mybest
Serum

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum untuk Remaja Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Remaja Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Remaja Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Remaja Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Remaja Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Serum untuk Remaja Terbaik  [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Serum untuk Remaja Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Saat beranjak remaja, beberapa masalah kulit bisa muncul, mulai dari jerawat, komedo, hingga kulit kusam dan berminyak. Nah, beberapa remaja mungkin ingin merawat kulit secara maksimal, termasuk menggunakan serum. Namun, kapan remaja bisa pakai serum? Lalu, serum seperti apa yang bisa dipakai oleh remaja?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami bekerja sama dengan dermatovenereologist, dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E, dalam pembuatan artikel ini. Di artikel ini kamu bisa mempelajari cara memilih serum khusus untuk remaja sekaligus melihat rekomendasi produknya. Jadi, pastikan kamu baca artikel ini sampai selesai dan cek berbagai merek yang bagus dalam rekomendasi kami, seperti Emina, Scarlett Whitening, dan SOMETHINC.

Diperbaharui 03/10/2023
dr. Rahma Evasari
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

dr. Rahma Evasari, Sp.D.V.E menyelesaikan pendidikan kedokteran serta pendidikan spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika di Universitas Indonesia. Dokter Eva memiliki ketertarikan khusus di bidang dermatologi kosmetik dan laser, infeksi menular seksual, serta alergi dan imunologi. Sehari-hari, dr. Eva berpraktik di RSIA Tambak, ZAP Premiere Kota Kasablanka, dan Skin 3 Clinic. Dokter kulit yang memiliki hobi membaca dan diving ini bisa Anda sapa melalui akun instagram-nya @dermatologist.id.

Profil dr. Rahma Evasari
Lanjut membaca
Ratih Nurwalidah
Penyunting
Kreator mybest Indonesia
Ratih Nurwalidah

Ratih Nurwalidah, akrab disapa Ratih, adalah penulis berbakat yang bergabung di mybest Indonesia sejak tahun 2020. Di mybest, ia sering menulis dan meriset hal-hal yang berhubungan dengan perangkat audio, handphone dan tablet, serta produk perawatan tubuh dan skincare. Sedari kecil, lulusan Ilmu Komunikasi dari Universitas Pendidikan Indonesia ini memang gemar menulis dan membaca. Di waktu senggang, wanita pencinta budaya Korea dan Jepang ini biasa menghabiskan waktunya untuk wisata kuliner dan movie marathon.

Profil Ratih Nurwalidah
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Apakah remaja boleh memakai serum?

Apakah remaja boleh memakai serum?
Boleh, remaja mulai usia 15-20 tahun sudah bisa menggunakan serum. Lebih muda dari itu, misalnya 14 tahun, juga boleh memakai serum asal kandungannya gentle seperti hyaluronic acid dan niacinamide. Remaja yang sudah sering memakai makeup juga direkomendasikan memakai serum. Jadi, kulit terlindungi dari efek negatif yang dapat disebabkan oleh makeup.

Memang perawatan kulit remaja biasanya lebih fokus pada tujuan untuk mengontrol produksi minyak. Pasalnya, pada masa pubertas terjadi perubahan hormon, terutama peningkatan hormon androgen yang dapat merangsang kelenjar minyak untuk memproduksi lebih banyak minyak (sebum). Inilah yang menyebabkan kulit remaja cenderung berminyak. 


Karena itu, penambahan serum dalam rutinitas skincare remaja bisa diutamakan untuk mengontrol minyak dan melembapkan kulit. Pada usia ini, kamu belum perlu menambahkan serum dengan kandungan aktif untuk anti-aging karena produksi kolagen masih terbilang baik.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Kandungan bahan (formulasi) dan waktu penggunaan serum untuk remaja juga perlu disesuaikan. 

  • Untuk pagi hari, gunakan misalnya serum yang mengandung niacinamide dan dikombinasikan dengan sunscreen
  • Pada malam hari, aplikasikan serum yang melembapkan atau serum yang mengandung AHA/BHA untuk mengatasi jerawat.

Apakah serum penting? Apa saja skincare yang direkomendasikan untuk remaja?

Apakah serum penting? Apa saja skincare yang direkomendasikan untuk remaja?
Pada usia remaja, kamu harus mengutamakan basic skincare terlebih dahulu. Kalau basic skincare-nya sudah bagus, kamu boleh memakai skincare yang lebih advance, seperti toner, serum, atau masker. Adapun basic skincare yang paling penting ada tiga, yakni:

  • Cleanser (pembersih wajah)

Cleanser berguna untuk mengangkat kotoran supaya wajahmu tetap bersih. Carilah sabun muka yang pas dengan kondisi kulit, seperti kering, normal, berminyak, atau kombinasi. 


  • Moisturizer (pelembap)

Moisturizer berguna untuk melembapkan kulit agar tetap terhidrasi dengan baik. Penggunaan moisturizer sangat penting baik remaja yang memiliki kulit kering ataupun berminyak.


  • Sunscreen (tabir surya) 
Selain melindungi kulit dari sinar matahari, sunscreen juga merupakan anti-aging yang efektif dan aman. Sunscreen boleh dipakai sejak bayi, yakni usia 6 bulan ke atas.

Pada usia remaja, kulit berada dalam kondisi paling prima. Kulit baru mulai mengalami tanda-tanda penuaan saat memasuki usia 25 tahun. Jadi, perawatan kulit saat remaja diibaratkan sebagai investasi yang hasilnya baru akan terlihat setelah usia 25 tahun ke atas. Sebagai contoh, orang yang terlambat memakai sunscreen berisiko memiliki banyak bercak-bercak hitam saat usia tua nanti.

Untuk kamu yang ingin mencari rekomendasi sunscreen untuk remaja, langsung saja klik tautan di bawah ini!

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari
Jika dibandingkan, penggunaan rangkaian perawatan kulit yang lebih lengkap tentu lebih baik dibandingkan hanya memakai basic skincare saja. Namun, makin banyak step atau urutan skincare, makin tinggi juga risiko iritasinyaHal ini juga lebih rentan terjadi pada pemakaian skincare yang dibeli sendiri (over the counter). Hal ini mungkin saja terjadi karena interaksi bahan aktif yang dapat memicu reaksi alergi atau membuat iritasi pada kulit. 


Jika hal ini terjadi, bawalah semua skincare yang sedang Anda gunakan ke dokter spesialis dermatologi, venereologi, dan estetika terdekat untuk dipastikan kandungan apa yang memicu alergi/iritasi. Selain itu, Anda juga dapat meminta dokter Anda untuk memilihkan kandungan bahan aktif yang tepat untuk kulit remaja Anda.

Cara memilih Serum untuk Remaja

Kamu tidak boleh asal-asalan saat memilih serum untuk remaja. Produk serum yang kamu pilih perlu disesuaikan tekstur dan kandungannya dengan jenis kulitmu, yaitu berminyak, kering atau kombinasi. Kamu juga perlu memberikan perhatian berbeda bila kulitmu termasuk kulit yang sensitif. Lantas, bagaimana cara menentukan serum yang tepat untuk remaja? Simak penjelasannya di bawah ini!

1

Untuk remaja dengan kulit berminyak, pilih serum yang teksturnya cair (non-comedogenic); cek juga kandungan eksfoliasi dan anti-inflamasi untuk mencegah jerawat

Kulit berminyak dan berjerawat memang menjadi salah satu masalah paling banyak pada remaja. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memilih serum dengan tekstur yang cair. Selain itu, utamakan juga kandungan bahan-bahan yang bisa mengeksfoliasi dan meredakan peradangan, serta non-comedogenic

Tekstur cair (watery) dan non-comedogenic: Lebih cepat meresap, tidak lengket di kulit, dan tidak menyumbat pori-pori

Tekstur cair (watery) dan non-comedogenic: Lebih cepat meresap, tidak lengket di kulit, dan tidak menyumbat pori-pori

Untuk remaja yang kulitnya berminyak dan berjerawat, serum dengan tekstur cair tentu lebih disarankan daripada yang berbasis minyak. Serum bertekstur cair akan terasa lebih ringan, cepat meresap ke dalam kulit, dan tidak memberikan beban tambahan pada kulit yang berminyak. Serum cair juga cenderung tidak menyumbat pori-pori atau bersifat non-comedogenic, karakteristik yang penting untuk mencegah timbulnya jerawat. 


Tentu jauh lebih baik bila serum yang kamu pilih menyertakan label non-comedogenic. Namun, bila kamu kesulitan mencari serum yang berlabel non-comedogenic, kamu bisa pilih saja yang teksturnya cair. Biasanya, serum dengan klaim tersebut sudah pasti tidak mengandung silikon atau dimethicone yang dapat menyumbat pori.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Hindari pemakaian makeup ketika kulit sedang berjerawat. Jika memang kamu terpaksa memakai makeup, pakailah riasan seminimal mungkin. Kalau waktu pakai makeup panjang, sebaiknya kamu menghapus dan re-apply kembali makeup setiap 4 jam. Tujuannya agar kulit yang berjerawat dapat bernapas dengan baik dan tidak terjadi penyumbatan di pori-pori atau clogging.

 
Bila kulit berjerawat ditutupi makeup berlebihan, siklus jerawat justru bisa terjadi tiada henti. Hal ini karena mikro komedo atau calon jerawat sudah terjadi 8 minggu sebelum jerawat tersebut muncul ke permukaan. Jika jerawat ditutupi makeup yang menutup pori-pori, hal ini sama dengan menabung jerawat kembali untuk 2-3 bulan ke depan.

Pilih bahan aktif yang mengeksfoliasi atau anti-inflamasi: AHA, BHA, niacinamide, atau tea tree oil

Pilih bahan aktif yang mengeksfoliasi atau anti-inflamasi: AHA, BHA, niacinamide, atau tea tree oil

Tak hanya tekstur saja, kamu yang memiliki kulit berminyak biasanya memiliki masalah jerawat. Jika kamu juga berjerawat, pastikan memilih serum yang mampu membersihkan pori-pori atau bisa sekaligus mengatasi jerawat. Pastikan minimal ada salah satu dari kandungan ini pada serum yang kamu pilih, yaitu:


  • AHA dan BHA

AHA (alpha hydroxy acid) dan BHA (beta hydroxy acid) adalah bahan eksfoliasi yang mampu membersihkan pori-pori dari sel kulit mati, kotoran, dan sebum. Di sisi lain, BHA memiliki sifat anti-inflamasi sehingga bisa mengurangi peradangan pada kulit berjerawat. 


  • Niacinamide

Niacinamide adalah turunan dari vitamin B3 dan menjadi zat yang paling banyak digunakan untuk skincare hingga saat ini. Fungsi utama niacinamide adalah menjaga fungsi skin barrier yang mencegah peradangan akibat bakteri penyebab jerawat. Lebih dari itu, niacinamide juga bisa membantu memudarkan noda bekas jerawat dan meratakan warna kulit. 


  • Tea tree oil 

Tea tree oil adalah minyak hasil penyulingan dari daun Melaleuca alternifolia, tanaman dari Australia. Dengan sifat antibakteri dan antiradang, tea tree oil memiliki manfaat untuk mengatasi jerawat. Jika dipakai secara rutin, tea tree oil juga bisa membantu memudarkan noda bekas jerawat. 

Namun, sebelum memilih serum untuk mengatasi jerawat, kenali dahulu jenis jerawatmu

Namun, sebelum memilih serum untuk mengatasi jerawat, kenali dahulu jenis jerawatmu
Jerawat bisa disebabkan oleh bermacam-macam faktor, misalnya produksi minyak berlebih, bakteri, peradangan, dan regenerasi kulit yang tidak baik. Akibatnya, kulit mengalami clogging atau penumpukkan sel kulit mati. Gaya hidup, seperti sering bergadang, makan sembarangan, konsumsi gula berlebihan, serta stres dan faktor genetik pun dapat memengaruhi kemunculan jerawat.


Derajat keparahan jerawat atau acne vulgaris dalam ilmu kedokteran terbagi menjadi 3 yaitu:


  • Jerawat ringan

Total jerawat pada seluruh wajah tidak lebih dari 30 dengan jerawat radang kurang dari 5. Untuk merawatnya, Anda bisa memakai produk over-the-counter (OTC) yang mengandung sulfur, tea tree, dan niacinamide.

  • Jerawat sedang

Total jerawat pada seluruh wajah ada lebih dari 30, tetapi kurang dari 125 dengan jerawat radang lebih dari 5. Jerawat yang banyak dan meradang tersebut dapat membuat Anda kesakitan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis dermatologi venereologi dan estetika agar jerawat dapat diobati dengan baik.

  • Jerawat berat

Tipe ini memiliki total jerawat lebih dari 125, seringkali disertai dengan banyak bekas jerawat (scar atau bopeng). Untuk kondisi ini, makin cepat diobati ke dokter spesialis dermatologi venereologi dan estetika akan lebih baik. Sangat dibutuhkan kombinasi obat oles, obat minum, dan tindakan bila diperlukan untuk mencegah efek samping akibat jerawat yang tidak diinginkan, misalnya bopeng jerawat untuk kondisi kulit seperti ini.


Setelah kondisi kulit membaik, Anda boleh kembali memakai produk over-the-counter (OTC). Bila perlu, bawalah skincare atau makeup yang biasa dipakai agar dokter dapat memberikan pemeriksaan lebih mendalam.

2

Jika kulit kering, utamakan serum yang teksturnya kental dan kaya pelembap; periksa juga kandungan brightening untuk mencerahkan kulit kusam

Selain berminyak, beberapa remaja mungkin memiliki kulit yang cenderung kering. Meskipun potensi berjerawat lebih rendah, kulit kering bisa tampak kusam jika dibiarkan. Oleh sebab itu, kamu perlu memilih serum yang tepat, baik dari segi tekstur maupun kandungannya. 

Tekstur kental: Melembapkan dan memberikan perlindungan tambahan

Tekstur kental: Melembapkan dan memberikan perlindungan tambahan

Jika tekstur serum yang cair lebih direkomendasikan untuk kulit berminyak, serum bertekstur kental justru lebih recommended untuk kulit kering. Pilih serum dengan tekstur yang lebih kental untuk memberikan perlindungan dan pelembap tambahan pada kulit kering. Tekstur kental ini cenderung lebih kaya dan memberikan lapisan pelindung yang membantu menjaga kelembapan kulit. Di pasaran, tekstur kental ini bisa dilihat dari deskripsi produknya yang dituliskan sebagai "oil serum" atau "cocok untuk kulit kering".

Utamakan serum dengan hyaluronic acid, ceramide, atau glycerin: Agar kulit kering bisa optimal terhidrasi

Utamakan serum dengan hyaluronic acid, ceramide, atau glycerin: Agar kulit kering bisa optimal terhidrasi

Untuk kamu yang memiliki kulit kering, pelembap adalah salah satu kandungan penting yang wajib ada dalam serum. Tujuannya, supaya kulit kamu bisa terhidrasi dengan baik dan tidak kusam. Ada beberapa kandungan pelembap efektif yang bisa kamu pilih, yaitu:


  • Hyaluronic acid

Senyawa ini memiliki kemampuan untuk mengikat molekul air supaya kulit lebih lembap dan elastis. Sifatnya yang menarik air pun dapat memaksimalkan penyerapan skincare lainnya. Selain itu, hyaluronic acid juga memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit yang kemerahan yang banyak terjadi pada kulit kering akibat terpapar sinar matahari. 


  • Ceramide

Manfaat dari ceramide adalah mengunci kelembapan pada kulit agar tidak dehidrasi sehingga tepat untuk perawatan kulit kering. Dengan demikian, masalah kulit yang berhubungan dengan hidrasi, seperti eksem atau psoriasis juga bisa diatasi. Ceramide juga efektif dalam memperbaiki skin barrier yang rusak. 


  • Glycerin

Glycerin mengunci kelembapan pada kulit dengan memperlambat penguapan air karena glycerin bisa membangun lapisan pelindung di kulit. Alhasil, kulit kamu pun bisa tetap lembap.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Kulit kering juga identik dengan kulit yang sensitif. Oleh karena itu, remaja membutuhkan serum dengan kandungan hyaluronic acid dan ceramide. Kedua bahan ini secara alami ada dalam kulit, karena itu keduanya terbilang cocok untuk semua jenis kulit, bahkan kulit yang sensitif. Selain itu, keduanya dapat melembapkan sekaligus memperbaiki skin barrier atau sawar kulit.

Untuk sekaligus mengatasi kulit kusam: Pertimbangkan yang diformulasi dengan brightening agent, vitamin C, niacinamide, dan kojic acid

Untuk sekaligus mengatasi kulit kusam: Pertimbangkan yang diformulasi dengan brightening agent, vitamin C, niacinamide, dan kojic acid

Kulit kering cenderung mudah untuk menjadi kusam. Oleh sebab itu, tak hanya pelembap saja, tetapi kamu juga membutuhkan bahan pencerah. Ada beberapa kandungan pencerah atau brightening agent yang bisa kamu pertimbangkan minimal salah satunya saat membeli serum, yaitu:


  • Vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat membantu mencerahkan kulit karena menghambat pembentukan melanin. Meskipun melanin berguna bagi kulit, zat ini bisa menyebabkan hiperpigmentasi jika diproduksi berlebihan. Dengan menggunakan serum yang mengandung vitamin C, hiperpigmentasi bisa dicegah dan warna kulit pun jadi lebih merata. 


  • Niacinamide

Selain memperkuat skin barrier, niacinamide memiliki fungsi sebagai brightening agent. Hal ini karena niacinamide mencegah melanin berpindah dari satu sel kulit ke sel kulit lainnya. Selain itu, niacinamide juga bisa membantu memudarkan noda bekas jerawat. 


  • Kojic acid

Kojic acid adalah kandungan yang berasal dari berbagai jenis jamur. Kandungan ini dikenal sebagai salah satu bahan pencerah untuk kulit. Kojic acid bekerja dengan cara menghambat produksi melanin. Dengan demikian, masalah hiperpigmentasi dan warna kulit yang tidak merata juga dapat diatasi oleh bahan ini. 

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Tidak hanya mencerahkan, brightening agent seperti vitamin C dan niacinamide juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Bahan-bahan ini efektif untuk melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari serta polusi.

3

Untuk merawat kulit kombinasi, pertimbangkan serum yang dapat melembapkan sekaligus mengontrol minyak

Untuk merawat kulit kombinasi, pertimbangkan serum yang dapat melembapkan sekaligus mengontrol minyak
Selain kering atau berminyak, beberapa remaja juga ada yang memiliki kulit kombinasi. Kulit kombinasi biasanya berminyak di zona T (dahi, hidung, dan dagu) dan lebih kering di area pipi. Jika kamu memiliki kulit kombinasi, pilihlah serum yang bisa melembapkan sekaligus mengontrol minyak berlebih. Ada beberapa kandungan yang bermanfaat untuk kulit kombinasi, seperti:

  • Niacinamide: membantu mengontrol minyak berlebih di zona T sambil memberikan kelembapan pada area kering.

  • Hyaluronic acid: bahan pelembap yang cocok untuk kulit kombinasi karena dapat menghidrasi tanpa meninggalkan rasa berat atau berminyak.

Kulit kombinasi sebaiknya menghindari serum yang terlalu berat atau berminyak. Serum yang terlalu berat atau berminyak dapat membuat area berminyak menjadi lebih mengilap dan berisiko membuat pori-pori tersumbat.
dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Banyak faktor yang memengaruhi kondisi kulit, seperti kondisi lingkungan, suhu, hingga cuaca atau musim. Jadi, kondisi kulit setiap orang dapat berubah-ubah. Jika ingin mengenal jenis kulit yang kamu miliki secara lebih mendalam, kamu dapat memeriksa tabel Baumann Skin Type. Berdasarkan tabel tersebut, jenis kulit terbagi menjadi 16 tipe. 


Setiap tipe terdiri dari empat komponen berbeda. Beberapa kategorinya adalah, dry atau oily, sensitive atau resistant, pigmented atau non-pigmented, dan wrinkle-prone atau tight. Pembagian jenis kulit memakai metode Baumann ini lebih dalam dan lebih efektif. Alhasil, kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang tipe kulit, tidak hanya berminyak, berjerawat, kering, atau sensitif saja.

4

Untuk kulit sensitif, cari serum dengan formula menenangkan dan hindari yang mengandung bahan iritan

Jika kamu memang memiliki kulit yang mudah iritasi, tentunya kamu harus lebih perhatian dengan bahan kandungan dalam serum yang dipakai. Sebaiknya, kamu memakai serum yang soothing agent atau bahan-bahan yang bisa menenangkan kulit. Tentunya, ada bahan-bahan iritan yang harus juga perlu kamu hindari. 

Pastikan ada tambahan soothing agent: Aloe vera, Centella asiatica

Pastikan ada tambahan soothing agent: Aloe vera, Centella asiatica

Kulit yang sensitif memang memerlukan treatment khusus supaya tidak mudah iritasi atau memerah. Ada beberapa kandungan yang sebaiknya ada di dalam serum untuk kulit sensitif, yaitu: Aloe vera dan Centella asiatica. Selain itu, kandungan pelembap seperti hyaluronic acid dan ceramide juga baik dipilih karena ramah kulit sensitif. 


  • Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya adalah tanaman yang lendirnya banyak dimanfaatkan untuk menenangkan kulit yang memerah. Tanaman ini punya sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kulit yang memerah akibat paparan sinar matahari yang berlebihan pun bisa diatasi dengan Aloe vera


  • Centella asiatica

Centella asiatica memiliki kandungan saponin yang tinggi sehingga bisa dipakai untuk menenangkan peradangan serta iritasi. Selain itu, Centella asiatica juga mampu mengurangi tanda-tanda sensitivitas kulit. 

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Kulit manusia secara alami mengandung berbagai mikroorganisme seperti bakteri, jamur, bahkan virus yang dikenal sebagai mikrobiota kulit. Apabila keseimbangannya terganggu, kulit dapat menjadi sensitif dan muncul kemerahan, sensasi tingling (perih), beruntus, sampai gatal.

Hindari kandungan yang dapat memicu iritasi: Parfum, pewarna, emulsifier, enhancer, dan alkohol berbasis ethanol

Hindari kandungan yang dapat memicu iritasi: Parfum, pewarna, emulsifier, enhancer, dan alkohol berbasis ethanol

Jika kulitmu sensitif, ada beberapa kandungan harus kamu hindari saat membeli serum, misalnya parfum dan pewarna. Keduanya kerap dimasukkan ke dalam skincare untuk menambah aroma dan warna. Namun, keduanya bisa menyebabkan kulit mengalami iritasi yang tampak dalam bentuk kemerahan atau ruam. 


Beberapa zat lainnya, seperti emulsifier, enhancer, dan alkohol berbasis ethanol juga harus dihindari. Zat-zat tersebut bisa menyebabkan kulit mengalami kekeringan dan akhirnya mengalami iritasi. 


Ketika memilih serum untuk kulit sensitif, periksa label produk dengan cermat. Pilih produk yang dirancang khusus untuk kulit sensitif atau berlabel "for sensitive skin". Selain itu, selalu lakukan uji coba pada area kecil kulit terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan produk secara luas di wajah dan perhatikan reaksi kulit. Jika muncul iritasi atau reaksi alergi, segera hentikan penggunaan produk tersebut.

dr. Rahma Evasari
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Rahma Evasari

Kalau kulit sedang flare-up atau sedang mengalami iritasi, sebaiknya hindari serum atau skincare yang mengandung AHA, retinol, dan vitamin C. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan iritasi makin parah. Apabila kulit sudah tenang, skincare yang mengandung bahan-bahan tadi boleh kamu pakai kembali.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi serum untuk remaja terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Serum untuk Remaja terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 28 September 2023).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
BPOM
Nomor BPOM
Isi/varian isi
Bahan aktif
Bentuk kemasan
Rekomendasi jenis kulit
Fungsi/manfaat
Kandungan pencerah
Kandungan pelembap
Kandungan anti-inflamasi
Kandungan antiaging
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaian
Alkohol
Pewangi
1

Paragon Technology and Innovation

Emina Bright Stuff Face Serum

Paragon Technology and Innovation Emina Bright Stuff Face Serum 1

Rp18.000

Lebih Murah

Mencerahkan kulit yang kusam dengan formula bebas kilap

NA18200108885

7,5 ml, 30 ml

Niacinamide, hyaluronic acid

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam

Niacinamide

Hyaluronic acid

Tidak ada

Tidak ada

Pagi dan malam

2

Wardah

Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Wardah Crystal Secret Dark Spot & Brightening Serum 1

Rp92.500

Menengah

Hapus noda hitam bekas jerawat, kembali miliki kulit mulus dan bersinar

NA18211900126

20 ml

Alpha arbutin, niacinamide

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan

Edelweiss extract, alpha arbutin, niacinamide

Niacinamide, butylene glycol

Tidak ada

Tidak ada

Pagi dan malam

3

Scarlett Whitening

Brightly Ever After Serum

Scarlett Whitening Brightly Ever After Serum 1

Rp75.000

Menengah

Brightening serum lokal dengan empat brightening agent tanpa alkohol dan parfum

NA18201901367

15 ml

Glutathione, niacinamide, vitamin C, lavender water

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan kulit

Niacinamide, glutathione, vitamin C, lavender water

Niacinamide, tocopherol

Tidak ada

Vitamin C, tocopherol

Pagi dan malam

4

SOMETHINC

Bakuchiol Skinpair Oil Serum

SOMETHINC Bakuchiol Skinpair Oil Serum 1

Rp109.000

Menengah

Mengatasi kelebihan minyak dan bakteri penyebab jerawat

NA18202000303

20 ml

Bakuchiol, salicylic acid, tamanu oil

Botol pump

Semua jenis kulit

Merawat kulit berjerawat, kusam, mengencangkan kulit

Tidak diketahui

Helianthus annuus seed oil, caprylic/​capric triglyceride, Pyrus malus seed oil, Calophyllum inophyllum seed oil

Salicylic acid

Calophyllum inophyllum seed oil, bakuchiol, tocopherol

Pagi dan malam hari

5

Whitelab

N10-Dose+ Brightening Serum Niacinamide 10%

Whitelab N10-Dose+ Brightening Serum Niacinamide 10% 1

Rp84.300

Menengah

Serum Whitelab favorit Sehun, bikin wajah lebih cepat glowing

NA18221902521

20 ml

Niacinamide, HyaluComplex-10

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan, melembapkan, mengurangi kemerahan

Niacinamide, cybright

HyaluComplex-10, marine collagen

Tidak ada

Marine collagen

Pagi dan malam

6

Avoskin

Your Skin Bae Ultimate Hyaluron

Avoskin Your Skin Bae Ultimate Hyaluron  1

Rp139.000

Agak Mahal

Tinggi kandungan antioksidan untuk melindungi kulit dari sinar matahari

NA18202000277

30 ml

Hyacross 3%, Green tea extract

Botol pipet

Semua jenis kulit

Menjaga kelembapan kulit, merawat skin barrier, menjaga elastisitas serta kekenyalan kulit

Tidak ada

Hyalurinoc acid, Green tea extract

Tidak ada

Tidak ada

Pagi dan malam

7

Unilever

Pond's Bright Beauty Triple Glow Serum

Unilever Pond's Bright Beauty Triple Glow Serum 1

Rp102.200

Menengah

Cerahkan wajah kusam dengan kekuatan Triple Action Glow

NA49200100410

30 g

Niacinamide, hyaluronic acid

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan wajah

Gluta boost-c, niacinamide

Glycerin, hyaluronic acid

Allantoin

Tidak ada

Pagi dan malam

8

SOME BY MI

AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum

SOME BY MI  AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum 1

Rp238.400

Lebih Mahal

Bantu atasi jerawat yang meradang

NA26210100169

30 ml, 50 ml

Ekstrak tea tree, Centella asiatica

Botol pipet

Kering, kombinasi

Mengobati jerawat dan beruntusan, melembapkan

Tidak ada

Glycerin, Centella asiatica

Centella asiatica

Tidak ada

Pagi dan malam

9

The Originote

Acne B5 Serum

The Originote Acne B5 Serum 1

Rp55.000

Agak Murah

Memberantas jerawat dan mencegahnya datang kembali

NA11220100110

20 ml

Salicylic acid, panthenol, tamanu oil

Botol pump

Kulit acne-prone

Merawat kulit berjerawat dan menguatkan skin barrier

Niacinamide

Butylene glycol, glycerin, niacinamide, hyaluronic acid

Panthenol, niacinamide, salicylic acid, allantoin, Salix alba (willow) bark extract, Centella asiatica extract

Retinyl palmitate, Calophyllum inophyllum seed oil

Tidak diketahui

10

Pigeon Teens

Bright Heroes Serum

Pigeon Teens Bright Heroes Serum 1

Rp45.000

Agak Murah

Wajah kusam karena matahari dan polusi? Cerahkan kembali dengan serum ini!

NA18231900741

20 ml

Niacinamide, ceramide, panthenol, hydroxyacetophenone

Botol pipet

Semua jenis kulit

Mencerahkan wajah

Niacinamide

Glycerin, ceramide, jojoba extract

Panthenol, chamomille extract

Tidak ada

Pagi dan malam

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Paragon Technology and InnovationEmina Bright Stuff Face Serum

Emina Bright Stuff Face Serum 1
Sumber: shopee.co.id
Emina Bright Stuff Face Serum 2
Sumber: shopee.co.id
Emina Bright Stuff Face Serum 3
Sumber: shopee.co.id
Emina Bright Stuff Face Serum 4
Sumber: shopee.co.id
Emina Bright Stuff Face Serum 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp18.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp18.000
Lebih Murah

Mencerahkan kulit yang kusam dengan formula bebas kilap

Bila tak dirawat, kulit berminyak bisa membuat kulit menjadi kusam. Selain menggunakan pembersih dan toner, Anda bisa menambahkan serum Emina Bright Stuff ini untuk mengatasi kulit kusam. Kandungan niacinamide, oxybiome, dan summer plum extract-nya mampu menghidrasi dan mencerahkan kulit tanpa membuatnya berminyak. 


Teksturnya sangat ringan dan cepat menyerap ke kulit, tak akan membuat pori-pori tertutupi yang dapat memperparah kondisi kulit berminyak. Dengan pemakaian teratur, manfaat serum Emina ini bisa segera Anda rasakan. Kulit yang tampak lebih cerah, lembap, halus, dan sehat tak lagi tinggal angan-angan.

BPOM
Nomor BPOMNA18200108885
Isi/varian isi7,5 ml, 30 ml
Bahan aktifNiacinamide, hyaluronic acid
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit, menyamarkan noda hitam
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapHyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

Harga referensi
Rp92.500
Menengah

Hapus noda hitam bekas jerawat, kembali miliki kulit mulus dan bersinar

Setelah jerawat mengering, biasanya akan timbul noda-noda hitam yang sangat mengganggu. Bahkan, sering kali bekas jerawat juga membuat kulit tidak halus lagi. Untuk itu, gunakanlah whitening serum penghilang bekas jerawat dari Wardah jika kamu ingin mengatasinya.


Dalam tiap tetes serum ini terdapat kandungan alpha arbutin yang mencerahkan noda hitam dan bekas jerawat. Kamu pun akan mendapatkan kulit yang merona secara alami, noda jerawat menghilang, dan kulit terasa mulus kembali.

BPOM
Nomor BPOMNA18211900126
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifAlpha arbutin, niacinamide
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan
Kandungan pencerahEdelweiss extract, alpha arbutin, niacinamide
Kandungan pelembapNiacinamide, butylene glycol
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.3

Scarlett WhiteningBrightly Ever After Serum

Harga referensi
Rp75.000
Menengah

Brightening serum lokal dengan empat brightening agent tanpa alkohol dan parfum

Untuk membantu mencerahkan kulit dan mengatasi bekas jerawat, cobalah serum dari Scarlett ini. Scarlett Brightly Ever After mengandung niacinamide, glutathione, vitamin C, dan lavender water. Keempatnya dapat membantu mencerahkan warna kulit. 


Menariknya lagi adalah serum lokal ini tidak mengandung parfum dan alkohol. Banyak reviewers menyukai serum ini karena teksturnya yang cepat menyerap ke dalam kulit tanpa terasa lengket.

BPOM
Nomor BPOMNA18201901367
Isi/varian isi15 ml
Bahan aktifGlutathione, niacinamide, vitamin C, lavender water
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan kulit
Kandungan pencerahNiacinamide, glutathione, vitamin C, lavender water
Kandungan pelembapNiacinamide, tocopherol
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingVitamin C, tocopherol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.4

SOMETHINCBakuchiol Skinpair Oil Serum

Harga referensi
Rp109.000
Menengah

Mengatasi kelebihan minyak dan bakteri penyebab jerawat

Orang yang memiliki kulit berminyak sering kali menghadapi masalah seperti jerawat dan beruntusan. Tentunya, kedua masalah tersebut dapat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan untuk mencoba serum SOMETHINC yang telah diformulasikan khusus ini.


Serum ini mengandung salicylic acid yang dapat membantu mengatasi kelebihan minyak dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, serum ini juga mengandung bakuchiol yang dapat memperbaiki skin barrier dan mengurangi jerawat. Dengan penggunaan rutin, kulit akan menjadi bebas jerawat dan terlihat lebih sehat.

BPOM
Nomor BPOMNA18202000303
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifBakuchiol, salicylic acid, tamanu oil
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMerawat kulit berjerawat, kusam, mengencangkan kulit
Kandungan pencerahTidak diketahui
Kandungan pelembapHelianthus annuus seed oil, caprylic/​capric triglyceride, Pyrus malus seed oil, Calophyllum inophyllum seed oil
Kandungan anti-inflamasiSalicylic acid
Kandungan antiagingCalophyllum inophyllum seed oil, bakuchiol, tocopherol
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam hari
Alkohol
Pewangi
View all
No.5

WhitelabN10-Dose+ Brightening Serum Niacinamide 10%

Harga referensi
Rp84.300
Menengah

Serum Whitelab favorit Sehun, bikin wajah lebih cepat glowing

Sudah terbiasa menggunakan niacinamide? Kalau begitu, cobalah serum ini. Kandungan niacinamide 10% akan membuat kulit lebih cerah dan mengurangi warna kulit tidak merata dalam waktu 2 minggu. Selain mencerahkan, serum ini juga dapat mengatasi bekas jerawat PIH.


Kandungan HyaluComplex-10 dan marine collagen di dalamnya membuat kulit lebih lembap dan mencegah risiko iritasi akibat dehidrasi kulit. Serum ini juga disebut-sebut sebagai salah satu produk favoritnya Sehun, lho!

BPOM
Nomor BPOMNA18221902521
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifNiacinamide, HyaluComplex-10
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan, melembapkan, mengurangi kemerahan
Kandungan pencerahNiacinamide, cybright
Kandungan pelembapHyaluComplex-10, marine collagen
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingMarine collagen
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.6

AvoskinYour Skin Bae Ultimate Hyaluron

Harga referensi
Rp139.000
Agak Mahal

Tinggi kandungan antioksidan untuk melindungi kulit dari sinar matahari

Tinggal di negara tropis dan terlalu sering terpapar sinar matahari bisa membuat kulit jadi kusam dan memicu penuaan dini. Serum yang satu ini bisa menjadi investasi supaya kulit Anda selalu sehat sekalipun usia bertambah.


Perpaduan Ultimate Hyaluron Hyacross 3% dengan green tea yang bersifat antioksidan dalam produk ini dapat melembapkan kulit dengan sempurna. Serum ini cocok digunakan setiap hari oleh semua kondisi kulit, terutama untuk mengatasi kulit kering.

BPOM
Nomor BPOMNA18202000277
Isi/varian isi30 ml
Bahan aktifHyacross 3%, Green tea extract
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMenjaga kelembapan kulit, merawat skin barrier, menjaga elastisitas serta kekenyalan kulit
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapHyalurinoc acid, Green tea extract
Kandungan anti-inflamasiTidak ada
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.7

UnileverPond's Bright Beauty Triple Glow Serum

Harga referensi
Rp102.200
Menengah

Cerahkan wajah kusam dengan kekuatan Triple Action Glow

Jangan sampai wajah kusam membuat kepercayaan diri berkurang. Untuk itu, aplikasikan serum yang diformulasikan dengan Triple Action Glow ini. Ketiga kandungan utamanya diklaim lebih efektif mencerahkan kulit dibandingkan vitamin C. 


Gluta-Boost-C bekerja meratakan warna kulit dan mencerahkan wajah. Vitamin B3+ dapat menyamarkan pori-pori besar dan menghaluskan kulit. Sementara itu, hyaluronic acid berperan melembapkan kulit dan membuatnya lebih glowing. Komposisinya pun ringan untuk kulit remaja. Kini, kulit wajah cerah sejak masih muda pun jadi mudah didapatkan.

BPOM
Nomor BPOMNA49200100410
Isi/varian isi30 g
Bahan aktifNiacinamide, hyaluronic acid
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan wajah
Kandungan pencerahGluta boost-c, niacinamide
Kandungan pelembapGlycerin, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiAllantoin
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.8

SOME BY MI AHA BHA PHA 30 Days Miracle Serum

Harga referensi
Rp238.400
Lebih Mahal

Bantu atasi jerawat yang meradang

Kalau kamu sedang mengalami kulit berjerawat dan meradang, sebaiknya jangan gunakan produk sembarangan. Gunakan serum dari Some By Mi. Serum ini memiliki kandungan Centella asiatica yang berkhasiat menenangkan kulit yang meradang dan kemerahan akibat jerawat.


Tidak hanya itu, serum untuk remaja ini membantu regenerasi sel kulit agar bekas jerawat cepat memudar dan menjadikan kulit lebih cerah. Teksturnya yang ringan juga mudah menyerap ke dalam kulit.

BPOM
Nomor BPOMNA26210100169
Isi/varian isi30 ml, 50 ml
Bahan aktifEkstrak tea tree, Centella asiatica
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitKering, kombinasi
Fungsi/manfaatMengobati jerawat dan beruntusan, melembapkan
Kandungan pencerahTidak ada
Kandungan pelembapGlycerin, Centella asiatica
Kandungan anti-inflamasiCentella asiatica
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all
No.9

The OriginoteAcne B5 Serum

Harga referensi
Rp55.000
Agak Murah

Memberantas jerawat dan mencegahnya datang kembali

Originote Acne B5 Serum adalah solusi efektif untuk mengatasi masalah jerawat dengan efektif. Serum ini diklaim mampu memberantas bakteri penyebab jerawat serta memperkuat skin barrier. Hal ini menjadikannya pilihan yang cerdas untuk merawat kulit berjerawat.


Dengan kandungan B5 yang kaya akan nutrisi, produk ini bekerja secara mendalam untuk menghilangkan jerawat dari akarnya dan mencegahnya muncul kembali. Jerawat tidak timbul lagi, wajah pun selalu sehat berseri.

BPOM
Nomor BPOMNA11220100110
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifSalicylic acid, panthenol, tamanu oil
Bentuk kemasanBotol pump
Rekomendasi jenis kulitKulit acne-prone
Fungsi/manfaatMerawat kulit berjerawat dan menguatkan skin barrier
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapButylene glycol, glycerin, niacinamide, hyaluronic acid
Kandungan anti-inflamasiPanthenol, niacinamide, salicylic acid, allantoin, Salix alba (willow) bark extract, Centella asiatica extract
Kandungan antiagingRetinyl palmitate, Calophyllum inophyllum seed oil
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianTidak diketahui
Alkohol
Pewangi
View all
No.10

Pigeon TeensBright Heroes Serum

Harga referensi
Rp45.000
Agak Murah

Wajah kusam karena matahari dan polusi? Cerahkan kembali dengan serum ini!

Punya banyak segudang aktivitas outdoor sehingga kulit tampak kusam? Tak perlu khawatir, gunakan saja Pigeon Teens Bright Heroes Serum. Dengan kandungan niacinamide 5%, kulit wajah yang kusam bisa kembali cerah. 


Di samping itu, terdapat kandungan ceramide, panthenol, dan bahan alami lainnya untuk melembapkan kulit. Tak ketinggalan, ada juga kandungan hydroxyacetophenone yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Naik motor atau kendaraan umum ke sekolah, siapa takut!

BPOM
Nomor BPOMNA18231900741
Isi/varian isi20 ml
Bahan aktifNiacinamide, ceramide, panthenol, hydroxyacetophenone
Bentuk kemasanBotol pipet
Rekomendasi jenis kulitSemua jenis kulit
Fungsi/manfaatMencerahkan wajah
Kandungan pencerahNiacinamide
Kandungan pelembapGlycerin, ceramide, jojoba extract
Kandungan anti-inflamasiPanthenol, chamomille extract
Kandungan antiagingTidak ada
Kemasan percobaan
Saran waktu pemakaianPagi dan malam
Alkohol
Pewangi
View all

5 Rekomendasi Serum untuk Remaja terbaik

No. 1: Paragon Technology and InnovationEmina Bright Stuff Face Serum

No. 2: WardahCrystal Secret Dark Spot & Brightening Serum

No. 3: Scarlett WhiteningBrightly Ever After Serum

No. 4: SOMETHINCBakuchiol Skinpair Oil Serum

No. 5: WhitelabN10-Dose+ Brightening Serum Niacinamide 10%

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan wajah
  4. 10 Rekomendasi Serum untuk Remaja Terbaik [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.