1. TOP
  2. >
  3. Makanan & minuman
  4. >
  5. Produk susu
  6. >
  7. 10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Susu Rendah Lemak Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2023)

Lemak yang menumpuk dalam tubuh berakibat kurang baik bagi kesehatan. Jadi, sebaiknya Anda mulai mengubah kebiasaan pola makan dengan mengonsumsi susu low fat atau susu rendah lemak. Susu rendah lemak adalah susu yang kadar lemaknya rendah, sekitar 1–2% per takaran saji.


Susu rendah lemak tidak hanya bagus untuk diet, tetapi juga untuk penderita asam lambung, hipertensi, kolesterol, dan diabetes. Di artikel ini kami mengulas rekomendasi merek susu rendah lemak yang enak, seperti Tropicana Slim, Oatside, dan WRP. Artikel ini telah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Afriyani Khusna. Simak selengkapnya!

Diperbaharui 11-23-2022
Pakar
Dokter umum
dr. Afriyani Khusna

dr. Afriyani Khusna adalah dokter umum yang sudah aktif berpraktik sejak 2016. Pengalaman kerjanya meliputi dokter IGD dan dokter ruangan di RSUD Embung Fatimah dan Puskesmas Batu Aji Kota Batam. dr. Afri juga pernah bertugas di Klinik Melati, Klinik Abditama Kabupaten Tangerang, klinik perusahaan Mattel Indonesia, dan ICU RSUD Meuraxa Banda Aceh. Saat ini dr. Afri bekerja sebagai staf NGO lokal yang bergerak di bidang penanggulangan HIV dan AIDS di Jakarta. Pemilik akun @doctorafree ini juga aktif memberikan edukasi dan promosi kesehatan kepada masyarakat melalui Instagram dan YouTube-nya.

Profil dr. Afriyani Khusna
Penyunting
Editor mybest Indonesia
Dian WN

Dian WN adalah lulusan prodi Kriya Tekstil, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Teknologi Bandung. Ketertarikannya pada dunia seni, mode, dan kecantikan membuatnya menggeluti profesi fashion designer serta memiliki clothing brand Ettara. Selama tahun 2010–2014, Dian aktif mengikuti pagelaran busana dan kompetisi desainer muda. Sebagai pencinta sastra, Dian juga menekuni dunia literasi dan pernah dikontrak sebagai novelis oleh penerbit webnovel asal Korea Selatan. Berbekal pendidikan informal dan sertifikasi editor profesional dari Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-PEP), saat ini Dian bekerja sebagai writerpreneur. Pada waktu luang, Dian yang juga seorang fitness enthusiast senang berburu kuliner dan tempat aesthetic untuk mencari inspirasi menulis.

Profil Dian WN
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Apa yang dimaksud susu rendah lemak?

Apa yang dimaksud susu rendah lemak?

Susu rendah lemak adalah susu yang memiliki kandungan lemak rendah atau tidak ada lemak sama sekali. Jika terdapat kandungan lemak, kadarnya hanya berkisar 1–2% per takaran saji.

 
Sesuai Permenkes Nomor 30 Tahun 2013, anjuran konsumsi lemak orang Indonesia adalah 20–25% dari total energi (702 kkal). Angka ini setara dengan lima sendok makan atau 67 gram lemak per orang per hari. Padahal, lemak terdapat pada jenis makanan lain yang Anda konsumsi. Jadi, untuk mengurangi konsumsi lemak, Anda bisa memilih susu rendah lemak.


Susu rendah lemak sering dipilih oleh orang yang sedang berdiet, padahal susu ini menyimpan manfaat lebih dari itu. Manfaat susu rendah lemak adalah:

  • Membantu mengontrol berat badan dengan tetap mempertahankan masa tulang dan otot
  • Mencegah diabetes
  • Menurunkan risiko tekanan darah tinggi
  • Menurunkan risiko kolesterol tinggi
  • Mencegah strok
  • Memelihara kesehatan jantung
  • Meningkatkan kesehatan gigi dan tulang
  • Menyehatkan organ pencernaan

Perhatian: Saat mengonsumsi susu rendah lemak, tetap perhatikan kandungan nutrisi pada kemasan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih susu rendah lemak

Selanjutnya, kami akan membantu Anda memilih susu rendah lemak yang bernutrisi tinggi. Yuk, mulai gaya hidup sehat dengan memilih susu yang tepat. 

① Perhatikan kadar lemak dalam susu rendah lemak

Perhatikan kadar lemak dalam susu rendah lemak

Sekalipun sama-sama disebut susu rendah lemak, setiap merek susu memiliki kadar lemak yang berbeda-beda. Kadar lemak tersebut dihitung per takaran sajinya. Ada baiknya Anda memperhatikan kandungan nutrisi yang tertera pada setiap kemasan susu. Lalu, carilah susu rendah lemak yang kadar lemaknya paling rendah.


  • Untuk susu cair, takaran sajinya dihitung per gelas, yaitu 2,5–3 gram lemak dalam 200–225 ml susu.
  • Untuk susu bubuk, takaran sajinya dihitung per sendok takar, yaitu 0,5–1,5 gram lemak dalam 30–35 gram takaran. 

Apa pun kebutuhan Anda dalam mengonsumsi susu, Anda tetap harus membatasi konsumsi susu rendah lemak. Sebaiknya, minumlah susu maksimal 750 ml per hari atau setara dengan tiga gelas ukuran 200–250 ml per saji. Susu bisa diminum pagi hari setelah sarapan, sebelum atau setelah berolahraga, dan sebelum tidur.

② Ketahui dahulu jenis-jenis susu rendah lemak

Sama seperti susu pada umumnya, susu rendah lemak juga memiliki jenis yang berbeda-beda. Anda bisa memilih jenis susu rendah lemak sesuai dengan selera dan kepraktisan. 

Susu UHT rendah lemak, bisa langsung diminum dan lebih praktis

Susu UHT rendah lemak, bisa langsung diminum dan lebih praktis

Susu UHT atau ultra high temperature adalah susu yang diolah dengan dipanaskan dalam suhu tinggi (lebih dari 135 °C) dan dalam waktu singkat. Tujuan proses ini adalah untuk membunuh bakteri sehingga susu bisa lebih aman dan bisa disimpan dalam waktu lama.


Jika kandungan lemak susu UHT full cream dipertahankan, kandungan lemak susu UHT rendah lemak dikurangi hingga berkisar 1–2% saja. Karena itu, cita rasa kedua jenis susu UHT tersebut berbeda. Susu UHT full cream teksturnya lebih creamy, sedangkan susu rendah lemak lebih cair.


Memilih susu UHT rendah lemak cair ini dapat memberi Anda kepraktisan. Anda tidak perlu menyeduhnya, bahkan susu kemasan kecil bisa dibawa ke mana saja sebagai bekal perjalanan. Namun, daya tahan susu UHT tidak selama susu formula bubuk. Setelah dibuka kemasannya, susu UHT hanya tahan selama empat hari jika disimpan dalam kulkas.

Susu formula rendah lemak, nikmat diminum selagi hangat dan lebih tahan lama

Susu formula rendah lemak, nikmat diminum selagi hangat dan lebih tahan lama

Susu formula rendah lemak banyak diproduksi untuk orang dewasa karena lemak masih dibutuhkan dalam tumbuh kembang anak-anak. Susu formula ini berbentuk bubuk. Kadar airnya sangat sedikit sekitar 9% saja sehingga disebut juga susu kering.


Susu formula bubuk rendah lemak dibuat dengan cara spray dryer atau pengeringan untuk menghilangkan sebagian air dan lemaknya. Meski demikian, kandungan laktosa dalam susu ini tetap ada. Protein, mineral, dan vitaminnya juga tetap terjaga.


Jika kemasan sudah dibuka, susu formula bisa tahan selama satu bulan asalkan disimpan dalam stoples tertutup. Namun, susu ini kurang praktis dijadikan bekal karena Anda harus menyeduhnya terlebih dahulu. Anda juga harus menghabiskan susu yang sudah diseduh maksimal 2 jam. Jika lebih dari itu, kualitas susu akan berkurang.

Susu skim rendah lemak, memiliki kandungan lemak yang paling rendah

Susu skim rendah lemak, memiliki kandungan lemak yang paling rendah

Susu skim adalah susu yang dihilangkan kandungan lemak dan sebagian air di dalamnya. Dengan demikian, susu ini bisa bebas lemak sama sekali. Namun, proses ini juga bisa menghilangkan vitamin yang larut dalam lemak.

 
Dalam prosesnya, kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K yang larut dalam lemak ikut hilang. Padahal, vitamin tersebut dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, saat mengonsumsi susu skim, Anda harus mengimbanginya dengan asupan nutrisi dari makanan lainnya.


Susu skim sering dijadikan pilihan bagi orang yang kelebihan berat badan dan benar-benar menghindari lemak. Namun, jangan berikan susu skim pada anak di bawah lima tahun karena mereka masih membutuhkan lemak dan kalori untuk perkembangan otaknya.

③ Sesuaikan susu rendah lemak dengan kebutuhan Anda

Apa tujuan Anda mengonsumsi susu rendah lemak? Supaya manfaatnya bisa didapat dengan maksimal, sesuaikan konsumsi susu rendah lemak Anda dengan kebutuhan.

Untuk diet: Tinggi serat dan protein untuk kenyang lebih lama

Untuk diet: Tinggi serat dan protein untuk kenyang lebih lama

Susu rendah lemak sering dipilih oleh orang-orang yang menjalani program diet. Kalori dalam susu ini lebih sedikit dibandingkan susu lainnya. Selain memperhatikan kadar lemaknya, carilah susu yang tinggi serat, protein, dan kalsium.


Kandungan serat dan protein dalam susu rendah lemak dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jadi, hasrat untuk ngemil pun berkurang. Sementara itu, kandungan kalsium yang tinggi mendukung kekuatan otot dan tulang.

Untuk kolesterol: Makin rendah lemaknya, makin rendah juga kolesterolnya

Untuk kolesterol: Makin rendah lemaknya, makin rendah juga kolesterolnya

Kadar kolesterol dalam tubuh haruslah dijaga untuk menghindari penyakit-penyakit, seperti jantung, strok, dan tekanan darah tinggi. Orang dengan riwayat kolesterol tinggi serta memiliki risiko penyakit jantung harus membatasi asupan kolesterol hariannya sebanyak 200 mg/dL. Di sisi lain, apabila Anda tidak memiliki faktor risiko penyakit jantung, asupan kolesterol tak lebih dari 300 mg/dL.


Memilih susu rendah lemak adalah cara yang tepat untuk menurunkan asupan kolesterol dalam tubuh. Makin rendah kandungan lemak dalam sebuah susu, makin rendah juga kandungan kolesterolnya. Namun, jangan sampai kadar kolesterol turun, tetapi kadar gula naik. Jadi, carilah susu rendah lemak yang bebas gula.

Untuk penderita asam lambung: Susu tinggi kalsium untuk kinerja otot lambung yang lebih baik

Untuk penderita asam lambung: Susu tinggi kalsium untuk kinerja otot lambung yang lebih baik

Maag dan GERD adalah contoh penyakit asam lambung. Kadar lemak yang bisa diterima oleh penderita asam lambung adalah 0–2,5%. Susu rendah lemak dalam lambung bekerja dengan cara diolah menjadi buffer. Susu yang bersifat buffer tidak akan mudah dipengaruhi oleh perubahan pH atau tingkat keasaman di sekitarnya. Jadi, kondisi lambung Anda tidak bertambah asam.


Selain memperhatikan kadar lemaknya, Anda juga bisa mencari susu yang tinggi kalsium. Kalsium adalah mineral penting untuk otot. Dengan demikian, kinerja otot klep pengontrol cairan lambung bisa lebih optimal. Otot ini akan mengendalikan cairan lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Untuk diabetes: Lebih baik memilih susu yang bebas tambahan gula

Untuk diabetes: Lebih baik memilih susu yang bebas tambahan gula

Kandungan dalam susu yang harus dihindari oleh penderita diabetes adalah lemak jenuh, karbohidrat, kolesterol, dan gula. Sebaiknya, carilah susu rendah lemak yang bebas atau rendah gula serta tinggi protein. Kandungan protein dalam susu berfungsi untuk menjaga kadar gula tubuh setelah makan dan menstabilkannya.


Selain itu, carilah juga susu rendah lemak yang kaya kalsium serta vitamin D. Hal ini penting karena penderita diabetes biasanya memiliki struktur tulang yang lemah sehingga rentan osteoporosis. Penderita diabetes juga biasanya memiliki gangguan saraf kaki dan risiko jatuh lebih tinggi. Kombinasi kalsium dan vitamin D ini akan membantu Anda memiliki tulang yang padat dan lebih kuat.

Untuk hipertensi: Susu dengan kandungan magnesium untuk menjaga kinerja pembuluh darah

Untuk hipertensi: Susu dengan kandungan magnesium untuk menjaga kinerja pembuluh darah

Penderita tekanan darah tinggi harus menjalani diet DASH (dietary approaches to stop hypertension). Selain memperbanyak konsumsi biji-bijian, sayur, dan buah, penderita hipertensi disarankan mengonsumsi susu rendah lemak. Di dalamnya terdapat kandungan magnesium, kalsium, dan kalium yang bermanfaat untuk menjaga tekanan darah selalu normal.


Magnesium di dalam susu berfungsi menjaga pembuluh darah supaya selalu fleksibel. Kalsium berfungsi untuk membantu kinerja pembuluh darah saat mengencang atau relaks tergantung pada kebutuhannya. 


Sementara itu, kalium bermanfaat untuk menjaga fungsi otot. Di samping itu, berat badan sangat memengaruhi tekanan darah Anda. Jadi, mengontrol berat badan dengan membatasi asupan lemak sangatlah dianjurkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi susu rendah lemak.

10 Rekomendasi susu rendah lemak terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk susu rendah lemak terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Afriyani Khusna.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Nutrifood

Tropicana Slim Low Fat Milk

Nutrifood Tropicana Slim Low Fat Milk 1枚目

Susu low fat tinggi serat yang bantu turunkan kolesterol, pilihan rasanya kekinian

2

Fonterra

Anlene Gold 5X

Fonterra  Anlene Gold 5X 1枚目

Jaga kolesterol dan tekanan darah para lansia

3

Nutrifood

HiLo Active

Nutrifood HiLo Active 1枚目

Pilihan rasanya macam-macam, disajikan hangat atau dingin tetap nikmat!

4

FrieslandCampina

Frisian Flag Low Fat

FrieslandCampina Frisian Flag Low Fat 1枚目

Bisa membantu meningkatkan massa otot, nutrisi tepat setelah berolahraga!

5

WRP

Low Fat Milk

WRP  Low Fat Milk 1枚目

Susu rasa camilan, bisa ganjal perut lebih lama

6

Greenfields

Skimmed Milk

Greenfields Skimmed Milk 1枚目

Skim milk segar yang teksturnya tidak seencer air

7

Nestle

Bear Brand Gold White Tea

Nestle Bear Brand Gold White Tea 1枚目

Jaga daya tahan tubuh saat traveling dengan rasa manis yang pas

8

Oatside

Oat Milk

Oatside Oat Milk 1枚目

Bebas laktosa dan lemak jenuh, susu rendah kalori yang viral

9

Diamond

Susu UHT Rendah Lemak Tinggi Kalsium

Diamond  Susu UHT Rendah Lemak Tinggi Kalsium 1枚目

Pilihan susu rendah lemak segar yang ekonomis untuk konsumsi sehari-hari

10

Ultrajaya Milk Industry

Ultra Milk Low Fat Source of Calcium

Ultrajaya Milk Industry Ultra Milk Low Fat Source of Calcium 1枚目

Kandungan kalsium dan lemak yang seimbang

Perincian produk
Close
No.1

NutrifoodTropicana Slim Low Fat Milk

Mulai dari Rp128.700,00

Susu low fat tinggi serat yang bantu turunkan kolesterol, pilihan rasanya kekinian

Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat memilih Tropicana Slim Low Fat Milk. Susu low fat Tropicana Slim sudah mengandung chicory, serat pangan larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol.


Selain varian Vanilla yang best seller, Tropicana Slim merilis dua varian rasa terbaru. Ada Macchiato yang cocok untuk penggemar kopi. Selain itu, ada Korean Strawberry yang viral! Selain rasanya enak, varian Korean Strawberry ini mendapat tambahan kandungan kolagen dan vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit. Susu low fat masih bisa enak dinikmati walaupun tanpa gula dan tetap menyehatkan, ya.

No.2

Fonterra Anlene Gold 5X

Mulai dari Rp35.600,00

Jaga kolesterol dan tekanan darah para lansia

Sekalipun sudah memasuki usia lanjut, Anda tetap harus rajin minum susu karena susu adalah sumber kalsium yang baik untuk mencegah osteoporosis. Nah, pilihan susu yang tepat untuk lansia adalah Anlene Gold Plus. Kini Anlene Gold Plus sudah mendapatkan formula terbaru dan berubah nama menjadi Anlene Gold 5X.


Susu ini memiliki nutrisi sangat lengkap yang dibutuhkan oleh orang lansia. Selain kandungan kalsiumnya tinggi, seratnya bantu jaga kadar kolesterol dan kaliumnya baik untuk jaga tekanan darah. Pada susu ini juga tidak ada penambahan gula sehingga baik untuk penderita diabetes.

No.3

Pilihan rasanya macam-macam, disajikan hangat atau dingin tetap nikmat!

Bagaimana jika segelas susu rendah lemak yang Anda minum memiliki rasa ketan hitam dan es teler yang manis? Rasanya seperti ngemil semangkuk dessert yang enak! HiLo Active punya berbagai pilihan rasa susu yang enak, tetapi tetap rendah lemak dan tinggi kalsium. Karena berbentuk bubuk, susu HiLo Active enak diminum saat hangat ataupun dingin.


Dari beberapa varian susu HiLo Active, kandungan lemak dari varian Caramel Latte, Multigrain, dan Ketan Hitam adalah yang paling rendah. Varian susunya juga mendapat tambahan magnesium dan glucosamine untuk menjaga kesehatan sendi. Kami merekomendasikannya untuk usia muda produktif!

No.4

FrieslandCampinaFrisian Flag Low Fat

Mulai dari Rp6.200,00

Bisa membantu meningkatkan massa otot, nutrisi tepat setelah berolahraga!

Frisian Flag Low Fat bisa dipilih untuk pilihan susu rendah lemak yang cocok untuk Anda yang aktif berolahraga. Susu ini memiliki kadar protein yang cukup tinggi untuk low fat milk, sekitar 7 g. Dengan begitu, susu ini bisa diminum harian untuk membantu mempertahankan dan meningkatkan massa otot. Pilihan rasanya juga banyak! Rasa susu cokelat pastinya enak diminum untuk post-workout.

No.5

Susu rasa camilan, bisa ganjal perut lebih lama

Ingin program penurunan berat badan sukses? Jangan lupa minumlah segelas susu WRP. Susu ini tidak hanya rendah lemak dan tinggi kalsium, tetapi juga menjadi sumber serat yang baik dan tinggi protein.


Serat akan membuat pencernaan lebih sehat dan proteinnya akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Varian susunya, baik Vanilla, Chocolate, maupun Chocolate Hazelnut, rasanya seperti camilan. Anda justru bisa menghindari hasrat ngemil. Diet pun berhasil!

No.6

Skim milk segar yang teksturnya tidak seencer air

Greenfields memiliki fresh milk varian skim milk. Susu ini bisa menjadi pilihan bagi pencinta susu sapi yang ingin mengurangi asupan lemak harian. Dengan begitu, asupan kalsium Anda tetap terjaga tanpa menambah lemak. Tekstur skim milk dari Greenfields tidak terlalu encer. Anda tetap bisa merasakan susu yang creamy dan gurih. 

No.7

NestleBear Brand Gold White Tea

Mulai dari Rp11.490,00

Jaga daya tahan tubuh saat traveling dengan rasa manis yang pas

Berbeda dengan susu kebanyakan, susu steril Bear Brand ini rasa manisnya pas. Susu yang diolah dengan daun teh putih pilihan ini menghasilkan tekstur yang lembut dan manisnya tidak terlalu legit. Selain rendah lemak, susu ini juga memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang tinggi. 


Kandungan vitamin akan membantu untuk menjaga kesehatan mata, saluran pencernaan, kulit, pernapasan, dan ketahanan tubuh. Bawalah selalu susu ini setiap bepergian. Jadi, daya tahan tubuh Anda tetap terjaga dan traveling jadi lebih menyenangkan.

No.8

Bebas laktosa dan lemak jenuh, susu rendah kalori yang viral

Oatside adalah susu yang viral akhir-akhir ini dan dipakai oleh banyak barista dan gerai minuman. Oatside adalah susu oat dengan rasa yang enak dan creamy. Karena merupakan susu nabati, susu ini cocok untuk penderita intoleransi laktosa.


Selain rendah lemak, susu oat ini juga rendah kalori, hanya sekitar 65–89 kkal per 100 ml! Kadar gulanya juga sangat rendah sehingga cocok sekali untuk Anda yang menjalani diet turun berat badan. Oatside menawarkan beberapa varian yang lezat diminum langsung ataupun dicampurkan ke dalam minuman. Varian Barista Blend adalah yang paling best seller.

No.9

Diamond Susu UHT Rendah Lemak Tinggi Kalsium

Mulai dari Rp4.900,00

Pilihan susu rendah lemak segar yang ekonomis untuk konsumsi sehari-hari

Susu rendah lemak Diamond diproduksi dari susu segar tanpa tambahan pengawet dan diproses secara UHT. Kandungan gizinya terjaga dan rasanya segar diminum kapan pun. Susu ini juga tinggi kalsium dan bisa menjadi pilihan yang nyaman untuk penderita asam lambung. Harganya pun tergolong paling ekonomis sehingga cocok untuk Anda yang rutin minum susu setiap hari.

No.10

Ultrajaya Milk IndustryUltra Milk Low Fat Source of Calcium

Mulai dari Rp7.000,00

Kandungan kalsium dan lemak yang seimbang

Aktivitas yang padat akan berjalan lancar jika didukung tulang yang kuat. Karena itu, jangan lupa meminum susu UHT low fat ini setiap akan beraktivitas. Porsi kalsium dan lemaknya seimbang sehingga kalsium mudah diserap tubuh dan dapat membantu memadatkan tulang. 


Susu ini tepat untuk Anda yang aktif dan menginginkan berat badan ideal. Rasanya manis dan mirip susu full cream menurut banyak review konsumennya.

Baca juga rekomendasi susu lainnya di sini

Mengonsumsi susu sangatlah disarankan, tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Beragam jenis susu beredar di pasaran. Ada susu untuk diet, susu untuk diabetes, ataupun susu peninggi badan. Kami telah mengulas semuanya di artikel berikut ini. Bacalah dan temukan susu terenak favorit Anda.

Kesimpulan

Lifestyle pola makan saat ini membuat konsumsi lemak harian Anda meningkat. Lemak bisa bersumber dari kue, yoghurt, steak, dan sebagainya. Jadi, saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan gaya hidup sehat Anda dengan beralih pada susu rendah lemak.


Semoga ulasan kami tadi tentang susu rendah lemak dapat bermanfaat. Sebelum membeli, pastikan untuk mengecek masa kedaluwarsa produk dahulu, ya. Yuk, awali kebiasaan hidup sehat dengan pilihan susu yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer