mybest
Sirop

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Minuman instan
  4. 10 Merk Sirup Jeruk yang Enak (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Merk Sirup Jeruk yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Merk Sirup Jeruk yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Merk Sirup Jeruk yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Merk Sirup Jeruk yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Merk Sirup Jeruk yang Enak (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Merk Sirup Jeruk yang Enak (Terbaru Tahun 2024)

Es sirup jeruk yang segar tentu sangat nikmat diminum saat dahaga. Sirup rasa jeruk juga nikmat disajikan saat berbuka puasa atau lebaran. Sirup jeruk sunkist mungkin sudah sering Anda cicipi. Namun, tahukah Anda bahwa masih banyak jenis sirup jeruk lain yang rasanya unik? Salah satunya adalah sirup jeruk calamansi.


Nah, artikel ini akan membahas tips memilih sirup jeruk terbaik. Rekomendasi beserta review merek sirup jeruk yang enak juga akan Anda temukan. Sirup jeruk merek ABC, Tropicana Slim, maupun Marjan ada di dalam daftar rekomendasi kami. Jangan lewatkan artikel ini, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih sirup jeruk

Banyaknya sirop jeruk di pasaran mungkin membuat Anda bingung memilih produk yang paling cocok di lidah. Untuk memudahkan Anda, berikut poin-poin yang dapat dijadikan acuan. Simak baik-baik, ya!

1

Sirup original atau squash? Cermati jenis konsentratnya

Saat memilih, Anda perlu mencermati jenis konsentrat dari sirop tersebut. Masing-masing jenis memiliki tekstur dan cita rasa yang khas. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Original, hadirkan rasa yang lebih manis dan pekat

Original, hadirkan rasa yang lebih manis dan pekat

Sirop jeruk original biasanya memiliki komposisi utama berupa pemanis dan ekstrak buah. Pemanis yang dipakai dapat berupa gula atau pemanis buatan lainnya. Umumnya, komposisi pemanis pada jenis ini lebih banyak dibandingkan ekstrak buahnya. Alhasil, rasanya manisnya lebih dominan dan legit.


Dari segi tekstur, sirop original lebih kental karena pengaruh kadar gula yang tinggi. Makin tinggi kadar gula, makin kental pula teksturnya. Karena teksturnya tersebut, jenis sirop ini tidak mudah larut dalam air. Alhasil, selain untuk minuman, sirop jeruk original juga sangat cocok untuk dijadikan topping es buah atau es serut.

Squash, rasanya lebih segar dengan tekstur yang encer

Squash, rasanya lebih segar dengan tekstur yang encer

Meskipun terlihat mirip, squash memiliki beberapa perbedaan dengan sirop original. Jika dilihat dari komposisinya, squash tidak hanya terbuat dari konsentrat pemanis dan ekstrak buah, tetapi juga memiliki campuran soda. Campuran soda ini memperkuat aroma dan rasa dari ekstrak buahnya. Selain itu, kandungan gulanya juga tidak terlalu dominan. Alhasil, squash memiliki rasa yang tidak hanya manis, tetapi juga asam. Tentunya, cocok untuk Anda yang lebih menyukai sensasi segar. 


Perbedaan lain dari squash dan sirop original terletak pada tekstur. Dibandingkan jenis original, squash memiliki tekstur yang lebih cair. Hal ini karena kandungan gula squash yang tidak sepekat sirop original dan adanya campuran soda di dalamnya. Karena itu, sirop jeruk squash lebih mudah larut dalam air dalam suhu berapa pun.

2

Pilih berdasarkan jenis buah jeruknya: Jeruk nipis, sunkist, mandarin orange, hingga jeruk calamansi

Pilih berdasarkan jenis buah jeruknya: Jeruk nipis, sunkist, mandarin orange, hingga jeruk calamansi

Jenis buah jeruk yang digunakan dalam sirop dapat memberikan cita rasa yang berbeda-beda. Untuk Anda yang lebih memilih cita rasa klasik dari sirop jeruk, kami sarankan memilih produk dengan rasa jeruk manis biasa. Contoh produk yang bisa Anda pilih adalah FREISS Syrup Orange.


Sementara itu, apabila Anda mencari sensasi yang berbeda, pilihlah produk dengan jenis jeruk yang lebih spesifik. Jeruk nipis, jeruk calamansi, jeruk mandarin, sunkist, maupun jeruk kunci atau sonkit akan memberikan cita rasa yang lebih unik. Ada juga produk yang memadukan kelezatan susu dengan ekstrak jeruk yang segar seperti Marjan Boudoin Syrup with Milk Orange.

3

Untuk sensasi rasa segar dan autentik, pertimbangkan sirup dengan ekstrak jeruk tinggi

Untuk sensasi rasa segar dan autentik, pertimbangkan sirup dengan ekstrak jeruk tinggi

Tinggi rendahnya ekstrak buah jeruk yang terkandung dalam sebuah sirop juga berperan penting. Makin tinggi ekstrak jeruk yang terkandung, rasa jeruk yang Anda dapatkan tentu akan lebih terasa. Apabila Anda ingin mencicipi rasa manis, asam, dan segar jeruk yang autentik, pastikan kadar ekstrak jeruknya tinggi. 


Beberapa sirop dengan ekstrak jeruk yang tinggi memang memiliki tingkat rasa asam yang kuat. Apabila Anda kurang menyukainya, sebaiknya pilih produk dengan ekstrak jeruk yang lebih rendah. Sirop dengan ekstrak jeruk yang rendah biasanya memiliki rasa jeruk yang lebih ringan.

4

Utamakan sirup jeruk dengan pemanis alami

Utamakan sirup jeruk dengan pemanis alami

Pemanis merupakan salah salah komposisi utama yang ada di dalam sirop. Ada dua jenis pemanis yang biasa dipakai, yaitu pemanis alami dan pemanis buatan. 


  • Pemanis alami

Sesuai namanya, pemanis alami berasal dari bahan-bahan alami seperti tanaman atau buah. Pemanis alami ini meliputi golongan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Wujud pemanis alami yang sering dijumpai pada sirop adalah cane sugar dan corn syrup.


Pemanis alami memiliki rasa manis yang lebih enak dan lembut. Selain itu, risiko timbulnya alergi juga lebih kecil karena terbuat dari bahan alami. Tidak kalah penting, perhatikan juga kadar gula per sajian yang tertera di kemasan sirop. Dengan demikian, Anda dapat lebih mudah mengontrol asupan gula harian dalam tubuh.


  • Pemanis buatan

Pemanis buatan tercipta dari bahan-bahan sintetis yang diolah melalui proses kimia untuk menghasilkan rasa manis. Jenis pemanis buatan yang sering ditambahkan dalam produk sirop adalah acesulfame-K, sodium cyclamate, sucralose, dan sorbitol. Dibandingkan pemanis alami, pemanis buatan justru cenderung lebih rendah kalori. Sorbitol adalah contoh pemanis buatan yang paling rendah kalori sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet. 


Soal rasa, pemanis buatan memiliki rasa manis yang lebih kuat daripada pemanis alami. Akan tetapi karena terbuat dari bahan sintetis, beberapa pemanis buatan meninggalkan aftertaste di lidah atau tenggorokan. Karena itu, kandungan pemanis buatan yang kuat dapat memicu rasa gatal, kering, atau sakit di tenggorokan.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi sirup jeruk terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sirup jeruk terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Heinz ABC Indonesia

ABC Squash Delight Jeruk

Heinz ABC Indonesia ABC Squash Delight Jeruk  1

Rp15.000

Agak Murah

Rasanya yang segar mirip perasan jeruk asli

2

Nutrifood

Tropicana Slim Sirup Orange

Nutrifood  Tropicana Slim Sirup Orange 1

Rp38.300

Menengah

Bebas gula! Cocok untuk penderita diabetes dan Anda yang sedang diet

3

Tjampolay

Sirup Jeruk Nipis

Tjampolay  Sirup Jeruk Nipis  1

Rp37.600

Menengah

Rasa jeruk nipisnya tidak membuat enek

4

Sunquick

Mandarin Standard

Sunquick Mandarin Standard 1

Rp31.600

Menengah

Squash jeruk mandarin yang tinggi kandungan vitamin C-nya

5

Giwigewi

Sirup Jeruk Kalamansi Asli Bengkulu

Giwigewi Sirup Jeruk Kalamansi Asli Bengkulu  1

Terbuat dari sari jeruk calamansi murni asli Bengkulu

6

Lasallefood Indonesia

Marjan Boudoin Syrup With Milk Orange

Lasallefood Indonesia Marjan Boudoin Syrup With Milk Orange  1

Rp23.000

Agak Murah

Teksturnya creamy, serasa sedang minum milkshake

7

Rumah Jeruk

Sirup Jeruk Kunci Asli Belitung

Rumah Jeruk Sirup Jeruk Kunci Asli Belitung 1

Rp35.000

Menengah

Sirup dengan cita rasa asam segar khas jeruk kunci!

8

Denali

Yuzu Syrup

Denali  Yuzu Syrup 1

Rp99.000

Lebih Mahal

Membuat minuman ala kafe di rumah? Bisa!

9

Delifru

Lemonade

Delifru Lemonade 1

Rp59.275

Agak Mahal

Usir gerah dan kantuk dengan kesegaran lemon yang zesty dan citrusy

10

Indofood

FREISS Syrup Orange

Indofood  FREISS Syrup Orange 1

Rp13.500

Lebih Murah

Orange squash yang nyaman di tenggorokan

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Heinz ABC IndonesiaABC Squash Delight Jeruk

ABC Squash Delight Jeruk  1
Sumber: heinzabc.co.id
Harga referensi
Rp15.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp15.000
Agak Murah

Rasanya yang segar mirip perasan jeruk asli

Apabila Anda mencari sirop jeruk dengan rasa dan aroma yang kuat, produk ini adalah pilihan terbaik. Sirop merek ABC ini mengandung ekstrak jeruk Florida yang terkenal akan kelezatan dan kesegarannya. Kombinasi bahannya sanggup menghadirkan aroma dan cita rasa jeruk Florida yang mirip dengan aslinya. Rasa segarnya terasa seperti perasan jeruk segar yang baru saja dipetik!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Nutrifood Tropicana Slim Sirup Orange

Harga referensi
Rp38.300
Menengah

Bebas gula! Cocok untuk penderita diabetes dan Anda yang sedang diet

Siapa bilang minuman manis harus dihindari saat diet? Sirop jeruk merek Tropicana Slim ini diformulasikan tanpa kandungan gula. Selain itu, kalorinya juga lebih rendah dibandingkan sirop jeruk lainnya. Jadi, Anda yang sedang diet atau menderita diabetes bisa mengonsumsinya tanpa khawatir. Meskipun bebas gula, sirop ini tetap memiliki rasa yang enak berkat rasa jeruknya yang menyegarkan!

No.3

Tjampolay Sirup Jeruk Nipis

Harga referensi
Rp37.600
Menengah

Rasa jeruk nipisnya tidak membuat enek

Sirup Tjampolay adalah sirop legendaris yang diproduksi sejak tahun 1936. Rasa yang enak dengan komposisi 100% gula alami menjadikan sirop ini sebagai salah satu oleh-oleh favorit khas kota Cirebon. Varian rasa jeruk nipis ini adalah salah satu varian yang populer. 


Rasanya cenderung asam dan segar sehingga tidak menimbulkan rasa enek. Anda yang tidak terlalu menyukai rasa manis dapat menjadikannya sebagai pilihan. Sajikan sirop Tjampolay rasa jeruk nipis ini saat berbuka puasa. Dahaga pun hilang seketika!

No.4

SunquickMandarin Standard

Harga referensi
Rp31.600
Menengah

Squash jeruk mandarin yang tinggi kandungan vitamin C-nya

Sunquick Mandarin Standard merupakan sirop jeruk dengan tipe squashSaat meminum sirop ini, manisnya jeruk mandarin (jeruk keprok) akan langsung terasa di mulut. Selain rasanya nikmat, sirop rasa jeruk mandarin ini juga kaya manfaat, lho! Kandungan vitamin C-nya yang tinggi dapat membantu menjaga daya tahan tubuh supaya Anda tidak mudah sakit. 

Terbuat dari sari jeruk calamansi murni asli Bengkulu

Jeruk calamansi merupakan varietas jeruk yang tumbuh subur dan banyak dibudidayakan di Bengkulu. Dalam bahasa Melayu, jeruk calamansi disebut juga sebagai limau kesturi. Jenis jeruk ini memiliki aroma yang harum dan rasa asam yang khas. 


Di Bengkulu, sirup jeruk calamansi menjadi oleh-oleh khas yang cukup terkenal. Sirup Jeruk Kalamansi Giwigewi merupakan salah satunya. Sirop jeruk ini terbuat dari sari jeruk calamansi murni pilihan. Anda tertarik mencobanya?

No.6

Lasallefood IndonesiaMarjan Boudoin Syrup With Milk Orange

Harga referensi
Rp23.000
Agak Murah

Teksturnya creamy, serasa sedang minum milkshake

Produk ini adalah sirop jeruk spesial yang dicampur susu. Kombinasi jeruk yang segar dengan susu yang lembut akan memanjakan lidah Anda. Teksturnya kental, cocok untuk Anda yang menyukai minuman yang creamy. Karena cita rasanya yang mirip milkshake, sirop ini akan menjadi favorit seluruh anggota keluarga, khususnya anak-anak. Sajikan sirop ini sebagai menu takjil atau saat momen hari raya Idulfitri untuk menambah semarak kebersamaan Anda dan keluarga!

No.7

Rumah JerukSirup Jeruk Kunci Asli Belitung

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Sirup dengan cita rasa asam segar khas jeruk kunci!

Jeruk kunci merupakan jenis jeruk yang dapat Anda temui di Kepulauan Bangka Belitung. Jeruk ini memiliki cita rasa yang cenderung asam kecut dengan ukuran buah yang kecil. Beberapa sumber menyebutkan bahwa kandungan vitamin C di dalam jeruk kunci sangatlah tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan jeruk biasa. 


Untuk Anda yang mendambakan rasa sirop jeruk dengan hint asam dan segar, sirup khas Bangka Belitung ini bisa dipertimbangkan. Dibuat dengan gula murni dan tanpa pewarna buatan, sirop ini lezat disajikan dengan air dingin maupun hangat!

No.8

Denali Yuzu Syrup

Harga referensi
Rp99.000
Lebih Mahal

Membuat minuman ala kafe di rumah? Bisa!

Produk dari Denali ini memiliki rasa manis yang kuat dengan aroma jeruk yuzu yang segar. Tidak heran jika sirop ini sering dijadikan pemanis aromatik sebagai pengganti gula.


Berkat teksturnya yang kental, Anda bisa menjadikannya sebagai topping dessert atau minuman. Karena itu, produk ini cocok untuk Anda yang gemar membuat olahan minuman dengan campuran sirop. Kreasi minuman Anda akan terasa seenak buatan kafe!

No.9

DelifruLemonade

Harga referensi
Rp59.275
Agak Mahal

Usir gerah dan kantuk dengan kesegaran lemon yang zesty dan citrusy

Anda yang ingin merasakan sensasi segar buah lemon wajib mencoba Delifru Lemonade. Rasa segar lemonnya dijamin tuntas mengusir dahaga. Berkat rasanya yang memiliki karakter zesty dan segar khas citrus, rasa kantuk pun hilang seketika. Anda pun jadi lebih fokus dalam beraktivitas. Jika diminum pada cuaca panas, sirop ini akan menghilangkan rasa gerah di tubuh! Sirop ini diproduksi menggunakan 100% gula murni sehingga tidak membuat serak tenggorokan!

No.10

Indofood FREISS Syrup Orange

Harga referensi
Rp13.500
Lebih Murah

Orange squash yang nyaman di tenggorokan

Enggan mengonsumsi sirop jeruk squash karena takut rasanya terlalu asam? Hal itu tidak akan terjadi apabila Anda memilih FREISS Syrup Orange. Produk ini memiliki rasa manis dan asam yang pas sehingga rasanya lebih lembut dan nyaman di tenggorokan. Anda yang memiliki lidah dan tenggorokan sensitif dapat lebih santai menikmatinya.

Kreasi minuman enak dengan sirup jeruk

Kreasi minuman enak dengan sirup jeruk

Sirop jeruk memang enak diminum langsung dengan menambahkan air dan es batu. Namun, ada banyak kreasi minuman enak yang bisa Anda buat dengan sirop jeruk, lho. Berikut ini ide kreasi minuman yang bisa Anda ciptakan!


  • Es kelapa jeruk

Es kelapa muda adalah salah satu sajian kegemaran banyak orang. Agar tidak boring, Anda bisa menambahkan sirop jeruk ke dalamnya. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan rasa kelapa muda yang lebih segar dan kaya vitamin C!


  • Fruit punch

Fruit punch adalah ide menarik untuk menyemarakkan pesta atau acara kumpul teman-teman. Cara membuatnya cukup mudah. Pertama, potong buah-buahan tropis, seperti belimbing, nanas, semangka, dan lainnya. Setelah itu, tambahkan orange squash, soda, dan es batu. Agar makin mantap, tambahkan daun mint untuk menambah rasa semriwing!


  • Sup buah 

Sup buah atau es buah adalah minuman yang lezat dan populer saat ramadan. Anda dapat menyajikan es buah sebagai sajian pelengkap menjelang buka puasa. Pertama, potong buah-buahan, seperti semangka, melon, buah naga, nanas, anggur, dan lainnya. Susun buah potong di atas mangkuk saji, lalu tambahkan air secukupnya. Terakhir, tambahkan es, lalu siram dengan sirop jeruk.


  • Es serut jeruk

Selain diseduh sebagai minuman, sirop rasa jeruk dengan tekstur kental bisa Anda sajikan sebagai topping minuman es serut. Selain memberi rasa segar, warna khas jeruknya akan menambah daya tarik es serut buatan Anda!

Baca juga rekomendasi produk jus buah dan sirup lainnya di sini

Selain sirop jeruk, kami juga telah membahas tentang jus buah dan sirop lainnya yang tidak kalah nikmat. Mulai dari sirop rasa leci, cocopandan, hingga frambozen bisa dipilih untuk menemani siang hari Anda. Penasaran, bukan? Link-nya ada di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Selesai sudah pembahasan kali ini mengenai sirop jeruk. Semoga tips yang kami bagikan memudahkan Anda saat memilih. Apakah Anda sudah menentukan pilihan dari sepuluh rekomendasi kami?


Apabila Anda memilih sirop dengan kandungan gula tinggi, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan supaya kadar gula darah tetap seimbang. Apabila Anda sedang diet atau memiliki riwayat diabetes, pastikan pilih yang bebas gula. Selain itu, selalu cek tanggal kedaluwarsanya, ya!

5 Rekomendasi Sirup Jeruk terbaik

No. 1: Heinz ABC IndonesiaABC Squash Delight Jeruk

No. 2: Nutrifood Tropicana Slim Sirup Orange

No. 3: Tjampolay Sirup Jeruk Nipis

No. 4: SunquickMandarin Standard

No. 5: GiwigewiSirup Jeruk Kalamansi Asli Bengkulu

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Minuman instan
  4. 10 Merk Sirup Jeruk yang Enak (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.