1. TOP
  2. >
  3. Hobi
  4. >
  5. Film
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Film Psikopat Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Ternyata ketika menonton film yang menakutkan, otak kita merilis dopamine yang justru membuat kita senang. Hal tersebut diduga sebagai alasan manusia menyukai film psikopat. Tidak heran jika dari waktu ke waktu berbagai rumah produksi berusaha menghadirkan film psikopat terbaik.

Selain film Hollywood, Anda bisa menikmati film psikopat Korea ataupun film psikopat Indonesia. Beberapa judul film psikopat sadis yang menarik untuk ditonton adalah Shutter IslandOrphan, dan Memoir of A Murderer. Untuk menemukan film psikopat yang bagus, baik film terbaru maupun yang legend, simak tips memilih dan rekomendasinya di sini!

Diperbaharui 11-28-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk dan layanan dalam artikel ini dipilih dan diurutkan secara mandiri oleh Tim Editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber. (Diperbaharui pada 13 Januari 2023)

Cara memilih film psikopat

Film psikopat menampilkan tokoh yang cenderung melakukan tindak kekerasan serta kesulitan merasakan empati. Adapun genre dari film tersebut cukup bervariasi, begitu juga asal negaranya. Untuk memudahkan Anda menentukan film psikopat yang menarik ditonton, silakan pertimbangkan tips memilih berikut ini.

① Cari genre yang menarik bagi Anda

Sebuah film yang menampilkan tokoh psikopat dapat mempunyai genre horor, thriller, slasher, dan gore. Mari kenali karakteristik tiap-tiap genre tersebut sebelum Anda memutuskan film yang akan ditonton.

Horor, didesain untuk membangkitkan rasa takut

Horor, didesain untuk membangkitkan rasa takut

Horor adalah genre yang ditujukan untuk menakut-nakuti dan mengejutkan penonton. Biasanya rasa takut ditimbulkan oleh gambar atau situasi tertentu. Jadi, cerita dan karakter sama pentingnya dengan suasana menyeramkan yang dibangun.


Kebanyakan film horor menghadirkan rasa takut melalui unsur mistik seperti arwah gentayangan, sihir, dan pemujaan atau cult. Apabila Anda senang dibuat terkejut dengan alur atau peristiwa yang tidak terduga, pilihlah film psikopat bergenre horor.

Thriller, terasa sangat menegangkan

Thriller, terasa sangat menegangkan

Genre thriller memiliki irisan yang dekat sekali dengan horor. Ciri utama dari genre thriller adalah membuat penonton merasa tegang, waswas, atau cemas. Dalam genre thriller, umumnya penonton sudah mengetahui tokoh antagonis, tetapi belum mengetahui nasib akhir tokoh protagonis. Kekhawatiran akan nasib tokoh protagonis inilah yang sering kali menciptakan ketegangan.


Jika Anda sanggup bertahan dengan rasa tegang sepanjang film, genre thriller mungkin tepat untuk Anda. Shutter Island dan Zodiac merupakan film psikopat yang cukup populer dari genre ini. Selain itu, ada pula film psikopat yang bergenre kombinasi thriller dan horor atau drama dan thriller, seperti Hannibal.

Slasher dan gore, menampilkan adegan sadis

Slasher dan gore, menampilkan adegan sadis

Secara sederhana, genre slasher merupakan film yang mengisahkan seorang psikopat mengintai serta membunuh korbannya dengan sadis. Beberapa film psikopat legendaris dari genre ini, contohnya Hush.


Sementara itu, genre gore banyak mengandung adegan kekerasan yang menampilkan penyiksaan serta efek darah di dalamnya. Karena kengerian yang diciptakan, genre yang satu ini memang tidak untuk semua orang. Jadi, kedua genre ini sebaiknya hanya dipilih oleh Anda yang sanggup melihat adegan penyiksaan secara eksplisit.

② Pilih berdasarkan asal negaranya

Hollywood mungkin cukup populer dengan karya film psikopat, tetapi Indonesia dan Korea pun sebetulnya memiliki karya serupa. Bahkan, film psikopat Indonesia dan film psikopat Korea tidak kalah menarik dibandingkan Hollywood. Sebelum menjatuhkan pilihan, Anda dapat mencermati keunggulan film dari masing-masing negara tersebut. 

Film Indonesia, terkesan lebih nyata

Film Indonesia, terkesan lebih nyata
Sumber: netflix.com

Apakah Anda pernah merasa menonton film yang berkisah tentang kuntilanak terasa lebih seram daripada drakula? Hal tersebut kemungkinan karena Anda lebih related dengan cerita dalam film sehingga terkesan lebih nyata. Perasaan serupa juga dapat muncul ketika Anda menonton film psikopat Indonesia.


Psikopat memang bukanlah tokoh yang sering diangkat ke dalam film Indonesia. Akan tetapi, ada film psikopat Indonesia yang menyabet cukup banyak penghargaan, misalnya Rumah Dara dan Pintu Terlarang. Rumah Dara merupakan film besutan Timo Tjahjanto dengan rekannya, Kimo Stamboel. Sementara itu, Pintu Terlarang adalah salah satu dari sekian karya populer dari Joko Anwar.

Film Hollywood, penggarapannya terkenal apik

Film Hollywood, penggarapannya terkenal apik
Sumber: netflix.com

Penggarapan film psikopat Hollywood dikenal apik sebab filmmaker terkesan tidak takut menampilkan karakter terburuk manusia. Saat menontonnya, kita terkadang bergidik ngeri menyaksikan hal yang mampu dilakukan manusia kepada manusia lainnya. Segala kekejaman dan kekerasan seolah direkam secara detail serta eksplisit dalam film Hollywood.


Tidak sedikit juga film psikopat Hollywood yang diangkat dari kisah nyata. Tentunya level ketegangan serta ketakutan yang tercipta meningkat berkali-kali lipat bila film dibuat berdasarkan cerita sebenarnya.


Film Zodiac karya David Fincher termasuk salah satu yang terinspirasi dari kejadian nyata kasus Zodiac Killer. Sinema tersebut banyak menampilkan perburuan pelaku pembunuh berantai sebab kasusnya belum terpecahkan saat filmnya dibuat.

Film Korea, bintang baru dalam dunia perfilman

Bukan rahasia lagi bahwa industri film Korea tengah naik daun beberapa waktu belakangan ini, terutama dalam genre drama. Namun, setelah film Parasite berhasil memenangkan piala Oscar, genre thriller Korea pun turut menggeliat. Kini Anda bisa memilih film psikopat Korea yang kualitasnya tidak kalah dari Hollywood.


Sebut saja Memories of Murder karya Bong Joon-ho yang juga menyutradarai Parasite. Film yang mengambil setting waktu pada 1986 ini menceritakan kasus kekerasan seksual serta pembunuhan. Kedua detektif sebagai tokoh utama dalam film tersebut berupaya keras menangkap sang pelaku. Ulasan film psikopat Korea tersebut sangatlah positif, tetapi sayang film ini belum tersedia di situs menonton streaming.

③ Periksa rating serta review untuk film tersebut

Periksa rating serta review untuk film tersebut

Usai memeriksa genre dan memilah asal negaranya, pastikan Anda juga mengecek rating serta review untuk film pilihan. Anda dapat mengandalkan situs Rotten Tomatoes dan Internet Movie Database (IMDb) untuk mengetahui ulasan serta peringkat film.


  • Sebagai informasi, tidak mudah bagi sebuah film mendapatkan rating di atas 8/10 di IMDb. Karena itu, film dengan rating kurang dari 8 bukan berarti tidak bagus.
  • Di sisi lain, kritik pedas cukup banyak ditemukan di situs Rotten Tomatoes.


Untuk menambah bahan pertimbangan, sebaiknya Anda juga membaca sinopsis dari film yang akan ditonton. Jika terasa menarik, langsung saja tonton filmnya. Jangan lupa periksa durasinya untuk memastikan Anda dapat menonton film sampai selesai tanpa terganggu aktivitas lain.

10 Rekomendasi film psikopat terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh film psikopat terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan rating dan review penonton. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di IMDb.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Phoenix Pictures, Sikelia Productions, Appian Way Productions

Shutter Island

Phoenix Pictures, Sikelia Productions, Appian Way Productions Shutter Island 1枚目

Siapkan diri Anda untuk akhir cerita yang tidak terduga!

2

Phoenix Pictures

Split

Phoenix Pictures Split 1枚目

Diangkat dari kisah nyata kasus pembunuhan berantai yang sulit terpecahkan

3

Showbox

Memoir of A Murderer

Showbox  Memoir of A Murderer 1枚目

Meski terhapus dari memori, masa lalu selalu punya cara untuk kembali

4

Yong Film

The Call

Yong Film  The Call 1枚目

Sambungan telepon misterius yang melahirkan serial killer

5

Dark Castle Entertainment, Appian Way Productions, Studio Babelberg Motion Pictures, StudioCanal

Orphan

Dark Castle Entertainment, Appian Way Productions, Studio Babelberg Motion Pictures, StudioCanal Orphan  1枚目

Di balik wajah lugunya, tersimpan rahasia gelap

6

LifeLike Pictures

Pintu Terlarang

LifeLike Pictures  Pintu Terlarang  1枚目

Antara patung yang terkesan hidup dan misteri pesan permintaan tolong

7

Universal Pictures, Dino De Laurentiis Company, Scott Free Productions

Hannibal

Universal Pictures, Dino De Laurentiis Company, Scott Free Productions Hannibal 1枚目

Kisah psikopat legendaris yang paling sulit ditangkap polisi

8

Blumhouse Production, Intrepid Pictures

Hush

Blumhouse Production, Intrepid Pictures Hush  1枚目

Keheningan bisa membunuh Anda, waspadalah!

9

Nostromo Pictures

The Occupant

Nostromo Pictures The Occupant 1枚目

Mantan eksekutif beralih pekerjaan menjadi stalker dan psikopat

10

Peppermint & Company CJ ENM

Midnight

Peppermint & Company CJ ENM Midnight 1枚目

Film psikopat Korea terpopuler 2021, permainan petak umpet maut dengan psikopat

Perincian produk
Close
No.1

Phoenix Pictures, Sikelia Productions, Appian Way ProductionsShutter Island

Siapkan diri Anda untuk akhir cerita yang tidak terduga!

Psycopath movie yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio ini bercerita tentang seorang detektif yang ditugaskan ke sebuah pulau. Ia harus memecahkan misteri di pulau yang menjadi penampungan orang dengan gangguan jiwa tersebut.


Misteri tersebut pada akhirnya perlahan-lahan terungkap. Namun, misteri tersebut begitu mencengangkan sampai sang detektif mempertanyakan ingatan serta kesadarannya sendiri. Apakah misteri yang ada di pulau tersebut? Saksikan langsung filmnya dan bersiaplah menghadapi plot twist yang tidak terduga!

No.2

Phoenix PicturesSplit

Diangkat dari kisah nyata kasus pembunuhan berantai yang sulit terpecahkan

Jika Anda lebih menyukai film yang diangkat dari kisah nyata, jangan lewatkan film ini. Film ini mengangkat kisah pembunuhan berantai Zodiac Killer yang mengerikan dan nyata terjadi pada 1968 dan 1983.


Pada setiap aksinya, Zodiac Killer selalu meninggalkan kode-kode misterius tentang aksi pembunuhan selanjutnya. Anda akan menyaksikan perjuangan Robert dan Paul yang berusaha memecahkan teka-teki tersebut untuk mencegah pembunuhan berikutnya.

No.3

Showbox Memoir of A Murderer

Meski terhapus dari memori, masa lalu selalu punya cara untuk kembali

Berusaha lari dari masa lalu yang berlumur darah, Byung-su berupaya hidup normal bersama putri kesayangannya. Sebagai mantan pembunuh berantai, Byung-su bisa mengendus hal yang tidak beres dengan mudah. Wajar saja jika ia segera menyadari bahwa kekasih putrinya adalah seorang psikopat.


Walaupun begitu, kini ia hanya pria tua yang hidup dengan penyakit alzheimer. Penyakit tersebut menggerogoti memorinya sedikit demi sedikit sehingga ia harus menuangkan ingatan yang tersisa ke dalam tulisan. Bagaimana seorang ayah melindungi buah hati dari kekasih yang psikopat? Cari tahu akhir ceritanya dalam Memoir of A Murderer.

No.4

Yong Film The Call

Sambungan telepon misterius yang melahirkan serial killer

Siapa sangka sebuah telepon tidak hanya bisa menghubungkan dua orang yang berbeda tempat, tetapi juga dimensi waktu. Secara misterius, Seo-yeon terhubung dengan Young-sook yang hidup 20 tahun sebelumnya. Mereka bekerja sama untuk mengubah jalan hidup mereka. Berbekal informasi dari Seo-yeon di masa depan, Young-sook berupaya mencegah hal-hal buruk.


Hidup Seo-yeon berubah lebih baik, sedangkan Young-sook tetap menderita dalam bentuk yang berbeda. Kemarahan menggiring Young-sook menuju sisi paling gelap di dalam dirinya. Ketika perlahan-lahan muncul kasus pembunuhan, Seo-yeon tahu pelakunya adalah Young-sook. Bagaimana akhir nasib keduanya?

No.5

Dark Castle Entertainment, Appian Way Productions, Studio Babelberg Motion Pictures, StudioCanalOrphan

Di balik wajah lugunya, tersimpan rahasia gelap

Pada September 2022 film Orphan: First Kill sempat trending di jagat maya. Sebelum menonton film tersebut, ada baiknya Anda menonton film pendahulunya. Orphan berkisah tentang seorang anak yatim piatu bernama Esther yang diadopsi oleh sepasang suami istri. Sayangnya, sepasang suami istri tersebut tidak menyadari rahasia kelam di dalam diri Esther.


Selama ini ada semacam kesepakatan tidak tertulis di tengah masyarakat yang menganggap anak kecil innocent. Untuk Anda yang tertarik dengan twisted fact di balik wajah lugu anak-anak, saksikanlah film ini.

No.6

LifeLike Pictures Pintu Terlarang

Antara patung yang terkesan hidup dan misteri pesan permintaan tolong

Kadang Anda menemukan karya-karya seni seperti patung atau lukisan yang terkesan hidup. Saat menemukannya, pernahkah Anda bertanya tentang proses kreatif di balik pembuatan karya tersebut? Lalu, bagaimana kalau ternyata proses kreatif di balik karya tersebut ternyata tidak lazim?


Bagi Anda yang siap dibuat tercengang oleh rahasia di balik pembuatan patung karya Gambir, tontonlah film psikopat Indonesia ini. Pada saat bersamaan Anda akan menyaksikan Gambir berusaha menemukan jawaban di balik pesan misterius yang diterimanya. Pesan-pesan yang isinya tidak pernah berubah yang berbunyi "tolong saya".

No.7

Universal Pictures, Dino De Laurentiis Company, Scott Free ProductionsHannibal

Kisah psikopat legendaris yang paling sulit ditangkap polisi

Apakah Anda sering mencari film-film psikopat terbaik di situs movies reviews seperti IMDb? Anda akan menemukan The Silence of the Lambs (1991) sebagai film dengan rating di atas 8,5 di IMDb. Film yang meraih penghargaan Oscar ini mengisahkan tentang tokoh psikopat legendaris bernama Hannibal Lecter. Para penggemar film psikopat tentunya pantang melewatkan film legend ini.


Hannibal (2001) adalah sekuel dari film tersebut. Hannibal kembali menjadi buronan di Eropa dan kembali melakukan pembunuhan. Sementara itu, agen FBI Starling masih merasa dihantui sejak perjumpaannya dengan Hannibal. Untuk membuat Hannibal keluar dari dari persembunyiannya, Starling harus menjadi umpan.

No.8

Blumhouse Production, Intrepid PicturesHush

Keheningan bisa membunuh Anda, waspadalah!

Seperti protagonis Midnight sebelumnya, dalam film ini Anda akan bertemu dengan Maddie Young, seorang penulis yang tunarungu dan tunawicara. Ia tidak bisa lagi mendengar serta berbicara setelah menderita meningitis pada usia 13 tahun. Di tengah dunianya yang hening, Maddie memilih situasi yang lebih senyap dengan tinggal menyendiri di daerah pinggiran.


Tinggal secara soliter dianggap akan membuat dirinya makin fokus menulis sehingga karier kepenulisannya membaik. Sayangnya, Maddie tidak tahu ada pembunuh bertopeng yang mengincar di balik keheningan. Bisakah Maddie Young menyelamatkan diri?

No.9

Nostromo PicturesThe Occupant

Mantan eksekutif beralih pekerjaan menjadi stalker dan psikopat

Untuk rekomendasi terbaru film psikopat Netflix, The Occupant perlu masuk ke dalam daftar tontonan Anda. Film thriller produksi Spanyol ini dirilis Netflix pada Maret 2020 lalu. The Occupant menceritakan tentang Javier Muñoz, tokoh eksekutif yang jatuh miskin. Akibatnya, Javier harus keluar dari rumahnya yang mewah untuk tinggal di pinggiran kota kecil.


Suatu hari pria bernama Thomas bersama keluarganya mengambil alih sewa rumah mewah lama Javier. Namun, ternyata Javier masih memiliki kunci untuk masuk ke dalam rumah tersebut. Javier mendekati Thomas dan perlahan masuk dalam kehidupannya. Ia menjadi psikopat dengan rencana keji yang mengancam kehidupan Thomas dan keluarganya.

No.10

Peppermint & Company CJ ENMMidnight

Film psikopat Korea terpopuler 2021, permainan petak umpet maut dengan psikopat

Bagi penggemar film Korea, Midnight yang menjadi salah satu film Korea populer pada 2021 ini direkomendasikan untuk Anda. Film ini mengisahkan seorang perempuan tunarungu bernama Kyung-Mi yang bekerja sebagai konselor bahasa isyarat.


Kyung-Mi pada suatu hari secara tak sengaja melihat aksi pembunuhan dari seorang psikopat bernama Do Sik. Mau tak mau, petak umpet berbahaya antara Kyung-Mi dengan si psikopat kejam akan terus mengintai Anda sepanjang film.

Baca juga rekomendasi film lainnya di sini

Di samping film psikopat, kami juga mempunyai rekomendasi film dari berbagai genre. Anda bisa memeriksa rekomendasi film-film lainnya pada tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagi Anda yang menyukai sensasi ketegangan serta ketakutan, film psikopat dapat menjadi hiburan yang menarik. Dari berbagai judul film psikopat yang ada, Anda dapat memilahnya berdasarkan genre, asal negara, serta ulasannya.


Karena kebanyakan film psikopat menampilkan adegan kekerasan, sebaiknya Anda tidak menontonnya bersama anak-anak. Semoga artikel ini membantu Anda menemukan film psikopat yang dicari dan selamat menonton!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer