1. TOP
  2. >
  3. Peralatan dapur
  4. >
  5. Alat masak khusus
  6. >
  7. 10 Rolling Pin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rolling Pin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rolling Pin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rolling Pin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rolling Pin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rolling Pin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rolling Pin Terbaik - Ditinjau oleh Pastry Instructor (Terbaru Tahun 2023)

Anda suka membuat kue atau roti? Jika ya, berarti Anda harus membaca artikel kami kali ini hingga tuntas. Kami punya rekomendasi produk rolling pin yang pasti sering Anda butuhkan saat membuat adonan. Rekomendasi rolling pin kami sangat beragam dan berasal dari berbagai merek yang bagus, lho!


Anda mungkin akan suka dengan rolling pin Regashi, Shabby, atau Maxim. Anda bisa memilihnya sesuai material yang Anda suka. Anda suka rolling pin kayu, plastik, atau stainless steel? Semuanya ada! Artikel ini sudah ditinjau oleh pastry instructor kami, Stella Permata. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Pakar
Pastry instructor
Stella Permata

Stella Permata aktif sebagai ahli dalam bidang pastry. Ia memiliki pengalaman bekerja di beberapa hotel, cake shop, dan restoran di Jakarta selama 7 tahun. Stella juga mengajar pastry di Podomoro University selama kurang lebih 2 tahun. Selain mengajar di universitas, ia juga mengajar di MODENA dan mengisi beberapa konten brand alat masak lainnya.

Profil Stella Permata
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa fungsi rolling pin?

Apa fungsi rolling pin?

Anda yang gemar membuat kue atau roti pasti sudah tidak asing dengan rolling pin. Rolling pin adalah alat untuk untuk menggiling adonan kue, roti, mi, piza, dan lainnya secara manual. Selain itu, rolling pin berfungsi membantu Anda mendapatkan tingkat ketebalan adonan tertentu, menggulung, atau menghias adonan. Cara kerjanya sangat sederhana. Anda tinggal menekan dan mendorong rolling pin ke depan dan ke belakang di atas adonan. 


Meski tampak sederhana, rolling pin cukup banyak ragamnya. Anda bisa menemukan berbagai bentuk, ukuran, dan bahan yang berbeda. Perbedaan tersebut bukan tanpa alasan. Beberapa jenis adonan hanya bisa dibuat menggunakan jenis rolling pin tertentu. Sebagai contoh, untuk adonan kue kering, Anda bisa menggunakan rolling pin yang memiliki cincin di kedua sisinya. Hal itu agar Anda mendapatkan adonan yang sama rata.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih rolling pin

Produk rolling pin ternyata sangat beragam, lho! Agar Anda tidak bingung memilih, pastikan Anda membaca tips dari kami berikut ini.

① Pastikan tipe rolling pin yang Anda butuhkan

Setidaknya, ada tiga tipe rolling pin utama yang bisa Anda temukan di pasaran. Ketiga tipe tersebut adalah rolling pin lurus, runcing, dan berhandel. Untuk itu, ketahui perbedaan ketiganya.

Tipe lurus, cocok untuk adonan kue kering

Tipe lurus, cocok untuk adonan kue kering

Anda suka membuat kue kering? Rolling pin tipe straight atau lurus sangat cocok untuk Anda gunakan. Tipe ini memungkinkan Anda mendapatkan ketebalan adonan yang sama rata. Setelah digiling, Anda bisa memotong adonan sesuai keinginan menggunakan alat potong atau cetakan tertentu. Anda pun bisa mendapatkan bentuk dan ketebalan kue yang seragam.

Tipe runcing, cocok untuk adonan pastri dan adonan beragi

Tipe runcing, cocok untuk adonan pastri dan adonan beragi

Rolling pin tipe ini disebut juga dengan tipe tapered atau french. Rolling pin ini memiliki bentuk yang meruncing di kedua ujungnya. Hal itu memudahkan Anda untuk menggenggam serta mengatur posisi adonan yang sedang Anda giling. Dengan demikian, Anda bisa memastikan adonan tidak kembali ke bentuk semula. Rolling pin tipe runcing sangat pas digunakan untuk adonan pastri atau adonan yang beragi.

Tipe handel, lebih nyaman digenggam

Tipe handel, lebih nyaman digenggam

Produk tipe handel adalah jenis rolling pin yang paling umum dan mudah untuk Anda temukan di pasaran. Tipe ini bisa Anda gunakan untuk beragam adonan. Seperti namanya, tipe ini dilengkapi handel sebagai pegangan tangan saat menggiling adonan. Oleh karena itu, tipe ini sangat nyaman untuk digenggam dan digunakan. 


Bentuk rolling pin ini sendiri cenderung mirip dengan tipe lurus. Bedanya ada pada handel serta diameter yang biasanya lebih besar. Meski bisa digunakan untuk banyak jenis adonan, sebaiknya hindari menggunakannya untuk adonan yang kental. Anda mungkin akan sedikit kesulitan dan butuh tenaga ekstra untuk melakukannya. 

② Pilih rolling pin berdasarkan materialnya

Ada banyak material yang biasa digunakan untuk membuat rolling pin. Masing-masing material tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya. 

Rolling pin kayu: Paling mudah ditemukan

Rolling pin kayu: Paling mudah ditemukan

Kayu adalah material paling banyak dipilih sebagai bahan rolling pin sejak zaman dahulu. Sampai saat ini, rolling pin dengan bahan kayu sangat mudah untuk Anda temukan. Selain tampilannya yang klasik dan mudah didapat, rolling pin kayu juga memiliki bobot yang beragam. Hal itu tergantung pada ukuran yang Anda pilih. Makin besar ukurannya, makin berat pula bobotnya. Akan tetapi, ada beberapa kekurangan yang dimiliki rolling pin berbahan kayu. 


Adonan yang sedang digiling sering kali lengket pada rolling pin. Hal itu membuat bentuk adonan jadi kurang bagus. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa melapisi rolling pin menggunakan tepung atau plastik khusus.


Selain itu, bahan kayu juga membutuhkan perawatan ekstra. Setelah dicuci, Anda perlu memastikannya telah benar-benar kering sebelum disimpan kembali. Hal itu karena rolling pin kayu sangat mudah berjamur.

Rolling pin plastik: Mudah dibersihkan dan tahan terhadap jamur

Rolling pin plastik: Mudah dibersihkan dan tahan terhadap jamur

Berbeda dengan bahan kayu, rolling pin plastik mudah dibersihkan dan lebih tahan terhadap jamur. Anda bisa membersihkannya dengan cara dicuci seperti biasa tanpa khawatir berjamur karena lembap. Akan tetapi, rolling pin plastik biasanya sangat ringan sehingga kurang cocok bila Anda gunakan untuk menggiling adonan yang tebal.

Rolling pin stainless steel: Suhu permukaan lebih stabil

Rolling pin stainless steel: Suhu permukaan lebih stabil

Stainless steel adalah material terbaik untuk menggiling pastri. Banyak koki profesional yang menggunakannya. Hal itu karena suhu permukaan stainless steel cenderung stabil dan tidak memengaruhi adonan.


Material ini juga lebih awet dan tidak berbau. Selain itu, rolling pin stainless steel sangat mudah dibersihkan, bahkan hanya dengan cara dilap saja. Namun, untuk hasil yang maksimal kami tetap sarankan Anda untuk mencucinya dengan bersih setelah menggunakannya.


Rolling pin jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan adonan yang melalui proses laminasi (croissant atau puff pastry). Hal ini disebabkan oleh kemampuannya yang bisa menjaga suhu adonan dan butter tidak pecah.

Rolling pin silikon: Antilengket dan bagus untuk membuat motif

Rolling pin silikon: Antilengket dan bagus untuk membuat motif

Sama seperti rolling pin stainless steel, rolling pin silikon pun bersifat antilengket. Anda tidak perlu menambahkan tepung atau plastik antilengket lagi. Selain itu, rolling pin silikon juga mudah dibersihkan dan tahan jamur.


Namun, material ini punya kelebihan lain, yakni bisa dibentuk berbagai motif. Oleh karena itu, bahan silikon sering digunakan sebagai rolling pin dekorasi. Fungsinya bukan lagi untuk menggiling dan menipiskan adonan, tetapi untuk menghias adonan. 


Rolling pin jenis ini banyak digunakan untuk membuat dekorasi dengan fondant karena tidak lengket. Selain itu, rolling pin silikon juga memberikan efek glossy serta smooth di fondant. Ada juga rolling pin silikon yang tidak bermotif. Jenis tersebut paling sering digunakan oleh cake decorator yang menghias cake dengan fondant.

③ Pertimbangkan ukurannya

Pertimbangkan ukurannya

Ukuran rolling pin sangat beragam. Oleh karena itu, pilihlah ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Ukuran paling ideal adalah sekitar 30 cm. Bila adonan sangat banyak, sebaiknya pilih rolling pin dengan ukuran yang lebih panjang, kurang lebih 60 cm. Dengan demikian, pekerjaan Anda akan lebih mudah dan cepat selesai. Namun, bila adonan tidak terlalu banyak, rolling pin kecil berukuran sekitar 20 cm mungkin bisa jadi pilihan.

10 Rekomendasi rolling pin terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk rolling pin terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Stella Permata.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Regashi

Premium Penggiling Adonan 4 Pengatur Ketebalan Stainless Steel

Regashi  Premium Penggiling Adonan 4 Pengatur Ketebalan Stainless Steel 1枚目

Bebas atur ketebalan adonan dengan cincin pengukur

2

Regashi

Penggiling Adonan ABS Anti Lengket

Regashi  Penggiling Adonan ABS Anti Lengket 1枚目

Makin aman berkat plastik ABS food grade

3

Rolling Pin Gilingan Gilasan Penggilas Plastik

 Rolling Pin Gilingan Gilasan Penggilas Plastik 1枚目

Durability-nya mumpuni, bergagang pula

4

Shabby

Rolling Pin Silikon Penggiling Adonan

Shabby  Rolling Pin Silikon Penggiling Adonan 1枚目

Tersedia dalam warna dan ukuran yang beragam

5

Wooden Handle Non-Stick Silicone Rolling Pin

 Wooden Handle Non-Stick Silicone Rolling Pin 1枚目

Beri Anda keunggulan kayu plus silikon dalam satu produk

6

Rolling Pin Plastik Motif

 Rolling Pin Plastik Motif 1枚目

Pas untuk dekorasi kue bermotif garis

7

Maxim

Tools Wooden Rolling Pin

Maxim  Tools Wooden Rolling Pin 1枚目

Tanpa pewarna, makin aman untuk bahan pangan

8

CaTalina

Rolling Stick Adonan Kue Penggiling Adonan

CaTalina  Rolling Stick Adonan Kue Penggiling Adonan 1枚目

Bujet terbatas? Harga produk ini ramah di kantong!

9

Cooks Habit

Deluxe Rolling Pin

Cooks Habit Deluxe Rolling Pin 1枚目

Rolling pin kayu antilengket

10

Ateco

French Rolling Pin Wood 20"

Ateco  French Rolling Pin Wood 20" 1枚目

Panjang! Bisa giling adonan pastri lebih banyak dalam satu waktu

Perincian produk
Close
No.1

Regashi Premium Penggiling Adonan 4 Pengatur Ketebalan Stainless Steel

Mulai dari Rp63.999,00

Bebas atur ketebalan adonan dengan cincin pengukur

Produk ini jadi rekomendasi rolling pin terbaik dari kami. Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian cara memilih, bahan stainless steel cukup banyak kelebihannya. Lebih dari itu, produk ini juga dilengkapi cincin pengatur yang fungsional. 


Cincin tersebut berfungsi untuk mengatur ketebalan adonan yang Anda inginkan. Ditambah lagi, terdapat penggaris yang bisa digunakan untuk mengukur lebar adonan. Jadi, Anda mau membuat adonan setebal dan selebar apa? Silakan atur sesuka hati Anda!!

No.2

Regashi Penggiling Adonan ABS Anti Lengket

Mulai dari Rp26.999,00

Makin aman berkat plastik ABS food grade

Ini dia salah satu produk rolling pin yang terbuat dari bahan ABS (acrylonitrile butadiene styrene). Berbahan ABS food grade, produk ini aman bersentukan dengan bahan makanan. Selain itu, bahan ABS juga membuat produk ini sangat kokoh. Anda bisa membersihkannya menggunakan mesin cuci piring tanpa khawatir rusak. Anda yang mengutamakan keamanan penggunaan sebaiknya membeli produk ini.

No.3

Rolling Pin Gilingan Gilasan Penggilas PlastikLK-G-0016

Mulai dari Rp13.300,00

Durability-nya mumpuni, bergagang pula

Beberapa orang suka membuat kue, tetapi tidak begitu sering. Akibatnya, alat yang disimpan terlalu lama bisa jadi berjamur atau bahkan rusak. Risiko itu bisa Anda kurangi bila membeli rolling pin plastik ini. Tidak hanya itu, produk ini juga dilengkapi gagang sehingga memudahkan Anda untuk menggenggamnya. Produk ini adalah solusi cerdas bila Anda butuh rolling pin berhandel yang sangat awet.

No.4

Shabby Rolling Pin Silikon Penggiling Adonan

Mulai dari Rp74.000,00

Tersedia dalam warna dan ukuran yang beragam

Rolling pin ini tersedia dalam tiga ukuran yang berbeda, mulai dari yang kecil, medium, hingga yang besar. Anda bisa lebih mudah menyesuaikannya dengan kebutuhan. Selain itu, pilihan warnanya pun cukup beragam. Untuk Anda yang mencari rolling pin colourful berbahan silikon, produk ini bisa jadi pilihan. Selain digunakan menggiling adonan, rolling pin ini juga menarik untuk dijadikan properti foto.

No.5

Wooden Handle Non-Stick Silicone Rolling Pin

Mulai dari Rp67.600,00

Beri Anda keunggulan kayu plus silikon dalam satu produk

Produk ini memadukan dua bahan, yakni silikon pada bodi dan kayu pada handel. Kedua bahan memberikan kelebihan masing-masing. Bahan silikon membuat rolling pin antilengket dan tahan jamur, sedangkan kayu pada handel nyaman digenggam tanpa khawatir licin. Anda yang menyukai produk dengan fungsionalitas mumpuni tentu tepat membeli produk ini.

No.6

Rolling Pin Plastik MotifLK-R-0021

Mulai dari Rp12.100,00

Pas untuk dekorasi kue bermotif garis

Rolling pin satu ini sangat cocok untuk membuat nastar atau kue lain yang bermotif garis. Ukurannya memang tidak terlalu panjang sehingga lebih pas digunakan untuk keperluan pribadi dengan produksi yang tidak terlalu banyak. Selain itu, rolling pin ini produk lokal, lho. Jadi, dengan menggunakannya berarti Anda juga mendukung industri produk dalam negeri.

No.7

Maxim Tools Wooden Rolling Pin

Mulai dari Rp121.000,00

Tanpa pewarna, makin aman untuk bahan pangan

Produk ini bisa jadi jawaban untuk Anda yang sering khawatir dengan kandungan berbahaya pada alat baking. Rolling pin ini terbuat dari bahan kayu yang berkualitas serta tidak menggunakan pewarna apa pun. Oleh karena itu, rolling pin ini pun menjadi lebih aman untuk Anda gunakan. Mau membuat adonan piza atau makanan lainnya untuk keluarga, Anda bisa lebih tenang melakukannya.

No.8

CaTalina Rolling Stick Adonan Kue Penggiling Adonan

Mulai dari Rp10.356,00

Bujet terbatas? Harga produk ini ramah di kantong!

Anda berencana merintis usaha kue kering, tetapi memiliki bujet terbatas? Produk ini mungkin bisa jadi pilihan yang pas. Harganya sangat ekonomis sehingga bisa memangkas budget peralatan Anda. Meski harganya terjangkau, kualitasnya tak perlu dipertanyakan. Pasalnya, rolling pin ini terbuat dari kayu mahoni yang dikenal memiliki serat halus. Dengan begitu, kue kering buatan Anda akan lebih rata sempurna.

No.9

Cooks HabitDeluxe Rolling Pin

Mulai dari Rp55.165,00

Rolling pin kayu antilengket

Salah satu kekurangan rolling pin berbahan kayu adalah adonan yang sering lengket dan menempel. Namun, ternyata hal itu tidak berlaku pada produk ini. Rolling pin yang terbuat dari kayu bengkirai ini didesain antilengket. Jadi, Anda bisa menggiling adonan dengan lebih cepat dan nyaman. Untuk Anda yang suka rolling pin kayu, tetapi tidak mau adonan menempel wajib membeli produk ini.

No.10

Ateco French Rolling Pin Wood 20"

Mulai dari Rp332.000,00

Panjang! Bisa giling adonan pastri lebih banyak dalam satu waktu

Panjangnya mencapai 50,8 cm, Anda bisa menggiling adonan pastri atau kaya ragi dalam jumlah yang lebih banyak sekaligus. Anda yang punya usaha pastri tidaklah salah mempertimbangkan produk yang satu ini. Terlebih lagi, produk ini dibuat dari bahan kayu tebal sehingga tidak mudah patah sekaligus firm di tangan.

Tips dari pastry instructor kami, Stella Permata

Tips dari pastry instructor kami, Stella Permata

  • Tips membersihkan rolling pin

Segera bersihkan rolling pin dan cuci setelah selesai menggunakannya. Keringkan rolling pin setelah dicuci. Untuk rolling pin kayu, sebaiknya dijemur secara berkala untuk menghindari jamur.


  • Tips menggunakan rolling pin

Alas untuk menggiling adonan harus rata untuk menghindari ketebalan berbeda saat menggiling. Giling adonan tidak hanya ke satu arah agar pressure dari rolling pin bisa lebih merata. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan adonan yang rata dengan baik secara keseluruhan.

Baca juga rekomendasi alat baking lainnya di sini

Kesimpulan

Demikian tips dan rekomendasi produk rolling pin terbaik dari kami. Semoga salah satu di antaranya adalah produk yang Anda idamkan. Dengan demikian, Anda bisa segera menggunakannya untuk membuat adonan kue yang enak!


Agar rolling pin yang Anda beli tetap awet, jangan lupa untuk membersihkannya tiap selesai menggunakannya. Lebih dari itu, menjaga kebersihan alat berarti juga menjaga kualitas makanan yang Anda buat. Selamat membuat adonan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer