• 10 Pelembab Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Pelembab Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Pelembab Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Pelembab Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Pelembab Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Pelembab Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Perubahan hormon kerap menyebabkan kondisi kulit menjadi tidak stabil di masa remaja. Karena itu, pemilihan skincare perlu disesuaikan. Pelembap merupakan salah satu produk yang perlu ada dalam rangkaian teenager skincare. Selain mencari yang khusus untuk remaja, kamu pun perlu mencari yang sesuai dengan kondisi kulit. Sebagai contoh, pelembab remaja untuk kulit berminyak, kering, atau berjerawat. 


Di artikel ini, kami akan membahas merek-merek skincare remaja yang bagus dari Emina, Nivea, dan lainnya. Artikel ini juga sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK. Mari simak informasi lengkapnya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Ida Ayu Diah
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 11 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK

Profil pakar: Dermatovenereologist, dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari, Sp.KK
dr. Ida Ayu Diah
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Ida Ayu Diah

Dokter yang lebih dikenal dengan dr. Dayu Diah ini memiliki akreditasi praktik dari Universitas Udayana. Saat ini beliau merupakan salah satu staff pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Ganesha. Beliau berpengalaman banyak dalam menangani masalah penyakit kulit, kelamin, maupun estetika.


Beliau berpengalaman kerja di beberapa rumah sakit dan klinik, seperti Rumah Sakit KDH-Bros, Puriva Clinic Sunset Road, dan Euderna Clinic Singaraja. Untuk berkonsultasi melalui telemedicine, Anda dapat menghubunginya melalui Halodoc.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih pelembab remaja

Seiring dengan bertambahnya usia, struktur kulit pun turut berubah. Karena itu, kamu perlu mulai mempertimbangkan penggunaan pelembap sejak remaja. Tentunya, pilihlah produk perawatan kulit yang diformulasi khusus untuk kulit remaja.

Cari yang bentuknya sesuai dengan jenis kulit

Umumnya, orang mempunyai salah satu jenis kulit yaitu kering atau berminyak, dan bisa juga kombinasi keduanya. Kulit remaja pun demikian sehingga kamu perlu menyesuaikan pelembap pilihan dengan jenis kulitmu.

Gel atau water based, sesuai untuk kulit berminyak

Di dalam kulit terdapat kelenjar sebaceous yang memproduksi minyak atau lebih dikenal dengan sebutan sebum. Kulit wajah remaja cenderung berminyak akibat peningkatan hormon androgen selama usia pubertas. Hal tersebut akan meningkatkan produksi minyak oleh kelenjar sebasea


Jika kamu memiliki kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum secara berlebihan, kulitmu termasuk jenis yang berminyak. Untuk mengetahui jenis kulit berminyak atau tidak, kamu bisa memperhatikan kondisi wajah pada sore hari. Apakah wajah tampak mengilap dan makeup mudah terhapus? Bila jawabannya adalah iya, kamu memiliki kulit berminyak. 


Pelembap bentuk gel atau bentuk lain yang berbasis air merupakan pilihan tepat bagi kulit yang berminyak. Bentuk moisturizer yang berbasis air tidak akan menjadikan wajah yang sudah berminyak makin mengilap.

Krim atau oil based, untuk merawat kulit kering

Kulit kering adalah jenis yang tidak mempunyai cukup kandungan pelembap alami untuk menjadikannya tetap lembut dan kenyal. Akibatnya, kulit sering kali terasa kasar atau mengelupas. Jenis kulit ini bisa dimiliki oleh orang dari berbagai usia, termasuk kamu yang masih remaja.


Untuk merawat kulit kering, sebaiknya kamu memilih pelembap dengan bentuk krim atau yang berbasis minyak. Alasannya, bentuk pelembap tersebut lebih banyak mengandung humektan yang akan menarik air ke dalam kulit. Dengan begitu, kulit bisa memperoleh hidrasi ekstra.


Saat memakai pelembap oil based, perhatikan reaksi kulit yang terjadi setelahnya. Produksi minyak yang meningkat di usia puber ditambah pemakaian oil based moisturizer bisa menyebabkan clog pores.

Temukan formula yang membantu atasi masalah kulit

Setiap fase usia akan menghadapi masalah kulit yang berbeda. Kamu yang masih remaja mungkin akan lebih banyak berhadapan dengan masalah jerawat serta kulit sensitif. Kenalilah pelembap yang tepat untuk membantu mengatasi masalah tersebut. 

Formula non-comedogenic, meringankan masalah jerawat

Sebagai respons terhadap perubahan hormon saat menginjak usia remaja, kulitmu kemungkinan memproduksi lebih banyak sebum. Selain itu, badan dan wajah cenderung menghasilkan keringat lebih banyak. Kombinasi sebum serta keringat berlebihan tersebut berpotensi menyumbat pori-pori sehingga memicu jerawat.


Apapun jenis kulitmu, selalu pilih skincare yang non-comedogenic untuk menghindari terjadinya jerawat di usia remaja. Produk dengan formula non-comedogenic akan membantu mencegah sumbatan pori-pori serta gejala-gejala kulit berjerawat. Biasanya, produk ini juga dibekali dengan bahan yang membantu meringankan masalah jerawat seperti niacinamide.

Formula hypoallergenic, merawat kulit yang sensitif

Cukup banyak orang yang baru mengetahui kulitnya sensitif saat pertama kali mencoba skincare di masa remaja. Umumnya, kulit sensitif bereaksi berlebihan terhadap bahan pewangi, pewarna, ataupun bahan kimia tertentu dalam produk perawatan kulit. Kulit bisa tampak kemerahan, iritasi, dan terasa perih usai menggunakan produk yang kurang tepat.


Nah, pengunaan pelembap sangat disarankan karena mampu memperbaiki barier kulit yang merupakan masalah utama kulit sensitif. Bagi kamu dengan kondisi kulit sensitif, pelembap dengan formula hypoallergenic merupakan pilihan tepat.


Label hypoallergenic menandakan pelembap tersebut meminimalkan timbulnya alergi pada kulit. Produk berlabel ini juga bisa jadi bebas dari pewangi, pengawet, serta bahan lain yang bisa mengiritasi kulit sensitif.

Pertimbangkan yang dilengkapi perlindungan dari sinar UV

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terdiri dari UVB dan UVA merupakan hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, paparan berlebihan sinar UVB dapat membuat kulit mengalami sunburn. Sementara itu, paparan terus-menerus sinar UVA mampu membuat elastisitas kulit berkurang serta berpotensi timbul dark spot.


Sebetulnya kulit memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan akibat sinar UV dengan melakukan regenerasi. Sayangnya, seiring bertambahnya usia kemampuan regenerasi kulit makin menurun. 


Kamu perlu menjaga kondisi kulit sejak dini agar tidak rusak akibat sinar UV. Salah satu caranya adalah dengan memakai pelembap yang dilengkapi perlindungan dari sinar matahari. Jika kulitmu sensitif dan berjerawat, direkomendasikan untuk memakai pelembap yang dilengkapi physical sunscreen seperti zinc oxide dan titanium dioxide.

10 Rekomendasi pelembab terbaik untuk remaja

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk pelembap terbaik untuk remaja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Ida Ayu Diah Purnama Sari,Sp.KK.

10
Jenis kulit Semua jenis kulit
Bentuk Krim
Masalah kulit Kulit sensitif
Proteksi dari sinar UVTidak ada
9

Rohto Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream

40 gram

Mulai dari Rp 31.500,00

Jenis kulit Kulit kering
Bentuk Krim
Masalah kulit Kulit berjerawat
Proteksi dari sinar UVTidak ada
8
Jenis kulit Semua jenis kulit
Bentuk Krim
Masalah kulit Tidak ada
Proteksi dari sinar UVTidak ada
7

GaldermaCetaphil Daily Facial Moisturizer

118 ml

Mulai dari Rp 273.900,00

Jenis kulit Semua jenis kulit
Bentuk Losion
Masalah kulit Kulit sensitif
Proteksi dari sinar UVYa (SPF 15/PA++)
6

Garnier Bright Complete Vitamin C Serum Cream

50 ml

Mulai dari Rp 65.000,00

Jenis kulit Semua jenis kulit
Bentuk Krim
Masalah kulit Kulit berjerawat
Proteksi dari sinar UVYa (SPF 36/PA+++)
5

Joylab Moisture Bomb - Pudding Gel Creme

30 gram

Mulai dari Rp 145.000,00

Jenis kulit Semua jenis kulit, terutama kulit kering
Bentuk Gel krim
Masalah kulit Tidak ada
Proteksi dari sinar UVTidak ada
4

UnileverPond's Bright Beauty Day Cream for Oily Skin

20 gram

Mulai dari Rp 22.500,00

Jenis kulit Kulit berminyak
Bentuk Krim
Masalah kulit Tidak ada
Proteksi dari sinar UVTidak ada
3

WardahNature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel

Mulai dari Rp 38.000,00

Jenis kulit Kulit berminyak
Bentuk Gel
Masalah kulit Kulit sensitif
Proteksi dari sinar UVTidak ada
2

EminaMs. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

20 ml

Mulai dari Rp 24.000,00

Jenis kulit Kulit berminyak
Bentuk Gel
Masalah kulit Kulit berjerawat
Proteksi dari sinar UVYa (SPF 15)
1

SomethincCeramic Skin Saviour Moisturizer Gel

25 ml

Mulai dari Rp 169.000,00

Jenis kulit Kulit kering
Bentuk Gel
Masalah kulit Kulit berjerawat, kulit sensitif
Proteksi dari sinar UVTidak ada

Tabel perbandingan produk pelembab terbaik untuk remaja

Gambar produk
1
Somethinc Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel 1

Somethinc

2
Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel 1

Emina

3
Wardah Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel 1

Wardah

4
Unilever Pond's Bright Beauty Day Cream for Oily Skin 1

Unilever

5
Joylab  Moisture Bomb - Pudding Gel Creme 1

Joylab

6
Garnier  Bright Complete Vitamin C Serum Cream 1

Garnier

7
Galderma Cetaphil Daily Facial Moisturizer 1

Galderma

8
Beiersdorf Nivea Soft  1

Beiersdorf

9
Rohto  Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream 1

Rohto

10
Bioderma Sensibio Light 1

Bioderma

Nama produk

Ceramic Skin Saviour Moisturizer Gel

Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Nature Daily Aloe Hydramild Multifunction Gel

Pond's Bright Beauty Day Cream for Oily Skin

Moisture Bomb - Pudding Gel Creme

Bright Complete Vitamin C Serum Cream

Cetaphil Daily Facial Moisturizer

Nivea Soft

Acnes Natural Care Oil Control & Whitening Cream

Sensibio Light

Keunggulan

Kunci kelembapan dalam kulitmu sampai 24 jam!

Sahabat terbaik untuk kamu yang memiliki acne-prone skin

Temukan beragam kegunaan dalam satu produk

Kulit terasa mulus dan bebas kilap bukan lagi sekadar impian

Mempertahankan kelembapan lebih lama dan mengembalikan elastisitas kulit

Tidak hanya melembapkan, tetapi juga menyamarkan noda bekas jerawat

Melembapkan dan melindungi kulit yang sensitif

Ingin melembapkan wajah sekaligus badan? Bisa!

Dengan bahan natural, melembapkan serta mencegah jerawat datang kembali

Hypoallergenic dan bebas pewangi untuk menenangkan kulit sensitif

Harga mulai dariRp 169.000,00Rp 24.000,00Rp 38.000,00Rp 22.500,00Rp 145.000,00Rp 65.000,00Rp 273.900,00Rp 22.300,00Rp 31.500,00Rp 297.000,00
Jenis kulit Kulit kering Kulit berminyak Kulit berminyak Kulit berminyak Semua jenis kulit, terutama kulit kering Semua jenis kulit Semua jenis kulit Semua jenis kulit Kulit keringSemua jenis kulit
Bentuk GelGelGel Krim Gel krimKrim Losion Krim Krim Krim
Masalah kulit Kulit berjerawat, kulit sensitifKulit berjerawatKulit sensitif Tidak ada Tidak ada Kulit berjerawat Kulit sensitif Tidak ada Kulit berjerawat Kulit sensitif
Proteksi dari sinar UVTidak ada Ya (SPF 15)Tidak ada Tidak ada Tidak ada Ya (SPF 36/PA+++)Ya (SPF 15/PA++)Tidak ada Tidak ada Tidak ada
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar pelembap untuk remaja dan anak-anak

Pelembap dibutuhkan untuk menjaga kekenyalan dan elastisitas kulit wajah. Artikel ini telah membahas banyak hal mengenai pelembap untuk remaja. Setelah ini kami akan membahas beberapa pertanyaan khusus yang biasanya diajukan seputar pelembap remaja dan anak-anak.

Sebaiknya umur berapakah anak-anak boleh mulai memakai skincare?

Skincare seperti pelembap bisa digunakan sejak bayi. Terutama untuk anak-anak dengan kondisi dermatitis atopik, disarankan untuk memakan pelembap yang hipoalergenik.

Apakah pelembap untuk remaja hanya diperuntukkan untuk wajah?

Pelembap untuk remaja ataupun usia lainnya tidak hanya ditujukan untuk kulit wajah. Seluruh kulit tubuh juga membutuhkan pelembap karena pemakaiannya akan membuat perlindungan kulit makin kuat. Selain itu, tambahkan penggunaan sunscreen untuk mencegah tanda atau bercak di kulit akibat radikal bebas sinar UV.

Baca juga rekomendasi produk perawatan dan kosmetik remaja lainnya di sini

Selain pelembap, kamu mungkin membutuhkan produk perawatan lain dan kosmetik yang sesuai untuk kulit remaja. Tenang saja sebab kami sudah menyiapkan rekomendasinya. Klik link di bawah ini untuk membaca informasi lengkapnya!

Kesimpulan

Pelembap termasuk produk yang perlu segera kamu gunakan saat memasuki usia remaja. Alasannya, hidrasi merupakan bagian yang sangat penting dalam mendukung kesehatan kulit. Ketika mencari produk pelembap, jangan lupa pertimbangkan kesesuaiannya dengan jenis dan masalah kulitmu.


Tips memilih di atas bisa kamu jadikan panduan bila masih bingung dalam pemilihannya. Semoga kamu terbantu dengan artikel ini dan segera menemukan moisturizer yang tepat.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen sering dituduh menjadikan kulit berminyak dan berjerawat, padahal kenyataannya tidak begitu. Sunscreen yang tepat akan aman dipakai meski kulit Anda berjerawat, beruntusan, dan sensitif sekalipun. Justru saat Anda berjerawat dan tidak menggunakan sunscreen, bekas jerawat bisa menghitam.Kali ini kami telah menyiapkan cara memilih sunscreen untuk kulit berjerawat, lengkap dengan rekomendasi sunscreen yang bagus untuk Anda. Simak juga komentar menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Rahma Evasari, SpDV. Mari temukan beragam merek sunscreen terbaik, seperti Wardah, Skin Aqua, Biore, dan Azarine di artikel ini!
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Jerawat adalah permasalahan kulit yang umum terjadi pada remaja atau dewasa, baik itu wanita maupun pria. Untuk mencegahnya timbul, bersihkanlah wajah Anda dengan sabun cuci muka untuk kulit berjerawat. Pilihlah sabun muka untuk wajah berjerawat berdasarkan jenis kulit, seperti kulit berminyak, kering, dan sensitif.Kali ini, kami menyiapkan tips memilih facial wash untuk kulit berjerawat. Rekomendasi merek sabun muka untuk kulit berjerawat yang bagus, seperti Cetaphil, Safi, dan SENKA bisa Anda temukan. Dokter spesialis kulit, dr. Dia Febrina, juga akan ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Perawatan wajah
  • 10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sabun Cuci Muka Terbaik untuk Mencerahkan Kulit - Ditinjau oleh Cosmetologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit yang cerah dan sehat berawal dari sabun cuci muka yang bagus. Untuk mendapatkan kulit glowing, Anda bisa memilih sabun cuci muka untuk mencerahkan wajah. Namun, dari banyaknya sabun pencerah wajah, manakah yang tepat untuk Anda?Tak perlu cemas, kami punya tips memilih sabun muka untuk mencerahkan wajah sekaligus rekomendasi sabun cuci muka untuk Anda. Beragam merek sabun wajah terbaik, seperti Wardah, Avoskin, dan SENKA hadir dalam ulasan kami. Ada juga tips dari cosmetologist, dr. Dessy Esa S. Yuk, simak ulasan kami sampai habis.
    Perawatan wajah
  • 10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Physical Sunscreen Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang wajib digunakan setiap hari. Ada beberapa jenis sunscreen yang dapat melindungi Anda dari paparan sinar matahari, salah satunya physical sunscreen. Physical sunscreen adalah tabir surya yang bekerja dengan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunscreen ini tidak menyumbat pori-pori sehingga cocok untuk kulit sensitif atau berjerawat.Merek skincare lokal, seperti SOMETHINC dan JOYLAB, maupun brand luar, seperti Innisfree, menawarkan physical sunscreen yang bagus. Review produk physical sunscreen terbaik lainnya akan kami sajikan berikut ini. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Prawindra Irawan.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Retinol Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu skincare yang populer saat ini adalah serum wajah yang mengandung retinol. Serum retinol menawarkan banyak manfaat terutama untuk mencegah penuaan dan menjaga elastisitas kulit. Harga jual retinol serum pun bervariasi mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu rupiah.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih retinol serum terbaik untuk Anda. Kami juga akan membahas beberapa rekomendasi produk serum retinol yang bagus, seperti dari merek Somethinc, Avoskin, dan Olay. Artikel ini sudah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Ida Ayu Diah Purnama dan dr. Dian Pratiwi. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • 10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Produk Eksfoliasi Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda selalu mengalami regenerasi sehingga sel-sel kulit mati perlu diangkat agar tidak menghambat pertumbuhan kulit baru. Eksfoliasi merupakan istilah untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Sebenarnya, eksfoliasi sangat penting untuk semua jenis kulit. Siapa bilang kulit berjerawat, sensitif, dan kering tidak boleh dieksfoliasi?Kali ini, kami akan memberikan tips memilih produk eksfoliasi yang bagus. Kami juga menyiapkan rekomendasi produk dari berbagai merek, seperti Avoskin, Wardah, COSRX, dan lainnya. Simak juga informasi menarik dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina, M.Biomed, Sp.KK.
    Perawatan wajah
  • 10 Serum Anti-aging Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Serum Anti-aging Lokal Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Saat ini, brand kosmetik lokal memiliki berbagai produk perawatan kulit berkualitas, termasuk serum anti-aging. Sesuai namanya, serum ini digunakan untuk memperlambat penuaan kulit. Serum anti-aging lokal juga memiliki manfaat lain, seperti mencerahkan kulit, serta mengatasi kulit berminyak dan berjerawat.Pada artikel ini, terdapat rekomendasi merek serum anti-aging lokal yang bagus, seperti Inez, Wardah, Y.O.U, dan Organic Basic. Kami juga menyediakan tips memilih serta review produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Putu Ayu Elvina. Selamat membaca!
    Perawatan wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori