1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Terbaik tentang Monster (Terbaru Tahun 2023)

Bagi monster fans, nama Godzilla pasti akrab di telinga. Monster asal laut tersebut filmnya sudah melegenda. Namun, film monster lainnya yang tak kalah menarik sebenarnya masih banyak. Sejumlah film justru mengangkat premis yang berbeda, misalnya Cloverfield dan A Quiet Place. Monsters, Inc. bahkan bersahabat untuk anak-anak.


Kali ini kami akan membagikan cara memilih film monster yang bagus. Rekomendasi filmnya juga telah kami siapkan untuk Anda. Ada yang untuk penggemar film Korea, lho. Tiap judulnya telah kami ulas untuk Anda. Jadi, tunggu apa lagi, silakan scroll untuk lanjut membaca artikel ini!

Diperbaharui 12-16-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih film tentang monster

Monster dalam film mungkin bisa membuat ngeri. Namun, tidak semua film menampilkan monster yang menyeramkan, lho. Ada juga yang bersahabat untuk anak-anak. Berikut ini kami akan memerinci poin cara memilihnya agar Anda dapat menonton film monster terbaik.

① Ketahui kombinasi genre dari filmnya

Ketahui kombinasi genre dari filmnya

Anda mau menonton film monster yang mengerikan atau yang humoris? Tone filmnya bisa diprediksi dari genrenya. Namun, tiap film bisa memiliki lebih dari satu genre. Sebagai contoh, suatu film monster bisa membuat tertawa sekaligus membuat tegang.


Oleh karena itu, Anda perlu memahami karakteristik dari tiap genre yang banyak muncul pada film monster. Berikut ini kami akan menjelaskannya satu per satu untuk Anda. Disimak baik-baik, ya.


  • Genre action menyajikan bentrok antara manusia dengan monster. Jadi, premisnya bukan sekadar survival saja.
  • Bila Anda ingin diajak bertualang, pilihlah yang bergenre adventure dan fantasy. Petualangannya bahkan bisa membawa Anda ke dunia fiktif penuh monster.
  • Genre comedy dan family cocok ditonton bersama keluarga. Bentuk monsternya tidak membuat anak-anak trauma.
  • Selain dengan monster, konflik filmnya bisa dibangun di antara para karakter manusia. Anda bisa menemukannya pada film yang bergenre drama.
  • Genre horror dan mystery kurang cocok ditonton anak-anak. Ceritanya cenderung dragging atau menampilkan gambar yang mengerikan.
  • Mau melihat senjata-senjata keren untuk melawan monster? Pastikan filmnya bergenre science fiction (sci-fi).
  • Genre thriller menghadirkan ketegangan yang membuat jantung berdebar, misalnya adegan bersembunyi dari kejaran monster.

Setelah memahami ciri khas genrenya, Anda bisa menentukan gambaran umum dari sebuah film monster. Sebagai contoh, film monster dengan kombinasi genre adventure, comedy, dan family tidak akan membuat anak ketakutan. Sementara itu, film monster dengan kombinasi genre horror, mystery, dan thriller akan membuat Anda bergidik!

② Kenali pemeran dan sutradaranya

Kenali pemeran dan sutradaranya
Sumber: netflix.com

Masih bingung menentukan film monster yang ingin Anda tonton? Anda bisa memilih berdasarkan pemeran atau sutradaranya. Nama-nama favorit Anda pasti akan menambah daya tarik filmnya. Para bintang besar Hollywood juga bisa ditemui dalam film monster.


Nama aktor besar seperti Laurence Fishburne dapat menjadi bahan pertimbangan Anda. Selain itu, nama sutradara juga bisa menentukan gaya filmnya. Sebagai contoh, Bong Joon-ho gemar membawa unsur black comedy, terlepas dari apa pun genre filmnya.


Setelah mengenal ciri khas pemeran dan sutradaranya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menonton sebuah film monster. Kalau Anda memfavoritkan pemeran dan sutradaranya sekaligus, film monster pilihan Anda pasti makin menarik untuk disimak!

③ Pilih berdasarkan variasi monsternya

Mau menonton film yang menampilkan beragam jenis monster? Kalau begitu, jangan sampai salah memilih judulnya. Variasi monster dalam tiap film berbeda-beda. Untuk itu, simak penjelasan lebih lanjut berikut ini agar Anda tak salah pilih.

Single: Meski hanya satu, monsternya sulit dikalahkan

Single: Meski hanya satu, monsternya sulit dikalahkan
Sumber: vidio.com

Monster sudah diperkenalkan lewat film sejak 1915. Film klasik biasanya menonjolkan satu jenis monster saja. Jati dirinya juga tidak terlalu dirahasiakan. Namun, jenis film ini kini lebih sering menyimpan penampakan monsternya sampai akhir cerita.


Meski demikian, terornya sudah bisa dirasakan sejak awal. Dilawan berkali-kali pun percuma karena monsternya akan bertahan sampai akhir film. Akan tetapi, wujudnya tidak langsung terlihat. Hal tersebut dilakukan untuk membangun tensi filmnya sampai babak akhir.


Anda mau dibuat penasaran? Pilihlah film berjenis ini. Menebak bentuk monsternya bisa menjadi daya tarik tersendiri. Wujud monsternya pun tak pasti nongol dalam promosi filmnya.

Varied: Mati satu? Masih banyak monster lainnya!

Varied: Mati satu? Masih banyak monster lainnya!

"Mati satu tumbuh seribu" merupakan pepatah yang tepat untuk menggambarkan film yang menampilkan banyak jenis monster sekaligus. Beberapa jenis monsternya memang lebih mudah dibasmi. Namun, biasanya terdapat jenis monster yang sulit dikalahkan.


Selain jenisnya, porsi screen time monsternya juga umumnya lebih banyak. Tiap monster tentu membutuhkan scene untuk tampil. Karena monsternya berjibun, Anda jadi tidak perlu menunggu sampai babak kedua film. Monsternya sudah bisa ditemukan dari awal.


Film dengan jenis monster bervariasi cocok untuk Anda yang gemar mengamati desain-desain monster. Meskipun banyak, desainnya tidak dibuat sembarangan. The Sea Beast dari Netflix Animation bisa dipertimbangkan bila Anda ingin melihat banyak monster.

④ Mau menonton bersama keluarga? Cek rating-nya

Mau menonton bersama keluarga? Cek rating-nya

Bagi sebagian anak, film monster dapat menggugah daya imajinasi. Desainnya yang tidak lazim justru bisa merangsang kreativitas anak. Namun, film monster yang tak sesuai usia anak bisa saja membuatnya trauma. Monsternya ternyata terlampau menyeramkan dan menampilkan adegan sadis. Anda tentu tidak ingin anak Anda mengalami hal tersebut, bukan?


Karena itu, penting bagi Anda untuk memeriksa lebih dahulu rating (kategori umur) filmnya. Untuk ditonton bersama keluarga, utamakanlah film dengan rating 7+, 13+, dan 16+. Penentuan rating dipengaruhi oleh usia anak Anda. Film dengan rating semua umur (SU) bahkan bisa ditonton balita. Monsternya akan cenderung menggemaskan ketimbang menyeramkan.


Sementara itu, film dengan rating 17+ ke atas sebaiknya ditonton orang dewasa saja. Monsternya bisa saja melakukan hal sadis selayaknya monster. Selain berdasarkan usia, pemberian rating juga ditentukan dari kompleksitas cerita hingga tutur katanya. Karena itu, film dengan rating 17+ justru lebih appealing untuk orang dewasa karena monsternya lebih realistis.

10 Rekomendasi film terbaik tentang monster

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film terbaik tentang monster yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios

Monsters, Inc.

Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios Monsters, Inc. 1枚目

Monsternya lucu dan berkarakter, mudah disukai anak-anak!

2

Platinum Dunes, Sunday Night Productions

A Quiet Place

Platinum Dunes, Sunday Night Productions A Quiet Place 1枚目

Jika bersuara, Anda akan segera diburu monster

3

Chungeorahm Film

The Host

Chungeorahm Film The Host 1枚目

Film monster Korea yang mendunia

4

Netflix Animation

The Sea Beast

Netflix Animation The Sea Beast 1枚目

Kisah heroik gadis cilik yang mendamaikan monster laut dengan pemburu monster

5

Bad Robot Productions

Cloverfield

Bad Robot Productions Cloverfield 1枚目

Pesta perpisahan yang terganggu oleh serangan monster berukuran sangat besar

6

21 Laps Entertainment, Entertainment One

Love and Monsters

21 Laps Entertainment, Entertainment One Love and Monsters 1枚目

Porsi seimbang antara teror monster dan cerita bagus

7

Troublemaker Studios, Davis Entertainment, Dune Entertainment, Ingenious Media

Predators

Troublemaker Studios, Davis Entertainment, Dune Entertainment, Ingenious Media Predators  1枚目

Kerja sama sekelompok pembunuh melawan monster predator

8

The Imaginarium

The Ritual

The Imaginarium The Ritual 1枚目

Misterinya dipertahankan sampai babak akhir film

9

Dream Sky Entertainment

Monster Hunt

Dream Sky Entertainment Monster Hunt 1枚目

Melawan monster dengan tangan kosong

10

Motion Blur

Troll

Motion Blur Troll 1枚目

Troll yang terbangun dan siap menghancurkan Kota Oslo

Perincian produk
Close
No.1

Walt Disney Pictures, Pixar Animation StudiosMonsters, Inc.

Monsternya lucu dan berkarakter, mudah disukai anak-anak!

Siapa bilang film monster hanya menampilkan makhluk yang menyeramkan? Para monster di Monsters, Inc. justru tampil menggemaskan. Film garapan Disney dan Pixar ini memperkenalkan monster yang diberi karakter. Tidak heran bila para monsternya justru memiliki banyak penggemar, terutama Mike dan Sulley.


Jika Anda ingin memperkenalkan film monster kepada anak-anak, film ini merupakan pilihan tepat. Para monster dalam film ini memang bertugas untuk membuat anak-anak ketakutan dalam ceritanya. Namun, visual dan tone warna-warni dari Monsters, Inc. justru akan membuat senang anak-anak yang menontonnya.

No.2

Platinum Dunes, Sunday Night ProductionsA Quiet Place

Jika bersuara, Anda akan segera diburu monster

Bagaimana rasanya hidup di dunia ini tanpa suara? Film ini akan membawa Anda untuk bertahan hidup dari serangan monster dan tentunya tidak boleh mengeluarkan suara.


Pasalnya, monster dalam film ini sangat peka terhadap suara dan akan segera memangsa manusia yang bersuara. Dapatkah keluarga Abbott bertahan hanya dengan mengandalkan bahasa isyarat? Simak film ini di Netflix.

No.3

Chungeorahm FilmThe Host

Film monster Korea yang mendunia

Tidak heran kalau The Host digemari publik internasional. Film monster Korea Selatan ini diarahkan oleh Bong Joon-ho, seorang sutradara peraih penghargaan Academy Awards. Sutradara yang berasal dari Korea Selatan tersebut sering menghadirkan black comedy atau komedi satir yang pas. Meskipun film ini memiliki unsur horor, sang sutradara sukses menyelipkan komedi yang tidak menurunkan tensinya.


Bagi para penggemar karya Bong Joon-ho, film ini wajib dipertimbangkan. The Host merupakan salah satu karya terbaiknya yang memenangkan penghargaan Best Film pada ajang Asian Film Awards. Film ini menampilkan teror makhluk sungai yang bermutasi menjadi monster dan memburu manusia.

No.4

Netflix AnimationThe Sea Beast

Kisah heroik gadis cilik yang mendamaikan monster laut dengan pemburu monster

Film monster 2022 berjudul Sea Beast ini mengisahkan monster-monster laut yang menyerang penduduk di Pulau Rum Pepper. Karena hal tersebut, muncullah para pemburu monster laut yang bertekad menumpas habis semua monster di laut. Dari sekian banyak monster laut, terdapat seekor monster laut terkuat bernama Red Bluster yang paling diincar para pemburu monster.


Di tengah-tengah aksi perburuan monster laut, muncul sosok gadis kecil bernama Maisie yang berniat ikut membantu dalam perburuan tersebut. Apakah konflik antara monster laut dan pemburu monster akan terus berlangsung tanpa akhir? Yuk, ajak keluarga Anda menonton bersama pada weekend ini!

No.5

Bad Robot ProductionsCloverfield

Pesta perpisahan yang terganggu oleh serangan monster berukuran sangat besar

Umumnya pesta perpisahan diisi dengan acara atau kegiatan yang menyenangkan. Namun, tidak dengan film yang satu ini. Di awal film Cloverfield, terdapat beberapa anak muda yang sedang mengadakan pesta perpisahan. Sayangnya, acara mereka harus berakhir lantaran seekor monster berukuran raksasa menyerang kota mereka.


Saking besar dan kuat monster ini, kepala patung Liberty pun sampai rusak dan menggelinding di jalanan kota. Bagaimana cara para pemuda ini mengalahkan sang monster Cloverfield? Tonton saja di Netflix kesayangan Anda!

No.6

21 Laps Entertainment, Entertainment OneLove and Monsters

Porsi seimbang antara teror monster dan cerita bagus

Pertarungan dengan monster biasanya dapat mengorbankan cerita dari sebuah film. Filmnya lebih fokus dengan efek visual ketimbang kualitas jalan cerita. Namun, film ini sukses mengeksekusi kedua unsur tersebut. Sembari mata Anda dimanjakan dengan efek visualnya, film ini menyajikan cerita yang enak diikuti. Love and Monsters bahkan mendapat nominasi Academy Awards untuk kategori Best Visual Effects!


Film ini menceritakan perjalanan nothing to lose seorang pemuda untuk menemui cinta lamanya. Masalahnya, jarak memisahkan keduanya. Selain itu, dunia dilanda invasi monster atau monsterpocalypse. Apabila Anda menghargai cerita dalam sebuah film monster, saksikan Love and Monsters.

No.7

Troublemaker Studios, Davis Entertainment, Dune Entertainment, Ingenious MediaPredators

Kerja sama sekelompok pembunuh melawan monster predator

Anda bisa memilih film ini untuk bernostalgia film Predator sekuel pertama yang ditayangkan pada 1987. Sekelompok manusia yang terdiri dari pemburu, dokter, dan beberapa pembunuh dibawa oleh sang predator ke planet mereka. Tujuannya adalah dijadikan sasaran buruan.


Selanjutnya, tokoh pemburu bernama Royce berusaha untuk menyatukan rekan-rekannya agar dapat melawan makhluk predator ini. Agar tidak penasaran, langsung tonton saja film ini untuk mengetahui akhir perjuangan sekelompok manusia tersebut melawan para predator.

No.8

The ImaginariumThe Ritual

Misterinya dipertahankan sampai babak akhir film

Monster disatukan dengan genre misteri? Pastinya film ini akan membuat Anda penasaran. Seperti film misteri lainnya, The Ritual mengawali ceritanya dengan tidak menunjukkan tanda-tanda keanehan. Misterinya akan perlahan diungkap seiring perkembangan ceritanya. Monsternya sendiri tidak meneror dari awal film.


Film ini dapat dipilih bila Anda suka dibuat penasaran dengan rupa monsternya sampai menjelang akhir cerita. The Ritual menceritakan pendakian empat orang sahabat yang menjadi berantakan akibat teror yang tidak mereka harapkan. Sebagai informasi, film ini menghadirkan unsur gore yang tidak sedikit. Jadi, sebaiknya pastikan Anda kuat melihat visual seram yang berhubungan dengan tubuh manusia.

No.9

Dream Sky EntertainmentMonster Hunt

Melawan monster dengan tangan kosong

Senjata api sudah biasa ditunjukkan dalam film untuk melawan monster. Bagaimana dengan kungfu vs. monster? Itu baru berbeda. Apabila Anda menyukai pertarungan tangan kosong, Monster Hunt cocok untuk Anda. Pasalnya, film ini berlatar di Cina era kuno. Pada saat itu, pertikaian antara manusia dengan monster sedang berlangsung. Jadi, pertarungannya pun khas film kungfu!


Karakter manusia pada film ini juga beradu keahlian kungfu. Berbagai adegan pertarungannya pun akan memanjakan mata Anda. Sebagai informasi, monster dalam film ini tidak terlihat menyeramkan. Dengan unsur komedinya, Anda bisa menonton Monster Hunt bersama anak yang sudah bisa mengikuti jalan cerita film.

No.10

Motion BlurTroll

Troll yang terbangun dan siap menghancurkan Kota Oslo

Film monster terbaru keluaran tahun 2022 yang ditayangkan Netflix ini tidak boleh Anda lewatkan. Apalagi, jika Anda penggemar monster kuno seperti troll ini. Film Troll bercerita tentang terbangunnya monster kuno yang sudah tertidur ribuan tahun lamanya.


Karena adanya ledakan saat membangun terowongan untuk kereta api, troll pun terbangun dan menghancurkan semua yang dilewatinya. Bahkan, troll berencana untuk menghancurkan Kota Oslo yang menjadi pusat kota di Negara Norwegia. Film ini sudah bisa disaksikan di Netflix sejak awal Desember 2022.

Baca juga rekomendasi film dan serial lainnya di sini

Selain film monster, film lainnya tak ketinggalan menyajikan adegan seru, misalnya film action comedy atau horor Indonesia. Khusus untuk Anda, kami akan membagikan rekomendasinya bersama dengan film dan serial lain. Tiap judulnya pun sudah kami ulas untuk Anda. Yuk, kunjungi link berikut ini untuk memperbanyak referensi Anda.

Kesimpulan

Sudah menemukan film monster yang ingin segera Anda saksikan? Pertama-tama, periksalah genrenya. Tiap genre memberikan ciri khas tersendiri untuk filmnya. Setelah itu, Anda bisa memilih film yang diisi oleh pemeran atau sutradara favorit.


Anda juga dapat menentukan berdasarkan variasi jenis monster pada filmnya. Banyak sedikitnya jenis monster akan menentukan karakteristik filmnya. Bagaimanapun, pastikan rating-nya sesuai dengan usia penonton agar film monster pilihan Anda makin menarik untuk disimak!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer