• 10 Deodorant Terbaik untuk Memutihkan Ketiak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Deodorant Terbaik untuk Memutihkan Ketiak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Deodorant Terbaik untuk Memutihkan Ketiak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Deodorant Terbaik untuk Memutihkan Ketiak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Deodorant Terbaik untuk Memutihkan Ketiak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Deodorant Terbaik untuk Memutihkan Ketiak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Ketiak hitam bisa membuat kepercayaan diri menurun. Untungnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk memutihkan ketiak, salah satunya menggunakan deodorant pemutih ketiak. Kami akan merekomendasikan deodorant yang bagus untuk memutihkan ketiak dari merek Nivea, Dove, Rexona, dan lainnya. Anda dapat memilih deodorant berbentuk spray, roll on, losion, atau stik. 


Deodorant tersebut tidak hanya mampu membuat kulit ketiak putih, tetapi juga menghilangkan bau badan. Tambahan lagi, kami juga akan memberikan tips merawat ketiak agar tidak menghitam kembali. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, disimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Annisa Anjani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 07 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV
dr. Annisa Anjani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Annisa Anjani

dr. Annisa menempuh pendidikan kedokteran umum dan melanjutkan pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia, Jakarta. Saat ini, ia berpraktik di RSIA Tambak dan Kinara Clinic, Jakarta.

Ia sering mengisi acara pendidikan dan berkontribusi dalam penulisan artikel untuk edukasi masyarakat mengenai bidang kulit dan kelamin. Ia juga aktif membagikan konten edukasi tentang kesehatan kulit dan kelamin melalui media sosial Instagram dan YouTube.

Benarkah penggunaan deodorant bikin ketiak hitam?

Benarkah penggunaan deodorant bikin ketiak hitam?

Banyak orang yang penasaran dengan penyebab ketiak hitam. Sebenarnya, ada banyak hal yang dapat menyebabkan ketiak menghitam. Berikut ini beberapa contohnya.

  • Mekanisme gesekan ringan dari deodoran roll on bisa membuat kulit ketiak yang tipis menjadi iritasi. 
  • Beberapa bahan, semisal aluminium klorida, yang terkandung di dalam deodoran sangat mungkin menyebabkan kulit menjadi iritasi dan menghitam.
  • Iritasi berulang akibat kandungan bahan pewangi juga dapat menyebabkan kulit akhirnya menggelap.

Di sisi laini, apabila Anda memilih produk yang tepat, deodoran justru bisa membuat ketiak hitam kembali menjadi putih. Jadi, deodoran seperti apa yang bisa memutihkan ketiak? Simak baik-baik tips dari kami setelah ini.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih deodorant untuk memutihkan ketiak

Bila Anda memiliki masalah ketiak hitam, pastikan Anda memperhatikan hal berikut ini sebelum membeli deodoran. Jangan sampai deodoran yang Anda beli justru membuat ketiak jadi makin gelap, ya!

Ketahui bahan yang berguna untuk memutihkan ketiak

Ketahui bahan yang berguna untuk memutihkan ketiak

Sama halnya dengan kulit wajah, kulit ketiak juga tergolong cukup sensitif dan perlu perawatan khusus. Itulah sebabnya Anda membutuhkan deodoran dengan kandungan khusus supaya kulit ketiak lebih cerah. 


Ada beberapa kandungan bahan alami dan sintetis di dalam deodoran yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit ketiak. Bahan-bahan alami tersebut, antara lain lemon, biji bunga matahari, dan bunga mawar. Sementara itu, untuk bahan sintetis Anda akan menemukan kandungan niacinamide dan citric acid.

Cek juga adanya kandungan lain yang baik bagi kulit ketiak

Cek juga adanya kandungan lain yang baik bagi kulit ketiak

Deodoran yang bisa memutihkan kulit ketiak biasanya juga memiliki kelebihan lain. Anda dapat menemukan deodoran dengan pelembap, pengencang, hingga produk yang mampu mengeksfoliasi kulit.


Misalnya, Anda memiliki masalah kulit ketiak kering. Saat kulit mengering, ketiak akan mengalami iritasi dan sedikit demi sedikit menyebabkan ketiak menghitam. Dalam hal ini, gunakan deodoran pemutih ketiak yang mengandung pelembap. Anda dapat memilih deodoran dengan kandungan Aloe veravitamin E, atau provitamin B5.


Selain itu, beberapa dari Anda mungkin menginginkan kulit ketiak tetap kencang dan tidak keriput. Kalau Anda menginginkan kulit ketiak minim lipatan, Anda dapat memilih deodoran dengan tambahan collagen di dalamnya

Pilih berdasarkan bentuknya

Setelah memilih kandungannya, selanjutnya Anda bisa memilih deodoran berdasarkan bentuknya. Ada beberapa jenis deodoran yang umum dijual di pasaran, yakni roll on, spray, losion, atau stik. Ketahui kelebihan dari tiap-tiap jenis deodoran tersebut, yuk!

Roll on, mudah diaplikasikan dan harumnya tahan lama

Roll on, mudah diaplikasikan dan harumnya tahan lama

Roll on adalah jenis deodoran yang paling banyak ditemukan di pasaran. Deodoran ini berupa cairan yang diaplikasikan lewat aplikator berupa roll on. Sayangnya, Anda tidak bisa langsung mengenakan baju karena deodoran ini membutuhkan waktu beberapa saat sampai benar-benar kering. Namun, keharuman yang dihasilkan dapat bertahan cukup lama. 


Bila Anda memiliki masalah bau badan dan keringat berlebih, beberapa rekomendasi deodoran roll on berikut ini mungkin bisa dicoba. Bacalah ulasannya pada tautan di bawah ini, ya! 

Spray, lebih praktis dan higienis

Spray, lebih praktis dan higienis

Deodoran yang menghasilkan bentuk bubuk saat disemprotkan ini dapat dikatakan lebih praktis dalam pemakaiannya. Anda hanya perlu menyemprotkan deodoran ke area ketiak. Setelah itu, deodoran akan meresap dan mengering dengan cepat sehingga tidak lengket dan relatif tak meninggalkan noda


Deodoran spray tidak hanya praktis, tetapi juga lebih higienis karena tidak ada aplikator yang menyentuh kulit secara langsung. Hal ini membuat bakteri di ketiak tak akan menempel pada deodoran milik Anda. Selain itu, tipe spray meminimalkan risiko iritasi akibat gesekan saat pemakaian, tidak seperti bentuk roll on.


Selain produk di artikel ini, kami juga sudah mengulas beberapa rekomendasi deodoran spray untuk Anda pilih. Cek artikelnya yuk! Siapa tahu salah satu produknya cocok dengan kulit Anda.

Losion, bisa sekaligus melembapkan kulit

Deodoran losion biasanya berupa gel atau krim yang teksturnya menyerupai body lotion pada umumnya. Deodoran jenis ini biasanya berguna untuk menahan bau badan dan keringat, sekaligus dapat melembapkan kulit.

 
Beberapa deodoran losion memang sulit menyerap sehingga Anda harus menunggu agak lama hingga kering. Akan tetapi, ada juga produk yang cepat meresap sehingga menghemat waktu Anda. Kalau Anda memiliki tipe kulit yang kering atau sensitif, Anda bisa mempertimbangkan deodoran jenis ini.

Stik, lebih efisien membuat kulit ketiak tetap kering

Stik, lebih efisien membuat kulit ketiak tetap kering

Untuk Anda yang selalu terburu-buru pada pagi hari, Anda dapat mempertimbangkan deodoran berbentuk stik. Deodoran stik memiliki bentuk bubuk yang dipadatkan serta memberi hasil akhir yang kering ketika diaplikasikan. Di samping itu, ketiak Anda akan terjaga tetap kering dalam jangka waktu cukup lama. Bila Anda terganggu dengan keringat berlebih, Anda bisa mencoba deodoran jenis ini

Hindari kandungan alkohol dan paraben yang bikin ketiak menghitam

Hindari kandungan alkohol dan paraben yang bikin ketiak menghitam

Salah satu penyebab ketiak menghitam adalah kandungan alkohol dan paraben. Karena itu, jika Anda menginginkan deodoran yang tidak membuat ketiak hitam, cek kandungan pada deodoran sebelum membelinya. Alkohol menyebabkan kulit ketiak jadi kering. Di sisi lain, paraben adalah bahan pengawet yang bisa membuat kulit menjadi iritasi.


Meskipun begitu, tidak semua alkohol berakibat buruk pada kulit. Beberapa jenis alkohol justru dapat melembapkan dan membantu bahan-bahan lain meresap lebih baik ke dalam kulit. Jenis-jenis alkohol tersebut antara lain:

  • Cetearyl alcohol
  • Glycol
  • Cetyl alcohol
  • C12-16
  • Stearyl alcohol
  • Myristyl alcohol
  • Lauryl alcohol


Sementara itu, jenis alkohol yang perlu dihindari adalah

  • SD alcohol (40)
  • Denatured alcohol
  • Isopropyl alcohol
  • Ethanol
  • Methanol
  • Benzyl alcohol

 
Selain alkohol dan paraben, bahan yang mungkin menyebabkan ketiak hitam adalah aluminium klorida. Bahan ini biasa ditemukan pada deodoran antiperspirant. Namun, aluminium klorida bisa menyebabkan kulit gatal dan iritasi sehingga terjadi hiperpigmentasi. Bagi yang memiliki kulit supersensitif, pertimbangkan memilih deodoran tanpa ketiga bahan ini.

10 Rekomendasi deodorant terbaik untuk memutihkan ketiak

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk deodorant terbaik untuk memutihkan ketiak yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV.

Gambar produk
1
Beiersdorf Nivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On 1

Beiersdorf

2
Colgate-Palmolive Lady Speed Stick Invisible Dry Powder Fresh 1

Colgate-Palmolive

3
Teratu Beauty Miracle Deo Spray Deodorant  1

Teratu Beauty

4
The Bath Box Salvia Deodorant 1

The Bath Box

5
Unilever Vaseline Deodorant Dry Serum 1

Unilever

6
Sensatia Botanicals Hinako Bloom Natural Deodorant 1

Sensatia Botanicals

7
Unilever Dove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3 1

Unilever

8
Unilever Advanced Brightening Roll On 1

Unilever

9
Good Virtues Co. Roll-On Deodorant 1

Good Virtues Co.

10
Enchanteur  Radiant White Anti-Perspirant Roll On Romantic Pore Refine 1

Enchanteur

Nama produk

Nivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On

Lady Speed Stick Invisible Dry Powder Fresh

Miracle Deo Spray Deodorant

Salvia Deodorant

Vaseline Deodorant Dry Serum

Hinako Bloom Natural Deodorant

Dove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3

Advanced Brightening Roll On

Roll-On Deodorant

Radiant White Anti-Perspirant Roll On Romantic Pore Refine

Keunggulan

Mampu mengecilkan pori-pori kulit untuk menekan keringat berlebih

Teksturnya kering dan tidak meninggalkan noda pada pakaian

Terbuat dari tawas alami dengan segudang manfaat

Deodoran dengan kandungan AHA pertama di Indonesia!

Cepat menyerap dan kering lebih lama. Bye-bye burket!

Wanginya terasa lembut dan menenangkan

Buat kulit ketiak jadi cerah, kenyal, dan sehat

Diklaim dapat mencerahkan ketiak dalam 4 hari!

Kandungan minyak habbatussauda berikan banyak manfaat untuk kulit ketiak

Beri kelembutan dan keharuman pada kulit ketiak

Harga mulai dariRp 22.800,00Rp 53.500,00Rp 50.000,00Rp 170.000,00Rp 60.000,00Rp 125.000,00Rp 24.300,00Rp 23.000,00Rp 80.000,00Rp 25.000,00
Bahan pencerahMicro vitamin C, licorice extractCitric acidTawas, niacinamideNatural AHASunflower seed oil, GlutaCollagen, niacinamideJicama, niacinamideVitamin B3, niacinamideSunflower seed oil, citric acidOrganic habbatus sauda, himalayan salt extractLicorice, willow bark extract
Kandungan lainGlycerin, licorice extract, 8 superfoodSoybean oil, castor oil, kernel oil, stearyl alcoholRose water extract, Aloe vera extractSage oil, shikimic acid, horsetail extractGlutaCollagen dan omega 6, vitamin B3, vitamin E, atau glycerin (tergantung varian)Pandan leaf extract, cananga flower oil, jojoba oil, castor oil, essential oil, vitamin ECollagen booster, sunflower seed oilGlycerin, citric acidOrganic habbatus sauda, Boerhavia diffusa root extract, glycerinHydrogenated castor oil, chlorohydrate
JenisRoll onStikSprayRoll onLosionRoll onLosionRoll onRoll onRoll on
Isi50 ml39,6 g60 ml, 100 ml30 ml50 ml 50 ml50 ml45 ml50 ml40 ml
Tautan produk
10

Enchanteur Radiant White Anti-Perspirant Roll On Romantic Pore Refine

Mulai dari Rp 25.000,00

Bahan pencerahLicorice, willow bark extract
Kandungan lainHydrogenated castor oil, chlorohydrate
JenisRoll on
Isi40 ml
9
Bahan pencerahOrganic habbatus sauda, himalayan salt extract
Kandungan lainOrganic habbatus sauda, Boerhavia diffusa root extract, glycerin
JenisRoll on
Isi50 ml
8
Bahan pencerahSunflower seed oil, citric acid
Kandungan lainGlycerin, citric acid
JenisRoll on
Isi45 ml
7

UnileverDove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3

Mulai dari Rp 24.300,00

Bahan pencerahVitamin B3, niacinamide
Kandungan lainCollagen booster, sunflower seed oil
JenisLosion
Isi50 ml
6

Sensatia BotanicalsHinako Bloom Natural Deodorant

Mulai dari Rp 125.000,00

Bahan pencerahJicama, niacinamide
Kandungan lainPandan leaf extract, cananga flower oil, jojoba oil, castor oil, essential oil, vitamin E
JenisRoll on
Isi50 ml
5

UnileverVaseline Deodorant Dry Serum

Mulai dari Rp 60.000,00

Bahan pencerahSunflower seed oil, GlutaCollagen, niacinamide
Kandungan lainGlutaCollagen dan omega 6, vitamin B3, vitamin E, atau glycerin (tergantung varian)
JenisLosion
Isi50 ml
4
Bahan pencerahNatural AHA
Kandungan lainSage oil, shikimic acid, horsetail extract
JenisRoll on
Isi30 ml
3

Teratu BeautyMiracle Deo Spray Deodorant

Mulai dari Rp 50.000,00

Bahan pencerahTawas, niacinamide
Kandungan lainRose water extract, Aloe vera extract
JenisSpray
Isi60 ml, 100 ml
2

Colgate-PalmoliveLady Speed Stick Invisible Dry Powder Fresh

Mulai dari Rp 53.500,00

Bahan pencerahCitric acid
Kandungan lainSoybean oil, castor oil, kernel oil, stearyl alcohol
JenisStik
Isi39,6 g
1

BeiersdorfNivea Deodorant Extra Brightening 8 Superfood Roll On

Mulai dari Rp 22.800,00

Bahan pencerahMicro vitamin C, licorice extract
Kandungan lainGlycerin, licorice extract, 8 superfood
JenisRoll on
Isi50 ml

Pertanyaan umum seputar deodorant untuk memutihkan ketiak

Pertanyaan umum seputar deodorant untuk memutihkan ketiak

Setelah membaca informasi di atas, Anda mungkin memiliki pertanyaan yang berhubungan dengan deodoran yang bisa memutihkan ketiak. Nah, kami akan menjawabnya melalui poin-poin di bawah ini.

Apa penyebab ketiak menjadi hitam?

  1. Salah memilih produk deodoran. Penggunaan deodoran yang mengiritasi ketiak dapat memperparah kehitaman pada ketiak.
  2. Adanya penumpukan sel kulit mati sehingga ada banyak lipatan di ketiak.
  3. Iritasi kulit ketiak akibat mencukur atau mencabut bulu ketiak.
  4. Ada gesekan kulit ketiak dengan pakaian yang terlalu ketat. Gesekan berulang dapat menyebabkan menumpuknya pigmen di area tersebut.
  5. Perubahan hormon, contohnya hormon kehamilan. Pengaruh hormon dapat menimbulkan distribusi melanin yang tidak merata dan membuat area ketiak menjadi lebih gelap.

Bagaimana cara merawat ketiak agar tidak hitam kembali?

Jika deodoran sudah berhasil mencerahkan kulit ketiak Anda, setelahnya kulit harus dirawat supaya tidak kembali menghitam. Kami punya beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat kulit ketiak:


  • Hindari mencukur area ketiak karena dapat membuat kulit menjadi iritasi dan menghitam

Daripada mencukur, lebih baik Anda melakukan waxing atau hair removal dengan intense pulse light (IPL). Terkadang, krim cukur yang Anda pakai juga bisa membuat kulit menjadi kering.


Setelah melakukan waxing atau hair removal, pastikan Anda tidak memakai deodoran terlebih dahulu selama 24 jam. Hal ini untuk menghindari kemungkinan iritasi pada kulit ketiak. Apabila ingin menggunakan deodoran, pilihlah deodoran spray/lotion yang tidak menimbulkan iritasi akibat gesekan dengan kulit.

 
  • Pastikan ketiak dibersihkan dengan benar
Kulit ketiak pun perlu diangkat sel kulit matinya seperti bagian kulit yang lain. Anda bisa melakukan scrub atau exfoliating secara berkala untuk membersihkan sel kulit mati. Pastikan juga untuk selalu membersihkan kulit dengan benar sehabis memakai deodoran. Terkadang, residu deodoran tidak benar-benar bersih total sehingga membuat kulit ketiak jadi lebih menghitam.

 

  • Diet dan berolahraga rutin
Kulit ketiak yang menghitam tak selalu akibat deodoran atau tidak dibersihkan. Anda mungkin sudah merasa melakukan semua hal yang kami jelaskan di atas, tetapi kulit ketiak tetap hitam. Kulit ketiak yang menghitam bisa saja disebabkan karena obesitas. Pasalnya, gesekan di ketiak lebih besar pada orang gemuk. Maka dari itu, Anda juga perlu menjaga berat badan dan rutin berolahraga.

Baca juga rekomendasi deodoran lainnya di sini

Selain deodoran untuk memutihkan ketiak, Anda juga bisa memilih deodoran jenis lainnya di sini. Kami punya beberapa rekomendasi produk deodoran yang mungkin menarik untuk dibeli. Ada deodoran untuk kulit sensitif, deodoran yang tidak membuat baju kuning, hingga deodoran stik. Untuk info lebih lengkapnya, silakan baca artikel di bawah ini. 

Kesimpulan

Ketiak hitam memang bisa membuat seseorang jadi tidak percaya diri, apalagi ketika hendak menggunakan pakaian berlengan terbuka. Untuk memutihkannya kembali, Anda bisa memakai deodoran yang tepat. 


Pilih deodoran dengan kandungan pencerah dan tidak mengandung alkohol, paraben, serta aluminium. Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkannya secara berkala. Semoga artikel ini bisa membantu Anda menemukan deodoran yang dapat memutihkan ketiak. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan salah satu produk skincare yang cukup populer. Tidak hanya merek luar negeri, body lotion lokal juga banyak beredar di pasar Indonesia, salah satunya Marina. Kualitas yang bagus, harga yang terjangkau, dan variasi produknya yang beragam membuat body lotion Marina dicintai oleh banyak orang.Pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang varian body lotion Marina lengkap dengan manfaat dan cara memilihnya. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh varian yang bagus, seperti Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh. Pastikan Anda membaca artikel ini sampai habis, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen/Sunblock SPF 50 Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Paparan sinar UV memberikan efek buruk terhadap kulit. Oleh sebab itu, Anda perlu melindungi kulit menggunakan sunscreen atau sunblock. Ada banyak produk sunscreen/sunblock di pasaran dengan tingkat SPF yang berbeda. Untuk perlindungan yang maksimal, banyak orang memilih sunscreen atau sunblock SPF 50.Kali ini, kami akan memaparkan cara memilih sunscreen/sunblock SPF 50 serta memberi review produk yang bagus. Produk dari merek ternama, seperti Nivea, LANEIGE, dan Wardah ada dalam rekomendasi kami. Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Dian Pratiwi, SpKK, juga akan memberikan komentarnya.
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body cream adalah salah satu produk perawatan yang efektif untuk merawat kulit. Saat ini, Anda bisa menemukan beragam rekomendasi body cream yang bagus dari brand lokal ataupun luar negeri.Kali ini, kami akan membantu Anda memilih body cream terbaik yang sesuai kebutuhan Anda. Ada body cream yang mencerahkan, memperbaiki kulit rusak, serta melawan tanda penuaan. Berbagai ulasan merek body cream terbaik, seperti Nivea, REI Skin, SOMETHINC, dan lainnya sudah kami siapkan. Yuk, simak ulasan lengkap kami di bawah ini!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori