1. TOP
  2. >
  3. Perawatan hewan
  4. >
  5. Perawatan kucing
  6. >
  7. 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2023)

Parfum kucing sangat bermanfaat untuk mengusir bau tidak sedap dari tubuh hewan menggemaskan ini. Ada banyak merek parfum kucing yang bagus di pasaran, seperti parfum kucing Molly, Petglow, dan Tropiclean. Setiap merek menawarkan keunggulan tersendiri, seperti wangi tahan lama, antijamur dan antikutu, serta aman bagi kucing.


Melalui artikel ini, kami akan membantu Anda memilih parfum kucing dan menjelaskan cara tepat memakaikan parfum ke tubuh kucing. Kami juga memberikan rekomendasi parfum kucing terbaik. Agar Anda makin yakin, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Simak sampai akhir, ya!

Diperbaharui 11-29-2022
Pakar
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin. Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Beliau juga sudah menyelesaikan studi S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Profil drh. Doel
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Pakar yang ada di artikel ini meninjau cara memilih dan tidak berkontribusi dalam pemilihan produk atau layanan yang ada di dalam artikel.Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Amankah memakaikan parfum ke kucing?

Amankah memakaikan parfum ke kucing?

Bagi kucing dan anjing, hidung adalah organ yang sangat penting untuk mengenali lingkungan dan bahkan berkomunikasi dengan hewan lain. Mereka memanfaatkannya untuk mencari makan, menemukan pasangan, hingga mengenali musuh. Dengan 100 juta reseptor penciuman di rongga hidungnya, daya penciuman kucing 20 kali lebih kuat daripada manusia.


Bau-bauan yang kita anggap harum bisa jadi justru memusingkan bagi kucing karena terasa begitu menyengat. Penyegar udara, parfum, dan bunga yang sangat harum dapat menyebabkan reaksi alergi, muntah, hingga diare pada kucing. Pemakaian parfum harus disesuaikan dengan sensitivitas kucing dalam mencium bau, baik komponen maupun zat pelarutnya.


Menilik sensitivitas kucing, produsen parfum mengembangkan formula khusus untuk membuat parfum kucing yang aman. Aromanya tidak terlalu menusuk hidung kucing. Kini kebanyakan produsen parfum memanfaatkan air saja atau dipadukan dengan alkohol. Jadi, jangan gunakan parfum manusia pada kucing selembut apa pun wanginya karena formulanya mungkin saja tidak cocok untuk kucing.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih parfum kucing

Memilih parfum kucing bukan sekadar wangi atau tahan lama. Anda tetap perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan kucing kesayangan. Yuk, simak beberapa cara memilih parfum kucing di bawah ini yang patut Anda perhatikan untuk mendapatkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kucing.

① Periksa kandungan alkoholnya

Periksa kandungan alkoholnya

Dalam pembuatan parfum, alkohol sangat diperlukan sebagai zat pelarut. Karakter alkohol yang mudah menguap akan meninggalkan jejak aroma wangi di udara. Alkohol juga dianggap aman selama digunakan dalam batas tertentu. Meskipun demikian, Anda harus memastikan bahwa alkohol yang digunakan adalah senyawa etanol, bukan methanol.


Baik etanol maupun metanol dapat menyebabkan toksik pada kucing jika diberikan secara berlebihan. Sebaiknya gunakan parfum berpelarut air. Senyawa methanol kerap menyebabkan gangguan kesehatan seperti masalah hormon atau bahkan kebutaan.


Di Indonesia sendiri BPOM sudah mengatur pemakaian methanol dalam kosmetik, termasuk parfum, yaitu di bawah 5%. Jika Anda ingin memilih parfum yang aman bagi kucing, selalu perhatikan jenis zat pelarut dalam parfum.

② Pertimbangkan produk yang memiliki formula antikutu dan antijamur

Pertimbangkan produk yang memiliki formula antikutu dan antijamur

Masalah kutu dan jamur rentan menyerang kucing, terutama saat masih kecil. Sedih rasanya melihat kucing kesayangan kita sibuk menggaruki sekujur tubuhnya, apalagi jika sampai berdarah. Jika terus dibiarkan, lama-lama luka itu akan membesar, bahkan timbul infeksi yang mengganggu.


Obat antikutu dan antijamur untuk kucing memang sudah tersedia di pasaran. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencari parfum kucing yang juga memiliki fungsi mengusir kutu dan jamur. Dengan demikian, kucing Anda bisa menghabiskan waktu berjemur dengan tubuh harum tanpa terganggu parasit mungil yang berlarian di tubuhnya. 

③ Periksa kandungan lainnya untuk menjaga kelembutan bulu kucing Anda

Kucing berbulu lebat atau panjang kerap bermasalah dengan bulu kusut atau berantakan jika tidak dirawat dengan baik. Kabar baiknya, saat ini tersedia pula parfum yang memasukkan vitamin E, keratin, atau VCO untuk menunjang kesehatan bulu dan kulit kucing. Jika Anda rutin memakainya, bulu kusut kucing Anda akan segera terurai lembut sehingga mengundang siapa pun untuk membelainya.

Vitamin E, antioksidan alami untuk kulit kucing

Vitamin E, antioksidan alami untuk kulit kucing

Siapa tidak mengenal kemasyhuran vitamin E bagi kesehatan kulit? Vitamin E ternyata juga memberikan efek serupa pada kulit kucing. Vitamin E merupakan antioksidan alami yang mendukung sistem imunitas yang ada pada kulit kucing. Vitamin E sangat penting untuk kesehatan optimal dan dapat memberikan manfaat besar bagi kulit kucing Anda.


Selain itu, vitamin E juga dapat digunakan untuk mengobati tungau, eksem, dan dermatitis alergi kutu. Jika kekurangan vitamin E, kucing akan mengalami kerontokan bulu, kulit bersisik, dan bulu terlihat kusam. Jadi, bila bulu kucing Anda terus-menerus rontok, mungkin Anda perlu mempertimbangkan vitamin ini.

Keratin, bulu kucing tidak mudah kusam

Keratin, bulu kucing tidak mudah kusam

Sejatinya dalam bulu kucing terdapat protein alami bernama keratin. Namun, kandungan keratin dalam bulu kucing belum tentu cukup. Dengan kandungan keratin yang cukup, bulu kucing akan mengilap, sehat, dan tidak mudah kusam. Sebaliknya, jika kucing kekurangan keratin, bulunya akan tampak kusam.


Kadar keratin dalam tubuh kucing dapat ditingkatkan dengan protein. Kucing yang mendapatkan asupan protein yang bagus biasanya memiliki bulu yang bagus. Beberapa produk yang ditujukan untuk kucing juga memasukkan keratin sehingga bulu kucing tetap sehat dan indah. Karena itu, sebaiknya pilihlah parfum kucing yang mengandung keratin.

Aloe vera, pencegah bulu rontok

Aloe vera, pencegah bulu rontok

Aloe vera atau dikenal dengan lidah buaya dikenal bagus untuk kesehatan rambut. Begitu pun untuk bulu kucing. Aloe vera berfungsi menjaga kelembapan kulit kucing sehingga mencegah kerontokan bulu. Meskipun demikian, hindari memberikan kucing Anda lidah buaya segar atau tanpa diolah terlebih dahulu.


Anabul kesayangan Anda dapat muntah atau mengeluarkan urine kemerahan, bahkan kehilangan nafsu makan jika menelan lidah buaya secuil pun. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan Anda sebelum memakai lidah buaya dalam bentuk sampo, parfum, dan conditioner.

Oatmeal, pelembap alami yang bikin bulu mengilap

Oatmeal, pelembap alami yang bikin bulu mengilap

Oatmeal dikenal kaya vitamin B. Berkat kandungan vitamin B inilah oatmeal mampu membantu melembapkan bulu secara alami. Nah, ketika parfum yang mengandung oatmeal disemprotkan, kucing pun akan mendapatkan manfaat kelembapannya. Tidak akan ada lagi masalah kulit kering dan bulu kusam.


Untuk mendapatkan manfaat oatmeal bagi kucing, Anda bisa memilih parfum kucing alami dengan bahan-bahan natural. Cek ingredients-nya untuk mengetahui komposisi parfum kucing yang digunakan. Bahan-bahan alami juga cenderung aman jika terjilat oleh kucing.

Buah kiwi, melebatkan bulu kucing Anda

Buah kiwi, melebatkan bulu kucing Anda

Memberi buah kiwi pada kucing Anda sangatlah aman selama dikonsumsi dalam jumlah sedang dan kulit kiwinya dibuang. Untuk pilihan yang lebih praktis, Anda dapat menyemprotkan parfum kucing dengan kandungan buah kiwi. Dalam buah kiwi terkandung vitamin E yang sangat bagus untuk bulu kucing.


Vitamin E merangsang pertumbuhan bulu lebih cepat. Bulu kucing Anda akan tumbuh lebat dan kucing pun tampil makin menggemaskan. Selain vitamin E, buah kiwi juga mengandung zinc, magnesium, dan fosfor. Ketiganya berperan penting bagi kesehatan bulu.

10 Rekomendasi parfum kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk parfum kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Izi

Izi Perfume

Izi Izi Perfume 1枚目

Melengkapi kebutuhan grooming kucing Anda dengan aroma buah dan bunga yang menyegarkan

2

Biopet

Parfum Kucing

Biopet Parfum Kucing 1枚目

Semprotkan sekali, wanginya tahan seharian!

3

Molly

Molly Fresh

Molly Molly Fresh 1枚目

Kemasan mungil untuk Anda yang baru pertama kali mencoba parfum kucing

4

Petglow

Premium Pet Parfume

Petglow Premium Pet Parfume  1枚目

Mencegah bulu rontok dengan formula antijamur dan antibakteri

5

Guyuri

Cologne Cat

Guyuri Cologne Cat 1枚目

Formulanya memiliki pH yang cocok untuk anabul

6

Racoon

Pawfume Pet Perfume & Fur Conditioner

Racoon Pawfume Pet Perfume & Fur Conditioner 1枚目

Bulu kucing senantiasa halus berkat kandungan kondisioner

7

Olive Care

Olive Care Summer Series

Olive Care  Olive Care Summer Series 1枚目

Mengandung bahan-bahan alami yang aman untuk kucing hamil dan kitten

8

Ohio

Smoothies Pet Parfume Spray

Ohio Smoothies Pet Parfume Spray 1枚目

Formulanya menyehatkan, aroma bedak bayinya menyegarkan!

9

Forbis

Floral Aloe Perfume & Conditioner

Forbis Floral Aloe Perfume & Conditioner 1枚目

Dengan ekstrak Aloe vera yang mencegah bulu kusam

10

Tropiclean

Spa Lavish Pet Cologne

Tropiclean Spa Lavish Pet Cologne 1枚目

Dilengkapi kandungan UV protector, kucing pun terlindungi dari efek buruk sinar matahari

Perincian produk
Close
No.1

Melengkapi kebutuhan grooming kucing Anda dengan aroma buah dan bunga yang menyegarkan

Kelebihan:

  • Aromanya long-lasting dan memiliki removal odor effect
  • Formulanya nontoxic, antijamur, dan antibakteri

Kekurangan:

  • Beberapa pembeli mengeluhkan kemasannya yang bocor saat dikirim sehingga produk sedikit tumpah

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kucing, grooming perlu dilakukan secara rutin. Salah satu bagian yang paling penting dalam proses grooming adalah bulu. Untuk melengkapi kebutuhan grooming kucing Anda, gunakanlah parfum Izi agar kucing Anda wangi dan terjaga kelembutan bulunya.


Dengan keharuman yang tahan lama dan removal odor effect, si kucing pun wangi sepanjang hari. Selain itu, produk best-seller di marketplace ini memiliki lima varian aroma dengan wangi buah dan bunga yang segar. Pilih salah satu variannya untuk mengharumkan anabul kesayangan!

No.2

Semprotkan sekali, wanginya tahan seharian!

Kelebihan:

  • Hadir dengan banyak varian aroma yang lembut dan segar
  • Wanginya diklaim tahan lama, meski harganya tergolong affordable

Kekurangan:

  • Pada kucing yang alergi, kandungan alkoholnya mungkin dapat menimbulkan iritasi

Parfum kucing Biopet tergolong produk dengan harga sangat terjangkau dan menjadi favorit banyak penyayang kucing. Pilihan variannya pun beragam hingga lebih dari sepuluh jenis aroma. Mulai dari aroma bebuahan seperti Lime, Orange Puff, hingga aroma makanan atau minuman seperti Chocolate Passion dan Coffee Latte.


Sayangnya, kandungan alkohol produk ini 90% dari total komposisi sehingga kecocokannya dengan si meong perlu sangat diperhatikan. Semprotkan secukupnya ke tubuh kucing dan hindari bagian wajah, mata, dan hidung. Pastikan kulit kucing Anda tidak alergi sehingga bebas dari iritasi setelah pemakaian parfum ini. Dengan demikian, kucing Anda tetap nyaman sehari-hari.

No.3

Kemasan mungil untuk Anda yang baru pertama kali mencoba parfum kucing

Kelebihan:

  • Tersedia mulai dari kemasan kecil isi 30 ml hingga 5 liter, ideal bagi first timer atau pengusaha pet salon
  • Selain untuk kucing, parfum juga dapat digunakan pada anjing, hamster, dan kelinci
  • Varian aroma sangat beragam

Kekurangan:

  • Menurut review, isinya tidak full satu botol

Mungkin tidak semua kucing akan merasa nyaman dengan parfum kucing. Karena itu, jika Anda baru pertama kali mencoba parfum untuk kucing Anda, pilihlah parfum dalam kemasan kecil. Parfum kucing Molly menyediakan berbagai kemasan, salah satunya adalah kemasan mungil 30 ml.


Bila kucing dapat menerima dan telah terbiasa, Anda bisa membeli kemasan besarnya. Wanginya lembut seperti aroma parfum bayi. Harganya pun terbilang terjangkau sehingga tidak menguras kantong.

No.4

PetglowPremium Pet Parfume

Mulai dari Rp39.000,00

Mencegah bulu rontok dengan formula antijamur dan antibakteri

Kelebihan:

  • Mengandung Aloe vera yang melembutkan bulu dan mencegah kerontokan
  • Formulanya nontoxic, antijamur, antibakteri, dan tidak mengandung alkohol sehingga tidak memicu iritasi

Kekurangan:

  • Menurut ulasan, kemasannya kurang rapat sehingga cenderung mudah tumpah atau bocor

 

Bulu rontok termasuk salah satu masalah yang sering terjadi pada kucing. Untuk mencegahnya, Anda dapat menggunakan parfum kucing Petglow. Kandungan Aloe vera-nya berfungsi menjaga kelembutan bulu dan mencegah kerontokan. Formula antibakteri dan antijamur membantu menjaga kesehatan kulit dan bulu si meong.


Varian aromanya pet-friendly dan disukai pawrents. Deep Sleep memiliki aroma klasik seperti losion bayi. Sementara itu, Salted Caramel beraroma manis serupa wangi popcorn di bioskop. Jika Anda menyukai wangi bunga segar, pilih saja varian Happy Stress Free. Ketiganya akan membuat kucing Anda wangi sepanjang hari!

No.5

Formulanya memiliki pH yang cocok untuk anabul

Kelebihan:

  • Memiliki kandungan pH yang cocok untuk kucing dan hewan berbulu lainnya
  • Tidak mengandung alkohol sehingga tidak memicu iritasi
  • Pilihan aromanya cukup banyak

Kekurangan:

  • Menurut review, wanginya terlalu soft sehingga kurang tercium baunya dan kurang tahan lama

Selain bebas alkohol, parfum kucing Guyuri memiliki kandungan pH yang disesuaikan dengan kucing dan hewan peliharaan lainnya. Karena itu, Anda tak perlu khawatir saat menggunakan parfum ini untuk anabul Anda.


Produk ini hadir dengan tujuh varian wangi yang soft. Aroma bunga dan buah memberikan kesegaran pada kucing Anda. Untuk Anda yang mencari parfum kucing dengan harga yang affordable, produk ini bisa Anda pilih.   

No.6

RacoonPawfume Pet Perfume & Fur Conditioner

Mulai dari Rp99.000,00

Bulu kucing senantiasa halus berkat kandungan kondisioner

Kelebihan:

  • Dilengkapi kandungan natural fur conditioner untuk menjaga kelembutan bulu
  • Formulanya food grade dan tidak mengandung alkohol sehingga tidak memicu iritasi
  • Dapat digunakan untuk hewan berbulu lainnya, seperti anjing, hamster, kelinci dan lain-lain

Kekurangan:

  • Menurut review, wanginya tidak terlalu tahan lama sehingga perlu disemprot ulang

Mengelus-elus kucing yang berbulu lembut tentu menyenangkan, bukan? Agar kelembutan bulunya tetap terjaga, gunakanlah parfum kucing dengan kandungan conditioner. Kami merekomendasikan Pawfume Pet Perfume & Fur Conditioner. Selain berfungsi sebagai parfum, produk ini juga dapat menjaga kelembutan bulu hewan kesayangan Anda karena mengandung conditioner.


Tak hanya untuk kucing, parfum ini juga bisa digunakan pada hewan berbulu lainnya, seperti anjing dan hamster. Bagi Anda yang memiliki beberapa jenis hewan peliharaan berbulu, produk praktis ini cocok untuk Anda.

No.7

Olive Care Olive Care Summer Series

Mulai dari Rp85.110,00

Mengandung bahan-bahan alami yang aman untuk kucing hamil dan kitten

Kelebihan:

  • Aromanya tahan lama hingga keesokan hari
  • Mengandung bahan-bahan alami kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan dan kelembutan bulu
  • Dapat digunakan pada kucing hamil dan kitten

Kekurangan:

  • Produk neto 60 ml dikemas dalam botol kapasitas 100 ml sehingga isinya tampak tidak penuh

Olive Care kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan parfum kucing alami. Produk ini diracik dengan kandungan bahan-bahan alami seperti VCO, Aloe vera, natural keratin, dan lain-lain. Tidak heran, produk ini cenderung aman untuk kucing hamil dan kitten.


Walaupun berbahan alami, aromanya tahan lama, bahkan hingga keesokan hari. Cukup satu atau kali semprot, wanginya akan menempel pada kucing Anda. Bulu kucing pun jadi harum, lembut, dan sehat.

No.8

OhioSmoothies Pet Parfume Spray

Mulai dari Rp110.000,00

Formulanya menyehatkan, aroma bedak bayinya menyegarkan!

Kelebihan:

  • Mengandung keratin dan vitamin E yang menyehatkan bulu kucing
  • Diperkaya kandungan VCO yang berfungsi sebagai antijamur
  • Wangi bedak bayi yang segar dan tahan lama hingga 24 jam

Kekurangan:

  • Menurut review, menggunakannya pada kucing yang tidak sehat berpotensi memicu muntah

Dengan wangi bedak bayi yang bertahan hingga 24 jam, Smoothies juga menyehatkan bulu kucing. Parfum ini diperkaya vitamin E dan keratin, yaitu protein alami pembentuk bulu. Protein ini memperbaiki bulu yang rusak sekaligus melembutkannya. 


Formulanya makin lengkap dengan ekstrak VCO yang dikenal mampu membunuh jamur dan bakteri. Bulu kucing menjadi lebih lembut berkat asupan nutrisi berlimpah yang berasal dari parfum ini. Parfum Smoothies membuat acara menyisir bulu kucing jadi makin menyenangkan.

No.9

ForbisFloral Aloe Perfume & Conditioner

Mulai dari Rp125.000,00

Dengan ekstrak Aloe vera yang mencegah bulu kusam

Kelebihan:

  • Berfungsi sebagai parfum sekaligus kondisioner dengan kandungan Aloe vera untuk menutrisi bulu
  • Kemasan besar 300 ml cocok untuk Anda yang memiliki beberapa kucing

Kekurangan:

  • Wanginya kurang tahan lama menurut sebagian konsumen

 

Merangkap sebagai kondisioner, parfum kucing ini akan menyebarkan aroma bunga. Dilengkapi ekstrak lidah buaya (Aloe vera), parfum ini juga akan melembutkan dan menutrisi bulu kucing Anda. Tak akan ada lagi cerita bulu kucing jadi kusut, sulit disisir, ataupun kusam. Tersedia dalam kemasan cukup besar, parfum ini pas untuk Anda yang memelihara beberapa kucing di rumah.

No.10

TropicleanSpa Lavish Pet Cologne

Mulai dari Rp119.900,00

Dilengkapi kandungan UV protector, kucing pun terlindungi dari efek buruk sinar matahari

Kelebihan:

  • Melindungi kucing dari efek buruk sinar matahari berkat kandungan UV protector
  • Kandungan aromaterapinya membuat kucing merasa nyaman dan tenang

Kekurangan: 

  • Menurut review, aromanya terlalu strong bagi sebagian kucing

Spa Lavish Pet Cologne merupakan parfum kucing dengan kandungan UV Protector. Karena itu, produk ini cocok digunakan untuk kucing yang gemar bermain di luar atau bermalas-malasan di bawah terik matahari. Kandungan aroma terapinya juga menenangkan bagi anabul. Sertakan parfum ini ke dalam perlengkapan grooming Anda agar kucing bisa termanjakan secara paripurna.

Tips memakai parfum kucing

Beberapa orang mengeluhkan parfum kucing yang digunakan karena wanginya tidak awet. Padahal, bisa jadi penyebabnya adalah cara pemakaian yang kurang tepat. Nah, berikut ini adalah tips memakaikan parfum ke tubuh kucing agar keharumannya bertahan lama.

Semprotkan dari jarak yang aman, yaitu 15–20 cm

Semprotkan dari jarak yang aman, yaitu 15–20 cm

Parfum sebaiknya diaplikasikan saat kucing baru selesai dimandikan atau bulunya dalam keadaan setengah basah. Semprotkan parfum, lalu teruskan proses mengeringkan bulu. Dengan cara demikian, parfum bisa bertahan lebih lama.

Selain itu, mengingat kucing termasuk hewan dengan hidung yang sangat sensitif, ada beberapa cara pemakaian parfum yang perlu diperhatikan. Jika Anda memiliki parfum dalam bentuk spray, kami sarankan untuk menyemprotnya dari jarak yang aman, yaitu 15–20 cm. Hindari menyemprot ke bagian muka seperti hidung dan mata.


Jika Anda ragu menyemprotkannya langsung, Anda bisa mengusapkannya. Semprotkan atau tuangkan parfum ke tangan terlebih dahulu, lalu usapkan ke bulu kucing dengan lembut. Sebagian orang melakukannya sambil menyisir rambut kucing. Jadi, bayangkan aroma wangi yang menyerbak dari bulu kucing diikuti hubungan yang lebih erat antara Anda dan peliharaan kesayangan ini.

Ketahui tanda-tanda kucing tidak cocok dengan jenis parfum yang digunakan

Ketahui tanda-tanda kucing tidak cocok dengan jenis parfum yang digunakan

Sebagian parfum menggunakan bahan dasar alkohol. Kadar yang digunakan sebetulnya relatif aman. Namun, beberapa kucing bisa saja memiliki alergi, entah terhadap alkohol ataupun bahan parfum lainnya seperti minyak esensial. Karena itu, perhatikan hal-hal berikut.


  • Jika kucing Anda baru kali pertama memakai parfum merek tertentu, amati reaksinya sebelum memutuskan untuk terus menggunakannya.
  • Hentikan pemakaian jika kucing menunjukkan gejala muntah-muntah, lemas, atau kehilangan nafsu makan. 
  • Perhatikan juga kulit kucing. Jika kulitnya menunjukkan kemerahan atau mengalami iritasi, bisa jadi Anda perlu menggantinya dengan parfum yang lebih cocok.
  • Konsultasikan dengan dokter hewan terdekat jika gejala-gejala tidak kunjung berhenti untuk memastikan penyebab sebenarnya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan grooming kucing lainnya di sini

Pada dasarnya, kucing adalah makhluk manis yang menggemaskan. Namun, tanpa perawatan yang konsisten, mereka bisa terlihat kusam. Kucing yang tampil cantik, wangi, dan juga sehat adalah impian semua penyayang kucing. Selain parfum, tak ada salahnya untuk melengkapi peralatan grooming lainnya. Yuk, baca artikel-artikel berikut untuk mengenali beragam perlengkapan grooming di sini.

Kesimpulan

Parfum kucing akan menjadikan kucing yang sibuk berkeliaran di rumah kita menguarkan aroma harum. Bau tidak sedap pastinya juga berkurang jauh. Meskipun demikian, kita tetap perlu mengutamakan kesehatan dan kenyamanan kucing.


Baca baik-baik semua informasi yang disertakan dalam kemasan parfum dan ikuti petunjuk pemakaian. Dengan memilih parfum yang aman bagi kucing, Anda akan terbebas dari bau tidak sedap. Kucing kesayangan Anda pun tetap bisa bermain dengan lincah dan gembira.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer