• 10 Rekomendasi Film Vampir Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Film Vampir Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Film Vampir Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Film Vampir Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Film Vampir Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Film Vampir Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Salah satu sosok misterius yang sering muncul dalam banyak film dan serial adalah vampir. Film vampire dapat menjadi pilihan bila Anda membutuhkan tontonan bernuansa horor dengan alur cerita bervariasi. Ada film vampir romantis, film vampir lucu, hingga film vampir seram dan menegangkan. 


Dalam artikel ini kami akan memberikan tips memilih film vampir untuk Anda. Tidak lupa, ada ulasan film vampir yang bagus, seperti Twilight, Van Helsing, dan Dark Shadows. Sepuluh film vampir terbaik rekomendasi kami bisa ditonton di aplikasi streaming seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Selamat membaca!

  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Ketahui perbedaan film vampir Barat dengan Timur, yuk!

Ketahui perbedaan film vampir Barat dengan Timur, yuk!

Vampir adalah sosok yang sering digambarkan menyerupai mayat hidup karena sosoknya yang pucat dan suka meminum darah manusia. Namun, ada banyak versi vampir yang dipercaya oleh orang-orang di berbagai negara, terutama di kawasan Eropa dan Asia.


Vampir versi Barat diceritakan memiliki penampilan mirip manusia, tetapi lebih pucat. Mereka sering hidup berdampingan dengan manusia sambil menyembunyikan identitasnya. Penampilan vampir versi Barat lebih necis layaknya bangsawan abad pertengahan. Vampir juga disebut sebagai mahkluk abadi yang kuat dan cepat, serta mengincar darah manusia pada malam hari.


Sejumlah orang memercayai bahwa vampir takut dengan kalung salib dan bawang putih. Beberapa orang lainnya meyakini bahwa vampir dapat dimusnahkan dengan senjata perak yang sudah disiram air suci. Sementara itu, vampir versi Asia, terutama di Cina, biasanya dihadapi dengan jimat, beras, serta air suci yang telah didoakan.


Penampilan vampir versi Asia atau yang biasa disebut jiang shi sering diperlihatkan memakai pakaian zaman Dinasti Qing. Jika vampir Eropa dapat bergerak seperti manusia biasa, vampir Cina biasanya melompat-lompat, bahkan terbang.


Sayangnya, film vampir Asia masih sangat jarang ditemukan di berbagai platform streaming legal. Alhasil, dalam artikel ini kami hanya akan menampilkan rekomendasi film vampir Barat.

Cara memilih film vampir

Meskipun banyak film vampir yang tersedia, belum tentu semuanya sesuai dengan selera Anda. Karena itu, ada beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan untuk menemukan film vampir yang tepat. Kami akan jelaskan selengkapnya di bawah ini.

Pilih berdasarkan genrenya

Film bertema vampir memiliki sejumlah genre dengan keunggulannya masing-masing. Kenali karakteristik tiap-tiap genre tersebut untuk menentukan film yang sesuai dengan selera Anda.

Horror dan thriller: Memberi sensasi menonton yang menegangkan

Horror dan thriller: Memberi sensasi menonton yang menegangkan

Sejatinya, vampir adalah salah satu makhluk yang sering dimunculkan dalam film horor. Vampir sering digambarkan sebagai sosok pengisap darah yang menyeramkan. Namun, ada pula film horor yang menampilkan vampir sebagai protagonis baik hati.


Jika Anda penyuka film dengan suasana menegangkan, seperti musik kencang atau adegan jumpscare, pertimbangkanlah genre thriller. Sejumlah film thriller juga menampilkan adegan sadis penuh darah yang menambah kesan seram. Karena itu, genre film ini kurang cocok untuk anak di bawah umur, lansia, ibu hamil, atau orang dengan masalah jantung.

Action dan adventure: Banyak adegan yang membikin tercengang

Action dan adventure: Banyak adegan yang membikin tercengang

Sementara itu, banyak juga film action dan adventure yang menggunakan tokoh vampir di dalam ceritanya. Sosok vampir biasanya diceritakan lemah terhadap senjata yang dilapisi perak, seperti peluru, tombak, dan pedang. Tidak hanya itu, banyak juga film aksi pemburu vampir yang kerap menampilkan baku hantam secara fisik. 


Genre berikutnya yang juga menarik adalah adventure. Film bertema adventure akan memanjakan penonton dengan latar tempat yang mendetail. Film vampir sering diberi setting di daerah Eropa pada abad ke-18 yang identik dengan kastil mewah. Karena vampir juga lemah terhadap sinar matahari, mayoritas film vampir memiliki pencahayaan temaram atau berlatarkan malam hari. 

Animasi dan komedi: Lebih ringan dan memancing tawa

Animasi dan komedi: Lebih ringan dan memancing tawa

Apabila Anda kurang menyukai genre film yang menyeramkan, Anda dapat mempertimbangkan film vampir bergenre komedi. Meskipun penampilannya tetap gothic, film vampir komedi biasanya menyelipkan humor-humor yang menghibur. 


Ada juga film vampir yang hadir dalam format animasi, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Jika ingin memilih film vampir untuk anak-anak, pastikan jalan ceritanya sesuai dengan umurnya, ya.

Pertimbangkan tipe dan durasinya

Hal lain yang tidak kalah penting dalam memilih film vampir adalah memeriksa tipe dan durasi film. Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan film pilihan Anda.

Film: Tidak perlu menunggu lama untuk tahu akhir ceritanya

Film: Tidak perlu menunggu lama untuk tahu akhir ceritanya

Jika Anda termasuk orang yang lekas bosan serta tidak tahan dengan cerita bersambung, pilihlah format film. Durasi film vampir cukup beragam, tetapi biasanya membutuhkan waktu sekitar dua jam. Karena langsung tamat, Anda tidak perlu dibuat penasaran dalam menunggu kelanjutan ceritanya.


Namun, sejumlah film ada yang memiliki prekuel atau sekuel sehingga sayang bila dilewatkan. Jika film pertamanya sukses di pasaran, biasanya pembuat film mempertimbangkan untuk memproduksi kelanjutannya. Karena itu, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu jumlah film yang akan ditonton secara keseluruhan. 

Serial: Butuh komitmen tinggi untuk menamatkannya

Serial: Butuh komitmen tinggi untuk menamatkannya

Anda termasuk orang yang memiliki komitmen tinggi dalam menonton? Format serial cocok untuk Anda! Namun, perhatikan durasi per episode dan total episodenya sebelum menonton serial vampir, ya. Ada serial yang selesai dalam satu season, ada pula yang memiliki beberapa season sehingga jumlah episodenya cukup banyak.


Poin lain yang tidak kalah penting adalah memeriksa status serial. Jika Anda memilih serial yang sudah tamat, Anda tentu tidak perlu menunggu kelanjutannya terlalu lama. Akan tetapi, Anda yang suka serial terbaru dapat mempertimbangkan serial yang masih ongoing

Cek sinopsis dan trailer film

Cek sinopsis dan trailer film

Saat memilih film vampir, ada baiknya Anda mengecek sinopsis dan trailer-nya terlebih dahulu. Di bagian sinopsis biasanya dicantumkan premis pendek film serta rating usia penonton. Sejumlah film vampir mengandung konten dewasa seperti adegan kekerasan dan darah. Adegan tersebut tentu tidak cocok untuk penonton di bawah umur. 


Selain sinopsis, Anda juga dapat melihat trailer yang berisi cuplikan filmnya terlebih dahulu. Melalui trailer, Anda bisa mengetahui kualitas sinematografi film yang akan ditonton. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menemukan film yang tepat, apalagi jika ingin ditonton bersama keluarga. 

Perhatikan tahun pembuatan film

Perhatikan tahun pembuatan film

Poin lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih film bertema vampir adalah tahun pembuatan dan rilisnya. Tahun pembuatan dan rilis film berhubungan dengan kualitas gambar, suara, efek, dan sebagainya. 


Sejumlah orang menyukai film dengan efek visual yang terlihat nyata berkat kemajuan teknologi terkini. Apabila Anda salah satunya, sebaiknya pilih film keluaran terbaru. Sejumlah production house dikabarkan ingin membuat versi reboot dari film vampir jadul populer seperti Buffy The Vampire Slayer dan Van Helsing. Versi reboot ini akan menggunakan efek visual yang lebih canggih dari film pendahulunya.


Namun, ada juga orang yang gemar menonton film klasik, bahkan yang masih hitam putih. Meskipun belum secanggih film masa kini, sinematografi yang bernuansa vintage justru membuat penggemarnya jatuh hati. Jika Anda juga menggemari film klasik, pertimbangkanlan film Nosferatu yang rilis tahun 1922 atau Dracula keluaran 1931. 

10 Rekomendasi film vampir terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film vampir terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10

Summit EntertainmentTwilight

TipeFilm
Durasi2 jam 1 menit
GenreDrama, romance
Kategori usia13+
Tahun rilis2008
Rating di IMDb5,2 dari 10
9

Bazelevs Company, Dune Entertainment, Tim Burton ProductionsAbraham Lincoln: Vampire Hunter

TipeFilm
Durasi1 jam 44 menit
GenreAction, horror, thriller
Kategori usia17+
Tahun rilis2012
Rating di IMDb5,9 dari 10
8

Sommers Company, Stillking FilmsVan Helsing

TipeFilm
Durasi2 jam 11 menit
GenreAction, adventure, horror
Kategori usia13+
Tahun rilis2004
Rating di IMDb6,1 dari 10
7

Rat Pack FilmproduktionBlood Red Sky

TipeFilm
Durasi2 jam 3 menit
GenreAction, horror, thriller
Kategori usia18+
Tahun rilis2021
Rating di IMDb6,1 dari 10
6

Echo Lake EntertainmentVan Helsing

TipeSerial
Durasi5 seasons (65 episode x 43 menit)
GenreAction, adventure, horror
Kategori usia18+
Tahun rilis2016
Rating di IMDb6,2 dari 10
5

Village Roadshow Pictures, Infinitum Nihil, GK Films, The Zanuck CompanyDark Shadows

TipeFilm
Durasi1 jam 53 menit
GenreComedy, horror
Kategori usia16+
Tahun rilis2012
Rating di IMDb6,2 dari 10
4
TipeSeri
Durasi3 seasons (72 episode x 24 menit)
GenreComedy, fantasy, musical
Kategori usia5+
Tahun rilis2017
Rating di IMDb6,6 dari 10
3
TipeFilm
Durasi2 jam 1 detik
GenreAction, horror, thriller
Kategori usia18+
Tahun rilis2003
Rating di IMDb7,0 dari 10
2

Mutant Enemy Productions, Sandollar Television, Kuzui Enterprises, 20th Century FoxBuffy the Vampire Slayer

TipeSerial
Durasi144 episode
GenreAction, drama, fantasy
Kategori usia17+
Tahun rilis1997
Rating di IMDb8,2 dari 10
1

Frederator Studios, Shankar Animation, Project 51Castlevania

TipeSerial
Durasi4 seasons (32 episode)
GenreAnime, horror
Kategori usia18+
Tahun rilis2017
Rating di IMDb8,3 dari 10

Tabel perbandingan film vampir terbaik

Gambar produk
1
Frederator Studios, Shankar Animation, Project 51 Castlevania 1

Frederator Studios, Shankar Animation, Project 51

2
Mutant Enemy Productions, Sandollar Television, Kuzui Enterprises, 20th Century Fox Buffy the Vampire Slayer 1

Mutant Enemy Productions, Sandollar Television, Kuzui Enterprises, 20th Century Fox

3
Screen Gems Underworld 1

Screen Gems

4
Brown Bag Films Vampirina 1

Brown Bag Films

5
Village Roadshow Pictures, Infinitum Nihil, GK Films, The Zanuck Company Dark Shadows 1

Village Roadshow Pictures, Infinitum Nihil, GK Films, The Zanuck Company

6
Echo Lake Entertainment Van Helsing 1

Echo Lake Entertainment

7
Rat Pack Filmproduktion Blood Red Sky 1

Rat Pack Filmproduktion

8
Sommers Company, Stillking Films Van Helsing 1

Sommers Company, Stillking Films

9
Bazelevs Company, Dune Entertainment, Tim Burton Productions Abraham Lincoln: Vampire Hunter 1

Bazelevs Company, Dune Entertainment, Tim Burton Productions

10
Summit Entertainment Twilight 1

Summit Entertainment

Nama produk

Castlevania

Buffy the Vampire Slayer

Underworld

Vampirina

Dark Shadows

Van Helsing

Blood Red Sky

Van Helsing

Abraham Lincoln: Vampire Hunter

Twilight

Keunggulan

Animasi barat yang diadaptasi dari game klasik

Serunya kisah remaja cantik pembasmi vampir

Perseteruan abadi bangsa vampir dan manusia serigala

Ikuti keseharian vampir cilik yang menggemaskan, yuk!

Kombinasi menarik komedi dengan horor ala Tim Burton

Perjuangan menghadapi dominasi vampir yang mengancam kehidupan manusia

Teror mengerikan vampir di pesawat, dijamin bikin merinding!

Penuh monster lain yang akan membuat Anda tercengang

Menguak identitas rahasia sang presiden

Kisah romantis paling populer antara vampir dan manusia

TipeSerialSerialFilmSeriFilmSerialFilmFilmFilmFilm
Durasi4 seasons (32 episode)144 episode2 jam 1 detik3 seasons (72 episode x 24 menit)1 jam 53 menit5 seasons (65 episode x 43 menit)2 jam 3 menit2 jam 11 menit1 jam 44 menit2 jam 1 menit
GenreAnime, horrorAction, drama, fantasyAction, horror, thrillerComedy, fantasy, musicalComedy, horrorAction, adventure, horrorAction, horror, thrillerAction, adventure, horrorAction, horror, thrillerDrama, romance
Kategori usia18+17+18+5+16+18+18+13+17+13+
Tahun rilis2017199720032017201220162021200420122008
Rating di IMDb8,3 dari 108,2 dari 107,0 dari 106,6 dari 106,2 dari 106,2 dari 106,1 dari 106,1 dari 105,9 dari 105,2 dari 10
Tautan produk

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Selain film tentang vampir, mungkin Anda tertarik dengan film lainnya untuk disaksikan ketika senggang. Ingin tahu lebih lanjut? Simak informasi selengkapnya melalui artikel di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, sudahkah Anda menemukan film vampir yang menarik untuk ditonton? Selain sepuluh film bertema vampir yang kami rekomendasikan di atas, masih banyak film lain yang tidak kalah seru.


Vampir merupakan salah satu sosok pengisap darah yang sering ditampilkan dalam film. Agar Anda lebih mudah memilah film vampir yang akan ditonton, silakan pertimbangkan tips di atas. Semoga artikel ini membantu Anda dalam menemukan film vampir terbaik!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime China Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Beberapa tahun terakhir anime China mulai mengemuka, menyusul anime lainnya dari Jepang dan Korea Selatan. Gambarnya makin matang dan ceritanya pun makin kuat. Judul-judul anime China yang bagus dengan berbagai jenis genre mulai mudah ditemukan di Indonesia.Bagi Anda penggemar anime China atau sekadar ingin menjajal menonton, kami akan menyajikan cara memilih anime China terbaik. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan beberapa judul anime China, seperti Legend of Exorcism, New Gods: Nezha Reborn, dan lainnya. Apabila Anda berniat menghabiskan waktu luang dengan menonton anime China, silakan baca artikelnya sampai tuntas!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Studio Ghibli Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda yang menyukai film animasi Jepang, atau biasa disebut anime, pasti mengenal Studio Ghibli. Ya, studio ini terkenal dengan produksi film animasi yang menawarkan cerita menarik. Beberapa anime Studio Ghibli bahkan sudah terkenal hingga tingkat internasional.Anime Ghibli terbaru masih terus bermunculan hingga saat ini. Karena itu, kali ini kami akan membagikan rekomendasi anime Studio Ghibli yang bagus beserta tips memilihnya. Beberapa Studio Ghibli films, seperti Princess Mononoke, Spirited Away, dan From Up on Poppy Hill, akan kami bahas pada artikel ini. Jadi, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Ernest Prakasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Ernest Prakasa Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah kesuksesannya dalam menyutradarai film Cek Toko Sebelah, nama Ernest Prakasa makin dikenal dalam jagat perfilman. Ernest tak hanya pandai bermain film, tetapi juga menulis skenario serta menyutradarai film. Di artikel ini, kami akan membahas kumpulan film terbaik Ernest Prakasa.  Terdapat berbagai deretan film Ernest Prakasa terbaik, seperti Ngenest, Imperfect, serta film series lainnya. Kami akan merekomendasikan film produksi Ernest Prakasa serta film-film yang dibintanginya. Film-film Ernest Prakasa kebanyakan merupakan drama komedi. Jadi, buat Anda yang butuh hiburan dan tertawa sejenak, pastikan Anda menonton film Ernest Prakasa yang lucu.
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menonton film merupakan kegiatan yang seru. Sekarang, Anda tak perlu repot-repot pergi ke bioskop untuk menonton film karena sudah banyak website resmi yang menyediakan film original. Di antara banyaknya aplikasi dan website untuk menonton film, Disney+ Hotstar menjadi salah satu situs favorit untuk segala usia.Pada artikel ini, kami akan memberikan tips memilih film yang bagus di Disney+ Hotstar. Deretan rekomendasi film Disney+ Hotstar terbaik, seperti Toy Story 4, Mandalorian, dan Snowdrop juga akan kami ulas. Cek rekomendasi daftar film dari kami dan temukan film favorit Anda. Selamat membaca!
    Film
  • 10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Film Marvel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Dari sekian banyak film superhero, mungkin Anda sudah sangat familier dengan film produksi Marvel. Kumpulan film Marvel ini masih bisa ditonton kapan saja melalui layanan media streaming digital seperti Netflix dan Disney+ Hotstar. Salah satu judul film Marvel terbaik yang tak boleh Anda lewatkan adalah Avengers: Infinity War dan Avengers: Endgame.Namun, film Marvel bukan Avengers saja. Masih banyak film Marvel lainnya yang tak kalah bagusnya, seperti Loki, Spider-Man, dan lainnya. Melalui artikel ini, kami akan mengulas list film Marvel terbaru tahun 2022 yang wajib Anda tonton.
    Film
  • 8 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Kapal Selam (Terbaru Tahun 2022)
    8 Rekomendasi Film Terbaik Tentang Kapal Selam (Terbaru Tahun 2022)
    Kehidupan bawah laut begitu memesona di balik misterinya. Film tentang kapal selam banyak memotret hal ini. Anda bisa memuaskan rasa penasaran terhadap laut dalam dengan menonton film kapal selam. Karena itu, kami ingin membantu Anda menemukan film kapal selam yang bagus. Tak hanya itu, kami akan memberikan tips memilih film terbaik tentang kapal selam. Dalam rekomendasi film, Anda akan menjumpai The Hunt for Red October yang ber-setting di kapal selam Amerika. Ada juga film dokumenter Drain the Oceans: Killer U-Boats dan film fantasi Aquaman. Jadi, tunggu apa lagi? Selamat membaca!
    Film
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori