• 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik Untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik Untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik Untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik Untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Deodorant Terbaik Untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Deodorant Terbaik Untuk Remaja (Terbaru Tahun 2022)

Keringat dan bau badan kerap menjadi problem bagi remaja yang sedang aktif-aktifnya berkegiatan. Untuk mengatasinya, diperlukan deodorant sebagai bodycare wajib remaja. Di pasaran, ada banyak produk deodorant dari berbagai merek, seperti Dove, Nivea, dan Rexona. Setiap produk deodorant yang dijual memiliki kandungan dan khasiat mengatasi masalah ketiak yang berbeda-beda. 


Lalu, produk manakah yang bagus dan ampuh melindungi ketiak Anda? Menjawab pertanyaan tersebut, artikel ini akan mengupas tuntas produk deodorant untuk remaja. Mulai dari cara memilih hingga rekomendasi produk deodorant yang bagus untuk remaja akan kami bahas di sini. Selamat membaca!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lily Kanaya
Taufan Gio
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Remaja vs bau badan

Remaja vs bau badan

Remaja adalah tahapan usia saat seseorang mengalami pubertas. Salah satu tanda pubertas adalah perubahan hormon. Perubahan hormon ini membuat kelenjar keringat pada remaja menjadi lebih aktif. Pada remaja, keringat yang dihasilkan umumnya berlemak dan mudah mengundang bakteri. Nah, bakteri inilah yang memecah partikel keringat sehingga menyebabkan bau badan.


Bau badan tentunya tidak bisa disepelakan, khususnya pada remaja. Bau badan pada remaja dapat berdampak pada kehidupan sosialnya. Bau badan mungkin dapat menyebabkan seorang remaja merasa minder saat harus berkumpul dengan teman-temannya.


Bau badan juga bisa menyebabkan remaja menarik diri dari berbagai kegiatan yang mengharuskannya banyak bergerak, contohnya klub olahraga. Padahal, masa-masa remaja adalah masa paling menyenangkan untuk memiliki banyak teman dan mengeksplorasi banyak hal. 


Nah, untuk meminimalisasi bau badan pada remaja, Anda dapat menggunakan deodorant. Penggunaan deodorant yang tepat akan membuat Anda tetap segar, wangi, dan nyaman beraktivitas seharian. Untuk menemukan produk deodorant yang tepat, silakan simak artikel berikut ini sampai habis. 

Cara memilih deodorant untuk remaja

Memilih deodorant untuk remaja bukanlah hal yang sulit, asalkan Anda mengetahui caranya. Untuk itu, simaklah cara memilih deodorant untuk remaja berikut ini. 

Pahami kebutuhan Anda

Langkah pertama dalam menemukan deodorant yang tepat adalah mengetahui kondisi dan permasalahan ketiak Anda. Secara umum, ada tiga permasalahan ketiak pada remaja. 

Keringat berlebih, carilah produk dengan antiperspirant

Keringat berlebih, carilah produk dengan antiperspirant
Keringat berlebih pada remaja biasanya disebabkan oleh beberapa hal, antara lain terlalu aktif bergerak, faktor keturunan, dan obesitas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda tidak bisa hanya menggunakan deodorant biasa. Anda harus memilih deodorant dengan kandungan antiperspirant. 

Antiperspirant bekerja dengan membentuk lapisan yang menyelimuti kelenjar keringat dan menekan jumlah produksi keringat. Jumlah keringat yang terkontrol tentunya akan meminimalisasi risiko bau badan. 


Ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk mengetahui ada tidaknya kandungan antiperspirant dalam suatu produk. Pertama, Anda bisa melihat keterangan pada label produk yang menuliskan "antiperspirant" atau "perlindungan 48 jam". Kedua, Anda dapat mengecek ada tidaknya senyawa alumunium, seperti aluminum chloride dan aluminum chlorohydrate pada bagian ingredients produk. 

Ketiak hitam, gunakan produk dengan manfaat pencerah kulit

Ketiak hitam, gunakan produk dengan manfaat pencerah kulit

Masalah lainnya terkait ketiak adalah ketiak hitam. Ketiak hitam pada remaja, khususnya pada remaja putri, tentunya menjadi permasalahan tersendiri. Jika Anda memiliki masalah tersebut, silakan Anda cari produk deodorant dengan manfaat pencerah kulit. 


Produk deodorant yang dilengkapi pencerah kulit biasanya langsung bisa Anda ketahui saat melihat kemasannya. Manfaat tersebut di-highlight dan tertulis jelas di kemasan sebagai daya jual produk. Namun, Anda juga bisa melihat agen pencerah dengan melihat ingredients-nya, seperti licorice, vitamin B3, dan vitamin C. Kandungan-kandungan tersebut dinilai efektif dan aman untuk mencerahkan kulit ketiak. 

Kulit sensitif, hindari produk dengan kandungan alkohol

Kulit sensitif, hindari produk dengan kandungan alkohol

Pada dasarnya, kulit ketiak adalah area kulit yang sensitif. Namun, sensitivitas tiap orang tentu berbeda-beda. Jika sensitivitas kulit ketiak Anda cukup tinggi, pastikan Anda menghindari deodorant dengan kandungan alkohol. Hal itu karena kandungan alkohol, seperti ethyl dan methyl, bagi pemilik kulit sensitif dapat memicu iritasi. Anda mungkin akan merasakan rasa perih atau rasa seperti terbakar pada ketiak Anda. 

Pastikan Anda memilih jenis deodorant yang nyaman untuk Anda gunakan

Ada empat jenis deodorant yang dijual di pasaran. Silakan Anda pilih jenis deodorant yang paling nyaman untuk Anda gunakan. 

Deodorant roll on, harga terjangkau dan mudah ditemukan

Deodorant roll on, harga terjangkau dan mudah ditemukan

Deodorant roll on mungkin adalah hal yang terbayang di kepala Anda saat melihat artikel ini. Hal ini karena deodorant roll on adalah jenis deodorant yang paling umum dan mudah ditemukan. Hampir setiap merek mengeluarkan jenis deodorant ini. 


Deodorant roll on ditandai dengan bola berputar yang berfungsi sebagai media untuk mengaplikasikan cairan deodorant pada ketiak. Dari segi harga, deodorant roll on juga terbilang ekonomis, harganya relatif murah dan lebih hemat dalam pemakaiannya. 


Namun, deodorant roll on dikenal sering meninggalkan noda di baju. Untuk mengatasinya, Anda harus memastikan cairan deodorant telah kering sebelum Anda mengenakan baju. 

Deodorant spray, tidak meninggalkan noda di baju

Deodorant spray, tidak meninggalkan noda di baju

Deodorant spray adalah jenis deodorant kedua yang mudah ditemui di pasaran. Banyak orang menyukai jenis deodorant ini karena terasa lebih praktis dan tidak meninggalkan noda di baju. Namun, deodorant ini adalah jenis deodorant yang paling boros digunakan, terlebih jika Anda tidak mengontrol jumlah semprotannya. 


Di sisi lain, penggunaan deodorant spray tidak boleh dilakukan di ruangan tertutup. Hal ini karena zat kimia dari aerosol yang tidak sengaja terhirup dapat mengakibatkan reaksi alergi kulit dan asma. Jadi, jika Anda ingin menggunakan deodorant spray pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik dan semprotkan produk secukupnya. 

Deodorant lotion, untuk Anda yang memiliki kulit ketiak kering

Deodorant lotion digunakan seperti Anda menggunakan lotion pada umumnya. Anda hanya perlu mengambil sedikit deodorant lotion dengan ujung jari dan mengoleskannya merata pada ketiak Anda. 


Deodorant lotion biasanya diformulasikan agar cepat meresap ke dalam kulit. Selain itu, deodorant lotion juga memiliki formulasi yang bisa melembapkan dan melembutkan kulit ketiak. Jadi, jenis deodorant ini sangat kami rekomendasikan bagi Anda yang memiliki kulit ketiak kering. 

Deodorant stick, cepat kering dan tidak lengket

Deodorant stick, cepat kering dan tidak lengket

Deodorant stick memiliki tekstur padat seperti balsam. Jenis deodorant ini cepat kering saat dioleskan dan tidak lengket. Anda pun akan merasa nyaman saat memakainya. 


Di sisi lain, deodorant stick dinilai travel-friendly. Deodorant stick mudah dan aman dibawa bepergian karena ukurannya yang compact, tidak akan bocor ataupun ledakan. Selain itu, deodorant stick sangat praktis digunakan. Caranya, cukup oleskan deodorant stick secara merata pada ketiak Anda. 

Pilihlah deodorant yang tidak meninggalkan noda di baju

Pilihlah deodorant yang tidak meninggalkan noda di baju

Kegiatan remaja sehari-hari adalah bersekolah. Saat bersekolah, biasanya Anda akan menggunakan seragam atasan berwarna putih. Noda pada baju putih akan sangat jelas terlihat dan juga cukup sulit dibersihkan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk memilih deodorant yang tidak meninggalkan noda di baju. Anda bisa mencari jenis deodorant yang tepat atau mencari produk dengan formula invisible atau antinoda.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Colgate-PalmoliveSpeed Stick Power Unscented

Mulai dari Rp 113.600,00

Spesialis
mybest

Nu Skin Scion Whitening Roll On Deodorant

Mulai dari Rp 55.000,00

10 Rekomendasi deodorant terbaik untuk remaja

Setelah mengetahui cara memilihnya, kini saatnya beralih pada sepuluh rekomendasi produknya. Silakan simak sepuluh produk pilihan dari kami. 

10
Antiperspirantx
Pencerah kulitx
Kandungan alkohol
Jenis Deodorant spray
Antinodax
9
Antiperspirantx
Pencerah kulitx
Kandungan alkoholx
Jenis Deodorant spray
Antinoda
8

UnileverVaseline® Deodorant Dry Serum Bright & Smooth

Mulai dari Rp 78.000,00

Antiperspirant
Pencerah kulit
Kandungan alkohol
Jenis Deodorant lotion
Antinodax
7
Antiperspirant
Pencerah kulitx
Kandungan alkohol
Jenis Deodorant roll on
Antinoda
6

UnileverDove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3

Mulai dari Rp 21.000,00

Antiperspirant
Pencerah kulit
Kandungan alkohol
Jenis Deodorant lotion
Antinodax
5
Antiperspirant
Pencerah kulitx
Kandungan alkohol
Jenis Deodorant lotion
Antinodax
4

Colgate-PalmoliveLady Speed Stick Deodorant Anti-Perspirant Wild Freesia

Mulai dari Rp 36.000,00

Antiperspirant
Pencerah kulitx
Kandungan alkohol
Jenis Deodorant stick
Antinoda
3

BeiersdorfNivea Black and White Clear Roll On

Mulai dari Rp 16.600,00

Antiperspirant
Pencerah kulitx
Kandungan alkoholx
Jenis Deodorant roll on
Antinoda
2
Antiperspirantx
Pencerah kulitx
Kandungan alkoholx
Jenis Deodorant spray
Antinoda
1

UnileverRexona Advanced Whitening + Anti Noda Roll On

Mulai dari Rp 21.200,00

Antiperspirant
Pencerah kulit
Kandungan alkoholx
JenisDeodorant roll on
Antinoda

Tabel perbandingan produk deodorant terbaik untuk remaja

Gambar produk
1
Unilever Rexona Advanced Whitening + Anti Noda Roll On 1

Unilever

2
Sukin Natural Deodorant Fresh Cotton 1

Sukin

3
Beiersdorf Nivea Black and White Clear Roll On 1

Beiersdorf

4
Colgate-Palmolive Lady Speed Stick Deodorant Anti-Perspirant Wild Freesia 1

Colgate-Palmolive

5
Posh Deo Lotion Men 1

Posh

6
Unilever Dove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3 1

Unilever

7
Casablanca Deodorant Roll On for Men Black 1

Casablanca

8
Unilever Vaseline® Deodorant Dry Serum Bright & Smooth 1

Unilever

9
Deorex Body Odorizer Spray 1

Deorex

10
Unilever Axe You Deodorant Body Spray 1

Unilever

Nama produk

Rexona Advanced Whitening + Anti Noda Roll On

Natural Deodorant Fresh Cotton

Nivea Black and White Clear Roll On

Lady Speed Stick Deodorant Anti-Perspirant Wild Freesia

Deo Lotion Men

Dove Deodorant Dry Serum Collagen + Vitamin B3

Deodorant Roll On for Men Black

Vaseline® Deodorant Dry Serum Bright & Smooth

Body Odorizer Spray

Axe You Deodorant Body Spray

Keunggulan

Ekstrak lemon alami dan kandungan vitaminnya bantu cerahkan ketiak hitam

Natural deodorant yang aman untuk tubuh dan kulit remaja

Antistain technology, pastikan tidak ada noda di baju

Nikmati wangi lembut bunga freesia, cocok untuk remaja putri

Harga ekonomis dengan kemasan travel-friendly

Membantu regenerasi kulit ketiak hingga dua puluh lapisan kulit

Mengandung antibakteri, ketiak bebas bau sepanjang hari

Menjaga dan menutrisi ketiak Anda tetap cerah dan terlindungi

Unik, digunakan saat malam hari sebelum tidur

Dengan sensasi dingin menyegarkan dan keharuman khas pria

Harga mulai dariRp 21.200,00Rp 99.000,00Rp 16.600,00Rp 36.000,00Rp 1.700,00Rp 21.000,00Rp 13.300,00Rp 78.000,00Rp 52.681,00Rp 32.000,00
Antiperspirantxxx
Pencerah kulitxxxxxxx
Kandungan alkoholxxxx
JenisDeodorant roll onDeodorant sprayDeodorant roll onDeodorant stickDeodorant lotionDeodorant lotionDeodorant roll onDeodorant lotionDeodorant sprayDeodorant spray
Antinodaxxxx
Tautan produk

Tips bagi remaja untuk mengurangi risiko bau badan

Selain menggunakan deodorant, berikut ini ada beberapa tips dari kami untuk mengurangi risiko bau badan. Silakan disimak. 

Mandi dua kali sehari

Mandi dua kali sehari

Mandi adalah hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko bau badan. Jangan sampai karena malas atau terburu-buru, Anda sampai tidak mandi saat keluar rumah. 


Banyak remaja sering tidak mandi pagi dengan alasan telat ke sekolah, padahal saat tidur tubuh manusia juga tetap berkeringat. Nah, keringat yang menumpuk sepanjang malam ini jika bercampur dengan bakteri bisa membuat Anda bau badan. Jadi, pastikan Anda mandi dua kali sehari ya, saat pagi dan sore hari. 

Mengganti pakaian yang kotor

Mengganti pakaian yang kotor

Mengganti pakaian yang kotor adalah hal kecil yang sering disepelekan. Pakaian kotor bisa menjadi pemicu bau badan karena penuh keringat, kuman, dan bakteri. Pakaiannya sendiri saja sudah berpotensi menyebabkan bau, apalagi jika ditambah keringat Anda saat menggunakannya. Jadi, untuk para remaja, pastikan Anda mengganti seragam Anda setiap hari, khususnya seragam atasan Anda. 

Menghindari makanan yang dapat memicu bau badan

Menghindari makanan yang dapat memicu bau badan

Hal yang satu ini mungkin sering tidak Anda sadari. Namun, Anda perlu tahu, ada beberapa makanan yang bisa memengaruhi aroma tubuh Anda. Jika Anda ingin mengurangi risiko bau badan, sebaiknya Anda menghindari konsumsi bawang merah, bawang putih, daging merah, dan kol. 

Baca juga rekomendasi makeup dan produk perawatan lainnya untuk remaja di sini

Melakukan perawatan tubuh dan wajah sejak dini adalah langkah yang baik. Untuk itu, silakan Anda lihat rekomendasi produk perawatan lainnya untuk remaja di sini. 

Kesimpulan

Deodorant yang tepat akan membantu Anda bersosialisasi dan mengikuti banyak aktivitas dengan nyaman. Untuk itu, pastikan Anda mengenali permasalahan pada ketiak Anda dan gunakan jenis deodorant yang membuat Anda nyaman.


Di sisi lain, Anda juga bisa mengurangi risiko bau badan dengan mengikuti tips yang telah kami sampaikan. Selamat mengatasi bau badan dan jadilah lebih percaya diri! 

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan bagian penting dari perawatan kulit. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Untuk Anda yang memiliki kulit kering, jangan khawatir karena kini sudah ada banyak produk yang bisa dipilih.Kami akan memberikan tips memilih sunscreen yang bagus untuk kulit kering beserta rekomendasi produk dari merek terbaik di pasaran. Erha21, Skin Aqua, dan Acnes adalah beberapa contoh di antaranya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Mari simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Produk Tabir Surya (Sunscreen) Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sinar matahari berlebihan diketahui berpotensi menyebabkan kanker kulit. Karena itu, penting sekali untuk melindungi kulit Anda dengan pengaplikasian tabir surya secara rutin. Beragam sunscreen untuk badan dan muka telah banyak beredar di pasaran. Produk mancanegara, seperti Nivea dan Vaseline, maupun produk lokal seperti Wardah dan Joylab, bisa menjadi referensi Anda.Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh sunscreen terbaik untuk Anda. Mulai dari produk dengan SPF 30 sampai 50, akan kami bahas di sini. Kami juga akan menjelaskan perbedaan antara sunscreen dan sunblock. Jadi, mari simak sampai akhir, ya!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bust Up Cream Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi para wanita, bicara perihal payudara tidak akan ada habisnya. Ada saja yang dikeluhkan, mulai dari tidak puas dengan ukurannya sampai payudara yang kendur. Karena itu, bust up cream hadir sebagai solusi yang dapat memberikan efek bust up dan mengembalikan kekencangan payudara.Produk bust up cream dari Mustika Ratu, Clinelle, dan Royalty mungkin sudah banyak dikenal publik. Namun, masih banyak produk lain yang juga tak kalah bagusnya. Agar tidak salah pilih, artikel ini akan membahas cara memilih bust up cream beserta produk rekomendasinya. Semoga bisa menjadi referensi untuk Anda.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih di antara beberapa merk yang populer, seperti Mustika Ratu, The Body Shop, dan LUSH.Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih scrub badan yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi scrub badan terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion dapat memberi kelembapan dan kesegaran pada kulit Anda yang kering akibat terpaan panas matahari. Selain sebagai pelembap, terdapat pula body lotion yang menawarkan solusi untuk jerawat punggung dan memutihkan kulit. Banyaknya merek yang dijual mungkin akan membuat Anda bingung memilih produk yang sesuai.Untuk itu, kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Produk dari Citra, Vaseline, Nivea, dan Cetaphil juga akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Sunscreen Nivea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Sunscreen Nivea Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merek Nivea dikenal memiliki kualitas tinggi dan harga yang relatif terjangkau. Rentang SPF dan PA-nya pun bervariasi. Tidak hanya untuk tubuh, ada juga sunscreen Nivea untuk wajah. Kali ini kami akan memberikan tips memilih sunscreen Nivea yang bagus. Kami sudah menyiapkan rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan sunscreen Nivea untuk kulit berminyak, untuk kulit berjerawat, dan untuk kulit kering. Nivea Sun Protect & White Oil Control, Nivea Sun Protect & White Instant Aura dan lainnya mungkin akan cocok untuk Anda. Yuk, simak artikelnya supaya Anda bisa menemukan produk terbaik!
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori