• 10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Serum Salicylic Acid Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Salicylic acid merupakan salah satu kandungan serum yang cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak. Serum yang mengandung salicylic acid dipercaya mampu mengontrol kelebihan minyak dan mengatasi jerawat membandel. Karena itu, berbagai merek produk perawatan kulit berlomba-lomba menghadirkan serum salicylic acid yang bagus. 


Dalam artikel ini kami akan memberikan tips memilih serum salicylic acid terbaik untuk Anda. Tak lupa, terdapat sepuluh rekomendasi serum salicylic acid lokal dan internasional seperti Avoskin, The Ordinary, dan Scarlett Whitening. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari baca kelanjutan artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Dian Pratiwi
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Dian Pratiwi, SpKK
dr. Dian Pratiwi
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik.


Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Manfaat salicylic acid bagi kulit

Manfaat salicylic acid bagi kulit

Salicylic acid (asam salisilat) adalah asam beta hidroksi atau varian BHA yang tergolong populer dalam industri skincare. Kandungan ini umumnya berasal dari kulit pohon willow atau diproduksi secara sintetis. Dibandingkan AHA, salicylic acid disebut dapat menembus lapisan kulit lebih dalam


Salicylic acid bisa digunakan sebagai exfoliator kulit untuk membersihkan penumpukan bakteri, minyak, dan sel kulit mati. Karena sifatnya yang mengikat minyak, salicylic acid sering digunakan untuk perawatan kulit berminyak dan berjerawat. Selain itu, salicylic acid memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri sehingga mampu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat


Selain itu, salicylic acid dapat membantu meredakan jerawat dan menyamarkan bekasnya. Kemampuannya dalam mengangkat penyumbatan pori-pori juga akan mengurangi pembentukan komedo.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih serum salicylic acid

Setelah Anda mengetahui manfaat salicylic acid untuk kulit, Anda mungkin makin penasaran dengan produk skincare-nya. Di bawah ini terdapat tips memilih serum yang mengandung salicylic acid. Yuk, disimak!

Sesuaikan dengan tipe kulit Anda

Poin pertama dalam memilih serum salicylic acid yang tepat adalah menyesuaikannya dengan tipe kulit Anda. Selain cocok untuk kulit berminyak dan rentan berjerawat, pemilik kulit kombinasi serta kulit sensitif juga dapat menggunakannya. Namun, salicylic acid mampu mengikat minyak sehingga kulit dapat terasa makin kering. Jadi, sebaiknya kandungan ini tidak digunakan oleh pemilik kulit kering. 

Kulit kombinasi: Gunakan produk dengan oil control dan pelembap

Kulit kombinasi: Gunakan produk dengan oil control dan pelembap

Kulit kombinasi ditandai dengan sejumlah area kulit yang berminyak, terutama di T-zone (dahi, hidung, dan dagu). Jika kulit Anda termasuk jenis kombinasi, sebaiknya gunakan serum salicylic acid hanya di bagian berminyak saja. Anda dapat memilih produk dengan klaim mengontrol kelebihan minyak dan membersihkan pori-pori kulit. 


Apabila Anda sedang mengalami breakouts atau jerawat aktif, pastikan serum tetap aman diaplikasikan tanpa menyebabkan perih. Cek juga apakah produk yang akan dipilih dapat digunakan sebagai spot treatment atau perlu diaplikasikan di seluruh wajah. Untuk area wajah yang kering, ada baiknya Anda menggunakan produk yang kaya kandungan pelembap. 

Kulit sensitif: Coba produk yang ringan dan lembut

Kulit sensitif: Coba produk yang ringan dan lembut

Apabila kulit Anda bertipe sensitif, Anda perlu lebih berhati-hati dalam memilih serum dengan kandungan salicylic acid. Salicylic acid mampu mengikat minyak sehingga kulit dapat terasa kering. Selain itu, sensasi tingling yang ditimbulkan, terutama bagi kulit sensitif, bisa beresiko menyebabkan gatal dan iritasi.


Jika Anda tetap ingin menggunakan serum salicylic acid, cobalah produk yang bersifat ringan dan lembut. Hindari produk yang mengandung alkohol dan wewangian dalam kadar berlebih. Pastikan juga terdapat kandungan pelembap pada serum agar kulit tetap terhidrasi. 

Pertimbangkan mengenai formula serum

Poin selanjutnya yang perlu Anda perhatikan dalam memilh serum salicylic acid adalah memperhatikan formulanya. Pemilihan serum berdasarkan formulanya akan membuat Anda lebih nyaman saat menggunakannya. 

Pilih berdasarkan tekstur serum

Pilih berdasarkan tekstur serum

Tekstur serum juga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam menemukan produk yang tepat. Serum wajah disarankan digunakan setelah pengaplikasian toner. Anda bisa melanjutkan tahapan skincare lainnya setelah kandungan konsentrat dalam serum diserap kulit secara sempurna.


Serum yang teksturnya cenderung cair dan watery akan lebih mudah terserap kulit. Sementara itu, tekstur serum yang kental akan lebih menghidrasi kulit, tetapi membutuhkan waktu ekstra untuk diserap. Nah, pilihlah serum yang teksturnya paling sesuai kebutuhan, ya! .

Periksa kadar salicylic acid-nya

Periksa kadar salicylic acid-nya

Penggunaan salicylic acid pada dosis yang tepat tentunya dapat membantu mengatasi permasalahan kulit seperti kelebihan sebum dan jerawat. Namun, kandungan yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Karena itu, ada baiknya Anda mengecek kadar salicylic acid pada serum yang akan dibeli.


Menurut beberapa penelitian, kandungan salicylic acid yang diperbolehkan dalam skincare adalah sebesar 0,5–2 persen. Skincare yang dimaksud adalah yang dijual bebas dengan tujuan eksfoliasi kulit dan pengobatan jerawat ringan. Mayoritas serum yang dijual dibuat dengan kandungan salicylic acid hingga dua persen


Serum dengan kadar salicylic acid sebesar 0,5–2 persen biasanya bertekstur gel atau losion. Anda dapat menggunakannya dua kali per hari. Namun, saran pemakaian pada tiap produk mungkin saja tidak sama.


Di sisi lain, bila penggunaan salicylic acid diawasi oleh dokter dan ahli kulit, Anda bisa mengikuti anjurannya. Sejumlah perawatan peeling di klinik kecantikan menggunakan salicylic acid dengan kadar 20–30 persen.

Perhatikan kandungan lain dalam produk

Perhatikan kandungan lain dalam produk

Serum salicylic acid biasanya juga dilengkapi kandungan bahan lain untuk mengatasi permasalahan kulit yang lebih spesifik. Untuk kulit berminyak, produsen sering memadukan Centella asiatica untuk meredakan peradangan jerawat dan tea tree oil sebagai oil control. Sementara itu, kandungan vitamin C dan niacinamide dipercaya mampu meratakan warna kulit sehingga wajah tampak cerah. 


Bahan witch hazel dipercaya bisa menenangkan kulit yang meradang akibat jerawat. Ada juga kandungan lactid acid yaitu salah satu AHA yang berfungsi untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Selanjutnya, jangan lewatkan kandungan pelembap seperti glycerin atau hyaluronic acid agar kelembapan kulit tetap terjaga. 

Cek saran penggunaannya

Cek saran penggunaannya

Karena menyerap minyak di wajah, penggunaan salicylic acid dapat menyebabkan kulit terasa kering. Selain itu, salicylic acid terkadang menimbulkan efek gatal, rasa tersengat, hingga menyebabkan kulit terkelupas.


Mengingat beberapa dampak tersebut, kami menyarankan Anda selalu membaca saran pemakaian pada tiap produk. Ada baiknya juga bila Anda melakukan patch test atau berkonsultasi dengan dokter ahli terlebih dahulu.


Sejumlah serum salicylic acid direkomendasikan untuk hanya digunakan pada malam hari, tetapi ada juga yang bisa diaplikasikan pagi dan malam. Jika Anda memasukkan serum salicylic acid dalam rutinitas skincare pagi, jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya. Apabila kulit Anda sensitif, disarankan untuk tidak menggunakan salicylic acid bersamaan dengan turunan retinoid.

10 Rekomendasi serum salicylic acid terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk serum salicylic acid terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.

10
Kadar salicylic acidTidak disebutkan
Volume29 ml
Kandungan lainnya Thyme extract
Rekomendasi kulitKulit kombinasi, berminyak, rentan berjerawat
Saran pemakaianSaat malam
9

Elshe Estetika NusantaraElsheSkin Smoothing Serum For Acne Skin

EL-01-SERu-0004

Mulai dari Rp 189.000,00

Kadar salycilic acidTidak disebutkan
Volume20 ml
Kandungan lainnyaCentella asiatica
Rekomendasi kulitKulit kombinasi, kulit berminyak
Saran pemakaianSaat pagi dan malam. Jangan digunakan pada jerawat aktif
8
Kadar salycilic acid2%
Volume28 ml
Kandungan lainnyaWitch hazel flower water, lactid acid
Rekomendasi kulitKulit berminyak, kulit berjerawat
Saran pemakaianSaat pagi dan malam
7
Kadar salycilic acidTidak disebutkan
Volume30 ml
Kandungan lainnyaCentella asiatica, tea tree oil, niacinamide
Rekomendasi kulitKulit berminyak, kulit berjerawat
Saran pemakaianSaat malam
6

EverwhiteAHA BHA PHA Peeling Serum

Mulai dari Rp 117.000,00

Kadar salicylic acid2%
Volume15 ml
Kandungan lainnyaMandelic acid 5% (AHA), lactic acid 2%, lactobionic acid 2% (PHA)
Rekomendasi kulitKulit kusam, pori-pori tersumbat, warna tekstur kulit tidak rata
Saran pemakaianSaat malam
5

Maharis BeautyVotre Peau Skin Care Vitamin C Serum

Mulai dari Rp 265.000,00

Kadar salicylic acidTidak disbebutkan
Volume30 ml
Kandungan lainnyaEthyl ascorbic acid
Rekomendasi kulitSemua jenis kulit
Saran pemakaianSaat pagi dan malam
4

The OrdinarySalicylic Acid 2% Solution

Mulai dari Rp 149.000,00

Kadar salicylic acid2%
Volume30 ml
Kandungan lainnyaWitch hazel
Rekomendasi kulitKulit berminyak dan rentan berjerawat. Tidak untuk kulit sensitif
Saran pemakaianSaat pagi dan malam
3

Garland Cantik IndonesiaDear Me Beauty Single Activator Face Serum - 2% Salicylic Acid (BHA) + Lemon Extract

Mulai dari Rp 99.000,00

Kadar salycilic acid2%
Volume12 ml
Kandungan lainnyaLemon extract
Rekomendasi kulitKulit normal, berminyak, kombinasi, rentan berjerawat, sensitif
Saran pemakaianSaat pagi dan malam
2

AvoskinYour Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Mulai dari Rp 139.000,00

Kadar salicylic acid2%
Volume30 ml
Kandungan lainnyaZinc, glycerin
Rekomendasi kulitKulit berjerawat, berminyak
Saran pemakaianSaat pagi dan malam
1

Opto Lumbung SejahteraScarlett Whitening Acne Serum

Mulai dari Rp 75.000,00

Kadar salicylic acidTidak disebutkan
Volume15 ml
Kandungan lainnyaTea tree leaf water, jeju Centella asiatica, liquorice extract, vitamin C
Rekomendasi kulitKulit berminyak, rentan berjerawat, sensitif
Saran pemakaianSaat pagi dan malam

Tabel perbandingan produk serum salicylic acid terbaik

Gambar produk
1
Opto Lumbung Sejahtera Scarlett Whitening Acne Serum 1

Opto Lumbung Sejahtera

2
Avoskin Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc 1

Avoskin

3
Garland Cantik Indonesia Dear Me Beauty Single Activator Face Serum - 2% Salicylic Acid (BHA) + Lemon Extract 1

Garland Cantik Indonesia

4
The Ordinary Salicylic Acid 2% Solution 1

The Ordinary

5
Maharis Beauty Votre Peau Skin Care Vitamin C Serum 1

Maharis Beauty

6
Everwhite AHA BHA PHA Peeling Serum 1

Everwhite

7
The Aubree Centella Herb Serum 1

The Aubree

8
HAUM Skincare LCID Salicylic Acid 2% 1

HAUM Skincare

9
Elshe Estetika Nusantara ElsheSkin Smoothing Serum For Acne Skin 1

Elshe Estetika Nusantara

10
Mario Badescu Anti Acne Serum 1

Mario Badescu

Nama produk

Scarlett Whitening Acne Serum

Your Skin Bae Salicylic Acid 2% + Zinc

Dear Me Beauty Single Activator Face Serum - 2% Salicylic Acid (BHA) + Lemon Extract

Salicylic Acid 2% Solution

Votre Peau Skin Care Vitamin C Serum

AHA BHA PHA Peeling Serum

Centella Herb Serum

LCID Salicylic Acid 2%

ElsheSkin Smoothing Serum For Acne Skin

Anti Acne Serum

Keunggulan

Tuntas bersihkan jerawat dan flek hitam yang membandel

Ucapkan selamat tinggal pada jerawat dan blackhead!

Makin flawless berkat pori-pori yang tampak mengecil

Sang pelopor popularitas serum salicylic acid yang mampu mengeksfoliasi dengan lembut

Merangsang pembentukan kolagen, kulit tampak awet muda

Efek soothing-nya bantu redakan kemerahan dan jerawat meradang

Memiliki cruelty-free formula dengan tekstur yang terbilang ringan

Membersihkan kulit wajah hingga ke pori-pori terdalam

Menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya bekas jerawat

Ringan dan bebas rasa berminyak

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 139.000,00Rp 99.000,00Rp 149.000,00Rp 265.000,00Rp 117.000,00Rp 99.000,00Rp 148.000,00Rp 189.000,00Rp 370.000,00
Kadar salicylic acidTidak disebutkan2%2%2%Tidak disbebutkan2%Tidak disebutkan2%Tidak disebutkanTidak disebutkan
Volume15 ml30 ml12 ml30 ml30 ml15 ml30 ml28 ml20 ml29 ml
Kandungan lainnyaTea tree leaf water, jeju Centella asiatica, liquorice extract, vitamin CZinc, glycerinLemon extractWitch hazelEthyl ascorbic acidMandelic acid 5% (AHA), lactic acid 2%, lactobionic acid 2% (PHA)Centella asiatica, tea tree oil, niacinamideWitch hazel flower water, lactid acidCentella asiatica Thyme extract
Rekomendasi kulitKulit berminyak, rentan berjerawat, sensitifKulit berjerawat, berminyakKulit normal, berminyak, kombinasi, rentan berjerawat, sensitifKulit berminyak dan rentan berjerawat. Tidak untuk kulit sensitifSemua jenis kulitKulit kusam, pori-pori tersumbat, warna tekstur kulit tidak rataKulit berminyak, kulit berjerawatKulit berminyak, kulit berjerawatKulit kombinasi, kulit berminyakKulit kombinasi, berminyak, rentan berjerawat
Saran pemakaianSaat pagi dan malamSaat pagi dan malamSaat pagi dan malamSaat pagi dan malamSaat pagi dan malamSaat malamSaat malamSaat pagi dan malamSaat pagi dan malam. Jangan digunakan pada jerawat aktifSaat malam
Tautan produk

Tips dari dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Tips dari dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK

Dermatovenereologist kami akan menjawab pertanyaan serta memberikan tips seputar serum salicylic acid. Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu Anda saat akan memakai serum ini, ya.

Tips menggunakan serum salicylic acid dalam skincare harian

Bila Anda sudah memakai serum wajah yang mengandung salicylic acid, Anda sebaiknya tidak menggunakan skincare salicylic acid lain untuk mengurangi risiko iritasi. Pilihlah skincare yang mengandung bahan aktif zinc seperti niacinamide dan PHA/PHBA agar mengurangi risiko iritasi dan bersifat melembapkan.


Bila Anda ingin mengombinasikan pemakaian serum salicylic acid dengan bahan aktif yang berisiko mengiritasi seperti retinol atau benzoil peroksida, mulailah dari produk berkonsentrasi rendah. Anda juga bisa memakainya secara berselang-seling. Setelah kulit Anda beradaptasi, barulah naikkan dosis secara perlahan dan naikkan rutinitas pemakaian menjadi tiap hari. 

Apakah serum salicylic acid aman untuk kulit berjerawat?

Salicylic acid merupakan salah satu bahan aktif pilihan untuk kulit berjerawat, baik pada fase jerawat aktif maupun pada fase pencegahan. Konsentrasi 0,5%–2% sudah sangat cukup untuk mendapatkan khasiat antibakteri, antiperadangan, dan oil control. Namun, Anda perlu sedikit bersabar karena hasil dari pemakaian serum ini baru akan terlihat setelah 1–2 bulan pemakaian rutin.


Serum salicylic acid bersifat exfoliant, jadi Anda perlu menggunakan sunscreen di pagi hari bersama dengan serum. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif dan kering, berhati-hatilah saat memulai pemakaian serum ini. Start slow and go slow. Perhatikan tanda-tanda iritasi seperti kemerahan, perih mengelupas, dan bengkak. Segera hentikan pemakaian dan berobatlah ke dokter kulit apabila kondisi tidak membaik.

Baca juga rekomendasi serum lainnya di sini

Konsentrasi bahan aktif yang tinggi pada serum menjanjikan solusi pada berbagai permasalahan kulit. Karena itu, Anda perlu menemukan serum yang sesuai agar hasilnya tepat sasaran. Selain serum yang mengandung salicylic acid, kami memiliki artikel serum dari bahan dan merek lainnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membaca artikelnya.

Kesimpulan

Kini Anda tentu sudah mengetahui manfaat serum salicylic acid bagi kulit, serta tips memilih produk yang tepat. Pemilihan serum secara cermat dapat menjadi solusi untuk permasalahan kulit agar tampak flawless


Sebelum membeli serum salicylic acid, pertimbangkanlah tipe kulit, formula, bahan kandungan, serta saran penggunaannya. Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat. Selamat berbelanja dan memiliki kulit cantik nan sehat!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cethapil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Facial Wash Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit kering bisa terjadi pada siapa saja, biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kerutan-kerutan halus di wajah. Bila Anda mengalami kondisi ini, perhatikanlah facial wash yang Anda gunakan. Gunakan facial wash yang sesuai dengan masalah kulit kering yang dialami. Ada produk facial wash untuk kulit kering yang kusam, sensitif, serta kulit kering berjerawat, berkomedo, dan beruntusan. Di pasaran dijual beragam merek facial wash yang bagus, seperti Cetaphil, Hada Labo, dan Wardah. Simaklah artikel ini agar Anda tidak salah memilih. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK.
    Perawatan wajah
  • 10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Peeling Gel Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Peeling gel adalah produk yang digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Peeling gel biasanya memiliki kandungan AHA, BHA, atau PHA yang berfungsi membersihkan pori-pori serta mengangkat sel kulit mati. Saat ini sudah banyak peeling gel yang bagus, seperti merek Hanasui, Girlpal, dan The Body Shop.Kami akan memberi rekomendasi peeling gel terbaik. Anda bisa mendapatkan peeling gel untuk kulit berminyak dan berjerawat, kulit kering, dan sensitif. Selain itu, tips memilih produk eksfoliasi gel juga akan dibahas. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV. Yuk, baca lebih lanjut!
    Perawatan wajah
  • 10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    10 Skincare AHA BHA Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)
    Skincare AHA BHA direkomendasikan untuk eksfoliasi kulit. Kedua senyawa asam tersebut dikenal sebagai chemical exfoliator yang mampu mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati. Untuk Anda yang penasaran, kali ini kami akan membahas skincare AHA, BHA, dan PHA yang bagus.Tidak hanya itu, kami juga akan mengulas rekomendasi produk yang cocok untuk remaja ataupun dewasa. Rekomendasi produk, dari skincare lokal Avoskin dan Somethinc sampai merek internasional COSRX juga ada. Agar makin lengkap, dokter umum, dr. Mutia Ulfa Gartiana Utami, juga akan memberikan informasi tambahan. 
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori