• 10 Foundation Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Foundation Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Foundation Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Foundation Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Foundation Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Foundation Terbaik untuk Remaja - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)

Menjamurnya konten kecantikan dan beauty vloggers tanah air memicu keinginan remaja untuk menggunakan makeup. Salah satu kosmetik dasar bagi remaja pemula dalam ber-makeup adalah foundation. Sekarang banyak merek lokal yang memproduksi foundation yang bagus dan murah untuk remaja, seperti Emina, Wardah, dan Make Over.


Nah, kami akan memberikan tips memilih foundation terbaik untuk remaja. Ada pula rekomendasi foundation untuk remaja yang kulitnya berminyak dan berjerawat atau foundation yang tahan hingga 24 jam. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Mari simak sampai selesai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Dini Indriyani
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Makeup artist, Dini Indriyani

Profil pakar: Makeup artist, Dini Indriyani
Dini Indriyani
Makeup artist
Dini Indriyani

Sering disapa Teh Dini, makeup artist yang berfokus pada wedding makeup ini memulai perjalanan profesionalnya sejak 2011 di Bandung. Dini kemudian melanjutkan kariernya di Jakarta sejak 2013.


Meskipun memiliki spesialisasi di bidang airbrush makeup, Dini juga menguasai genre makeup yang lain. Karena itu, sejak 2016 Dini aktif memberikan workshop serta private class di berbagai kota. Dini juga pernah menjadi mentor di Sanggar Liza Beauty Course sampai tahun 2019.

Apakah remaja boleh menggunakan foundation?

Apakah remaja boleh menggunakan foundation?

Sebagian besar orang dewasa masih merasa remaja belum boleh memakai makeup, termasuk foundation. Di sisi lain, masa pubertas yang terjadi pada remaja biasanya menyebabkan sejumlah perubahan. Salah satu perubahannya adalah gejolak hormon yang tidak jarang memicu timbulnya jerawat.


Jerawat pada remaja adalah hal yang normal. Namun, tidak menutup kemungkinan jerawat tersebut membuat para remaja merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Menggunakan foundation dapat menjadi salah satu solusi untuk menyamarkan kekurangan di wajah remaja, termasuk jerawat


Usia remaja sekitar 13 tahun dapat menjadi awal bagi seseorang untuk mulai mengenal makeup. Tak terkecuali untuk menggunakan foundation. Tentunya, pilihlah foundation yang hasilnya natural dan memberikan hasil akhir dewy. 


Gunakan foundation yang ringan, sesuai kebutuhan, dan jangan digunakan setiap hari, ya. Selain itu, sebaiknya pembelian makeup bagi remaja tetap dalam pengawasan orang tua agar tidak salah pilih.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih foundation untuk remaja

Ada sejumlah poin penting yang perlu kamu perhatikan dalam memilih foundation untuk remaja. Simaklah tips memilih dari kami berikut ini agar kamu dapat menemukan produk terbaik!

Usahakan untuk memilih warna yang setingkat lebih terang daripada warna kulit

Usahakan untuk memilih warna yang setingkat lebih terang daripada warna kulit

Poin pertama dalam memilih foundation yang tepat adalah menyesuaikannya dengan warna kulit sendiri. Sebisa mungkin, pilihlah warna foundation yang satu tingkat lebih terang dari warna kulit asli. Pasalnya, beberapa saat setelah dipakai, sejumlah produk akan mengalami oksidasi yang menyebabkan warnanya menjadi lebih gelap. Hal tersebut bisa membuat wajah menjadi terlihat kusam.


Kamu juga perlu mengenal undertone kulit yang dimiliki dengan melihat warna pembuluh darah di pergelangan tangan. 


  • Jika pembuluh darahmu ungu atau kebiruan, kamu memiliki cool undertone. Kamu bisa memilih foundation berwarna gading atau ivory yang memiliki unsur warna sedikit kekuningan.
  • Bila warnanya kehijauan, berarti kamu memiliki warm undertone. Pertimbangkan foundation dengan rona emas atau kekuningan seperti warna honey dan gold.
  • Campuran nadi hijau dan biru artinya undertone-mu tergolong netral. Cobalah memilih foundation seperti caramel (untuk kulit terang) atau espresso (untuk kulit gelap). Jika foundation di kulit tampak ashy atau keabuan, itu tandanya warna yang dipilih kurang tepat.

Jika memungkinkan untuk mencoba produk secara langsung, sebaiknya kamu berada di tempat yang pencahayaannya natural. Hal ini berguna untuk menghindari pemilihan foundation yang terlalu gelap atau terang akibat pencahayaan lampu. Kamu bisa memoleskan foundation di bagian leher atau sekitar rahang demi menemukan warna yang pas. 

Pilih berdasarkan coverage-nya

Pilih berdasarkan coverage-nya

Coverage merupakan kemampuan foundation untuk menutupi atau meratakan warna kulit asli. Secara umum, coverage pada foundation terbagi ke dalam tiga kategori, yaitu sheer, medium, dan full coverage. Foundation yang memiliki coverage tinggi memiliki daya tutup yang lebih baik untuk menyamarkan ketidaksempurnaan kulit. 


Untuk remaja, foundation dengan sheer coverage yang natural dapat menjadi pilihan untuk sehari-hari. Foundation tipe ini tergolong ringan menyerupai kulit asli sehingga tidak akan membuat kamu terlihat berlebihan. Akan tetapi, kekurangan kulit jadi tidak bisa tersamarkan sepenuhnya. Sementara itu, foundation dengan medium coverage biasanya memiliki tekstur lebih kental dengan kemampuan lebih baik dalam menyamarkan noda.


Umumnya, foundation dalam kategori medium to full bersifat buildable. Artinya, pengguna bisa mengatur ketebalan yang diinginkan. Sementara itu, full coverage foundation dapat menutupi jerawat, bahkan tanpa bantuan concealer. Namun, foundation tipe ini tergolong bold sehingga sebaiknya tidak digunakan setiap hari, terutama bagi remaja.

Sesuaikan dengan tipe kulit

Pemilihan foundation yang sesuai dengan jenis kulit akan membuat tampilanmu makin menawan. Karena itu, simaklah ulasan berikut agar kamu mendapatkan gambaran terkait memilih foundation sesuai tipe kulit. 

Kulit berminyak dan rentan berjerawat: Pilih foundation dengan oil control

Kulit berminyak dan rentan berjerawat: Pilih foundation dengan oil control

Sebagian besar remaja memiliki kulit berminyak akibat perubahan hormon. Jika kulitmu juga berminyak, kamu patut mempertimbangkan foundation dengan klaim oil control. Bahan-bahan seperti salicylic acid dan Centella asiatica direkomendasikan karena dapat membantu mengurangi sebum di kulit. Pertimbangkan pula produk berlabel non-comedogenic untuk mengurangi risiko penyumbatan pori-pori penyebab jerawat.


Selain itu, pilihlah foundation dengan hasil akhir matte untuk mengurangi tampilan berminyak di wajah. Kamu juga bisa mempertimbangkan foundation dengan klaim waterproof. Dengan begitu, riasan akan lebih tahan lama karena tidak luntur saat terkena keringat dan sebum. 

Kulit kering dan kusam: Pilih foundation yang melembapkan dan mencerahkan

Kulit kering dan kusam: Pilih foundation yang melembapkan dan mencerahkan

Jika kulitmu termasuk kering, usahakan untuk memilih foundation bertekstur cair. Dengan begitu, foundation akan lebih mudah menempel dan terasa lembap di kulit. Selain itu, pastikan foundation pilihanmu mengandung pelembap, seperti berbagai vegan oil, glycerin, dan squalane.


Bila kamu bermasalah dengan kulit kusam cobalah memilih foundation yang dapat mencerahkan. Umumnya, foundation dengan klaim mencerahkan mengandung pearl extract atau vitamin C. Di sisi lain, untuk mengurangi risiko kulit kusam akibat paparan sinar matahari, pertimbangkanlah foundation dengan SPF dan PA.


Satu hal yang sangat penting adalah mempersiapkan kulit sebelum penggunaan makeup. Jangan lewatkan step pemakaian skincare rutin kamu, khususnya serum yang kaya akan pelembap. Kulit yang moist akan lebih siap dan maksimal untuk di-makeup.

Kulit sensitif: Pilih foundation yang lembut dan minim zat aditif

Kulit sensitif: Pilih foundation yang lembut dan minim zat aditif

Memilih foundation untuk kulit sensitif memang cukup tricky. Jika salah memilih produk, kulitmu bisa mengalami reaksi negatif seperti gatal atau iritasi. Karena itu, kamu sebaiknya memilih foundation dengan formula yang ringan dan lembut. 


Hindari pemilihan foundation yang banyak mengandung wewangian atau zat aditif, misalnya paraben dan benzil benzoat. Kamu bisa mencoba mineral foundation yang sering diklaim ramah bagi kulit sensitif. Bila kamu masih ragu, cobalah untuk berkonsultasi ke dokter kulit terlebih dahulu. 

Pertimbangkan produk lokal sebagai opsi yang ekonomis dan berkualitas

Mayoritas usia remaja masih tergolong pemula dalam ber-makeup. Karena itu, ada baiknya jika kamu memulai dari produk yang harganya terjangkau terlebih dahulu. Selain lebih hemat, kamu tidak akan terlalu rugi bila produk yang digunakan tidak cocok di kulit.


Kini sudah banyak merek lokal yang menawarkan foundation berkualitas dengan harga yang ramah di kantong remaja. Kamu dapat menyesuaikan produk yang akan dipilih dengan bujetmu, mulai dari yang ribuan hingga ratusan ribu. Terlebih lagi, foundation dari merek lokal biasanya memiliki rentang warna yang telah disesuaikan bagi masyarakat Indonesia. 


Selain itu, sejumlah merek lokal memiliki karakteristiknya tersendiri yang menargetkan pengguna tertentu. Sebagai contoh, merek Wardah dikenal mengusung produk kosmetik halal. Ada pula Emina yang hadir dalam produk bertema girly dan affordable sehingga cocok untuk remaja. 

10 Rekomendasi foundation remaja terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk foundation terbaik untuk remaja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Dini Indriyani.

10
Tipe foundationLiquid
ShadeNatural, Kuning Pengantin, Ochre, Mangir, Kuning Langsat
CoverageSheer to medium
Hasil akhirTidak disebutkan
9

Gloria Origita CosmeticsPurbasari Alas Bedak Daily Series

Mulai dari Rp 11.500,00

Tipe foundationLiquid
ShadeNatural, Kuning Langsat, Kuning Gading, Sawo Matang
CoverageSheer
Hasil akhirSemi-matte
8

Madame GieBB Femme Foundation Liquid

Mulai dari Rp 30.000,00

Tipe foundationLiquid
ShadeVelour, Denude, Nude
CoverageMedium to full
Hasil akhirMatte
7

MandomPIXY UV Whitening Concealing Base

Mulai dari Rp 39.000,00

Tipe foundationStick
ShadeNatural Beige, Sand Beige, Creme Beige, Caramel Beige
CoverageMedium to full
Hasil akhirMatte
6

By Lizzie ParraBLP x AVOSKIN Multipurpose Tinted Sunscreen

Mulai dari Rp 189.000,00

Tipe foundationLiquid
ShadeSand, Medium, Beige, Light, Honey
CoverageSheer
Hasil akhirNatural
5
Tipe foundationLiquid
Shade16 warna
CoverageFull
Hasil akhirMatte
4
Tipe foundationLiquid
Shade01 Ochre, 02 Pink Shade, 03 Nude Silk, 04 Amber Rose, 05 Velvet Nude, 06 Beige Blast, 07 Caramel, 08 Pearl, 09 Creme Rose
CoverageMedium (natural)
Hasil akhirMatte
3

Wardah Lightening Liquid Foundation

Mulai dari Rp 49.000,00

Tipe foundationLiquid
ShadeLight Beige, Beige, Ivory, Natural
CoverageMedium (natural)
Hasil akhirMatte
2

Garland Cantik IndonesiaDear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation

Mulai dari Rp 179.000,00

Tipe foundationLiquid
ShadeNude Caramel, Golden Caramel, Creme Caramel, Golden Porcelain, Golden Sand, Golden Beige, Golden Ivory, Nude Sand, Nude Beige, Nude Ivory, Creme Sand, Creme Ivory, Creme Beige
CoverageMedium to full
Hasil akhirSemi-matte
1

EminaBare with Me Mineral Mild Foundation

Mulai dari Rp 79.000,00

Tipe foundationLiquid
ShadeMocca, Caramel, Natural, Light
CoverageSheer to medium
Hasil akhirSemi-matte

Tabel perbandingan produk foundation remaja terbaik

Gambar produk
1
Emina Bare with Me Mineral Mild Foundation 1

Emina

2
Garland Cantik Indonesia Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation 1

Garland Cantik Indonesia

3
Wardah  Lightening Liquid Foundation 1

Wardah

4
Make Over Ultra Cover Liquid Matt Foundation 1

Make Over

5
Maybelline Fit Me! Matte + Poreless 1

Maybelline

6
By Lizzie Parra BLP x AVOSKIN Multipurpose Tinted Sunscreen 1

By Lizzie Parra

7
Mandom PIXY UV Whitening Concealing Base 1

Mandom

8
Madame Gie BB Femme Foundation Liquid 1

Madame Gie

9
Gloria Origita Cosmetics Purbasari Alas Bedak Daily Series 1

Gloria Origita Cosmetics

10
Viva Cosmetic Liquid Foundation 1

Viva Cosmetic

Nama produk

Bare with Me Mineral Mild Foundation

Dear Me Beauty Airy Poreless Fluid Foundation

Lightening Liquid Foundation

Ultra Cover Liquid Matt Foundation

Fit Me! Matte + Poreless

BLP x AVOSKIN Multipurpose Tinted Sunscreen

PIXY UV Whitening Concealing Base

BB Femme Foundation Liquid

Purbasari Alas Bedak Daily Series

Liquid Foundation

Keunggulan

Lembut dan ringan, nyaman digunakan sehari-hari

Formula ringan dan non-comedogenic, bebas cakey!

Kulit lebih cerah dan halus tanpa kilap

Buildable sehingga kamu lebih leluasa mengatur ketebalan foundation

Diklaim tahan hingga 24 jam, tidak perlu retouch seharian!

Tampak natural dengan perpaduan sunscreen dan foundation

2-in-1, foundation sekaligus concealer

Bantu tutupi noda di wajah dengan optimal

Kandungannya bantu lindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

Harganya sangat bersahabat di kantong remaja

Harga mulai dariRp 79.000,00Rp 179.000,00Rp 49.000,00Rp 149.000,00Rp 75.000,00Rp 189.000,00Rp 39.000,00Rp 30.000,00Rp 11.500,00Rp 6.300,00
Tipe foundationLiquidLiquidLiquidLiquidLiquidLiquidStickLiquidLiquidLiquid
ShadeMocca, Caramel, Natural, LightNude Caramel, Golden Caramel, Creme Caramel, Golden Porcelain, Golden Sand, Golden Beige, Golden Ivory, Nude Sand, Nude Beige, Nude Ivory, Creme Sand, Creme Ivory, Creme BeigeLight Beige, Beige, Ivory, Natural01 Ochre, 02 Pink Shade, 03 Nude Silk, 04 Amber Rose, 05 Velvet Nude, 06 Beige Blast, 07 Caramel, 08 Pearl, 09 Creme Rose16 warnaSand, Medium, Beige, Light, HoneyNatural Beige, Sand Beige, Creme Beige, Caramel BeigeVelour, Denude, NudeNatural, Kuning Langsat, Kuning Gading, Sawo MatangNatural, Kuning Pengantin, Ochre, Mangir, Kuning Langsat
CoverageSheer to mediumMedium to fullMedium (natural)Medium (natural)FullSheerMedium to fullMedium to fullSheerSheer to medium
Hasil akhirSemi-matteSemi-matteMatteMatteMatteNaturalMatteMatteSemi-matteTidak disebutkan
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar foundation untuk remaja

Selain tips memilih, kami juga telah merangkum beragam pertanyaan seputar foundation. Apakah pertanyaan ini juga ada dalam benakmu? Yuk, simak jawabannya.

Apakah benar foundation akan menambah jerawat pada wajah remaja?

Bila digunakan setiap hari, penggunaan foundation bisa memperparah jerawat. Akan tetapi, jerawat bukan halangan bagi kamu untuk tampil flawless. Gunakan foundation sesekali dan dalam jangka waktu yang pendek saja. Dengan begitu, foundation tidak mempengaruhi jerawat kamu.

Apa beda foundation dan concealer? Mana yang lebih efektif menutupi

Foundation dan concealer sekilas tampak sama, tetapi sejatinya berbeda. Dua makeup base ini memiliki fungsi saling melengkapi. Concealer digunakan untuk meng-cover warna jerawat yang meradang dan bekasnya. Sementara foundation bisa ditambahkan di atas concealer untuk meng-cover teksturnya.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk menunjang penampilan remaja di sini

Produk kecantikan untuk remaja tidak hanya sebatas foundation saja, tetapi ada lipstik, blush on, dan lainnya. Remaja pria pun membutuhkan produk khusus untuk menunjang penampilannya, misalnya parfum. Nah, kamu dapat menemukan tips memilih produk-produk tersebut melalui artikel kami. Setiap artikel tentu telah diperkaya dengan rekomendasi produk beserta ulasannya. Langsung saja klik tautan di bawah ini, ya.

Kesimpulan

Bagaimana pembahasan kami tentang foundation untuk remaja kali ini? Pada masa puber, banyak remaja ingin tampil lebih menarik dari biasanya dengan menggunakan kosmetik. Salah satu kosmetik dasar yang dapat dipilih adalah foundation.


Sebelum kamu membeli suatu produk foundation, pastikan kamu telah mengecek warna, coverage, tipe kulit, dan harganya. Hal penting lainnya, jangan lupa untuk melakukan double cleansing setelah beraktivitas agar kulit bersih dari sisa foundation, ya. Selamat mencoba!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Cushion Lokal Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belakangan ini, popularitas cushion makin menanjak di kalangan pengguna makeup. Merek lokal pun tak ingin ketinggalan tren dengan turut memproduksi cushion yang bagus. Selain berkualitas internasional, cushion lokal juga disesuaikan dengan jenis kulit dan warna kulit orang Indonesia. Ada cushion untuk kulit berminyak, kulit kering, dan kulit sensitif.Kami akan memberikan tips untuk memilih cushion lokal beserta sepuluh rekomendasi produk terbaiknya. Anda akan menemukan produk dari Pixy Cosmetics, Somethinc, dan Make Over. Tentu semua produk rekomendasi sudah mengantongi izin BPOM sehingga pasti aman digunakan. Simak artikel ini sampai habis, ya!
    Makeup wajah
  • 10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Cushion Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki kulit wajah yang tampak segar sepanjang hari akan sulit dicapai jika kulit berminyak dan berjerawat. Untuk mengatasinya, Anda perlu berhati-hati memilih kosmetik, termasuk dalam memilih cushion. Pastikan Anda memilih cushion yang diformulasi khusus untuk kulit berminyak.Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi produk cushion yang bagus untuk kulit berminyak. Kami juga akan mengulas cushion dari berbagai merek, seperti Make Over, Maybelline, Laneige, atau Wardah. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan cushion terbaik untuk Anda dan nikmati tampilan flawless setiap harinya! 
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Tabur Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Loose powder atau bedak tabur dapat digunakan untuk menyempurnakan riasan Anda. Wajah akan tampak glowing dan makeup pun lebih tahan lama. Bedak tabur juga bisa mengontrol sebum pada kulit berminyak. Namun, banyaknya produk bedak tabur yang beredar mungkin akan membingungkan Anda. Di artikel ini, Anda akan menemukan tips memilih beserta rekomendasi produk bedak tabur yang bagus. Di dalamnya terdapat sepuluh merek bedak tabur terbaik, seperti Wardah, Emina, Make Over, dan Marcks. Artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Teh Dini. Yuk, temukan bedak tabur yang tepat untuk tampil flawless!
    Makeup wajah
  • 10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bedak Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda memiliki tipe kulit berminyak? Jika iya, Anda harus jeli dalam memilih produk makeup, termasuk bedak. Bedak yang salah akan membuat wajah makin berminyak sehingga rentan menimbulkan beruntusan, komedo, dan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak?Anda akan menemukan jawabannya dalam artikel ini. Di artikel ini, kami memaparkan cara memilih bedak yang bagus. Kami juga memberikan rekomendasi merek bedak terbaik untuk kulit berminyak yang bisa digunakan usia remaja hingga dewasa. Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • 10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Setting Spray Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah makeup Anda cepat luntur? Jika ya, Anda wajib tahu tentang setting spray. Setting spray berguna untuk mencegah lunturnya makeup karena keringat ataupun minyak di wajah. Saat ini sudah tersedia berbagai setting spray untuk berbagai jenis kulit, seperti kulit berminyak, berjerawat, kombinasi, dan kering.Di artikel ini Anda akan menemukan berbagai rekomendasi setting spray dari merk yang bagus, seperti PIXY, Wardah, dan Studio Tropik. Baca juga tips memilih tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Yuk, temukan setting spray terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan tipe kulit Anda di sini!
    Makeup wajah
  • 10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    10 Makeup Primer Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)
    Sayang sekali jika Anda menggunakan makeup tanpa melengkapinya dengan primer. Primer makeup adalah salah satu produk kecantikan yang dapat membuat makeup lebih tahan lama. Selain itu, primer juga dapat membuat kulit Anda tampak lebih halus sehingga makeup akan terlihat lebih menyatu.Supaya Anda bisa mendapatkan primer yang bagus, kami akan membahasnya secara detail di artikel ini. Anda pun dapat membaca tips tambahan dari beauty content creator, Citta Farenty. Temukan juga rekomendasi primer terbaik dari berbagai merek, seperti Pixy, Maybelline, Heimish, dan lainnya. Langsung saja, ya!
    Makeup wajah
  • 9 Primer Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    9 Primer Terbaik untuk Kulit Berminyak - Ditinjau oleh Beauty Blogger (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit berminyak kerap mengalami wajah yang lengket dan berkilau. Tidak jarang kulit juga terlihat kusam dan berpori besar. Makeup pun mudah luntur meski terlihat sempurna pada pagi hari. Untuk mengatasinya, Anda butuh makeup primer khusus untuk kulit berminyak.Banyak primer yang bagus yang beredar di pasaran, seperti dari merek Luxcrime, Maybelline, dan Make Over. Namun, mungkin Anda sedikit bingung untuk memilih produk yang tepat. Apakah Anda penasaran produk primer mana yang terbaik? Baca ulasan dan rekomendasi kami di sini! Artikel ini sudah ditinjau oleh beauty blogger kami, Cut Auzola.
    Makeup wajah
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori