mybest
Butter

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2024)

Hidangan dengan saus garlic butter memang sangat menggugah selera. Garlic butter rice, garlic butter chicken & prawns, dan garlic bread adalah beberapa makanan lezat dengan saus iniAnda tak perlu repot-repot meracik garlic butter sendiri karena sekarang Anda bisa membelinya.


Beberapa merek garlic butter yang bagus di pasaran adalah Garlickys, Nourish Kitchen, Plum & Blum, dan Grouu. Kami akan membahas tips memilih garlic butter yang enak untuk resep masakan ataupun saus cocolan. Artikel ini sudah ditinjau oleh foodie kami, Dionisius Denizar. Temukan produk garlic butter yang enak dengan harga terjangkau!

Diperbaharui 14/07/2023
Dionisius Denizar
Pakar
Penggemar home cooking dan penikmat dunia kuliner
Dionisius Denizar

Dalam karir profesionalnya, Dion berpengalaman di bidang strategy & planning baik korporat maupun proyek. Di luar karirnya, ia memiliki hobi travelling, memasak, dan mencoba masakan beserta bahan-bahannya. Dion hobi memasak dan memiliki minat terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masakan turun dari keluarganya sejak kecil. Ia memiliki minat terhadap kecap dan bumbu masakan Nusantara. Ia aktif mencari informasi tersebut hingga saat ini sejak mengemban studi S2 di Belanda pada 2017.

Profil Dionisius Denizar
Lanjut membaca
Dian WN
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Sekilas tentang garlic butter yang lezat

Sekilas tentang garlic butter yang lezat

Di balik beberapa makanan western yang enak, semua tak terlepas dari peran garlic butter. Apa itu garlic butter? Garlic butter adalah campuran butter dengan cacahan garlic atau bawang putih. Selain untuk menumis dan bahan rub untuk steak, garlic butter juga lezat dijadikan sebagai olesan roti untuk garlic bread.


Garlic butter harus disimpan di dalam kulkas karena butter akan meleleh dalam suhu ruang. Garlic butter yang disimpan pada suhu ruang juga bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri di dalam produk. Anda bisa menyimpan garlic butter sampai tiga bulan di dalam kulkas.


Perlu Anda ketahui bahwa butter berbeda dengan margarin, ya. Butter atau mentega terbuat dari susu sapi atau susu hewan lainnya, sedangkan margarin terbuat dari lemak nabati.


Banyak penelitian yang mengklaim bahwa garlic butter merupakan perpaduan yang menyehatkan. Meski demikian, garlic butter memiliki kalori yang tergolong tinggi. Anda boleh saja menggunakannya di dalam masakan. Namun, jangan sampai Anda mengonsumsinya secara berlebih agar Anda tetap bisa merasakan manfaatnya.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih garlic butter

Wah, Anda pasti sudah tak sabar mencari tahu merek garlic butter yang enak. Namun, simak dahulu tips memilih garlic butter yang sesuai dengan selera. Untuk memudahkan Anda, kami sudah merangkumnya dalam poin-poin berikut ini.

1

Ketahui komposisi garlic butter

Selain campuran garlic dan butter, banyak garlic butter yang menggunakan campuran lainnya. Campuran ini membuat rasa masakan Anda terasa lebih sedap dan aromanya lebih harum. Oleh karena itu, penting sekali untuk memperhatikan komposisi garlic butter.

Garlic butter dengan tambahan herbs, terasa lebih sedap dan bergizi

Garlic butter dengan tambahan herbs, terasa lebih sedap dan bergizi

Kebanyakan garlic butter menggunakan tambahan herbs. Herbs membuat rasa garlic butter lebih sedap sekaligus menambah aromanya. Herbs yang biasa ditambahkan dalam racikan garlic butter adalah parsley, rosemary, basil, dan oregano.


Tak hanya membuat racikan garlic butter lebih sedap, tambahan herbs meningkatkan nilai gizinya. Herbs kaya akan essential oil yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan detoksifikasi. Garlic butter dengan herbs cocok untuk sajian seperti steak sebagai olesan pelengkap.

Garlic butter dengan truffle, aromanya lebih mewah

Garlic butter dengan truffle, aromanya lebih mewah

Truffle adalah salah satu jamur yang tergolong mahal. Jamur ini memiliki aroma earthy dan rasa seperti perpaduan bawang putih dan bawang merah. Kualitas rasa truffle sayangnya akan hilang setelah 7–10 hari setelah dipanen. Karena itu, truffle harus segera diolah untuk menjaga kualitas rasa dan aromanya. Hal inilah yang membuat truffle menjadi jamur mahal.


Olahan truffle yang biasa ditambahkan dalam campuran garlic butter adalah truffle oil dan truffle salt. Garlic butter dengan tambahan truffle oil memiliki aroma yang lebih mewah. Namun, aroma truffle oil akan cepat menguap jika dipanaskan. Jadi, garlic butter dengan truffle oil sebaiknya hanya dijadikan sebagai olesan saat masakan sudah matang.

Garlic butter dengan garam atau tanpa garam, pilihan yang lebih gurih atau lebih sehat

Garlic butter dengan garam atau tanpa garam, pilihan yang lebih gurih atau lebih sehat

Sama seperti butter pada umumnya, Anda bisa menemukan garlic butter yang sudah mengandung garam ataupun tanpa garam.


  • Garlic butter dengan tambahan garam (salted) memiliki rasa lebih gurih. Anda tak perlu menambahkan garam terlalu banyak ke dalam masakan Anda jika menggunakan produk ini.

  • Garlic butter tanpa garam (unsalted) tentu lebih sehat. Jika Anda sedang menjalani diet sehat, pilihlah unsalted garlic butter. Selain itu, Anda juga bisa mengatur tingkat keasinan masakan sesuai selera Anda.
2

Pilih garlic ghee yang memiliki smoke point lebih tinggi untuk memasak

Pilih garlic ghee yang memiliki smoke point lebih tinggi untuk memasak

Selain garlic butter, ada juga garlic ghee. Ghee adalah clarified butterApabila sering melihat resep masakan India, Anda pasti sudah tidak asing dengan ghee. Bukan hanya resep masakan India, Anda juga dapat menggunakan ghee untuk masakan yang berasal dari daerah Timur Tengah.


Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ghee:

  • Kandungan air dan susu di dalam clarified butter sudah dihilangkan sehingga menjadi ghee. Alhasil, kandungan lemak di dalam ghee lebih tinggi dibandingkan butter.
  • Ghee memiliki smoke point lebih tinggi sehingga tidak mudah gosong. Anda bisa memilih ghee untuk teknik memasak dengan api besar atau panas tinggi.
  • Karena tidak mengandung susu, ghee bisa menjadi solusi bagi Anda yang lactose intolerance alias sensitif terhadap casein dan laktosa.
3

Pertimbangkan memilih grass-fed butter yang lebih bernutrisi

Pertimbangkan memilih grass-fed butter yang lebih bernutrisi

Butter umumnya terbuat dari susu sapi. Pakan yang diberikan untuk sapi pun beragam. Tak hanya rumput saja, jagung dan biji-bijian lainnya juga digunakan sebagai pakan sapi. Pakan sapi akan memengaruhi nutrisi daging dan susunya. Oleh karena itu, muncul berbagai produk dengan label "grass-fed", termasuk grass-fed butter.


Grass-fed butter berasal dari sapi yang diberi pakan rumput atau high grass diet. Sapi ini menghasilkan lebih banyak susu. Berikut adalah beberapa keunggulan dari grass-fed butter:

  • International Journal for Vitamin and Nutrition Research menyatakan bahwa grass-fed butter memiliki kandungan asam lemak baik yang lebih tinggi. Asam lemak baik yang terkandung di dalam grass-fed butter adalah asam lemak omega-3.
  • Beberapa penelitian yang dirangkum oleh Healthline juga menyatakan bahwa grass-fed butter kaya akan conjugated linoleic acid (CLA).
  • Grass-fed butter pun mengandung vitamin A dan vitamin K2. Dengan demikian, grass-fed butter lebih bernutrisi dari butter biasanya.
4

Perhatikan kemasannya

Perhatikan kemasannya

Garlic butter biasanya dijual dalam dua macam kemasan.


  • Kemasan jar membuat produk dapat disimpan lebih rapat di dalam kulkas. Anda pun mudah mengambilnya dengan sendok ataupun pisau roti. Jangan lupa gunakan sendok dan pisau yang bersih agar isinya tidak terkontaminasi, ya.

  • Kemasan tube adalah kemasan yang praktis. Produk garlic butter dengan kemasan tube memang masih tergolong langka di Indonesia. Garlic butter berkemasan tube biasanya berasal dari Korea ataupun Jepang. Cara menggunakannya praktis karena tinggal dipencet dan langsung dioleskan saja ke makanan.
Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi garlic butter terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk garlic butter terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dionisius Denizar.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Plum & Blum

Garlic Butter

Plum & Blum Garlic Butter 1

Rp28.500

Lebih Murah

Bikin si kecil makan makin lahap, bisa jadi BB booster!

2

Nourish Kitchen

Ghee Garlic & Herbs (Grass Fed Ghee Clarified Butter)

Nourish Kitchen Ghee Garlic & Herbs (Grass Fed Ghee Clarified Butter) 1

Rp63.000

Menengah

Nutrisinya maksimal berkat pakan organik

3

Butter by Bet's

Garlic Herbs Butter

Butter by Bet's Garlic Herbs Butter 1

Rp65.000

Menengah

Pilihan rasa garlic dan herbs yang lebih kuat, mantap!

4

Garlickys

Premium Truffle & Garlic Butter

Garlickys Premium Truffle & Garlic Butter 1

Rp154.000

Agak Mahal

Cita rasa premium garlic butter truffle untuk variasi masakan mewah

5

Mamam Rotbar

Garlic Butter

Mamam Rotbar Garlic Butter 1

Rp42.000

Agak Murah

Garlic butter dengan tekstur potongan garlic yang lebih terasa

6

Victus Populi Indonesia

Roasted Garlic Butter

Victus Populi Indonesia Roasted Garlic Butter 1

Rp53.500

Menengah

Aroma smoky roasted garlic yang menggugah selera

7

Grouu

Unsalted Garlic Butter

Grouu Unsalted Garlic Butter 1

Rp69.000

Menengah

Unsalted garlic butter untuk diet sehat rendah garam

8

Wadaku

Metzger Premium Herb & Garlic Butter

Wadaku Metzger Premium Herb & Garlic Butter 1

Rp56.500

Menengah

Garlic butter yang 100% alami untuk memasak

9

KSM Group

Sincere Foods Grassfed Ghee Garlic Infused

KSM Group Sincere Foods Grassfed Ghee Garlic Infused 1

Rp159.000

Lebih Mahal

Dukung program diet sehat dengan grass-fed garlic ghee

10

Planty Base

Vegan Garlic Herbs Butter

Planty Base Vegan Garlic Herbs Butter 1

Rp105.000

Agak Mahal

Garlic butter khusus vegan dan penderita lactose intolerance, lebih rendah kalori

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Plum & BlumGarlic Butter

Garlic Butter 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp28.500
Lebih Murah
Harga referensi
Rp28.500
Lebih Murah

Bikin si kecil makan makin lahap, bisa jadi BB booster!

Ingin membuat kreasi menu MPASI dengan garlic butter? Anda bisa menemukan beragam bumbu masak yang sehat untuk MPASI dari Plum & Blum. Salah satu produk andalannya adalah garlic butter-nya. Plum & Blum menawarkan empat macam varian, yaitu Original Garlic Butter, Creamery Butter, Garlic Cheese Butter, dan Mix 2 Butter.


Varian Garlic Cheese Butter dibuat dengan tambahan keju yang membuat rasanya makin lezat. Aromanya harum dan pasti menambah nafsu makan si kecil. Produk ini juga dapat membantu menambah berat badan anak. Namun, perlu dicatat bahwa produk ini hanya untuk anak usia 6 bulan ke atas, ya, Bun!

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Nourish KitchenGhee Garlic & Herbs (Grass Fed Ghee Clarified Butter)

Harga referensi
Rp63.000
Menengah

Nutrisinya maksimal berkat pakan organik

Jika Anda alergi terhadap casein dan lactose, Ghee Garlic & Herbs dari Nourish Kitchen juga bisa menjadi pilihan. Ghee ini juga diproduksi dari sapi yang diberi pakan rumput organik. Hasilnya, Anda akan mendapatkan ghee dengan nutrisi yang terbaik. Ghee ini cocok dijadikan tambahan bumbu untuk makanan anak Anda. Nutrisinya yang lengkap pasti dapat mencukupi kebutuhan asupan si kecil.

No.3

Butter by Bet'sGarlic Herbs Butter

Harga referensi
Rp65.000
Menengah

Pilihan rasa garlic dan herbs yang lebih kuat, mantap!

Butter by Bet's mempunyai varian garlic butter yang beragam. Anda bisa memilih varian Original, Premium, Cream Cheese, ataupun Beef Bacon. Varian Premium memiliki rasa garlic butter yang lebih rich karena menggunakan lebih banyak bawang putih dan herbs. Untuk perpaduan rasa bawang putih dan herbs yang nendang, pilihlah varian ini, ya.


Sementara itu, Beef Bacon terasa lebih gurih dengan tambahan potongan bacon. Jika ingin membuat roti Korean garlic bread yang viral, Anda bisa mengoleskan varian Cream Cheese ditambah susu kental manis. Dijamin enak!

No.4

GarlickysPremium Truffle & Garlic Butter

Harga referensi
Rp154.000
Agak Mahal

Cita rasa premium garlic butter truffle untuk variasi masakan mewah

Anda ingin merasakan garlic butter dengan rasa premium? Nikmatilah Premium Truffle & Garlic Butter dari GarlickysTaste dari garlic butter ini sangat cocok dipasangkan dengan beragam menu. Anda bisa mengoleskannya untuk toast ataupun dilelehkan di atas daging steik sirloin atau tenderloin.


Produk ini juga sangat cocok untuk tumisan daging ataupun dicampurkan ke pasta selagi panas. Semua dijamin lezat! Anda bisa menghidangkan steik dan sajian ala restoran mahal di rumah berkat rasa dan aroma truffle lezatnya.

No.5

Mamam RotbarGarlic Butter

Garlic Butter 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp42.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp42.000
Agak Murah

Garlic butter dengan tekstur potongan garlic yang lebih terasa

Apabila Anda mencari garlic butter dengan harga yang lebih ramah di kantong, pilih produk dari Mamam Rotbar asal Surabaya. Dengan kapasitas di atas 250 gram, Anda dapat membelinya dengan harga yang lumayan terjangkau.


Soal rasanya, Mamam Rotbar menyajikan homemade garlic butter dengan potongan garlic yang lebih besar. Potongannya ini memberikan tekstur saat Anda menyantapnya dengan roti ataupun pasta.

No.6

Victus Populi IndonesiaRoasted Garlic Butter

Harga referensi
Rp53.500
Menengah

Aroma smoky roasted garlic yang menggugah selera

Garlic butter dari VIPI lebih spesial karena menggunakan bawang putih panggang. Anda bisa merasakan aroma dan cita rasa smoky. Jika Anda ingin menambahkan aroma smoky yang lezat pada masakan, gunakan Roasted Garlic Butter. Menariknya lagi, VIPI menggunakan butter asal New Zealand. Dairy product dari New Zealand sudah pasti terkenal akan kualitasnya.

No.7

GrouuUnsalted Garlic Butter

Unsalted Garlic Butter 1
Sumber: grouu.id
Harga referensi
Rp69.000
Menengah

Unsalted garlic butter untuk diet sehat rendah garam

Bagi penderita hipertensi atau Anda yang ingin mengurangi asupan garam, pertimbangkan garlic butter tanpa garam. Meski dibuat tanpa garam dan gula, produk ini dibuat dengan rempah-rempah pilihan berkualitas. Aromanya sangat harum dengan rasa lezat dari campuran margarin dan daun parsley. Grouu Unsalted Garlic Butter juga sangat direkomendasikan untuk bumbu masak MPASI.

No.8

WadakuMetzger Premium Herb & Garlic Butter

Harga referensi
Rp56.500
Menengah

Garlic butter yang 100% alami untuk memasak

Untuk dipakai memasak, Anda bisa menggunakan garlic butter dari Wadaku Metzger. Rasanya autentik dan klasik dengan butter yang lembut serta aroma herbs yang sangat wangi tercium ketika menumis. Wangi masakan Anda pasti menggugah selera orang serumah. Dioleskan di atas panggangan garlic bread sudah pasti sangat lezat! Pilihlah kemasan isi 20 gram jika digunakan untuk olesan.

No.9

KSM GroupSincere Foods Grassfed Ghee Garlic Infused

Harga referensi
Rp159.000
Lebih Mahal

Dukung program diet sehat dengan grass-fed garlic ghee

Penyakit diabetes, hipertensi, kolesterol, dan asam urat tinggi membuat Anda perlu memilah bumbu masakan. Karena itu, pertimbangkan grass-fed garlic ghee dari Sincere Foods. Produk ini mendapatkan infused minyak samin Numi dan butter yang sudah besertifikasi dari susu sapi grass-fed New Zealand. Kandungannya tinggi omega-3 dan tentunya baik untuk kesehatan jantung.


Menurut banyak konsumennya, rasanya tetap sangat gurih meski tidak mengandung garam, lho! Selain itu, garlic butter ini juga memiliki smoke point yang tinggi hingga 240 derajat Celsius. Saking tahan panasnya, produk ini dapat disimpan pada suhu ruang.

No.10

Planty BaseVegan Garlic Herbs Butter

Vegan Garlic Herbs Butter 1
Sumber: shopee.co.id
Vegan Garlic Herbs Butter 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp105.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp105.000
Agak Mahal

Garlic butter khusus vegan dan penderita lactose intolerance, lebih rendah kalori

Nah, garlic butter dari Planty Base ini sangat ramah untuk para vegan dan Anda yang intoleransi laktosa. Butter-nya tidak terbuat dari susu, melainkan minyak kelapa, minyak zaitun, dan biji rami. Aroma butter dengan tambahan mix herbs tentu menggoda selera dan membuat setiap makanan vegan Anda makin sedap.


Jumlah kalorinya hanya 90 kkal per sendok makan yang lebih rendah dibandingkan garlic butter pada umumnya. Dengan begitu, produk ini juga cocok untuk Anda yang sedang diet menjaga berat badan.

Tips dari foodie kami, Dionisius Denizar

Tips dari foodie kami, Dionisius Denizar

Garlic butter dapat digunakan untuk beberapa hidangan, seperti sebagai bahan olesan roti atau steak yang siap saji. Selain itu, garlic butter juga dapat dijadikan bahan campuran marinasi untuk sajian panggang, seperti ayam panggang.

Baca juga rekomendasi butter lainnya di sini

Butter memberikan aroma yang lezat dalam tiap masakan. Butter tak hanya cocok untuk savory dish saja, tetapi juga untuk sweet dish. Temukan berbagai rekomendasi butter lainnya dalam tautan di bawah ini. Anda bisa memilih salted butter atau unsalted butter berdasarkan resep masakan Anda.

Kesimpulan

Garlic butter adalah bumbu rahasia untuk menjadikan masakan Anda lebih spesial. Perpaduan bawang putih dan butter tidak akan gagal untuk membuat aroma masakan lebih wangi. Tambahan herbs ataupun bahan lainnya membuat garlic butter kian sempurna.


Apakah Anda sudah menemukan produk garlic butter yang cocok dengan selera? Jika iya, langsung saja Anda pesan agar tidak kehabisan. Selamat berkreasi dengan garlic butter!

5 Rekomendasi Garlic Butter terbaik

No. 1: Plum & BlumGarlic Butter

No. 2: Nourish KitchenGhee Garlic & Herbs (Grass Fed Ghee Clarified Butter)

No. 3: Butter by Bet'sGarlic Herbs Butter

No. 4: GarlickysPremium Truffle & Garlic Butter

No. 5: Mamam RotbarGarlic Butter

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Garlic Butter Terbaik - Ditinjau oleh Foodie (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.