1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Komedi Korea Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Industri perfilman Korea memang dikenal dengan kisah-kisah melodramanya. Namun, banyak film Korea bergenre komedi yang justru sukses menembus box office. Film Parasite bahkan mampu berprestasi di dua ajang bergengsi dunia, menempatkannya sebagai film komedi hitam Korea yang wajib ditonton.


Film komedi Korea digemari karena ceritanya yang segar serta mampu mengendurkan urat tegang. Tak hanya Parasite, kami juga merekomendasikan film komedi Korea lainnya yang bagus, seperti Sweet & Sour, My Annoying Brother, dan Pawn. Untuk menemukan film yang sesuai dengan humor Anda, ikuti tips dari kami. Yuk, simak sampai habis!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih film komedi Korea

Sebelum melihat rekomendasi film komedi Korea terbaik, tak ada salahnya untuk membaca beberapa tips dari kami. Kami telah menyiapkan beberapa cara memilih film komedi Korea yang lucu dan dapat mengocok perut Anda.

① Kenali tipe film komedi Korea

Saat memilih film komedi Korea, ada baiknya anda mengenali tipe filmnya terlebih dahulu. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui lebih jelas arah plot dan cerita film yang akan ditonton. Terdapat lima macam tipe film komedi Korea yang kami simpulkan. Lebih jelasnya, simak paparan berikut ini.

Komedi romantis, kisah cinta yang dibalut dengan karakter jenaka

Komedi romantis, kisah cinta yang dibalut dengan karakter jenaka

Film komedi romantis Korea adalah tipe film yang paling banyak diminati. Hal ini karena kisah romantis umumnya dapat menarik perhatian banyak penonton. Daya tariknya kian bertambah jika disandingkan dengan humor ringan yang menghibur dan dekat dengan kehidupan sehari-hari.


Para pencinta film komedi romantis Korea akan menemukan banyak pilihan judul film tipe ini. Anda dapat memilih kisah cinta menggemaskan ala anak SMA yang kocak, atau pekerja kantor yang banyak gengsi. Tingkah-tingkah jenaka para tokoh yang sedang jatuh cinta ini akan membuat Anda tertawa lepas dan betah menonton hingga akhir.

Komedi drama, menggabungkan drama hangat yang mendorong gelak tawa

Komedi drama, menggabungkan drama hangat yang mendorong gelak tawa

Ketenaran film komedi Korea ternyata tidak lepas dari sentuhan drama yang telah menjadi ciri khas film Negeri Ginseng ini. Dengan kisah sederhana tentang hubungan manusia yang hangat dan menimbulkan gelak tawa, tak heran jika tipe film ini banyak disukai. Selain itu, Anda akan tergugah dengan pesan-pesan kehidupan yang tersirat dalam film.


Film komedi drama Korea terbilang banyak diproduksi, tetapi hanya beberapa saja yang meledak saat dirilis. Jika ada judul yang mencuri perhatian Anda, sebaiknya siapkan tisu sebelum mulai menontonnya. Adegan dramatisnya dijamin akan membuat Anda menangis sekaligus ingin tertawa dalam waktu bersamaan.

Komedi gelap, menampilkan topik berat penuh sindiran

Komedi gelap, menampilkan topik berat penuh sindiran

Jika Anda menyukai film dengan topik berat penuh sindiran, maka pilihlah tipe komedi gelap. Meskipun plot cerita yang diangkat cenderung khas Korea Selatan, Anda tetap bisa merasa dekat dengan tema filmnya. Beberapa tema yang kerap ditemui adalah keserakahan dan diskriminasi kelas yang menjadi perhatian masyarakat belahan dunia mana pun.


Komedi gelap banyak digemari bukan hanya karena topiknya yang kritis, tetapi juga selipan humornya yang melepas ketegangan. Salah satu judul yang menarik adalah Alice in Earnestland karya sutradara dan penulis Ahn Gooc-jin. Film yang penuh kritikan tersebut membahas tentang usaha nekat seorang perempuan mengatasi kesulitan keuangan. Meskipun menampilkan sebuah tragedi, Anda akan dibuat tersenyum dengan lucunya aksi sang tokoh utama.

Komedi slapstick, komedi fisik penuh tingkah kocak para tokoh

Komedi slapstick, komedi fisik penuh tingkah kocak para tokoh

Ada banyak film komedi Korea yang berani menampilkan komedi slapstick di beberapa adegan filmnya. Karena itu, Anda akan lebih sering menemukan adegan dengan humor fisik ini dalam tipe film komedi lain.


Anda akan disuguhkan dengan pergulatan protagonis dan antagonis yang bukannya seram, tetapi malah mengundang tawa. Ada juga adegan tunggal komedi slapstick yang diperankan sang tokoh karena kecerobohannya. Perilaku-perilaku kocak para tokoh inilah yang menjadikan adegan film komedi Korea kaya akan kualitas humor fisiknya.

Komedi aksi, plot laga penuh aksi yang mengundang tawa

Komedi aksi, plot laga penuh aksi yang mengundang tawa

Plot laga selalu identik dengan aksi heroik para tokoh menumpas kejahatan. Biasanya, film aksi cukup menguras konsentrasi karena adegannya yang serba tangkas, cepat, dan padat. Namun, ini akan berbeda jika dipadukan dengan aksi komikal tokoh protagonis saat melawan musuhnya. Anda justru tertawa terbahak-bahak saat menonton kekonyolan aksi laga film tipe ini.


Karena itu, menonton film komedi aksi dapat membantu Anda menghilangkan stres. Anda tidak perlu takut karena adegan-adegan ekstremnya lebih ringan daripada film aksi biasa. Sekali mencoba menonton, dijamin Anda akan ketagihan mencari judul menarik lain dari film tipe ini!

② Cek trailer dan ratingnya terlebih dahulu

Cek trailer dan ratingnya terlebih dahulu

Sebelum menonton, cari tahu terlebih dahulu sinopsis dan rating film di situs-situs ternama, misalnya IMDB atau Rotten Tomatoes. Hal ini adalah langkah tepat untuk melihat seberapa menarik cerita dan plot film komedi Korea yang Anda pilih. Namun, sinopsis dan rating bukan segalanya, karena tentu terasa kurang lengkap jika Anda tidak memeriksa trailer-nya juga.


Menonton trailer menghasilkan efek yang berbeda dengan membaca sinopsis. Visual trailer mempunyai kekuatan untuk menggambarkan dengan jelas dugaan alur cerita dan adegan yang muncul dalam film. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan kecocokan film komedi Korea tersebut untuk ditonton.

③ Cari tahu daftar pemerannya

Cari tahu daftar pemerannya

Mengetahui pemeran dalam film komedi Korea berpengaruh besar dengan kepuasan menonton. Misalnya, jika Anda penggemar Song Joong-ki, film komedi romantis yang dibintangi olehnya tentu akan lebih menarik minat Anda. Selain tampan dan dikenal hampir di seluruh dunia, kualitas aktingnya telah terbukti dari deretan penghargaan yang telah diterimanya.


Anda juga akan lebih puas menonton film komedi aksi yang terdapat nama Park Seo-joon dalam daftar pemerannya. Aktor yang akan memulai debut karir Hollywood bersama Marvel Cinematic Universe ini akan membuat pengalaman menonton Anda lebih seru. Menonton film laga memang lebih terasa nyaman jika ada wajah familier dengan kualitas akting yang top.


Selain kedua bintang papan atas tersebut, masih ada banyak pemeran film lain yang dapat meningkatkan keseruan menonton. Lee Sun-bin, Kim Young-kwang, Jin Seon-kyu, dan Yoo Hae-jin bahkan punya sederet judul film komedi yang booming. Jadi, cobalah cari tahu daftar pemeran untuk memastikan Anda puas dengan filmnya.

④ Lihat sutradara dan penulisnya

Lihat sutradara dan penulisnya

Poin terakhir adalah mencari tahu sutradara dan penulis film yang akan ditonton. Anda dapat melihat dari kesuksesan film-film ternama yang merupakan arahan beberapa sutradara dan penulis hebat. Berkat film Parasite, sutradara Bong Joon-ho bahkan lebih dikenal dunia dibandingkan pemeran-pemerannya.


Selain itu, ada juga sutradara Lee Byeong-heon yang mengarahkan banyak film komedi Korea sukses seperti Extreme Job dan Twenty. Sebelumnya, ia juga membantu menuliskan naskah skenario film yang juga masuk dalam daftar film komedi Korea terbaik sepanjang masa. Dengan keahlian sang sutradara di bidang film komedi, Anda tentu tak perlu meragukan kualitas film yang digarapnya.

10 Rekomendasi film komedi Korea terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film komedi Korea terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Barunson E&A

Parasite

Barunson E&A Parasite 1枚目

Masterpiece Bong Jon-hoo yang menyabet dua penghargaan internasional

2

JK Film, Redrover, Film Company Youn

Pawn

JK Film, Redrover, Film Company Youn Pawn 1枚目

Kisah dua penagih hutang dan seorang anak yang ditawan

3

Yong Film

The Beauty Inside

Yong Film The Beauty Inside 1枚目

Jatuh cinta dengan seseorang yang tiap hari berganti wajah

4

Movie Rock

Midnight Runners

Movie Rock Midnight Runners 1枚目

Siap-siap tertawa lepas berkat chemistry dua bintang hallyu Korea yang top

5

Good Choice Cut Pictures

My Annoying Brother

Good Choice Cut Pictures My Annoying Brother 1枚目

Konflik saudara antara penipu ulung dan atlet judo yang kocak

6

Filmmaker R & K

On Your Wedding Day

Filmmaker R & K On Your Wedding Day 1枚目

Nostalgia cinta pertama sang guru olahraga yang bermakna

7

KT Hitel, 26 Company, Gyebyeok Mulsan

Sweet & Sour

KT Hitel, 26 Company, Gyebyeok Mulsan Sweet & Sour 1枚目

Konflik LDR besutan sutradara bertangan dingin spesialis komedi

8

Megabox Plus M

Okay Madam

Megabox Plus M Okay Madam 1枚目

Humor slapstick dalam misi penyelamatan pesawat yang dibajak

9

Gnosis Company

Mission: Possible

Gnosis Company Mission: Possible 1枚目

Aksi tim investagi penyelundupan senjata yang komikal

10

AboutFilm, DCG Plus

Secret Zoo

AboutFilm, DCG Plus Secret Zoo 1枚目

Film adaptasi Webtoon tentang kebun binatang yang akan bangkrut

Perincian produk
Close
No.1

Masterpiece Bong Jon-hoo yang menyabet dua penghargaan internasional

Sutradara Bong Joon-ho telah lama dikenal oleh khalayak internasional lewat keterlibatannya dalam sinema Hollywood. Namun, Parasite adalah masterpiece yang mengantarkannya berjaya di dua ajang penghargaan film paling bergengsi, Oscars dan Palme d’Or. Film yang bertemakan kritik sosial si kaya dan si miskin ini memang sangat artistik dan menghibur.


Film ini sangat cocok bagi Anda pencinta film komedi gelap yang berbobot. Anda akan merasa terpuaskan dengan seni sinematografi dan dialog yang diselipkan humor cerdas. Dengan alur cerita yang dibangun apik, Anda juga dapat melihat kepintaran sang sutradara membangun konflik yang menyedot perhatian penonton.

No.2

JK Film, Redrover, Film Company YounPawn

Kisah dua penagih hutang dan seorang anak yang ditawan

Film dengan tema keluarga tanpa hubungan darah biasanya memiliki alur yang mudah ditebak. Akan tetapi, film-film tersebut dijamin akan menguras air mata para penontonnya, seperti film Pawn ini. Tampil sebagai pembuka pada Festival Film Korea London ke-15, film ini akan mencuri perhatian dan menebar kehangatan di hati Anda.


Kisah seorang anak yang menjadi tawanan hutang dan berdamai dengan penculiknya ini akan memberi Anda pandangan baru tentang keluarga. Karena itu, sebaiknya film komedi drama ini Anda nikmati saat bersantai bersama keluarga. Jadi, Anda akan merasa lebih baik meski tertawa dan menangis ketika menikmati cerita dan tingkah para karakter dalam film ini.

No.3

Yong FilmThe Beauty Inside

Jatuh cinta dengan seseorang yang tiap hari berganti wajah

The Beauty Inside adalah film sosial Amerika yang diadaptasi oleh Baek Jong-yeol menjadi sebuah film rom-com. Ia dianugerahi sutradara terbaik Daejong Film Awards berkat kepiawaiannya menguras emosi tiap karakter. Film ini punya plot unik dengan menghadirkan sederet artis kenamaan Korea.


Anda yang ingin menonton film komedi yang bertabur bintang, saksikan film ini. Anda akan puas menonton para artis memerankan satu karakter bernama Woo-jin yang tiap bangun tidur memiliki wajah baru. Woo-jin jatuh cinta dengan Yi-soo yang diperankan Han Hyo-joo. Akting sang aktris pun sangat dipuji lantaran memiliki chemistry yang kuat dengan beberapa artis yang berbeda.

No.4

Movie RockMidnight Runners

Siap-siap tertawa lepas berkat chemistry dua bintang hallyu Korea yang top

Untuk Anda yang ingin menonton film komedi Korea untuk menaikkan mood hingga tertawa terbahak-bahak, coba tonton Midnight Runners. Film ini menceritakan dua murid akademi polisi yang tak sengaja menyaksikan penculikan yang berujung pada perdagangan perempuan. Meski topiknya cukup gelap, film ini mampu mengocok perut Anda berkat dua bintang hallyu Korea, Park Seo-joon dan Kang Ha-neul.


Akting dan chemistry keduanya yang klop, tetapi konyol mengantarkan Midnight Runners meraup untung besar. Kombinasi komedi dan aksi yang disajikan sang sutradara memang sangat pas untuk menghibur Anda. Anda tidak akan merasa bosan, bahkan rasanya waktu 109 menit cepat berlalu saat menontonnya.

No.5

Good Choice Cut PicturesMy Annoying Brother

Konflik saudara antara penipu ulung dan atlet judo yang kocak

Siapa yang tidak pernah kesal dengan saudara sendiri? Premis yang disampaikan film ini sangat sederhana, tetapi menjadi jauh lebih menarik saat dieksekusi sang sutradara. Diceritakan dalam plotnya, Doo-shik adalah penipu ulung yang memanfaatkan kebutaannya adiknya, atlet judo bernama Doo-young, untuk mendapat pembebasan bersyarat.


Jo Jung-suk dan Doh Kyung-soo memerankan hubungan kakak beradik ini dengan sangat apik. Berkat akting cerdas keduanya, Anda serasa sedang menaiki roller coaster mood bersama Doo-young dalam menghadapi kakaknya. My Annoying Brother adalah film yang sangat pas ditonton bersama saudara.

No.6

Nostalgia cinta pertama sang guru olahraga yang bermakna

Woo-yeon, seorang guru olahraga, mengingat kembali cinta pertamanya setelah ditanyai oleh para murid. Film ini kemudian mengajak Anda mengikuti perjuangan cinta Woo-yeon yang tak pernah niat belajar hingga menjadi guru yang dicintai muridnya. Diiringi momen-momen lawak yang familier, komedi romantis ini memikat banyak penonton saat dirilis.


Anda tak akan berhenti tersenyum melihat Woo-yeon mengejar Seung-hee. Karena itu, film ini sangat pas ditonton jika Anda sedang ingin bernostalgia dengan kisah cinta masa SMA. Hati-hati, jangan sampai baper sewaktu menonton film ini!

No.7

KT Hitel, 26 Company, Gyebyeok MulsanSweet & Sour

Konflik LDR besutan sutradara bertangan dingin spesialis komedi

Sweet & Sour adalah film komedi keempat dari sutradara Lee Gye-byeok. Sutradara Lee Gye-byeok telah terkenal dengan tiga karya sebelumnya yang berhasil menembus box office. Sweet & Sour pun tak kalah sukses dengan memuncaki trending Netflix selama beberapa minggu.


Jika Anda penasaran dengan kepiawaian sang sutradara, tontonlah film komedi romantis dengan plot kejutan ini hingga habis. Anda akan dibuat menganga dan terpingkal mengetahui fakta di balik kisahnya. Selain itu, Anda pun akan jatuh cinta dengan ceritanya yang realistis mengenai konflik pasangan LDR dan juga tentang dunia kerja.

No.8

Megabox Plus MOkay Madam

Humor slapstick dalam misi penyelamatan pesawat yang dibajak

Liburan keluarga yang dinantikan tiba-tiba berubah jadi mencekam saat pesawat yang dinaiki keluarga Mi-young dan Seok-hwan dibajak sekelompok teroris. Dengan keahlian rahasia, keduanya memutuskan untuk melawan dan menyelamatkan para penumpang. Walaupun kisahnya klise, situasi gawat ini tidak akan membuat Anda mengantuk berkat selipan lawakannya yang cerdas.


Okay! Madam sejatinya adalah tontonan wajib bagi penikmat film komedi Korea. Dengan kualitas akting dan aksi koreografi para pemeran komedi yang sudah veteran, Anda pasti akan terhibur selama menontonnya. Anda juga akan dibuat terpesona dengan tebaran humor slapstick yang dimunculkan dalam adegan aksi para tokoh.

No.9

Gnosis CompanyMission: Possible

Aksi tim investagi penyelundupan senjata yang komikal

Judul film ini akan mengingatkan Anda pada film seri barat Mission: Impossible yang akan merilis film ketujuhnya. Namun, film ini tentu punya pendekatan plot yang berbeda. Anda akan disuguhkan adegan aksi seorang agen rahasia baru. Ia adalah detektif biasa yang disangka anggota tim investigasi penyelundupan senjata. Aksinya dijamin mengundang tawa!


Sayangnya, Anda yang berharap melihat aksi gangster lokal beraksi terpaksa harus kecewa dengan tampilan versi modernnya. Namun, kekecewaan Anda akan terobati dengan duet Kim Young-kwang dan Lee Sun-bin yang tampak serasi di sepanjang film. Anda yang ingin melepas penat dengan menonton film komedi komikal bisa menonton film ini.

No.10

AboutFilm, DCG PlusSecret Zoo

Film adaptasi Webtoon tentang kebun binatang yang akan bangkrut

Hewan adalah daya tarik utama wisata kebun binatang, terutama bagi anak-anak. Lalu, apa jadinya jika kebun binatang tidak memiliki hewan? Seorang pengacara bernama Tae-soo yang dikirim untuk menyelamatkan sebuah kebun binatang dari kebangkrutan tampil dengan ide menarik. Ia membuat kostum hewan dan meminta pekerja kebun binatang menyamar untuk menghibur pengunjung.


Meskipun dilansir punya penyelesaian yang tanggung, nyatanya film ini tetap berhasil menduduki top box office selama tujuh hari berturut-turut. Hal ini tak lain karena sinematografinya yang memanjakan mata saat menampilkan betapa lucu 'hewan-hewannya'. Karena itu, Anda wajib menonton film komedi drama hasil adaptasi Webtoon ini bersama anak Anda.

Baca juga rekomendasi tontonan lainnya di sini

Kesimpulan

Waktu dua jam akan terasa bermakna jika Anda menonton film komedi Korea yang tepat. Anda dapat menghilangkan stres dari kehidupan sehari-hari berkat ceritanya yang menarik. Belum lagi, mata Anda akan dimanjakan dengan pesona menawan para pemerannya.


Karena itu, ikuti tips memilih dari kami untuk menghindari rasa kecewa selama menonton film. Semoga rekomendasi kami dapat membantu Anda menemukan tontonan pas untuk mengusir penat di rumah. Selamat menonton!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer