• 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Alien (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Alien (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Alien (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Alien (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Alien (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Alien (Terbaru Tahun 2022)

Alien dan Predator bisa dibilang merupakan franchise film alien terbesar. Franchise-nya sudah menghadirkan film-film terbaik seperti Prometheus dan Predators. Saking populernya, film Alien vs. Predator sampai dibuat. Kedua ras alien ini memang ganas dan cocok beradu. Namun, tidak semua film alien menampilkan sosok alien yang sadis.


Kali ini kami akan membagikan cara memilih film alien yang bagus. Rekomendasinya juga sudah kami siapkan lengkap dengan ulasannya. Anda penggemar waralaba Alien? Ada yang terbaru seperti Alien: Covenant dan yang jadul seperti Alien, lho. Yuk, baca artikel ini sampai habis!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih film tentang alien

Tidak semua film alien menampilkan keganasan atau invasi makhluk asing. Premis filmnya bisa tergantung pada genre hingga kategori usianya. Suasananya pun tidak selalu seram dan menegangkan. Agar Anda tak salah pilih, simak penjelasannya dari kami berikut ini.

Pahami karakteristik dari tiap genre

Genre bisa memberikan Anda gambaran umum sebuah film sebelum menontonnya. Selain itu, genre bisa mewakili selera Anda. Sebagai contoh, bila Anda menyukai adegan laga, pilihlah film alien yang bergenre action.


Namun, film alien tidak hanya bisa menyenangkan penikmat laga. Tergantung pada genrenya, film alien bisa menyajikan suasana yang berbeda. Untuk itu, pahami ciri khas tiap-tiap genrenya berikut ini agar Anda mendapatkan yang sesuai selera.


  • Genre action menyajikan pertarungan antara manusia dengan alien. Filmnya bisa menunjukkan adu teknologi, strategi, sampai otot.
  • Genre adventure dan fantasy membawa Anda bertualang bersama karakter utamanya. Selain di bumi, petualangannya bisa berlangsung di planet alien.
  • Tidak semua film alien membuat Anda tegang, ada juga yang penuh humor. Apabila Anda ingin menyaksikannya, pilihlah yang bergenre comedy.
  • Genre horror dan mystery membuat suasana filmnya gelap hingga menghadirkan adegan sadis. Jadi, filmnya tidak direkomendasikan untuk anak-anak.
  • Anda mau melihat berbagai teknologi keren milik alien atau yang berasal dari masa depan? Pastikan filmnya bergenre science fiction.
  • Jika Anda termasuk adrenaline junkie, pilihlah yang bergenre thriller. Filmnya melibatkan adegan-adegan yang mendebarkan seperti bersembunyi dari alien.

Perlu diketahui, film alien tidak memiliki satu genre saja. Filmnya bisa mengombinasikan beberapa genre sekaligus, misalnya action, adventure, dan science fiction. Alhasil, filmnya bernuansa seru dan penuh aksi. Sementara itu, film yang menggabungkan genre horror, mystery, dan thriller akan menghadirkan suasana gelap dan mencekam.

Pilih film yang melibatkan pemeran atau sutradara favorit Anda

Film alien yang melibatkan nama-nama favorit Anda pasti makin menarik untuk disimak. Banyak bintang besar yang pernah terlibat dalam film alien, lho! Sigourney Weaver dan Will Smith adalah sederet artis Hollywood yang tak jarang membintanginya.


Selain pemeran, Anda juga bisa memilih film dari sutradaranya. Nama Ridley Scott identik dengan film alien karena dirinya sering terlibat dalam waralaba Alien. Sutradara tersebut banyak menghadirkan film bergaya epik. Namun, tidak semua film dalam waralaba Alien diarahkan olehnya. Jadi, ada perbedaan gaya pada beberapa filmnya.


Pemeran dan sutradara hampir pasti membawa ciri khas masing-masing ke filmnya. Sebagai contoh, film alien yang dibintangi Arnold Schwarzenegger melibatkan adegan baku hantam karena ia merupakan aktor laga. Sementara itu, sebagai spesialis film blockbuster, film alien yang diarahkan Roland Emmerich menampilkan banyak ledakan.

Ketahui jumlah filmnya yang berhubungan

Tidak sedikit franchise film yang menampilkan alien. Artinya, filmnya ada beberapa. Namun, ada juga film yang ceritanya langsung usai tanpa dilanjutkan ke film lain. Mana tipe yang paling cocok untuk Anda? Berikut ini kami akan menjelaskannya lebih lanjut.

Standalone: Ceritanya berakhir dalam satu film

Apabila Anda suka melompat dari satu cerita ke yang lain, misalnya untuk melihat aliennya, pilihlah film standalone. Film jenis ini ceritanya langsung berakhir. Jadi, Anda bisa langsung berganti ke film alien yang benar-benar berbeda setelah menonton satu film.


Sementara itu, hal yang berbeda berlaku untuk franchise. Filmnya memang ada lebih dari satu, tetapi biasanya hanya menampilkan satu jenis alien. Ceritanya pun tak jarang saling berhubungan. Jadi, gaya seperti itu mungkin kurang sesuai dengan selera Anda.


Anda juga bisa menikmati marathon film alien standalone karena banyak yang populer. Dari yang jadul sampai yang terbaru, semuanya ada. Beberapa filmnya yang berkualitas adalah 2001: A Space Odyssey (1968) dan District 9 (2009).

Franchise: Terdiri dari beberapa film yang berkesinambungan

Beberapa franchise film terbesar di dunia merupakan film alien, contohnya saja Alien dan Predator. Bukan cuma eksis di film, keduanya populer sebagai komik dan video game. Jadi, Anda tidak hanya bisa menikmatinya melalui media film. Kontennya dalam media lain juga menarik untuk ditelusuri dan terkadang masih berhubungan dengan filmnya.


Namun, kali ini kami akan membahas khusus sebuah franchise dalam media film. Franchise biasanya lahir dari kesuksesan besar film pertamanya sehingga ceritanya dilanjutkan ke film-film lain. Nah, artinya,  Anda memerlukan waktu lebih banyak dibandingkan film standalone demi menghabiskan cerita sebuah franchise.


Penting untuk mengetahui banyaknya film yang berkesinambungan agar Anda tidak salah pilih. Anda bisa saja kurang nyambung dengan ceritanya karena tidak menonton dari film pertama. Franchise tak jarang membawa elemen-elemen dari satu film ke film yang lain. Jadi, agar lebih mudah diikuti, tontonlah sebuah franchise dari film pertamanya.

Agar nyaman saat menonton, periksa kategori umurnya

Perlu diingat, film alien umumnya ditargetkan untuk penonton dewasa. Pasalnya, genre horror dan mystery akrab dengan film yang menampilkan alien. Apabila tidak menunjukkan adegan sadis, plot atau suasananya terlampau gelap untuk anak-anak.


Akan tetapi, penonton remaja masih bisa menikmati banyak judulnya. Tergantung pada usia anak, Anda bisa menonton film dengan kategori umur 13+ bersama keluarga. Filmnya lebih menekankan ke aspek petualangan atau kepahlawanan, bahkan komedi.


Jika semua penontonnya sudah dewasa, Anda bisa memilih film alien dengan kategori umur 16+. Namun, periksa trailer-nya jika Anda berencana menonton bersama keluarga. Film dengan adegan sadis tentu kurang nyaman ditonton bareng keluarga.

10 Rekomendasi film terbaik tentang alien

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film terbaik tentang alien yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb. 

10
GenreAction, horror, science fiction
Kategori umur17+
PemeranSanaa Lathan, Raoul Bova, Lance Henriksen, Ewen Bremner
SutradaraPaul W. S. Anderson
Kategori filmFranchise (film pertama dari dua film)
Durasi1 jam 40 menit
Rating di IMDb5,6 dari 10
Tanggal rilis12 Agustus 2004
9
GenreHorror, science fiction, thriller
Kategori umur17+
PemeranMichael Fassbender, Katherine Waterston, Billy Crudup, Danny McBride
SutradaraRidley Scott
Kategori filmFranchise (Prekuel kedua dari enam film)
Durasi2 jam 1 menit
Rating di IMDb6,4 dari 10
Tanggal rilis19 Mei 2017
8

Skydance MediaAnnihilation

GenreAdventure, mystery, science fiction, thriller
Kategori umur16+
PemeranNatalie Portman, Jennifer Jason Leigh, Gina Rodriguez, Tessa Thompson
SutradaraAlex Garland
Kategori filmStandalone
Durasi1 jam 55 menit
Rating di IMDb6,8 dari 10
Tanggal rilis23 Februari 2018
7

Bad Robot ProductionsSuper 8

GenreMystery, science fiction, thriller
Kategori umur16+
PemeranJoel Courtney, Elle Fanning, Kyle Chandler
SutradaraJ. J. Abrams
Kategori filmStandalone
Durasi1 jam 52 menit
Rating di IMDb7,0 dari 10
Tanggal rilis10 Juni 2011
6
GenreAction, adventure, science fiction
Kategori umur16+
PemeranWill Smith, Bill Pullman, Jeff Goldblum, Mary McDonnell
SutradaraRoland Emmerich
Kategori filmFranchise (film pertama dari dua film)
Durasi2 jam 24 menit
Rating di IMDb7,0 dari 10
Tanggal rilis3 Juli 1996
5

Columbia PicturesMen in Black

GenreAction, adventure, comedy, science fiction
Kategori umur13+
PemeranTommy Lee Jones, Will Smith
SutradaraBarry Sonnenfeld
Kategori filmFranchise (film pertama dari empat film)
Durasi1 jam 37 menit
Rating di IMDb7,3 dari 10
Tanggal rilis2 Juli 1997
4
GenreAction, adventure, fantasy, science fiction
Kategori umur13+
PemeranSam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Sigourney Weaver
SutradaraJames Cameron
Kategori filmStandalone
Durasi2 jam 35 menit
Rating di IMDb7,8 dari 10
Tanggal rilis18 Desember 2009
3

Lawrence Gordon ProductionsPredator

GenreAction, adventure, science fiction, thriller
Kategori umur20+
PemeranArnold Schwarzenegger, Carl Weathers
SutradaraJohn McTiernan
Kategori filmFranchise (film pertama dari empat film)
Durasi1 jam 46 menit
Rating di IMDb7,8 dari 10
Tanggal rilis12 Juni 1987
2

Village Roadshow PicturesEdge of Tomorrow

GenreAction, adventure, science fiction
Kategori umur16+
PemeranTom Cruise, Emily Blunt, Bill Paxton, Jonas Armstrong
SutradaraDoug Liman
Kategori filmStandalone
Durasi1 jam 53 menit
Rating di IMDb7,9 dari 10
Tanggal rilis6 Juni 2014
1
GenreHorror, science fiction
Kategori umur17+
PemeranTom Skerritt, Sigourney Weaver, Veronica Cartwright, Harry Dean Stanton
SutradaraRidley Scott
Kategori filmFranchise (film pertama dari enam film)
Durasi1 jam 56 menit
Rating di IMDb8,4 dari 10
Tanggal rilis25 Mei 1979

Tabel perbandingan film terbaik tentang alien

Gambar produk
1
Brandywine Productions Alien 1

Brandywine Productions

2
Village Roadshow Pictures Edge of Tomorrow 1

Village Roadshow Pictures

3
Lawrence Gordon Productions Predator 1

Lawrence Gordon Productions

4
20th Century Fox Avatar 1

20th Century Fox

5
Columbia Pictures Men in Black 1

Columbia Pictures

6
Centropolis Entertainment Independence Day 1

Centropolis Entertainment

7
Bad Robot Productions Super 8 1

Bad Robot Productions

8
Skydance Media Annihilation 1

Skydance Media

9
20th Century Fox Alien: Covenant 1

20th Century Fox

10
Davis Entertainment Company Alien vs. Predator 1

Davis Entertainment Company

Nama produk

Alien

Edge of Tomorrow

Predator

Avatar

Men in Black

Independence Day

Super 8

Annihilation

Alien: Covenant

Alien vs. Predator

Keunggulan

Salah satu film alien terbaik sepanjang masa

Makin menarik dengan plotnya yang unik

Penuh aksi laga dari aktornya

Efek visualnya memanjakan mata

Alien dan karakter manusianya sama-sama kocak

Hujan ledakan dan efek visual khas film blockbuster

Mengajak Anda bernostalgia ke era 80-an

Film alien dengan formula berbeda

Menghadirkan kembali teror khas film Alien

Pertarungan dua spesies alien terpopuler

GenreHorror, science fictionAction, adventure, science fictionAction, adventure, science fiction, thrillerAction, adventure, fantasy, science fictionAction, adventure, comedy, science fictionAction, adventure, science fictionMystery, science fiction, thrillerAdventure, mystery, science fiction, thrillerHorror, science fiction, thrillerAction, horror, science fiction
Kategori umur17+16+20+13+13+16+16+16+17+17+
PemeranTom Skerritt, Sigourney Weaver, Veronica Cartwright, Harry Dean StantonTom Cruise, Emily Blunt, Bill Paxton, Jonas ArmstrongArnold Schwarzenegger, Carl WeathersSam Worthington, Zoe Saldana, Stephen Lang, Sigourney WeaverTommy Lee Jones, Will SmithWill Smith, Bill Pullman, Jeff Goldblum, Mary McDonnellJoel Courtney, Elle Fanning, Kyle ChandlerNatalie Portman, Jennifer Jason Leigh, Gina Rodriguez, Tessa ThompsonMichael Fassbender, Katherine Waterston, Billy Crudup, Danny McBrideSanaa Lathan, Raoul Bova, Lance Henriksen, Ewen Bremner
SutradaraRidley ScottDoug LimanJohn McTiernanJames CameronBarry SonnenfeldRoland EmmerichJ. J. AbramsAlex GarlandRidley ScottPaul W. S. Anderson
Kategori filmFranchise (film pertama dari enam film)StandaloneFranchise (film pertama dari empat film)StandaloneFranchise (film pertama dari empat film)Franchise (film pertama dari dua film)StandaloneStandaloneFranchise (Prekuel kedua dari enam film)Franchise (film pertama dari dua film)
Durasi1 jam 56 menit1 jam 53 menit1 jam 46 menit2 jam 35 menit1 jam 37 menit2 jam 24 menit1 jam 52 menit1 jam 55 menit2 jam 1 menit1 jam 40 menit
Rating di IMDb8,4 dari 107,9 dari 107,8 dari 107,8 dari 107,3 dari 107,0 dari 107,0 dari 106,8 dari 106,4 dari 105,6 dari 10
Tanggal rilis25 Mei 19796 Juni 201412 Juni 198718 Desember 20092 Juli 19973 Juli 199610 Juni 201123 Februari 201819 Mei 201712 Agustus 2004
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film dan serial lainnya di sini

Selain film alien, film horor Indonesia bisa membuat jantung Anda berdebar. Film action comedy juga bisa dipilih jika Anda ingin dibuat tertawa. Anda mencari rekomendasinya? Kami telah menyiapkannya untuk Anda, lho. Ada film dan serial lainnya juga. Ulasannya bahkan sudah tersedia. Yuk, kunjungi link berikut ini untuk memperluas referensi Anda!

Kesimpulan

Sudah menemukan film alien yang sesuai dengan selera Anda? Tidak semua film alien menyeramkan dan membuat tegang. Bergantung pada genrenya, ada juga yang dapat menghibur Anda dengan lelucon. 


Agar makin menarik, pilihlah film yang melibatkan pemeran atau sutradara favorit Anda. Setelah itu, periksalah jumlah filmnya yang berkesinambungan untuk dicocokkan dengan waktu Anda. Jangan lupa juga untuk memeriksa kategori umurnya agar Anda bisa menikmati film alien terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China (donghua) mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai genre mudah ditemukan di situs streaming Indonesia.Penasaran dengan anime China? Kami menyajikan tips memilih anime China terbaik untuk Anda. Temukan rekomendasi judul anime China yang seru, seperti Scissor Seven, Heaven Official's Blessing, Legend of Exorcism, dan sebagainya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, baca artikel ini sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ternyata ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran jika dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Selain film Hollywood, Anda bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Beberapa judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton adalah Shutter Island, Orphan, dan Memoir of A Murderer. Untuk menemukan film psikopat yang bagus, baik film terbaru maupun yang legend, simak tips memilih dan rekomendasinya di sini!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga terbaik lainnya, simak artikel ini sampai habis. 
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang menyukai film animasi Jepang, atau biasa disebut anime, pasti mengenal Studio Ghibli. Ya, studio ini terkenal dengan produksi film animasi yang menawarkan cerita menarik. Beberapa anime Studio Ghibli bahkan sudah terkenal hingga tingkat internasional.Anime Ghibli terbaru masih terus bermunculan hingga saat ini. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi anime Studio Ghibli yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa Studio Ghibli films, seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan From Up on Poppy Hill, akan kami bahas pada artikel ini. Jadi, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik Bertema Sihir (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Terbaik Bertema Sihir (Terbaru Tahun 2022)
    Berbicara tentang film bertema sihir, Anda mungkin akan langsung teringat film Harry Potter. Sebenarnya, film sihir selain Harry Potter ada banyak, lho! Maleficent, Doctor Strange, atau Onward dapat dijadikan pilihan untuk Anda yang sedang mencari film sihir terbaik. Selain film-film tersebut, ada juga film sihir di Netflix yang wajib Anda tonton. Namun, jika masih bingung menentukan film sihir yang bagus, baca dahulu rekomendasi kami di artikel ini. Anda akan menemukan film tentang sihir modern, akademi sihir, anime bertema sihir, dan masih banyak lagi. Penasaran? Cek selengkapnya, ya! 
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Jason Statham Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Jason Statham Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film Jason Statham pas sebagai pilihan untuk mengisi waktu luang. Dari yang lawas sampai yang terbaru, ceritanya selalu ringan, penuh adegan aksi, dan menegangkan. Anda sudah bisa menikmatinya lewat layanan streaming, seperti Disney+ Hotstar, Netflix, dan Vidio.Kali ini kami akan merekomendasikan film Jason Statham yang bagus untuk Anda. Ada yang seru seperti The Transporter, ada juga yang kocak seperti Spy. Nah, agar Anda menemukan yang terbaik, kami akan membagikan cara memilihnya lebih dahulu. Kami pun sudah mengulas filmnya untuk Anda. Makin tidak sabar untuk membacanya, bukan? Yuk, dimulai saja!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Bercerita Romantis (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Jepang Terbaik Bercerita Romantis (Terbaru Tahun 2022)
    Waktu luang tidak selalu diisi dengan bepergian keluar rumah. Anda bisa menghabiskan waktu menyenangkan di rumah dengan menonton film di situs streaming legal seperti Netflix. Jika Anda kebingungan memilih film yang ingin ditonton, film Jepang bercerita romantis bisa menjadi pilihan. Tidak kalah dengan Korea dan Thailand, Jepang juga memiliki segudang film romantis menarik, mulai dari komedi romantis yang menghibur hingga yang menguras air mata. Anda juga bisa menemukan film romantis terbaru bertema anak sekolah. Film romantis adaptasi novel atau manga terbaik sepanjang masa juga layak masuk dalam list rekomendasi.
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori