aplikasi ini cukup beragam, misalnya penerjemah bahasa Arab ke Indonesia dan penerjemah dengan cara difoto. Guna memudahkan Anda, kami akan berbagi tips memilih aplikasi penerjemah bahasa Arab terbaik. Cek juga rekomendasi aplikasi penerjemah bahasa Arab yang bagus, seperti Dict Box, Reverso, dan iTranslate.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Wallpaper Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Wallpaper Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bosan melihat wallpaper yang begitu-begitu saja? Yuk, buat tampilan gadget lebih menarik dengan beragam gambar yang tersedia dalam aplikasi wallpaper. Anda memang bisa mencarinya sendiri melalui mesin pencarian. Namun, saat dipasang, gambar sering kali terlihat pecah karena beresolusi rendah.Hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda menginstal aplikasi wallpaper. Namun, ada begitu banyak pilihan yang tersedia sehingga Anda mungkin sedikit bingung. Jangan khawatir! Kami punya beberapa rekomendasi aplikasi wallpaper yang bagus, seperti ZEDGE, Wallcraft, dan Kappboom. Namun, sebelum itu, mari simak hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih aplikasi wallpaper.
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori