mybest
Deodorant

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan badan
  4. 10 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]
  • 10 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 1
  • 10 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 2
  • 10 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 3
  • 10 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 4
  • 10 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist] 5

10 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

Ketiak hitam bisa membuat kepercayaan diri menurun. Untungnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan ketiak, salah satunya menggunakan deodorant pemutih ketiak. Kami akan merekomendasikan deodorant yang bagus untuk memutihkan ketiak dari merek Nivea, Dove, Rexona, dan lainnya.  Deodorant tersebut tidak hanya mampu membuat kulit ketiak putih, tetapi juga menghilangkan bau badan. 


Bersama dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV, kami akan memberikan tips merawat ketiak agar tidak menghitam kembali. Anda dapat memilih deodorant berbentuk spray, roll on, losion, atau stik. Yuk, disimak!

Diperbaharui 27/02/2024
dr. Annisa Anjani
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta. Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Profil dr. Annisa Anjani
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Benarkah penggunaan deodorant bikin ketiak hitam?

Benarkah penggunaan deodorant bikin ketiak hitam?

Banyak orang yang penasaran dengan penyebab ketiak hitam. Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat menyebabkan ketiak menghitam. Berikut ini beberapa contohnya.

  • Mekanisme gesekan ringan dari deodoran roll on bisa membuat kulit ketiak yang tipis menjadi iritasi. 
  • Beberapa bahan, semisal aluminium klorida, yang terkandung di dalam deodoran sangat mungkin menyebabkan kulit menjadi iritasi dan menghitam.
  • Iritasi berulang akibat kandungan bahan pewangi juga dapat menyebabkan kulit akhirnya menggelap.

Di sisi laini, apabila Anda memilih produk yang tepat, deodoran justru bisa membuat ketiak hitam kembali menjadi putih. Jadi, deodoran seperti apa yang bisa memutihkan ketiak? Simak baik-baik tips dari kami setelah ini.

Cara memilih Deodorant untuk Memutihkan Ketiak

Bila Anda memiliki masalah ketiak hitam, pastikan Anda memperhatikan hal berikut ini sebelum membeli deodoran. Jangan sampai deodoran yang Anda beli justru membuat ketiak jadi makin gelap, ya!

1

Ketahui bahan yang berguna untuk memutihkan ketiak

Ketahui bahan yang berguna untuk memutihkan ketiak

Sama halnya dengan kulit wajah, kulit ketiak juga tergolong cukup sensitif dan perlu perawatan khusus. Itulah sebabnya Anda membutuhkan deodoran dengan kandungan khusus supaya kulit ketiak lebih cerah. 


Ada beberapa kandungan bahan alami dan sintetis di dalam deodoran yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit ketiak. Bahan-bahan alami tersebut, antara lain lemon, biji bunga matahari, dan bunga mawar. Sementara itu, untuk bahan sintetis Anda akan menemukan kandungan niacinamide dan citric acid.

2

Cek juga adanya kandungan lain yang baik bagi kulit ketiak

Cek juga adanya kandungan lain yang baik bagi kulit ketiak

Deodoran yang bisa memutihkan kulit ketiak biasanya juga memiliki kelebihan lain. Anda dapat menemukan deodoran dengan pelembap, pengencang, hingga produk yang mampu mengeksfoliasi kulit.


Misalnya, Anda memiliki masalah kulit ketiak kering. Saat kulit mengering, ketiak akan mengalami iritasi dan sedikit demi sedikit menyebabkan ketiak menghitam. Dalam hal ini, gunakan deodoran pemutih ketiak yang mengandung pelembap. Anda dapat memilih deodoran dengan kandungan Aloe veravitamin E, atau provitamin B5.


Selain itu, beberapa dari Anda mungkin menginginkan kulit ketiak tetap kencang dan tidak keriput. Kalau Anda menginginkan kulit ketiak minim lipatan, Anda dapat memilih deodoran dengan tambahan collagen di dalamnya

3

Pilih berdasarkan bentuknya

Setelah memilih kandungannya, selanjutnya Anda bisa memilih deodoran berdasarkan bentuknya. Ada beberapa jenis deodoran yang umum dijual di pasaran, yakni roll on, spray, losion, atau stik. Ketahui kelebihan dari tiap-tiap jenis deodoran tersebut, yuk!

Roll on, mudah diaplikasikan dan harumnya tahan lama

Roll on, mudah diaplikasikan dan harumnya tahan lama

Roll on adalah jenis deodoran yang paling banyak ditemukan di pasaran. Deodoran ini berupa cairan yang diaplikasikan lewat aplikator berupa roll on. Sayangnya, Anda tidak bisa langsung mengenakan baju karena deodoran ini membutuhkan waktu beberapa saat sampai benar-benar kering. Namun, keharuman yang dihasilkan dapat bertahan cukup lama. 


Bila Anda memiliki masalah bau badan dan keringat berlebih, beberapa rekomendasi deodoran roll on berikut ini mungkin bisa dicoba. Bacalah ulasannya pada tautan di bawah ini, ya! 

Spray, lebih praktis dan higienis

Spray, lebih praktis dan higienis

Deodoran yang menghasilkan bentuk bubuk saat disemprotkan ini dapat dikatakan lebih praktis dalam pemakaiannya. Anda hanya perlu menyemprotkan deodoran ke area ketiak. Setelah itu, deodoran akan meresap dan mengering dengan cepat sehingga tidak lengket dan relatif tak meninggalkan noda


Deodoran spray tidak hanya praktis, tetapi juga lebih higienis karena tidak ada aplikator yang menyentuh kulit secara langsung. Hal ini membuat bakteri di ketiak tak akan menempel pada deodoran milik Anda. Selain itu, tipe spray meminimalkan risiko iritasi akibat gesekan saat pemakaian, tidak seperti bentuk roll on.


Selain produk di artikel ini, kami juga sudah mengulas beberapa rekomendasi deodoran spray untuk Anda pilih. Cek artikelnya yuk! Siapa tahu salah satu produknya cocok dengan kulit Anda.

Losion, bisa sekaligus melembapkan kulit

Losion, bisa sekaligus melembapkan kulit

Deodoran losion biasanya berupa gel atau krim yang teksturnya menyerupai body lotion pada umumnya. Deodoran jenis ini biasanya berguna untuk menahan bau badan dan keringat, sekaligus dapat melembapkan kulit.

 
Beberapa deodoran losion memang sulit menyerap sehingga Anda harus menunggu agak lama hingga kering. Akan tetapi, ada juga produk yang cepat meresap sehingga menghemat waktu Anda. Kalau Anda memiliki tipe kulit yang kering atau sensitif, Anda bisa mempertimbangkan deodoran jenis ini.

Stik, lebih efisien membuat kulit ketiak tetap kering

Stik, lebih efisien membuat kulit ketiak tetap kering

Untuk Anda yang selalu terburu-buru pada pagi hari, Anda dapat mempertimbangkan deodoran berbentuk stik. Deodoran stik memiliki bentuk bubuk yang dipadatkan serta memberi hasil akhir yang kering ketika diaplikasikan. Di samping itu, ketiak Anda akan terjaga tetap kering dalam jangka waktu cukup lama. Bila Anda terganggu dengan keringat berlebih, Anda bisa mencoba deodoran jenis ini

4

Hindari kandungan alkohol dan paraben yang bikin ketiak menghitam

Hindari kandungan alkohol dan paraben yang bikin ketiak menghitam

Salah satu penyebab ketiak menghitam adalah kandungan alkohol dan paraben. Karena itu, jika Anda menginginkan deodoran yang tidak membuat ketiak hitam, cek kandungan pada deodoran sebelum membelinya. Alkohol menyebabkan kulit ketiak jadi kering. Di sisi lain, paraben adalah bahan pengawet yang bisa membuat kulit menjadi iritasi. 


Meskipun begitu, tidak semua alkohol berakibat buruk pada kulit. Beberapa jenis alkohol justru dapat melembapkan dan membantu bahan-bahan lain meresap lebih baik ke dalam kulit. Jenis-jenis alkohol tersebut antara lain:

  • Cetearyl alcohol
  • Glycol
  • Cetyl alcohol
  • C12-16
  • Stearyl alcohol
  • Myristyl alcohol
  • Lauryl alcohol


Sementara itu, jenis alkohol yang perlu dihindari adalah

  • SD alcohol (40)
  • Denatured alcohol
  • Isopropyl alcohol
  • Ethanol
  • Methanol
  • Benzyl alcohol

 
Selain alkohol dan paraben, bahan yang mungkin menyebabkan ketiak hitam adalah aluminium klorida. Bahan ini biasa ditemukan pada deodoran antiperspirant. Namun, aluminium klorida bisa menyebabkan kulit gatal dan iritasi sehingga terjadi hiperpigmentasi. Bagi yang memiliki kulit supersensitif, pertimbangkan memilih deodoran tanpa ketiga bahan ini.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Deodorant untuk Memutihkan Ketiak Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 27 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Jenis
Alkohol
Kandungan antibakteri
Kandungan antiperspirant
Kandungan pencerah lainnya
Kandungan pelembap
Kandungan lainnya
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran
Daya tahan
Manfaat lainnya
BPOM
1

Beiersdorf

Nivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On

Beiersdorf Nivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On 1

Rp24.500

Agak Murah

Mampu mengecilkan pori-pori kulit untuk menekan keringat berlebih

Deodorant roll on

Aluminum Chlorohydrate, Trisodium EDTA, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Sorbic Acid

Aluminum Chlorohydrate

Sodium ascorbyl phosphate, Citrus limon juice, Glycyrrhiza glabra root extract, Lycium barbarum fruit extract, Punica granatum pericarp extract, Camellia sinensis leaf extract

Glycerin, Aloe barbadensis leaf juice powder, Persea gratissima oil, propylene glycol, Cucumis sativus juice

Castor oil, Punica granatum pericarp extract, Camellia sinensis leaf extract

25 ml, 50 ml

48 jam

Mencerahkan dan menghaluskan kulit ketiak

BPOM RI NA18230900427

2

Unilever

Advanced Brightening Roll On

Unilever Advanced Brightening Roll On 1

Rp23.000

Agak Murah

Diklaim dapat mencerahkan ketiak dalam 7 hari!

Deodorant roll on

Aluminum chlorohydrate, sodium benzoate

Aluminum chlorohydrate

Glycyrrhiza glabra (licorice) root extract

Glycerin, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, caprylic/capric triglyceride, gelatin crosspolymer, cellulose gum, butylene glycol

Water, steareth-2, parfum, steareth-20, disodium EDTA, gelatin crosspolymer, cellulose gum, sodium benzoate, butylene glycol

45 ml

48 jam

Mengurangi iritasi

BPOM RI NA 18210900153

3

Colgate-Palmolive

Lady Speed Stick Invisible Dry Powder Fresh

Colgate-Palmolive Lady Speed Stick Invisible Dry Powder Fresh 1

Rp53.500

Menengah

Teksturnya kering dan tidak meninggalkan noda pada pakaian

Deodorant stick

Palm kernell oil

Aluminum zirconium tetrachlorohydrex glycine, stearyl alcohol,fragrance

Citric acid

Stearyl alcohol, Hydrogenated castor oil, PEG-8 distearate, polysaccharides

Corn starch

39,6 gram

24 jam

Menciptakan lapisan pelindung tak terlihat

BPOM RI NE 51170900154

4

Unilever

Dove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3

Unilever Dove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3 1

Rp21.500

Agak Murah

Buat kulit ketiak jadi cerah, kenyal, dan sehat

Deodorant lotion

Phenoxyethanol, sodium benzoate

Aluminum chlorohydrate

Niacinamide

Glycerin, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, cetearyl alcohol, petrolatum, hydrolyzed collagen

Tidak diketahui

50 ml

48 jam

Melembabkan kulit, membantu regenerasi sel kulit

BPOM RI NA 49190905002

5

Grace and Glow

Smooth Deodorant Roll On

Grace and Glow Smooth Deodorant Roll On 1

Rp56.000

Menengah

Kombinasi niacinamide dan AHA dapat membantu mengatasi ketiak gelap

Deodorant roll on

Aluminum chlorohydrate, phenoxyethanol

Aluminum chlorohydrate

Niacinamide, Morus alba fruit extract, glutathione

Glycerin, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, Simmondsia chinensis (jojoba) seed oil, caprylyl glycol

Morus alba fruit extract

50 ml

48 jam

Melawan bau keringat, memberikan sensasi wangi parfum mewah

BPOM RI NA 11210900002

6

Lion Japan

Posh Roll On Deodoran Whitening

Lion Japan Posh Roll On Deodoran Whitening 1

Rp14.600

Lebih Murah

Kembalikan warna alami kulit ketiak Anda dengan deodorant ini

Deodorant roll on

Aluminum chlorohydrate, ethylhexylglycerin, cetylpyridinium chloride

Aluminum chlorohydrate

Niacinamide, Broussonetia papyrifera bark extract, acetyl glucosamine, acetyl glucosamine, Pyrus malus fruit extract, Camellia japonica flower extract, Camellia sinensis leaf extract, Rhus semialata extract, Tricholoma matsutake extract

Caprylic/capric triglyceride, isoamly laurate, ethylhexylglycerin, niacinamide, madecassoside, allantoin

Tidak diketahui

50 ml

48 jam

Melembutkan ketiak

BPOM RI NA 18170900152

7

Sensatia Botanicals

Hinako Bloom Natural Deodorant

Sensatia Botanicals Hinako Bloom Natural Deodorant 1

Rp150.000

Agak Mahal

Dengan ekstrak bunga-bunga eksotis, jadikan tubuh beraroma manis dan feminin

Deodorant roll on

Zinc ricinoleate, benzyl alcohol & benzoic acid & dehydroacetic acid

Tidak diketahui

Niacinamide, Pandanus amaryllifolius leaf extract, Citrus nobilis (mandarin orange) peel oil, Camellia sinensis leaf extract, Rosa damascena extract, Jasminum sambac (jasmine) flower extract

Simmondsia chinensis (jojoba) seed oil, Ricinus communis (castor) seed oil, cetearyl glucoside & sorbitan olivate, Tocopherol (Vitamin E), Camellia sinensis leaf extract, Pachyrhizus erosus root extract, aqua (air)

Tidak diketahui

50 ml

Tidak diketahui

Melembutkan dan menghaluskan kulit

BPOM RI NA 18200900016

8

The Bath Box

Salvia Deodorant

The Bath Box Salvia Deodorant 1

Rp199.000

Lebih Mahal

Deodoran dengan kandungan AHA pertama di Indonesia!

Deodorant roll on

Salvia officinalis oil, Phragmites kharka extract, Poria cocos extract, ethylhexylglycerin

Tidak diketahui

Shikimic acid, citric acid, tartaric acid

Glycerin, propanediol, propylene glycol, Equisetum arvense extract, Salvia officinalis oil, Phragmites kharka extract, Poria cocos extract, lactic acid, ethylhexylglycerin

AHA, shikimic acid, Sage oil, Horsetail extract, syricalm (bahan-bahan aktif yang menenangkan)

30 ml, 40 ml

Tidak diketahui

Menghaluskan kulit ketiak dan mengeksfoliasi kulit ketiak, Menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, mengeksfoliasi sel kulit, sebagai antimikroba dan antioksidan, Mengurangi keringat hingga 25%, mengecilkan pori-pori, Mencegah chicken skin, mencerahkan dan menenangkan kulit ketiak

BPOM RI NA 18210900014

9

Enchanteur

Radiant White Anti-Perspirant Roll On Romantic Pore Refine

Enchanteur  Radiant White Anti-Perspirant Roll On Romantic Pore Refine 1

Rp27.500

Agak Murah

Beri kelembutan dan keharuman pada kulit ketiak

Deodorant roll on

Aluminium chlorohydrate, propylene glycol, sodium metabisulfite

Aluminium chlorohydrate

Disodium EDTA, Olive oil PEG-7 esters, sodium metabisulfite

Propylene glycol, PEG-8, hydroxyethylcellulose

Tidak diketahui

40 ml

48 jam

Tidak diketahui

BPOM RI NA 18180900018

10

Teratu Beauty

Miracle Deo Spray Deodorant

Teratu Beauty Miracle Deo Spray Deodorant  1

Rp110.000

Agak Mahal

Terbuat dari tawas alami dengan segudang manfaat

Deodorant Spray

Potassium alum, zinc PCA, cetylpyridinium chloride, DMDM hydantoin

Potassium alum

Niacinamide, lactic acid, zinc PCA

Rosa damascena flower water, butylene glycol, allantoin, menthol

Tidak diketahui

60 ml, 100 ml

Tidak diketahui

Melembabkan kulit, mengatasi kulit kemerahan

BPOM RI NA 18200900108

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

BeiersdorfNivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On

Nivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On 1
Sumber: nivea.co.id
Nivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On 2
Sumber: shopee.co.id
Nivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On 3
Sumber: shopee.co.id
Nivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On 4
Sumber: shopee.co.id
Nivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp24.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp24.500
Agak Murah

Mampu mengecilkan pori-pori kulit untuk menekan keringat berlebih

Waxing adalah salah satu cara yang direkomendasikan untuk menghindari ketiak makin menghitam. Sayangnya, efek samping dari waxing sering kali membuat pori-pori jadi membesar. Pori-pori yang membesar akan membuat keringat menjadi berlebih. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan deodoran dari Nivea. 


Produk ini mengandung vitamin C dan ekstrak mutiara yang bisa mencerahkan kulit ketiak hitam. Tak hanya itu, kandungannya juga mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga menekan produksi keringat berlebih. Bonusnya, kulit Anda jadi tambah halus dan lembut!

JenisDeodorant roll on
Alkohol
Kandungan antibakteriAluminum Chlorohydrate, Trisodium EDTA, Sodium Benzoate, Potassium Sorbate, Sorbic Acid
Kandungan antiperspirantAluminum Chlorohydrate
Kandungan pencerah lainnyaSodium ascorbyl phosphate, Citrus limon juice, Glycyrrhiza glabra root extract, Lycium barbarum fruit extract, Punica granatum pericarp extract, Camellia sinensis leaf extract
Kandungan pelembapGlycerin, Aloe barbadensis leaf juice powder, Persea gratissima oil, propylene glycol, Cucumis sativus juice
Kandungan lainnyaCastor oil, Punica granatum pericarp extract, Camellia sinensis leaf extract
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran25 ml, 50 ml
Daya tahan48 jam
Manfaat lainnyaMencerahkan dan menghaluskan kulit ketiak
BPOMBPOM RI NA18230900427
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

UnileverAdvanced Brightening Roll On

Harga referensi
Rp23.000
Agak Murah

Diklaim dapat mencerahkan ketiak dalam 7 hari!

Merek yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Rexona Advanced Brightening Roll On memiliki kandungan minyak biji bunga matahari yang kaya akan vitamin E dan vitamin F. 


Kandungan tersebut bermanfaat mencerahkan pigmen kulit yang gelap, melembapkan kulit, dan mencegah iritasi. Produk ini juga mengeklaim bahwa formula di dalamnya dapat mencerahkan kulit ketiak dalam 7 hari. Jika Anda mencari rekomendasi deodoran wanita untuk memutihkan ketiak dengan cepat, produk ini bisa dicoba.

JenisDeodorant roll on
Alkohol
Kandungan antibakteriAluminum chlorohydrate, sodium benzoate
Kandungan antiperspirantAluminum chlorohydrate
Kandungan pencerah lainnyaGlycyrrhiza glabra (licorice) root extract
Kandungan pelembapGlycerin, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, caprylic/capric triglyceride, gelatin crosspolymer, cellulose gum, butylene glycol
Kandungan lainnyaWater, steareth-2, parfum, steareth-20, disodium EDTA, gelatin crosspolymer, cellulose gum, sodium benzoate, butylene glycol
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran45 ml
Daya tahan48 jam
Manfaat lainnyaMengurangi iritasi
BPOMBPOM RI NA 18210900153
View all
No.3

Colgate-PalmoliveLady Speed Stick Invisible Dry Powder Fresh

Harga referensi
Rp53.500
Menengah

Teksturnya kering dan tidak meninggalkan noda pada pakaian

Sering kesal dengan deodoran yang tidak cepat kering, padahal Anda harus buru-buru pergi ke sekolah atau kantor? Untuk Anda yang mengalami hal ini, kami merekomendasikan deodoran Lady Speed Stick


Setelah dioleskan di ketiak, Anda bisa langsung memakai baju tanpa perlu menunggu terlalu lama. Selain cepat mengering, produk ini tidak akan meninggalkan noda di pakaian Anda. Varian wangi Powder Fresh dari deodoran ini pun terasa lembut seperti bedak bayi.

JenisDeodorant stick
Alkohol
Kandungan antibakteriPalm kernell oil
Kandungan antiperspirantAluminum zirconium tetrachlorohydrex glycine, stearyl alcohol,fragrance
Kandungan pencerah lainnyaCitric acid
Kandungan pelembapStearyl alcohol, Hydrogenated castor oil, PEG-8 distearate, polysaccharides
Kandungan lainnyaCorn starch
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran39,6 gram
Daya tahan24 jam
Manfaat lainnyaMenciptakan lapisan pelindung tak terlihat
BPOMBPOM RI NE 51170900154
View all
No.4

UnileverDove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3

Harga referensi
Rp21.500
Agak Murah

Buat kulit ketiak jadi cerah, kenyal, dan sehat

Ada banyak deodoran yang bagus untuk mencerahkan ketiak. Namun, bagaimana jika Anda ingin mendapatkan kulit ketiak nan putih dan lembut? Produk Dove ini mungkin bisa dilirik. Hampir semua produk Dove mengutamakan kandungan pelembap yang akan menutrisi kulit, begitu pula dengan produk deodorannya. 


Produk ini mengeklaim dapat menembus kulit ketiak sedalam dua puluh lapisan sehingga lebih cepat memperbarui regenerasi kulit. Selain itu, terdapat kandungan kolagen dan vitamin B3 yang akan membuat kulit jadi terasa kenyal dan tidak kering. Jadi, kulit ketiak tak hanya putih, tetapi juga sehat dan kenyal.

JenisDeodorant lotion
Alkohol
Kandungan antibakteriPhenoxyethanol, sodium benzoate
Kandungan antiperspirantAluminum chlorohydrate
Kandungan pencerah lainnyaNiacinamide
Kandungan pelembapGlycerin, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, cetearyl alcohol, petrolatum, hydrolyzed collagen
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran50 ml
Daya tahan48 jam
Manfaat lainnyaMelembabkan kulit, membantu regenerasi sel kulit
BPOMBPOM RI NA 49190905002
View all
No.5

Grace and GlowSmooth Deodorant Roll On

Harga referensi
Rp56.000
Menengah

Kombinasi niacinamide dan AHA dapat membantu mengatasi ketiak gelap

Apakah deodorant yang sedang Anda gunakan menyebabkan daerah ketiak menjadi gelap? Jika iya, mungkin sudah saatnya Anda mengganti deodorant Anda dengan deodorant roll on dari Grace and Glow yang satu ini. Deodorant ini memiliki kandungan niacinamide dan AHA yang akan membantu mengatasi ketiak gelap. 


Kedua kandungan tersebut memiliki fungsi pencerah dan dapat mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Selain itu, deodorant ini juga dapat menghadirkan sensasi wangi parfum mewah pada tubuh Anda. Jadi, Anda bisa tetap segar dan wangi seharian tanpa perlu khawatir ketiak gelap.

JenisDeodorant roll on
Alkohol
Kandungan antibakteriAluminum chlorohydrate, phenoxyethanol
Kandungan antiperspirantAluminum chlorohydrate
Kandungan pencerah lainnyaNiacinamide, Morus alba fruit extract, glutathione
Kandungan pelembapGlycerin, Helianthus annuus (sunflower) seed oil, Simmondsia chinensis (jojoba) seed oil, caprylyl glycol
Kandungan lainnyaMorus alba fruit extract
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran50 ml
Daya tahan48 jam
Manfaat lainnyaMelawan bau keringat, memberikan sensasi wangi parfum mewah
BPOMBPOM RI NA 11210900002
View all
No.6

Lion JapanPosh Roll On Deodoran Whitening

Harga referensi
Rp14.600
Lebih Murah

Kembalikan warna alami kulit ketiak Anda dengan deodorant ini

Posh roll on whitening diformulasikan khusus untuk mengurangi bau badan dan keringat berlebih hingga 48 jam. Deodorant ini juga mengandung white 10 extract yang dapat mengembalikan warna alami kulit ketiak Anda dalam waktu 7 hari. Kami rekomendasikan produk ini untuk Anda yang ingin mencerahkan kulit ketiak serta merawatnya agar tetap lembut dan halus. 

JenisDeodorant roll on
Alkohol
Kandungan antibakteriAluminum chlorohydrate, ethylhexylglycerin, cetylpyridinium chloride
Kandungan antiperspirantAluminum chlorohydrate
Kandungan pencerah lainnyaNiacinamide, Broussonetia papyrifera bark extract, acetyl glucosamine, acetyl glucosamine, Pyrus malus fruit extract, Camellia japonica flower extract, Camellia sinensis leaf extract, Rhus semialata extract, Tricholoma matsutake extract
Kandungan pelembapCaprylic/capric triglyceride, isoamly laurate, ethylhexylglycerin, niacinamide, madecassoside, allantoin
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran50 ml
Daya tahan48 jam
Manfaat lainnyaMelembutkan ketiak
BPOMBPOM RI NA 18170900152
View all
No.7

Sensatia BotanicalsHinako Bloom Natural Deodorant

Harga referensi
Rp150.000
Agak Mahal

Dengan ekstrak bunga-bunga eksotis, jadikan tubuh beraroma manis dan feminin

Bau badan menjadikan Anda kurang percaya diri? Anda bisa mencoba menggunakan Hinako Bloom Natural Deodorant dari Sensatia Botanicals. Deodoran ini diperkaya ekstrak bunga-bunga eksotis yang beraroma manis dan feminin. 


Dengan produk ini, kulit ketiak juga akan terasa lembut dan halus. Formula yang digunakan dalam membuat deodoran ini juga mampu membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Dengan kata lain, deodoran ini tidak akan terasa lengket ketika diaplikasikan di kulit ketiak Anda.

JenisDeodorant roll on
Alkohol
Kandungan antibakteriZinc ricinoleate, benzyl alcohol & benzoic acid & dehydroacetic acid
Kandungan antiperspirantTidak diketahui
Kandungan pencerah lainnyaNiacinamide, Pandanus amaryllifolius leaf extract, Citrus nobilis (mandarin orange) peel oil, Camellia sinensis leaf extract, Rosa damascena extract, Jasminum sambac (jasmine) flower extract
Kandungan pelembapSimmondsia chinensis (jojoba) seed oil, Ricinus communis (castor) seed oil, cetearyl glucoside & sorbitan olivate, Tocopherol (Vitamin E), Camellia sinensis leaf extract, Pachyrhizus erosus root extract, aqua (air)
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran50 ml
Daya tahanTidak diketahui
Manfaat lainnyaMelembutkan dan menghaluskan kulit
BPOMBPOM RI NA 18200900016
View all
No.8

The Bath BoxSalvia Deodorant

Harga referensi
Rp199.000
Lebih Mahal

Deodoran dengan kandungan AHA pertama di Indonesia!

Bagi Anda yang biasa memakai skincare, Anda tentu sudah familier dengan kandungan AHA. Kandungan ini berfungsi sebagai exfoliator, pelembap, sekaligus pencerah kulit. Sekarang, Anda bisa mendapatkan khasiat AHA melalui deodoran buatan The Bath Box ini. 


Selain itu, produk ini juga dibuat dengan formula khusus yang bisa menyeimbangkan pH kulit ketiak. Jadi, bakteri penyebab bau badan tidak akan berkembang biak di ketiak. Secara bertahap, ketiak akan makin cerah, lembap, dan tidak bau lagi.

JenisDeodorant roll on
Alkohol
Kandungan antibakteriSalvia officinalis oil, Phragmites kharka extract, Poria cocos extract, ethylhexylglycerin
Kandungan antiperspirantTidak diketahui
Kandungan pencerah lainnyaShikimic acid, citric acid, tartaric acid
Kandungan pelembapGlycerin, propanediol, propylene glycol, Equisetum arvense extract, Salvia officinalis oil, Phragmites kharka extract, Poria cocos extract, lactic acid, ethylhexylglycerin
Kandungan lainnyaAHA, shikimic acid, Sage oil, Horsetail extract, syricalm (bahan-bahan aktif yang menenangkan)
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran30 ml, 40 ml
Daya tahanTidak diketahui
Manfaat lainnyaMenghaluskan kulit ketiak dan mengeksfoliasi kulit ketiak, Menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, mengeksfoliasi sel kulit, sebagai antimikroba dan antioksidan, Mengurangi keringat hingga 25%, mengecilkan pori-pori, Mencegah chicken skin, mencerahkan dan menenangkan kulit ketiak
BPOMBPOM RI NA 18210900014
View all
No.9

Enchanteur Radiant White Anti-Perspirant Roll On Romantic Pore Refine

Harga referensi
Rp27.500
Agak Murah

Beri kelembutan dan keharuman pada kulit ketiak

Bagi Anda wanita aktif yang menyukai wangi bunga-bungaan lembut, deodoran ini patutlah dicoba. Deodoran Enchanteur ini cepat meresap di kulit tanpa meninggalkan rasa lengket dan memberi wangi floral yang tahan lama. 


Tidak hanya itu, kandungan licorice atau akar manis dan ekstrak kulit willow di dalamnya bermanfaat untuk mencerahkan kulit ketiak. Jadi, Anda akan lebih percaya diri beraktivitas seharian dengan ketiak cerah, kering, lembut, dan wangi sepanjang hari.

JenisDeodorant roll on
Alkohol
Kandungan antibakteriAluminium chlorohydrate, propylene glycol, sodium metabisulfite
Kandungan antiperspirantAluminium chlorohydrate
Kandungan pencerah lainnyaDisodium EDTA, Olive oil PEG-7 esters, sodium metabisulfite
Kandungan pelembapPropylene glycol, PEG-8, hydroxyethylcellulose
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran40 ml
Daya tahan48 jam
Manfaat lainnyaTidak diketahui
BPOMBPOM RI NA 18180900018
View all
No.10

Teratu BeautyMiracle Deo Spray Deodorant

Harga referensi
Rp110.000
Agak Mahal

Terbuat dari tawas alami dengan segudang manfaat

Tawas adalah kristal garam yang sudah dipakai dari zaman dahulu sebagai deodoran. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari menggunakan tawas, misalnya mencegah bau badan, menyembuhkan luka, serta mencerahkan kulit yang menghitam. 


Deodoran spray untuk memutihkan ketiak ini mengandung ekstrak bunga mawar dan tawas alami. Daripada membeli tawas eceran, lebih baik Anda membeli produk ini karena sudah dikemas higienis dan siap digunakan langsung. Istimewanya lagi, deodoran ini tak hanya ampuh mengatasi bau badan, tetapi juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau kaki!

JenisDeodorant Spray
Alkohol
Kandungan antibakteriPotassium alum, zinc PCA, cetylpyridinium chloride, DMDM hydantoin
Kandungan antiperspirantPotassium alum
Kandungan pencerah lainnyaNiacinamide, lactic acid, zinc PCA
Kandungan pelembapRosa damascena flower water, butylene glycol, allantoin, menthol
Kandungan lainnyaTidak diketahui
Tidak berbau (no fragrance)
Pilihan ukuran60 ml, 100 ml
Daya tahanTidak diketahui
Manfaat lainnyaMelembabkan kulit, mengatasi kulit kemerahan
BPOMBPOM RI NA 18200900108
View all

Apa penyebab ketiak menjadi hitam?

  1. Salah memilih produk deodoran. Penggunaan deodoran yang mengiritasi ketiak dapat memperparah kehitaman pada ketiak.
  2. Adanya penumpukan sel kulit mati sehingga ada banyak lipatan di ketiak.
  3. Iritasi kulit ketiak akibat mencukur atau mencabut bulu ketiak.
  4. Ada gesekan kulit ketiak dengan pakaian yang terlalu ketat. Gesekan berulang dapat menyebabkan menumpuknya pigmen di area tersebut.
  5. Perubahan hormon, contohnya hormon kehamilan. Pengaruh hormon dapat menimbulkan distribusi melanin yang tidak merata dan membuat area ketiak menjadi lebih gelap. 

Bagaimana cara merawat ketiak agar tidak hitam kembali?

Jika deodoran sudah berhasil mencerahkan kulit ketiak Anda, setelahnya kulit harus dirawat supaya tidak kembali menghitam. Kami punya beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit ketiak:


  • Hindari mencukur area ketiak karena dapat membuat kulit menjadi iritasi dan menghitam

Daripada mencukur, lebih baik Anda melakukan waxing atau hair removal dengan intense pulse light (IPL). Terkadang, krim cukur yang Anda pakai juga bisa membuat kulit menjadi kering.


Setelah melakukan waxing atau hair removal, pastikan Anda tidak memakai deodoran terlebih dahulu selama 24 jam. Hal ini untuk menghindari kemungkinan iritasi pada kulit ketiak. Apabila ingin menggunakan deodoran, pilihlah deodoran spray/lotion yang tidak menimbulkan iritasi akibat gesekan dengan kulit.

 
  • Pastikan ketiak dibersihkan dengan benar
Kulit ketiak pun perlu diangkat sel kulit matinya seperti bagian kulit yang lain. Anda bisa melakukan scrub atau exfoliating secara berkala untuk membersihkan sel kulit mati. Pastikan juga untuk selalu membersihkan kulit dengan benar sehabis memakai deodoran. Terkadang, residu deodoran tidak benar-benar bersih total sehingga membuat kulit ketiak jadi lebih menghitam.

 

  • Diet dan berolahraga rutin
Kulit ketiak yang menghitam tak selalu akibat deodoran atau tidak dibersihkan. Anda mungkin sudah merasa melakukan semua hal yang kami jelaskan di atas, tetapi kulit ketiak tetap hitam. Kulit ketiak yang menghitam bisa saja disebabkan karena obesitas. Pasalnya, gesekan di ketiak lebih besar pada orang gemuk. Maka dari itu, Anda juga perlu menjaga berat badan dan rutin berolahraga.

5 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak terbaik

No. 1: BeiersdorfNivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On

No. 2: UnileverAdvanced Brightening Roll On

No. 3: Colgate-PalmoliveLady Speed Stick Invisible Dry Powder Fresh

No. 4: UnileverDove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3

No. 5: Grace and GlowSmooth Deodorant Roll On

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan badan
  4. 10 Rekomendasi Deodorant untuk Memutihkan Ketiak Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dermatovenereologist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.