mybest
Lip tint

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Lip color & lip care
  4. 10 Rekomendasi Lip Tint yang Bagus untuk Remaja (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Lip Tint yang Bagus untuk Remaja (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Lip Tint yang Bagus untuk Remaja (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Lip Tint yang Bagus untuk Remaja (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Lip Tint yang Bagus untuk Remaja (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Lip Tint yang Bagus untuk Remaja (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Lip Tint yang Bagus untuk Remaja (Terbaru Tahun 2024)

Lip tint merupakan salah satu alternatif pewarna bibir selain lipstik dan lip cream. Jenis kosmetik ini juga banyak digandrungi kaum remaja karena hasilnya yang lebih lembut atau natural. Produk lip tint pun lebih marak di kalangan remaja karena tampilannya yang cocok dengan usia mereka.


Berbagai merek, warna, dan karakter lip tint kini bisa kamu temukan dengan sangat mudah di pasaran. Mulai dari merek luar hingga lokal tersebar di berbagai media belanja, sebut saja HanasuiWardah, Implora dan lainnya. Mau tahu lip tint mana yang terbaik untuk remaja? Simak terus, ya!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih lip tint untuk remaja

Seperti halnya memilih jenis produk kecantikan lainnya, memilih lip tint juga harus mempertimbangkan berbagai hal. Yuk, simak hal apa saja yang wajib diperhatikan!

1

Pilih warna terang untuk memberikan kesan segar pada tampilan

Pilih warna terang untuk memberikan kesan segar pada tampilan

Bagi kaum remaja, alangkah baiknya jika menggunakan makeup yang sesuai usia. Sebagai contoh, hindari makeup yang terlalu gelap dan bold agar tidak terkesan tua. 


Termasuk saat memilih lip tint, akan terlihat lebih pas jika kamu memakai warna yang terang dan cerah. Hal itu karena warna cerah dapat memberi kesan lebih segar. Walau begitu, tidak semua lip tint berwarna cerah cocok untuk dipadukan dengan kulit kamu. Perlu diingat, warna alami bibir turut menentukan kecocokan tersebut.


  • Pahami terlebih dahulu mengenai warna dasar kulit (undertone) kamu. Pasalnya, tampilanmu akan lebih optimal jika warna lip tint cocok dengan warna bibir.

  • Setelah undertone, tingkat kecerahan alami bibir juga memengaruhi hasil yang didapat. Makin cerah warna alami bibir, makin mudah pula mengeluarkan warna asli dari lip tint. Warna bibir yang cerah bisa kamu dapatkan melalui perawatan rutin. Salah satu caranya adalah melakukan eksfoliasi berkala untuk menghilangkan sel kulit mati yang bisa menyebabkan bibir menghitam.

2

Carilah lip tint berwarna natural untuk penggunaan ke sekolah

Carilah lip tint berwarna natural untuk penggunaan ke sekolah

Zaman sekarang ini, makeup wajar dikenakan oleh anak-anak menjelang remaja, mulai umur 10 atau 11 tahun. Di usia tersebut, anak selayaknya diperbolehkan mengenakan riasan bibir berwarna natural, termasuk lip tint. Jadi, remaja yang mengenakan makeup ke sekolah adalah hal yang lumrah. Mungkin kamu adalah salah satunya.


Meski menggunakan lip tint hasilnya cenderung lebih alami dibanding perona bibir jenis lain, pemilihan warna juga penting. Pilih warna natural yang mengikuti warna asli bibir atau tidak terlalu kontras dengan warna kulit. Warna seperti ini akan tetap membuat kamu tampil segar walau ronanya kalem sehingga cocok dengan suasana sekolah.

3

Prioritaskan merek lokal agar lebih budget friendly

Prioritaskan merek lokal agar lebih budget friendly
Sumber: mineralbotanica.com

Remaja umumnya memiliki bujet terbatas untuk berbelanja kosmetik. Kalau kamu mengalaminya, jangan berkecil hati dahulu, ya! Pasalnya, ada banyak produk lip tint berkualitas tinggi yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau.


Kini, dunia kosmetik produksi lokal pun telah berkembang pesat dan tidak kalah berkualitas dibanding produk luar negeri. Kebanyakan harganya pun lebih terjangkau. Kamu bisa mengecek produk dari Hanasui, Implora, atau Marshwillow. Dengan harga tak sampai tiga puluh ribu, merek lokal bisa kamu pertimbangkan jika memiliki bujet terbatas.

4

Pertimbangkan tekstur lip tint yang nyaman

Walau masih dalam kategori yang sama, jenis lip tint masih bisa dipecah berdasarkan tekstur dan karakteristiknya. Perhatikan penjelasan singkat berikut ini untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan tiap jenisnya.

Cair atau liquid: Cepat kering dan tahan lama

Cair atau liquid: Cepat kering dan tahan lama

Lip tint bertekstur cair (liquid) memiliki lebih banyak kandungan air atau minyak. Kandungan tersebut membuatnya lebih ringan untuk diaplikasikan pada bibir. Jenis pewarna bibir seperti ini bersifat lebih cepat kering dan tahan lama karena daya serapnya yang cukup tinggi. Meski begitu, kamu tetap harus melakukan retouch agar tampilannya terjaga. 


Lip tint bertekstur cair bisa dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bahan dasar cairannya. Berikut penjelasan singkatnya. 


  • Oil based tint: Karena kandungan minyaknya tinggi, lip tint oil based dapat membantu melembapkan bibir. Warnanya pigmented, tahan lama, dan menempel di bibir sehingga tidak memerlukan banyak retouch. Oil based tint juga cocok untuk bibir cenderung kering atau kamu yang menyukai gaya ombre.

  • Water based tintTeksturnya paling cair, tetapi tidak terlalu melembapkan. Hasilnya sangat natural dengan warna yang tergolong sheer. Poleskan beberapa kali kalau kamu mau mendapatkan warna yang lebih bold.


  • Gel tint: Pada dasarnya merupakan water based tint dengan tekstur yang lebih kental, tetapi tidak terlalu padat. Warna yang dihasilkan lebih pigmented ketimbang water based tint, tetapi tidak bold seperti tekstur krim. 

Cream: Pigmentasi warnanya lebih kuat

Cream: Pigmentasi warnanya lebih kuat

Lip tint dengan tekstur krim memiliki karakter yang lebih kuat dalam hal pigmentasi. Hal ini membuatnya lebih berat dan tebal saat diaplikasikan pada bibir. Walau demikian, karakteristiknya sangat cocok bagi kamu yang menyukai warna lebih pekat. 


Tidak seperti jenis cair, lip tint jenis ini butuh waktu lebih lama untuk menyerap. Namun, ketika sudah terserap dan kering di bibir, lip tint akan tahan lebih lama, bahkan lebih sulit dibersihkan. Jika kamu lebih menyukai jenis ini, pastikan untuk selalu membersihkannya sampai tuntas, ya!

5

Hati-hati bibir jadi hitam, perhatikan kandungan lip tint

Hati-hati bibir jadi hitam, perhatikan kandungan lip tint

Warna alami bibir yang menggelap pasti menjadi hal yang sangat tidak diinginkan oleh wanita, terutama kaum remaja. Penggelapan bibir disebabkan oleh dua faktor, yaitu:


  • Faktor internal, tepatnya radikal bebas. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan.
  • Faktor eksternal, dapat dipicu oleh berbagai hal. Salah satunya adalah formula pada produk makeup bibir seperti lip tint.

Salah satu efek samping lip tint adalah bibir menjadi gelap. Terlebih lagi bila kamu tidak membersihkan bibir secara tuntas di penghujung hari. Pigmen lip tint akan terus mengendap di kulit sehingga menjadikan bibir berwarna kehitaman.


Berdasarkan penjelasan tersebut maka tidak disarankan juga untuk menggunakan lip tint saat tidur. Kamu juga sebaiknya menjaga kebersihan bibir dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari bibir hitam.


Cara lain untuk menghindari bibir hitam adalah dengan memastikan bahan-bahan lip tint pilihan kamu. Pastikan ada bahan yang bersifat moisturizing, antioksidan, dan menutrisi bibir, seperti:


  • Vitamin E,
  • milk protein,
  • avocado oil,
  • macadamia oil,
  • jojoba oil, dan lain-lain
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi lip tint yang bagus untuk remaja

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lip tint terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Hanasui

Tintdorable Lip Stain

Hanasui  Tintdorable Lip Stain 1

Rp22.680

Agak Murah

Mewarnai sekaligus melembapkan bibir dengan lip tint Hanasui!

2

Implora

Cheek and Lip Tint

Implora  Cheek and Lip Tint 1

Rp22.300

Agak Murah

Kemasannya lucu dan unik, cocok juga buat koleksi!

3

Wardah

Everyday Cheek & Liptint

Wardah Everyday Cheek & Liptint 1

Rp48.500

Menengah

Halal, praktis, serta buat bibir dan pipi tampak segar merona

4

Emina

Creamytint

Emina Creamytint 1

Rp46.000

Menengah

Tekstur velvety dan lembut, bagai tidak pakai apa-apa

5

Bio Kosmetiklon Indonesia

Marshwillow Sweet Sensation Lip and Cheek Tint

Bio Kosmetiklon Indonesia Marshwillow Sweet Sensation Lip and Cheek Tint 1

Rp25.900

Agak Murah

Cukup aplikasikan sedikit saja untuk memunculkan warnanya

6

barenbliss

Peach Makes Perfect Lip Tint

barenbliss Peach Makes Perfect Lip Tint 1

Rp69.000

Lebih Mahal

Ada formula glassy glow yang menjadikan bibir tampak lebih sehat dan plump

7

Y.O.U

The Simplicity Love You Tint

Y.O.U The Simplicity Love You Tint 1

Rp50.000

Menengah

Tampilkan wajah berseri dengan lip tint ringan yang tahan lama

8

DAZZLE ME

Ink-Licious Lip Tint

DAZZLE ME  Ink-Licious Lip Tint  1

Rp60.000

Agak Mahal

Sempurnakan Korean looks kamu dengan lip tint ini!

9

PIGEON Teens

Jelly Tint

PIGEON Teens  Jelly Tint 1

Rp35.000

Menengah

Warna-warnanya ceria dan kalem, love at firts swipe!

10

Mica Jaya Pratama

Mineral Botanica Hydra Lip And Cheek Tint

Mica Jaya Pratama Mineral Botanica Hydra Lip And Cheek Tint 1

Rp51.900

Agak Mahal

Ada sensasi dingin yang bikin bibir terasa nyaman seharian

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Hanasui Tintdorable Lip Stain

Tintdorable Lip Stain 1
Sumber: hanasui.id
Tintdorable Lip Stain 2
Sumber: hanasui.id
Tintdorable Lip Stain 3
Sumber: hanasui.id
Tintdorable Lip Stain 4
Sumber: hanasui.id
Tintdorable Lip Stain 5
Sumber: hanasui.id
Harga referensi
Rp22.680
Agak Murah
Harga referensi
Rp22.680
Agak Murah

Mewarnai sekaligus melembapkan bibir dengan lip tint Hanasui!

Kamu yang memiliki bibir kering dan sulit mencari lip tint yang cocok, jangan berkecil hati, ya! Hanasui menghadirkan Tintdorable Lip Stain yang kaya akan pelembap. Formulanya mengandung vitamin E dan hydrolized milk protein yang mampu melembapkan bibir. Jadi, selain mewarnai bibir dengan cantik, produk ini pun menjaga bibir kamu agar bebas kering. Formulanya yang ringan pun pasti bikin nyaman pemakainya.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Implora Cheek and Lip Tint

Harga referensi
Rp22.300
Agak Murah

Kemasannya lucu dan unik, cocok juga buat koleksi!

Sebagai pengikut tren makeup, kemasan ini pasti familier buat kamu, bukan? Kemasan lip tint dari Implora ini cukup populer karena tampak menggemaskan. Pilihan warnanya beragam, harganya pun terjangkau! Pas sekali bagi kamu yang gemar mengoleksi lip tint.


Sesuai dengan namanya, produk ini juga bisa kamu pakai sebagai blush. Kamu pasti akan makin cantik dengan bibir dan pipi dengan warna senada. By the way, lip tint es krim Implora nomor 03, 05, dan 06, dinilai paling cocok untuk remaja.

No.3

WardahEveryday Cheek & Liptint

Harga referensi
Rp48.500
Menengah

Halal, praktis, serta buat bibir dan pipi tampak segar merona

Jika kamu menginginkan produk yang sudah pasti halal dan aman, lip tint Wardah tentu menjadi produk yang patut dipertimbangkan. Hanya dengan satu produk saja, kamu sudah bisa merias dua bagian wajah, yaitu bibir dan pipi. Produk ini hadir dalam tiga pilihan warna. Untuk hasil natural, kamu bisa pilih yang sesuai dengan undertone kulitmu.

No.4

EminaCreamytint

Harga referensi
Rp46.000
Menengah

Tekstur velvety dan lembut, bagai tidak pakai apa-apa

Kalau kamu mencari lip tint yang cocok untuk menghadiri acara kasual, produk inilah jawabannya. Produk yang satu ini memiliki tekstur velvety dan lembut, dengan finishing mendekati matte.


Formulanya diklaim ringan di bibir sehingga kamu mungkin akan merasa seperti tidak mengenakan apa pun. Bagi pencinta lip cream, produk ini pasti bisa jadi alternatif yang pas. Selain tekstur dan warnanya lembut, aplikatornya pun sangat nyaman dipakai, lho! 

No.5

Bio Kosmetiklon IndonesiaMarshwillow Sweet Sensation Lip and Cheek Tint

Harga referensi
Rp25.900
Agak Murah

Cukup aplikasikan sedikit saja untuk memunculkan warnanya

Kelebihan:

  • Warnanya pigmented, cukup digunakan sedikit saja sehingga tidak mudah habis
  • Tekstur watery gel, mudah diatur ketebalannya

Kekurangan:

  • Tutup kemasan kurang kukuh untuk menjaga isi tetap pada tempatnya
  • Sebagian pengguna mengeluhkan bibir yang menjadi kering saat penggunaan

Untuk mendapatkan lip tint impian, tak jarang pelajar harus berhemat uang saku. Apa kamu juga demikian? Kalau begitu, jadikan produk ini sebagai lip tint impianmu. Harganya terjangkau, pemakaiannya pun tak perlu banyak-banyak karena lip tint ini sangat pigmented.


Meski mudah muncul warnanya, produk ini memiliki tekstur watery gel yang mudah di-blend. Jadi, kamu yang masih pemula pun tak perlu khawatir mengaplikasikannya. Namun, jangan lupa oleskan lip balm sebelum lip tint ini agar bibirmu tidak kering, ya!

No.6

barenblissPeach Makes Perfect Lip Tint

Harga referensi
Rp69.000
Lebih Mahal

Ada formula glassy glow yang menjadikan bibir tampak lebih sehat dan plump

Produk ini tampaknya diciptakan khusus buat Anda yang mengidamkan tampilan my lips but better. Formulanya glassy glow sehingga mampu menampilkan bibir yang tampak sehat dan plump. Moisturizer-nya bahkan diklaim mampu mempertahankan kelembapan bibir seharian!


Lip tint ini juga ideal untuk Anda yang kurang menyukai pewarna bibir yang mencolok karena pigmentasinya cenderung sheer. Namun, tidak perlu khawatir karena stain-nya tetap akan bertahan di bibir hingga 12 jam.

No.7

Y.O.UThe Simplicity Love You Tint

Harga referensi
Rp50.000
Menengah

Tampilkan wajah berseri dengan lip tint ringan yang tahan lama

Beraktivitas di luar ruangan terkadang membuat hanya tersisa sedikit waktu untuk touch up. Karena itu, pertimbangkan lip tint dari Y.O.U ini. Selain mengandung antioksidan yang melindungi bibir, banyak review yang menyatakan bahwa produk ini long lasting hingga 6 jam. Selain itu, teksturnya sangat ringan di bibir, bagai tidak menggunakan apa pun! Dengan pilihan warna yang cerah, produk ini akan membuat wajah terlihat berseri!

No.8

DAZZLE ME Ink-Licious Lip Tint

Harga referensi
Rp60.000
Agak Mahal

Sempurnakan Korean looks kamu dengan lip tint ini!

Makeup ala Korea memang tengah booming. Kalau kamu termasuk salah satu penggemar Korean looks, lip tint ini akan menyempurnakan penampilanmu. Produk dari DAZZLE ME yang diklaim tahan lama ini mudah di-blend sehingga cocok untuk membuat bibir ombre. Formulanya juga tidak transfer ketika sudah set, lho. Berkat natural glow finish dan varian warna yang fresh, wajah kamu akan terlihat lebih cerah dibuatnya.

No.9

PIGEON Teens Jelly Tint

Harga referensi
Rp35.000
Menengah

Warna-warnanya ceria dan kalem, love at firts swipe!

PIGEON Teens Jelly Tint adalah opsi bagi kamu yang selalu ingin tampil ceria, bahkan saat ke sekolah. Produk ini memiliki varian warna-warna cerah yang ngejreng, tetapi tetap bernuansa kalem. Jadi, produk ini masih cocok dioleskan tipis-tipis untuk pergi ke sekolah atau tempat les.


Selain itu, produk ini dilengkapi UV protection dan formula yang moisturizing. Bibir terlindungi dan bebas kering, kamu pun siap aktif setiap saat. Seluruh aspeknya benar-benar love at first swipe, seperti slogan produk ini!

No.10

Mica Jaya PratamaMineral Botanica Hydra Lip And Cheek Tint

Harga referensi
Rp51.900
Agak Mahal

Ada sensasi dingin yang bikin bibir terasa nyaman seharian

Kelebihan:

  • Velvety finish, tetapi cocok untuk menciptakan bibir ombre
  • Formulanya kaya antioksidan dari asam lemak omega dan hydrolized jojoba ester
  • Menurut review, produk mampu menutupi bibir hitam

Kekurangan:

  • Cukup butuh waktu agar produk set sempurna di bibir
  • Menurut pengguna, warnanya kurang tahan lama

Ketika dioleskan, lip tint ini akan memberikan sensasi dingin pada bibir. Dengan begitu, bibir pun akan terasa segar dan nyaman seharian. Lalu, velvety finish-nya yang bertekstur lembut membuatnya cocok untuk menciptakan riasan ombre lips yang cantik.


Kamu yang memiliki bibir hitam pun tak perlu khawatir karena produk ini memiliki coverage yang jagoan! Selain itu, lip tint ini juga bisa membantu melindungi bibir dari radikal bebas, lho! Jadi, bibir kamu tidak akan tambah menghitam meski sering memakainya.

Baca juga rekomendasi makeup lainnya untuk remaja di sini

Remaja memiliki kulit yang cenderung berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu, makeup yang cocok untuk remaja pun berbeda. Di bawah ini kami telah merangkum beberapa artikel rekomendasi makeup yang bagus untuk remaja. Yuk, dilihat!

Kesimpulan

Lip tint memiliki hasil natural sehingga menjadi lip product yang tepat untuk kaum remaja. Namun, tetap pastikan kamu memilih warna yang tepat sesuai kebutuhan, ya! Perhatikan juga kandungan lip tint agar kesehatan bibir tetap terjaga. 


Kami harap artikel kali ini dapat membantu kamu menemukan lip tint yang sesuai kebutuhan. Ayo, tampil lebih segar dan cantik dengan lip tint favorit kamu. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Lip Tint untuk Remaja terbaik

No. 1: Hanasui Tintdorable Lip Stain

No. 2: Implora Cheek and Lip Tint

No. 3: WardahEveryday Cheek & Liptint

No. 4: EminaCreamytint

No. 5: Bio Kosmetiklon IndonesiaMarshwillow Sweet Sensation Lip and Cheek Tint

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Lip color & lip care
  4. 10 Rekomendasi Lip Tint yang Bagus untuk Remaja (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.