• 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2022)

Bagi monster fans, nama Godzilla pasti akrab di telinga. Monster asal laut tersebut filmnya sudah melegenda. Namun, film monster lainnya yang tak kalah menarik sebenarnya masih banyak. Sejumlah film justru mengangkat premis yang berbeda, misalnya Monster Hunt dan Monster Hunter. Monsters, Inc. bahkan bersahabat untuk anak-anak.


Kali ini kami akan membagikan cara memilih film monster yang bagus. Rekomendasi filmnya juga telah kami siapkan untuk Anda. Ada yang untuk penggemar film Korea, lho. Tiap judulnya telah kami ulas untuk Anda. Jadi, tunggu apa lagi, silakan scroll untuk lanjut membaca artikel ini!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih film tentang monster

Monster dalam film mungkin bisa membuat ngeri. Namun, tidak semua film menampilkan monster yang menyeramkan, lho. Ada juga yang bersahabat untuk anak-anak. Berikut ini kami akan memerinci poin cara memilihnya agar Anda dapat menonton film monster terbaik.

Ketahui kombinasi genre dari filmnya

Anda mau menonton film monster yang mengerikan atau yang humoris? Tone filmnya bisa diprediksi dari genrenya. Namun, tiap film bisa memiliki lebih dari satu genre. Sebagai contoh, suatu film monster bisa membuat tertawa sekaligus membuat tegang. 


Oleh karena itu, Anda perlu memahami karakteristik dari tiap genre yang banyak muncul pada film monster. Berikut ini kami akan menjelaskannya satu per satu untuk Anda. Disimak baik-baik, ya.


  • Genre action menyajikan bentrok antara manusia dengan monster. Jadi, premisnya bukan sekadar survival saja.
  • Bila Anda ingin diajak bertualang, pilihlah yang bergenre adventure dan fantasy. Petualangannya bahkan bisa membawa Anda ke dunia fiktif penuh monster.
  • Genre comedy dan family cocok ditonton bersama keluarga. Bentuk monsternya tidak membuat anak-anak trauma.
  • Selain dengan monster, konflik filmnya bisa dibangun di antara para karakter manusia. Anda bisa menemukannya pada film yang bergenre drama.
  • Genre horror dan mystery kurang cocok ditonton anak-anak. Ceritanya cenderung dragging atau menampilkan gambar yang mengerikan.
  • Mau melihat senjata-senjata keren untuk melawan monster? Pastikan filmnya bergenre science fiction.
  • Genre thriller menghadirkan ketegangan yang membuat jantung berdebar, misalnya adegan bersembunyi dari kejaran monster.

Setelah memahami ciri khas genrenya, Anda bisa menentukan gambaran umum dari sebuah film monster. Sebagai contoh, film monster dengan kombinasi genre adventure, comedy, dan family tidak akan membuat anak ketakutan. Sementara itu, film monster dengan kombinasi genre horror, mystery, dan thriller akan membuat Anda bergidik!

Kenali pemeran dan sutradaranya

Masih bingung menentukan film monster yang ingin Anda tonton? Anda bisa memilih berdasarkan pemeran atau sutradaranya. Nama-nama favorit Anda pasti akan menambah daya tarik filmnya. Para bintang besar Hollywood juga bisa ditemui dalam film monster.


Nama besar seperti Hugh Jackman dan Jack Black dapat menjadi bahan pertimbangan Anda. Jack Black sendiri lebih dikenal sebagai aktor komedi. Meskipun dirinya bermain dalam film monster, gestur hingga mimiknya tetap akan sukses membuat Anda geli.


Nama sutradara juga bisa menentukan gaya filmnya. Sebagai contoh, Peter Jackson dikenal dengan ceritanya yang detail dan berdurasi panjang. Sementara itu, Bong Joon-ho gemar membawa unsur black comedy, terlepas dari apa pun genre filmnya.


Setelah mengenal ciri khas pemeran dan sutradaranya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menonton sebuah film monster. Kalau Anda memfavoritkan pemeran dan sutradaranya sekaligus, film monster pilihan Anda pasti makin menarik untuk disimak!

Pilih berdasarkan variasi monsternya

Mau menonton film yang menampilkan beragam jenis monster? Kalau begitu, jangan sampai salah memilih judulnya. Variasi monster dalam tiap film berbeda-beda. Untuk itu, simak penjelasan lebih lanjut berikut ini agar Anda tak salah pilih.

Single: Meski hanya satu, monsternya sulit dikalahkan

Monster sudah diperkenalkan lewat film sejak tahun 1915. Film klasik biasanya menonjolkan satu jenis monster saja. Jati dirinya juga tidak terlalu dirahasiakan. Namun, jenis film ini kini lebih sering menyimpan penampakan monsternya sampai akhir cerita.


Meski demikian, terornya sudah bisa dirasakan sejak awal. Dilawan berkali-kali pun percuma karena monsternya akan bertahan sampai akhir film. Akan tetapi, wujudnya tidak langsung terlihat. Hal tersebut dilakukan untuk membangun tensi filmnya sampai babak akhir. 


Anda mau dibuat penasaran? Pilihlah film berjenis ini. Menebak bentuk monsternya bisa menjadi daya tarik tersendiri. Wujud monsternya pun tak pasti nongol dalam promosi filmnya. Jaws (1975) dan Tremors (1990) termasuk film terbaik dari kategori film yang hanya memiliki satu monster.

Varied: Mati satu? Masih banyak monster lainnya!

"Mati satu tumbuh seribu" merupakan pepatah yang tepat untuk menggambarkan film yang menampilkan banyak jenis monster sekaligus. Beberapa jenis monsternya memang lebih mudah dibasmi. Namun, biasanya terdapat jenis monster yang sulit dikalahkan.


Selain jenisnya, porsi screen time monsternya juga umumnya lebih banyak. Tiap monster tentu membutuhkan scene untuk tampil. Karena monsternya berjibun, Anda jadi tidak perlu menunggu sampai babak kedua film. Monsternya sudah bisa ditemukan dari awal.


Film dengan jenis monster bervariasi cocok untuk Anda yang gemar mengamati desain-desain monster. Meskipun banyak, desainnya tidak dibuat sembarangan. MonsterVerse dari Legendary Pictures bisa dipertimbangkan bila Anda ingin melihat banyak monster.

Mau menonton bersama keluarga? Cek rating-nya

Bagi sebagian anak, film monster dapat menggugah daya imajinasi. Desainnya yang tidak lazim justru bisa merangsang kreativitas anak. Namun, film monster yang tak sesuai usia anak bisa saja membuatnya trauma. Monsternya ternyata terlampau menyeramkan dan menampilkan adegan sadis. Anda tentu tidak ingin anak Anda mengalami hal tersebut, bukan?


Karena itu, penting bagi Anda untuk memeriksa lebih dahulu rating (kategori umur) filmnya. Untuk ditonton bersama keluarga, utamakanlah film dengan rating 7+, 13+, dan 16+. Penentuan rating dipengaruhi oleh usia anak Anda. Film dengan rating SU (Semua Umur) bahkan bisa ditonton balita. Monsternya akan cenderung menggemaskan ketimbang menyeramkan.


Sementara itu, film dengan rating 17+ ke atas sebaiknya ditonton orang dewasa saja. Monsternya bisa saja melakukan hal sadis selayaknya monster. 


Selain berdasarkan usia, pemberian rating juga ditentukan dari kompleksitas cerita hingga tutur katanya. Oleh sebab itu, film dengan rating 17+ justru lebih appealing untuk orang dewasa karena monsternya lebih realistis.

10 Rekomendasi film terbaik tentang monster

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film terbaik tentang monster yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

Constantin FilmMonster Hunter

GenreAction, adventure, fantasy
Kategori usia18+
PemeranMilla Jovovich, Tony Jaa, Tip "T. I." Harris, Ron Perlman
SutradaraPaul W. S. Anderson
Variasi monsterVaried
Durasi1 jam 43 menit
Rating di IMDb5,3 dari 10
9

Legendary PicturesGodzilla: King of the Monsters

GenreAction, adventure, science fiction
Kategori usia13+
PemeranKyle Chandler, Vera Farmiga, Millie Bobby Brown, Charles Dance
SutradaraMichael Dougherty
Variasi monsterVaried
Durasi2 jam 1 menit
Rating di IMDb6,0 dari 10
8

Dream Sky EntertainmentMonster Hunt

GenreAdventure, comedy, fantasy
Kategori usia7+
PemeranBai Baihe, Jing Boran
SutradaraRaman Hui
Variasi monsterVaried
Durasi1 jam 58 menit
Rating di IMDb6,1 dari 10
7

Sommers CompanyVan Helsing

GenreAction, adventure, fantasy
Kategori usia13+
PemeranHugh Jackman, Kate Beckinsale, Richard Roxburgh, David Wenham
SutradaraStephen Sommers
Variasi monsterVaried
Durasi2 jam 11 menit
Rating di IMDb6,2 dari 10
6

Columbia PicturesGoosebumps

GenreAdventure, comedy, fantasy
Kategori usia7+
PemeranJack Black, Dylan Minnette, Odeya Rush, Amy Ryan
SutradaraRob Letterman
Variasi monsterVaried
Durasi1 jam 43 menit
Rating di IMDb6,3 dari 10
5
GenreHorror, mystery, thriller
Kategori usia18+
PemeranRafe Spall, Arsher Ali, Robert James-Collier, Sam Troughton
SutradaraDavid Bruckner
Variasi monsterSingle
Durasi1 jam 34 menit
Rating di IMDb6,3 dari 10
4

21 Laps EntertainmentLove and Monsters

GenreAdventure, comedy, fantasy
Kategori usia13+
PemeranDylan O'Brien, Jessica Henwick, Dan Ewing, Michael Rooker
SutradaraMichael Matthews
Variasi monsterVaried
Durasi1 jam 49 menit
Rating di IMDb7,0 dari 10
3

Chungeorahm FilmThe Host

GenreAction, drama, horror
Kategori usia17+
PemeranSong Kang-ho, Byun Hee-bong, Park Hae-il, Bae Doona, Go Ah-sung
SutradaraBong Joon-ho
Variasi monsterSingle
Durasi1 jam 59 menit
Rating di IMDb7,1 dari 10
2
GenreAction, adventure, fantasy
Kategori usia16+
PemeranNaomi Watts, Jack Black, Adrien Brody
SutradaraPeter Jackson
Variasi monsterVaried
Durasi3 jam 8 menit
Rating di IMDb7,2 dari 10
1

Walt Disney, PixarMonsters, Inc.

GenreAdventure, comedy, family
Kategori usiaSemua umur
PemeranJohn Goodman, Billy Crystal, Steve Buscemi
SutradaraPete Docter
Variasi monsterVaried
Durasi1 jam 32 menit
Rating di IMDb8,1 dari 10

Tabel perbandingan film terbaik tentang monster

Gambar produk
1
Walt Disney, Pixar Monsters, Inc. 1

Walt Disney, Pixar

2
WingNut Films King Kong 1

WingNut Films

3
Chungeorahm Film The Host 1

Chungeorahm Film

4
21 Laps Entertainment Love and Monsters 1

21 Laps Entertainment

5
The Imaginarium The Ritual 1

The Imaginarium

6
Columbia Pictures Goosebumps 1

Columbia Pictures

7
Sommers Company Van Helsing 1

Sommers Company

8
Dream Sky Entertainment Monster Hunt 1

Dream Sky Entertainment

9
Legendary Pictures Godzilla: King of the Monsters 1

Legendary Pictures

10
Constantin Film Monster Hunter 1

Constantin Film

Nama produk

Monsters, Inc.

King Kong

The Host

Love and Monsters

The Ritual

Goosebumps

Van Helsing

Monster Hunt

Godzilla: King of the Monsters

Monster Hunter

Keunggulan

Monsternya lucu dan berkarakter, mudah disukai anak-anak!

Bertahan hidup dari amukan monster-monster prasejarah

Film monster Korea yang mendunia

Porsi seimbang antara teror monster dan cerita bagus

Misterinya dipertahankan sampai babak akhir film

Menghidupkan monster-monster karya R.L. Stine

Bernostalgia dengan monster-monster klasik yang ikonis

Melawan monster dengan tangan kosong

Menyajikan pertarungan antara monster raksasa

Menghadirkan deretan monster dengan desain yang keren

GenreAdventure, comedy, familyAction, adventure, fantasyAction, drama, horrorAdventure, comedy, fantasyHorror, mystery, thrillerAdventure, comedy, fantasyAction, adventure, fantasyAdventure, comedy, fantasyAction, adventure, science fictionAction, adventure, fantasy
Kategori usiaSemua umur16+17+13+18+7+13+7+13+18+
PemeranJohn Goodman, Billy Crystal, Steve BuscemiNaomi Watts, Jack Black, Adrien BrodySong Kang-ho, Byun Hee-bong, Park Hae-il, Bae Doona, Go Ah-sungDylan O'Brien, Jessica Henwick, Dan Ewing, Michael RookerRafe Spall, Arsher Ali, Robert James-Collier, Sam TroughtonJack Black, Dylan Minnette, Odeya Rush, Amy RyanHugh Jackman, Kate Beckinsale, Richard Roxburgh, David WenhamBai Baihe, Jing BoranKyle Chandler, Vera Farmiga, Millie Bobby Brown, Charles DanceMilla Jovovich, Tony Jaa, Tip "T. I." Harris, Ron Perlman
SutradaraPete DocterPeter JacksonBong Joon-hoMichael MatthewsDavid BrucknerRob LettermanStephen SommersRaman HuiMichael DoughertyPaul W. S. Anderson
Variasi monsterVariedVariedSingleVariedSingleVariedVariedVariedVariedVaried
Durasi1 jam 32 menit3 jam 8 menit1 jam 59 menit1 jam 49 menit1 jam 34 menit1 jam 43 menit2 jam 11 menit1 jam 58 menit2 jam 1 menit1 jam 43 menit
Rating di IMDb8,1 dari 107,2 dari 107,1 dari 107,0 dari 106,3 dari 106,3 dari 106,2 dari 106,1 dari 106,0 dari 105,3 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film dan serial lainnya di sini

Selain film monster, film lainnya tak ketinggalan menyajikan adegan seru, misalnya film action comedy atau horor Indonesia. Khusus untuk Anda, kami akan membagikan rekomendasinya, bersama dengan film dan serial lain. Tiap judulnya pun sudah kami ulas untuk Anda. Yuk, kunjungi link berikut ini untuk memperbanyak referensi Anda.

Kesimpulan

Sudah menemukan film monster yang ingin segera Anda saksikan? Pertama-tama, periksalah genrenya. Tiap genre memberikan ciri khas tersendiri untuk filmnya. Setelah itu, Anda bisa memilih film yang diisi oleh pemeran atau sutradara favorit.


Anda juga dapat menentukan berdasarkan variasi jenis monster pada filmnya. Banyak sedikitnya jenis monster akan menentukan karakteristik filmnya. Bagaimanapun, pastikan rating-nya sesuai dengan usia penonton agar film monster pilihan Anda makin menarik untuk disimak!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Visualisasi yang menarik dan penuh warna membuat film animasi menjadi menyenangkan untuk ditonton.  Di sini, kami akan membahas mengenai film animasi terbaik. Anda akan menemukan berbagai judul film yang bagus, seperti Spirited Away atau Toy Story. Kami juga akan mengulas film animasi terbaru 2022, serta film animasi Indonesia yang wajib Anda tonton! Sebelum menonton, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak film superhero, mungkin Anda sudah sangat familier dengan film produksi Marvel. Kumpulan film Marvel ini masih bisa ditonton kapan saja melalui layanan media streaming digital seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Salah satu judul film Marvel terbaik yang tak boleh Anda lewatkan adalah Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.Namun, film Marvel bukan Avengers saja. Masih banyak film Marvel lainnya yang tak kalah bagusnya, seperti Loki, Spider-Man, dan lainnya. Melalui artikel ini, kami akan mengulas list film Marvel terbaru tahun 2022 yang wajib Anda tonton.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Jackie Chan Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak aktor laga internasional, nama Jackie Chan termasuk salah satu yang menonjol. Film yang ia bintangi memiliki ciri khas tersendiri, dari yang klasik sampai yang terbaru. Film Jackie Chan umumnya menampilkan aksi yang dibalut komedi, sebuah genre yang sukses ia populerkan.Kali ini kami akan membagikan cara memilih film Jackie Chan terbaik. Rekomendasi filmnya yang bagus juga sudah kami siapkan untuk Anda, lengkap dengan ulasannya. Dari yang lucu seperti Shanghai Noon sampai yang yang serius seperti Crime Story, semuanya ada. Yuk, simak pembahasan selengkapnya berikut ini!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menonton film merupakan kegiatan yang seru. Sekarang, Anda tak perlu repot-repot pergi ke bioskop untuk menonton film karena sudah banyak website resmi yang menyediakan film original. Di antara banyaknya aplikasi dan website untuk menonton film, Disney+ Hotstar menjadi salah satu situs favorit untuk segala usia.Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih film yang bagus di Disney+ Hotstar. Deretan rekomendasi film Disney+ Hotstar terbaik, seperti Toy Story 4, Mandalorian, dan Snowdrop juga akan kami ulas. Cek rekomendasi daftar film dari kami dan temukan film favorit Anda. Selamat membaca!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Action Comedy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Action Comedy Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu cara menghadapi situasi pandemi yang membuat stres adalah dengan menonton film. Action comedy menjadi genre yang bagus untuk dijadikan pilihan karena ceritanya tidak monoton sekaligus mengocok perut. Aksi Iko Uwais berkelahi, aksen khas Stephen Chow, hingga banyolan Vino G. Bastian sangat dinantikan penikmat film action comedy.Tenang saja, kami akan membahas rekomendasi film action comedy yang bisa Anda tonton di Netflix, Vidio, dan Disney+. Simak juga tips memilih film action comedy terbaik, baik dari Indonesia, Korea, maupun Hollywood. Jadi, waktu Anda tidak terbuang sia-sia akibat salah pilih film.
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori