• 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Genre isekai menceritakan tentang tokoh utama yang terpanggil ke dunia lain. Genre ini menyajikan kisah petualangan dan adegan penuh aksi. Pencinta anime pasti sudah sangat familier dengan anime isekai. Karena itu, artikel ini secara khusus membahas rekomendasi anime isekai terbaik.


Cara memilih anime isekai akan kami bahas untuk membantu Anda menentukan pilihan. Rekomendasi anime isekai yang bagus, seperti Sword Art Online, Ni No Kuni, dan The Rising of The Shield Hero, akan Anda temukan pada artikel ini. Oleh karena itu, pastikan Anda membaca hingga akhir, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 22 September 2021
  • 8.091 Views
Daftar isi

Apa itu anime isekai?

Isekai memiliki arti dunia lain dalam bahasa Jepang. Isekai awalnya termasuk genre fantasy, tetapi karena peminatnya makin banyak, genre ini memiliki kategori sendiri. Anda dapat menikmati berbagai jenis dunia dalam anime bergenre isekai, mulai dari dunia kerajaan, magis, hingga virtual. 


Selain itu, karakter utama yang memasuki dunia lain biasanya dibagi menjadi dua. Yang pertama adalah karakter yang mendapat panggilan dari dunia lain. Yang kedua adalah karakter yang mengalami reinkarnasi karena sudah meninggal di kehidupan sebelumnya. 


Genre isekai populer karena ceritanya yang unik dan memukau secara visual. Selain itu, dunia lain atau isekai juga menampilkan beberapa makhluk asing dan kekuatan magis yang dimiliki oleh tiap karakternya. Dengan begitu, Anda yang senang berimajinasi tentang hal-hal menarik yang belum ada di dunia nyata akan menyukainya.

Cara memilih anime isekai

Mungkin Anda masih bingung memilih anime isekai yang seperti apa. Nah, pada poin ini kami akan membahas cara memilih anime isekai berdasarkan subgenre, durasi, rating, dan review penonton lain. Oleh karena itu, simak baik-baik, ya!

Pilih berdasarkan subgenre

Film animasi atau anime tidak hanya merujuk pada satu genre saja. Ada banyak subgenre yang dapat Anda temukan dalam satu genre anime. Ide dan jalan ceritanya akan jauh lebih menarik saat genre isekai digabungkan dengan subgenre lainnya.


Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa subgenre dalam anime isekai.


  • RomanceSubgenre ini akan membuat penonton senyum-senyum sendiri karena alur cerita dan interaksi antartokoh yang sama-sama memiliki ketertarikan. Adegan percintaan yang ditampilkan biasanya mengandung unsur haru, sedih, dan bahagia.

  • Action: Subgenre action bisa dibilang paling dicari dan juga paling populer di kalangan penggemar anime dan film animasi. Selain memiliki adegan pertarungan atau peperangan yang overpower, subgenre ini juga memiliki adegan yang penuh konflik.

  • Adventure: Dalam subgenre ini Anda akan dibawa mengikuti petualangan karakter utama dalam menempuh perjalanan ke suatu tempat. Petualangan sang tokoh tentunya diikuti pula dengan berbagai kejadian seru. Anda juga akan melihat banyak latar tempat dan karakter lainnya. Dengan begitu, Anda tidak akan bosan meski ceritanya berfokus pada karakter utama saja.

  • Fantasy: Ada pula anime yang menampilkan magic (sihir), makhluk mistis, dan hal lainnya yang tidak ada di dunia nyata. Banyak orang yang mencari inspirasi untuk membuat gambar atau ilustrasi melalui cerita dan visual dari subgenre fantasi. Ceritanya pun akan membuat Anda berimajinasi seakan berada dalam dunia magic yang mengagumkan.

  • Comedy: Seperti namanya, subgenre ini akan membuat Anda tertawa. Selain karena karakter anime yang memiliki tingkah konyol, jalan ceritanya pun ringan dan mudah dimengerti.

  • Harem: Subgenre harem adalah kategori anime yang menceritakan tentang tokoh laki-laki yang dikelilingi banyak wanita cantik. Namun, perlu dicatat bahwa subgenre ini biasanya mengarah ke tema dewasa.

Perhatikan review penonton lain

Perhatikan review penonton lain

Sebelum menonton anime pilihan, Anda dapat melihat review dari penonton lainnya. Periksalah review penonton dari berbagai platform, mulai dari forum khusus hingga akun official yang ada di media sosial. 


Platform penayangan film legal juga menampilkan rating film itu sendiri yang dinilai berdasarkan jumlah bintang. Makin banyak jumlah bintang yang tertera, biasanya makin recommended film tersebut. Namun, perhatikan juga jumlah penonton yang memberi nilai, ya.


Karena biasanya review anime mengandung banyak spoiler, kami sarankan Anda cukup membacanya sekilas. Jadi, review tidak akan menurunkan rasa penasaran Anda untuk menonton anime tersebut. Anda juga dapat membantu penonton lain dengan menulis review anime yang sudah Anda tonton pada platform yang sama.

Pastikan rating usia penonton sesuai

Pastikan rating usia penonton sesuai

Poin selanjutnya yang harus diperhatikan adalah melihat rating umur yang disarankan. Dengan begitu, konten yang terdapat dalam anime lebih mudah dipahami karena sesuai dengan umur penonton. 


Rata-rata anime isekai memiliki rating 13+ karena memiliki jalan cerita yang kompleks dan biasa dinikmati kalangan remaja. Namun, menonton anime ini akan lebih baik jika didampingi oleh orang dewasa. Bisa saja anime tersebut masih menampilkan adegan yang kurang sesuai untuk ditonton para remaja.


Terdapat anime isekai yang menampilkan adegan dewasa ataupun adegan yang menampilkan pertumpahan darah atau gore. Anime ini biasanya ditujukan untuk rating usia 16–18 tahun ke atas. Anime dengan rating ini sebaiknya tidak ditonton bersama anak-anak atau remaja di bawah umur.

Periksa format anime untuk menentukan durasinya

Anime biasanya dibagi menjadi dua kategori, yaitu film dan serial. Perbedaan durasi antara dua kategori tersebut akan kami bahas pada poin di bawah ini.

Film, tidak perlu penasaran menunggu kelangsungan cerita

Untuk Anda yang sibuk dan hanya memiliki waktu luang saat akhir pekan, Anda dapat menonton kategori film. Film anime biasanya hanya berdurasi 1–2 jam dan memiliki alur cerita yang cenderung cepat. Anda tidak akan penasaran karena terlalu lama tamat.


Anda sebaiknya menonton film hingga selesai dan tidak terganggu oleh aktivitas lain agar fokus pada jalan ceritanya. Jadi, pesan moral yang ingin disampaikan dalam film tersebut juga dapat Anda terima dengan baik.

Serial, untuk Anda yang memiliki waktu luang lebih banyak

Anime serial biasanya berisi beberapa episode dengan cerita yang detail sehingga durasinya lebih lama dibandingkan film. Kebanyakan kategori serial ini diangkat dari cerita buku atau game. Satu episode anime serial rata-rata berdurasi 24 menit. Sementara itu, satu season biasanya memiliki belasan hingga puluhan episode.


Untuk Anda yang memiliki banyak waktu luang, Anda dapat menonton anime serial yang sudah tamat hingga episode akhir. Namun, apabila Anda tidak masalah dengan rasa penasaran, serial yang masih on going bisa menjadi pilihan.

10 Rekomendasi anime isekai terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh anime isekai terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.

10
SubgenreAction, adventure, fantasy, dan magic
Kategori usia13+
Durasi1 jam 46 menit
FormatFilm
Rating di IMDb6,1 dari 10
9

Maho FilmBy The Grace of The Gods

SubgenreAdventure, comedy, dan slice of life
Kategori usia13+
Durasi24 menit
FormatSerial
Rating di IMDb7,1 dari 10
8

MillepenseeSo I'm A Spider, So What?

SubgenreAdventure, comedy, dan fantasy
Kategori usia16+
Durasi24 menit
FormatSerial
Rating di IMDb7,2 dari 10
7

MadhouseNo Game No Life: Zero

SubgenreComedy, ecchi, harem, fantasy, game, dan supernatural
Kategori usia13+
Durasi1 jam 46 menit
FormatFilm
Rating di IMDb7,5 dari 10
6

A1 PicturesSword Art Online

SubgenreAction, adventure, fantasy, harem, game, romance, dan shounen
Kategori usia18+
Durasi24 menit
FormatSerial
Rating di IMDb7,6 dari 10
5

Bandai Namco PicturesWelcome To Demon School! Iruma-kun

SubgenreComedy, demons, fantasy, shounen, dan supernatural
Kategori usia13+
Durasi24 menit
FormatSerial
Rating di IMDb7,7 dari 10
4

Studio DeenKonosuba! God's Blessing On This Wonderful World

SubgenreAdventure, comedy, fantasy, harem, romance, dan supernatural
Kategori usia18+
Durasi24 menit
FormatSerial
Rating di IMDb7,9 dari 10
3

Kinema CitrusThe Rising of The Shield Hero

SubgenreAction, adventure, harem, comedy, drama, fantasy, romance, dan seinen
Kategori usia13+
Durasi24 menit
FormatSerial
Rating di IMDb8,1 dari 10
2

White FoxRe: Zero - Starting Life in Another World

SubgenreDrama, harem, dan fantasy
Kategori usia16+
Durasi24–29 menit
FormatSerial
Rating di IMDb8,1 dari 10
1

8bit StudioThat Time I Got Reincarnated as a Slime

SubgenreFantasy
Kategori usia16+
Durasi24 menit
FormatSerial
Rating di IMDb8,1 dari 10

Tabel perbandingan anime isekai terbaik

Gambar produk
1
8bit Studio That Time I Got Reincarnated as a Slime 1

8bit Studio

2
White Fox Re: Zero - Starting Life in Another World 1

White Fox

3
Kinema Citrus The Rising of The Shield Hero 1

Kinema Citrus

4
Studio Deen Konosuba! God's Blessing On This Wonderful World 1

Studio Deen

5
Bandai Namco Pictures Welcome To Demon School! Iruma-kun 1

Bandai Namco Pictures

6
A1 Pictures Sword Art Online 1

A1 Pictures

7
Madhouse No Game No Life: Zero 1

Madhouse

8
Millepensee So I'm A Spider, So What? 1

Millepensee

9
Maho Film By The Grace of The Gods 1

Maho Film

10
OLM Ni No Kuni 1

OLM

Nama produk

That Time I Got Reincarnated as a Slime

Re: Zero - Starting Life in Another World

The Rising of The Shield Hero

Konosuba! God's Blessing On This Wonderful World

Welcome To Demon School! Iruma-kun

Sword Art Online

No Game No Life: Zero

So I'm A Spider, So What?

By The Grace of The Gods

Ni No Kuni

Keunggulan

Kisah Rimuru dan para goblin bertekad membangun kerajaan monster

Subaru harus bertahan hidup agar tak kembali mengalami kematian

Perlakuan tidak adil membuat Naofumi ingin balas dendam!

Petualangan Kazuma yang seru dan kocak bersama dewi cantik Aqua

Iruma bersekolah di SMA khusus iblis! Bisakah ia survive?

Kirito wajib menyelesaikan berbagai rintangan atau nyawanya akan hilang!

Perjalanan Riku dan Schwi, robot yang ingin mengerti hati manusia

Sebagai laba-laba, Kumoko harus bertahan hidup dari berbagai monster

Kisah Ryouma bereinkarnasi menjadi anak kecil dan hidup di dunia baru

Perjuangan Yuu dan Haru menyelamatkan putri raja yang dikutuk

SubgenreFantasyDrama, harem, dan fantasyAction, adventure, harem, comedy, drama, fantasy, romance, dan seinenAdventure, comedy, fantasy, harem, romance, dan supernaturalComedy, demons, fantasy, shounen, dan supernaturalAction, adventure, fantasy, harem, game, romance, dan shounenComedy, ecchi, harem, fantasy, game, dan supernaturalAdventure, comedy, dan fantasyAdventure, comedy, dan slice of lifeAction, adventure, fantasy, dan magic
Kategori usia16+16+13+18+13+18+13+16+13+13+
Durasi24 menit24–29 menit24 menit24 menit24 menit24 menit1 jam 46 menit24 menit24 menit1 jam 46 menit
FormatSerialSerialSerialSerialSerialSerialFilmSerialSerialFilm
Rating di IMDb8,1 dari 108,1 dari 108,1 dari 107,9 dari 107,7 dari 107,6 dari 107,5 dari 107,2 dari 107,1 dari 106,1 dari 10
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar anime isekai

Pertanyaan umum seputar anime isekai

Selain poin-poin yang sudah dibahas di atas, mungkin masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab seputar anime isekai. Karena itu, kami telah merangkum beberapa pertanyaan dan membahasnya di bawah ini.

Apakah isekai benar-benar ada?

Isekai adalah dunia lain. Bahkan, dalam dunia anime sekalipun tidak mudah untuk seseorang bisa masuk ataupun keluar dari isekai tanpa mengorbankan nyawa. Hingga saat ini belum ada yang dapat membuktikan keberadaan isekai di dunia nyata. Jadi, bisa disimpulkan bahwa isekai hanya dapat ditemukan dalam cerita fiksi atau anime.

Kenapa banyak anime isekai?

Jalan cerita yang unik, seru untuk diikuti, dan visual yang jarang dilihat adalah beberapa hal yang membuat anime isekai populer. Selain itu, anime isekai sering menggabungkan beberapa subgenre sehingga ceritanya tidak monoton. Banyak juga orang yang berimajinasi menjadi tokoh utama dalam anime isekai yang memiliki kekuatan super. 

Baca juga rekomendasi anime lainnya di sini

Setelah Anda melihat beberapa rekomendasi anime isekai, apakah Anda sudah menentukan pilihan? Jika sudah, Anda mungkin ketagihan ingin menonton anime atau film animasi lainnya. Untuk itu, beberapa artikel terkait sudah kami siapkan. Langsung klik link-nya di bawah ini, ya!

Kesimpulan

Anime isekai populer karena memiliki unsur magis, aksi, dan petualangan dengan efek animasi yang memukau. Oleh karena itu, anime ini direkomendasikan untuk usia remaja hingga dewasa. Kami pun telah menjelaskan cara memilih anime isekai dan memberikan rekomendasi beberapa film ataupun serial terbaiknya.


Pastikan Anda menonton anime isekai di platform streaming legal seperti Netflix, ya! Terima kasih sudah membaca hingga akhir dan sampai jumpa pada artikel berikutnya!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Ternyata, ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran, bila dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.Tidak hanya dari Hollywood, Anda juga bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton, misalnya Shutter Island dan Memoir of A Murderer. Agar Anda lebih mudah menemukan film psikopat yang bagus, coba simak tips memilih dan rekomendasi berikut ini.
    Film
    5.899 Views
  • 10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Animasi Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Visualisasi yang menarik dan penuh warna membuat film animasi menjadi menyenangkan untuk ditonton.  Di sini, kami akan membahas mengenai film animasi terbaik. Anda akan menemukan berbagai judul film yang bagus, seperti Spirited Away atau Toy Story. Kami juga akan mengulas film animasi terbaru 2021 serta film animasi Indonesia yang wajib Anda tonton! Sebelum menonton, simak dahulu penjelasan kami di bawah ini.
    Film
    8.079 Views
  • 10 Rekomendasi Drama Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Drama Jepang Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Salah satu cara untuk mengisi waktu luang dan rehat dari pekerjaan adalah dengan menonton acara favorit. Dari sekian banyak tontonan yang tersedia, drama Jepang bisa Anda jadikan pilihan. Drama Jepang mudah ditonton karena durasinya yang pendek dan memiliki alur cerita yang menarik.Apabila Anda sedang mencari tontonan drama Jepang, Anda telah datang ke situs yang tepat! Kami memiliki rekomendasi drama Jepang yang bagus, seperti Alice in Borderland, Good Morning Call, dan Kotaro Lives Alone. Sebelum itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih drama yang sesuai dengan selera Anda. Selamat membaca!
    Film
    2.479 Views
  • 10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik (Terbaru 2021)
    10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik (Terbaru 2021)
    Film thriller termasuk genre favorit banyak orang. Salah satu ciri film thriller adalah mengandung unsur suspense atau ketegangan. Nah, hal inilah yang akan memicu adrenalin hingga membuat orang penasaran mengikuti kelanjutannya.  Kami menyiapkan sejumlah tips untuk memilih film thriller yang bagus. Selain itu, tersedia juga rekomendasi film thriller terbaik dengan beragam subgenre, seperti The Irishman, The Call, hingga Bird Box. Film-film ini bisa Anda tonton di Netflix, Viu, maupun Disney+ Hotstar. Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan film thriller yang akan menjadi favorit Anda di sini!
    Film
    2.143 Views
  • 10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Keluarga Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Film keluarga adalah film yang dirancang agar bisa ditonton oleh seluruh keluarga, baik orang tua maupun anak-anak. Untuk itu, gampang-gampang susah dalam memilih film keluarga. Tidak semua film dengan label "family" atau "keluarga" cocok untuk seluruh keluarga Anda. Nah, artikel ini akan memberikan beberapa tips dalam memilih film keluarga. Kami juga sudah menyeleksi sepuluh film keluarga yang bagus untuk Anda tonton di Netflix, Disney+, maupun Viu. Beberapa di antaranya adalah Keluarga Cemara, Petualangan Sherina, dan The Blind Side. Untuk melihat rekomendasi film keluarga lainnya, silakan baca artikel ini sampai habis. 
    Film
    3.419 Views
  • 10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Menonton film merupakan kegiatan yang mengasyikkan, baik sendiri maupun bersama orang terkasih. Sekarang Anda tak perlu repot-repot pergi ke bioskop untuk menonton film karena sudah banyak website resmi yang menyediakan film original. Anda tinggal memilih saja film terbaik kesukaan sambil menyantap camilan favorit.Di antara banyaknya aplikasi dan website untuk menonton film, Disney+ Hotstar menjadi salah satu situs favorit untuk segala usia. Kami akan memberikan tips memilih film dari Disney+ Hotstar Indonesia sekaligus merekomendasikan film yang bagus, seperti Toy Story 4, Mandalorian, WandaVision, sampai High School Musical The Series. Selamat membaca!
    Film
    17.610 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori