• 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kandang Ayam Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Bagi Anda yang suka memelihara ayam, penting untuk Anda mengenal jenis-jenis kandang ayam. Jenis ayam pun berbeda-beda, ada ayam hias, seperti bekisar, ada juga ayam ternak yang dimanfaatkan telur atau dagingnya. Anda perlu menyesuaikan jenis ayam dan kandangnya, apakah perlu kandang ayam tradisional atau kandang modern. Bahan kandang ayam bermacam-macam, seperti bambu, kayu, atau baja ringan.


Kami akan memberikan tips serta rekomendasi produk kandang ayam yang bagus. Beberapa jenis kandang, seperti umbaran, baterai, dan kurungan, akan kami ulas untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Doel
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Mengenal jenis-jenis ayam

Sebelum memilih kandangnya, ada baiknya Anda kenal jenis ayam yang ingin Anda pelihara. Setiap jenis ayam membutuhkan kebutuhan kandang yang berbeda. Beberapa jenis ayam yang sering dipelihara adalah petelur, broiler, kate, dan bangkok. Berikut ini beberapa keunikan setiap ayam tersebut.

Ayam hias dan aduan: Dipelihara oleh para pehobi

Ayam hias dan aduan: Dipelihara oleh para pehobi

Jika ayam ternak dimanfaatkan telur atau dagingnya, ayam hias atau aduan ditujukan untuk hobi. Ayam ini dirawat sebaik-baiknya agar bisa menang kontes atau dilatih agar garang saat bertanding. Berikut ini beberapa jenis ayam yang sering dipelihara para pehobi.


  • Ayam kate atau katai: Ayam ini ditemukan tahun 1700-an di daerah Bantam (sekarang namanya Banten) oleh pedagang Eropa. Di Inggris, ayam ini dikenal sebagai bantam chicken. Ayam kate terkenal memiliki badan yang kecil dan pendek. Jika dirawat dengan baik, ayam kate bisa menghasilkan bulu yang bagus, lho.

  • Ayam bangkok: Ayam ini aslinya berasal dari Bangkok, Thailand. Namun, karena banyak disilangkan dengan jenis ayam lain, sulit diketahui mana ayam yang asli ras Bangkok. Ayam bangkok adalah petarung yang andal dan berani mati. Leher yang panjang, dada tegap, dan tubuh yang besar menjadi ciri khasnya.

  • Ayam cemani: Warna serba hitam menjadi ciri khas utama ayam cemani. Mulai dari kaki, bulu, kepala, hingga jenggernya berwarna hitam. Namun, ayam hias ini juga bisa dimakan, lho. Biasanya harga ayam cemani tergolong tinggi.

  • Ayam ketawa: Sekilas tidak ada yang spesial dari ayam ini, hanya seperti ayam jago atau pejantan lainnya saja. Saat berkokok, ayam ini mengeluarkan suara seperti orang tertawa. Inilah yang membuatnya spesial di kalangan para pehobi ayam hias. Kehadirannya bisa membuat suasana rumah lebih ramai dan terasa lebih bahagia.

  • Ayam onagadori: Ayam asal Jepang ini memiliki ekor yang panjang dan indah. Ia suka habitat yang luas, bahkan sering bertengger di dahan pohon. Jika sudah begini, keindahan ekornya akan makin keluar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 1,5 meter, bahkan di Jepang bisa lebih dari 10 meter. Anda perlu menyiapkan kandang yang luas untuk memelihara ayam ini.

Kandang ayam hias biasanya dibuat lebih personal. Desainnya pun dibuat lebih estetik dan bagus karena bisa meningkatkan harga jual. Namun, tak jarang juga yang hanya membuat kandangnya dari bambu atau kayu sederhana.

Ayam ternak: Dimanfaatkan telur atau dagingnya

Ayam ternak: Dimanfaatkan telur atau dagingnya

Orang Indonesia sangat gemar makan telur dan daging ayam. Tak heran jika permintaan telur dan daging ayam sangat tinggi. Ayam yang diternakkan antara lain adalah jenis ayam petelur, broiler, dan ayam kampung.


  • Ayam petelur: Ayam petelur adalah jenis ayam yang diternakkan untuk diambil telurnya. Ada setidaknya dua jenis ayam petelur, yakni ringan dan medium. Ayam petelur medium biasanya telurnya berwarna cokelat dan dagingnya siap dikonsumsi. Sementara itu, ayam petelur ringan badannya lebih ramping, telurnya berwarna putih, dan dagingnya belum siap dikonsumsi.

  • Ayam pedaging (broiler): Selain ayam petelur, ayam pedaging atau broiler juga sering diternakkan karena permintaan yang melimpah. Ayam broiler siap dipanen dagingnya dalam jangka waktu satu hingga dua bulan.

  • Ayam kampung: Hampir mirip dengan ayam broiler, ayam kampung juga dimanfaatkan dagingnya. Namun, ayam kampung proses perawatannya lebih lama, yakni bisa mencapai 6 bulanan. Ayam kampung terkenal lebih rendah lemak dan sehat dibandingkan ayam broiler. Tak heran jika harganya juga lebih mahal.

Kandang yang digunakan untuk ayam ternak lebih luas dibandingkan ayam hias atau aduan. Penjelasan selengkapnya akan kami bahas pada subbab selanjutnya. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kandang ayam

Sebelum membeli kandang ayam, baca terlebih dahulu beberapa tips berikut ini. Semoga dapat membantu Anda untuk lebih mengenal tentang karakter ayam, jenis kandang, serta bahan yang cocok.

Pilih berdasarkan jenis kandangya

Ada beberapa jenis kandang ayam yang bisa Anda beli atau buat untuk ayam kesayangan Anda. Contohnya adalah kandang umbaran, kurungan, dan kandang baterai (tunnel). Simak perbedaannya, yuk. 

Kandang ayam umbaran: Ayam dibiarkan bebas

Kandang ayam umbaran: Ayam dibiarkan bebas

Kandang umbaran berasal dari kata umbar yang artinya mengumbar atau membiarkan. Pada dasarnya, kandang umbaran hanyalah memberikan penyekat di halaman yang dijadikan kandang ayam. Sekat bisa berupa jaring kawat atau nilon dengan tiang berbahan kayu. Desainnya disesuaikan dengan seberapa luas ruangan yang dijadikan kandang ayam.


Interiornya pun dibiarkan tanpa sekat-sekat. Ayam di dalam kandang umbaran bisa bergerak bebas, meskipun jaraknya tidak luas. Namun, dengan model kandang seperti ini, bisa terjadi kompetisi saat makan ataupun perkelahian antar ayam. Hal inilah yang harus disiasati dengan baik agar ayam-ayam Anda tidak mati atau mengalami gizi yang tidak seimbang.


Model kandang ini harus selalu diperhatikan kebersihan alas atau lantainya. Alas atau lantai yang kotor akan menyebabkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Terlebih jika ayam terluka pada telapak kaki. Bakteri akan dengan mudah akan masuk melalui luka tersebut. Kotoran yang menumpuk juga akan membuat kadar amonia meningkat yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan pada ayam.

Kurungan ayam: Model tradisional dan lebih ekonomis

Kurungan ayam: Model tradisional dan lebih ekonomis

Jika kapasitas kandang umbaran tergantung pada jumlah ayamnya, kurungan ayam lebih bersifat personal. Satu kurungan hanya untuk satu ayam. Kurungan ayam biasanya terbuat dari kayu tipis atau bambu. Kelebihan tipe kurungan tradisional ini adalah harganya yang ekonomis dan desainnya simpel sehingga pembuatannya mudah.


Tipe kandang ini juga ringan dan mudah dibawa atau digeser ke spot yang Anda inginkan. Kurungan ayam seperti ini cocok untuk menjemur ayam jago Anda setelah dimandikan. Kekurangannya adalah kurang tahan lama dan risiko ayam untuk kabur lebih besar. Jadi, agak riskan untuk menyimpan ayam di kandang jenis kurungan pada malam hari. Selain itu, jika ukuran kurungannya sempit, ayam akan lebih malas gerak.

Kandang baterai (tunnel): Digunakan untuk beternak ayam petelur

Kandang baterai (tunnel): Digunakan untuk beternak ayam petelur

Konsepnya sebenarnya mirip kurungan ayam, tetapi ukurannya lebih luas dan memanjang. Lalu, kandang diberikan sekat berjarak agar ayam tidak rebutan pakan atau berkelahi. Jika kurangan ayam berbentuk kotak atau bulat hanya bisa untuk 1–2 ekor ayam, kandang ini lebih muat banyak.


Kandang baterai bisa digunakan untuk beternak ayam petelur atau broiler. Untuk skala rumahan, Anda bisa membuat kandang baterai satu hingga dua tingkat. Kandang ini memudahkan peternak dalam memberikan pakan dan melihat perkembangan ayam. Namun, karena didiamkan dalam ruangan bersekat, ayam jadi lebih malas gerak dan bisa stres.

Ketahui bahan pembuat kandang ayam

Ketahui bahan pembuat kandang ayam

Kandang ayam bisa dibuat dari berbagai macam bahan. Kandang tradisional biasanya terbuat dari bambu atau kayu. Sementara itu, kandang ayam modern terbuat dari baja ringan atau galvanis. Berikut ini perbedaan setiap bahan.


  • Bambu: Lentur dan harganya ekonomis. Kekurangannya adalah lebih cepat rusak dan kurang kuat.

  • Kayu: Lebih kukuh dibandingkan bambu dan lebih tahan lama. Biasanya digunakan untuk kandang jenis kurungan kotak atau umbaran. Lalu, bahan kayu dikombinasikan lagi dengan kawat besi untuk membatasi ayam. Harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan kandang bambu.

  • Baja ringan atau galvanis: Kedua bahan ini sebenarnya sama. Baja ringan adalah nama bahannya, sedangkan galvanis adalah nama dagangnya. Meski bobotnya ringan, kekuatan produk berbahan galvanis sangat bagus. Namun, jika cuaca panas, galvanis sangat menyerap panas sehingga ayam bisa kepanasan. Solusinya, Anda wajib memiliki kanopi atau meletakkannya di ruangan tertutup.

10 Rekomendasi kandang ayam terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kandang ayam terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.

10

Kandang Kurungan Ayam Bangkok

Mulai dari Rp 923.000,00

JenisKurungan bulat
BahanBambu
UkuranX
9

OP JayaKandang Baterai Ayam Petelur 6 Pintu

Mulai dari Rp 101.200,00

JenisKandang baterai
BahanPlastik
Ukuran1 set isi 1–2 ekor: 30,5 cm x 20 cm x 37,5 cm, 1 set isi 2–4 ekor: 35 cm x 61 cm x 37,5 cm
8

Nara Kupu StoreKandang Ayam Modern

Mulai dari Rp 2.500.000,00

JenisKandang modern
BahanRak besi, dinding kayu
Ukuran150 cm x 80 cm x 110 cm
7

Putra Jati Furniture JeparaKandang Ayam Bekisar Sangkar Motif Naga

Mulai dari Rp 2.900.000,00

JenisSangkar
BahanJati
UkuranDiameter 100 cm, tinggi 170 cm
6

Kandang Ayam Bekisar Beton Segi Enam

Mulai dari Rp 2.500.000,00

JenisKandang ayam atau burung hias
BahanBeton
UkuranDiameter 80 cm, tinggi 195 cm
5

Multi AP StoreKandang Anak Ayam Petelur DOC–1 Bulan

Mulai dari Rp 350.000,00

JenisKandang untuk ayam starter
BahanKayu
Ukuran70 cm x 50 cm x 50 cm
4
JenisKurungan kliter
BahanBesi
UkuranTidak ada keterangan
3

ARTUPICKandang Ayam Petelur Baterai 4 Pintu

Mulai dari Rp 145.000,00

JenisKandang baterai
BahanGalvanis
Ukuran 110 cm x 29 cm x 35 cm
2
JenisKandang umbaran
BahanNilon
UkuranPanjang: 22 m, lebar 2,5 m
1
JenisKandang ayam kotak
BahanBambu
UkuranTidak ada keterangan

Tabel perbandingan produk kandang ayam terbaik

Gambar produk
1
Kandang Ayam Bambu Kotak 1

2
Jaring Pagar Kandang Ayam 1

3
ARTUPIC Kandang Ayam Petelur Baterai 4 Pintu 1

ARTUPIC

4
Kurungan Kliter Ayam 1

5
Multi AP Store Kandang Anak Ayam Petelur DOC–1 Bulan 1

Multi AP Store

6
Kandang Ayam Bekisar Beton Segi Enam 1

7
Putra Jati Furniture Jepara Kandang Ayam Bekisar Sangkar Motif Naga 1

Putra Jati Furniture Jepara

8
Nara Kupu Store Kandang Ayam Modern 1

Nara Kupu Store

9
OP Jaya Kandang Baterai Ayam Petelur 6 Pintu  1

OP Jaya

10
Kandang Kurungan Ayam Bangkok 1

Nama produk

Kandang Ayam Bambu Kotak

Jaring Pagar Kandang Ayam

Kandang Ayam Petelur Baterai 4 Pintu

Kurungan Kliter Ayam

Kandang Anak Ayam Petelur DOC–1 Bulan

Kandang Ayam Bekisar Beton Segi Enam

Kandang Ayam Bekisar Sangkar Motif Naga

Kandang Ayam Modern

Kandang Baterai Ayam Petelur 6 Pintu

Kandang Kurungan Ayam Bangkok

Keunggulan

Meskipun tradisional, keamanannya tetap terjaga!

Pagari ayam-ayam Anda agar tidak keluar halaman!

Simpel, praktis, dan ekonomis

Kandang sekaligus arena melatih ayam aduan Anda!

Dilengkapi lampu agar ayam starter bisa tumbuh dengan baik

Desainnnya gagah dan mempercantik sudut taman Anda

Terbuat dari jati Jepara yang terkenal

Desain modern, cocok untuk keindahan ayam hias Anda

Khusus untuk Anda yang sudah siap ternak ayam!

Kukuh dan tidak gampang goyang saat diterpa angin

Harga mulai dariRp 65.000,00Rp 65.000,00Rp 145.000,00Rp 365.000,00Rp 350.000,00Rp 2.500.000,00Rp 2.900.000,00Rp 2.500.000,00Rp 101.200,00Rp 923.000,00
JenisKandang ayam kotakKandang umbaranKandang bateraiKurungan kliterKandang untuk ayam starterKandang ayam atau burung hiasSangkarKandang modernKandang bateraiKurungan bulat
BahanBambuNilonGalvanisBesiKayuBetonJatiRak besi, dinding kayuPlastikBambu
UkuranTidak ada keteranganPanjang: 22 m, lebar 2,5 m 110 cm x 29 cm x 35 cmTidak ada keterangan70 cm x 50 cm x 50 cmDiameter 80 cm, tinggi 195 cmDiameter 100 cm, tinggi 170 cm150 cm x 80 cm x 110 cm1 set isi 1–2 ekor: 30,5 cm x 20 cm x 37,5 cm, 1 set isi 2–4 ekor: 35 cm x 61 cm x 37,5 cmX
Tautan produk

Pertanyaan seputar kandang ayam

Pertanyaan seputar kandang ayam

Selain informasi yang sudah kami jabarkan, ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pembaca tentang kandang ayam. Berikut ini kami rangkum pertanyaan dan jawabannya, ya.

Kandang ayam bagusnya menghadap ke arah mana?

Apakah kandang ayam harus terkena sinar matahari? Ayam tetap butuh sinar matahari agar dapat asupan vitamin D yang cukup. Namun, intensitasnya tidak boleh berlebihan, terutama saat siang hari. 


Ayam bisa dehidrasi dan stres jika terkena sinar matahari yang terlalu menyengat. Oleh karena itu, kandang ayam sebaiknya membujur dari timur ke barat. Selain itu, usahakan atap kandang terbuat dari bahan yang tidak menyerap sinar matahari agar ayam tidak terlalu kepanasan.

Jenis lampu apa yang cocok untuk kandang ayam dan kapan memasangnya?

Fungsi lampu di kandang ayam bukan hanya untuk menerangi dan menghangatkan tubuh ayam. Namun, lampu bisa menggantikan cahaya matahari pada malam hari. Cahaya dari lampu juga akan merangsang hormon pada ayam yang digunakan untuk pembuahan. Jika Anda ingin ayam petelur lebih cepat bertelur, cahaya yang ada di kandang harus optimal.


Kebutuhan cahaya dan jenis lampu disesuaikan dengan masa hidup ayam

  • Masa starter (0–6 minggu): Ayam butuh cahaya sekitar 21–24 jam per hari. Gunakan lampu 20–40 lux
  • Masa grower (7–8 minggu): Ayam butuh cahaya sekitar 12 jam per hari. Gunakan lampu 5–10 lux.
  • Masa layer (>18–60 minggu): Fase ini terjadi ketika ayam ingin dipanen telurnya. Cahaya yang dibutuhkan maksimal 16 jam per hari. Gunakan lampu 10–20 lux.

Apa saja syarat kandang ayam yang baik?

Berikut ini syarat-syarat kandang yang baik:

  • Usahakan kandang ayam menghadap ke timur agar terkena cahaya matahari pagi.
  • Kandang kering dan tidak lembap agar tidak tumbuh bakteri dan penyakit lainnya.
  • Letakkan kandang di dataran yang lebih tinggi agar tidak kebanjiran.
  • Ventilasi bagus agar ayam tidak sesak dan sirkulasi udara aman.
  • Luas kandang harus disesuaikan dengan jumlah dan usia ayam. Idealnya, satu meter persegi bisa digunakan untuk 25 ekor ayam kecil atau delapan ekor ayam remaja.

Baca juga rekomendasi perlengkapan hewan lainnya di sini

Kami sudah pernah membahas perlengkapan hewan yang mungkin bisa membantu Anda dan hewan peliharaan Anda. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui infonya lebih lanjut.

Kesimpulan

Sudah dapat kandang ayam terbaik sesuai jenis ayam yang Anda pelihara? Dalam memilih kandang, perhatikan model, ukuran, dan bahannya, ya. Jika Anda berniat untuk beternak ayam, tentunya Anda butuh lahan dan kandang yang luas. Anda bisa menggunakan model kandang baterai atau closed house.


Sementara itu, untuk ayam hias atau ayam aduan, Anda bisa menggunakan kandang kurungan. Usahakan memilih bahan kandang yang kuat dan adem. Lalu, letakkan kandang di tempat rindang.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Pembasmi Kutu Anjing dan Kucing - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda memelihara anjing atau kucing, membasmi kutu tentu bukanlah hal yang baru. Parasit yang merugikan hewan dan manusia ini dapat berkembang biak dengan cepat apabila dibiarkan. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan obat kutu anjing dan kucing yang dijual di pasaran atau rumah sakit hewan. Untuk membantu Anda, kami akan membagikan rekomendasi merk obat kutu kucing dan anjing, seperti Hartz, Revolution, dan NexGard. Dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, simak informasinya dan temukan pembasmi kutu yang bagus untuk hewan peliharaan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Hamster (Hamster Litter) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir hamster merupakan benda yang dibutuhkan hamster untuk keperluan toileting. Beberapa orang mungkin tidak menganggap benda ini penting, tetapi hamster akan merasa lebih nyaman apabila Anda menyediakannya. Selain higienis, pasir hamster juga akan memudahkan Anda ketika akan membuang kotoran hamster.Saat ini, pasir hamster tersedia dalam beberapa jenis bahan, seperti kayu, mineral, dan kertas. Kami akan mengulasnya satu per satu serta memberikan tips memilih pasir hamster yang sesuai dengan kebutuhan. Simak juga beberapa rekomendasi pasir hamster yang bisa Anda dapatkan secara online. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Terbaik untuk Hamster (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda berencana untuk memelihara hamster, Anda harus menyiapkan kandangnya. Kandang hamster tersedia dalam berbagai jenis, misalnya saja kandang kawat, plastik, serta akuarium sederhana. Ukuran kandang juga beragam, lho! Lalu, kandang dengan kriteria seperti apa yang harus dipilih?Untuk memudahkan Anda, kami telah menyiapkan sepuluh rekomendasi kandang hamster yang bisa didapatkan secara online. Anda bisa memilih merek, seperti Ferplast, Habitrail, dan lainnya. Kami akan menjelaskan terlebih dahulu cara memilih kandang hamster sesuai kebutuhan hamster Anda. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mainan Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Jika Anda menyukai kelinci, Anda tentu akan merasa terhibur dengan berbagai ekspresi wajah dan tingkah lakunya saat bermain. Namun, banyak sekali jenis mainan kelinci yang dijual di pasaran sehingga membuat Anda bingung dalam memilih. Ada mainan kelinci tipe chewing, digging, chase ball, dan tunnel.Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tips memilih mainan kelinci yang bagus dan cocok untuk kelinci Anda. Kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi mainan kelinci terbaik dari berbagai merk seperti Jolly dan Alice. Selamat memilih dan nikmatilah waktu luang bersama dengan hewan peliharaan Anda!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kelinci Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dalam memelihara kelinci, memakai kandang yang praktis dan mudah dibersihkan merupakan sebuah pilihan yang cerdas. Kandang kelinci memiliki berbagai macam jenis dan tipe. Misalnya, ada yang memiliki ukuran besar agar kelinci dapat bersantai dan ada juga jenis tray agar mudah dibersihkan.Kali ini, kami akan memberikan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk mendapatkan kandang kelinci yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan kandang kelinci yang praktis dan mudah dibersihkan. Dengan demikian, kandangnya tidak hanya nyaman untuk kelinci, tetapi juga untuk pemiliknya. Selamat membaca!
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Ikan Cupang - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Ikan Cupang - Ditinjau oleh Pebisnis Ikan Cupang (Terbaru Tahun 2022)
    Ikan cupang merupakan hias berukuran kecil dengan karakteristik warna, bentuk ekor, dan sirip yang menarik. Cara merawat ikan cupang agar cepat besar adalah dengan memberinya makanan bernutrisi dua kali sehari. Selain itu, Anda juga perlu memberinya vitamin.Salah satu manfaat pemberian vitamin adalah untuk mempercepat mutasi warna ikan agar makin cantik. Artikel ini akan membahas cara memilih vitamin yang bagus untuk ikan cupang. Kami juga memberikan rekomendasi berbagai merek vitamin ikan cupang, seperti SG Fish, Koukkai, dan Betta Mastery. Artikel ini sudah ditinjau oleh pebisnis ikan cupang kami, Fauzi Nasution.
    Perawatan & perlengkapan hewan lainnya
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori