1. TOP
  2. >
  3. Fashion wanita
  4. >
  5. Pakaian wanita muslim
  6. >
  7. 10 Gaun Pengantin Muslimah Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Gaun Pengantin Muslimah Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Gaun Pengantin Muslimah Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Gaun Pengantin Muslimah Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Gaun Pengantin Muslimah Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Gaun Pengantin Muslimah Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Gaun Pengantin Muslimah Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2023)

Memilih baju pengantin menjadi hal paling krusial menjelang hari pernikahan. Banyak wanita mempersiapkan gaun pengantin atau baju akad nikah jauh-jauh hari agar mendapatkan yang terbaik. Hal ini karena gaun pengantin akan menjadi salah satu center of attention dalam acara pernikahan.


Kini tersedia baju pengantin muslimah yang dirancang khusus untuk wanita muslim. Kami akan memberikan rekomendasi gaun pengantin muslimah yang bagus. Gamis akad nikah syar'i dari merek Hijab Alila, Hijabisme, dan lainnya ada di sini. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, simak tips memilihnya!

Diperbaharui 12-21-2022
Pakar
Makeup artist
Dini Indriyani

Sering disapa Teh Dini, makeup artist yang berfokus pada wedding makeup ini memulai perjalanan profesionalnya sejak 2011 di Bandung. Dini kemudian melanjutkan kariernya di Jakarta sejak 2013. Meskipun memiliki spesialisasi di bidang airbrush makeup, Dini juga menguasai genre makeup yang lain. Karena itu, sejak 2016 Dini aktif memberikan workshop serta private class di berbagai kota. Dini juga pernah menjadi mentor di Sanggar Liza Beauty Course sampai tahun 2019.

Profil Dini Indriyani
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Pernikahan dan gaun pengantin dalam budaya muslim secara umum

Pernikahan dan gaun pengantin dalam budaya muslim secara umum

Pernikahan merupakan salah satu peristiwa yang penting dan suci dalam budaya muslim. Di berbagai belahan dunia ada berbagai tradisi dan ritual pernikahan yang dilakukan. Namun, tradisi dan ritual pernikahan tersebut berkiblat pada aturan Al-Qur'an.


Baju pengantin yang dikenakan dalam pernikahan muslim pun tetap berpegang dalam aturan tersebut. Meski demikian, bukan berarti gaun pengantin muslimah akan monoton dan kaku. Kreativitas para perancang busana telah memadukan syariat dan keindahan sehingga menghasilkan baju pengantin yang menawan.


Nah, bagaimana syarat baju pengantin muslimah? Seperti kaidah busana muslimah pada umumnya, gaun pengantin muslimah harus memenuhi dua syariat atau hukum Islam. Pertama, gaun pengantin muslimah harus berpotongan longgar dan tidak menampakkan lekuk tubuh. Kedua, gaun pengantin juga harus menutupi semua bagian tubuh wanita, kecuali wajah dan telapak tangan.


Apabila sudah memenuhi dua ketentuan tersebut, selebihnya Anda bebas untuk mengeksplorasi. Anda bisa memilih warna sesuai kesukaan. Selain itu, Anda juga tidak perlu terpaku pada satu model saja. Saat ini sudah banyak pilihan model baju akad nikah yang sesuai syariat.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih gaun pengantin muslimah

Ada beberapa poin yang harus Anda perhatikan saat memilih gaun pengantin muslimah, seperti bahan dan model. Berikut penjelasan lengkap yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih baju akad nikah syar'i.

① Ketahui berbagai model gaun pengantin muslimah

Ada berbagai rancangan gaun pengantin muslimah atau dress akad nikah yang modis, tetapi berpegang teguh pada syariat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Kebaya, memadukan unsur tradisional dan modern

Kebaya, memadukan unsur tradisional dan modern

Jika Anda menginginkan tampilan yang tradisional khas wanita Indonesia, kebaya bisa jadi pilihan yang tepat. Saat ini sudah banyak kebaya yang dirancang khusus untuk muslimah sehingga pastinya telah memenuhi syariat. Contohnya, sudah banyak tersedia cape dengan payet untuk menutupi area dada.


Biasanya gaun pengantin muslimah model kebaya modern akan dibuat lebih longgar dan berbentuk long dress. Untuk menyamarkan lekuk tubuh pengantin, di bagian tertentu biasanya diberi tambahan kain tulle. Penggunaan aksesori adat juga tidak perlu terlalu mengikuti pakem karena kadang tidak match dengan konsep hijab yang memenuhi kaidah syariat.


Jika Anda menginginkan kebaya berpakem tradisional, pastikan kebaya yang dipilih lebih longgar dan menyamarkan lekuk tubuh. Untuk menutupi bagian tubuh yang masih terbuka, Anda dapat mengenakan manset. Manset bisa menghindari warna kulit yang terlihat atau bahan tipis yang transparan saat terkena cahaya terang. Selain itu, pilihlah model hijab yang bisa menyamarkan lekuk tubuh bagian depan Anda.

Ball gown, tampil glamor dengan sentuhan model gaun internasional

Ball gown, tampil glamor dengan sentuhan model gaun internasional

Kata siapa muslimah tidak bisa tampil glamor dalam acara pernikahannya? Untuk Anda yang ingin tampil bak Cinderella, gaun pengantin muslimah model ball gown bisa dipilih. Gaun pengantin ini pada dasarnya merupakan adaptasi dari model gaun pernikahan internasional.


Model ini biasanya memiliki bentuk atasan yang fit in body dengan bagian rok bervolume. Ball gown dengan konsep fit in body perlu dilengkapi hijab yang panjang sehingga bisa turun melebihi dada. Khimar atau cape yang sesuai bisa dipilih.


Namun, Anda yang bertubuh mungil sebaiknya mempertimbangkan kembali karena model ball gown akan membuat Anda terlihat "tenggelam". Faktor lokasi juga perlu dipertimbangkan karena konsep ini paling sesuai untuk venue yang luas.

Indian style, tampil memukau bak aktris Bollywood

Indian style, tampil memukau bak aktris Bollywood

Anda yang jenuh dengan model tradisional atau Barat bisa mempertimbangkan baju pengantin model India. Model gaun ini terinspirasi dari pakaian tradisional khas India, yaitu ghagra choli dan sari. Ghagra choli merupakan pakaian adat yang juga dikenal dengan sebutan lehenga choli. Lehenga choli dikenakan saat acara besar, seperti festival, acara keagamaan, atau pernikahan.


Lehenga choli biasanya dipadukan dengan sari (kain tanpa jahitan yang dililitkan di tubuh). Pakaian yang biasa dikenakan oleh wanita Hindu ini menutupi seluruh tubuh dan tidak memperlihatkan lekuk tubuh. Karena itu, perpaduan lehenga choli dan sari juga cocok dikenakan oleh muslimah. Anda hanya perlu memadukan gaya hijab yang sesuai.

Model lainnya, eksplorasi tanpa batas

Model lainnya, eksplorasi tanpa batas

Selain beberapa model di atas, masih banyak model lain yang tersedia di pasaran. 


  • Anda bisa memilih gaun pengantin muslimah dengan potongan A-line. Model ini memiliki ciri lingkar pinggang yang pas dan rok yang melebar. Gaun jenis ini disebut-sebut sebagai salah satu siluet dress akad nikah yang paling bagus.

  • Ada pula model boho yang akhir-akhir ini menjadi tren. Gaun akad model boho diadaptasi dari gaya bohemian yang menjadi tren pada 1960-an. Lengan berkibar romantis, detail manik-manik bunga, dan rok A-line yang mengalir membentuk gaun bohemian yang sempurna. Gaun model boho dan A-line bisa dikombinasikan dengan aksesori, seperti crown atau bahkan melati.

Di samping itu, masih banyak model baju pengantin yang bisa dieksplorasi oleh para muslimah. Pada intinya, syariat bukanlah benturan berarti bagi muslimah untuk tampil memikat pada hari spesialnya.

② Perhatikan detail kelengkapannya

Selain modelnya, Anda juga harus memperhatikan setiap detail kelengkapan dari gaun pengantin muslimah. Beberapa detail yang perlu diperhatikan adalah warna dan motif kain, gaya hijab yang cocok, serta aksesori tambahan. Simak uraiannya di bawah ini.

Warna dan motif kain, mendukung kesesuaian dengan tema pesta pernikahan

Warna dan motif kain, mendukung kesesuaian dengan tema pesta pernikahan

Pada dasarnya, tema pernikahan merupakan kunci dari sebuah pesta. Misalnya, jika Anda dan pasangan menyukai pantai, tema beach party berdekorasi serbaputih mungkin terasa cocok. Untuk tema ini, gaun pengantin muslimah putih bermodel boho akan menjadikan Anda pusat perhatian.


Untuk acara pernikahan bertema simplicity atau modesty, gaun berwarna lembut seperti pastel bisa dijadikan pilihan. Dengan potongan gamis atau A-line, Anda tetap bisa tampil feminin dan anggun.

Gaya hijab dan cadar, makin anggun saat serasi dengan gaun

Gaya hijab dan cadar, makin anggun saat serasi dengan gaun

Ketika memilih baju pengantin muslimah, jangan lupa mengecek ketersediaan hijab karena tidak semua vendor menyediakannya. Menentukan hijab yang sesuai dengan gaun pengantin memang terbilang cukup tricky. Pemilihan model hijab dan cadar yang salah membuat penampilan Anda kurang sempurna. Karena itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal. 


Pertama, pastikan bahwa tampilan keseluruhan Anda tidak berlebihan. Apabila Anda akan memakai gaun pengantin muslimah penuh payet, kenakan hijab polos dengan gaya yang simple. Anda pasti akan terlihat lebih anggun. Kedua, pilih warna yang serasi dengan gaun pengantin. Tidak harus senada dengan warna gaun, Anda juga bisa mix and match dengan warna lain yang sesuai.

Pemilihan model hijab juga perlu disesuaikan dengan bentuk wajah. Perlengkapannya harus disiapkan sesuai dengan kebutuhan, seperti ciput model topi, ciput rajut, atau ciput polos. Jika Anda menyewa gaun pengantin, pastikan hijab dan kelengkapan tersebut sudah disediakan sesuai permintaan.

Aksesori tambahan, menyempurnakan penampilan gaun pengantin

Aksesori tambahan, menyempurnakan penampilan gaun pengantin

Beberapa vendor mungkin telah menyertakan aksesori yang satu set dengan gaun pengantin, seperti headpiece atau sarung tangan. Namun, banyak pula yang tidak sehingga Anda harus memilih sendiri aksesori yang akan digunakan. Tak perlu bingung, Anda bisa mengikuti beberapa tips dari kami.


  • Pilihlah warna yang serasi dengan baju akad nikah Anda. Pertimbangkan juga aksesori yang simpel, tetapi bisa menjadi pusat perhatian, seperti headpiece atau bros.
  • Jika ingin menggunakan headpiece, selalu siapkan (atau minta vendor menyiapkan) beberapa pilihan. Selanjutnya, cocokkanlah ketika makeup sudah selesai. Faktor kenyamanan pun harus diperhitungkan mengingat Anda akan menggunakan aksesori ini dalam waktu yang lama.

③ Pilih kain yang nyaman

Pilih kain yang nyaman

Dalam memilih baju pengantin, bahan kain menjadi unsur yang sangat penting karena menyangkut kenyamanan penggunaan. Jangan sampai Anda membeli gaun akad dengan harga mahal, tetapi tidak tidak cocok dengan bahan kain yang digunakan. Beberapa tips berikut bisa menjadi bekal untuk Anda dalam memilih bahan kain.


  • Pilih kain berdasarkan tempat acara berlangsung. Kain yang ringan dan memberi kelegaan bisa dipilih untuk area outdoor, seperti chiffon atau georgette.

  • Carilah kain dengan struktur kuat untuk desain gaun yang rumit. Ball gown merupakan salah satu desain gaun yang rumit sehingga memerlukan kain yang strukturnya kuat. Untuk itu, pilihlah gaun dengan bahan taffeta, organza, atau satin.

  • Pastikan bahannya lembut dan jatuh jika Anda memilih desain gaun yang sederhana. Kain chiffon tipis, tulle, atau lace cocok untuk dipilih dalam skenario ini.

10 Rekomendasi gaun pengantin muslimah terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk gaun pengantin muslimah terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Akad Kebaya Ekor

 Akad Kebaya Ekor 1枚目

Tampil klasik dalam balutan kebaya akad putih bersih

2

Chiobushop

Alisyana Wedding Dress

Chiobushop Alisyana Wedding Dress  1枚目

Tema simple minimalist untuk gaun pernikahan muslim modern

3

Galeri Jordan

Gamis Akad Walimah Brokat

Galeri Jordan Gamis Akad Walimah Brokat 1枚目

Gamis brokat berfuring satin, tidak menerawang

4

Gaun Akad Walimah Syar'i

 Gaun Akad Walimah Syar'i 1枚目

Full set baju akad syar'i lengkap, bisa request cadar hingga selendang khimar

5

Gaun Pengantin Bahan Tile Akar

 Gaun Pengantin Bahan Tile Akar 1枚目

Tampil glamor ala putri raja dengan ball gown pengantin muslimah

6

Zenira Boutique

Arunika Wedding Dress

Zenira Boutique Arunika Wedding Dress 1枚目

Keanggunan yang syar'i dari kombinasi gamis dan ball gown

7

Set Lehengga Merak Bludru

 Set Lehengga Merak Bludru 1枚目

Mewahnya full set gaun pengantin India lengkapi extravagant wedding dan henna night

8

Hijabisme

Almeera Set Gamis Wedding

Hijabisme Almeera Set Gamis Wedding  1枚目

Tetap adem meski dibalut cadar dan khimar

9

FND Labels

Juliete Premium Gown

FND Labels Juliete Premium Gown 1枚目

Didesain apik untuk Anda yang bertubuh mungil

10

Hijab Alila

Gamis Akad Sulthanah

Hijab Alila Gamis Akad Sulthanah 1枚目

Gamis akad syar'i yang fleksibel, cocok untuk bentuk tubuh apa pun

Perincian produk
Close
No.1

Akad Kebaya Ekor

Mulai dari Rp250.000,00

Tampil klasik dalam balutan kebaya akad putih bersih

Kelebihan:

  • Kebaya berekor panjang dengan detail bordir penuh
  • Berkerah tinggi sehingga lebih sopan menutupi leher
  • Ada pilihan size jumbo

Kekurangan:

  • Belum termasuk rok bawahan/jarit
  • Anda perlu menambahkan manset atau tambahan furing agar lebih sesuai syariat
  • Kebaya belum ditambahkan detail payet

Untuk Anda yang ingin menikah sesuai adat Jawa, kebaya modern bisa menjadi pilihan. Kebaya ini dapat dipakai oleh muslimah. Namun, Anda tetap membutuhkan manset karena beberapa bagian kebayanya transparan. Karena sudah dilengkapi veil, Anda tinggal menambahkan hijab putih polos. Jadi, Anda bisa tetap tampil klasik dan islami, deh! Tinggal tambahkan bawahan jarit ataupun lurik.

No.2

ChiobushopAlisyana Wedding Dress

Mulai dari Rp230.000,00

Tema simple minimalist untuk gaun pernikahan muslim modern

Kelebihan:

  • Model gaun polos simpel tanpa aksen
  • Bebas kustomisasi warna, ukuran, model gaun, atau menambahkan ekor

Kekurangan:

  • Baju made by order, butuh PO sekitar 2–7 hari
  • Gaun pengantin mungkin dinilai terlalu sederhana bagi sebagian orang, tambahkan headpiece mewah untuk mengakalinya

Konsep minimalis elegan menjadi salah satu gaya wedding dress terpopuler pada era 2020-an. Selain gamis pengantin syar'i polos, ada juga gaun pengantin muslim A-line yang didesain simpel dan clean ini. Anda bebas memilih warna dan model dress yang diinginkan, bahkan memesan panjang ekor gaun mulai dari 30–100 cm. Pilihan ukurannya mencapai 6L atau bisa request yang lebih besar!

No.3

Galeri JordanGamis Akad Walimah Brokat

Mulai dari Rp210.000,00

Gamis brokat berfuring satin, tidak menerawang

Kelebihan:

  • Model syar'i dengan potongan loose dan furing dalam
  • Aksen motif pada brokat (tulle) dan payet mutiara menambah kesan mewah


Kekurangan:

  • Beberapa pengguna mendapatkan pakaian yang jahitannya kurang rapi


Meski didesain untuk muslimah, beberapa gaun pengantin brokat mungkin agak menerawang sehingga Anda perlu manambah furing. Untuk tampil syar'i, Anda bisa memilih gamis akad ini. Bahannya berupa tulle premium dengan furing satin yang tidak menerawang. Tambahan payet mutiara membuatnya kian spesial. Harganya juga ekonomis, tetapi memberikan Anda tampilan modest untuk akad.

No.4

Gaun Akad Walimah Syar'i

Mulai dari Rp410.000,00

Full set baju akad syar'i lengkap, bisa request cadar hingga selendang khimar

Kelebihan:

  • Bisa request warna, ukuran, cutting, dan beragam tambahan aksesori serta bonus aksesori
  • Model syar'i dengan detail payet bordir bunga yang tidak berlebihan
  • Tiga pilihan bahan berbeda

Kekurangan:

  • Untuk bonus aksesori mahkota, buket bunga pengantin, dan sarung tangan, Anda hanya bisa memilih salah satu

Jika tidak ingin repot, pilihlah gaun pengantin muslimah syar'i yang sudah full set dengan aksesori ini. Selain itu, Anda juga bisa memesan bahan, warna, ukuran, hingga aksesori yang diinginkan! Ada pilihan hijab, cadar, selendang, ataupun masker pengantin. Model bajunya pun bisa di-request ingin menggunakan tali atau karet di bagian pinggangnya.


Jika membeli full set, Anda juga mendapat bonus aksesori, seperti mahkota! Jadi, tak perlu repot membeli banyak tambahan aksesori lagi, ya. Selain itu, seller menawarkan tiga bahan gaun, yaitu maxmara, velvet cavali, dan cavali puresilk. Tiap bahan memiliki keunggulan berbeda.

No.5

Gaun Pengantin Bahan Tile Akar

Mulai dari Rp850.000,00

Tampil glamor ala putri raja dengan ball gown pengantin muslimah

Kelebihan:

  • Ball gown dengan desain full payet dan bordir, sangat mewah
  • Banyak pilihan warna

Kekurangan:

  • Bagian lengan berbahan tulle transparan, Anda perlu mengenakan manset jika ingin tampil lebih syariat

Ball gown ini akan membuat semua orang terpana saat Anda mengenakannya. Detail bordir dan payet yang memenuhi gaun akan mengalihkan perhatian dari lekuk tubuh sekaligus membuat Anda tampak glamor. Harganya pun masih cukup terjangkau. Anda bisa tampil bak putri raja dengan ball gown yang tersedia dalam banyak varian warna ini. Kenakanlah untuk acara resepsi Anda.

No.6

Zenira BoutiqueArunika Wedding Dress

Mulai dari Rp549.000,00

Keanggunan yang syar'i dari kombinasi gamis dan ball gown

Kelebihan:

  • Potongan rok umbrella yang superlebar
  • Full lapisan tulle bordir dan taburan payet mutiara di seluruh gaun memberikan kesan mewah
  • Bahan roberto cavali yang lembut dan glamor

 

Kekurangan:

  • Motif brokat dapat berbeda karena menyesuaikan dengan stok

Gamis umumnya memiliki potongan A-line ataupun loose dengan sedikit ekor panjang. Nah, apakah Anda mencari gamis akad dengan rok yang megar serta berekor panjang? Pilihlah gaun ini. Zenira Boutique menggabungkan konsep gamis dan ball gown pada Arunika Wedding Dress. Hasilnya, Anda mendapatkan gaun gamis yang sangat anggun dipakai pada resepsi. 

No.7

Set Lehengga Merak Bludru

Mulai dari Rp1.200.000,00

Mewahnya full set gaun pengantin India lengkapi extravagant wedding dan henna night

Kelebihan:

  • Set lengkap baju pengantin India
  • Lebih dari 40 pilihan desain dan motif yang mewah

Kekurangan:

  • Anda perlu menambahkan manset jika memilih desain baju pengantin yang tidak berkerah tinggi
  • Belum dilengkapi hijab

Ada beberapa selebritas tanah air yang merayakan acara pernikahan dengan adat India. Jika Anda memiliki tema pernikahan serupa atau ingin menyelenggarakan henna night, pertimbangkan set lehenga mewah. 


Dengan bahan velvet serta aplikasi bordir payet berkilauan, gaun pengantin India ini tampak sangat mewah. Tak perlu menambahkan aksesori lagi. Selain motif merak, ada juga motif lainnya. Pilihlah lehenga berkerah tinggi sehingga Anda tidak perlu menambahkan manset, ya.

No.8

HijabismeAlmeera Set Gamis Wedding

Mulai dari Rp659.000,00

Tetap adem meski dibalut cadar dan khimar

Kelebihan:

  • Pilihan baju akad nikah untuk Anda yang mengenakan niqab atau cadar
  • Model minimalis tanpa banyak aksen

Kekurangan:

  • Desain yang polos mungkin dinilai kurang mewah untuk acara pernikahan bagi sebagian orang

Untuk Anda yang mencari baju pengantin muslimah syar'i dengan cadar, Almeera Set dari Hijabisme adalah jawabannya. Gamis akad muslimah bercadar ini terbuat dari bahan maxmara ultimate yang mirip satin, tetapi teksturnya halus. Kainnya juga bersifat ringan, licin, flowy, dan tidak transparan. Bahannya pun adem dan tidak membuat Anda gerah meski mengenakan cadar dan khimar.

No.9

FND LabelsJuliete Premium Gown

Mulai dari Rp729.000,00

Didesain apik untuk Anda yang bertubuh mungil

Kelebihan:

  • Aksen slayer pada bahu yang anggun
  • Aksesori belt di pinggang memberikan siluet pinggang kecil
  • Desain berpayet penuh yang mewah

Kekurangan:

  • Desain yang body fit kurang direkomendasikan untuk Anda yang ingin menyamarkan kekurangan tubuh

Gaun pengantin muslimah ini dirancang dengan satin velvet berlapis tulle lace penuh payet yang mewah. Dengan model yang cenderung fit to body, gaun ini lebih cocok untuk Anda yang memiliki tubuh ramping.


Gaun ini juga menyediakan belt yang bisa memberikan ilusi tubuh tinggi untuk Anda yang memiliki tubuh mungil. Namun, sebaiknya longgarkan desain gaun ini mulai dari bagian dada hingga pinggul jika Anda ingin menyamarkan lekuk tubuh.

No.10

Hijab AlilaGamis Akad Sulthanah

Mulai dari Rp425.000,00

Gamis akad syar'i yang fleksibel, cocok untuk bentuk tubuh apa pun

Kelebihan:

  • Model syar'i dengan potongan loose dan desain wudhu-friendly
  • Desain simpel dengan hanya detail bordir bunga minimalis


Kekurangan:

  • Hijab dijual terpisah
  • Desainnya mungkin dianggap terlalu sederhana bagi sebagian orang

Ada ingin gamis pengantin hijab yang simpel, tetapi sesuai syariat? Gamis Sulthanah rancangan Hijab Alila bisa masuk ke dalam list Anda. Dengan kain maxmara sebagai bahan dalam, gamis ini menutupi tubuh dengan baik. Bahan luarnya menggunakan kain ceruti sehingga memancarkan kesan lemah lembut.


Potongan gaun yang longgar akan menyamarkan semua bentuk tubuh dan Anda bisa bergerak lebih bebas. Bagian tangannya juga didesain dengan tambahan ritsleting untuk memudahkan Anda berwudu.

Tips menyewa gaun pengantin dari makeup artist kami, Dini Indriyani

Tips menyewa gaun pengantin dari makeup artist kami, Dini Indriyani

Sebaiknya lakukan fitting terlebih dahulu untuk gaun sewaan, terutama fitting akhir pada 1–2 minggu sebelum hari pernikahan. Tempat penyewaan biasanya menugaskan seseorang pada hari pernikahan untuk membantu proses bongkar pasang. Selain itu, akan dilakukan proses menjahit (dengan tangan) agar ukuran gaun lebih pas (bila bahannya brokat atau tulle).

Baca juga rekomendasi perlengkapan pernikahan lainnya di sini

Kami juga telah mengulas beberapa produk perlengkapan pernikahan selain gaun pengantin muslimah. Anda bisa menemukan rekomendasi buket bunga pengantin, kado pernikahan islami, dan undangan pernikahan. Yuk, baca ulasannya di link berikut!

Kesimpulan

Setelah membaca ulasan di atas, sudahkah Anda menemukan gaun pengantin muslimah terfavorit? Dengan memilih produk yang tepat, Anda akan tampil memukau di momen sakral dalam hidup.


Hal yang perlu diingat adalah syariat bukan penghalang untuk memilih baju pengantin terbaik. Saat ini banyak perancang yang berinovasi sesuai syariat meski terinspirasi dari model barat atau adat setempat. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat berbelanja!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer