mybest
Bumbu & bahan masakan lainnya

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan membuat banyak orang berusaha mengurangi konsumsi nasi. Salah satu bahan makanan yang layak untuk dipertimbangkan sebagai pengganti nasi adalah quinoa. Quinoa merupakan superfood berbentuk biji-bijian yang kaya nutrisi. Kalorinya pun lebih rendah daripada nasi. Tekstur quinoa yang unik bahkan membuatnya cocok digunakan sebagai campuran salad.


Jika Anda kurang mengenal quinoa, jangan khawatir! Kali ini kami akan membahas manfaatnya sekaligus memberi tips memilih quinoa yang bagus. Sepuluh produk dari merek terbaik juga telah disiapkan, seperti Nature's Energy, Ecozest, hingga Granology. Harganya pun bervariasi. Jadi, mari disimak!

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Manfaat mengonsumsi quinoa

Manfaat mengonsumsi quinoa

Quinoa adalah sejenis biji-bijian yang berasal dari tanaman Chenopodium quinoa. Tanaman tersebut tumbuh di pegunungan Andean, Amerika Selatan. Sejak lima ribu tahun lalu, quinoa telah dikonsumsi sebagai makanan pokok oleh orang-orang Peru dan Bolivia.


Meski bentuknya seperti butiran biji, quinoa tidak tergolong dalam suku rumput-rumputan. Quinoa justru termasuk dalam suku bayam. Karena keunikan ini, quinoa sering disebut sebagai pseudocereal atau serealia semu.


Selain bebas gluten, quinoa memiliki kandungan protein, serat, mineral, dan vitamin yang tinggi. Bahan makanan ini juga mengandung sembilan jenis asam amino esensial. Alhasil, quinoa bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh, menekan kadar gula darah dan kolesterol, serta menangkal radikal bebas.


Hebatnya lagi, kalori yang terkandung dalam quinoa lebih rendah dibandingkan beras putih dan sorgum. Berdasarkan data dari U.S Department of Agriculture, setiap 100 gram quinoa mengandung 120 kalori. Sebagai perbandingan, tiap 100 gram nasi putih mempunyai 130 kalori, sedangkan sorgum memiliki 329 kalori.


Namun perlu diketahui, kalori quinoa jauh di atas beras shirataki yang hanya mengandung 9 kalori dalam setiap 100 gram. Akan tetapi, beras shirataki tidak mempunyai kandungan nutrisi lain yang dimiliki oleh quinoa. Oleh sebab itu, quinoa tetap bisa menjadi pilihan makanan diet.


Berkat kandungan gizinya yang lengkap, serta manfaat yang berlimpah bagi tubuh, quinoa termasuk dalam kategori superfood. Bahkan, Food and Agriculture Organization of the United Nations (FAO) telah meneguhkan tahun 2013 sebagai International Year of Quinoa.

Cara memilih quinoa

Setelah menjelaskan manfaat mengonsumsi quinoa, sekarang kami akan menjabarkan tips memilih quinoa yang bagus. Silakan perhatikan dengan saksama untuk menghindari kesalahan membeli produk!

1

Perhatikan perbedaan warna butirannya

Langkah pertama dalam memilih quinoa adalah menentukan warna quinoa yang ingin dikonsumsi. Secara umum, ada tiga jenis warna quinoa yang bisa ditemukan di Indonesia, yaitu putih, merah, dan hitam. Ketiga warna quinoa tersebut memiliki perbedaan karakteristik. Kami akan membahasnya lebih lengkap di bawah ini.

Quinoa putih: Lebih pulen dan teksturnya ringan, cocok sebagai pengganti nasi

Quinoa putih: Lebih pulen dan teksturnya ringan, cocok sebagai pengganti nasi

Quinoa putih merupakan jenis yang paling umum dan paling mudah ditemukan di pasaran. Ciri dari jenis ini adalah warna butirannya yang putih kecokelatan. Durasi memasak quinoa putih juga tergolong singkat karena hanya membutuhkan waktu kurang dari tiga menit.


Setelah dimasak, quinoa putih terasa lebih pulen dibandingkan jenis lainnya sehingga sangat cocok disajikan sebagai pengganti nasi. Rasanya pun lembut dan teksturnya ringan. Dengan karakteristik tersebut, quinoa putih sangat mudah diolah dengan beragam jenis masakan.

Quinoa merah: Kaya rasa dan teksturnya kenyal, pas untuk campuran salad

Quinoa merah: Kaya rasa dan teksturnya kenyal, pas untuk campuran salad

Keunikan dari quinoa merah adalah warna butirannya yang akan berubah menjadi kecokelatan saat dimasak. Jenis ini lebih kaya rasa, serta memiliki tekstur yang lebih kenyal. Bisa dibilang rasanya sedikit lebih pedas dibandingkan quinoa putih. Karena itu, quinoa merah sering digunakan sebagai campuran salad. Untuk mencapai kematangan, jenis ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama yaitu sekitar 34 menit.

Quinoa hitam: Lebih kaya serat untuk atasi masalah pencernaan

Quinoa hitam: Lebih kaya serat untuk atasi masalah pencernaan

Quinoa hitam mempunyai ciri khas rasa yang lebih earthy dan sedikit lebih manis daripada quinoa putih. Teksturnya juga tergolong lebih crunchy. Selain itu, quinoa hitam dipercaya mengandung lebih banyak serat. Jadi, bila Anda mempunyai masalah pencernaan, kami sangat menyarankan pengonsumsian jenis ini. Namun, proses matang quinoa hitam paling lama dibandingkan jenis lainnya, sekitar 5–6 menit.

2

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan lebih tinggi, pertimbangkan quinoa organik

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan lebih tinggi, pertimbangkan quinoa organik

Supaya Anda bisa mendapat manfaat kesehatan terbaik, kami sangat menyarankan pemilihan quinoa organik. Keberadaan label organik sangat penting untuk memastikan bahwa quinoa pilihan Anda bebas dari pestisida dan pupuk kimia. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan nutrisi utuh dari quinoa yang dikonsumsi tanpa perlu khawatir akan keberadaan bahan berbahaya.

3

Sebaiknya pilih ukuran kecil terlebih dahulu jika baru pertama kali mencoba

Sebaiknya pilih ukuran kecil terlebih dahulu jika baru pertama kali mencoba

Meski kaya akan manfaat, belum begitu banyak orang yang menjadikan quinoa sebagai makanan pokok. Hal tersebut mungkin dikarenakan rasa quinoa yang terasa agak asing bagi orang Indonesia.


Karena itu, apabila Anda baru pertama kali ingin mencoba quinoa, kami sangat menyarankan produk dengan kemasan kecil. Jadi, Anda bisa menilai rasa quinoa terlebih dahulu tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Pemilihan produk berkemasan kecil juga membuat Anda bisa merasakan semua varian quinoa, lalu menentukan yang paling disukai.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi quinoa terbaik

Pada bagian ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi produk quinoa terbaik. Daftar rekomendasi produk di bawah ini kami susun berdasarkan popularitasnya. Bacalah dengan saksama dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda!
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Granology

Organic Quinoa Tri Colour

Granology Organic Quinoa Tri Colour 1

Rp12.900

Lebih Murah

Lebih kaya rasa dengan harga lebih terjangkau

2

Golden Seed

Organic White Quinoa

Golden Seed Organic White Quinoa 1

Rp70.110

Menengah

Hadirkan sensasi rasa seenak nasi putih

3

Club Sehat

Quinoa Pearl Organic

Club Sehat Quinoa Pearl Organic 1

Rp73.000

Menengah

Penyelamat pada pagi hari yang sibuk

4

Amindo Abadi Sentosa

Organic Royal White Quinoa

Amindo Abadi Sentosa Organic Royal White Quinoa 1

Rp75.000

Menengah

Menggunakan kemasan plastik aluminium foil untuk menjaga kualitas

5

Natural

Red Quinoa

Natural Red Quinoa 1

Rp130.000

Agak Mahal

Isi paling banyak, lebih puas menyantapnya

6

El Organico

Organic White Quinoa

El Organico Organic White Quinoa 1

Rp18.500

Agak Murah

Hasilkan warna cantik seperti nasi goreng

7

Bob's Red Mill

Organic Quinoa Grain

Bob's Red Mill Organic Quinoa Grain 1

Rp279.000

Lebih Mahal

Penggunaan biji quinoa utuh dengan nutrisi sempurna

8

Ecozest

Organic Quinoa

Ecozest Organic Quinoa 1

Rp79.000

Menengah

Quinoa sebagai hadiah, kenapa tidak?

9

Trio Natural

Quinoa Black

Trio Natural Quinoa Black 1

Rp146.000

Agak Mahal

Lebih renyah, cocok dijadikan teman cereal

10

Nourish

Organic Red Quinoa

Nourish Organic Red Quinoa 1

Rp42.000

Agak Murah

Nikmat sebagai pelengkap lauk

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

GranologyOrganic Quinoa Tri Colour

Organic Quinoa Tri Colour 1
Sumber: shopee.co.id
Organic Quinoa Tri Colour 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp12.900
Lebih Murah
Harga referensi
Rp12.900
Lebih Murah

Lebih kaya rasa dengan harga lebih terjangkau

Apabila Anda ingin mencoba rasa dari seluruh jenis quinoa, Granology Organic Quinoa Tri Colour adalah pilihan tepat. Sesuai namanya, produk ini mengandung campuran tiga warna quinoa dalam satu wadah, yaitu putih, merah, dan hitam.


Meski berisi tiga warna quinoa, harga produk satu ini justru terbilang terjangkau dibandingkan yang lainnya, lho. Jadi, Anda bisa merasakan uniknya perpaduan rasa quinoa tanpa perlu membuat budget membengkak.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Golden SeedOrganic White Quinoa

Harga referensi
Rp70.110
Menengah

Hadirkan sensasi rasa seenak nasi putih

Golden Seed Organic White Quinoa mempunyai rasa yang seenak nasi pada umumnya. Oleh sebab itu, produk ini sangat pas digunakan sebagai pengganti nasi setiap saat di meja makan Anda. Anda yang baru pertama kali ingin mencoba quinoa juga sangat disarankan memilih produk Golden Seed ini. Dengan begitu, lidah Anda tidak akan merasa kaget.

No.3

Club SehatQuinoa Pearl Organic

Harga referensi
Rp73.000
Menengah

Penyelamat pada pagi hari yang sibuk

Keunikan dari Quinoa Pearl Organic terletak pada proses pengolahannya. Jika biasanya quinoa bisa langsung dimasak seperti nasi, tidak begitu dengan produk ini.


Butiran quinoa ini perlu direndam dalam 500 cc air minum semalaman untuk mendapatkan tekstur seperti cereal. Setelah itu, Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas. Bila Anda sering tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan sarapan, tak ada salahnya menyiapkan quinoa ini malam sebelumnya.

No.4

Amindo Abadi SentosaOrganic Royal White Quinoa

Harga referensi
Rp75.000
Menengah

Menggunakan kemasan plastik aluminium foil untuk menjaga kualitas

Nature's Energy Organic Royal White Quinoa ditujukan untuk Anda yang tidak memiliki tempat penyimpanan beras khusus. Dikemas dalam plastik aluminium foil, biji quinoa di dalamnya tidak akan terkena sinar matahari secara langsung. Plastiknya pun menggunakan ziplock sehingga lebih mudah dibuka tutup, serta kedap udara. Alhasil, kualitas quinoa ini tidak mudah menurun.

No.5

NaturalRed Quinoa

Harga referensi
Rp130.000
Agak Mahal

Isi paling banyak, lebih puas menyantapnya

Quinoa merah yang satu ini mempunyai isi paling banyak di antara produk lainnya, hingga satu kilogram. Apabila Anda sedang diet ketat sehingga sering mengonsumsi salad, tak ada salahnya menstok quinoa ini. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik membeli quinoa di toko. Rasa salad bikinan Anda pun akan lebih kaya sehingga Anda bisa mengurangi penggunaan banyak bumbu.

No.6

El OrganicoOrganic White Quinoa

Harga referensi
Rp18.500
Agak Murah

Hasilkan warna cantik seperti nasi goreng

Anda gemar memasak nasi goreng? El Organico White Quinoa bisa menjadi pengganti nasinya. Setelah dimasak, quinoa satu ini mempunyai warna cokelat keemasan yang cantik. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu banyak menggunakan kecap. Rasa quinoa putih yang ringan membuat produk ini bisa dengan mudah menyatu dengan bumbu-bumbu nasi goreng.

No.7

Bob's Red MillOrganic Quinoa Grain

Harga referensi
Rp279.000
Lebih Mahal

Penggunaan biji quinoa utuh dengan nutrisi sempurna

Bagi Anda yang selalu memperhatikan kualitas produk, Bob's Red Mill Organic Quinoa Grain merupakan jawabannya. Produk ini memanfaatkan 100% biji quinoa utuh sehingga tentu saja lebih kaya nutrisi.


Bahan baku quinoa yang digunakan juga terbukti non-GMO sehingga Anda tak perlu khawatir akan keamanan produknya. Quinoa-nya pun telah dicuci hingga bersih sehingga sensasi rasa pahit alami dari saponin tidak begitu terasa. Selain itu, produk ini telah mendapatkan label sertifikasi USDA Organic, lho.

No.8

EcozestOrganic Quinoa

Harga referensi
Rp79.000
Menengah

Quinoa sebagai hadiah, kenapa tidak?

Ecozest Organic Quinoa dikemas dalam botol kaca cantik berukuran 200 gram. Jika Anda berencana memberi hadiah untuk orang terkasih, produk ini sangat cocok dijadikan alternatif. Dengan begitu, orang-orang terdekat Anda bisa mulai memperhatikan kesehatannya. Penggunaan botol kaca juga membuat kualitas quinoa lebih terjaga karena tidak mudah terpapar udara bebas.

No.9

Trio NaturalQuinoa Black

Harga referensi
Rp146.000
Agak Mahal

Lebih renyah, cocok dijadikan teman cereal

Trio Natural Quinoa Black memiliki tekstur yang lebih renyah dibandingkan jenis lainnya. Quinoa ini juga hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk matang. Dengan perpaduan tekstur dan waktu sajinya, tak heran jika quinoa ini cocok digunakan sebagai teman makan cereal. Anda yang biasanya tidak menyukai teksur nasi pulen sangat pas memilih quinoa hitam ini.

No.10

NourishOrganic Red Quinoa

Organic Red Quinoa 1
Sumber: shopee.co.id
Organic Red Quinoa 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp42.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp42.000
Agak Murah

Nikmat sebagai pelengkap lauk

Anak-anak biasanya sulit diajak makan karena tidak terlalu menyukai nasi. Bila Anda berada di posisi tersebut, saatnya menggantikan posisi nasi dengan quinoa merah ini. 


Teksturnya yang tidak terlalu lembek, serta rasanya yang kaya, membuat produk ini terasa berbeda dengan nasi. Rasanya pun sangat pas menemani aneka lauk di meja makan Anda. Tak ada salahnya untuk mencobanya, bukan? Mungkin saja si kecil doyan.

Cara memasak quinoa agar teksturnya lembut

Cara memasak quinoa agar teksturnya lembut

Selain kaya akan nutrisi, setiap butiran quinoa secara alami mengandung saponin yang akan memberi efek rasa pahit. Karena itu, sebelum dimasak, Anda perlu mencuci quinoa hingga air cuciannya dirasa jernih. 


Perlu diketahui juga, tempat memasak biji quinoa sangat memengaruhi waktu memasaknya, terutama jika ingin mendapatkan tekstur yang lembut. Oleh sebab itu, perhatikan penjelasan kami berikut ini.


  • Direbus dalam panci: Ini adalah cara termudah dalam mengolah quinoa. Setelah mencuci quinoa, rebuslah selama 12–15 menit. Air yang diperlukan pun takarannya cukup mudah, hanya tiga kali jumlah quinoa yang akan dimasak.

  • Dimasak pada wajan/teflon: Untuk memasak quinoa pada teflon, Anda membutuhkan sedikit minyak. Karena merupakan bahan makanan sehat, kami sarankan untuk menggunakan minyak zaitun, ya. Dalam satu menit, aroma khas quinoa akan muncul. Namun, tetaplah memasaknya hingga lima belas menit supaya matang sempurna.

  • Dimasak dengan magic com: Apabila quinoa dimasak dengan penanak nasi, waktu masaknya sama dengan beras biasa, sekitar lima belas menit. Anda juga bisa menambahkan garam atau perasa lain supaya quinoa lebih kaya rasa. 

Baca juga rekomendasi makanan pokok menyehatkan lainnya di sini

Tak hanya quinoa, masih ada banyak jenis makanan pokok yang kaya nutrisi di pasaran. Anda mungkin tidak asing lagi dengan beras hitam, beras merah, hingga beras shirataki. Jika Anda penasaran dengan manfaat tiap-tiap produk tersebut, kunjungi saja artikel kami melalui tautan di bawah ini!

Kesimpulan

Nah, bagaimana pendapat Anda tentang artikel quinoa kami kali ini? Apakah Anda menemukan produk yang menarik? Dengan banyaknya manfaat yang ditawarkan quinoa, rasanya sayang bila mengabaikannya begitu saja. Terlebih lagi, quinoa bisa digunakan sebagai pengganti nasi yang merupakan bahan makanan pokok orang Indonesia.


Karena itu, tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi quinoa demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Anda pun tidak perlu menyiksa diri karena rasa quinoa tergolong enak. Selamat memilih!

5 Rekomendasi Quinoa terbaik

No. 1: GranologyOrganic Quinoa Tri Colour

No. 2: Golden SeedOrganic White Quinoa

No. 3: Club SehatQuinoa Pearl Organic

No. 4: Amindo Abadi SentosaOrganic Royal White Quinoa

No. 5: NaturalRed Quinoa

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Makanan & minuman
  3. Bumbu & bahan masakan
  4. 10 Merk Quinoa Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.