1. TOP
  2. >
  3. Handphone & tablet
  4. >
  5. Handphone
  6. >
  7. 10 Handphone Terbaik dengan Snapdragon 855 - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Handphone Terbaik dengan Snapdragon 855 - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Handphone Terbaik dengan Snapdragon 855 - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Handphone Terbaik dengan Snapdragon 855 - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Handphone Terbaik dengan Snapdragon 855 - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Handphone Terbaik dengan Snapdragon 855 - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Handphone Terbaik dengan Snapdragon 855 - Ditinjau oleh Tech Enthusiast (Terbaru Tahun 2023)

Fungsi utama dari sebuah handphone adalah untuk berkomunikasi. Namun, saat ini penggunaan handphone dapat difungsikan untuk melakukan kegiatan lain. Sebagai contoh, mengabadikan foto, merekam dan mengedit video, atau bermain games. Untuk dapat menjalankan seluruh aktivitas tersebut, tentunya Anda membutuhkan handphone dengan prosesor yang kencang. 


Kami akan mengulas HP dengan chipset terbaik, yakni Snapdragon 855. Beberapa rekomendasi merek handphone dengan chipset Snapdragon 855 yang bagus, seperti Samsung, Xiaomi, dan Oppo akan kami ulas keunggulannya. Artikel ini sudah ditinjau oleh tech enthusiast kami, Deddy Huang. Baca artikel ini sampai tuntas, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Tech enthusiast & travel blogger
Deddy Huang

Deddy Huang adalah seorang spesialis digital marketing yang berpengalaman menangani content marketing lebih dari 10 tahun. Selain itu, ia juga seorang commercial food photographer untuk kebutuhan foto menu dan produk serta seorang travel blogger. Deddy juga menyukai hal-hal yang berkaitan dengan gadget sehingga membuatnya menjadi seorang tech enthusiast. Sebagai tech enthusiast, ia berbagi ulasan seputar gadget melalui blog dan Instagram-nya.

Profil Deddy Huang
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Snapdragon 855, chipset andal yang sudah mendukung 5G

Snapdragon 855, chipset andal yang sudah mendukung 5G

Chipset Snapdragon 855 merupakan jenis chipset yang diluncurkan oleh Qualcomm pada tahun 2019. Salah satu keunggulan dari chipset ini adalah performanya yang ngebut sehingga dapat menjalankan aplikasi yang berat dengan lancar. Selain itu, berikut beberapa kelebihan yang dimilki chipset Snapdragon 855 dibandingkan dengan seri sebelumnya.


  • Mendukung jaringan 5G dengan kinerja yang lebih cepat. Chipset Snapdragon 855 dipadukan dengan modem baru X24 yang sudah mendukung kecepatan internet hingga 2 Gbps. 

  • Pengolahan grafisnya lebih cepat. Dengan teknologi pemrosesan 7nm, chipset ini diklaim sanggup menghasilkan pengolahan grafis 20% lebih cepat dibanding seri sebelumnya. Anda dapat merasakan halusnya grafis yang ditampilkan oleh chipset ini pada smartphone Anda. 

  • Memiliki kinerja Artificial Intelligence (AI) yang sangat baik. Sebagai contoh, performa aplikasi augmented reality (AR) Google Lens menjadi lebih cepat. Selain itu, saat kamera handphone diarahkan ke teks, Anda dapat menerjemahkan teks tersebut saat itu juga.

  • Peningkatan pada hasil perekaman video. Chipset ini mendukung perekaman video hingga resolusi 4K sehingga hasilnya lebih jernih, tajam, dan terlihat nyata. 

  • Audio yang lebih bertenaga. Kombinasi audio premium dan latensi rendah yang dapat dirasakan langsung saat bermain game atau membuka aplikasi multimedia.  

  • Baterai lebih hemat. Chipset ini diklaim lebih hemat 1,5 jam untuk pemakaian terus menerus, baik bermain game maupun berselancar di internet. 

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih handphone Snapdragon 855

Keunggulan handphone dengan chipset Snapdragon 855 tentunya membuat Anda makin tertarik untuk memilikinya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin memilih handphone dengan chipset Snapdragon 855. Bacalah dengan teliti agar dapat menemukan handphone impian Anda.

① Sesuaikan dengan tujuan utama penggunaannya

Fungsi utama dari handphone tentunya untuk berkomunikasi. Namun, handphone bagi beberapa penggguna dapat difungsikan sebagai device bekerja atau menunjang hobi. Berikut ini beberapa kegunaan handphone yang dapat Anda pertimbangkan. 

Handphone dengan kamera mumpuni, untuk mengabadikan momen

Handphone dengan kamera mumpuni, untuk mengabadikan momen

Selfie, mengabdikan foto panorama, atau merekam video adalah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan melalui handphone. Supaya kualitasnya tidak mengecewakan, Anda perlu memperhatikan spesifikasi kamera handphone yang akan Anda beli. Nah, apa saja yang perlu diperhitungkan? Silakan simak penjelasan berikut ini!


  • Jumlah dan jenis kamera. Kamera yang banyak dan beragam jenisnya pada handphone memungkinkan Anda untuk mendapatkan mode pengambilan gambar yang berbeda-beda. Sebagai contoh, mode wide angle, ultra wide angle, macro, dan normal. 

  • Megapiksel. Makin besar nilainya, makin besar ukuran foto yang dapat dihasilkan. 

  • Autofocus. Fitur ini sangat membantu Anda dalam mengunci objek gambar, khususnya pada bagian wajah sehingga hasilnya terlihat lebih jelas. 

  • Aperture. Nilai aperture kamera pada handphone diwakili dengan hurur F, kemudian diikuti dengan angka. Makin kecil angkanya, makin banyak cahaya yang dapat ditangkap kamera. Selain itu, nilai aperture yang kecil dapat menghasilkan gambar yang bokeh. 

  • Image stabilizer. Fungsi fitur ini adalah untuk meminimalkan gambar blur akibat adanya guncangan saat memotret atau merekam video. 

  • Optical zoom. Meski pada umumnya setiap kamera handphone sudah dibekali fitur ini, Anda dapat mempertimbangkan optical zoom yang jauh. Jadi, Anda dapat mengambil foto dari jarak jauh sekalipun

  • Night mode. Dengan fitur ini, Anda dapat memotret objek gambar lebih baik di kondisi minim cahaya atau di lingkungan yang gelap. 

Handphone seri gaming, untuk meningkatkan pengalaman bermain game

Handphone seri gaming, untuk meningkatkan pengalaman bermain game

Untuk Anda yang senang bermain game, handphone seri gaming lebih direkomendasikan. Layar pada handphone seri gaming biasanya lebih besar dibanding lainnya. Dengan begitu, Anda bisa makin puas menikmati game yang Anda mainkan.


Di samping itu, biasanya handphone gaming akan dilengkapi dengan fitur cooling system. Fitur tersebut dapat membuat suhu handphone lebih stabil dan tidak mudah panas. Sementara dari segi tampilan, handphone seri gaming memiliki desain yang futuristik.


Pengalaman bermain game bisa ditingkatkan dengan aksesori tambahan yang biasanya dijual terpisah. Salah satu aksesori yang bisa Anda miliki adalah air cooler agar pengalaman bermain lebih leluasa. 


Lekukan khas seri HP gaming terdapat pada bagian belakang handphone. Beberapa produk juga memiliki lampu RGB pada bagian belakang yang dapat menyala untuk menegaskan desain futuristik tersebut.


Namun, perlu Anda ketahui bahwa smartphone gaming pada umumnya memiliki kualitas kamera yang kurang menonjol. Hal ini disebabkan oleh gaming smartphone yang memang diperuntukan untuk bermain game.

Handphone dengan kapasitas baterai besar, untuk kelancaran pemakaian

Handphone dengan kapasitas baterai besar, untuk kelancaran pemakaian

Saat Anda menggunakan handphone untuk berkomunikasi, baterai HP mungkin tidak cepat habis. Namun, jika Anda menggunakannya untuk aktif di media sosial atau bermain game, baterai akan lebih cepat habis.


Kondisi tersebut tentu akan membuat Anda merasa tidak nyaman, terlebih lagi jika Anda memiliki aktivitas yang padat. Untuk itu, sebaiknya Anda mengutamakan untuk memilih handphone dengan kapasitas baterai minimal 3.500 mAh. Selain itu, gaming smartphone pada umumnya memiliki kapasitas baterai yang besar. Dengan demikian, pengguna tidak kehabisan baterai saat bermain game.

② Periksa kapasitas ROM dan RAM yang digunakan

Periksa kapasitas ROM dan RAM yang digunakan

Performa chipset Snapdragon 855 tak akan bisa maksimal tanpa dukungan ROM dan RAM yang mumpuni. ROM pada handphone sendiri berfungsi sebagai penyimpan data internal, baik berupa aplikasi terinstal maupun file lainnya. 


Untuk mendapatkan performa yang maksimal, disarankan untuk memilih handphone dengan ROM minimal 128 GB. Jika ukuran tersebut dirasa kurang, Anda dapat menggunakan microSD sebagai penyimpan data eksternal. 


Sementara itu, RAM berfungsi untuk menjalankan sistem dan aplikasi yang Anda buka. Ukuran RAM yang besar memungkinkan Anda untuk membuka beberapa aplikasi secara bersamaan. Untuk itu, pertimbangkan memilih handphone dengan RAM minimal 6 GB.


Bila Anda hendak menggunakannya untuk gaming, RAM minimal 8 GB dan ROM minimal 128 GB lebih direkomendasikan. Hal ini disebabkan oleh aplikasi game saat ini sudah semakin besar memakan memori.

③ Ketahui fitur lainnya yang terdapat pada handphone

Ketahui fitur lainnya yang terdapat pada handphone

Selain fitur-fitur utama di atas, keberadaan fitur NFC dan fast charging ada baiknya Anda cek. Near Feld Communication atau NFC adalah suatu fitur protokol komunikasi jarak pendek yang membuat dua alat elektronik dapat tersambung. Penggunaan NFC pada handphone sendiri lebih banyak digunakan untuk melakukan pembayaran cashless dan pengisian kartu uang elektronik


Periksa juga ketersediaan fitur fast charging pada handphone yang akan Anda pilih. Beberapa merek handphone menyebut fitur ini dengan istilah Quick Charge dan Flash ChargeFast charging memungkinkan Anda untuk melakukan pengisian daya baterai dalam waktu yang lebih cepat. Jadi, Anda tidak perlu lama menunggu pengisian daya baterai handphone Anda.


Nah, supaya pengisian daya baterai makin praktis, cek juga ketersediaan fitur wireless charger. Sistem wireless charger membuat pengisian daya tidak lagi melalui kabel, melainkan menggunakan wireless charger pad yang dibeli secara terpisah

10 Rekomendasi handphone terbaik dengan Snapdragon 855

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh handphone terbaik dengan prosesor Snapdragon 855 yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Deddy Huang.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Samsung

Galaxy Z Flip

Samsung Galaxy Z Flip 1枚目

Desain compact untuk tampil mewah dan prestis

2

realme

SuperZoom

realme SuperZoom 1枚目

Buat potensi mobile photography Anda makin level up

3

Sharp

AQUOS R3 Smartphone

Sharp  AQUOS R3 Smartphone 1枚目

Optimalkan kamera AI Live untuk eksis di media sosial

4

Samsung

Galaxy Fold

Samsung Galaxy Fold 1枚目

Buat bioskop ada dalam genggaman Anda

5

Asus

ROG Phone II

Asus ROG Phone II 1枚目

Kapasitas baterai besar, kuat tancap game seharian

6

Oppo

Reno 10x Zoom

Oppo Reno 10x Zoom 1枚目

Menawarkan pengalaman foto selfie yang berbeda

7

Samsung

Galaxy

Samsung Galaxy 1枚目

Lebih tahan goresan berkat layar Gorilla Glass 6

8

Xiaomi

Black Shark 2 Pro

Xiaomi Black Shark 2 Pro 1枚目

Handphone dengan performa gaming yang gahar

9

Xiaomi

Mi 9T Pro

Xiaomi Mi 9T Pro 1枚目

Swafoto bersama tak perlu lagi pakai tongsis

10

OnePlus

7 Pro

OnePlus 7 Pro 1枚目

Dapatkan hasil foto portrait yang jelas dan detail

Perincian produk
Close
No.1

SamsungGalaxy Z Flip

Mulai dari Rp7.900.000,00

Desain compact untuk tampil mewah dan prestis

Samsung Galaxy Z Flip ini dapat dilipat sehingga sangat ringkas untuk dimasukkan ke dalam saku ataupun tas. Fitur lipatnya juga dapat diposisikan berdiri yang memungkinkan untuk pengoperasian secara hands-free. Jika Anda membutuhkan smartphone yang dapat meningkatkan prestis dalam profesi bisnis Anda, pilihlah produk ini. 


Dengan smartphone ini, Anda dapat membuka dua menu sekaligus dengan mengoptimalkan aplikasi App Pair dan Multi Active Window. Dari segi desain, terdapat dua pilihan warna glossy yang tampak mewah. Smartphone ini juga dilengkapi dengan Cover Screen sehingga Anda tak perlu repot membuka lipatan HP saat ingin mengecek notifikasi.

No.2

Buat potensi mobile photography Anda makin level up

Bagi Anda yang menekuni mobile photography atau memotret melalui kamera ponsel, produk ini adalah pilihan tepat. Smartphone ini dibekali dengan kamera utama beresolusi tinggi, yakni 64 megapiksel. Dengan fitur kamera SuperZoom, jangkauan zoom-nya dimulai dari 0,5 hingga 60 kali pembesaran.


Kamera pada smartphone ini juga dilengkapi Optic Image Stabilization (OIS) agar tampilan preview zoom tetap stabil. Tak hanya fitur optical zoom, Anda juga dapat menangkap detail gambar close-up dengan baik melalui lensa macro 4 cm. Selain itu, dengan RAM sebesar 12 GB, smartphone ini tentunya antilag sehingga dapat membuka banyak aplikasi secara bersamaan. 

No.3

Sharp AQUOS R3 Smartphone

Mulai dari Rp10.999.000,00

Optimalkan kamera AI Live untuk eksis di media sosial

Untuk Anda yang aktif mengunggah konten di media sosial, produk ini dapat diandalkan. Anda perlu mengoptimalkan penggunaan fitur AI Live Shutter dan AI Live Story untuk pengambilan gambar dan video terbaik. Anda dapat menghemat waktu karena hasil bidikan paling bagus akan dipilih secara otomatis oleh kamera AI.


Kamera AI canggihnya juga memiliki kemampuan menangkap foto antiblur. Untuk objek tertentu, seperti model, sunset, makanan, dan lainnya, kamera AI akan beroperasi secara otomatis untuk menangkap momen foto dan video story selama 15 detik. Saat berada di area outdoor, Anda dapat menggunakan Outdoor Mode agar tampilan layar tetap terlihat jernih dan cerah.

No.4

Buat bioskop ada dalam genggaman Anda

Jika Anda memiliki hobi menonton film melalui smartphone, pilihlah produk dengan teknologi foldable ini. Dalam kondisi terbuka, Anda dapat menikmati tampilan layar berukuran besar layaknya dua HP yang digabungkan. Layar Dynamic AMOLED-nya juga disertai HDR10+ dengan tampilan warna dan kontras setingkat bioskop.


Tak hanya itu, Anda dapat mendengarkan audio yang jernih dengan teknologi Dolby Atmos Sound. Pastikan Anda menggunakan earphone untuk hasil yang lebih optimal. Setelah itu, bersiaplah untuk merasakan pengalaman sinematik yang sangat berkesan melalui handphone Samsung Snapdragon 855 5G ini. 

No.5

Kapasitas baterai besar, kuat tancap game seharian

Apakah Anda membutuhkan handphone gaming dengan kapasitas baterai yang sangat besar? Kalau begitu, produk ini adalah jawabannya. Berkat baterai monster berkapasitas 6.000 mAh, handphone Anda dijamin aman main game seharian tanpa lowbatt.


Menariknya lagi, terdapat pilihan produk yang disertai dengan ROM hingga kapasitas 1 TB. Jadi, Anda dapat menyimpan banyak file game berukuran besar tanpa harus khawatir kekurangan ruang penyimpanan. Para gamer sejati, pastikan memilih gadget yang mumpuni!

No.6

Menawarkan pengalaman foto selfie yang berbeda

Saat menggunakan handphone Oppo Snapdragon 855 ini, Anda akan menikmati tampilan layar penuh tanpa terhalang kamera depan. Dalam 0,8 detik, kamera depan berteknologi Rising Camera akan terangkat dan siap membidik selfie terbaik Anda. Untuk Anda yang gemar melakukan swafoto atau berfoto selfie, HP ini adalah pilihan sempurna.


Meskipun kamera depannya berupa modul pivot yang terpisah dari layar, ketahanannya tak perlu diragukan. Struktur pivot pada kamera tersebut dapat beroperasi lebih dari 200.000 kali. Selain itu, kamera akan turun secara otomatis saat handphone terjatuh sehingga proteksinya sangat maksimal.

No.7

Lebih tahan goresan berkat layar Gorilla Glass 6

Bagi Anda yang mementingkan tampilan handphone yang terlihat classy, pilih saja produk ini. Selain lapisan kaca, cover bagian belakang handphone juga diproteksi oleh Gorilla Glass generasi kelima. Anda bahkan dapat menggenggam handphone ini dengan nyaman tanpa terasa licin di telapak tangan.


Dengan layar Dynamic AMOLED yang dilengkapi HDR10+, Anda akan mendapati tampilan layar yang sangat jernih. Menariknya lagi, layar tersebut juga dilapisi dengan Gorilla Glass 6 yang tahan terhadap goresan. Meski sudah digunakan dalam waktu lama, handphone Anda pun pastinya akan terlihat seperti baru. 

No.8

XiaomiBlack Shark 2 Pro

Mulai dari Rp8.999.000,00

Handphone dengan performa gaming yang gahar

Handphone ini disertai dengan penyimpanan UFS 3.0 yang membuat jalannya game makin lancar dengan kecepatan transfer yang maksimal. Selain cepat, sensitivitas layar terhadap sentuhan juga sangat akurat sehingga ideal untuk permainan kompetitif seperti Battle Royal Games. Fitur lain yang tak kalah penting ialah Liquid Cooling 3.0+ sebagai pendingin mesin agar handphone tak mudah rusak. 


Untuk Anda yang membutuhkan handphone guna keperluan gaming, kami sarankan untuk memilih produk ini. Secara desain, handphone ini memiliki dua setrip lampu pada bagian belakang yang akan memberikan pengalaman mengesankan saat bermain games. Kemudian, ada juga lapisan layar AMOLED premium yang memberikan perlindungan ekstra pada mata.

No.9

XiaomiMi 9T Pro

Mulai dari Rp5.199.000,00

Swafoto bersama tak perlu lagi pakai tongsis

Bagi Anda yang suka mengabadikan momen kebersamaan dengan keluarga dan sahabat, jangan ragu untuk memilih produk ini. Handphone ini hadir dengan kamera depan pop-up beresolusi 20 megapiksel dengan mode panorama. Saat ingin mengabadikan swafoto kelompok atau wefie, Anda tak perlu menggunakan tongsis agar semua orang dapat masuk dalam frame.


Dengan mode panorama, Anda hanya perlu menggeser handphone beberapa kali ke arah samping saat melakukan wefie. Selain itu, Anda juga dapat merekam objek bergerak dengan sangat stabil dengan mengoptimalkan single tap lock. Momen berkumpul pasti makin seru dengan hasil dokumentasi yang keren dari handphone ini.

No.10

Dapatkan hasil foto portrait yang jelas dan detail

HP Snapdragon 855 ini dilengkapi dengan sensor kamera Sony yang bokeh dan tajam. Kamera utamanya sendiri beresolusi 48 megapiksel dengan nilai aperture F1.6 untuk menghasilkan background foto yang bokeh. Bagi Anda yang ingin memotret model menggunakan smartphone, pertimbangkanlah untuk membeli produk ini.


Menariknya lagi, lensa telephoto pada kamera utama telah diperbarui untuk mendukung mode portrait. Jadi, Anda akan menghasilkan foto model dengan detail yang terlihat jelas layaknya menggunakan kamera profesional. Sementara itu, kamera depannya menggunakan sistem pop-up sehingga tampilan layar terlihat full sempurna.

Baca juga rekomendasi handphone lainnya di sini

Selain handphone dengan Snapdragon 855, kami pernah mengulas produk HP dengan harga 2 jutaan, 3 jutaan, hingga 4 jutaan. Jika Anda tertarik untuk membacanya, silakan klik tautan berikut ini, ya!

Kesimpulan

Snapdragon 855 merupakan chipset unggulan mayoritas handphone flagship yang antilemot dan sudah mendukung jaringan 5G. Setelah membaca ulasan dan daftar produk HP Snapdragon 855 dari kami, sudahkah Anda menemukan produk yang diinginkan?


Pilihlah handphone sesuai kegunaan agar Anda dapat mengoptimalkan fitur-fitunya. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kapasitas ROM dan RAM yang ditawarkan. Selamat memilih produk handphone yang paling pas dengan kebutuhan dan nikmati kemudahan yang ditawarkan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer