• 10 Rekomendasi Film Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Film Terbaik untuk Anak (Terbaru Tahun 2022)

Aplikasi streaming film online kini sangat memudahkan Anda dalam mengakses film terbaik untuk anak-anak. Anda bisa menemukan film animasi untuk anak, film Indonesia terbaik untuk anak, dan sebagainya. Sekarang, kami akan membantu Anda menemukan film yang cocok untuk ditonton anak-anak. 


Kami akan memberitahukan cara memilih serta merekomendasikan berbagai film yang bagus. Salah satu film yang tidak boleh dilewatkan adalah Toy Story 3, How to Train your Dragon, dan Petualangan Sherina. Selain ketiga film itu, ada juga film Barat dan film India untuk anak. Jadi, simak terus artikel ini hingga akhir!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih film untuk anak

Ada banyak film yang dibuat khusus untuk anak. Agar anak Anda bisa menonton tontonan yang sesuai dengan umurnya, perhatikan beberapa hal penting berikut ini. 

Pilih dan ketahui asal film yang ingin ditonton

Film anak-anak yang masuk ke Indonesia saat ini sangat beragam. Tak hanya berasal dari Indonesia, film anak juga ada yang berasal dari Amerika, India, dan negara lainnya. Setiap negara punya ciri khas tersendiri akan filmnya. Simak penjelasannya di bawah ini.

Film Indonesia, bahasanya lebih mudah dimengerti oleh anak

Ada banyak sekali film Indonesia yang menarik untuk ditonton anak-anak. Beberapa film Indonesia untuk anak yang melegenda adalah Petualangan Sherina, Laskar Pelangi, atau Garuda di Dadaku. Film Indonesia untuk anak memang lebih banyak bertema nonfiksi. Cerita yang diambil juga biasanya cerita nyata yang banyak terjadi atau ditemukan di masyarakat. 


Namun, sebenarnya Indonesia juga memiliki film animasi, misalnya Adit Sopo Jarwo atau Battle of Surabaya. Sayangnya, film animasi Indonesia masih belum se-booming dan sepopuler film anak yang nonfiksi.


Film anak Indonesia sangat direkomendasikan untuk ditonton anak-anak. Menyukai film Indonesia akan mengajarkan anak untuk mencintai dan menghargai karya anak bangsa. Selain itu, pesan dan isi film juga lebih mudah dimengerti karena bahasa dan budayanya lebih relevan.

Film Barat, pilihannya sangat beragam dan banyak film baru

Film Barat terbaik untuk anak sangat banyak dan mudah ditemukan di aplikasi streaming film online. Umumnya, Anda akan lebih mudah menemukan film anak Barat dibanding film Indonesia. Film-film terbaru untuk anak juga banyak berasal dari film Barat.


Film Barat bertema anak biasanya banyak dijumpai dalam bentuk animasi atau kartun. Tampilannya yang penuh warna dan menarik akan membuat anak lebih tertarik menontonnya. Jika ingin mengajak anak menyaksikan film Barat, sebaiknya anak sudah dapat membaca subtitle atau mengerti bahasa Inggris yang diucapkan.

Film India, lebih banyak tayang di stasiun TV swasta

Selain film Indonesia dan film Barat, film India juga cukup banyak digemari. Sayangnya, film India untuk anak lebih banyak tayang di stasiun TV swasta. Pilihan yang bisa ditonton di aplikasi streaming film online tidak terlalu beragam. Film India untuk anak umumnya hadir dalam bentuk animasi.


Film India yang telah lulus sensor dan tayang di stasiun TV swasta biasanya telah di-dubbing dalam bahasa Indonesia. Dengan begitu, anak dapat mengerti tayangannya dengan mudah. Namun, untuk film India yang tayang di layanan streaming online, umumnya masih menggunakan suara bawaan dari film. Untuk itu, pastikan Anda mengaktifkan penerjemah teks ke bahasa Indonesia.

Pilihan film lain, seperti film Jepang, Korea, dan lainnya

Film anak juga banyak yang berasal dari Jepang. Kartun-kartun Jepang bisa dalam bentuk anime atau animasi lainnya. Animasi film Jepang tak kalah menarik dengan animasi dari film Barat. Gambar dan jalan ceritanya juga sangat menarik. 


Film Jepang seperti Doraemon dan My Neighbour Totoro adalah salah satu film animasi Jepang yang bisa dipilih anak. Selain film Jepang, ada juga kartun asal Korea, seperti The Little Bus Tayo, Pororo The Little Penguin, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Tentukan kategori film yang disukai

Film apa yang cocok untuk anak-anak? Saat mencari film anak, Anda akan menemukan film berbasis animasi dan non-animasi. Kedua kategori ini sama-sama menarik untuk ditonton. Anda bisa memilih kategori ini sesuai dengan selera anak.

Animasi, dari kartun hingga stop motion

Film anak yang paling banyak ditemui adalah film kategori animasi. Film animasi juga dikenal dengan film kartun. Kini banyak sekali pilihan film kartun untuk anak yang dapat Anda temukan pada layanan streaming film online. Film animasi memiliki warna yang lebih menarik untuk dinikmati anak-anak


Selain itu, film animasi disukai anak-anak karena suara karakter pada film menarik dan unik untuk didengar. Nada dan mimik dari tokoh film animasi juga lebih ekspresif dibanding film non-animasi. Selain kartun, film yang dibuat dengan konsep stop motion juga dapat dikategorikan dengan film animasi.

Non-animasi, konflik dan pesan terasa lebih nyata

Film non-animasi biasanya dimainkan langsung oleh aktor dengan berbagai proses pengambilan gambar di tempat yang sebenarnya. Film non-animasi juga menarik karena menampilkan lingkungan serta tokoh yang nyata dan relevan dengan anak-anak. Salah satu contoh film yang patut ditonton adalah Petualangan Sherina.


Umumnya film non-animasi lebih cocok untuk anak-anak usia enam tahun ke atas. Film non-animasi lebih memberikan efek nyata atas konflik dan drama yang ditayangkan. Di samping itu, biasanya terdapat juga adegan-adegan yang butuh pendampingan orang tua. Jadi, saat anak menonton film jenis ini, pastikan Anda turut menyertai mereka, ya. 

Cari film dengan pesan moral yang baik

 Cari film dengan pesan moral yang baik

Film merupakan salah satu media yang dapat memengaruhi seseorang. Maka dari itu, Anda perlu bijak dalam memilih jenis film yang hendak ditonton anak. Pilihlah film dengan pesan moral yang baik. Pesan moral yang diberikan film akan lebih mudah diingat dan diterapkan anak dalam kehidupan nyata


Setelah menyaksikan film, Anda dapat membahas pesan moral film bersama anak. Proses pembahasan ini akan menjadi waktu yang tepat untuk menanamkan hal baik pada anak. Selain itu, Anda perlu juga mencari tahu tayangan film sebelum memutarnya untuk anak. Pastikan tidak ada adegan kekerasan atau kata-kata kasar yang justru dapat memicu anak untuk melakukan hal serupa.

Perhatikan durasi film dan sesuaikan dengan usia anak

 Perhatikan durasi film dan sesuaikan dengan usia anak

Sudah lumrah jika anak-anak zaman sekarang banyak menghabiskan waktunya di depan layar untuk kegiatan sekolah atau menyaksikan hiburan. Namun, sesungguhnya anak-anak memiliki batasan waktu dalam melihat gadget atau biasa disebut screen time.


Untuk anak usia 2–5 tahun, sebaiknya orang tua membatasi waktu menonton maksimal satu jam per hari. Di sisi lain, untuk anak usia enam tahun, waktu maksimal menonton adalah dua jam per hari. Hal ini dipaparkan oleh American Academy of Pediatrics (AAP) seperti yang tertulis di situs Hello Sehat.


Terlalu lama menyaksikan tayangan dari perangkat elektronik memiliki banyak risiko berbahaya bagi anak. Kelelahan mata, terlambat bicara, diabetes, hingga risiko penyakit jantung di kemudian hari adalah beberapa contohnya.


Untuk itu, Anda bisa menyesuaikan film anak dengan durasi waktu yang disarankan oleh profesional. Selain itu, pilih juga waktu yang tepat misalnya di akhir pekan agar tidak mengganggu aktivitas anak.

Pastikan bahasanya mudah dimengerti anak

Pastikan bahasanya mudah dimengerti anak

Tentunya bahasa yang ditayangkan film perlu menjadi pertimbangan Anda. Memberikan film dengan bahasa yang tidak dimengerti anak hanya akan membuat Anda kerepotan untuk menjelaskan detail film


Untuk anak di bawah dua tahun, Anda bisa memberikan film berbahasa Indonesia atau film stop motion tanpa suara. Nah, untuk anak usia enam tahun ke atas yang sudah dapat membaca, menyaksikan film dengan subtitle tidak jadi masalah.

10 Rekomendasi film terbaik untuk anak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film terbaik untuk anak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb. 

10

Iconix Entertainment, Seoul Metropolitan GovernmentTayo The Little Bus

Asal filmFilm Korea
KategoriAnimasi
Durasi11–24 menit per episode
Pesan moralPersahabatan, kerja keras
Rating di IMDb5,3 dari 10
9

Roi Visual, EBSRobocar Poli

Asal filmFilm Korea
KategoriAnimasi
Durasi14 menit per episode
Pesan moralKepahlawanan, tolong-menolong, bertanggung jawab
Rating di IMDb6,6 dari 10
8

Green Gold AnimationsMighty Little Bheem

Asal filmFilm India
KategoriAnimasi
Durasi6 menit per episode
Pesan moralKeberanian, rasa ingin tahu yang besar, dan percaya diri
Rating di IMDb6,6 dari 10
7
Asal filmFilm Indonesia
KategoriNon animasi
Durasi1 jam 59 menit
Pesan moralPantang menyerah, kejar mimpi setinggi langit, persahabatan, bersyukur, dan beriman
Rating di IMDb7,8 dari 10
6

Benesse CompanyShimajiro: A Wonderful Adventure

Asal filmFilm Jepang
KategoriAnimasi
Durasi8 menit per episode
Pesan moralPentingnya keluarga dan persahabatan, tolong-menolong, sopan, dan keberanian
Rating di IMDb7,8 dari 10
5
Asal filmFilm
KategoriNon-animasi
Durasi1 jam 51 menit
Pesan moralKesetaraan gender, keberanian, persahabatan, tolong-menolong
Rating di IMDb7,8 dari 10
3

Shin-Ei Animation, Japan Green HeartsPui Pui Molcar

Asal filmFilm Jepang
KategoriAnimasi
Durasi8 menit per episode
Pesan moralKerja sama, persahabatan, dan loyalitas
Rating di IMDb8,0 dari 10
3

DreamWorksHow to Train Your Dragon

Asal filmFilm Barat
KategoriAnimasi
Durasi1 jam 39 menit
Pesan moralPersahabatan, kepemimpinan, kepercayaan diri
Rating di IMDb8,1 dari 10
2

Studio Ghibli My Neighbor Totoro

Asal filmFilm Jepang
KategoriAnimasi
Durasi1 jam 27 menit
Pesan moralMenghargai hal-hal sederhana
Rating di IMDb8,2 dari 10
1
Asal filmFilm Barat
KategoriAnimasi
Durasi1 jam 38 menit
Pesan moralKerja sama, persahabatan, dan kesetiaan
Rating di IMDb8,2 dari 10

Tabel perbandingan film terbaik untuk anak

Gambar produk
1
Disney Pixar Toy Story 3 1

Disney Pixar

2
Studio Ghibli  My Neighbor Totoro 1

Studio Ghibli

3
DreamWorks How to Train Your Dragon 1

DreamWorks

3
Shin-Ei Animation, Japan Green Hearts Pui Pui Molcar 1

Shin-Ei Animation, Japan Green Hearts

5
Miles Production Petualangan Sherina 1

Miles Production

6
Benesse Company Shimajiro: A Wonderful Adventure 1

Benesse Company

7
Miles Films, Mizan Production Laskar Pelangi 1

Miles Films, Mizan Production

8
Green Gold Animations Mighty Little Bheem 1

Green Gold Animations

9
Roi Visual, EBS Robocar Poli 1

Roi Visual, EBS

10
Iconix Entertainment, Seoul Metropolitan Government Tayo The Little Bus 1

Iconix Entertainment, Seoul Metropolitan Government

Nama produk

Toy Story 3

My Neighbor Totoro

How to Train Your Dragon

Pui Pui Molcar

Petualangan Sherina

Shimajiro: A Wonderful Adventure

Laskar Pelangi

Mighty Little Bheem

Robocar Poli

Tayo The Little Bus

Keunggulan

Petualangan Woody dan teman-temannya melarikan diri dari daycare yang jahat

Animasinya membuat anak seolah-olah ikut masuk ke dalam film

Ternyata naga juga bisa dipelihara layaknya binatang peliharaan!

Tontonan singkat yang cocok untuk toddler

Drama musikal yang menarik ditonton sepanjang masa

Belajar hal baik lewat kejadian sehari-hari

Ajari anak bahwa kemiskinan bukan penghalang kesuksesan

Simak lucunya si bayi kecil dengan kekuatan super

Robot mobil yang siap menyelamatkan dan membantu siapa pun

Tayo si bus kecil yang ramah dan enerjik

Asal filmFilm BaratFilm JepangFilm BaratFilm JepangFilm Film JepangFilm IndonesiaFilm IndiaFilm KoreaFilm Korea
KategoriAnimasiAnimasiAnimasiAnimasiNon-animasiAnimasiNon animasiAnimasiAnimasiAnimasi
Durasi1 jam 38 menit1 jam 27 menit1 jam 39 menit8 menit per episode1 jam 51 menit8 menit per episode1 jam 59 menit6 menit per episode14 menit per episode11–24 menit per episode
Pesan moralKerja sama, persahabatan, dan kesetiaanMenghargai hal-hal sederhanaPersahabatan, kepemimpinan, kepercayaan diriKerja sama, persahabatan, dan loyalitasKesetaraan gender, keberanian, persahabatan, tolong-menolongPentingnya keluarga dan persahabatan, tolong-menolong, sopan, dan keberanian Pantang menyerah, kejar mimpi setinggi langit, persahabatan, bersyukur, dan berimanKeberanian, rasa ingin tahu yang besar, dan percaya diriKepahlawanan, tolong-menolong, bertanggung jawabPersahabatan, kerja keras
Rating di IMDb8,2 dari 108,2 dari 108,1 dari 108,0 dari 107,8 dari 107,8 dari 107,8 dari 106,6 dari 106,6 dari 105,3 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film yang cocok untuk anak lainnya di sini

Jika Anda masih mencari film yang cocok untuk ditonton bersama anak, kami juga memiliki beberapa rekomendasi film lainnya di sini. Ada beberapa film mulai dari film animasi hingga film keluarga terbaik. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahuinya.

Kesimpulan

Apakah salah satu dari film yang kami rekomendasikan sudah pernah anak Anda tonton? Apa pun pilihan film yang akan ditonton anak, pastikan ceritanya memiliki pesan moral atau mengedukasi si kecil. 


Pastikan juga film telah di-dubbing atau memiliki teks bahasa yang dipakai anak sehari-hari. Hal ini berguna untuk membantu anak lebih mengerti jalan ceritanya sehingga mereka tidak cepat bosan. Selamat menikmati film bersama si kecil!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Visualisasi yang menarik dan penuh warna membuat film animasi menjadi menyenangkan untuk ditonton.  Di sini, kami akan membahas mengenai film animasi terbaik. Anda akan menemukan berbagai judul film yang bagus, seperti Spirited Away atau Toy Story. Kami juga akan mengulas film animasi terbaru 2022, serta film animasi Indonesia yang wajib Anda tonton! Sebelum menonton, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak film superhero, mungkin Anda sudah sangat familier dengan film produksi Marvel. Kumpulan film Marvel ini masih bisa ditonton kapan saja melalui layanan media streaming digital seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Salah satu judul film Marvel terbaik yang tak boleh Anda lewatkan adalah Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.Namun, film Marvel bukan Avengers saja. Masih banyak film Marvel lainnya yang tak kalah bagusnya, seperti Loki, Spider-Man, dan lainnya. Melalui artikel ini, kami akan mengulas list film Marvel terbaru tahun 2022 yang wajib Anda tonton.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak aktor laga internasional, nama Jackie Chan termasuk salah satu yang menonjol. Film yang ia bintangi memiliki ciri khas tersendiri, dari yang klasik sampai yang terbaru. Film Jackie Chan umumnya menampilkan aksi yang dibalut komedi, sebuah genre yang sukses ia populerkan.Kali ini kami akan membagikan cara memilih film Jackie Chan terbaik. Rekomendasi filmnya yang bagus juga sudah kami siapkan untuk Anda, lengkap dengan ulasannya. Dari yang lucu seperti Shanghai Noon sampai yang yang serius seperti Crime Story, semuanya ada. Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menonton film merupakan kegiatan yang seru. Sekarang, Anda tak perlu repot-repot pergi ke bioskop untuk menonton film karena sudah banyak website resmi yang menyediakan film original. Di antara banyaknya aplikasi dan website untuk menonton film, Disney+ Hotstar menjadi salah satu situs favorit untuk segala usia.Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih film yang bagus di Disney+ Hotstar. Deretan rekomendasi film Disney+ Hotstar terbaik, seperti Toy Story 4, Mandalorian, dan Snowdrop juga akan kami ulas. Cek rekomendasi daftar film dari kami dan temukan film favorit Anda. Selamat membaca!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Petualangan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film yang bisa membuat penonton terhanyut dalam suasana sedih, gembira, tegang, bahkan marah, tentu menarik untuk diikuti. Nah, salah satu genre yang menyuguhkan paket komplet tersebut adalah film petualangan atau adventure. Genre ini cocok ditonton bersama keluarga karena cerita dari sebagian film petualangan dibuat ramah untuk anak.Di antara sekian banyak film petualangan, ada beberapa film yang recommended dan sayang untuk dilewatkan. Untuk itu, kami akan membahas cara memilih film petualangan terbaik dan merekomendasikan sepuluh film yang bagus untuk Anda tonton. Simak terus pembahasannya dan pilihlah film yang Anda suka!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori