• 10 Rekomendasi Aplikasi Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Aplikasi Olahraga Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Siapa yang resolusi awal tahunnya ingin rutin olahraga, tetapi belum mulai sama sekali? Seiring bertambahnya usia, masalah kesehatan makin sering muncul. Sayangnya, waktu yang dimiliki untuk berolahraga makin terbatas. Untuk menyiasatinya, unduhlah aplikasi olahraga di smartphone.


Aplikasi olahraga membantu Anda untuk lebih konsisten berolahraga. Punya perut rata dan body goals impian bukan lagi sekadar angan. Anda juga tidak perlu repot-repot keluar rumah karena beberapa olahraga bisa dilakukan di rumah. Aplikasi olahraga yang bagus dan gratis, seperti Daily Yoga, Freeletics, dan Nike Run Club akan kami rekomendasikan untuk Anda. Simak, yuk!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Cara memilih aplikasi olahraga

Aplikasi olahraga terbaik adalah yang Anda gunakan dengan rutin. Oleh karena itu, sesuaikanlah tujuan Anda mengunduh aplikasi dan jenis olahraga yang Anda ingin lakukan.

Ketahui tujuan mengunduh aplikasi olahraga

Tujuan setiap orang untuk mengunduh aplikasi olahraga tentu berbeda-beda. Ada yang untuk memonitor kesehatan atau performa latihannya, ada juga yang tujuannya untuk membentuk postur tubuh ideal.

Olahraga rutin: Menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan

Olahraga rutin: Menjaga kesehatan dan mengontrol berat badan

Menurut WHO, orang dewasa idealnya berolahraga minimal 150 menit per minggu. Untuk mengatur waktu dan jenis latihan yang harus dilakukan, Anda bisa menggunakan aplikasi olahraga. 


Pertambahan usia dan olahraga yang tidak teratur membuat metabolisme tubuh melambat. Akhirnya, perut buncit menjadi masalah sebagian besar orang ketika dewasa. Untuk mengecilkan perut atau menurunkan berat badan, sebaiknya unduh aplikasi home workout. Beberapa aplikasi home workout yang bisa dipilih, misalnya Freeletics atau Empire Fit App.


Selain tubuh, pikiran Anda juga perlu dijaga kesehatannya. Banyak sumber penyakit awalnya diakibatkan oleh stres. Aplikasi Daily Yoga misalnya, isinya tidak melulu soal gerakan yang sulit dilakukan. Aplikasi yoga sering kali dilengkapi sound healing, instruktur meditasi, hingga kutipan penyemangat.

Performa latihan: Mencatat progres dan meningkatkan teknik

Performa latihan: Mencatat progres dan meningkatkan teknik

Aplikasi olahraga juga bisa Anda manfaatkan untuk mencatat progres latihan. Jika Anda gemar bersepeda atau running, Anda bisa melacak performa Anda dengan aplikasi olahraga seperti Strava atau Nike Run Club. Anda bisa menghubungkannya ke smartphone untuk melacak GPS, heart rate, kecepatan, dan jarak yang ditempuh.


Untuk Anda yang hobi olahraga bela diri, martial arts, atau muay thai, aplikasi Muay Thai Fitness bisa Anda unduh. Anda bisa lebih memperdalam teknik tendangan, pukulan, hingga kuncian dari aplikasi tersebut. Mungkin tidak sedetail saat dilatih oleh pelatih Anda, tetapi kualitasnya cukup bagus untuk latihan mandiri di rumah.

Bodybuilding: Membentuk tubuh atletis dan berotot

Bodybuilding: Membentuk tubuh atletis dan berotot

Jika olahraga sudah menjadi bagian dari gaya hidup Anda, kemungkinan Anda akan meningkatkan target. Target yang tadinya hanya mengontrol berat badan, meningkat jadi ingin mendapatkan tubuh atletis. Bodybuilding memerlukan pemahaman yang kompleks tentang porsi latihan, jenis latihan, hingga asupan nutrisi. 


Anda bisa mencoba aplikasi Fitness & Bodybuilding. Aplikasi tersebut mengatur secara detail dan lengkap, mulai dari porsi latihan hingga asupan nutrisi Anda. Dengan latihan rutin, massa otot yang besar dan kuat bukan hal yang mustahil untuk diraih.

Pilih berdasarkan jenis olahraga yang ingin Anda lakukan

Pilih berdasarkan jenis olahraga yang ingin Anda lakukan

Anda juga bisa memilih berdasarkan olahraga yang ingin Anda lakukan. Berikut ini tips memilih aplikasi olahraga berdasarkan jenis olahraganya.


  • Home workout: Paling banyak ditemui di Google Play atau App Store. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah kelengkapan menu latihannya. Apakah latihannya perlu alat? Sebaiknya, pilih aplikasi yang punya program latihan jelas, misalnya 30 day challenge atau ABS training level beginner hingga advanced.

  • Lari dan bersepeda: Sejak pandemi, olahraga sepeda dan lari makin digemari. Apakah Anda salah satunya? Untuk olahraga lari dan sepeda, pilihlah aplikasi yang ada fitur GPS tracker-nya. Anda membutuhkannya untuk menentukan rute latihan. Selain itu, fitur performa dan health tracker juga sangat membantu. Isi informasinya berupa jarak yang sudah ditempuh, kecepatan, kalori, hingga detak jantung.

  • Yoga: Yoga ada berbagai macam. Ada yoga ibu hamil, yoga untuk pemula, yoga relaksasi, meditasi, hingga yoga untuk menurunkan berat badan (weight loss). Beberapa aplikasi yoga sangat spesifik terhadap latihannya, tetapi ada juga yang mencakup semua jenis yoga. 

  • Dance workout: Tidak suka olahraga yang melibatkan benturan fisik? Anda bisa memilih dance workout, seperti zumba atau aerobik. Tipe olahraga ini bisa membakar kalori sangat banyak lewat gerakan yang energik. Para wanita biasanya menyukai olahraga ini. Meskipun demikian, pria juga boleh kok mengikutinya. Salah satu aplikasi yang bisa Anda unduh adalah Just Dance Now.

Pertimbangkan aplikasi berbayar

Pertimbangkan aplikasi berbayar

Pengembang aplikasi biasanya memberikan beberapa fitur gratis pada aplikasinya. Namun, untuk mengakses fitur premiumnya, Anda harus berlangganan setiap bulannya atau langsung bayar per tahun. 


  • Layanan gratis: Saat pertama kali mengunduh aplikasi, biasanya Anda tidak dikenakan biaya apa pun. Anda juga sudah bisa menggunakan beberapa fitur atau program dasar dari aplikasi tersebut. Layanan gratis ini berguna untuk mengetes apakah aplikasi tersebut cocok untuk Anda atau tidak. 

  • Paket premium atau berbayar: Jika Anda yakin dengan aplikasi yang Anda pilih, jangan ragu mencoba versi premiumnya. Tentu saja fitur yang ditawarkan lebih banyak dan lengkap. Perlu atau tidaknya Anda ikut layanan berbayar ditentukan dari kebutuhan Anda. 

Perhatikan fitur pelengkapnya

Perhatikan fitur pelengkapnya

Setiap aplikasi memiliki fitur yang berbeda. Hal ini bisa menjadi poin pertimbangan yang bagus saat Anda ingin mengunduh aplikasi olahraga. Berikut ini beberapa fitur yang bisa meningkatkan kedisiplinan, intensitas, hingga performa Anda saat latihan.


  • Olahraga bersama atlet atau brand ambassador: Pernah terbayang olahraga bersama idola Anda? Hal itu tentu akan jadi pengalaman yang menyenangkan. Beberapa aplikasi olahraga memilih menggunakan atlet atau brand ambassador-nya sebagai instruktur latihan. Daily Yoga dan Empire Fit Apps adalah contohnya.

  • Kalender latihan: Latihan yang baik adalah latihan yang dijalankan. Agar Anda lebih disiplin, adanya jadwal yang teratur akan sangat membantu. Anda jadi tidak menempatkan olahraga sebagai opsi terakhir dalam jadwal harian atau mingguan Anda.

  • Nutrisi: Asupan nutrisi adalah faktor terpenting dalam menjaga kesehatan dan berat badan. Hasil kerja keras olahraga Anda bisa makin optimal jika asupan nutrisi Anda juga bagus. Beberapa aplikasi dilengkapi dengan literatur tentang nutrisi, calorie counter, bahkan rekomendasi menu harian.

  • GPS dan health tracker: Untuk olahraga seperti bersepeda atau lari, GPS jadi fitur yang sangat penting. Anda bisa memonitor jarak, waktu, dan kecepatan dari GPS. Selain itu, Anda juga bisa saling berbagi rute latihan dengan orang lain. Sementara itu, health tracker membantu Anda mengecek detak jantung, jumlah langkah, dan sebagainya. Fitur ini bisa menjaga jangan sampai Anda terlalu memforsir diri hingga jatuh sakit. 

10 Rekomendasi aplikasi olahraga terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi olahraga terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play dan App Store. 

10
Jenis olahragaDance
FungsiLatihan menari (terutama modern dance), menurunkan berat badan, meredakan stres
Fitur pelengkapHealthKit
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play3,9 dari 5
Rating di App Store4,5 dari 5
9
Jenis olahragaHome workout & gym workout
FungsiMembentuk massa otot, menurunkan berat badan, mengecilkan lingkar perut, meredakan stres
Fitur pelengkapTrain With Empire Athletes, Track Your Progress, Learn How to Train & Fuel With Nutrition
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play4,0 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
8

FreeleticsFreeletics Training Coach - Bodyweight Fitness

Jenis olahragaHIIT, bodyweight, lari
FungsiMeningkatkan kebugaran, meningkatkan massa otot, menurunkan berat badan
Fitur pelengkapTraining, Mindset & Nutrition Coach
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play4,5 dari 5
Rating di App Store4,6 dari 5
7
Jenis olahragaHIIT
FungsiMenurunkan berat badan, menjaga kesehatan tubuh secara rutin
Fitur pelengkapRewards, Compete with Friends, Stay Motivated
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play4,4 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
6
Jenis olahragaLari, renang, dan sepeda
FungsiMeningkatkan performa kardiovaskuler, menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan stamina
Fitur pelengkapGPS, HealthKit
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play4,4 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
5
Jenis olahragaLari
FungsiMeningkatkan performa lari, mengikuti komunitas
Fitur pelengkapAudio guided training, personalized coaching plans, compete on leaderboards
BerbayarX
Rating di Google Play4,4 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
4
Jenis olahragaYoga
FungsiMeningkatkan kebugaran dan fleksibilitas tubuh, menjaga kesehatan mental dengan meditasi
Fitur pelengkapMeditation & audio healing, World-Class Master's Sequence
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play4,6 dari 5
Rating di App Store4,8 dari 5
3
Jenis olahragaMuay Thai
FungsiMeningkatkan teknik dalam olahraga Muay Thai, menurunkan berat badan, menguatkan otot tubuh, perlindungan diri
Fitur pelengkapKalender latihan, monitoring berat badan
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play4,7 dari 5
Rating di App StoreX
2
Jenis olahragaBodybuilding, powerlifting, fitness
FungsiMembentuk massa dan kekuatan otot secara spesifik, membentuk postur tubuh ideal
Fitur pelengkapNutrition plan
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play4,8 dari 5
Rating di App Store4,7 dari 5
1
Jenis olahragaHIIT, home workouts, bodybuilding, strength training
FungsiMembentuk postur tubuh ideal, melatih otot spesifik
Fitur pelengkapKalender latihan, jadwal dan porsi latihan personal
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play4,9 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 5

Tabel perbandingan aplikasi olahraga terbaik

Gambar produk
1
Leap Fitness Group Home Workouts - No Equipments 1

Leap Fitness Group

2
VGFIT LCC Fitness & Bodybuilding  1

VGFIT LCC

3
Hazard Studio Muay Thai Fitness 1

Hazard Studio

4
Daily Yoga Team Daily Yoga 1

Daily Yoga Team

5
Nike Nike Run Club 1

Nike

6
Strava Strava: Track Running, Cycling & Swimming 1

Strava

7
Perigee AB Seven: 7 Minute Workout 1

Perigee AB

8
Freeletics Freeletics Training Coach - Bodyweight Fitness 1

Freeletics

9
Empire Fit Club Empire Fit App 1

Empire Fit Club

10
Ubisoft Entertainment Just Dance Now 1

Ubisoft Entertainment

Nama produk

Home Workouts - No Equipments

Fitness & Bodybuilding

Muay Thai Fitness

Daily Yoga

Nike Run Club

Strava: Track Running, Cycling & Swimming

Seven: 7 Minute Workout

Freeletics Training Coach - Bodyweight Fitness

Empire Fit App

Just Dance Now

Keunggulan

Ada fitur 30 days fitness challenge, tetap bugar meski di rumah saja!

Latihan lebih spesifik, lengkap, dan terarah

Belajar Muay Thai dari rumah supaya teknik makin terasah

Sehat fisik dan mental dengan yoga setiap hari

Makin rajin lari, makin terkenal di komunitas pengguna Nike

Analisis performa latihan Anda dengan detail

Hanya 7 menit saja! Tak ada lagi alasan tak ada waktu

Terkenal dengan digital personal trainer yang andal

Olahraga bersama-sama supaya makin seru!

Bakar kalori Anda dengan menari!

Jenis olahragaHIIT, home workouts, bodybuilding, strength trainingBodybuilding, powerlifting, fitnessMuay ThaiYogaLariLari, renang, dan sepedaHIITHIIT, bodyweight, lariHome workout & gym workoutDance
FungsiMembentuk postur tubuh ideal, melatih otot spesifikMembentuk massa dan kekuatan otot secara spesifik, membentuk postur tubuh idealMeningkatkan teknik dalam olahraga Muay Thai, menurunkan berat badan, menguatkan otot tubuh, perlindungan diriMeningkatkan kebugaran dan fleksibilitas tubuh, menjaga kesehatan mental dengan meditasiMeningkatkan performa lari, mengikuti komunitasMeningkatkan performa kardiovaskuler, menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan staminaMenurunkan berat badan, menjaga kesehatan tubuh secara rutinMeningkatkan kebugaran, meningkatkan massa otot, menurunkan berat badanMembentuk massa otot, menurunkan berat badan, mengecilkan lingkar perut, meredakan stresLatihan menari (terutama modern dance), menurunkan berat badan, meredakan stres
Fitur pelengkapKalender latihan, jadwal dan porsi latihan personalNutrition planKalender latihan, monitoring berat badanMeditation & audio healing, World-Class Master's SequenceAudio guided training, personalized coaching plans, compete on leaderboardsGPS, HealthKit Rewards, Compete with Friends, Stay MotivatedTraining, Mindset & Nutrition CoachTrain With Empire Athletes, Track Your Progress, Learn How to Train & Fuel With NutritionHealthKit
BerbayarX (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)XX (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)X (berbayar untuk akses premium saja)
Rating di Google Play4,9 dari 54,8 dari 54,7 dari 54,6 dari 54,4 dari 54,4 dari 54,4 dari 54,5 dari 54,0 dari 53,9 dari 5
Rating di App Store4,9 dari 54,7 dari 5X4,8 dari 54,8 dari 54,8 dari 54,8 dari 54,6 dari 54,6 dari 54,5 dari 5
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar olahraga

Pertanyaan umum seputar olahraga

Banyak orang mengunduh aplikasi olahraga karena ingin menyelesaikan masalah berat badan. Masalah yang paling sering dihadapi adalah cara mengecilkan perut buncit. Berikut ini beberapa pertanyaan umum yang mungkin bisa membantu Anda.

Olahraga apa saja untuk mengecilkan perut?

Untuk menurunkan berat badan secara keseluruhan, cara paling ampuh adalah mengurangi porsi makan atau calorie deficit. Anda bisa mulai dengan mengurangi porsi karbohidrat dan menggantinya dengan sayuran, buah, atau protein. Jika berat badan sudah turun, tetapi bagian perut masih melebar, Anda bisa jogging, plank, sit up, berenang, crunches, dan yoga.

Olahraga untuk mengecilkan perut sebaiknya dilakukan kapan dan berapa lama?

Sebenarnya, tidak ada waktu yang paling tepat untuk berolahraga. Anda harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh dan jadwal Anda. Olahraga pada pagi hari memberikan keuntungan karena perut masih kosong sehingga Anda menggunakan cadangan lemak. 


Selain itu, olahraga pagi hari membuat Anda lebih tahan lapar sehingga bagus untuk yang sedang diet. Olahraga pagi hari juga dipercaya bisa membuat Anda lebih bersemangat dan produktif sepanjang hari.


Sementara itu, ada mitos yang bilang olahraga pada malam hari membuat Anda lebih lelah sehingga bisa tidur nyenyak. Ternyata, olahraga malam hari justru membuat kacau jam biologis Anda. Namun, hal ini tidak berlaku untuk sebagian orang. Untuk frekuensinya, setidaknya berolahragalah dua hingga tiga kali seminggu.

Baca juga rekomendasi aplikasi lainnya di sini

Selain aplikasi olahraga, kami sudah pernah mengulas beberapa aplikasi lainnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk membacanya.

Kesimpulan

Jadi, aplikasi apa saja yang Anda unduh? Jangan tunggu sakit dahulu baru sadar akan pentingnya olahraga. Mungkin awalnya terasa berat dan menyiksa. Namun, ketika sudah menjadi bagian dari gaya hidup, olahraga akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. 


Aplikasi olahraga sangat membantu mewujudkan gaya hidup sehat jika Anda gunakan dengan baik. Tak masalah menggunakan aplikasi yang gratis. Jika Anda merasakan manfaat positifnya, jangan ragu beralih ke layanan berbayar.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Live Streaming Bola (Terbaru Tahun 2022)
    Musim baru liga-liga besar di Eropa dan Indonesia mulai bergulir. Apakah Anda sudah punya aplikasi live streaming bola untuk menonton klub favorit Anda? Lewat aplikasi streaming, Anda bisa menonton bola lewat laptop, PC, atau handphone. Selain jadi lebih praktis, Anda juga tidak perlu rebutan siaran TV dengan anggota keluarga lainnya.Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi yang bagus untuk live streaming bola. Beberapa rekomendasi aplikasi terbaik, seperti Mola, beIN SPORTS, dan Vidio juga akan kami review untuk Anda. Beberapa aplikasi bahkan ada yang gratis, lho! Simak selengkapnya, yuk!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game Android Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Game Android selalu bisa menjadi hiburan untuk melepas penat. Beberapa judulnya yang populer adalah Roblox, Worms Zone, Minecraft, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa dengan mudah menemukan game Android terbaru di Google Play. Jadi, manakah yang bagus dan paling tepat untuk Anda?Khusus bagi Anda, kami telah menyiapkan rekomendasi game Android terbaik. Dari yang offline sampai yang online multiplayer, semuanya ada. Ulasan setiap game-nya pun sudah tersedia. Namun, kami akan menjelaskan cara memilihnya terlebih dahulu kepada Anda. Yuk, disimak bersama-sama!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Game iPhone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Terkenal akan performa yang cepat, ada begitu banyak game yang bisa Anda nikmati dengan puas di iPhone. Beberapa game iPhone yang bagus dan menyenangkan untuk dimainkan, di antaranya Crossy Road Castle, Real Racing 3, dan lain-lain. Kira-kira, manakah game iPhone yang paling seru untuk Anda, ya?Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih game iPhone sekaligus merekomendasikan sepuluh game yang populer dan asyik dimainkan. Ada juga game yang bisa Anda mainkan tanpa akses internet dan support AirPlay. Dengan demikian, Anda dapat mencerminkannya dari iPhone ke smart TV atau Apple TV.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Pemutar Musik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Musik sejatinya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia. Saat mengalami momen sedih atau bahagia, alunan musik selalu menemani. Dengan hadirnya aplikasi pemutar musik, Anda dapat mendengarkan musik kapan saja dan di mana saja. Saat ini aplikasi pemutar musik, seperti Spotify dan JOOX, bisa didapatkan di platform penyedia aplikasi.Setiap aplikasi pemutar musik memiliki keunggulan masing-masing. Nah, kali ini kami akan memberikan rekomendasi beberapa aplikasi pemutar musik terbaik. Sebelumnya, kami akan memberikan tips memilih aplikasi pemutar musik yang bagus terlebih dahulu. Pastikan Anda membacanya sampai akhir, ya!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Booking Hotel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pemesanan hotel kini makin mudah dan fleksibel lewat aplikasi booking hotel di ponsel Anda. Dengan aplikasi booking hotel, Anda bisa menyortir hotel sesuai bujet, fasilitas, dan lokasi yang diinginkan. Aplikasi booking hotel juga menawarkan promo menarik berupa diskon atau potongan harga hotel yang paling murah.Ada beberapa aplikasi booking hotel terbaik dan termurah yang akan kami review untuk Anda. Anda akan temukan beberapa aplikasi yang bagus dan tepercaya, seperti Pegipegi, Traveloka, Agoda, RedDoorz, Tiket.com, dan Booking.com. Mari simak tips memilih dan rekomendasi aplikasi pemesanan hotel berikut ini!
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Membaca Berita (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Terbaik untuk Membaca Berita (Terbaru Tahun 2022)
    Akses berita kini sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda untuk mendapatkan informasi tentang peristiwa yang sedang terjadi. Koran, program berita, bahkan saluran TV pun kini menyediakan portal berita online yang dapat diakses melalui aplikasi. Dengan menginstal aplikasi untuk membaca berita, Anda bisa update berita terkini langsung dalam genggaman Anda.Dari banyaknya aplikasi yang beredar, Anda mungkin bingung memilih aplikasi berita yang bagus. Kami akan menunjukkan cara memilih aplikasi terbaik untuk membaca berita. Aplikasi populer, seperti detikcom dan Kompas.com ada dalam rekomendasi kami. Pastikan Anda menyimak artikel ini sampai habis.
    Aplikasi
  • 10 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Aplikasi Podcast Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beraktivitas sembari mendengarkan podcast telah menjadi pemandangan yang umum dewasa ini. Topik konten podcast yang beragam membuat banyak orang beralih dari mendengarkan radio ke podcast. Tak hanya mendengarkan, banyak juga orang yang berminat membuat program podcast mereka sendiri. Apakah Anda salah satunya?Untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat mendengarkan ataupun membuat podcast, Anda membutuhkan aplikasi yang dapat diandalkan. Kali ini, kami akan memberikan tips memilih aplikasi podcast terbaik. Kami juga akan memberikan rekomendasi aplikasi podcast yang bagus seperti Spotify dan Anchor. Yuk, baca artikelnya sampai habis.
    Aplikasi
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori