• 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Parfum Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)

Parfum kucing sangat bermanfaat untuk mengusir bau tidak sedap dari tubuh hewan menggemaskan ini. Ada banyak merek parfum kucing yang bagus di pasaran, seperti Kekucingan, Posha Cat, dan Tropiclean. Tiap merek menawarkan keunggulan tersendiri, seperti wangi tahan lama, antikutu, aman bagi kucing, atau kaya vitamin.


Kami akan membantu Anda memilih parfum kucing yang tepat dengan beragam kisaran harga. Kami juga akan menjelaskan cara tepat untuk memakaikan parfum ke tubuh kucing dan gejala ketidakcocokan kucing terhadap parfum. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Doel. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

drh. Doel
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel

Profil pakar: Dokter hewan, drh. Doel
drh. Doel
Veterinarian
drh. Doel

drh. Muhammad Fadhlullah Mursalim yang lebih dikenal dengan drh. Doel adalah seorang dokter hewan alumni Universitas Airlangga. Setelah lulus, beliau bekerja di bidang perunggasan selama 2 tahun kemudian melanjutkan S2 Biomedik di Universitas Hasanuddin.


Setelah S2, beliau melanjutkan bekerja sebagai dosen di Departemen Mikrobiologi Prodi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin sampai sekarang. Saat ini beliau sedang menjalani S3 di Chulalongkorn University, Thailand. Beliau sering sharing mengenai keilmuan di Instagram-nya.

Amankah memakaikan parfum ke kucing?

Amankah memakaikan parfum ke kucing?

Bagi kucing dan anjing, hidung adalah organ yang sangat penting untuk mengenali lingkungan dan bahkan berkomunikasi dengan hewan lain. Mereka memanfaatkannya untuk mencari makan, menemukan pasangan, hingga mengenali musuh. 


Dengan 100 juta reseptor penciuman di rongga hidungnya, daya penciuman kucing 20 kali lebih kuat daripada manusia. Bebauan yang kita anggap harum bisa jadi justru memusingkan bagi kucing karena terasa begitu menyengat.


Penyegar udara, parfum, dan bahkan beberapa bunga yang sangat harum dapat menyebabkan reaksi alergi, muntah, dan diare pada kucing. Pemakaian parfum harus disesuaikan dengan sensitivitas kucing dalam mencium bau baik itu komponen maupun zat pelarutnya.


Menilik sensitivitas kucing, produsen parfum mengembangkan formula khusus. Aroma yang digunakan tidak terlalu menusuk hidung kucing. Begitu pun bahan dasarnya, kebanyakan produsen parfum kini mulai memanfaatkan air, entah dipadukan dengan alkohol ataupun hanya air. 


Jadi, jangan gunakan parfum manusia pada kucing selembut apa pun wanginya. Formula parfum manusia pasti berbeda dan mungkin saja tidak cocok untuk kucing.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih parfum kucing

Memilih parfum kucing bukan sekadar wangi atau tahan lama. Anda tetap perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan kucing kesayangan. Yuk, simak beberapa cara memilih parfum kucing di bawah ini yang patut Anda perhatikan untuk mendapatkan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan kucing.

Periksa kandungan alkoholnya

Periksa kandungan alkoholnya

Dalam pembuatan parfum, alkohol sangat diperlukan sebagai zat pelarut. Karakter alkohol yang mudah menguap akan meninggalkan jejak aroma wangi di udara. Alkohol juga dianggap aman selama digunakan dalam batas tertentu. Meskipun demikian, Anda harus memastikan bahwa alkohol yang digunakan adalah senyawa etanol, bukan methanol.


Baik etanol maupun metanol dapat menyebabkan toksik pada kucing jika diberikan secara berlebihan. Sebaiknya gunakan parfum berpelarut air. Senyawa methanol kerap menyebabkan gangguan kesehatan seperti masalah hormon atau bahkan kebutaan.


Di Indonesia sendiri, BPOM sudah mengatur pemakaian methanol dalam alat kosmetika, termasuk parfum, yaitu di bawah 5%. Jika Anda ingin memilih parfum yang aman bagi kucing, selalu perhatikan jenis zat pelarut dalam parfum.

Pertimbangkan produk yang memiliki formula antikutu dan antijamur

Pertimbangkan produk yang memiliki formula antikutu dan antijamur

Masalah kutu dan jamur rentan menyerang kucing, terutama saat masih kecil. Sedih rasanya melihat kucing kesayangan kita sibuk menggaruki sekujur tubuhnya, apalagi jika sampai berdarah. Jika terus dibiarkan, lama-lama luka itu akan membesar, bahkan timbul infeksi yang mengganggu.


Obat antikutu dan antijamur untuk kucing memang sudah tersedia di pasaran. Namun, tidak ada salahnya jika Anda mencari parfum kucing yang juga memiliki fungsi mengusir kutu dan jamur. Dengan demikian, kucing Anda bisa menghabiskan waktu berjemur dengan tubuh harum tanpa terganggu parasit mungil yang berlarian di tubuhnya. 

Periksa kandungan lainnya untuk menjaga kelembutan bulu kucing Anda

Kucing berbulu lebat atau panjang kerap bermasalah dengan bulu kusut atau berantakan jika tidak dirawat dengan baik. Kabar baiknya, saat ini tersedia pula parfum yang memasukkan vitamin E, keratin, atau VCO untuk menunjang kesehatan bulu dan kulit kucing. Jika Anda rutin memakainya, bulu kusut kucing Anda akan segera terurai lembut sehingga mengundang siapa pun untuk membelainya. 

Vitamin E, antioksidan alami untuk kulit kucing

Vitamin E, antioksidan alami untuk kulit kucing

Siapa tidak mengenal kemasyhuran vitamin E bagi kesehatan kulit? Vitamin E ternyata juga memberikan efek serupa pada kulit kucing. Vitamin E merupakan antioksidan alami yang mendukung sistem imunitas yang ada pada kulit kucing.


Vitamin E sangat penting untuk kesehatan optimal dan dapat memberikan manfaat besar bagi kulit kucing Anda. Selain itu, vitamin E juga dapat digunakan untuk mengobati tungau, eksem, dan dermatitis alergi kutu.


Jika kekurangan vitamin E, kucing akan mengalami kerontokan bulu, kulit bersisik, dan bulu terlihat kusam. Jadi, bila bulu kucing Anda terus-menerus rontok, mungkin Anda perlu mempertimbangkan vitamin ini.

Keratin, bulu kucing tidak mudah kusam

Keratin, bulu kucing tidak mudah kusam

Sejatinya, dalam bulu kucing terdapat protein alami bernama keratin. Dengan kandungan keratin yang cukup, bulu kucing akan mengilap, sehat, dan tidak mudah kusam


Kadar keratin dalam tubuh kucing dapat ditingkatkan dengan protein. Oleh karena itu, kucing yang mendapatkan asupan protein yang bagus biasanya memiliki bulu yang bagus. Beberapa produk yang ditujukan untuk kucing juga memasukkan keratin sehingga bulu kucing tetap sehat dan indah.

Aloe vera, pencegah bulu rontok

Aloe vera, pencegah bulu rontok

Aloe vera atau dikenal dengan lidah buaya dikenal bagus untuk kesehatan rambut. Begitu pun untuk bulu kucing. Aloe vera berfungsi menjaga kelembapan kulit kucing sehingga mencegah kerontokan bulu.


Meskipun demikian, hindari memberikan kucing Anda lidah buaya segar atau tanpa diolah terlebih dahulu. Anabul kesayangan Anda dapat muntah atau mengeluarkan urine kemerahan, bahkan kehilangan nafsu makan jika menelan lidah buaya secuil pun. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter hewan Anda sebelum memakai lidah buaya dalam bentuk shampo, parfum, dan conditioner.

Oatmeal, pelembap alami yang bikin bulu mengilap

Oatmeal, pelembap alami yang bikin bulu mengilap

Oatmeal dikenal kaya vitamin B. Berkat kandungan vitamin B inilah oatmeal mampu membantu melembapkan bulu secara alami. Nah, ketika parfum yang mengandung oatmeal disemprotkan, kucing pun akan mendapatkan manfaat kelembapannya. Tidak akan ada lagi masalah kulit kering dan bulu kusam.

Buah kiwi, melebatkan bulu kucing Anda

Buah kiwi, melebatkan bulu kucing Anda

Memberi buah kiwi pada kucing Anda sangatlah aman selama dikonsumsi dalam jumlah sedang dan kulit kiwinya dibuang. Dalam buah kiwi terkandung vitamin E yang sangat bagus untuk bulu kucing. 


Vitamin E merangsang pertumbuhan bulu lebih cepat. Bulu kucing Anda akan tumbuh lebat dan kucing pun tampil makin menggemaskan. Selain vitamin E, buah kiwi juga mengandung zinc, magnesium, dan fosfor. Ketiganya berperan penting bagi kesehatan bulu.

10 Rekomendasi parfum kucing terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk parfum kucing terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari drh. Doel.

10
Kapasitas300 ml
Kandungan lainnyaAloe vera
Kandungan alkoholTidak disebutkan
Varian aromaTidak disebutkan
9
Kapasitas60 ml
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
Kandungan alkohol90%
Varian aromaCoffee Latte, Chocolate Passion, Orange Puff, Green Passion, Ocean Breeze, Lavender, Strawberry, Sweet Black Rose, Lime, Mesir Azwat
8
Kapasitas60
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
Kandungan alkoholTidak disebutkan
Varian aromaFresh Peach, Fresh Mango, Fresh Tuty Fruty
7
Kapasitas60 ml
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
Kandungan alkoholNon-methanol
Varian aromaBerry Gumme, Apple Blossom, Orange Milk, Tutty Fruity, Christa Green, Christa Yellow
6
Kapasitas100 ml
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
Kandungan alkoholTidak disebutkan
Varian aromaSummer, Winter, Autumn, Spring
5
Kapasitas60 ml
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
Kandungan alkohol0%
Varian aromaTidak disebutkan
4
Kapasitas236 ml
Kandungan lainnyaLavender, teh putih, oatmeal, kiwi
Kandungan alkoholTidak disebutkan
Varian aroma-
3

KekucinganBaby Pet Care Cologne

Mulai dari Rp 65.900,00

Kapasitas60ml
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
Kandungan alkohol0%
Varian aromaBaby Mild, Baby Sweet
2
Kapasitas100 ml
Kandungan lainnyaTidak disebutkan
Kandungan alkohol0%
Varian aromaBaby Powder, Baby Cuddle, Baby Blossom, Baby Honey, Bubble Gum, Chewing Gum, Cotton Candy, Marshmallow, dll
1
Kapasitas100 ml
Kandungan lainnyaVitamin E, keratin
Kandungan alkohol0%
Varian aromaTidak disebutkan

Tabel perbandingan produk parfum kucing terbaik

Gambar produk
1
Ohio Smoothies Pet Parfume Spray 1

Ohio

2
Groomypets Pet Perfume 1

Groomypets

3
Kekucingan Baby Pet Care Cologne  1

Kekucingan

4
Tropiclean Lavish Comfort 1

Tropiclean

5
Posha_Cat Hair Mist Cologne 1

Posha_Cat

6
Mr. Paws  Pet Cologne 1

Mr. Paws

7
Golden Hill Parfum Kucing Mouriz 1

Golden Hill

8
Raid-All Fresh Fruit Scent 1

Raid-All

9
Biopet Parfum Kucing 1

Biopet

10
Forbis Floral Aloe Perfume & Conditioner 1

Forbis

Nama produk

Smoothies Pet Parfume Spray

Pet Perfume

Baby Pet Care Cologne

Lavish Comfort

Hair Mist Cologne

Pet Cologne

Parfum Kucing Mouriz

Fresh Fruit Scent

Parfum Kucing

Floral Aloe Perfume & Conditioner

Keunggulan

Bulu kucing makin sehat dan lembut berkat kandungan keratin dan vitamin E

Pilihan wanginya banyak, bebas alkohol!

Kelembutan bayi yang tahan lama bikin kucing makin menggemaskan

Kandungan aromaterapinya mendatangkan kenyamanan di kulit maupun batin

Tidak sempat grooming kucing? Produk ini aman dipakai setiap hari!

Menikmati aroma musim lewat keharuman kucing kesayangan

Bebas methanol, aman untuk kitten

Tiga pilihan aroma buah yang diramu dengan bahan-bahan natural

Semprotkan sekali, wanginya tahan seharian!

Perpaduan parfum dan kondisioner dengan ekstrak Aloe vera yang mencegah bulu kusam

Harga mulai dariRp 110.000,00Rp 70.000,00Rp 65.900,00Rp 108.626,00Rp 49.000,00Rp 15.000,00Rp 20.000,00Rp 25.000,00Rp 12.000,00Rp 125.000,00
Kapasitas100 ml100 ml60ml236 ml60 ml100 ml60 ml6060 ml 300 ml
Kandungan lainnyaVitamin E, keratinTidak disebutkanTidak disebutkanLavender, teh putih, oatmeal, kiwiTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanAloe vera
Kandungan alkohol0%0%0%Tidak disebutkan0%Tidak disebutkanNon-methanolTidak disebutkan90%Tidak disebutkan
Varian aromaTidak disebutkanBaby Powder, Baby Cuddle, Baby Blossom, Baby Honey, Bubble Gum, Chewing Gum, Cotton Candy, Marshmallow, dllBaby Mild, Baby Sweet-Tidak disebutkanSummer, Winter, Autumn, SpringBerry Gumme, Apple Blossom, Orange Milk, Tutty Fruity, Christa Green, Christa YellowFresh Peach, Fresh Mango, Fresh Tuty FrutyCoffee Latte, Chocolate Passion, Orange Puff, Green Passion, Ocean Breeze, Lavender, Strawberry, Sweet Black Rose, Lime, Mesir AzwatTidak disebutkan
Tautan produk

Tips memakai parfum kucing

Beberapa orang mengeluhkan parfum kucing yang digunakan karena wanginya tidak awet. Padahal, bisa jadi penyebabnya adalah cara pemakaian yang kurang tepat. Nah, berikut ini adalah tips memakaikan parfum ke tubuh kucing agar keharumannya bertahan lama.

Semprotkan dari jarak yang aman, sekitar 15–20 cm

Semprotkan dari jarak yang aman, sekitar 15–20 cm

Parfum sebaiknya diaplikasikan saat kucing baru selesai dimandikan atau bulunya dalam keadaan setengah basah. Semprotkan parfum, lalu teruskan proses mengeringkan bulu. Dengan cara demikian, parfum bisa bertahan lebih lama.

Selain itu, mengingat kucing termasuk hewan dengan hidung yang sangat sensitif, ada beberapa cara pemakaian parfum yang perlu diperhatikan. Jika Anda memiliki parfum dalam bentuk spray, kami sarankan untuk menyemprotnya dari jarak yang aman, yaitu 15–20 cm. Hindari menyemprot ke bagian muka seperti hidung dan mata.


Jika Anda ragu menyemprotkannya langsung, Anda bisa mengusapkannya. Semprotkan atau tuangkan parfum ke tangan terlebih dahulu, lalu usapkan ke bulu kucing dengan lembut. Sebagian orang melakukannya sambil menyisir rambut kucing. Jadi, bayangkan aroma wangi yang menyerbak dari bulu kucing diikuti hubungan yang lebih erat antara Anda dan peliharaan kesayangan ini.

Ketahui tanda-tanda kucing tidak cocok dengan jenis parfum yang digunakan

Ketahui tanda-tanda kucing tidak cocok dengan jenis parfum yang digunakan

Sebagian parfum menggunakan bahan dasar alkohol. Kadar yang digunakan sebetulnya relatif aman. Namun, beberapa kucing bisa saja memiliki alergi, entah terhadap alkohol ataupun bahan parfum lainnya seperti minyak esensial. 


Nah, jika kucing Anda baru kali pertama memakai parfum merek tertentu, amati dulu reaksinya sebelum memutuskan untuk terus menggunakannya. Kami sarankan Anda untuk menghentikan pemakaian jika kucing menunjukkan gejala muntah-muntah, lemas, atau kehilangan nafsu makan. 


Tak kalah pentingnya, perhatikan juga kulitnya. Jika kulit kucing malah menunjukkan kemerahan atau mengalami iritasi, bisa jadi Anda perlu menggantinya dengan parfum yang lebih cocok. Silakan juga untuk langsung konsultasi dengan dokter hewan terdekat jika gejala-gejala itu tidak kunjung berhenti untuk memastikan penyebab sebenarnya.

Baca juga rekomendasi perlengkapan grooming kucing lainnya di sini

Pada dasarnya, kucing adalah makhluk manis yang menggemaskan. Namun, tanpa perawatan yang konsisten, mereka bisa terlihat kusam. Kucing yang tampil cantik, wangi, dan juga sehat adalah impian semua penyayang kucing. Selain parfum, tak ada salahnya untuk melengkapi peralatan grooming lainnya. Yuk, baca artikel-artikel berikut untuk mengenali beragam perlengkapan grooming di sini.

Kesimpulan

Parfum kucing akan menjadikan kucing yang sibuk berkeliaran di rumah kita menguarkan aroma harum. Bau tidak sedap pastinya juga berkurang jauh. Meskipun demikian, kita tetap perlu mengutamakan kesehatan dan kenyamanan kucing.


Baca baik-baik semua informasi yang disertakan dalam kemasan parfum dan ikuti petunjuk pemakaian. Dengan memilih parfum yang aman bagi kucing, Anda akan terbebas dari bau tidak sedap. Kucing kesayangan Anda pun tetap bisa bermain dengan lincah dan gembira.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Ada saatnya vitamin diperlukan untuk menjaga kesehatan kucing peliharaan Anda. Ada banyak jenis vitamin kucing berdasarkan tujuan pemakaiannya, seperti untuk menggemukkan badan, memperindah bulu, dan penambah nafsu makan. Di antara semua jenis ini, tahukah Anda vitamin kucing merek apa yang bagus?Nah, sebelum membeli, pastikan untuk menyesuaikan produk dengan kebutuhan kucing kesayangan Anda. Kali ini kami akan merekomendasikan produk vitamin kucing terbaik, seperti Neovitamax, Nutri-plus Gel, dan VITA-GEL. Jangan lupa, baca juga komentar dokter hewan, drh. Tito Suprayoga, di artikel ini!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Ada kalanya memilih pasir kucing membuat para cat mom dirundung dilema. Pasalnya, memilih pasir kucing tentunya membutuhkan perhatian khusus. Anda dituntut untuk dapat menemukan pasir kucing yang tak hanya nyaman dipakai oleh kucing, tetapi juga mudah dibersihkan dan wangi.Harga dan jenis pasir kucing sangatlah beragam. Tidak hanya itu, merk pasir kucing juga cukup banyak, seperti Cub n Kit, Sumo Cat, Catsan, Cature, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara memilih cat litter yang sesuai dengan kebutuhan si kucing? Berikut ini adalah step by step memilih pasir kucing yang bagus. 
    Perawatan kucing
  • 10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    10 Shampo Kucing Terbaik - Ditinjau oleh Veterinarian (Terbaru Tahun 2022)
    Shampo kucing adalah produk perawatan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kucing kesayangan Anda. Ada berbagai macam shampo kucing, baik untuk kucing Persia, Anggora, maupun ras lainnya. Shampo kucing diformulasi sesuai kebutuhan dan permasalahan anabul. Ada shampo antikutu, antijamur, antikusut, dan antirontok. Bahkan, ada juga shampo untuk kucing bulu putih dan kucing long hair. Kami akan memberikan tips agar Anda dapat memilih shampo kucing yang bagus. Simak juga review shampo kucing dari merek populer, seperti Bio-Groom, Raid-All, dan I’m Organic. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter hewan kami, drh. Bella Fortuna.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    10 Rekomendasi Obat Diare Kucing (Terbaru 2022)
    Diare merupakan masalah umum yang rentan terjadi pada kucing. Masalah ini dapat diketahui melalui kotoran yang dikeluarkannya. Normalnya, kotoran kucing berwarna cokelat tua, tidak terlalu keras atau lembek, dan tidak terlalu bau. Apabila kotoran kucing Anda lebih encer dan sangat bau, ada kemungkinan kucing mengalami diare.Anda dapat mengatasi masalah ini dengan memberinya obat diare. Berikutnya, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan merek obat diare kucing yang bagus seperti Primacat dan Olive Care. Produk ini bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Simak sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi  (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pasir Kucing Terbaik yang Wangi (Terbaru Tahun 2022)
    Pasir kucing yang wangi merupakan must have item jika Anda memutuskan memelihara kucing. Pasir jenis ini akan menyerap bau menyengat yang disebabkan oleh kotoran atau kencing kucing. Tidak hanya itu, area sekitar litter box pun akan beraroma lebih segar. Dengan demikian, rumah akan terasa nyaman tak hanya bagi kucing, tetapi juga bagi Anda. Kong Irae, Maxi, Markotops, juga KitCat merupakan contoh merek pasir kucing yang wangi dan bagus di pasaran. Dalam artikel ini, kami telah menyiapkan tips cara memilih pasir kucing wangi. Kami juga sudah mencantumkan rekomendasi produknya. Selamat membaca!
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kandang Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Mungkin sebagian besar dari Anda kerap kali membiarkan kucing peliharaan berkeliaran di area rumah agar kucing tidak stres. Namun, sebaiknya Anda juga menyediakan kandang untuk kucing sebagai tempat perlindungan. Anda juga bisa menjadikan kandang kucing sebagai tempat bagi kucing untuk tidur.Banyaknya pilihan kandang kucing yang bagus mungkin bisa membuat Anda bingung untuk memilih. Untuk memudahkan Anda, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi kandang kucing terbaik, misalnya dari merek Lucky. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan anabul kesayangan Anda.
    Perawatan kucing
  • 10 Rekomendasi Dispenser Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Dispenser Makanan Kucing Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki dispenser makanan kucing otomatis bisa meringankan tugas Anda untuk memberi makan si kucing kesayangan. Berbagai merek, seperti MODERNA, pawise, PETKIT, dan BARDI, menawarkan beragam tipe pet feeder yang bisa Anda pilih. Dari sekian banyak merek dan tipe yang ada di pasaran, manakah yang cocok untuk kucing Anda di rumah?Kali ini, kami akan mengupas cara memilih dispenser makanan kucing terbaik yang bisa Anda jadikan pedoman. Setelah itu, Anda bisa melihat rekomendasi produk cat feeder dan memilih produk yang pas dengan kebutuhan Anda. Penasaran? Simak artikelnya sampai habis, ya!
    Perawatan kucing
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori