1. TOP
  2. >
  3. Perawatan tubuh & kecantikan
  4. >
  5. Perawatan rambut
  6. >
  7. 10 Masker Rambut Rontok Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Masker Rambut Rontok Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Masker Rambut Rontok Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Masker Rambut Rontok Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Masker Rambut Rontok Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Masker Rambut Rontok Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Masker Rambut Rontok Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2023)

Masker rambut menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi kerontokan. Penggunaannya dapat dipertimbangkan terutama jika Anda tak memiliki cukup waktu dan dana untuk perawatan di salon. Ada banyak produk masker rambut rontok yang bagus di pasaran. Namun, Anda tak perlu bingung saat memilihnya karena kami akan memberikan tipsnya.


Selain tips memilih masker rambut rontok terbaik, kami juga akan memberikan rekomendasi produknya. Masker rambut dari berbagai merek yang bagus seperti Makarizo, L'Oréal Paris, dan Natur. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Jadi, baca sampai selesai, ya!

Diperbaharui 11-08-2022
Pakar
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Dian Pratiwi

dr. Dian Pratiwi menyelesaikan pendidikan dokter umum dan spesialis dari FKUI, Indonesia. Dokter yang telah 16 tahun berpraktek di ERHA DermaCenter Kemanggisan & Klinik Puspa Jakarta ini juga sering menjadi narasumber di berbagai media cetak dan elektronik. Dengan minat pada Cosmeceuticals & Laser, dr. Dian telah menerbitkan 39 tulisan ilmiah dan menjadi co-author dari dua buku. Beliau juga aktif menjadi trainer dan pembicara di berbagai simposium ilmiah. Untuk informasi tentang kesehatan kulit, dr. Dian bisa disapa melalui Instagram-nya.

Profil dr. Dian Pratiwi
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Ketahui penyebab rambut rontok

Ketahui penyebab rambut rontok

Kerontokan rambut dipicu oleh berbagai hal, yaitu faktor internal dan eksternal. Sebelum memutuskan menggunakan masker perawatan rambut rontok, Anda juga perlu mengetahui kedua faktor penyebab rambut rontok ini.


  • Faktor internal, beragam kondisi tubuh pemicu rambut rontok

Faktor genetik, usia, konsumsi obat, penyakit, stres, bahkan perubahan hormon saat hamil merupakan beragam faktor internal pemicu rambut rontok. Faktor internal lainnya adalah kekurangan nutrisi seperti protein dan vitamin B. Jadi, selain menggunakan masker rambut rontok, Anda juga perlu menjaga kesehatan tubuh dan mental.


  • Faktor eksternal, gaya hidup dan kebiasaan yang menyebabkan rambut rontok

Faktor eksternal penyebab rambut rontok berkaitan erat dengan gaya hidup Anda. Contohnya, kebiasaan styling rambut dengan hair dryer, juga coloring atau bleaching dengan bahan kimia. Agar kebiasaan menata rambut tak justru merusaknya, Anda perlu mengimbanginya dengan penggunaan vitamin, serum, juga masker rambut.


Selain penyebabnya, Anda juga perlu tahu tingkat keparahan rambut rontok. Kerontokan rambut masih dianggap normal jika jumlah rambut rontok masih kurang dari 50 helai per hari. Anda perlu waspada jika ada 50-100 helai rambut yang rontok dalam sehari. Jika rambut Anda rontok lebih dari 100 helai, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter SpKK.

Cara memilih Masker Rambut Rontok

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat memilih masker rambut rontok agar tak salah pilih. Kami telah merangkumnya dalam tips memilih masker rambut rontok terbaik di bawah ini. 

① Ketahui bahan-bahan yang efektif merawat rambut rontok

Beragam bahan alami seperti Aloe vera dan ginseng dikenal mampu mengatasi rambut rontok. Selain keduanya, masih banyak lagi bahan yang digunakan dalam masker rambut untuk mengatasi kerontokan. Berikut beberapa bahan alami yang efektif mengatasi kerontokan rambut.

Aloe vera, horsetail, dan panthenol: Batang rambut lebih kuat dan tak mudah patah

Aloe vera, horsetail, dan panthenol: Batang rambut lebih kuat dan tak mudah patah

Aloe vera merupakan salah satu bahan alami andalan untuk mengatasi rambut rontok. Vitamin B12 dan folic acid di dalamnya berkhasiat mencegah kerontokan dan menjadikan rambut sehat berkilau. Tak cuma itu, Aloe vera juga mengandung vitamin A, C, dan E yang dapat memicu pergantian dan pertumbuhan sel rambut.


Selain Aloe vera, horsetail (Equisetum arvense) juga dipilih sebagai bahan masker rambut rontok karena mampu memperkuat batang rambut. Ada pula panthenol yang merupakan turunan vitamin B5. Bahan alami ini berkhasiat tak cuma menguatkan, tetapi juga melembapkan dan memperbaiki tekstur rambut yang rusak.

Ginseng, citric acid, dan vitamin E: Kulit kepala terawat dan akar lebih kuat

Ginseng, citric acid, dan vitamin E: Kulit kepala terawat dan akar lebih kuat

Bahan alami lain yang dikenal ampuh mengatasi rambut rontok adalah ginseng. Tanaman herbal ini diyakini mampu memperkuat akar rambut dan merangsang pertumbuhan rambut berkat kandunganginsenosides. Tak cuma itu, akar ginseng juga kaya akan senyawa antibakteri saponin yang mampu menjaga kebersihan kulit kepala dan mencegah ketombe.


Selain ginseng, ada pula citric acid dan vitamin E yang dapat membantu mengatasi rambut rontok dengan merawat akarnya. Citric acid dapat mengurangi kerontokan dengan mencegah folikel rambut menjadi longgar. Di sisi lain, vitamin E dapat memperbaiki folikel rambut dan menstimulasi tumbuhnya rambut baru.

② Periksa bahan lain yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala Anda

Periksa bahan lain yang sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala Anda

Masker rambut rontok sering kali juga mengandung bahan untuk mengatasi masalah rambut lainnya. Misalnya untuk kerontokan rambut yang parah sampai rambut menipis, carilah masker yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut. Arginine adalah contoh bahan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut.


Jika rambut Anda cenderung kering, pilihlah masker dengan kandungan tambahan pelembap seperti dari olive oil, madu, atau shea butter. Lain lagi dengan rambut berketombe. Untuk mengatasinya, Anda dapat memilih masker yang mengandung Behentrimonium chloride dan horsetail.

③ Hindari produk dengan iritan untuk kulit kepala sensitif

Hindari produk dengan iritan untuk kulit kepala sensitif

Kandungan zat aditif pada masker rambut rontok juga perlu Anda perhatikan, apalagi jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Kandungan zat aditif ini, seperti silicon, paraben, alkohol, ataupun pewangi. Bahan-bahan ini dapat memicu iritasi terutama pada kulit sensitif. Jadi, perhatikan komposisi masker rambut yang Anda pilih dan berhati-hatilah pada zat aditif seperti ini. 

④ Pertimbangkan kepraktisan kemasannya

Pertimbangkan kepraktisan kemasannya
Masker rambut rontok biasanya dijual dalam tiga jenis kemasan yaitu sachet, tube, dan jar. Produk dalam kemasan sachet umumnya lebih murah dan lebih hemat tempat sehingga cocok dibawa bepergian. Namun, produk seperti ini hanya dapat dipakai satu atau dua kali.

Selain sachet, ada pula produk masker rambut rontok dalam kemasan tube. Kemasan jenis ini mudah disimpan dan dibawa ke mana saja. Isinya lebih banyak dan lebih higienis karena produknya tidak mudah terpapar bakteri atau zat lain saat digunakan.


Jenis kemasan masker rambut yang paling banyak di pasaran adalah kemasan jar. Produk dalam kemasan jar isinya lebih banyak sehingga lebih awet. Namun, kemasan ini cenderung kurang higienis karena produk dapat terpapar bakteri saat kemasannya dibuka.

10 Rekomendasi masker rambut rontok terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk masker rambut rontoh terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Dian Pratiwi, SpKK.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Makarizo

Fibertherapy Hair & Scalp Cream With Aloe & Melon Extract

Makarizo Fibertherapy Hair & Scalp Cream With Aloe & Melon Extract 1枚目

Rambut lebih kuat dan berkilau alami

2

L'Oréal Paris

Fall Resist 3x Hair Mask

L'Oréal Paris Fall Resist 3x Hair Mask 1枚目

Dengan tiga aksi mengurangi rambut rontok sampai 97%

3

Natur

Hair Mask - Hair Fall Treatment with Ginseng Extract

Natur Hair Mask - Hair Fall Treatment with Ginseng Extract 1枚目

Menjaga kesuburan rambut dan membantu mempercepat pertumbuhannya

4

Matrix

Biolage Masker Fiberstrong

Matrix Biolage Masker Fiberstrong 1枚目

Memperkuat sekaligus melembutkan rambut yang rapuh

5

Bonvie

Hair Mask (Fermented Herbs)

Bonvie Hair Mask (Fermented Herbs) 1枚目

Rambut halus dan lembap berkat kandungan minyak alami

6

Miranda

Hair Mask Sachet Kukui Nut

Miranda Hair Mask Sachet Kukui Nut 1枚目

Wanginya tahan lama, sampai 72 jam

7

P&G

Pantene Biotin Strength Supplement Hair Mask

P&G Pantene Biotin Strength Supplement Hair Mask 1枚目

Suplemen untuk merawat rambut kering dan rusak

8

Mylea

Intensive Daily Instant Hair Mask

Mylea Intensive Daily Instant Hair Mask 1枚目

Rambut tetap sehat dan kuat meski di-styling

9

Cakra Daya Makmur

Vienna Blue Horse Hair Mask Hair Fall Control

Cakra Daya Makmur Vienna Blue Horse Hair Mask Hair Fall Control 1枚目

Menjadikan rambut terasa ringan dan bebas dari kerontokan

10

Sensatia Botanicals

Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask

Sensatia Botanicals Argan & Tamarind Revitalizing Hair Mask 1枚目

Diperkaya berbagai bahan alami untuk menutrisi rambut rontok

Perincian produk
Close
No.1

MakarizoFibertherapy Hair & Scalp Cream With Aloe & Melon Extract

Mulai dari Rp104.249,00

Rambut lebih kuat dan berkilau alami

Kelebihan:

  • Mengandung Aloe vera dan ekstrak melon sehingga memberikan aroma yang segar
  • Tersedia dalam kemasan sachet dan jar

Kekurangan:

  • Menurut beberapa reviewer, teksturnya cukup licin sehingga perlu dibilas berulang kali

Masker rambut Makarizo ini membantu mengurangi rambut rontok dengan memperbaiki bagian inti akar rambut. Hasilnya, batang rambut tumbuh lebih kuat dan sehat. Kandungan Keratin Amino Acid di dalamnya juga penting tak cuma untuk kekuatan rambut, tetapi juga kilaunya. Produk ini tentu cocok untuk Anda yang mengalami masalah rambut kusam dan rontok.

No.2

L'Oréal ParisFall Resist 3x Hair Mask

Mulai dari Rp96.000,00

Dengan tiga aksi mengurangi rambut rontok sampai 97%

Kelebihan:

  • Mengandung arginine protein, salah satu jenis asam amino yang penting dalam pertumbuhan rambut
  • Formulanya diklaim teruji cocok untuk cuaca dan kondisi rambut orang Indonesia

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan jar yang cukup besar

Masker rambut rontok dari L'Oréal Paris ini memberikan tiga aksi dalam melawan rambut rontok. Selain mengurangi rambut patah, masker ini juga menutrisi kulit kepala dan memperkuat batang dan ujung rambut. Perlu dicoba jika rambut Anda mudah patah. Menariknya, efektivitas produk ini untuk mengurangi rambut rontok karena patah diklaim mencapai 97%. 

No.3

NaturHair Mask - Hair Fall Treatment with Ginseng Extract

Mulai dari Rp15.000,00

Menjaga kesuburan rambut dan membantu mempercepat pertumbuhannya

Kelebihan:

  • Memiliki aroma ginseng yang khas dan cocok jika Anda kurang menyukai wangi bahan kimia/buatan

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam bentuk sachet sehingga Anda perlu membeli ulang saat sudah habis

Tak cuma mencegah kerontokan, produk masker rambut dari Natur ini juga menjaga kesuburan rambut. Lebih dari itu, kandungan bahan-bahan alaminya juga dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Pas untuk Anda yang mengalami penipisan rambut akibat kerontokan. Menariknya, produk ini juga menjanjikan rambut yang lembap, halus, dan mudah diatur. 

No.4

MatrixBiolage Masker Fiberstrong

Mulai dari Rp225.000,00

Memperkuat sekaligus melembutkan rambut yang rapuh

Kelebihan:

  • Tidak mengandung paraben

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan jar yang cukup besar

Salah satu penyebab rambut rontok adalah struktur rambut yang rapuh. Jika rambut Anda seperti ini, coba saja masker rambut dari Matrix ini. Produk ini mengandung Intra-Cylane, bambu, dan ceramide. Kandungan ini mengisi struktur rambut yang rapuh dan menguatkannya. Menariknya, rambut diklaim menjadi dua belas kali lebih kuat setelah pemakaian pertama.

No.5

BonvieHair Mask (Fermented Herbs)

Mulai dari Rp50.000,00

Rambut halus dan lembap berkat kandungan minyak alami

Kelebihan:

  • Lebih praktis dengan kemasan spray

Kekurangan:

  • Masa simpan produk cukup singkat, sekitar dua bulan saja

Masker rambut rontok dari Bonvie ini mengandung bahan alami dari lemon, jahe, argan, dan lavender. Kandungan bahan alami ini tidak hanya mengurangi rambut rontok, tetapi juga merangsang pertumbuhan rambut. Tak cuma itu, rambut juga dijanjikan bebas dari lepek. Tentunya pas jika rambut Anda mudah lepek. Uniknya, produk ini dikemas dalam botol spray yang menjadikannya makin mudah digunakan.

No.6

MirandaHair Mask Sachet Kukui Nut

Mulai dari Rp10.300,00

Wanginya tahan lama, sampai 72 jam

Kelebihan:

  • Mengandung Moroccan argan oil sebagai antioksidan untuk melindungi rambut dan menjadikan rambut indah berkilau

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan sachet sehingga Anda perlu membeli ulang jika produk sudah habis

Kemiri tak hanya cocok sebagai bumbu masakan, tetapi juga merawat rambut rontok. Masker rambut Miranda ini mengandung ekstrak kemiri atau kukui nut untuk memperkuat rambut rapuh dan rontok. Uniknya, produk ini diklaim memiliki aroma wangi yang tahan hingga 72 jam. Jika Anda mencari produk masker rambut dengan aroma tahan lama, ini dia produk pilihannya.

No.7

P&GPantene Biotin Strength Supplement Hair Mask

Mulai dari Rp8.000,00

Suplemen untuk merawat rambut kering dan rusak

Kelebihan:

  • Menghaluskan rambut sehingga bebas dari kusut
  • Memperbaiki rambut rusak tanpa menjadikannya berminyak

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan sachet ukuran 20 ml sehingga Anda perlu sering membeli ulang

Rambut Anda kering dan rusak sehingga mudah rontok? Ternyata, menggunakan sampo saja tak cukup. Anda perlu menambahkan suplemen untuk rambut seperti masker rambut dari Pantene ini. Salah satu alasannya karena produk ini mengandung biotin untuk memperkuat tiap helai rambut. Tak cukup sampai di situ, dengan kandungan vitamin dan nutrisi lainnya, rambut rusak juga terlindungi.

No.8

MyleaIntensive Daily Instant Hair Mask

Mulai dari Rp36.750,00

Rambut tetap sehat dan kuat meski di-styling

Kelebihan:

  • Bebas silikon dan tersertifikasi halal
  • Cocok juga untuk wanita berhijab/rambutnya tertutup seharian

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan tube yang isinya tidak terlalu banyak (150 ml)

Rambut Anda menjadi rusak dan rontok akibat sering terpapar panas dan bahan kimia saat styling? Coba saja masker rambut rontok dari Mylea ini. Formula alaminya cocok untuk merawat rambut rontok akibat bleaching, coloring, atau smoothing. Kandungan horsetail dapat menguatkan batang rambut, sedangkan ekstrak chamomile menyehatkan kulit kepala tanpa menjadikannya berminyak.

No.9

Cakra Daya MakmurVienna Blue Horse Hair Mask Hair Fall Control

Mulai dari Rp10.000,00

Menjadikan rambut terasa ringan dan bebas dari kerontokan

Kelebihan:

  • Mengandung minyak nutrisi alami dari camellia dan zaitun

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam kemasan sachet

Anda yang mengalami rambut rontok, kusut, dan susah diatur perlu mencoba produk ini. Dengan formula deep conditioning, produk ini akan menjadikan rambut halus, lembut, dan mudah diatur. Rambut rontok pun berkurang. Tak cuma itu, produk ini juga mengandung kolagen yang dapat mengisi ulang rambut dari akar. Rambut makin kuat, bebas rontok, dan lebih halus.

No.10

Sensatia BotanicalsArgan & Tamarind Revitalizing Hair Mask

Mulai dari Rp180.000,00

Diperkaya berbagai bahan alami untuk menutrisi rambut rontok

Kelebihan:

  • Cocok untuk merawat kulit kepala yang berminyak

Kekurangan:

  • Hanya tersedia dalam satu jenis kemasan yang cukup kecil (100 ml)

Tak banyak produk masker rambut rontok yang terbuat dari bahan alami seperti minyak argan yang kaya akan fitonutrien dan vitamin. Salah satunya adalah masker rambut rontok dari Sensatia Botanicals ini. Selain minyak argan, produk ini juga mengandung ekstrak Aloe vera, alpukat, dan tamarind.


Kandungan bermacam bahan alaminya membuat produk ini aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Hal tersebut menjadikannya cocok dipilih jika Anda mengalami rambut rontok karena perubahan hormon seperti saat hamil dan menyusui.

Tips mencegah rambut rontok

Tips mencegah rambut rontok

Selain menggunakan masker khusus rambut rontok, Anda juga dapat mencoba berbagai cara berikut untuk mencegah kerontokan.


  1. Hindari keramas terlalu sering, sebaiknya Anda keramas satu sampai tiga kali saja dalam seminggu. Terlalu sering keramas dapat mengikis kadar minyak alami rambut. Akibatnya, rambut menjadi kering, mudah patah, bahkan rusak.
  2. Terapkan pola hidup sehat. Kondisi tubuh juga dapat memicu kerontokan. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, Anda sebaiknya juga menghindari stres.
  3. Kurangi penggunaan alat penata rambut yang panas. Panas dari peralatan untuk menata rambut dapat merusak folikel rambut. Apalagi jika dilakukan terlalu sering. Mengurangi penggunaan hair dryer atau catokan dapat membantu mencegah rambut rontok.
  4. Hindari penggunaan chemical treatment. Bahan-bahan kimia untuk menata rambut seperti cat rambut atau bleaching juga dapat menyebabkan kerusakan folikel rambut. Oleh karena itu, Anda sebaiknya tidak lagi menggunakannya.
  5. Pilih shampoo dengan formula ringan. Produk sampo di pasaran tak jarang mengandung bahan-bahan yang dapat merusak rambut. Untuk menghindarinya, Anda perlu mencermati komposisinya. Jika memungkinkan, pilih sampo dari bahan-bahan alami.

Baca juga rekomendasi produk perawatan rambut rontok dan masker rambut lainnya di sini

Selain masker, ada beragam produk perawatan rambut lain yang dapat mengatasi rambut rontok. Produk-produk ini seperti hair vitamin, serum, juga tonik. Kami sudah menyiapkan tips memilih dan rekomendasi produknya dalam artikel di tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Masker rambut dapat Anda pilih untuk mengatasi rambut rontok. Selain kandungan di dalamnya, Anda juga perlu memperhatikan kemasan dan banyaknya isi saat memilih masker rambut rontok. Anda mungkin juga perlu mempertimbangkan masalah rambut lain yang mungkin Anda alami.


Agar mendapatkan hasil yang optimal, penggunaan masker rambut rontok juga perlu diikuti dengan pola hidup yang sehat. Ini karena faktor internal tubuh juga dapat menyebabkan rambut rontok. Selamat membasmi rambut rontok.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer