1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2023)

Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.


Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!

Diperbaharui 11-30-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih aplikasi untuk live streaming bola

Aplikasi live streaming biasanya tidak hanya menyiarkan pertandingan sepak bola. Namun, ada juga konten lainnya, seperti film, series, berita, dan sebagainya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengunduh dan berlangganan kontennya.

① Tentukan pertandingan liga atau kejuaraan yang ingin ditonton

Tentukan pertandingan liga atau kejuaraan yang ingin ditonton

Ada sangat banyak pertandingan bola yang bisa disiarkan lewat aplikasi. Liga Premiere Inggris, La Liga Spanyol, Serie A Italia, Liga Champions Eropa, dan Liga Indonesia adalah sebagian contohnya. Sebelum berlangganan, tentukan dahulu pertandingan bola yang ingin Anda ikuti selama setahun ini. 


Ada beberapa aplikasi yang menyiarkan pertandingan bola dari berbagai liga, ada juga yang spesifik menyiarkan liga tertentu. Misalnya saja La Liga Sports TV yang hanya menyiarkan pertandingan Liga Spanyol. Bahkan, ada juga aplikasi yang bekerja sama dengan klub bola tertentu. Misalnya, Super Soccer TV yang bekerja sama dengan MUTV milik Manchester United. 


Selain pertandingannya, penggemar bola pasti juga sering mengikuti berita terbaru pemain atau klub bola favoritnya. Jadi, pilihlah aplikasi yang juga menyiarkan kabar bursa transfer pemain atau analisis pertandingan dari pakar bola ternama.

② Ketahui spesifikasi dasar yang dibutuhkan sebelum mengunduhnya

Ketahui spesifikasi dasar yang dibutuhkan sebelum mengunduhnya

Setiap aplikasi memiliki standard operating system (OS) minimal yang diperlukan untuk Anda mengunduhnya. Keterangan tersebut bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke situs Google Play atau App Store. Contoh keterangannya adalah "Perlu Android versi 4.2 atau yang lebih tinggi". Operating system bisa dianggap sebagai otak untuk memproses segala kegiatan smartphone Anda. 


Selain memastikan smartphone Anda memiliki operating system yang memenuhi kualifikasi, perhatikan juga ukuran file aplikasinya. Ukuran file biasanya di atas 10 MB hingga ratusan MB. Makin besar ukuran file-nya, biasanya fitur atau pilihan produknya lebih lengkap.

③ Baca ulasan dari pengguna lain

Baca ulasan dari pengguna lain

Satu hal yang tidak boleh Anda lewatkan adalah membaca ulasan pengguna. Ulasan dari pengguna lain bisa menjadi bahan pertimbangan agar Anda tidak seperti membeli kucing dalam karung. Pilihlah yang ulasannya positif atau yang ratingnya tinggi. Biasanya, rating di Google Play atau App Store menandakan kualitas aplikasi tersebut.


Meskipun demikian, pihak pengembang aplikasi pasti rutin untuk melakukan update atau maintenance. Tujuan dari update tersebut adalah memperbaiki bug atau eror yang sering terjadi. Jadi, meskipun ulasan bukanlah faktor penentu aplikasi tersebut bagus atau tidak, setidaknya Anda bisa mendapatkan bayangan. 


Pertimbangkan juga biaya langganannya. Jangan sampai Anda membayar mahal-mahal, tetapi aplikasinya lebih sering eror sehingga membuat Anda tidak nyaman saat menonton bola.

④ Perhatikan kelengkapan fitur aplikasinya

Perhatikan kelengkapan fitur aplikasinya

Setiap aplikasi tentunya memiliki fitur-fitur unggulannya tersendiri. Berikut ini beberapa fitur yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam memilih aplikasi live streaming bola.


  • Merekam: Beberapa aplikasi menyiapkan data cloud untuk merekam pertandingan atau tayangan apa pun itu yang Anda suka. Biasanya, satu pengguna mendapatkan jatah sekitar 20 hingga 30 jam rekaman. Anda pun bisa memilih tayangan yang ingin direkam.

  • Tayangan ulang: Fitur ini membantu Anda yang sibuk atau ketinggalan pertandingan untuk bisa menontonnya lagi secara utuh. Biasanya, pertandingan 7 hari terakhir akan diputar ulang pada jam-jam tertentu, terlebih pertandingan besar yang banyak peminatnya.

  • Kalender pertandingan: Fitur ini membantu Anda agar tidak ketinggalan jadwal pertandingan klub favorit. Anda bisa menghubungkannya dengan alarm handphone atau Google Calendar. Jadi, saat pertandingan akan tayang, Anda mendapatkan reminder atau notifikasinya. 

  • Berita klub dan pemain: Salah satu yang menarik dari pertandingan bola adalah beritanya. Kabar perpindahan pemain dan pelatih atau isu terbaru dari sebuah klub adalah hal yang wajib diikuti pencinta sepak bola. Fitur ini membantu Anda untuk tetap update dengan berita-berita terbaru. 

10 Rekomendasi aplikasi terbaik untuk live streaming bola

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi terbaik untuk live streaming bola yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Vidio Dot Com

Vidio

Vidio Dot Com Vidio 1枚目

Tontonan beragam dan komplet hanya di aplikasi Vidio!

2

Disney

ESPN

Disney ESPN 1枚目

Makin seru berkat analisis pertandingan dari para pakar ESPN!

3

fuboTV

fuboTV

fuboTV fuboTV 1枚目

Platform streaming yang juga menayangkan NFL, NBA, dan Nascar

4

beIN MEDIA GROUP

beIN SPORTS

beIN MEDIA GROUP beIN SPORTS 1枚目

Mengulas lengkap tentang sepak bola!

5

ARM Enterprises

Super Soccer TV

ARM Enterprises Super Soccer TV 1枚目

Mengulas lebih dalam dan lengkap tentang Manchester United

6

La Liga Nacional de Futbol Profesional

LaLiga Sports TV

La Liga Nacional de Futbol Profesional LaLiga Sports TV 1枚目

Aplikasi khusus menonton pertandingan Liga Spanyol!

7

MNC Digital Entertainment

Live Football TV Streaming

MNC Digital Entertainment Live Football TV Streaming 1枚目

8

StarTimes

StarTimes ON

StarTimes StarTimes ON 1枚目

Gratis dan tetap bisa nonton Liga Champions Eropa

9

Telkom Indonesia

USeeTV GO

Telkom Indonesia USeeTV GO 1枚目

Paket lengkap untuk pengguna IndiHome!

10

Global Media Visual

MOLA

Global Media Visual MOLA 1枚目

Broadcaster resmi Liga Inggris hingga tahun kompetisi 2022

Perincian produk
Close
No.1

Tontonan beragam dan komplet hanya di aplikasi Vidio!

Kelebihan:

  • Selain sepak bola, ada banyak film dari berbagai negara yang bisa Anda tonton

Kekurangan:

  • Setiap kali Anda masuk aplikasi, bisa jadi Anda perlu log-in ulang

Vidio menyuguhkan berbagai tontonan menarik. Mulai dari siaran TV biasa, drama Korea, film-film Hollywood, dan tentu saja pertandingan olahraga ada di sini. Vidio juga banyak memberikan layanan gratis, tetapi untuk beberapa konten Anda harus berlangganan. Namun, biaya langganannya masih sangat terjangkau, kok.


Untuk siaran bola sendiri, Vidio menayangkan pertandingan Liga Italia, Liga Indonesia, Liga Jerman, dan Liga Champions. Anda jadi bisa mengikuti perkembangan sepak bola lokal dan Eropa setiap minggunya. 

No.2

Makin seru berkat analisis pertandingan dari para pakar ESPN!

Kelebihan:

  • Anda bisa menikmati obrolan para pakar di setiap pertandingan

Kekurangan:

  • Dibandingkan aplikasi lain dalam daftar rekomendasi, aplikasi ini butuh space yang besar

ESPN adalah channel olahraga milik Disney yang sudah sangat terkenal. Reputasinya dalam menyiarkan pertandingan olahraga, seperti NFL, NBA, tenis internasional, dan sepak bola sudah tidak perlu diragukan lagi. 


Menariknya lagi, setiap pertandingan akan dipandu oleh para pakar di bidangnya. Komentarnya jadi tidak asal seru saja, tetapi juga informatif. Untuk pertandingan bola sendiri, Anda bisa menonton MLS atau EURO dari aplikasi ini. Ingin menonton pertandingan sekaligus menambah wawasan seputar olahraga? Unduhlah aplikasi nonton bola streaming yang satu ini!

No.3

Platform streaming yang juga menayangkan NFL, NBA, dan Nascar

Kelebihan:

  • Anda bisa menonton berbagai kompetisi olahraga Amerika Serikat

Kekurangan:

  • Ukuran file aplikasi ini tergolong cukup besar

Ingin mengetahui update olahraga di kawasan Amerika Serikat? Anda bisa mengunduh fuboTV. Berbagai olahraga khas Amerika Serikat, seperti NFL, NBA, Nascar, hingga MLS Soccer ditayangkan di fuboTV.


Pertandingan Eropa yang banyak ditonton, seperti Liga Champions dan Liga Inggris juga bisa disaksikan di sini. Anda juga bisa merekam tayangan apa pun hingga 30 jam. Momen-momen penting seperti final kejuaraan internasional jadi bisa Anda tonton berulang-ulang.

No.4

Mengulas lengkap tentang sepak bola!

Kelebihan:

  • Dilengkapi komentar dan ulasan terkait beragam pertandingan

Kekurangan:

  • Tidak menayangkan Liga Inggris

beIN SPORTS adalah aplikasi yang cocok jika Anda ingin mendapat informasi lengkap tentang sepak bola. Tak hanya pertandingan live streaming, Anda juga bisa menonton ulasan, prediksi pertandingan, hingga kabar terbaru. Liga yang disiarkan juga lengkap, mulai dari Liga Italia, Liga Inggris, Liga Champions, hingga kejuaraan antarnegara. 


Aplikasi live streaming bola gratis ini juga menyediakan fitur kalender harian, lho! Jadi, Anda akan mengetahui jadwal pertandingan seminggu ke depan sehingga laga klub favorit Anda tidak terlewat.

No.5

ARM EnterprisesSuper Soccer TV

Mengulas lebih dalam dan lengkap tentang Manchester United

Kelebihan:

  • Tayangkan liga sepak bola Jerman

Kekurangan:

  • Anda tidak bisa menonton Premier League melalui aplikasi ini

Anda penggemar The Red Devils atau Manchester United? Saatnya mengunduh aplikasi Super Soccer TV. Aplikasi ini bekerja sama dengan MUTV untuk menayangkan segala berita tentang MU selama 24 jam. Anda bisa bernostalgia tentang MU dari zaman dahulu hingga mengetahui kabar terbarunya saat ini.


Sayangnya, aplikasi ini tidak menayangkan Liga Inggris tempat MU bermain. Meskipun demikian, Anda bisa menonton pertandingan lain yang tak kalah seru. Ada Garuda Select, Bundesliga, hingga Chinese Super League, lho!

No.6

La Liga Nacional de Futbol ProfesionalLaLiga Sports TV

Aplikasi khusus menonton pertandingan Liga Spanyol!

Kelebihan:

  • Visual pertandingan yang ditawarkan tergolong tajam

Kekurangan:

  • Tidak kompatibel untuk Android di bawah seri 5.0

Anda tertarik untuk menonton pertandingan Liga Spanyol atau La Liga? Langsung saja unduh aplikasi yang satu ini. Aplikasi ini menayangkan lengkap segala hal tentang La Liga Spanyol. Mulai dari pertandingannya, cuplikan gol-gol terbaik sepanjang minggu, reportase klub dan pemain, hingga tayangan ulang musim sebelumnya pun ada. 


Aplikasi ini juga menjadi yang pertama dalam menyiarkan liga sepak bola wanita di Spanyol. Bosan dengan sepak bola? Tak perlu khawatir karena aplikasi ini juga menayangkan liga basket dan tenis Spanyol.

No.7

MNC Digital EntertainmentLive Football TV Streaming

Kelebihan:

  • Tampilan aplikasi tergolong user-friendly

Kekurangan:

  • Anda perlu menyediakan space cukup besar untuk menginstalnya

Mayoritas orang Indonesia kenal dengan siaran TV RCTI. Kini, siaran RCTI hadir dengan kualitas gambar lebih bagus dalam genggaman Anda melalui aplikasi ini. Rutin menyiarkan AFC Champions League, Anda tidak akan ketinggalan mengikuti perkembangan sepak bola klub Asia. 


Selain itu, acara yang melibatkan timnas sepak bola Indonesia juga biasanya ditayangkan RCTI. Nah, untuk mengikuti serunya AFC Champions League serta berbagai turnamen sepak bola yang lazim disiarkan RCTI, pertimbangkanlah aplikasi ini. 

No.8

Gratis dan tetap bisa nonton Liga Champions Eropa

Kelebihan:

  • Memungkinkan Anda untuk menonton Champions League secara gratis

Kekurangan:

  • Liga Eropa yang ditayangkan hanya kasta keduanya, seperti FA Cup (Inggris), Coppa Italy, dan Copa del Rey (Spanyol)

 

Aplikasi siaran langsung untuk nonton bola yang satu ini sebenarnya lebih terkenal di benua Afrika. Banyak tayangan Liga Eropa dari negara Kenya, Ghana, dan Uganda. Kabar baiknya, Anda bisa menonton Liga Champions dengan gratis lewat aplikasi ini! Opsi wajib untuk terus update akan serunya pertandingan Champions League


Selain tayangan sepak bola, Anda bisa menonton film dan drama Asia lewat aplikasi ini. Film Bollywood dan drama Tiongkok juga ada, lho. Kemudian, untuk anak-anak ada tontonan dari Nickelodeon!

No.9

Paket lengkap untuk pengguna IndiHome!

Kelebihan:

  • Ada fitur siaran ulang, tidak ketinggalan berita

Kekurangan:

  • Homepage terkesan penuh, bisa terasa kurang user-friendly

Untuk Anda yang memakai layanan internet IndiHome di rumah, sekalian saja berlangganan UseeTV Go. Keduanya sama-sama berada di bawah naungan Telkom Indonesia. UseeTV Go memiliki channel beIN Sports dan Fox Sports yang isinya full tentang pertandingan olahraga. 


Setidaknya, Liga Inggris dan Liga Jerman bisa Anda tonton lewat UseeTV Go. Aplikasi ini juga memiliki fitur yang menayangkan siaran ulang dalam tujuh hari terakhir. Jadi, Anda tidak perlu takut ketinggalan berita atau acara ter-update meskipun sedang sibuk. 

No.10

Broadcaster resmi Liga Inggris hingga tahun kompetisi 2022

Kelebihan:

  • Ada banyak koleksi video selain yang bertema sepak bola untuk ditonton

Kekurangan:

  • Rentan crash saat Anda tengah menonton pertandingan

MOLA makin populer setelah menjadi salah satu broadcaster ajang EURO 2020. Ternyata, MOLA juga adalah broadcaster resmi pertandingan Premier League (Liga Inggris) hingga tahun 2022. Anda juga tidak akan kelewatan pertandingan timnas Indonesia dan Liga Eropa lainnya bersama MOLA. Klub Anda berlaga di Premiere League? Langsung saja langganan MOLA setahun!

Pertanyaan umum seputar aplikasi untuk live streaming bola

Pertanyaan umum seputar aplikasi untuk live streaming bola

Selain mengulas cara memilih dan rekomendasi aplikasi, kami juga menemukan pertanyaan populer seputar aplikasi untuk live streaming bola. Simak pertanyaan dan jawabannya di bawah ini.

Apa hukumnya menonton live streaming bola secara ilegal?

Menyiarkan dan menonton live streaming pertandingan bola secara ilegal bisa dikenai hukuman penjara, lho. Perbuatan tersebut termasuk melanggar Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Tak tanggung-tanggung, hukumannya bisa mencapai 4 tahun penjara dan denda 750 juta rupiah. 


Sekarang, banyak aplikasi live streaming pertandingan bola yang bisa diakses dengan biaya layanan terjangkau. Biaya langganan platform streaming berkisar antara 25 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Jangan sampai Anda ingin bersenang-senang dengan menonton klub kesayangan berlaga, tetapi malah membuat Anda mendapat sanksi.

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya di sini

Berikut ini ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa menemani Anda berolahraga, melakukan editing video, bahkan memesan hotel. Anda bisa mengunduhnya di Play Store ataupun App Store. Silakan klik tautannya di sini.

Kesimpulan

Sudah mendapatkan aplikasi terbaik yang bisa Anda andalkan untuk menemani nonton tim bola kesayangan? Pilih aplikasi yang menyiarkan pertandingan bola klub atau pemain favorit Anda secara rutin. Jangan lupa untuk membaca ulasan dari pengguna lain agar tidak terkecoh oleh iklan.


Jika sudah puas dengan satu aplikasi, jangan ragu untuk berlangganan setahun penuh. Pastikan spesifikasi smartphone Anda mendukung untuk menonton pertandingan live streaming bola, ya.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer