1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Genre isekai menceritakan tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itulah, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.


Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus juga akan Anda temukan pada artikel ini. Anda bisa memilih anime Mushoku Tensei: Jobless ReincarnationSword Art Onlinedan The Rising of The Shield Hero. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!

Diperbaharui 04-04-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya

Apa itu anime isekai?

Isekai memiliki arti dunia lain dalam bahasa Jepang. Isekai awalnya termasuk genre fantasy, tetapi karena peminatnya makin banyak, genre ini memiliki kategori sendiri. Anda dapat menikmati berbagai jenis dunia dalam anime bergenre isekai, mulai dari dunia kerajaan, magis, hingga virtual


Selain itu, karakter utama yang memasuki dunia lain biasanya dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah karakter yang mendapat panggilan dari dunia lain. Yang kedua adalah karakter yang mengalami reinkarnasi karena sudah meninggal di kehidupan sebelumnya


Genre isekai populer karena ceritanya yang unik dan memukau secara visual. Selain itu, dunia lain atau isekai juga menampilkan beberapa makhluk asing dan kekuatan magis yang dimiliki oleh tiap karakternya. Dengan begitu, Anda yang senang berimajinasi tentang hal-hal menarik yang belum ada di dunia nyata akan menyukainya.

Cara memilih anime isekai

Mungkin Anda masih bingung memilih anime isekai yang seperti apa. Nah, pada poin ini kami akan membahas cara memilih anime isekai berdasarkan subgenre, durasi, rating, dan review penonton. Oleh karena itu, simak baik-baik, ya!

① Pilih berdasarkan subgenre

Pilih berdasarkan subgenre
Sumber: miabyss.com

Film animasi atau anime tidak hanya merujuk pada satu genre. Ada banyak subgenre yang dapat Anda temukan dalam satu genre anime. Ide dan jalan ceritanya akan jauh lebih menarik saat genre isekai digabungkan dengan subgenre lainnya.


Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa subgenre dalam anime isekai.


  • Romance
Subgenre ini akan membuat penonton senyum-senyum sendiri karena alur cerita dan interaksi antartokoh yang sama-sama memiliki ketertarikan. Adegan percintaan yang ditampilkan biasanya mengandung unsur haru, sedih, dan bahagia.


  • Action

Subgenre action bisa dibilang paling dicari dan juga paling populer di kalangan penggemar anime dan film animasi. Selain memiliki adegan pertarungan atau peperangan yang overpower, subgenre ini juga memiliki adegan yang penuh konflik.


  • Adventure

Dalam subgenre ini, Anda akan dibawa mengikuti petualangan karakter utama dalam menempuh perjalanan ke suatu tempat. Petualangan sang tokoh tentunya diikuti pula dengan berbagai kejadian seru. Anda juga akan melihat banyak latar tempat dan karakter lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan bosan meski ceritanya berfokus pada karakter utama saja.


  • Fantasy

Ada pula anime yang menampilkan magic (sihir), makhluk mistis, dan hal lainnya yang tidak ada di dunia nyata. Banyak orang yang mencari inspirasi untuk membuat gambar atau ilustrasi melalui cerita dan visual dari subgenre fantasi. Ceritanya pun akan membuat Anda berimajinasi seakan berada dalam dunia magic yang mengagumkan.


  • Comedy

Seperti namanya, subgenre ini akan membuat Anda tertawa. Selain karena karakter anime yang memiliki tingkah konyol, jalan ceritanya pun ringan dan mudah dimengerti.


  • Harem 

Subgenre harem adalah kategori anime yang menceritakan tokoh laki-laki yang dikelilingi banyak wanita cantik. Namun, perlu dicatat bahwa subgenre ini biasanya mengarah ke tema dewasa.

② Perhatikan review penonton lain

Perhatikan review penonton lain

Sebelum menonton anime pilihan, Anda dapat melihat review dari penonton lainnya. Periksalah review penonton dari berbagai platform, mulai dari forum khusus hingga akun official yang ada di media sosial.


Platform penayangan film legal juga menampilkan rating film itu sendiri yang dinilai berdasarkan jumlah bintang. Makin banyak jumlah bintang yang tertera, biasanya makin recommended film tersebut. Namun, perhatikan juga jumlah penonton yang memberi nilai, ya.


Karena biasanya review anime mengandung banyak spoiler, kami sarankan Anda cukup membacanya sekilas. Jadi, review tidak akan menurunkan rasa penasaran Anda untuk menonton anime tersebut. Anda juga dapat membantu penonton lain dengan menulis review anime yang sudah Anda tonton pada platform yang sama.

③ Pastikan rating usia penonton sesuai

Pastikan rating usia penonton sesuai

Poin selanjutnya yang harus diperhatikan adalah melihat rating umur yang disarankan. Dengan begitu, konten yang terdapat dalam anime lebih mudah dipahami karena sesuai dengan umur penonton. 


Rata-rata anime isekai memiliki rating 13+ karena memiliki jalan cerita yang kompleks dan biasa dinikmati kalangan remaja. Namun, menonton anime ini akan lebih baik jika didampingi oleh orang dewasa. Bisa saja anime tersebut masih menampilkan adegan yang kurang sesuai untuk ditonton para remaja.


Terdapat anime isekai yang menampilkan adegan dewasa ataupun adegan yang menampilkan pertumpahan darah atau goreAnime ini biasanya ditujukan untuk rating usia 16–18 tahun ke atas. Anime dengan rating ini sebaiknya tidak ditonton bersama anak-anak atau remaja di bawah umur.

④ Periksa format anime untuk menentukan durasinya

Anime biasanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu film dan serial. Perbedaan durasi antara dua kategori tersebut akan kami bahas pada poin di bawah ini.

Film, tidak perlu penasaran menunggu kelangsungan cerita

Film, tidak perlu penasaran menunggu kelangsungan cerita
Sumber: ngnl.jp

Untuk Anda yang sibuk dan hanya memiliki waktu luang saat akhir pekan, Anda dapat menonton kategori film. Film anime biasanya hanya berdurasi 1–2 jam dan memiliki alur cerita yang cenderung cepat. Anda tidak akan penasaran karena terlalu lama tamat.


Anda sebaiknya menonton film hingga selesai dan tidak terganggu oleh aktivitas lain agar fokus pada jalan ceritanya. Jadi, pesan moral yang ingin disampaikan dalam film tersebut juga dapat Anda terima dengan baik.

Serial, untuk Anda yang memiliki waktu luang lebih banyak

Anime serial biasanya berisi beberapa episode dengan cerita yang detail sehingga durasinya lebih lama dibandingkan film. Kebanyakan kategori serial ini diangkat dari cerita buku atau game. Satu episode anime serial rata-rata berdurasi 24 menit. Sementara itu, satu season biasanya memiliki belasan hingga puluhan episode.


Untuk Anda yang memiliki banyak waktu luang, Anda dapat menonton anime serial yang sudah tamat hingga episode akhir. Namun, apabila Anda tidak masalah dengan rasa penasaran, serial yang masih on going bisa menjadi pilihan.

10 Rekomendasi anime isekai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh anime isekai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Kinema Citrus

Made in Abyss

Kinema Citrus Made in Abyss 1枚目

Perjalanan gadis yatim piatu menjelajahi dunia impian

2

Egg Firm, Studio Bind, TOHO animation

Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation

Egg Firm, Studio Bind, TOHO animation Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation 1枚目

Inkarnasi pemuda pengangguran menjadi penyihir mumpuni

3

Kadokawa, Media Factory, White Fox

Re: Zero, Starting Life in Another World

Kadokawa, Media Factory, White Fox Re: Zero, Starting Life in Another World 1枚目

Sang tokoh utama yang bisa terus hidup berkat kemampuan reset-nya

4

8bit Studio

That Time I Got Reincarnated as a Slime

8bit Studio That Time I Got Reincarnated as a Slime 1枚目

Kisah slime yang mampu menyerap kekuatan makhluk lain

5

DR Movie, Kinema Citrus

The Rising of The Shield Hero

DR Movie, Kinema Citrus The Rising of The Shield Hero 1枚目

Pembuktian diri kesatria tameng yang menjadi penyelamat dunia

6

AT-X, Frontier Works, Kadokawa, Madhouse

No Game No Life

AT-X, Frontier Works, Kadokawa, Madhouse No Game No Life 1枚目

Perjalanan dua bersaudara yang menantang Dewa Game

7

Madhouse

Overlord

Madhouse Overlord 1枚目

Terjebak dalam dunia game dan menjadi raja overpower

8

Bandai Namco Pictures

Welcome to Demon-School! Iruma-kun

Bandai Namco Pictures  Welcome to Demon-School! Iruma-kun 1枚目

Cerita anak manusia yang belajar di sekolah iblis

9

A-1 Pictures, ASCII Mediaworks, Aniplex

Sword Art Online

A-1 Pictures, ASCII Mediaworks, Aniplex Sword Art Online 1枚目

Remaja pendiam yang menjadi player cerdik di game online

10

Millepensee

So I'm A Spider, So What?

Millepensee So I'm A Spider, So What? 1枚目

Sebagai laba-laba, Kumoko harus bertahan hidup dari berbagai monster

Perincian produk
Close
No.1

Perjalanan gadis yatim piatu menjelajahi dunia impian

Abyss adalah lubang besar yang penuh misteri dan monster menyeramkan, tetapi menawarkan keindahan. Maka dari itu, banyak yang mengunjunginya meski setelah itu tidak pernah kembali, termasuk Lyza, ibu dari Riko. Hal itulah yang mendorong Riko pergi ke kedalaman Abyss. Ia pun bertemu robot berwujud anak laki-laki bernama Reg.

 

Made in Abyss telah dirilis dalam dua season dan tiga film. Ketiga film tersebut bertajuk Journey's Dawn, Wandering Twilight, dan Dawn of the Deep Soul. Jika Anda suka dengan cerita petualangan, silakan menonton anime ini. Anda bisa memulainya dengan menonton serial musim pertama, kemudian dilanjutkan film dan serial musim kedua.
No.2

Egg Firm, Studio Bind, TOHO animationMushoku Tensei: Jobless Reincarnation

Inkarnasi pemuda pengangguran menjadi penyihir mumpuni

Muhsoku Tensei berkisah tentang kehidupan pemuda pengangguran berusia 34 tahun. Ia memilih mengurung diri di kamar sejak mengalami perundungan saat masih sekolah. Hingga suatu hari ia tertabrak truk saat hendak menyelamatkan seorang remaja. Saat terbangun, ia terlahir kembali di dunia lain. Ia pun mendapatkan nama baru, Rudeus Greyrat.

Kehidupannya pun berubah menjadi lebih baik. Rudeus tumbuh menjadi anak laki-laki tangguh yang diberkati ilmu sihir mumpuni. Namun, permasalahan demi permasalahan juga muncul hingga ia teringat dengan kehidupan di dunia sebelumnya. Bagi Anda yang ingin melihat aksi Rudeus dalam bertarung dan bertualang bisa menyaksikan anime yang satu ini.
No.3

Kadokawa, Media Factory, White FoxRe: Zero, Starting Life in Another World

Sang tokoh utama yang bisa terus hidup berkat kemampuan reset-nya

Anime Re: Zero – Starting Life in Another World diangkat dari light novel dengan judul yang sama. Anime ini berkisah tentang remaja laki-laki bernama Subaru Natsuki. Ia tiba-tiba berpindah ke dunia lain saat keluar dari toserba. Hanya berbekal tas belanja dan ponsel, Subaru pun tampak bingung. Ia mendapati dunia yang ditinggali oleh berbagai ras.

Pada akhirnya ia bertemu dengan Emilia, half elf. Namun, masalah demi masalah silih berganti. Subaru berusaha mengatasi masalah yang muncul dengan kemampuan reset yang dimilikinya. Ia bisa muncul kembali di suatu tempat setelah menerima kematian. Dengan jalan cerita tersebut, anime ini cocok untuk Anda yang suka jalan cerita rumit.
No.4

8bit StudioThat Time I Got Reincarnated as a Slime

Kisah slime yang mampu menyerap kekuatan makhluk lain

Satoru Mikami, seorang pria pekerja kantoran, mengalami perubahan drastis dalam hidupnya setelah dibunuh oleh seorang kriminal. Ia berpindah ke dunia baru dan lahir kembali menjadi slime. Awalnya ia merasa kesulitan dengan tubuh barunya tersebut. Meski demikian, ia dianugerahi kemampuan menyerap kekuatan makhluk lain.

Pada akhirnya slime tersebut menjadi seorang manusia bernama Rimuru Tempest. Setelah itu, Rimuru menjadi petarung hebat yang mempunyai kemampuan luar biasa. Ia bahkan bisa mengubah dunia sesuai dengan kehendaknya. Jika Anda ingin menyaksikan pertarungan hebatnya, silakan menonton anime isekai yang satu ini.
No.5

DR Movie, Kinema CitrusThe Rising of The Shield Hero

Pembuktian diri kesatria tameng yang menjadi penyelamat dunia

Bersama dengan tiga orang lainnya, Naofumi dipanggil ke dunia lain untuk dijadikan pahlawan. Kebetulan Naofumi dinobatkan menjadi kesatria tameng. Karena senjatanya tersebut, Naofumi tidak diperhitungkan sebagai pahlawan. Bahkan, ia dijadikan sasaran fitnah oleh putri raja hingga dicap sebagai penjahat.

Namun, dalam mengarungi perjalanannya, Naofumi akhirnya bisa membuktikan diri sebagai seorang pahlawan. Ia berhasil menjadi pahlawan yang sesungguhnya dan bisa melindungi dunia barunya tersebut. Ia menghalau bahaya yang mengancam dunia dengan kekuatan tamengnya. Anime ini cocok bagi Anda yang menyukai cerita yang kompleks.

No.6

AT-X, Frontier Works, Kadokawa, MadhouseNo Game No Life

Perjalanan dua bersaudara yang menantang Dewa Game

Sora dan Shiro adalah dua bersaudara yang menjadi gamer dengan nama Blank. Suatu hari mereka mendapat email untuk bermain game catur. Namun, keduanya justru dikirim ke dunia baru yang dipenuhi dengan beragam permainan. Mereka pun bisa bertemu dengan Dewa Game. Mereka pun berupaya menantang sang dewa untuk menjadi dewa baru. Akankah mereka berhasil melakukannya?


Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa melihat kisah mereka di anime No Game No Life. Anime ini dianggap sebagai anime yang berkisah tentang dunia game terbaik. Buktinya, setelah season pertama tamat, penggemarnya masih menunggu jadwal rilis season keduanya.

No.7

Terjebak dalam dunia game dan menjadi raja overpower

Anime isekai ini berfokus pada game virtual Yggdrasil yang membebaskan pemainnya untuk membuat karakter. Momonga dikenal sebagai top player dalam game tersebut. Namun, ia terjebak dalam game tersebut dan tidak bisa logout. Hingga pada akhirnya ia sadar telah berada di dunia yang berbeda.

Sama saat bermain game, ia menjadi karakter yang tiada tandingan. Ia pun menjadi raja tak tertandingi yang overpower. Meski demikian, Anda akan mendapatkan sisi humoris dalam anime ini. Dengan melihat anime ini, Anda akan disuguhkan kekuatan dan kekuasaan mutlak dari sang tokoh utama.

No.8

Bandai Namco Pictures Welcome to Demon-School! Iruma-kun

Cerita anak manusia yang belajar di sekolah iblis

Iruma Suzuki, remaja laki-laki berusia 14 tahun, dijual oleh kedua orang tuanya kepada iblis. Ia pun diasuh oleh Sullivan, iblis terkuat yang berwujud seorang kakek. Iruma pun disayangi layaknya keluarga sendiri. Ia kemudian dimasukkan ke sekolah iblis milik Sullivan. Iruma harus menyesuaikan diri dengan kehidupan para iblis yang tentu berbeda dari manusia.

Bagi Anda yang memiliki selera humor, anime yang satu ini layak untuk ditonton. Meskipun berlatar di dunia iblis, Anda akan mendapati kisah konyol dari para tokohnya. Anda juga akan disuguhi kisah supernatural yang sayang untuk dilewatkan.

No.9

A-1 Pictures, ASCII Mediaworks, AniplexSword Art Online

Remaja pendiam yang menjadi player cerdik di game online

Sword Art Online atau SAO adalah salah satu anime isekai yang populer. Anime ini berkisah tentang remaja pendiam bernama Kazuto Kirigaya. Ia bermain game online dengan nama Kirito. Karakter Kirito sangat berbeda dengan Kazuto di dunia nyata. Kirito begitu mudah berinteraksi dengan orang lain dan juga cerdik.


Kisah perjalanan Kirito di dunia game dimulai ketika ia terjebak karena tidak bisa logout. Jika mati, tubuhnya di dunia nyata akan mengalami mati otak. Bagi Anda yang menyukai game online, sebaiknya menonton anime yang satu ini karena Anda akan terbawa ke dunia impian.

No.10

MillepenseeSo I'm A Spider, So What?

Sebagai laba-laba, Kumoko harus bertahan hidup dari berbagai monster

Apakah Anda pernah membayangkan akan dilahirkan kembali menjadi seekor laba-laba? Anime ini berkisah tentang seluruh murid dan guru dalam satu kelas yang bereinkarnasi ke dunia lain. Salah satu murid, Kumoko, bereinkarnasi menjadi seekor laba-laba.


Kumoko harus bertahan hidup melawan para monster yang ada di penjara bawah tanah, seperti kodok raksasa, serangga mematikan, bahkan seekor naga. Penasaran, bukan? Kami menyarankan anime ini jika Anda menyukai cerita menegangkan.

Pertanyaan umum seputar anime isekai

Pertanyaan umum seputar anime isekai

Selain poin-poin yang sudah dibahas di atas, mungkin masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab seputar anime isekai. Karena itulah, kami telah merangkum beberapa pertanyaan dan membahasnya di bawah ini.

Apakah isekai benar-benar ada?

Isekai adalah dunia lain. Bahkan, dalam dunia anime sekalipun tidak mudah untuk seseorang bisa masuk ataupun keluar dari isekai tanpa mengorbankan nyawa. Hingga saat ini belum ada yang dapat membuktikan keberadaan isekai di dunia nyata. Jadi, bisa disimpulkan bahwa isekai hanya dapat ditemukan dalam cerita fiksi atau anime.

Kenapa banyak anime isekai?

Jalan cerita yang unik, seru untuk diikuti, dan visual yang jarang dilihat adalah beberapa hal yang membuat anime isekai populer. Selain itu, anime isekai sering menggabungkan beberapa subgenre sehingga ceritanya tidak monoton. Banyak juga orang yang berimajinasi menjadi tokoh utama dalam anime isekai yang memiliki kekuatan super. 

Baca juga rekomendasi anime lainnya di sini

Setelah Anda melihat beberapa rekomendasi anime isekai, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Jika sudah, Anda mungkin ketagihan ingin menonton anime atau film animasi lainnya. Silakan klik tautan di bawah ini untuk mengetahui anime menarik lainnya.

Kesimpulan

Anime isekai populer karena memiliki unsur magis, aksi, dan petualangan dengan efek animasi yang memukau. Oleh karena itu, anime ini direkomendasikan untuk usia remaja hingga dewasa. Kami pun telah menjelaskan cara memilih anime isekai dan memberikan rekomendasi beberapa film ataupun serial terbaiknya.


Pastikan Anda menonton anime isekai di platform streaming legal seperti Netflix, ya! Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer