1. TOP
  2. >
  3. Program & aplikasi
  4. >
  5. Aplikasi
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Game RPG Terbaik untuk Android (Terbaru Tahun 2023)

Role-playing game atau RPG adalah game yang mengajak Anda berperan menjadi karakter di dalamnya. Cerita yang ditawarkan di dalam game RPG membuat permainan menjadi lebih seru. Ada banyak game RPG yang bagus untuk Android, dari yang ringan sampai yang menawarkan grafik memukau.


Kali ini kami akan berbagi informasi tips memilih game RPG terbaik di Android. Anda juga bisa menemukan rekomendasi game RPG Android terbaik yang dapat dimainkan secara online dan offline. Stardew ValleyPokémon Masters EX, dan Genshin Impact ada dalam daftar kami. Yuk, langsung saja simak artikelnya!

Diperbaharui 07-11-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Apa itu game RPG?

Apa itu game RPG?

Game RPG adalah salah satu genre yang paling banyak diminati. Anda akan menjadi tokoh utama dalam game RPG. Berikutnya, Anda harus mengikuti story line (jalan cerita) yang tersedia untuk menjalankan misi. Anda juga harus mengembangkan tokoh utama tersebut. Makin tinggi levelnya, makin tinggi pula skill yang dimiliki.


Kebanyakan game RPG memiliki fitur level, battle system, dan jalan cerita dengan pilihan (choice-based) yang mengharuskan karakternya bertualang. Namun, ada juga game RPG dengan latar desa ataupun kota sederhana. Pemain akan menjalani kehidupan sehari-hari untuk meraih tujuan tertentu, seperti bekerja mencari uang, bersosialisasi, hingga menikah.


Mayoritas game RPG di Android juga bersifat never ending. Setelah menyelesaikan quest atau misi di dalam game, Anda masih tetap dapat memainkan game tersebut. Meski begitu, ada juga game RPG yang bisa Anda tamatkan. Jika game RPG tersebut termasuk choice-based, Anda akan mendapatkan lebih dari satu ending cerita.

Cara memilih game RPG untuk Android

Di balik game RPG yang seru ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum mengunduhnya. Simak poin-poin berikut untuk mengetahui beberapa tipsnya.

① Kenali berbagai jenis game RPG

Pertama-tama, kenali terlebih dahulu jenis game RPG yang akan Anda pilih. Ada tiga jenis game RPG yang cukup banyak beredar di Google Play. Kami akan mengulasnya dalam poin berikut.

Single-player RPG: Bisa dimainkan seorang diri secara offline

Single-player RPG adalah jenis game yang akan banyak Anda temukan. Anda biasanya hanya berperan sebagai satu karakter saja di dalam jenis game RPG ini. Anda pun bisa bermain secara offline dan tak usah memusingkan partner dalam permainan.


Beberapa game jenis single-player RPG menyediakan tokoh pendamping (NPC atau non-playable character) yang ikut bermain bersama Anda. Contohnya, Pokémon Masters EX mengharuskan Anda untuk membuat tim (party). Peserta party ini terdiri dari para NPC yang sudah ada di dalam game dan tinggal Anda pilih.

MMORPG: Bermain bersama teman untuk mengalahkan lawan


Massively multiplayer online RPG atau MMORPG menjadi game yang sedang marak diminati. Anda dapat bermain dengan teman-teman dan harus terhubung secara online. Jadi, pastikan koneksi internet Anda dan teman-teman cukup baik, ya. Koneksi yang baik akan membantu Anda bermain dengan lancar.


MMORPG biasanya menawarkan battle yang seru. Tiap-tiap pemainnya perlu meningkatkan skill agar bisa melawan musuh dengan sukses. Dalam kata lain, Anda juga perlu bekerja sama untuk menyelesaikan misi. Beberapa contoh MMORPG adalah Toram Online dan Ragnarok X: Next Generation.

Action RPG: langsung beraksi bertarung melawan musuh

Peminat action RPG atau ARPG juga tidak sedikit. Seperti single-player RPG, game ini dimainkan bersama banyak tokoh pendamping yang akan membantu Anda dalam melawan musuh. Walaupun demikian, ARPG lebih berpusat pada melawan musuh secara real-time. Pemain dapat mengontrol secara penuh karakternya. 


Game RPG ini biasanya menggunakan sistem hack and slash atau shooter di dalamnya. Hal ini memungkinkan pemain untuk menyerang lawan secara langsung tanpa menunggu giliran. Beberapa contoh ARPG yang paling populer saat ini adalah Genshin Impact dan Honkai Impact 3rd.

② Perhatikan jalan cerita yang ditawarkan


Game RPG sudah pasti sepaket dengan jalan cerita. Kami akan menjelaskan beberapa jalan cerita yang bisa Anda temui di game RPG untuk Android. Disimak baik-baik, ya.


  • Fantasi adalah jalan cerita yang paling umum dalam game RPG. Rata-rata game RPG memberikan jalan cerita fantasi agar lebih menarik untuk dimainkan. Anda bisa menemukan makhluk-makhluk yang tak pernah nyata. Dalam jalan cerita ini Anda harus bertarung untuk mendapatkan kemenangan.

  • Slice of life menawarkan permainan yang lebih santai. Contoh game RPG dengan jalan cerita slice of life adalah Stardew Valley dan Citampi Stories. Permainannya lebih santai dan sering kali memiliki kisah yang heartwarming. Tidak ada menang atau kalah di dalam game RPG dengan jalan cerita ini.


  • Cerita berlatar belakang sejarah tergolong langka. Tak banyak game RPG yang menyajikan jalan cerita histori. Jalan cerita seperti ini dapat Anda temui di game The Banner Saga.

  • Game RPG dengan cerita yang berdasarkan dari serial populer juga ada. Game seperti ini bisa ditemukan di Pokémon Masters EX dan Sword Art Online: Integral Factor. Pada umumnya terdapat pengembangan karakter dan cerita di dalam game RPG ini.

③ Pilih game dengan grafik yang menarik


Bermain game sangat lekat dengan grafik. Kualitas grafik yang ditawarkan menjadi pendukung permainan tersebut. Makin bagus grafiknya, makin nyaman pula Anda bermain game tersebut. Grafik pada game RPG berbeda-beda, ada yang bergaya retro ala Nintendo era 90-an hingga 3D yang modern. Jadi, pilihlah grafik yang Anda sukai.


Grafik 3D memberikan pengalaman bermain yang lebih real. Namun, perhatikan juga kemampuan smartphone Anda agar kompatibel dengan game. Terkadang game dengan grafik 3D menghabiskan banyak daya dan membuat smartphone cepat panas.


Di sisi lain, grafik 2D lebih ringan untuk dimainkan. Anda bisa menemukan banyak game RPG di Android yang menggunakan grafik 2D. Modelnya beragam, seperti grafik 2D game RPG klasik dan juga grafik ala komik atau anime.

④ Ketahui gameplay dengan membaca ulasan game


Gameplay adalah cara memenuhi target di dalam sebuah game. Gameplay juga mencakup bagaimana meningkatkan level dan mengumpulkan item atau barang-barang yang dibutuhkan.


Berhubung RPG tergolong game yang cukup rumit, Anda sebaiknya membaca review dari gamer tentang game pilihan Anda. Periksalah apakah gameplay yang ditawarkan sulit atau mudah dimainkan.


Jika Anda sudah mengetahui gameplay dari game incaran, Anda akan mendapatkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan. Hal ini pun sangat penting saat Anda memilih game berbayar. Uang yang Anda keluarkan tak akan sia-sia jika Anda sudah mengetahui gameplay yang akan dimainkan.

10 Rekomendasi game RPG terbaik untuk Android

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh aplikasi game RPG terbaik untuk Android yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review pengguna. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di Google Play.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Level Infinite

Alchemy Stars

Level Infinite Alchemy Stars  1枚目

Turn-based RPG yang mengasah kemampuan berstrategi

2

Featherweight

Botworld Adventure

Featherweight Botworld Adventure 1枚目

Aplikasinya ringan, pas untuk dimainkan anak-anak

3

SQUARE ENIX

Trials of Mana

SQUARE ENIX Trials of Mana 1枚目

Ada fitur kilas balik, makin dekat dengan karakternya!

4

Asobimo

Toram Online

Asobimo Toram Online 1枚目

Grafik yang mantap memanjakan pecinta 3D

5

COGNOSPHERE

Genshin Impact

COGNOSPHERE Genshin Impact  1枚目

Menjelajah region Teyvat untuk mencari kembaran yang hilang

6

miHoYo

Honkai Impact 3

miHoYo Honkai Impact 3 1枚目

Bermain bersama karakter favorit dengan attack yang berbeda-beda

7

ConcernedApe

Stardew Valley

ConcernedApe Stardew Valley 1枚目

Game RPG Android offline dengan nuansa 90-an

8

Nuverse

Ragnarok X: Next Generation

Nuverse Ragnarok X: Next Generation 1枚目

Nostalgia game PC legendaris dalam versi Android

9

PEARL ABYSS

Black Desert Mobile

PEARL ABYSS Black Desert Mobile 1枚目

Karakter dapat disesuaikan dengan wajah asli Anda

10

DeNA

Pokémon Masters EX

DeNA Pokémon Masters EX 1枚目

Susun strategi untuk mengikuti turnamen Pokémon trainer bergengsi

Perincian produk
Close
No.1

Level InfiniteAlchemy Stars

Turn-based RPG yang mengasah kemampuan berstrategi

Kelebihan:

  • Mengasah kemampuan berstrategi karena hero kuat belum tentu menang
  • Sistem klasifikasi hero yang dinamis, strategi pemain menentukan kekuatan hero

Kekurangan: 

  • Membutuhkan spesifikasi smartphone yang tinggi agar game dapat berjalan dengan lancar 


Pada umumnya game RPG menawarkan gameplay melawan musuh secara langsung. Berbeda dari yang lain, Alchemy Stars menyajikan game aksi berbentuk turn-based RPG atau tactical RPG. Strategi yang terkuat akan memenangkan permainan. 


Dalam game ini ada banyak hero yang bisa digunakan. Anda dapat memilih panel dengan warna berbeda untuk menentukan skill hero yang akan diaktivasi. Jadi, strategi yang pintar sangat dibutuhkan. Bagi Anda yang mencari rekomendasi game RPG Android terbaik untuk mengasah kemampuan berstrategi, pilih Alchemy Stars.

No.2

FeatherweightBotworld Adventure

Aplikasinya ringan, pas untuk dimainkan anak-anak

Kelebihan: 

  • Tidak ada data tambahan yang harus diunduh
  • Karakter imut dan mudah disukai si kecil 
  • Cara bertarung ramah untuk anak-anak 

Kekurangan: 

  • Tidak mudah untuk upgrade robot karena komponen sulit didapatkan 

Jika Anda mencari game RPG Android ringan, pilihlah game ini. Size dari Botworld Adventure hanya 277 MB. Anda tidak perlu mengorbankan aplikasi lain untuk bisa memainkannya dengan lancar. 


Cara bermain game ini sangat unik. Anda dapat memilih zona favorit untuk dijelajahi. Game ini menggunakan cara bertarung di dalam arena yang berbentuk lingkaran. Karakter robotnya pun keren dan imut untuk si kecil. 

No.3

SQUARE ENIXTrials of Mana

Ada fitur kilas balik, makin dekat dengan karakternya!

Kelebihan:

  • Terdapat tingkatan kesulitan tambahan setelah menyelesaikan game

Kekurangan:

  • Tidak kompatibel untuk semua smartphone


Trials of Mana merupakan game RPG 16 bit yang diadaptasi menjadi game modern. Pemain akan memulai petualangan dengan memilih tiga dari enam karakter utama. Tiga karakter tersebut dapat melawan musuh dengan aerial attack combo. Tidak hanya itu, terdapat tiga ratus jenis keahlian yang bisa digunakan karakter pilihan Anda, lho!


Anda juga dapat melihat kilas balik karakter yang ada dalam tim. Jadi, Anda bisa mengenal lebih dalam karakter yang difavoritkan. Maka dari itu, pertimbangkan game ini jika Anda suka dengan cerita yang berfokus pada pendalaman karakter.

No.4

AsobimoToram Online

Grafik yang mantap memanjakan pecinta 3D

Kelebihan: 

  • Grafik 3D yang terlihat sangat nyata
  • Bisa mengubah warna senjata yang digunakan sesuka hati 

Kekurangan: 

  • Tidak bisa melakukan banyak hal karena dibatasi stamina 

Apa jadinya jika dunia terpecah belah dan terbagi menjadi empat fraksi yang saling bertentangan? Sebagai seorang petualang, Anda harus mencari tahu misteri di balik kisah empat fraksi tersebut. Namun, semuanya hanya terjadi di dalam Toram Online.


Game RPG Android yang sudah dirilis sejak 2015 ini sangat cocok apabila Anda menyukai tampilan 3D yang memukau. Menariknya lagi, Toram Online memiliki pemandangan yang bisa dilihat hingga 360°. Anda juga dapat berbincang dengan pemain lain.

No.5

COGNOSPHEREGenshin Impact

Menjelajah region Teyvat untuk mencari kembaran yang hilang

Kelebihan:

  • Keahlian karakter bisa dikustomisasi untuk mencapai performa yang tinggi
  • Grafik berkualitas tinggi yang sangat memukau
  • In-game event yang berlimpah sebagai selingan setiap update versi

Kekurangan:

  • Data tambahan game besar hingga mencapai 6 GB 
  • Kekuatan karakter lama akan menurun seiring bertambahnya versi baru
  • Sulit mendapatkan primogem yang banyak untuk karakter yang diinginkan


Genshin Impact patut dicoba Jika Anda mencari rekomendasi game RPG Android terbaik dengan grafik indah. Berlatar di Teyvat, game ini mengajak untuk mencari kembaran pemainnya yang hilang. Dalam perjalanan, Anda akan dibantu oleh berbagai karakter bergaya anime dan tujuh dewa yang dikenal sebagai archon. 


Dalam game ini setiap karakter memiliki Vision yang mengeluarkan elemen tertentu untuk melawan musuh. Anda juga dapat menyusun artefak untuk membuat karakter yang kuat. Bagi Anda yang suka bermain dengan teman, Anda bisa melakukannya di sini. Progres game akan makin mudah ketika bermain bersama-sama, bukan?

No.6

miHoYoHonkai Impact 3

Bermain bersama karakter favorit dengan attack yang berbeda-beda

Kelebihan: 

  • Animasi bertarung yang sangat keren 
  • Cara bermain karakter bisa berbeda-beda tergantung skin yang digunakan
  • Banyak reward sehingga mudah untuk mendapatkan karakter yang diinginkan

Kekurangan:
  • Masih sering ada bug dan lag dalam aplikasi

Apabila Anda menyukai karakter waifu anime, liriklah Honkai Impact 3. Di game ini Anda akan menjadi seorang kapten dalam misi menelusuri kebocoran energi Honkai dari luar angkasa. Ditemani tiga Valkyries, Anda akan diajak untuk membasmi makhluk yang terimbas energi Honkai. 


Permainan dalam game RPG Android online ini cukup dinamis karena adanya bermacam skin yang memengaruhi attack. Anda bisa menggunakan satu karakter dengan gerakan yang berbeda-beda. Tidak hanya bertarung, Anda juga dapat membuat rumah kecil untuk tempat tinggal Valkyries favorit!

No.7

ConcernedApeStardew Valley

Game RPG Android offline dengan nuansa 90-an

Kelebihan: 

  • Bisa membuat pekarangan rumah sesuai preferensi
  • Dapat dimainkan dengan controller atau joystick
  • Tidak memakan banyak kapasitas ponsel


Kekurangan: 

  • Ada beberapa bug dan glitch ketika bermain

Jika Anda sangat menyukai farming game, kami merekomendasikan Stardew Valley. Di game ini Anda ditugaskan untuk mengolah lahan pertanian milik keluarga. Jangan lupa juga untuk menjelajahi hutan dan bersosialisasi dengan warga Pelican Town.


Grafik Stardew Valley sangat klasik ala Nintendo era 90-an. Musik yang disuguhkan juga tak kalah klasiknya. Game RPG Android offline ini tentunya akan membangkitkan memori Anda yang besar di era 90-an.

No.8

NuverseRagnarok X: Next Generation

Nostalgia game PC legendaris dalam versi Android

Kelebihan: 

  • Banyak pertarungan yang mengasyikkan melawan musuh
  • Bisa bermain dan bersosialisasi dengan teman online
  • Mudah untuk dimainkan oleh pemula yang baru bermain game

Kekurangan: 

  • Terlalu banyak fitur dan update yang memberatkan ponsel
  • Sangat sulit untuk mengumpulkan item dalam game

Ragnarok Online atau RO sempat heboh pada era 2000-an. Banyak orang yang rela merogoh kocek dalam-dalam dan bergadang demi bermain RO di warnet. Kini Anda bisa bermain Ragnarok dengan bebas melalui smartphone. Game ini pas sekali jika Anda kangen bermain RO.


Ragnarok X: Next Generation membawa Anda bernostalgia dengan RO. Game RPG Android online ini dibuat dengan gameplay yang sederhana dan lengkap dengan mission board. Fitur yang baru adalah fitur auto-attack saat bertemu musuh.

No.9

PEARL ABYSSBlack Desert Mobile

Karakter dapat disesuaikan dengan wajah asli Anda

Kelebihan:

  • Dapat mendesain karakter yang unik sesuai dengan wajah pemain
  • Bisa memilih kelas yang disukai dan menjadi kuat di antara yang lain

Kekurangan:

  • Data tambahan dapat mengambil banyak kapasitas ponsel
  • Sistem upgrade gear hanya bisa digunakan untuk peralatan berbayar


Salah satu game PC yang terkenal kini telah hadir dalam Android. Black Desert Mobile merupakan versi Android dari Black Desert yang sangat populer. Game ini digemari karena fitur MMO yang berbeda dari MMORPG pada umumnya. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan bersama pemain dari 150 negara lainnya.


Tidak hanya itu, game ini memiliki fitur kustomisasi karakter yang sangat besar. Anda dapat membuat wajah Anda dalam bentuk virtual. Grafiknya juga tidak usah dipertanyakan lagi. Game RPG Android online ini cocok bagi yang ingin merasakan bermain menggunakan karakter pribadi. 

No.10

DeNAPokémon Masters EX

Susun strategi untuk mengikuti turnamen Pokémon trainer bergengsi

Kelebihan:

  • Bisa dimainkan secara otomatis
  • Banyak reward untuk mendapatkan karakter Pokémon kesukaan 
  • Ada batas stamina untuk membatasi permainan game berlebih

Kekurangan: 

  • Jalan cerita singkat dan update lama 
  • Cara bermain repetitif 

Apakah Anda mengikuti perkembangan cerita Pokémon? Jika iya, salah satu game RPG terbaik di Android ini wajib Anda mainkan. Sebagai trainer Pokémon, Anda akan dipasangkan dengan Pikachu. Berikutnya, Anda harus mencari rekan untuk bertarung secara 3-on-3.


Tujuan Anda adalah menyusun strategi untuk mendapatkan lima badge dengan memilih tim yang sepadan. Setelah memiliki lima badge, Anda bisa mengikuti Pokémon Master League di Pasio Island. Rasakan keseruan lainnya serta jalan cerita Pokémon yang original lewat Pokémon Masters EX.

Pertanyaan umum seputar game RPG

Pertanyaan umum seputar game RPG

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi aplikasinya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar game RPG. Jika Anda masih penasaran dengan game RPG, simak jawabannya di bawah ini!

Apa perbedaan MOBA dengan MMORPG?

Multiplayer online battle arena (MOBA) adalah permainan dengan lebih dari satu pemain. MOBA biasanya merupakan game pertandingan dalam arena. Berbeda dengan MMORPG yang masih memiliki jalan cerita, MOBA sama sekali tidak memilikinya.

Apa Mobile Legends termasuk RPG?

Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) tergolong dalam game MOBA action. Namun, Moonton selaku developer dan publisher juga merilis Mobile Legends: Adventure yang merupakan sekuel dari MLBB. Game ini tergolong genre RPG.

Genre game apa saja?

Ada setidaknya sepuluh genre mobile game yang bisa Anda temukan. Selain RPG, ada genre MOBA, action, adventure, simulation, strategy, sport, puzzle, board games, dan strategy. Di samping itu, masih ada banyak genre game lainnya yang dapat dicoba.

Baca juga rekomendasi aplikasi game lainnya di sini

Tak ada salahnya bermain game sejenak untuk melepas penat. Selain genre RPG, masih ada beberapa genre game lainnya yang menarik untuk dimainkan. Klik tautan di bawah ini untuk mengetahui berbagai genre game yang juga bisa mengisi waktu luang Anda!

Kesimpulan

Game RPG tergolong game yang cukup kompleks. Anda akan disuguhkan dengan jalan cerita dan gameplay yang menarik. Namun, grafiknya berbeda-beda. Preferensi grafik bahkan dapat menentukan kenikmatan bermain suatu game.


Tak hanya online, beberapa game RPG Android bisa dimainkan secara offline dan gratis. Jadi, Anda dapat bermain di mana saja dan kapan saja dengan bebas. Semoga ulasan dari kami ini bermanfaat untuk Anda. Selamat bermain game RPG Android terbaik!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer