•  10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  •  10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  •  10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  •  10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  •  10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Saat beranjak remaja, beberapa masalah kulit bisa muncul, mulai dari jerawat, komedo, hingga kulit kering atau berminyak. Masalah ini bisa memengaruhi rasa percaya diri remaja. Untuk itu, perawatan kulit dapat dilakukan, salah satunya dengan menggunakan serum.


Pemilihan serum wajah untuk remaja perlu dilakukan dengan cermat karena kulitnya biasanya rentan iritasi. Kami akan membahas cara memilih serum khusus untuk remaja. Kami juga merekomendasikan produk yang bagus dari berbagai merek, seperti Wardah, Scarlett Whitening, dan Garnier. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

dr. Putu Ayu Elvina
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK
dr. Putu Ayu Elvina
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Putu Ayu Elvina

dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK adalah seorang dermatovenereologist atau dokter spesialis kulit dan kelamin lulusan Universitas Udayana Denpasar. Dokter yang dikenal dengan panggilan dr. Elvina ini tergabung dalam Kelompok Studi Dermatologi Laser Indonesia.


Saat ini dr. Elvina berpraktek di klinik Zap Premiere Bali & Miracle Aesthetic Clinic Renon. Anda bisa mengenal dr. Elvina lebih jauh melalui akun Instagram-nya.

Apakah serum aman digunakan oleh remaja?

Apakah serum aman digunakan oleh remaja?

Pendapat umum mengatakan bahwa serum baru bisa digunakan pada usia 20 tahun ke atas. Padahal, permasalahan pada kulit bisa muncul saat usia berapa saja, termasuk usia remaja. Hal ini harus diatasi supaya kulit remaja tetap sehat, cantik berseri, dan selalu tampil segar.

 
Jadi, tidak ada salahnya remaja menggunakan serum untuk mengatasi permasalahan kulit yang muncul. Perawatan kulit yang benar sejak usia remaja bisa menjadi investasi kecantikan dan kesehatan kulit saat beranjak dewasa kelak.

 
Namun, memilih serum untuk remaja tidak boleh sembarangan. Pilihlah sesuai masalah kulit yang sedang dialami, misalnya kulit berminyak, kering dan kusam, atau iritasi akibat jerawat. Lalu, gunakanlah serum wajah sesuai aturan yang tepat supaya serum bisa efektif menyelesaikan permasalahan kulit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum untuk remaja

Kamu tidak boleh asal-asalan saat memilih serum untuk remaja. Lantas, bagaimana cara menentukan serum yang tepat untuk remaja?

Pilih kandungan yang sesuai dengan permasalahan kulit yang dialami

Setiap remaja memiliki permasalahan kulit yang berbeda-beda. Kandungan setiap serum pun bisa berbeda sama lain. Jika kamu menggunakan serum yang tidak sesuai dengan permasalahan kulit, hasilnya tidak akan efektif.

Untuk kulit berjerawat, carilah serum yang mengandung salicylic acid

Untuk kulit berjerawat, carilah serum yang mengandung salicylic acid

Jerawat adalah masalah kulit yang paling sering dialami remaja, salah satunya disebabkan oleh perubahan hormon pada masa puber. Jerawat harus diatasi sejak dini supaya tidak meradang dan menimbulkan noda hitam atau kulit bopeng karena bekas jerawat. Untuk itu, carilah serum yang bersifat anti-inflamasi untuk membantu meredakan peradangan kulit akibat jerawat.


Kamu bisa memilih serum yang mengandung salicylic acid dan hyaluronic acid. Salicylic acid bermanfaat untuk menghilangkan minyak dan kotoran di kulit penyebab munculnya jerawat. 


Sementara itu, hyaluronic acid bermanfaat untuk memperbaiki tekstur kulit yang meradang akibat jerawat. Hyaluronic acid juga dapat menghidrasi kulit tanpa menyumbat pori sehingga cocok digunakan pada tipe kulit acne prone.


Kedua kandungan ini aman digunakan oleh remaja asalkan dalam dosis yang tepat. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kering, tipis, dan sensitif.


Niacinamide juga dapat menjadi pilihan yang baik pada tipe kulit berjerawat. Kandungan ini membantu menyeimbangkan produksi minyak wajah, mengendalikan munculnya jerawat, serta memudarkan bekasnya. 

Untuk kulit berminyak, carilah serum dengan kandungan ceramide

Untuk kulit berminyak, carilah serum dengan kandungan ceramide

Remaja juga rentan mengalami masalah kulit berminyak yang kemudian dapat memicu munculnya komedo dan jerawat. Selain itu, pori-pori kulit berminyak cenderung lebih besar sehingga produksi sebum pun lebih tinggi. Jika tidak rajin dibersihkan atau dirawat, kotoran dapat menumpuk yang akhirnya membuat kulit mudah dihinggapi komedo dan jerawat.


Untuk mengatasinya, kamu bisa mencari serum yang mengandung hyaluronic acid. Kandungan tersebut berfungsi untuk menghidrasi kulit dan menjaga kulit supaya tetap lembap, kenyal, dan elastis. Kulit akan terasa lebih lembap tanpa membuat produksi sebum meningkat.


Kulit berminyak memerlukan bahan yang dapat mengontrol produksi minyak. Bahan tersebut membuat wajah tidak selalu tampak mengilat akibat minyak serta membuat pori tampak lebih kecil. Kamu bisa memilih serum yang mengandung bahan alami non-alcohol, seperti witch hazel, tea tree oil, dan niacinamide.


Bahan-bahan tersebut dapat pula dipadukan dengan BHA (salicylic acid) dalam konsentrasi rendah. Hal tersebut dapat membantu eksfoliasi kulit dan mengurangi produksi sebum, terutama pada jenis kulit yg mudah berjerawat. Jenis serum yang kamu pilih sebaiknya yang bertekstur ringan dan oil-free.

Untuk kulit kering, carilah serum yang mengandung hyaluronic acid dan emolien

Untuk kulit kering, carilah serum yang mengandung hyaluronic acid dan emolien

Selain kulit berminyak, beberapa remaja juga banyak mengalami kulit kering akibat kekurangan cairan. Kulit yang kering bisa mengelupas, bersisik, pecah-pecah, terasa kasar, bahkan tampak kusam. Untuk mengatasinya, carilah serum yang memiliki kandungan utama humektan (seperti hyaluronic acid) dan/atau emolien (seperti ceramide).


Hyaluronic acid merupakan moisturizer tipe humektan yang dapat menarik air dari sekitar dan mengikatnya ke dalam kulit. Hyaluronic acid efektif untuk mencegah kulit kehilangan air atau dehidrasi pada kulit kering.


Sementara itu, emolien akan membuat kulit terasa lebih lembut, lembap, dan kenyal lebih lama. Di dalam serum yang memiliki kandungan emolien biasanya terdapat bahan-bahan ceramide dan plant oil, seperti sunflower, grapeseed, dan jojoba.

Untuk mencerahkan kulit, carilah serum dengan kandungan vitamin C dan niacinamide

Untuk mencerahkan kulit, carilah serum dengan kandungan vitamin C dan niacinamide

Kulit wajah yang kusam dan tidak cerah juga menjadi masalah tersendiri pada kulit remaja. Penampilan jadi tidak terlihat segar dan bersinar. Serum yang dapat mengatasi hal ini adalah yang mengandung vitamin C dan niacinamide.


Kulit wajah yang gelap diakibatkan oleh produksi melanin atau pigmen warna kulit yang tinggi. Vitamin C bekerja dengan menurunkan produksi melanin pada kulit sehingga wajah akan tampak lebih cerah.


Sementara itu, niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang bisa mencerahkan kulit kusam dan meratakan warna kulit. Gunakanlah produk yang mengandung niacinamide dengan kadar yang sesuai anjuran agar tidak membuat kulit jadi sensitif.

Pilih yang memiliki kandungan bahan alami dan formulasinya ringan

Pilih yang memiliki kandungan bahan alami dan formulasinya ringan

Kulit remaja masih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa. Karena itu, pemilihan serum dengan bahan-bahan alami akan lebih baik untuk mencegah munculnya iritasi pada kulit. Bahan alami yang aman digunakan oleh remaja di antaranya adalah tea tree oil untuk mengatasi jerawat dan witch hazel untuk mengecilkan pori-pori.


Selain itu, ada pula sunflower seed oil sebagai antioksidan untuk melindungi kulit remaja dan ekstrak bunga sakura untuk mencerahkan kulit. Kandungan Aloe vera yang memiliki manfaat anti-inflamasi juga bisa dijadikan pertimbangan.


Bahan-bahan alami tersebut memiliki formulasi yang lebih ringan sehingga tidak terlalu berat dan aman untuk kulit remaja. Akan tetapi, segera hentikan pemakaian produk jika muncul reaksi tertentu, ya.

Carilah tekstur serum yang nyaman digunakan sehari-hari

Carilah tekstur serum yang nyaman digunakan sehari-hari

Tekstur serum wajah terbagi menjadi tiga jenis, yaitu cair, gel, dan krim. Supaya serum bisa lebih mudah menyerap, disarankan menggunakan serum cair atau gel. Serum dengan tekstur gel biasanya memiliki kandungan minyak sehingga penyerapannya akan lebih lama. Penggunaan serum yang ringan dan mudah menyerap dalam sehari-hari akan lebih nyaman dan aman untuk wajah


Pilihlah tekstur serum sesuai jenis kulit. Serum jenis cair dapat dipakai untuk semua tipe kulit, tetapi disesuaikan lagi dengan kandungan bahan aktifnya. Sementara itu, bentuk cream yang mengandung lebih banyak minyak lebih cocok untuk tipe kulit kering.

10 Rekomendasi serum terbaik untuk remaja

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum terbaik untuk remaja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Putu Ayu Elvina.

10
Pilihan ukuran20 ml
Masalah kulitKulit berjerawat, kulit berminyak
TeksturAgak kental
Kandungan bahan aktifPhellodendron amurense bark extract, salix alba (willow) bark extract, rehmannia chinensis root extract, salicylic acid
9

WardahNature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Mulai dari Rp 47.500,00

Pilihan ukuran5 pcs x 5 ml
Masalah kulitPori-pori kulit besar, kulit komedo
TeksturGel
Kandungan bahan aktifWitch hazel extract, vitamin E, hyaluronic acid
8
Pilihan ukuran20 ml
Masalah kulitKulit kusam, noda hitam di wajah
TeksturGel cair
Kandungan bahan aktifEkstrak buah Forsythia suspensa
7

PIXYWhite Aqua Concentrated Brightening Serum

Mulai dari Rp 85.000,00

Pilihan ukuran18 ml
Masalah kulitKulit kering,
TeksturCair
Kandungan bahan aktifSkin bright activator, vitamin C, E
6
Pilihan ukuran30 ml
Masalah kulitKulit kering
TeksturGel
Kandungan bahan aktifHyaluronic acid, citric acid, ekstrak daun Camellia sinensis
5
Pilihan ukuran7,5 ml, 30 ml
Masalah kulitKulit kusam
TeksturCair
Kandungan bahan aktifEkstrak buah summer plum, concentrated niaciamide
4
Pilihan ukuran20 ml
Masalah kulitKulit berjerawat, berminyak, kulit meradang atau beruntusan
TeksturKental
Kandungan bahan aktifBakuchiol, sunflower seed oil, pyrus malus seed oil, calophyllum inophyllum seed oil, salicylic acid, vitamin E
3
Pilihan ukuran30 ml
Masalah kulitKulit berjerawat
TeksturGel
Kandungan bahan aktifCentella asiatica, hyaluronate, glyzirrhinate, hexamidine
2

GarnierSakura White Hyaluron 30x Booster Serum

Mulai dari Rp 75.000,00

Pilihan ukuran7,5 ml, 15 ml, 30 ml
Masalah kulitKulit kusam
TeksturCair
Kandungan bahan aktifEkstrak bunga sakura, niaciamide, hyaluronic acid, glycerin, parfum
1
Pilihan ukuran15 ml
Masalah kulitNoda bekas jerawat, kulit berminyak, warna kulit tidak rata, pori-pori kulit besar
TeksturCair
Kandungan bahan aktifPhyto whitening, niacinamide, vitamin C, glutathione

Tabel perbandingan produk serum terbaik untuk remaja

Gambar produk
1
Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum 1

Scarlett Whitening

2
Garnier Sakura White Hyaluron 30x Booster Serum  1

Garnier

3
Everwhite Cica Soothing Serum 1

Everwhite

4
SOMETHINC Bakuchiol Skinpair Oil Serum 1

SOMETHINC

5
Emina Bright Stuff Face Serum 1

Emina

6
Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron 1

Avoskin

7
PIXY White Aqua Concentrated Brightening Serum 1

PIXY

8
La Tulipe Essential Whitening Serum 1

La Tulipe

9
Wardah Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum 1

Wardah

10
Mineral Botanica Perfect Purifying Face Serum 1

Mineral Botanica

Nama produk

Brightly Ever After Serum

Sakura White Hyaluron 30x Booster Serum

Cica Soothing Serum

Bakuchiol Skinpair Oil Serum

Bright Stuff Face Serum

Your Skin Bae Ultimate Hyaluron

White Aqua Concentrated Brightening Serum

Essential Whitening Serum

Nature Daily Witch Hazel Purifying Serum

Perfect Purifying Face Serum

Keunggulan

Warna kulit lebih merata, penampilanmu lebih memesona

Wujudkan kulit glowing seperti cewek Korea

Menenangkan kulit iritasi akibat jerawat

Merangsang pertumbuhan kolagen, kulit pun lebih kencang dan kenyal

Kulit tetap sehat, terlindung dari polusi debu dan kotoran

Tinggi kandungan antioksidan untuk rawat kulit dari paparan sinar matahari

Bebas alkohol, aman melembapkan kulit remaja pada malam hari

Hapus noda hitam bekas jerawat, kembali miliki kulit mulus dan bersinar

Pori-pori kulit mengecil, rasakan kulit lebih bersih dan bebas komedo

Tampil percaya diri dengan kulit bebas sebum dan jerawat

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 75.000,00Rp 117.000,00Rp 89.000,00Rp 16.500,00Rp 139.000,00Rp 85.000,00Rp 97.500,00Rp 47.500,00Rp 97.900,00
Pilihan ukuran15 ml7,5 ml, 15 ml, 30 ml30 ml20 ml7,5 ml, 30 ml30 ml18 ml20 ml5 pcs x 5 ml20 ml
Masalah kulitNoda bekas jerawat, kulit berminyak, warna kulit tidak rata, pori-pori kulit besarKulit kusamKulit berjerawatKulit berjerawat, berminyak, kulit meradang atau beruntusanKulit kusamKulit keringKulit kering, Kulit kusam, noda hitam di wajah Pori-pori kulit besar, kulit komedoKulit berjerawat, kulit berminyak
TeksturCairCairGelKentalCairGel CairGel cairGelAgak kental
Kandungan bahan aktifPhyto whitening, niacinamide, vitamin C, glutathioneEkstrak bunga sakura, niaciamide, hyaluronic acid, glycerin, parfum Centella asiatica, hyaluronate, glyzirrhinate, hexamidineBakuchiol, sunflower seed oil, pyrus malus seed oil, calophyllum inophyllum seed oil, salicylic acid, vitamin EEkstrak buah summer plum, concentrated niaciamideHyaluronic acid, citric acid, ekstrak daun Camellia sinensisSkin bright activator, vitamin C, EEkstrak buah Forsythia suspensaWitch hazel extract, vitamin E, hyaluronic acidPhellodendron amurense bark extract, salix alba (willow) bark extract, rehmannia chinensis root extract, salicylic acid
Tautan produk

Aturan tepat menggunakan serum untuk remaja

Aturan tepat menggunakan serum untuk remaja

Supaya serum yang digunakan dapat bekerja dengan baik, berikut ini aturan menggunakan serum untuk remaja.


  1. Gunakan serum terlebih dahulu, kemudian krim wajah. Serum tidak bisa menggantikan peran krim wajah. Bila urutan penggunaannya terbalik, serum justru tidak bisa menyerap sempurna ke dalam kulit.
  2. Jangan meneteskan serum terlalu banyak atau terlalu sedikit. Penggunaan serum terlalu banyak tidak dapat menyelesaikan masalah kulit dengan cepat. Sebaliknya, terlalu sedikit menggunakan serum juga tidak membuat manfaat serum terserap maksimal. Cukup gunakan 3–4 tetes serum dalam sekali pemakaian.
  3. Konsisten menggunakan serum setiap hari supaya kerjanya lebih efektif dan hasilnya baik. Perubahan pada kulit baru bisa dilihat jika serum digunakan selama satu bulan secara konsisten.
  4. Aplikasikan serum dengan menepuk-nepuk pelan kulit wajah supaya serum bisa terserap maksimal. Tunggu beberapa menit, kemudian baru aplikasikan krim wajah lainnya.

Pertanyaan umum seputar serum terbaik untuk remaja

Pertanyaan umum seputar serum terbaik untuk remaja

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar serum terbaik untuk remaja. Jika Anda masih penasaran dengan serum terbaik untuk remaja, simak jawabannya di bawah ini!

Pada umur berapakah sebaiknya remaja mulai menggunakan skincare serum?

Sekitar usia 12–14 tahun biasanya mulai terjadi perubahan kulit akibat hormon pubertas, seperti komedo dan jerawat. Usia dan masalah kulit yang terjadi dapat bervariasi pada setiap remaja. Remaja mulai dapat menggunakan serum ketika sudah dirasa diperlukan.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, SpKK

Menghangatkan wajah dengan telapak tangan yang digosokkan satu sama lain dapat membantu penyerapan serum. 

Baca juga rekomendasi skincare untuk remaja lainnya di sini

Tidak hanya serum, remaja mungkin membutuhkan skincare lain untuk merawat wajah sejak dini. Kosmetik ringan untuk remaja pun akan membantu penampilan supaya lebih cantik dan memesona. Kami telah mengulas rekomendasi essence, toner, dan krim malam untuk remaja. Selain itu, ada pula lipstik dan blush on untuk remaja. Yuk, dapatkan rekomendasinya di artikel berikut ini.

Kesimpulan

Kulit remaja memang masih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa. Namun, remaja tetap bisa menggunakan serum untuk mengatasi permasalahan kulit yang dialaminya. Dengan pemilihan serum yang tepat, kulit remaja akan senantiasa sehat dan tampak glowing.

 
Kulit yang terawat sejak dini inilah yang menjadi bekal kesehatan kulit saat dewasa nanti. Semoga ulasan kami kali ini bermanfaat dan kamu bisa mendapatkan serum wajah yang cocok untuk kulit remaja. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Meski begitu, facial wash yang cocok berbeda-beda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Garnier, Safi, dan SENKA juga bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2021)
    Sunscreen sering diduga membuat kulit menjadi berminyak. Namun, bukan berarti Anda bisa melewatkan penggunaannya karena wajah berjerawat. Sunscreen yang tepat aman dipakai saat berjerawat dan beruntusan serta tidak akan memperparah jerawat. Terlebih lagi, tanpa perlindungan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam, lho!Kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan L’Oréal di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, mana yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya cara memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Meski jerawat sudah hilang, bekas jerawat masih menghantui Anda. Noda bekas jerawat sulit disamarkan tanpa bantuan makeup. Daripada menggunakan makeup tebal, atasi saja dengan serum penghilang bekas jerawat. Kali ini, kami menyajikan rekomendasi serum untuk menghilangkan bekas jerawat yang bagus.Beragam review serum untuk menghilangkan bekas jerawat terbaik dari Wardah, SOMETHINC, Dear Me Beauty, dan Avoskin ada di sini. Tak ketinggalan, kami juga memberikan tips memilih serum bekas jerawat yang tepat berdasarkan jenis bekas jerawat Anda. Penasaran dengan beragam serum terbaik dari kami? Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit mata punya kondisi yang lebih rentan dibandingkan area wajah lainnya. Itulah sebabnya, area mata lebih mudah berkerut, menghitam, dan kering. Untuk mencegahnya, Anda memerlukan produk eye cream yang bagus. Saat ini telah banyak merek eye cream terbaik yang bisa dipakai untuk remaja hingga dewasa.Dari banyaknya produk yang beredar, bagaimana cara memilih eye cream yang benar? Untuk menjawabnya, kami punya tips dan info menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Tak lupa, kami juga punya rekomendasi eye cream dengan harga terjangkau, seperti SOMETHINC, Joylab, dan Wardah.
    Perawatan wajah
  •  10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Wardah Terbaik untuk Menghilangkan Flek Hitam (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu masalah yang dialami hampir oleh semua orang dewasa adalah munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam yang satu ini memang terkadang membuat Anda jadi kurang percaya diri. Flek hitam terjadi akibat adanya penumpukan pigmen di permukaan kulit, baik di bagian terluar maupun di bagian dalam. Kali ini, kami akan mengulas beberapa produk Wardah yang dapat membantu Anda mengatasi flek hitam tersebut. Bermacam produk, mulai dari eye cream, serum, hingga clay mask ada dalam rekomendasi. Cari tahu cara memilihnya dan keunggulan masing-masing produk di artikel ini, ya! 
    Perawatan wajah
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Tinggal di negara tropis dengan paparan sinar matahari berintensitas tinggi membuat kulit Anda membutuhkan perlindungan ekstra. Salah satu caranya dengan menggunakan sunscreen secara teratur. Merek sunscreen lokal ternama seperti ERHA, Azarine, dan Emina tersedia di pasaran. Selain harganya lebih terjangkau, komposisinya telah disesuaikan dengan kebutuhan kulit orang Indonesia.Kali ini, kami akan mengajak Anda mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen, serta memberi tips memilih sunscreen lokal yang bagus. Simak juga rekomendasi produk sunscreen lokal terbaik pilihan kami. Ada komentar dari dokter spesialis kulit, dr. Fitria Agustina, lho!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori