1. TOP
  2. >
  3. Kebutuhan rumah tangga
  4. >
  5. Peralatan kebersihan
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Racun Tikus yang Paling Ampuh (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Racun Tikus yang Paling Ampuh (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Racun Tikus yang Paling Ampuh (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Racun Tikus yang Paling Ampuh (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Racun Tikus yang Paling Ampuh (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Racun Tikus yang Paling Ampuh (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Racun Tikus yang Paling Ampuh (Terbaru Tahun 2023)

Tikus yang berkeliaran di rumah tentu dapat mengganggu kedamaian keluarga Anda. Selain itu, tikus yang masuk rumah juga bisa merusak perabotan. Jika sudah demikian, saatnya Anda menggunakan racun tikus untuk menanganinya. Pilihlah jenis racun tikus yang mudah digunakan. Anda bisa memilih racun tikus cair, padat, atau bubuk.


Melalui artikel ini kami akan membantu Anda dalam memilih racun tikus paling ampuh. Kami pun akan memberikan rekomendasi racun tikus terbaik dari berbagai merek, seperti Mao Wang, Dora, dan Kurato. Supaya Anda bisa mendapatkan racun tikus yang bagus dan paling ampuh, simak artikelnya!

Diperbaharui 08-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih racun tikus

Anda akan menemukan bermacam-macam produk racun tikus di pasaran. Pilihlah racun tikus yang ampuh dengan mempertimbangkan jenis, kecepatan dalam membasmi, hingga keamanan dan kepraktisan penggunaannya. Perhatikanlah ulasan kami berikut agar lebih jelas.

① Ketahui jenis racun tikus

Anda setidaknya akan menjumpai tiga jenis racun tikus, yaitu lem, cair, dan padat. Setiap jenis tentu memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Supaya Anda bisa memilih produk yang tepat, jangan lewatkan pembahasan kami di bawah ini.

Lem: Jebak tikus hingga mati di tempat

Penggunaan racun tikus berbentuk lem sering kali menuai pro dan kontra. Ada yang menyukainya karena tikus akan terjebak hingga mati di tempat sehingga tidak perlu mencari bangkainya. Selain itu, menggunakan lem tikus juga dinilai cukup aman dan tidak terlalu kejam. Namun, ada juga yang tidak menyukainya karena dapat terinjak oleh orang rumah.


Lem tikus lebih cocok digunakan untuk menjebak tikus kecil. Tikus berukuran besar kemungkinan masih bisa lepas dari jeratan lemnya sehingga membuat lantai rumah lengket. Jika Anda memilih racun jenis ini, sebaiknya pilih produk yang memiliki permukaan luas. Anda juga harus meletakkan di tempat yang jarang dilewati manusia agar tidak terinjak.

Cair: Usir atau langsung bunuh tikus

Cair: Usir atau langsung bunuh tikus

Racun tikus cair berasal dari bahan alami atau senyawa kimia. Bahan alami yang sering digunakan dalam pembuatan racun tikus adalah bubuk kopi, daun mint, mengkudu, merica, dan cangkang telur. Racun berbahan alami dapat mengusir tikus karena aromanya tidak disukai tikus. Penggunaannya dengan cara disemprotkan ke barang-barang supaya tikus enggan datang.


Sementara itu, racun tikus yang berbahan senyawa kimia dapat digunakan untuk membunuh tikus. Seperti halnya produk berbahan alami, penggunaannya juga disemprotkan ke barang tertentu. Namun, ada juga produk yang penggunaannya dicampur ke makanan yang direncanakan diberikan ke tikus. Racun berbentuk cair biasanya efektif untuk membunuh tikus.

Padat: Bunuh tikus sampai mati kering

Racun tikus padat dapat berbentuk bubuk seperti beras dan dapat juga berbentuk balok atau block. Jenis racun tikus ini dinilai paling ampuh dalam membasmi tikus. Produk racun tikus padat ini ampuh karena mengandung bahan kimia yang cenderung keras, seperti brodifacoum, zinc phosphide, atau coumatetralyl.


Kandungan tersebut akan mematikan tikus dalam kondisi kering sehingga tidak menyebabkan bau menyengat. Konsentrasi kandungan bahan kimia pada setiap produk racun tikus beragam. Makin tinggi konsentrasinya, makin cepat pula kemampuannya dalam membasmi tikus. Anda juga tidak perlu mengencerkan atau mencampurnya dengan makanan. Hal ini karena bahan dari racun tikus padat disukai oleh tikus.

② Pertimbangkan kecepatannya dalam membunuh tikus

Pertimbangkan kecepatannya dalam membunuh tikus

Tikus adalah binatang yang aktif bergerak. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan kecepatan racun dalam membunuh tikus. Pilihlah produk racun yang bekerja cepat dan efektif sehingga tikus langsung merasakan efeknya. Reaksi yang bisa dialami tikus saat terkena racun adalah dehidrasi, sulit bergerak, hingga mati seketika. Dengan begitu, Anda tidak kesusahan mencari bangkainya yang menyebabkan bau tidak sedap.


Anda bisa memilih racun yang mengandung bahan kimia keras sehingga tikus akan mati dalam hitungan jam hingga 2 hari. Sementara itu, jika Anda memilih racun yang slow acting, tikus akan mati dalam waktu 2 hari hingga seminggu. Untuk Anda yang tidak tega membunuh binatang, pilihlah pengusir tikus tipe semprot agar tikus tidak betah berada di sana.

③ Perhatikan keamanan dan kepraktisannya

Perhatikan keamanan dan kepraktisannya

Dalam memilih racun tikus, Anda perlu juga memperhatikan keamanan, terutama jika ada anak kecil atau hewan peliharaan di rumah. Jika Anda khawatir dimakan hewan peliharaan, pilihlah produk yang berjenis lem. Anda tetap bisa menggunakan yang berbentuk cair atau bubuk. Namun, letakkan racun tersebut di tempat yang tidak bisa dijangkau anak-anak dan hewan peliharaan Anda.


Anda pun perlu mempertimbangkan kepraktisan penggunaannya. Racun tikus lem biasanya hanya perlu dibuka lembarannya kemudian diletakkan di tempat tertentu. Sementara itu, racun tikus bubuk atau cair perlu dicampurkan dengan makanan tertentu. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan saat mencampurkan racunnya. Setelah itu, Anda harus mencuci tangan hingga bersih.

10 Rekomendasi racun tikus terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk racun tikus terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Racoon

Bayratt - Racun Tikus

Racoon Bayratt - Racun Tikus 1枚目

Berteknologi Jerman, 100% efektif bunuh tikus tanpa meninggalkan bau menyengat

2

Fumakilla

Dora

Fumakilla  Dora 1枚目

Mengandung senyawa kimia warfain, bekukan darah tikus hingga mengering

3

Bayer

Racumin Waxblock 0,0375 BB

Bayer Racumin Waxblock 0,0375 BB 1枚目

Efektif untuk mengendalikan populasi hama tikus dengan praktis

4

Nizar Hasan

Racun Tikus Cap Padi

Nizar Hasan Racun Tikus Cap Padi 1枚目

Mengandung zinc phospide 80%, tikus dijamin mati!

5

Godrej

Lem Perangkap Tikus Cap Gajah

Godrej Lem Perangkap Tikus Cap Gajah 1枚目

Tidak berbau dan beracun, jerat tikus yang berlarian dengan kuat

6

Home Guard

Rats Killer

Home Guard Rats Killer 1枚目

Cukup dengan satu gigitan, tikus langsung terkapar

7

Hilmor

Anti Rat for Floor

Hilmor  Anti Rat for Floor 1枚目

Aplikasikan ke lantai, tikus akan merasakan kepanasan

8

Hai Zen Wei

Mao Wang Racun Tikus

Hai Zen Wei Mao Wang Racun Tikus  1枚目

Tikus langsung mati dalam waktu kurang 1 menit

9

Agricon

Ratgone 0,005 BB

Agricon Ratgone 0,005 BB 1枚目

Andalan untuk basmi tikus di sekitar rumah, sawah, dan ladang

10

Autofit

Rat Repellent

Autofit Rat Repellent 1枚目

Usir tikus yang sering mengendap di dalam mobil

Perincian produk
Close
No.1

RacoonBayratt - Racun Tikus

Mulai dari Rp10.000,00

Berteknologi Jerman, 100% efektif bunuh tikus tanpa meninggalkan bau menyengat

Kelebihan:

  • Memiliki aroma yang disenangi tikus, tetapi tidak disukai binatang peliharaan
  • Tikus akan mati dalam keadaan kering sehingga tidak menyebabkan bau menyengat
  • Dibuat dengan formula khusus yang membuat tikus keluar dari sarang setelah menelannya untuk mencari sumber air dan cahaya

Kekurangan:

  • Produk bekerja slow action sehingga tikus tidak langsung mati ketika memakannya

Bayratt merupakan racun tikus produksi Racoon yang dibuat dengan teknologi rodentisida dari Jerman. Racun berbentuk padat ini 100% efektif membunuh tikus tanpa meninggalkan bau menyengat. Hal ini karena setelah memakannya, tikus akan mati dalam kurun waktu 2–7 hari dengan kondisi kering.


Racoon siap memberikan garansi uang kembali 100% jika produk tidak bekerja dengan efektif. Hal ini menjadi bukti bahwa produk ini memang ampuh membasmi tikus. Produk ini dibuat dengan aroma yang memikat tikus, tetapi aroma tersebut tidak disukai hewan peliharaan. Bagi Anda yang punya hewan peliharaan, pertimbangkan produk ini.

No.2

Mengandung senyawa kimia warfain, bekukan darah tikus hingga mengering

Kelebihan:

  • Tidak berbau
  • Tikus mati dalam kondisi kering sehingga tidak meninggalkan bau menyengat

Kekurangan:

  • Tikus tidak langsung mati ketika memakan racun

Fumakilla Dora adalah salah satu merek racun tikus yang sudah terkenal dengan reputasi yang baik. Bentuk racun tikus ini berupa butir-butiran berwarna merah dengan bau yang disukai tikus. Anda bisa langsung memasangnya dan bisa juga mencampurkannya dengan makanan umpan.


Produk ini mengandung senyawa kimia warfarin yang membuat darah tikus membeku. Akibatnya, tikus akan mati dehidrasi dalam beberapa hari. Produk racun ini tersedia dalam kemasan 50–200 gram untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tikusnya banyak dan rumah Anda luas, langsung beli saja yang kemasan 200 gram.

No.3

BayerRacumin Waxblock 0,0375 BB

Mulai dari Rp13.000,00

Efektif untuk mengendalikan populasi hama tikus dengan praktis

Kelebihan:

  • Racun mudah digunakan karena bisa langsung digunakan tanpa menambah umpan
  • Aroma disukai tikus sehingga banyak tikus yang terjebak

Kekurangan:

  • Tikus tidak langsung mati ketika memakannya, setidaknya butuh waktu paling lama 7 hari

Reputasi Bayer sebagai produsen obat-obatan dan pengendali hama rasanya tidak perlu diragukan lagi. Racumin Waxblock 0,0375 BB adalah salah satu produk yang efektif untuk mengendalikan populasi tikus. Tikus yang menjadi targetnya adalah tikus sawah dan tikus pohon. Produk ini mengandung coumatetralyl 0,0375% yang merupakan senyawa antikoagulan untuk tikus.


Dosis yang digunakan sudah dibandingkan efektivitasnya dengan predator alami lainnya, seperti burung hantu. Produk ini juga memiliki risiko yang rendah terhadap binatang lainnya. Jika Anda punya kebun yang ukurannya luas, gunakan produk ini. Produk ini juga cocok digunakan di dalam rumah.

No.4

Nizar HasanRacun Tikus Cap Padi

Mulai dari Rp4.999,00

Mengandung zinc phospide 80%, tikus dijamin mati!

Kelebihan:

  • Setelah memakannya, tikus dijamin mati karena racun ini mengandung zinc phospide yang akan mengacaukan sistem pencernaan tikus

Kekurangan:

  • Menurut pengguna, racun tikus tidak mempan terhadap tikus yang berukuran besar

Racun tikus Cap Padi kerap digunakan oleh petani untuk membasmi tikus di sawah. Racun tikus ini ampuh basmi tikus berkat kandungan zinc phospide 80%. Kandungan tersebut akan bereaksi dengan asam dalam saluran pencernaan. Setelah itu, terciptalah gas phospine yang bersifat toksik untuk tikus.


Meskipun lebih sering digunakan petani sawah, produk ini juga bisa digunakan untuk membunuh tikus di rumah. Anda siapkan makanan umpan untuk dicampurkan dengan racun ini.

No.5

GodrejLem Perangkap Tikus Cap Gajah

Mulai dari Rp18.900,00

Tidak berbau dan beracun, jerat tikus yang berlarian dengan kuat

Kelebihan:

  • Lem tidak berbau menyengat
  • Penggunaan praktis karena hanya perlu menaruh umpan di papan yang ada

Kekurangan:

  • Lapisan lem hanya sedikit sehingga hanya efektif menangkap tikus berukuran kecil

Anda memilih menggunakan lem untuk membasmi tikus? Kami rekomendasikan racun tikus Cap Gajah dari Godrej. Lem tikus ini sudah diaplikasikan di lembaran papan. Anda hanya perlu meletakkan umpan di papan tersebut untuk menarik perhatian tikus yang berlarian, kemudian menjeratnya.


Anda tidak usah khawatir untuk menggunakannya karena lem tidak berbau dan tidak beracun. Meski demikian, lem dapat menjerat tikus hingga tidak bergerak. Anda bisa membasmi tikus yang terjerat pada papan lem. Pastikan Anda memasang jebakan ini di tempat yang strategis agar bisa tepat sasaran.

No.6

Cukup dengan satu gigitan, tikus langsung terkapar

Kelebihan:

  • Membunuh tikus dalam keadaan kering
  • Mendapat bonus bait station dan sarung tangan
  • Terdapat garansi uang kembali jika produk tidak efektif

Kekurangan:
  • Beberapa pengguna mengatakan bahwa produk tidak begitu disukai tikus

Anda mulai kesal dengan tikus yang berseliweran di rumah? Gunakanlah produk Rats Killer dari Home Guard yang satu ini. Racun tikus berbentuk block ini dapat membasmi tikus dengan cepat. Tikus akan langsung terkapar setelah menelan satu gigitan saja.


Jangan khawatir terhadap bau tidak sedap dari bangkai tikus. Pasalnya, tikus akan mati kering setelah memakan racun ini. Dengan membeli produk ini, Anda juga akan mendapatkan sarung tangan dan bait station secara cuma-cuma.

No.7

Hilmor Anti Rat for Floor

Mulai dari Rp110.000,00

Aplikasikan ke lantai, tikus akan merasakan kepanasan

Kelebihan:

  • Dibuat dengan formula teknologi Korea yang ramah lingkungan
  • Tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi manusia

Kekurangan:

  • Harga cenderung mahal

Berbeda dengan produk racun tikus lainnya, Anti Rat for Floor dari Hilmor digunakan di lantai. Anda pel lantai rumah dengan menambahkan 20–30 ml di campuran air dan cairan pel. Kemudian, mulailah mengepel lantai. Tikus akan enggan melewati lantai rumah Anda karena akan merasa panas ketika menginjak lantai.


Produk ini diformulasikan dengan teknologi Korea yang membuatnya ramah lingkungan. Bagi Anda yang menaruh perhatian khusus terhadap pelestarian lingkungan, tentu tidak ragu memilih produk ini, bukan?

No.8

Hai Zen WeiMao Wang Racun Tikus

Mulai dari Rp2.500,00

Tikus langsung mati dalam waktu kurang 1 menit

Kelebihan:

  • Tidak perlu dicampur dengan makanan
  • Tikus akan langsung mati dalam waktu kurang dari 1 menit
  • Harga sangat terjangkau

Kekurangan:

  • Satu kemasan hanya berisi 1 gram sehingga harus membeli banyak sekaligus ketika hendak menyebar racun di beberapa tempat

Racun tikus Mao Wang terkenal sebagai produk yang keras sehingga mampu membuat tikus mati seketika. Jika terjebak, tikus akan mati dalam waktu kurang dari 1 menit. Hal ini memudahkan Anda dalam menemukan bangkainya. Bangkai kemungkinan berada dalam jarak 1–2 meter dari tempat Anda meletakkan racun.


Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu meletakkan di tempat khusus atau menaburkannya di tempat yang sering dilewati tikus. Namun, sebaiknya di dekatnya disediakan air karena setelah keracunan tikus akan segera mencari sumber air. Bagi Anda yang enggan repot mencari bangkai tikus, gunakanlah racun tikus ini.

No.9

AgriconRatgone 0,005 BB

Mulai dari Rp22.000,00

Andalan untuk basmi tikus di sekitar rumah, sawah, dan ladang

Kelebihan:

  • Langsung siap digunakan
  • Dapat digunakan untuk membasmi tikus di rumah, sawah, dan ladang

Kekurangan:

  • Produk tidak boleh tersentuh tangan karena efektivitas bisa menurun
  • Tikus tidak mati di tempat

Musim penghujan menjadi pertanda kemunculan tikus, baik di rumah, sawah, maupun ladang. Anda bisa bersiaga menghadapinya dengan menggunakan produk Ratgone 0,005 BB dari Agricon. Produk ini menjadi andalan para petani untuk membasmi tikus di ladang.


Meski demikian, produk ini tetap cocok untuk digunakan di rumah. Anda bisa memilih kemasan 100 gram jika untuk membasmi tikus di rumah. Jika ingin membasmi tikus di sawah atau ladang, pilihlah produk dalam kemasan 1 kg.

No.10

Usir tikus yang sering mengendap di dalam mobil

Kelebihan:

  • Aman bagi manusia, sudah teruji laboratorium
  • Mudah digunakan karena tinggal disemprotkan
  • Bisa digunakan di ruangan dan mobil

Kekurangan:

  • Penyemprotan harus dilakukan berulang kali agar lebih efektif

Tikus tidak hanya menjadi ancaman di dalam rumah. Tidak jarang tikus juga bersembunyi di dalam mobil. Hal ini dapat berbahaya jika tikus tersebut menggigit kabel dalam mobil. Atasilah tikus dalam mobil dengan menyemprotkan Rat Repellent dari Autofit.


Lakukan penyemprotan berulang kali supaya lebih efektif untuk mengusir tikus. Produk ini juga bisa digunakan di dalam rumah dengan menyemprotkan di barang-barang tertentu.

Pertanyaan umum seputar racun tikus

Pertanyaan umum seputar racun tikus

Kami tidak sekadar membahas cara memilih serta rekomendasi racun tikus yang paling ampuh. Akan tetapi, pertanyaan seputar racun tikus juga telah kami himpun. Perhatikanlah pertanyaan seputar racun tikus dan jawabannya berikut.

Apa yang terjadi jika manusia makan racun tikus?

Racun tikus jika termakan oleh manusia dapat menyebabkan gangguan pernapasan, kejang, serangan jantung, pendarahan, hingga kematian. Pertolongan pertama yang bisa dilakukan ketika tidak sengaja menelan racun tikus adalah dengan berkumur dan perbanyak minum air putih. Jika dirasa perlu, periksalah ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Apakah racun tikus bisa larut dalam air?

Racun tikus dapat larut di dalam air, terutama yang berwujud cair dan bubuk. Oleh karena itu, penggunaan racun tikus dapat dicampurkan pada umpan berupa minuman atau makanan tertentu agar tikus mudah terkelabui.

Baca juga rekomendasi produk pengusir kecoak, nyamuk, dan rayap di sini

Racun tikus merupakan salah satu produk kebutuhan rumah tangga yang dapat menjaga kenyamanan. Selain itu, rasanya Anda perlu menggunakan obat pengusir nyamuk, rayap, dan kecoak. Bagi Anda yang tidak ingin ada serangga yang mengganggu di rumah, silakan cermati artikel pada tautan berikut.

Kesimpulan

Memilih racun tikus tidak boleh sembarang. Pertimbangkanlah jenis, kecepatan membunuh tikus, serta keamanan dan kepraktisan penggunaannya. Anda juga harus memastikan kondisi keluarga, apakah terdapat anak kecil atau hewan peliharaan.


Namun, hal yang terpenting adalah memilih produk racun tikus yang paling ampuh. Dengan begitu, tikus tidak akan berkeliaran lagi di rumah Anda. Silakan pilih racun tikus terbaik untuk basmi tikus di rumah Anda!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer