• 10 Kopi Malabar Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Kopi Malabar Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Kopi Malabar Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Kopi Malabar Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Kopi Malabar Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Kopi Malabar Terbaik - Ditinjau oleh Coffee Consultant (Terbaru Tahun 2021)

Kopi malabar adalah sebutan untuk kopi yang diproduksi di area Gunung Malabar, Jawa Barat. Kopi arabika merupakan jenis kopi malabar yang sering diunggulkan dari segi rasa dan kualitas. Sudah menjadi rahasia umum bahwa perbedaan kopi arabika dan robusta salah satunya terletak pada tingkat keasamannya.


Supaya memudahkan Anda saat memilih kopi malabar, beberapa tips di bawah ini dapat menjadi pertimbangan. Bacalah artikel ini sampai akhir untuk mengetahui rekomendasi kopi malabar yang bagus, mulai dari merek Otten sampai Tanamera Coffee. Artikel ini sudah ditinjau oleh coffee consultant kami, Lalu Alpian.

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Lalu Ahmad Alpian
  • Pembaharuan terakhir: 19 November 2021
  • 296 Views
Daftar isi

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian

Profil pakar: Barista dan coffee consultant, Lalu Ahmad Alpian
Lalu Ahmad Alpian
General manager Awor Coffee Group
Lalu Ahmad Alpian

Lalu Alpian memulai perjalanannya di industri kopi sebagai barista pada 2014. Bagi Alpian, kedai kopi bukan sekadar tempat transaksi kopi, melainkan sebuah kultur. Sejak terjun di industri kopi, Alpian terus meningkatkan pengetahuan baik detail tentang kopi maupun sisi bisnis sebuah coffee shop.


Wawasan dan keterampilan tersebut mengantarnya tiba pada posisi general manager Awor Coffee Group. Kedai kopi yang dikelolanya ini telah memiliki cabang di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Mengenal kopi malabar asal Jawa Barat

Apakah Anda pernah mendengar salah satu specialty coffee bernama Java Preanger yang kini terkenal sampai ke mancanegara? Biji kopi premium tersebut berasal dari perkebunan kopi malabar di daerah Pangalengan, Jawa Barat. Di antara para penikmat kopi, jenis biji kopi ini dikenal dengan kopi malabar.


Kebun kopi malabar bukanlah area budi daya kopi yang baru hadir. Perkebunan kopi Malabar sudah ada sejak era Belanda menduduki Indonesia. Sampai saat ini, kopi malabar menjadi minuman khas asal Pangalengan yang diminati oleh banyak penikmat kopi.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kopi malabar

Meskipun merupakan jenis kopi yang sama, setiap produk kopi malabar akan menawarkan detail rasa yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi oleh pemrosesan, profil roasting, serta bentuk dan cara penyeduhannya. Tidak perlu berlama-lama, mari cermati poin-poin cara memilih berikut ini!

Temukan rasa yang disukai berdasarkan pemrosesannya

Ada beberapa pemrosesan biji kopi yang lazim dilakukan, seperti pemrosesan basah, natural, dan honey. Mari kenali karakteristik tiap-tiap pemrosesan biji kopi malabar untuk menemukan rasa yang paling disukai.

Pemrosesan basah, menghasilkan sensasi rasa asam dari biji kopi

Dari berbagai metode pemrosesan biji kopi pascapanen, pemrosesan basah termasuk yang cukup sering dipilih oleh produsen kopi. Alasannya, rangkaian proses basah atau washed biasanya dilakukan dalam lingkungan yang lebih terkendali sehingga rasa kopi lebih stabil


Sesuai namanya, dalam washed method, biji kopi dicuci serta dikupas kulitnya sebelum dikeringkan sampai lendir keemasannya hilang. Karena proses pencucian tersebut, umumnya sensasi rasa yang didapat saat penyeduhan mengikuti karakter asli kopinya. Berhubung kopi malabar didominasi jenis kopi arabika, maka sensasi rasa akhirnya akan terasa asam.


Kopi proses basah bertujuan untuk menghilangkan daging ceri kopi sebelum proses pengeringan. Dengan demikian, manis dari kulit ceri tidak memberi pengaruh selama proses pengeringan. Karakter kopi proses basah sebagian besar bergantung pada gula alami dan nutrisi selama masa tumbuhnya. Dengan kata lain, pemrosesan basah mengeluarkan karakter asli dari sebuah single origin.


Kopi arabika dengan pemrosesan basah saat diseduh pada umumnya akan memiliki beberapa karakter. Karakter tersebut di antaranya rasa fruity, body yang ringan, bright acidity, dan aftertaste yang bersih. 

Pemrosesan natural atau honey, mengeluarkan sensasi manis dari biji kopi

Pemrosesan natural dan honey sama-sama mengandalkan daging coffee cherry untuk menghasilkan rasa manis saat diseduh. Pemrosesan natural atau proses kering adalah pemrosesan kopi yang paling tua.


Dalam metode natural, biji kopi langsung dikeringkan bersama kulitnya tanpa dicuci dan dikupas terlebih dahulu. Seperti yang sudah umum diketahui, kulit kopi yang merah atau coffee cherry memiliki kadar gula yang relatif tinggi.


Biji kopi yang berkontak lama dengan bagian kulit menjadi alasan mengapa kopi hasil natural process terasa lebih manis. Proses natural ini akan membuat ceri terfermentasi secara natural dan kulit coffee cherry akan terkelupas dengan sendirinya.


Kopi arabika dengan pemrosesan natural saat diseduh pada umumnya akan memiliki beberapa karakter. Beberapa karakter tersebut di antaranya manis, rasa buah-buahan tropis, body yang tebal, dan acidity yang rendah.


Di samping itu, ada juga pemrosesan biji kopi bernama honey process. Mirip dengan metode natural, honey process juga tidak melibatkan pencucian. Kulit buah dikupas terlebih dahulu sebelum dikeringkan. Meskipun kulitnya dihilangkan, lendir berwarna keemasan yang lengket masih menempel pada biji.


Pada saat pengeringan, lendir yang masih menempel di biji kopi tampak seperti madu. Itulah penyebab mengapa proses ini dinamakan pemrosesan honey (madu). Makin banyak lendir yang menempel di biji kopi, makin manis rasa seduhannya. Kopi arabika dengan pemrosesan honey biasanya menghasilkan manis yang intens, fruity, dan medium acidity.

Carilah profil light atau medium roasting khas kopi malabar

Biji kopi yang telah dikeringkan akan masuk ke tahap penyangraian atau lebih dikenal dengan istilah roasting. Selama proses penyangraian, biji kopi diproses dalam suhu serta waktu tertentu sehingga profil kimiawinya berubah. 


Sehubungan dengan perubahan komponen kimia dalam biji kopi, proses roasting sangat menentukan cita rasa kopi. Kopi jenis malabar banyak disangrai dengan profil light atau medium demi mempertahankan karakter rasanya. Selain itu, tipe kopi ini juga cocok diseduh dengan metode manual brewing

Cocokkan karakter rasa kopi malabar dengan selera Anda

Karakter rasa atau tasting notes menjadi pembeda rasa antara satu jenis kopi dengan jenis kopi lainnya. Secara umum, kopi malabar memiliki karakter rasa yang unik seperti kombinasi buah-buahan dengan cokelat atau karamel. Notes buah yang lazim ditemukan dalam kopi malabar adalah jeruk, anggur, dan nangka.


Ketika memilih kopi malabar, Anda dapat mempertimbangkan karakter rasa atau tasting notes yang ditawarkan. Informasi tersebut biasanya dicantumkan dalam kemasan biji atau bubuk kopi. Ada beragam karakter rasa yang bisa Anda pertimbangkan, mulai dari fruity, floral, nutty, hingga chocolatey. Agar waktu ngopi menjadi lebih nikmat, pastikan Anda memilih kopi malabar dengan tasting notes yang sesuai selera.

Pilihlah bentuk kopi sesuai dengan cara penyeduhan

Seberapa kasar atau halus biji kopi yang Anda pilih akan memengaruhi rasa akhir kopi yang diinginkan. Karena alasan tersebut, Anda perlu mempertimbangkan bentuk kopi malabar yang akan dipilih. Cocokkanlah pilihan bentuk serta kesesuaian kopi dengan cara penyeduhan yang akan Anda gunakan.

Bentuk bubuk kasar, sesuai untuk metode immerse dan pour over

Biji kopi berbentuk kasar atau coarse memiliki ciri khas butiran bubuk yang besar sehingga memperlambat proses ekstraksi kopi. Saat menyeduh bubuk kopi coarse, air panas akan menempel di permukaan kopi lalu perlahan meresap ke dalam bubuk.


Bubuk kopi coarse bisa diandalkan saat Anda menyeduh kopi malabar dengan metode immerse. Metode immerse dilakukan dengan cara merendam kopi selama beberapa saat dalam air panas. Contoh cara penyeduhan kopi yang termasuk dalam metode immerse adalah tubruk serta french press.


Di samping itu, bubuk kopi kasar juga kerap digunakan dalam pembuatan kopi dengan metode pour over. Caranya, tuangkan bubuk kopi dalam saringan di atas gelas, lalu tuangkan air panas secara perlahan. Mengandalkan gravitasi, air panas akan melewati bubuk coarse dan mengekstraksi kopi secara perlahan. 

Bentuk bubuk halus, cocok untuk membuat espresso

Berbeda dengan metode immerse dan pour over yang perlu dilakukan perlahan-lahan, pembuatan espresso justru membutuhkan ekstraksi yang cepat. Inilah yang menjadikan bubuk kopi halus atau fine sesuai ketika Anda ingin menikmati secangkir espresso. 


Bubuk fine didapatkan dari proses penggilingan biji kopi secara saksama sampai bertekstur halus seperti pasir. Berkat tekstur yang halus, air panas dapat menembus seluruh partikel bubuk dengan mudah. Proses ekstraksi kopi pun menjadi lebih cepat.


Anda juga mungkin sering menemukan bubuk kopi medium yang bertekstur lebih halus dari coarse, tetapi tidak selembut fine. Bentuk bubuk kopi medium dianggap sebagai bentuk yang aman diseduh dengan berbagai metode. Karena itu, kopi malabar dalam bentuk bubuk medium juga cocok menjadi pilihan.

Bentuk whole beans, digiling di rumah demi rasa yang fresh

Anda juga bisa membeli kopi malabar dalam bentuk biji kopi atau whole beans. Tentunya, Anda harus memiliki alat penggiling kopi di rumah apabila membeli kopi dalam bentuk biji. Meskipun terkesan agak repot, Anda dapat menentukan bentuk bubuk yang dikehendaki tiap kali menggiling biji kopi. 


Tidak hanya itu, kopi yang digiling sesaat sebelum diseduh akan terasa lebih fresh. Ketika biji kopi digiling, terbentuklah minyak yang akan mengeluarkan rasa serta aroma optimal dari kopi.

10 Rekomendasi kopi malabar terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kopi malabar terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Lalu Ahmad Alpian.

10

Tagetto CoffeeKopi Arabika Malabar Natural

Mulai dari Rp 59.000,00

PemrosesanNatural process
Profil roastingMedium
Tasting notes Fruity, grape, slight wine
Bentuk Biji, bubuk kasar, bubuk sedang, bubuk halus
Pilihan berat 200 gram, 500 gram, 1000 gram
9

Kieta Coffee Kopi Arabika Malabar Black Honey

Mulai dari Rp 60.000,00

PemrosesanHoney process
Profil roastingLight to medium
Tasting notes Tidak disebutkan
Bentuk Biji, giling halus, giling sedang, giling kasar
Pilihan berat 100 gram, 200 gram, 1000 gram
8
PemrosesanNatural process
Profil roastingLight roast
Tasting notes Berries, jackfruit, brown sugar
Bentuk Bubuk kasar, bubuk medium, bubuk halus
Pilihan berat 200 gram, 500 gram, 1000 gram
7

Workshop BrotherMalabar Mountain Full Wash

Mulai dari Rp 50.000,00

PemrosesanFull washed process
Profil roastingMedium
Tasting notes Jasmine, sugar cane
Bentuk Biji, giling kasar, giling medium, giling halus
Pilihan berat 200 gram
6
PemrosesanSemi washed process
Profil roastingMedium
Tasting notes Pungent Jasmine, citrus, black tea
Bentuk Beans, coarse ground, medium ground, fine ground
Pilihan berat 200 gram
5

Northsider Malabar Mountain Fullwashed

Mulai dari Rp 98.000,00

PemrosesanFull washed process
Profil roastingMedium light
Tasting notes Chocolate, slight nutty, fruity, sweet, hint of floral
Bentuk Biji, giling kasar, giling medium, giling halus
Pilihan berat 250 gram
4

Sentra Kopi Arabika Malabar Natural

Mulai dari Rp 73.000,00

PemrosesanNatural process
Profil roastingMedium
Tasting notes Jackfruit, chocolaty, sweet
Bentuk Biji, bubuk kasar, bubuk sedang, bubuk halus
Pilihan berat 200 gram, 500 gram
3
PemrosesanNatural process
Profil roastingTidak disebutkan
Tasting notes Tangerine, orange, raspberry
Bentuk Beans, extra fine grind, fine grind, medium grind, coarse grind
Pilihan berat 250 gram
2

Otten Coffee IndonesiaMalabar Honey Process Kopi Arabica

Mulai dari Rp 95.000,00

PemrosesanHoney process
Profil roastingMedium light
Tasting notes Caramel, red grape, leprous lime
Bentuk Wholebean, fine, medium, medium coarse, super fine, medium fine, coarse
Pilihan berat 200 gram, 500 gram, drip coffee 10 gram, green bean 1 kg
1

Tanamera Coffee North Malabar Anaerobic Natural

Mulai dari Rp 86.000,00

PemrosesanAnaerobic natural
Profil roastingLight medium
Tasting notes Banana bread, cacao, dark chocolate, mango, apple, honey
Bentuk Coarse grind, fine grind, whole beans
Pilihan berat 100 gram, 250 gram, 1000 gram

Tabel perbandingan produk kopi malabar terbaik

Gambar produk
1
Tanamera Coffee  North Malabar Anaerobic Natural  1

Tanamera Coffee

2
Otten Coffee Indonesia Malabar Honey Process Kopi Arabica 1

Otten Coffee Indonesia

3
Smoking Barrels  Java Malabar Ciberecek  1

Smoking Barrels

4
Sentra Kopi  Arabika Malabar Natural 1

Sentra Kopi

5
Northsider  Malabar Mountain Fullwashed  1

Northsider

6
Javanegra Coffee Malabar Coffee 1

Javanegra Coffee

7
Workshop Brother Malabar Mountain Full Wash  1

Workshop Brother

8
Mr. O Coffee Malabar Natural  1

Mr. O Coffee

9
Kieta Coffee  Kopi Arabika Malabar Black Honey  1

Kieta Coffee

10
Tagetto Coffee Kopi Arabika Malabar Natural 1

Tagetto Coffee

Nama produk

North Malabar Anaerobic Natural

Malabar Honey Process Kopi Arabica

Java Malabar Ciberecek

Arabika Malabar Natural

Malabar Mountain Fullwashed

Malabar Coffee

Malabar Mountain Full Wash

Malabar Natural

Kopi Arabika Malabar Black Honey

Kopi Arabika Malabar Natural

Keunggulan

Rasakan tasting notes yang kompleks dalam satu tegukan

Sensasi rasa karamel dan buah, pas untuk mengembalikan konsentrasi

Senang kopi yang diseduh secara manual? Inilah jawabannya!

Nikmati karakter rasa yang unik dan balance

Dikemas dengan paper tube, cocok untuk buah tangan atau gift

Rasa yang lembut dari perpaduan notes teh hitam, melati, dan jeruk

Biji kopi berkualitas dengan sensasi rasa asam

Bisa diseduh dengan berbagai metode penyeduhan

Ada kemasan kecil sampai 1 kilo, pas untuk pilihan stok di rumah

Dilengkapi profil roasting medium, sesuai untuk penyuka cita rasa intens

Harga mulai dariRp 86.000,00Rp 95.000,00Rp 120.000,00Rp 73.000,00Rp 98.000,00Rp 120.000,00Rp 50.000,00Rp 110.000,00Rp 60.000,00Rp 59.000,00
PemrosesanAnaerobic naturalHoney process Natural processNatural process Full washed process Semi washed processFull washed processNatural processHoney process Natural process
Profil roastingLight medium Medium light Tidak disebutkanMedium Medium light Medium MediumLight roastLight to medium Medium
Tasting notes Banana bread, cacao, dark chocolate, mango, apple, honey Caramel, red grape, leprous lime Tangerine, orange, raspberryJackfruit, chocolaty, sweetChocolate, slight nutty, fruity, sweet, hint of floralPungent Jasmine, citrus, black tea Jasmine, sugar caneBerries, jackfruit, brown sugar Tidak disebutkan Fruity, grape, slight wine
Bentuk Coarse grind, fine grind, whole beans Wholebean, fine, medium, medium coarse, super fine, medium fine, coarseBeans, extra fine grind, fine grind, medium grind, coarse grindBiji, bubuk kasar, bubuk sedang, bubuk halusBiji, giling kasar, giling medium, giling halusBeans, coarse ground, medium ground, fine groundBiji, giling kasar, giling medium, giling halusBubuk kasar, bubuk medium, bubuk halusBiji, giling halus, giling sedang, giling kasarBiji, bubuk kasar, bubuk sedang, bubuk halus
Pilihan berat 100 gram, 250 gram, 1000 gram 200 gram, 500 gram, drip coffee 10 gram, green bean 1 kg250 gram 200 gram, 500 gram 250 gram200 gram 200 gram200 gram, 500 gram, 1000 gram 100 gram, 200 gram, 1000 gram200 gram, 500 gram, 1000 gram
Tautan produk

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Tips dari coffee consultant kami, Lalu Ahmad Alpian

Alat pertama yang sebaiknya home brewer punya adalah grinder baik manual maupun elektrik. Grinder membuka kesempatan untuk Anda mencoba berbagai ukuran gilingan dan apa saja pengaruhnya terhadap hasil seduhan. Jangan takut mencoba, ya!


Ukuran gilingan akan menentukan karakter seduhan yang dihasilkan. Gilingan kasar akan menghasilkan rasa seduhan yang smooth dan clean. Ukuran gilingan kasar ini biasanya dipakai saat proses cupping kopi di coffee shop.


Gilingan sedang akan menghasilkan seduhan yang seimbang dari segi rasa dan intensitas. Sementara itu, gilingan halus akan menghasilkan seduhan yang intens.

Baca juga rekomendasi camilan sebagai teman minum kopi di sini

Kurang lengkap rasanya meminum secangkir kopi tanpa ditemani kudapan, terlebih jika yang Anda nikmati adalah kopi hitam. Bagi Anda yang bingung menentukan camilan untuk dipadukan dengan kopi malabar favorit Anda, simak artikel-artikel berikut ini.

Kesimpulan

Untuk memperoleh kopi malabar yang benar-benar sesuai dengan selera, Anda memang perlu cermat dalam memilih. Karena itu, pastikan Anda mempertimbangkan poin-poin cara memilih di atas sebelum membeli kopi malabar dari marketplace kesayangan. 


Selain itu, sampaikanlah rasa kopi yang diharapkan kepada roastery tempat Anda membeli biji atau bubuk kopi. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kopi malabar dengan tingkat roasting serta jenis penggilingan yang sesuai. Selamat memilih!

Artikel terkait

  • 10 Merk Earl Grey Tea Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Earl Grey Tea Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Earl grey tea adalah teh hitam dengan paduan aroma bergamot yang segar. Aroma citrus teh ini bisa membantu merelaksasi pikiran. Beberapa merek yang bagus, seperti Dilmah, Twinings, dan lainnya, bahkan menawarkan keunikan teh earl grey-nya masing-masing untuk Anda.Pada artikel ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi earl grey tea terbaik untuk Anda. Namun sebelumnya, kami akan memulai dengan membagikan tips memilih, serta menjelaskan manfaat earl grey tea. Tidak lupa, seorang tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini. Jadi, ikuti terus, ya!
    Teh & kopi
    23.750 Views
  • 10 Merk Fruit Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Fruit Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Fruit tea adalah teh yang terbuat dari ekstrak buah kering atau campuran buah dan rempah. Minuman ini mirip dengan teh herbal, hanya saja fruit tea dibuat dari buah-buahan. Teh buah tak hanya nikmat, tetapi juga kaya manfaat.Kali ini, kami akan memberikan rekomendasi teh rasa buah terbaik yang bagus untuk kesehatan Anda. Anda akan temukan merek ternama, seperti Dilmah, Twinnings, dan Orizen. Ada fruit tea blackcurrant, fruit tea apel, fruit tea lemon, dan masih banyak lagi. Selain itu, kami akan membahas khasiat fruit tea serta cara memilihnya. Simak terus, yuk!
    Teh & kopi
    12.823 Views
  • 8 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    8 Teh Hijau Jepang (Sencha) Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Sencha merupakan salah satu varian teh hijau. Teh ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu sedikit rasa pahit akibat proses pemanggangan saat diproduksi. Dengan kandungan antioksidan tinggi, teh ini memiliki manfaat bagi tubuh, terutama kulit. Tidak heran, minuman teh ini juga mulai digemari di Indonesia.Kini merk teh, seperti Lipton, Teh 63, dan sebagainya, menelurkan produk sencha yang semuanya nikmat. Agar Anda tak bingung memilihnya, kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh sencha terbaik. Tea specialist, Neysa Valeria, juga ikut memberikan informasi tambahan di artikel ini. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
    16.974 Views
  • 10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Terbaik yang Tidak Mengandung Kafein - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Jika Anda seorang pencinta teh, sebaiknya Anda berhati-hati dengan asupan kafein yang Anda konsumsi sehari-hari. Kelebihan kafein dapat membahayakan, terutama bagi wanita hamil. Sebagai alternatif, Anda dapat beralih ke teh tanpa kafein yang terbuat dari bahan biji-bijian atau akar tanaman.Berbagai jenis teh tanpa kafein telah beredar di pasaran, mulai dari teh gandum, jagung, hingga rooibos. Agar Anda tidak kebingungan, tea specialist, Neysa Valeria akan memberikan informasi tambahan di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan teh yang enak dari berbagai merek terkenal, seperti Yogi, Sempio, atau Traditional Medicinals. Selamat membaca!
    Teh & kopi
    26.079 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    78.890 Views
  • 10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Good Day Coffee Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Good Day Coffee merupakan salah satu merek kopi yang populer di Indonesia. Selain murah dan praktis, pilihan rasa yang ditawarkan juga variatif. Good Day Coffee mengemas produknya dengan kekinian sehingga banyak anak muda menggemarinya. Dari banyaknya pilihan, manakah yang sebaiknya dipilih?Kali ini, kami akan memberikan tips untuk memilih produk Good Day Coffee yang paling sesuai. Tak lupa, kami akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik dari Good Day Coffee, seperti Coffee Freeze, Tiramisu Bliss Coffee, dan Cappuccino. Bersiaplah untuk menikmati varian rasa seru dari Good Day Coffee!
    Teh & kopi
    7.129 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi ABC Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi ABC Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi para pencinta kopi, merk kopi ABC pasti sudah sangat dikenal. Bentuknya yang praktis membuat Anda bisa langsung menyeduh kopi tanpa harus menambahkan bahan apa pun. Variannya juga beragam dan semuanya nikmat, mulai dari kopi ABC susu, hitam, hingga mocca.Di artikel ini kami akan merekomendasikan beberapa produk kopi ABC terbaik yang bisa Anda coba. Anda akan menemukan kopi ABC Mix, White Coffee, dan masih banyak lagi. Semoga Anda bisa menemukan kopi ABC terbaik untuk meningkatkan semangat hari-hari Anda melalui tulisan ini.
    Teh & kopi
    1.090 Views
  • 10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Kopi Toraja Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Kopi Toraja adalah kopi terbaik dari dataran tinggi Sulawesi Selatan. Kopi tersebut kaya rasa, memiliki fruity aftertaste, dan tingkat keasaman yang memanjakan lidah. Biji kopi Toraja pun menjadi rebutan penikmat kopi dari berbagai negara.Meskipun membahas kenikmatan kopi Toraja tidak akan ada habisnya, kami akan mengulasnya untuk Anda. Sejarah kopi Toraja, ciri khas atau karakteristiknya, hingga beberapa jenis terbaik, seperti Toraja Sapan atau Kalosi, ada di artikel ini. Kami juga akan merekomendasikan kopi Toraja asli dari merk terkenal seperti Excelso, Top Coffee, dan Tanamera. 
    Teh & kopi
    2.974 Views
  • 10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Teh Dandang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Teh Dandang terkenal memiliki aroma wangi berkat adanya tambahan bunga melati di dalamnya. After taste teh Dandang pun tergolong manis karena menggunakan daun teh asli. Tak heran jika merek teh ini sangat diminati masyarakat. Ditambah lagi, variannya cukup lengkap. Ada teh tubruk, celup, hingga teh 2 in 1 alias teh plus gula.Nah, kali ini kami ingin membahas tips memilih teh Dandang yang bagus. Sepuluh rekomendasi produk teh Dandang terbaik dan enak juga telah kami siapkan. Anda bisa menemukan Dandang Selection, Dandang Green Tea Celup, dan masih banyak lagi. Jadi, mari disimak!
    Teh & kopi
    1.460 Views
  • 10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Bubuk Thai Tea Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Thai tea adalah minuman teh susu kekinian dari Thailand yang disukai masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat banyak orang ketagihan. Anda sekarang bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bubuk thai tea instan, lho! Namun, bagimana cara memilih bubuk thai tea yang paling enak?Kali ini kami akan mengulas cara memilih bubuk thai tea terenak. Tak lupa, ada juga rekomendasi bubuk thai tea terbaik dari merek Thailand dan Indonesia, seperti Cha Tra Mue, Ranong, HiLo, dan Nestea. Tentunya seluruh produk rekomendasi kami dapat dibeli di sejumlah e-commerce. Yuk, disimak!
    Teh & kopi
    1.037 Views
  • Artikel populer

  • 10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Biji Kopi dan Bubuk Kopi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Biji dan bubuk kopi berkualitas adalah faktor utama yang menentukan kenikmatan kopi yang Anda seduh. Anda bisa memilih kopi yang paling disukai, mulai dari kopi arabika, robusta, luwak, espresso, hingga kopi tanpa ampas. Bagi yang baru mendalami dunia kopi, mungkin memilih biji dan bubuk kopi yang bagus bisa menjadi kesulitan tersendiri.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih biji kopi dan bubuk kopi yang enak untuk Anda. Berbagai rekomendasi merk kopi terbaik, seperti JJ Royal Coffee, Nescafe, Kapal Api, hingga Otten akan turut kami ulas. Silakan baca terus artikel ini!
    Teh & kopi
    100.580 Views
  • 10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Kopi Decaf Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat membuat mata melek. Sayangnya, kandungan kafeina di dalam kopi memberi efek yang kurang baik untuk beberapa orang. Sebagai solusi minum kopi yang aman, Anda dapat mengonsumsi kopi decaf, kopi dengan kadar kafeina yang rendah.Untuk Anda yang tertarik dengan kopi decaf, kami telah menyiapkan informasi tentang cara memilih produknya. Kami juga akan memberikan rekomendasi kopi decaf terbaik. Nescafé, Illy, dan berbagai merek kopi lokal ada dalam rekomendasi kami. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan informasi menarik tentang kopi decaf.
    Teh & kopi
    16.150 Views
  • 10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Krimer Terbaik untuk Kopi (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi sebagian orang, menikmati kopi adalah hal penting sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Namun, tidak semua orang menggemari kopi hitam yang cenderung pahit. Nah, krimer hadir sebagai pelengkap agar kopi hitam terasa lebih creamy dan lebih lembut rasa pahitnya.Ada berbagai pilihan krimer dari bermacam-macam brand, seperti Nestle, Coffindo, Kapal Api, dan Max Creamer. Dari sekian banyaknya krimer di pasaran, manakah yang paling pas sebagai pelengkap kopi Anda? Cari tahu hal-hal yang harus diperhatikan dan produk-produk krimer terbaik di bawah ini!
    Teh & kopi
    78.890 Views
  • 10 Kopi Robusta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Kopi Robusta Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Meskipun jenis kopi telah berkembang, sebagian pencinta kopi tetap setia dengan rasa khas kopi robusta. Seperti yang telah diketahui, perbedaan kopi robusta dan arabika terletak pada rasanya. Kopi robusta menyuguhkan rasa yang cenderung pahit, sedangkan kopi arabika lebih didominasi rasa asam.Di pasaran terdapat berbagai merk yang menyediakan kopi robusta, seperti Otten Coffee, Nescafe, dan Space Roastery. Pemilihan kopi tentu disesuaikan dengan selera Anda. Namun, poin-poin di bawah ini dapat menjadi pertimbangan jika Anda memerlukan tips memilih kopi terbaik versi Anda. Kami juga akan memberikan rekomendasi produknya di akhir artikel.
    Teh & kopi
    5.168 Views
  • 10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Teh Celup Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh celup merupakan solusi praktis untuk menikmati teh tanpa perlu menggunakan penyaring. Meski demikian, rasa teh celup tidak kalah nikmat dibandingkan loose leaf tea. Ada berbagai merk teh celup di pasaran, seperti Sari Wangi, Tong Tji, Dilmah, Twinings, dan lainnya.Kali ini, kami telah menyiapkan beberapa tips untuk memilih teh celup yang bagus dan enak. Temukan juga rekomendasi produk terbaik untuk Anda dan baca tips dari tea specialist, Bambang Laresolo. Segera baca artikel ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan, ya!
    Teh & kopi
    16.145 Views
  • 10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Chamomile Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh merupakan minuman yang sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Ada begitu banyak jenis teh yang dijual di pasaran dengan beragam rasa dan aroma. Salah satu jenis teh yang diracik untuk memenuhi kebutuhan akan minuman herbal adalah teh chamomile.Dengan banyaknya pilihan, Anda mungkin bingung memilih produk yang enak. Karena itu, kami akan membagikan tips memilih teh chamomile dan menjelaskan manfaatnya. Kami juga akan mengulas sepuluh produk teh chamomile dari merk Lipton, Dilmah, Twinings, dan lainnya. Selain itu, cek juga komentar tea specialist, Neysa Valeria di artikel ini, ya!
    Teh & kopi
    83.580 Views
  • 10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    10 Teh Melati Terbaik - Ditinjau oleh Tea Specialist (Terbaru Tahun 2021)
    Teh melati adalah minuman yang terkenal dengan aroma yang wangi serta rasa yang segar. Teh yang berasal dari Cina ini juga memiliki penggemarnya tersendiri di Indonesia. Sebut saja brand seperti SariWangi, Frestea, hingga Dilmah yang memproduksi teh melati yang enak.Kali ini kami akan memperkenalkan rekomendasi teh melati terbaik yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. Selain itu, kami juga akan mengulas cara memilih teh melati dan memberi rekomendasi produknya. Tidak ketinggalan, tea specialist, Neysa Valeria juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Teh & kopi
    10.951 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori