• 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Fitting Lampu Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Fitting lampu adalah salah satu bagian penting dalam instalasi lampu. Anda tidak akan bisa memasang lampu jika tidak ada komponen ini. Pada kesempatan ini, kami akan berbagi tips dan rekomendasi fitting lampu untuk Anda. Ada banyak jenis fitting lampu yang bisa Anda pilih, mulai dari jenis gantung, plafon, hingga fitting lampu colok. 


Bahkan, ada banyak pilihan merek fitting lampu yang bagus. Kami juga akan memberikan ulasan singkat fitting lampu merek Broco, Panasonic, Starco, dan lainnya. Silakan Anda baca hingga tuntas agar bisa mendapatkan produk fitting lampu terbaik!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Abdur Rosyid
  • Pembaharuan terakhir: 31 Agustus 2021
Daftar isi

Cara memilih fitting lampu

Agar Anda tidak bingung memilih fitting lampu yang ada di pasaran, kami akan berbagi tips memilihnya. Jadi, silakan disimak baik-baik, ya!

Pilih jenis fitting lampu berdasarkan penempatannya

Saat hendak membeli fitting lampu, Anda perlu memastikan lokasi pemasangannya. Berdasarkan penempatannya, ada empat jenis fitting lampu. Ada fitting lampu gantung, plafon, colok, dan sambung. Berikut penjelasan singkat masing-masing jenis fitting lampu tersebut.

Fitting gantung: Fleksibel, bisa ditempatkan di berbagai lokasi

Fitting gantung: Fleksibel, bisa ditempatkan di berbagai lokasi

Seperti namanya, fitting gantung dipasang dengan cara digantung. Berbeda dengan fitting lampu jenis lainnya, produk ini dilengkapi kabel yang cukup panjang. Selain mengalirkan arus listrik, kabel yang digunakan juga berfungsi untuk menahan beban lampu


Akan tetapi, beberapa produk terutama yang dirancang untuk lampu ukuran besar memerlukan tali tambahan agar makin kuat. Anda bisa memasang fitting lampu gantung ini di mana saja, misalnya di langit-langit, tiang, atau media lainnya. Sangat fleksibel, bukan?

Fitting plafon: Permanen, ditempatkan di tiap langit-langit ruangan

Fitting plafon: Permanen, ditempatkan di tiap langit-langit ruangan

Fitting plafon adalah jenis fitting lampu yang paling banyak digunakan di dalam ruangan. Fitting lampu ini dipasang pada plafon atau langit-langit dengan instalasi kabel yang rapi. Biasanya, kabel berada di dalam plafon sehingga tidak dapat terlihat


Fitting plafon dipasang secara permanen dengan menggunakan sekrup. Oleh sebab itu, pilih fitting plafon bila Anda menginginkan instalasi yang rapi dan permanen, ya!

Fitting colok: Portabel, bisa dipindahkan ke mana pun

Fitting colok: Portabel, bisa dipindahkan ke mana pun

Ini dia jenis fitting lampu paling portabel. Anda bisa membawa dan memindahkannya ke mana pun dengan sangat mudah. Hal itu karena fitting lampu ini hanya perlu dicolok ke stop kontak tanpa memerlukan instalasi apa pun. Ciri fitting jenis ini tentu saja dilengkapi steker. Jika Anda membutuhkan penerangan tambahan pada satu ruangan atau sering berpindah tempat, fitting colok bisa Anda pertimbangkan.

Fitting sambung: Dipasang bersambung untuk fungsi tertentu

Disebut fitting sambung sebab jenis fitting lampu ini berfungsi untuk menyambung fitting lampu yang sudah ada. Jadi, Anda tidak perlu melakukan instalasi lagi. Fitting lampu ini biasanya memiliki fungsi khusus. Sebagai contoh, untuk menyambung fitting jenis lampu downlight, membuat fitting ganda, atau berbagai fungsi lainnya. 


Bahkan, kini ada banyak jenis fitting sambung yang dibekali fungsi remote control, sensor otomatis, dan lainnya. Untuk mendapatkan fungsi-fungsi tersebut, tidak ada salahnya jika Anda pertimbangkan jenis fitting sambung ini.

Cek ukuran fitting yang dibutuhkan

Berikutnya, Anda juga perlu memastikan ukuran fitting yang dibutuhkan. Jangan sampai ukuran fitting tidak sesuai dengan lampu yang akan Anda pasang. Di Indonesia sendiri setidaknya ada empat ukuran fitting yang umum digunakan, yakni E12, E14, E27, dan E40. Kami akan berikan sedikit penjelasan tentang ke empat ukuran fitting tersebut.

Fitting E12 dan E14, untuk lampu dekorasi

Fitting E12 dan E14, untuk lampu dekorasi

Fitting lampu E12 dan E14 biasa digunakan sebagai lampu dekorasi atau sering disebut dengan istilah lampu lombok. Hal itu karena bentuk lampu yang dipakai menyerupai bentuk cabai. Fitting E12 sendiri adalah ukuran paling kecil sedangkan E14 adalah ukuran tanggung. Bila Anda berencana memasang lampu dekorasi, Anda bisa mempertimbangkan fitting lampu dengan dua ukuran ini.

Fitting E27 dan E40, untuk lampu hemat energi

Fitting E27 dan E40, untuk lampu hemat energi

Kedua ukuran fitting lampu ini biasa digunakan untuk lampu hemat energi. Fitting E27 adalah ukuran paling umum dan paling banyak digunakan di tiap rumah. Oleh karena itu, Anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Sementara itu, ukuran E40 adalah ukuran di atasnya. Biasanya, fitting lampu ukuran E40 digunakan untuk lampu dengan watt lebih besar seperti lampu mercury.

Pertimbangkan produk berbahan keramik bila ingin yang lebih awet

Kebanyakan fitting lampu dibuat dari plastik. Namun, jika Anda butuh fitting lampu yang sangat tahan lama, Anda bisa memilih produk berbahan keramik. Material ini lebih tahan panas sehingga tidak berisiko meleleh. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sifat keramik umumnya mudah retak dan pecah. Oleh sebab itu, saat membeli produk secara online, pastikan pengemasannya aman, ya!

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

Broco 12101 (B) Fitting Plafond Besar Lux

Mulai dari Rp 22.000,00

10 Rekomendasi fitting lampu terbaik

Kami yakin setelah membaca tips di atas, Anda sudah lebih paham cara memilih fitting lampu yang baik. Produk yang kami rekomendasikan sudah kami urutkan berdasarkan popularitasnya. Segera simak dan temukan produk yang pas untuk Anda!

10

SunfreeFitting Lampu Remote Control

FLR E27 RC

Mulai dari Rp 49.999,00

Jenis Fitting sambung
Ukuran E27
9
Jenis Fitting gantung
Ukuran E40
8
Jenis Fitting colok
Ukuran E27
7
Jenis Fitting colok
Ukuran E27
6
Jenis Fitting plafon/tempel
Ukuran E14
5
Jenis Fitting gantung
Ukuran E27
4

Pioline Fitting Sensor Otomatis

PL-212A

Mulai dari Rp 22.800,00

Jenis Fitting sambung
Ukuran E27
3

PanasonicFitting Lampu Kotak

NLP52202

Mulai dari Rp 7.400,00

Jenis Fitting plafon
Ukuran E27
2

Fitting Lampu Cabe E12 Drat Kuningan

Mulai dari Rp 2.000,00

Jenis Fitting gantung
Ukuran E12
1

Broco Fitting Plafon Besar

1210 (B)

Mulai dari Rp 15.000,00

Jenis Fitting plafon
Ukuran Tidak disebutkan

Tabel perbandingan produk fitting lampu terbaik

Gambar produk
1
Broco  Fitting Plafon Besar 1

Broco

2
Fitting Lampu Cabe E12 Drat Kuningan 1

3
Panasonic Fitting Lampu Kotak 1

Panasonic

4
Pioline  Fitting Sensor Otomatis 1

Pioline

5
Starco  Fitting Gantung Bulat E27  1

Starco

6
EELIC Fitting Lampu Keramik 1

EELIC

7
Dutron  Fitting Colok + Switch 1

Dutron

8
Fitting Lampu Flexible + Switch 1

9
Fitting Gantung Keramik WD E40 1

10
Sunfree Fitting Lampu Remote Control 1

Sunfree

Nama produk

Fitting Plafon Besar

Fitting Lampu Cabe E12 Drat Kuningan

Fitting Lampu Kotak

Fitting Sensor Otomatis

Fitting Gantung Bulat E27

Fitting Lampu Keramik

Fitting Colok + Switch

Fitting Lampu Flexible + Switch

Fitting Gantung Keramik WD E40

Fitting Lampu Remote Control

Keunggulan

Tawarkan kualitas khas Broco untuk lampu besar

Kecil-kecil bisa meriahkan dekorasi, lho!

Bentuk dan warnanya elegan, tampak menarik di langit-langit

Lampu nyala-mati otomatis sesuai intensitas cahaya

Dapat menerima daya 2.500 watt

Makin awet berkat keramik plus kuningan

Ekonomis dan sudah ada switch-nya

Atur arah cahaya sesuai kebutuhan Anda

Tahan air sehingga bisa dipakai di luar ruangan

Mengoperasikan lampu makin mudah dengan remote control

Harga mulai dariRp 15.000,00Rp 2.000,00Rp 7.400,00Rp 22.800,00Rp 2.700,00Rp 3.500,00Rp 3.200,00Rp 45.000,00Rp 19.500,00Rp 49.999,00
Jenis Fitting plafonFitting gantungFitting plafonFitting sambungFitting gantungFitting plafon/tempelFitting colokFitting colokFitting gantungFitting sambung
Ukuran Tidak disebutkanE12E27E27E27E14E27E27E40E27
Tautan produk

Baca juga rekomendasi saklar dan beragam lampu di sini

Dari rekomendasi produk di atas, apakah ada yang Anda suka? Selain fitting lampu, mungkin Anda juga butuh rekomendasi saklar lampu atau lampu lainnya. Oleh karena itu, simak juga artikel kami berikut ini, ya!

Kesimpulan

Produk fitting lampu sangat beraneka ragam. Anda bisa menemukan produk yang berbeda jenis, ukuran, dan bahan. Dengan membaca artikel ini, semoga pengetahuan Anda tentang fitting lampu bertambah. Dengan demikian, Anda bisa memilih fitting lampu sesuai kebutuhan. 


Berhubung alat ini berkaitan dengan arus listrik, Anda harus selalu berhati-hati saat memasangnya. Pastikan aliran listrik sudah Anda padamkan saat proses instalasi. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Senter Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ketika melakukan pekerjaan di tempat gelap, Anda tentu akan membutuhkan lampu senter. Lampu senter juga berguna sebagai persiapan menghadapi kondisi darurat, bahkan bencana. Alat penerang ini wajib tersedia di setiap rumah. Di pasaran, lampu senter hadir dalam ukuran, tingkat pencahayaan, serta harga yang berbeda-beda. Karena itu, Anda mungkin jadi bingung saat memilihnya. Untuk membantu Anda, kami akan mengulas tips memilih dan merekomendasikan sepuluh lampu senter yang bagus. Produk dari Krisbow, Olight, dan Pocketman dapat Anda peroleh melalui situs belanja online. Baca artikel ini sampai selesai, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Philips Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lampu adalah barang esensial yang diperlukan, khususnya saat malam hari atau keadaan minim cahaya. Lampu membantu menerangi suatu area atau ruangan tertentu. Agar lampu berfungsi maksimal, pilihlah lampu yang jelas kualitasnya. Untuk itu, jatuhkanlah pilihan Anda pada lampu Philips yang sudah terkenal akan kualitasnya.Lampu Philips memiliki beragam tipe dan varian. Lalu, tipe lampu Philips mana yang tepat untuk kebutuhan Anda? Untuk menjawabnya, silakan simak ulasan lengkap mengenai lampu Philips di sini. Kami akan memberikan tips memilih lampu Philips beserta ulasan sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Selamat membaca!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Pintar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Pintar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Lampu pintar merupakan peralatan rumah tangga berbasis IoT (internet of things) yang membuat ruangan Anda makin berwarna. Lampu pintar atau smart LED ini dilengkapi teknologi Bluetooth sehingga dapat dikontrol menggunakan iPhone dan Android. Selain bisa diatur waktu dan tingkat pencahayaannya, beberapa produk lampu pintar bahkan dilengkapi speaker internal.Agar tak salah pilih, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan saat membeli lampu pintar. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk terbaik dari berbagai merek, seperti Xiaomi, Philips, dan Bardi. Jangan sampai terlewatkan, ya!
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Lampu Bohlam LED Terbaik Ukuran Kecil (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang tidak bisa tidur dalam kondisi gelap. Untuk itu, penggunaan lampu bohlam LED berukuran kecil bisa menjadi solusi. Selain hemat energi, lampu LED ukuran kecil juga dapat menekan tagihan listrik. Namun, karena di pasaran terlalu banyak jenisnya, Anda mungkin kebingungan dalam memilih.Jadi, kali ini kami akan membahas tentang lampu bohlam LED ukuran kecil dan menjelaskan cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan lampu bohlam LED yang bagus dari berbagai merek. Ada Philips, Chiyoda, hingga IKEA. Silakan baca artikelnya dan temukan merek lampu bohlam LED ukuran kecil terbaik.
    Lampu
  • 10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Lampu Plafon Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pencahayaan sebuah ruangan merupakan sesuatu yang vital karena pencahayaan yang baik dapat membuat penghuni ruangan menjadi nyaman. Ada berbagai model lampu yang bisa digunakan untuk mengatur pencahayaan suatu ruangan, salah satunya lampu plafon.Di pasaran, ada berbagai tipe dan merek lampu plafon yang bagus. Jika Anda bingung memilihnya, kami akan memberikan beberapa rekomendasi lampu plafon terbaik dari Philips, BARDI, dan sebagainya. Selain itu, kami juga memberikan beberapa tips memilih lampu plafon untuk Anda. Simak hingga akhir, ya!
    Lampu
  • 10 Lampu Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    10 Lampu Lantai Terbaik - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2021)
    Lampu lantai atau lampu berdiri merupakan solusi praktis jika Anda ingin memperindah interior ruangan dalam sekejap. Dengan cahaya yang terpancar lembut, lampu lantai dapat menyulap suasana ruangan menjadi lebih nyaman dan berdimensi. Ada berbagai macam produk yang beredar di pasaran, mulai dari yang berdesain simpel sampai vintage.Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih lampu lantai yang bagus untuk Anda. Informasi tentang cara memilih ini juga sudah ditinjau oleh arsitek Adil Mochtar, ST, MT. Simak juga rekomendasi berbagai merek lampu lantai IKEA, Informa, dan Ace Hardware. Jangan lewatkan informasinya, ya!
    Lampu
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori